in

14 Ide Usaha Sampingan Di Desa yang Menguntungkan

Dengan biaya kehidupan sehari-hari yang semakin meningkat, saat ini banyak orang yang juga memanfaatkan usaha sampingan sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan mereka. Bukan hanya orang-orang yang hidup di kota saja, namun juga para masyarakat yang tinggal di pedesaan.

Selain itu, dengan memiliki usaha sampingan yang dapat menambahkan penghasilan, maka dapat membantu Grameds untuk mencapai kesuksesan lebih cepat. Sebelum memulai sebuah usaha, sangat penting untuk terlebih dahulu memahami keadaan dan kebutuhan pasar yang ada di lingkungan. Oleh sebab itu, sangat penting untuk melakukan survei atau research terlebih dahulu untuk lebih memahami calon konsumen di desa.

Untuk membantu Grameds, berikut ini beberapa ide usaha sampingan menguntungkan yang dapat dilakukan di desa untuk menambahkan penghasilan kamu sehari-hari. Simak informasi berikut!

Berbagai Ide Usaha Sampingan yang dapat dilakukan dari Desa

1. Usaha Es Kelapa Muda

usaha es kelapa muda

Ide usaha sampingan dari desa yang pertama adalah membuka usaha es kelapa muda yang bisa membawa keuntungan besar khususnya di daerah desa.

[algolia_carousel]

Bukan hanya es kelapa muda, namun berbagai jenis usaha es yang ada di pedesaan memiliki potensi yang besar. Hal ini dikarenakan di Indonesia sendiri musim panas yang ada dapat membuat masyarakat yang ada mudah lelah. Oleh sebab itu, dengan meminum atau mengkonsumsi produk es dapat menjadi pilihan yang tepat dalam melepaskan haus atau dahaga khususnya di desa.

Selain itu, es kelapa muda sendiri secara umum digemari oleh semua orang dari berbagai golongan usia, baik anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Buah kelapa di Indonesia sendiri juga dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia yang membuat usaha ini bisa sangat menguntungkan.

Di desa sendiri, dengan memiliki usaha sampingan membuka kedai es kelapa muda, Grameds bisa mendapatkan keuntungan mencapai Rp 200.000,00 setiap harinya atau bahkan lebih, tergantung penjualan. Berdasarkan keuntungan yang didapatkan setiap harinya, jika Grameds giat dan rutin maka kamu bisa mendapatkan keuntungan mencapai Rp 6.000.000 setiap bulannya.

2. Usaha Mebel

usaha mebel

Ide usaha sampingan dari desa yang kedua adalah usaha mebel yang merupakan sebuah bentuk usaha bisnis yang menjual berbagai produk furniture yang digunakan untuk kebutuhan di dalam rumah.

Karena pastinya akan selalu dibutuhkan, usaha mebel ini bisa jadi sangat menguntungkan, khususnya kamu yang memiliki keterampilan dalam membuat atau mengolah produk berbahan dasar kayu.

Apalagi jika sebuah desa kedatangan penduduk baru yang membutuhkan berbagai perabotan baru, usaha mebel maupun kayu ini bisa jadi sangat dibutuhkan dan bisa menjadi kesempatan yang baik untuk mengembangkannya sebagai usaha sampingan karena bisa meraup keuntungan hingga mencapai Rp 200.000,00 setiap harinya.

3. Usaha Bengkel Kendaraan Motor

usaha bengkel motor

Ide usaha sampingan dari desa yang ketiga adalah usaha bengkel kendaraan motor. Di Indonesia sendiri, menurut badan pusat statistik di tahun 2019 mencatat bahwa setidaknya terdapat lebih dari 130 juta unit kendaraan motor di Indonesia.

Selain itu, setiap tahunnya jumlah ini akan terus bertambah, khususnya di berbagai kota besar Indonesia yang tercatat mengalami peningkatan sebesar 12 persen, yang membuat usaha sampingan bengkel motor ini bisa jadi sangat menguntungkan.

4. Usaha Ternak Lele

usaha ternak lele

Ide usaha sampingan dari desa yang keempat adalah usaha ternak lele yang dapat kamu lakukan walaupun hanya memiliki modal sedikit. Namun, untuk membuka usaha ini sendiri, Grameds membutuhkan lahan yang dapat digunakan untuk menjadi sebuah kolam untuk menampung ikan lele tersebut.

Namun, saat ini sendiri terdapat berbagai kolam sewaan yang dapat kamu sewa jika ingin melakukan tahapan uji coba atau sekedar belajar bagaimana caranya usaha ternak lele ini bekerja.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, membuka usaha ternak lele sendiri tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, dimana pada umumnya harga satu ekor bibit ikan lele sendiri ada di harga sekitar Rp. 100 hingga Rp. 300 tergantung pada ukuran dari bibit ikan lele tersebut.

Dengan harga bibit yang rendah dan perawatan yang tidak terlalu sulit, membuka usaha sampingan ternak lele dapat menjadi salah satu usaha sampingan yang menguntungkan melihat betapa tingginya minat konsumsi masyarakat Indonesia terhadap ikan lele yang dapat dengan mudah kamu temukan di berbagai pasar dan supermarket yang ada.

5. Usaha Ternak Ayam 

usaha ternak ayam

Ide usaha sampingan dari desa yang kelima adalah usaha ternak ayam. Dimana usaha ini sangat cocok dilakukan di daerah pedesaan yang masih terdapat lapangan atau lahan kosong yang cukup luas.

Untuk memulai usaha ini sendiri kamu tidak perlu membutuhkan modal yang terlalu besar, dimana hal ini semua dapat kamu atur sesuai dengan kebutuhan serta kapasitas yang kamu miliki.

Selain itu, dengan membuka usaha ternak ayam sendiri di daerah pedesaan, dimana kamu tidak harus terus menerus menjaga dan memperhatikannya dapat menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan usaha sampingan.

Dengan tingginya minat masyarakat Indonesia terhadap produk ayam sendiri juga menjadi salah satu alasan mengapa usaha ini sangat menguntungkan. Dimana baik daging ayam utuh, potong, hingga telur dari ayam semua dapat menghasilkan keuntungan.

[algolia_carousel page=2]

6. Jasa Tour Guide serta Lahan Parkir

jasa tour guide

Ide usaha sampingan dari desa yang keenam adalah jasa tour guide serta lahan parkir. Dengan semakin padatnya daerah perkotaan, banyak orang kota yang memilih untuk mengunjungi daerah pedesaan saat berlibur untuk melepaskan diri dan penat dari keramaian kota.

Hal ini yang membuat banyak desa dijadikan sebagai tempat wisata karena keindahan alamnya, kerajinan khas, hingga lokasi bersejarah. Banyaknya aktivitas yang dapat dilakukan tersebut, membuat banyak pengunjung desa yang membutuhkan arahan agar liburan yang ia lakukan dapat terpenuhi secara maksimal.

Dengan menyediakan jasa tour guide, Grameds dapat membantu mendampingi para wisatawan yang datang dari kota untuk dapat menikmati wisata pedesaan dengan lebih menyenangkan. Selain itu, jika kamu memiliki lahan kosong, akan sangat menguntungkan pula membuka lahan parkir berbayar sehingga para wisatawan yang datang dapat dengan mudah menikmati tempat wisata yang sudah disediakan.

7. Menyewakan Tempat dengan Harga Terjangkau

menyewakan tempat

Ide usaha sampingan  dari desa yang ketujuh adalah menyewakan tempat sebagai penginapan dengan harga terjangkau. Hal ini berhubungan dengan poin sebelumnya terkait desa yang dijadikan tempat wisata.

Dengan jauhnya jarak antara kota ke desa tersebut, seringkali banyak wisatawan yang lebih memilih untuk menginap di lokasi wisata sehingga dapat menikmati tempat wisata lebih lama dan beristirahat.

Bagi Grameds yang memiliki kamar atau rumah yang tidak ditinggali, menyewakan tempat penginapan sendiri dapat menjadi salah satu usaha sampingan yang menguntungkan.

Contohnya sendiri dapat kamu lihat dimana pada Candi Prambanan yang berlokasi di Klaten, Jawa Tengah, banyak penduduk sekitar yang menyewakan kamar maupun rumahnya ke wisatawan dengan memungut biaya yang relatif terjangkau mulai dari Rp 100.000,00.

8. Jasa Rias Pengantin

jasa rias pengantin

Ide usaha sampingan dari desa yang kedelapan adalah jasa rias pengantin dimana di daerah pedesaan sendiri akan cukup sulit untuk mencari jasa ini sehingga seringkali calon mempelai kesulitan mendapatkannya.

Selain itu, kebanyakan orang di pedesaan menyelenggarakan acara pernikahan di akhir pekan, sehingga seringkali jasa rias pengantin yang baik sudah terlebih dahulu di pesan oleh orang lain.

Oleh sebab itu, bagi Grameds yang memiliki keterampilan atau minat untuk mempelajari cara merias muka, dapat terlebih dahulu mengikuti kursus, sehingga dapat menjadikan keahlian ini sebagai usaha sampingan yang pastinya juga menguntungkan.

9. Menjual Pakaian

menjual pakaian

Ide usaha sampingan dari desa yang kesembilan adalah menjual pakaian, dimana pakaian sendiri menjadi kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh semua manusia. Oleh sebab itu, usaha sampingan ini akan sangat menguntungkan.

Di daerah pedesaan, pada umumnya untuk pergi ke pusat perbelanjaan akan memakan banyak waktu dan tenaga karena lokasinya berada di pusat kota, dengan menjual pakaian di desa, seperti menjual daster, atau pakaian nyaman lainnya yang dapat digunakan sehari-hari dapat menarik perhatian para penduduk.

Untuk memulai usaha ini sendiri kamu juga tidak memerlukan modal yang besar sekaligus, dimana pada awalnya kamu dapat memulai dengan menjual daster terlebih dahulu dan jika memang peminatnya tinggi, kamu bisa menambahkan variasi atau pilihan dar pakaian yang dijual.

10. Jasa Alat Pesta dan Sound System

sound system

Ide usaha sampingan dari desa yang kesepuluh adalah jasa alat pesta dan sound system. Di kota sendiri, untuk menyewa berbagai alat pesta maupun sound system dapat ditemukan dengan mudah. Namun, hal ini berbeda pada pedesaan.

Seringkali, di daerah pedesaan sendiri tempat untuk menyewa perlengkapan ini masih cukup sulit untuk ditemukan. Oleh sebab itu, dengan membuka usaha sampingan ini dapat sangat menguntungkan karena para penduduk di desa pastinya akan menggunakan jasa kamu.

Walaupun memerlukan modal yang cukup besar untuk memulai usaha ini dengan membeli segala alat dan keperluan yang dibutuhkan, jasa ini akan sangat menguntungkan di daerah pedesaan karena pada umumnya banyak penduduk desa yang akan menyelenggarakan acara pada waktu atau hari tertentu.

11. Usaha Bahan Bangunan

usaha bahan bangunan

Ide usaha sampingan dari desa yang kesebelas adalah usaha bahan bangunan yang seringkali menjadi permasalahan bagi penduduk desa. Hal ini dikarenakan lokasi toko bahan bangunan yang ada terkadang jauh dari desa membuat harga angkut serta pengiriman barang menjadi sangat tinggi.

Dengan membuka usaha toko bahan bangunan di desa, maka toko kamu akan menjadi tujuan utama bagi para penduduk desa yang membutuhkan bahan bangunan untuk membangun rumah atau keperluan lainnya yang membuat usaha sampingan ini bisa sangat menguntungkan.

12. Usaha Sewa Mainan Anak dan Internet 

usaha sewa mainan anak

Ide usaha sampingan dari desa yang kedua belas adalah membuka usaha sewa mainan anak serta internet. Dengan keadaan saat ini yaitu covid-19, dimana ada peraturan untuk menjaga jarak antara satu sama lain, banyak anak yang kesulitan untuk menghabiskan waktu bersama teman-temannya yang lain.

Hal ini yang membuat banyak orang tua kesulitan untuk terus menerus menjaga anaknya yang selalu di rumah karena memiliki urusan pekerjaan maupun urusan lainnya. Dengan membuka usaha sewa mainan, maka orang tua dapat dengan tenang melanjutkan aktivitasnya tanpa harus mengkhawatirkan anaknya yang bermain di luar rumah.

Selain itu, seringkali bagi penduduk desa mendapatkan akses internet masih sesuatu yang mahal dan sulit dijangkau. Dengan membuka jasa sewa internet atau wifi, maka kamu juga bisa mendapatkan keuntungan besar karena pasti peminatnya tinggi.

13. Usaha Studio Cetak Foto

usaha studio cetak foto

Ide usaha sampingan dari desa yang ketiga belas adalah membuka usaha studio cetak foto yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Seringkali ketika kita mendaftarkan diri ke suatu hal atau untuk keperluan sekolah maupun dokumen penting lainnya seringkali membutuhkan pas foto.

Namun, pada umumnya studio foto sendiri hanya bisa ditemukan di pusat kota yang membuat penduduk desa kesulitan untuk mengaksesnya. Dengan membuka jasa fotografi serta cetak foto, maka banyak penduduk desa dimudahkan karena jaraknya yang jauh lebih dekat.

14. Menjadi Petani

petani

Ide usaha sampingan dari desa yang keempat belas adalah menjadi petani yang hingga saat ini masih sangat populer dan juga diminati oleh generasi milenial. Menjadi petani sendiri bukan harus selalu bertani di sawah maupun ladang yang luas, namun kamu bisa menjadi petani sayur-sayuran dengan menanamkan berbagai sayuran di halaman rumah atau kebun yang tidak memerlukan ruang yang terlalu besar.

Beragam sayuran seperti, cabai, bawang, kangkung, bayam, berbagai jenis buah-buahan, maupun jamur dapat kamu coba untuk menjadi petani dan menjual hasil panennya agar mendapatkan keuntungan.

Yang perlu kamu lakukan terlebih dahulu adalah melakukan pencarian informasi terkait tanaman apa yang sekiranya cocok untuk kamu tanam dengan ruang yang kamu miliki serta cuaca yang ada di daerah pedesaan kamu. Dengan begitu, sayuran yang kamu tanam dapat tumbuh dengan subur.

Keuntungan Membuka Usaha di Pedesaan

Dengan membuka usaha di daerah pedesaan, Grameds juga bisa mendapatkan beberapa keuntungan sebagai berikut.

1. Penduduk desa akan berlangganan di toko tetangga

Keuntungan pertama, adalah penduduk desa akan berlangganan di toko tetangga. Di daerah pedesaan, pada umumnya para tetangga akan saling mengenal dan akrab antara satu sama lain.

Dengan begitu, maka kepercayaan mereka pada tetangganya sendiri juga cukup tinggi. Sehingga ketika Grameds menjual atau menawarkan sebuah produk atau jasa kepada penduduk desa lainnya, maka para penduduk desa akan berlangganan karena adanya kepercayaan pada kamu tersebut.

2. Variasi usaha yang ada di desa masih relatif sedikit jika dibandingkan dengan pusat kota

Keuntungan kedua, adalah variasi usaha yang ada di daerah pedesaan yang masih relatif sedikit. Hal ini seringkali membuat banyak penduduk desa harus terus menerus bulak balik antara desa ke pusat kota yang semakin lama dapat melelahkan.

Hal ini sendiri dilakukan karena banyak keperluan sehari-hari yang harus dipenuhi dan tidak bisa didapatkan di desanya tersebut. Oleh sebab itu, dengan tingginya permintaan Grameds dapat menjadikan ini sebagai kesempatan untuk memenuhi kebutuhan tersebut melalui barang atau jasa yang ditawarkan sehingga pada akhirnya para penduduk desa akan lebih memilih untuk membelinya kepada kamu dibandingkan harus ke pusat kota yang jauh.

3. Penduduk desa tidak perlu repot mencari produk atau barang ke pusat kota

Keuntungan ketiga, adalah penduduk desa tidak perlu repot mencari barang atau jasa hingga jauh-jauh ke pusat kota. Dimana hal ini sendiri dapat memakan waktu yang banyak serta melelahkan karena jarak yang ditempuh tersebut.

Oleh sebab itu, Grameds harus dapat memanfaatkan keadaan ini dengan baik dan membuka usaha sampingan yang kiranya dapat mengatasi permasalahan ini sehingga dapat membantu para penduduk desa dan juga mendapatkan keuntungan bagi diri sendiri.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Andrew