in

Simak Gaji Youtuber 1 Juta Subscriber

Unsplash.com/Christian Wiediger

Gaji Youtuber 1 Juta Subscriber – Dalam istilah yang sangat sederhana saya akan menjelaskan segalanya tentang bagaimana YouTube menentukan berapa banyak yang harus dibayar seorang youtuber dan berapa banyak yang akan dihasilkan oleh seorang youtuber dengan satu juta pelanggan.

Pada teknisnya adalah seperti memiliki iklan di situs Anda, satu-satunya perbedaan adalah bahwa iklan tersebut adalah video bukan hanya teks, gambar atau gif (video pendek berulang).

Gaji Youtuber 1 Juta Subscriber

YouTube hanya membayar jika video Anda telah disetujui dan dimonetisasi. kemudian, dua pengukuran atau parameter digunakan untuk menentukan pembayaran Anda oleh YouTube, yaitu:

1. Jumlah penayangan iklan, (yaitu klik atau penayangan yang didapat video Anda)

Bayaran untuk jumlah tampilan iklan secara teknis dikenal sebagai CPM. Sekarang untuk membuatnya dapat dilacak dan lebih mudah, perusahaan periklanan seperti Google, YouTube membayar anda untuk setiap 1000 penayangan, yaitu jumlah tertentu yang diberikan kepada anda untuk setiap 1000 penayangan.

Catatan: Jumlahnya tergantung pada niche Youtuber.

Misalnya, Youtuber game mungkin menerima $4 untuk setiap 1000 penayangan, sementara Youtuber real estat mungkin menerima $15–$20 per 1000 penayangan.

2. Jumlah klik (yaitu Klik iklan)

Ukuran pembayaran kedua ini juga dikenal sebagai BPK. Setiap kali pemirsa mengeklik tautan ke situs pengiklan, YouTube membayar anda sejumlah uang. Ini juga termasuk video yang telah ditonton pemirsa melewati waktu ‘5 detik lewati ke video’. Seorang YouTuber juga akan menghasilkan uang ketika ini terjadi. Namun perhatikan, berbeda dengan CPM yang telah kita bahas sebelumnya.

Catatan: Jumlah yang dibayarkan ini tergantung pada wilayah pemirsa. Dan juga tergantung pada niche anda!

Misalnya YouTube akan membayar youtuber teknologi hingga $1,2 untuk klik pemirsa Amerika, tetapi dari klik pemirsa Kanada dan India, itu akan menjadi sekitar $0,90 dan $0,09 masing-masing.

Seperti yang saya katakan, itu tergantung pada niche/area dan jenis iklan anda. Sebuah iklan untuk permainan akan membayar kurang dari sebuah iklan untuk mobil atau perdagangan online.

Informasi ini saya dapat dari salah satu youtuber luar negri, itu sebabnya saya dapat memberi anda beberapa angka pasti.

Mari kita kembali ke Pertanyaan awal:

Untuk seorang youtuber dengan 1 juta pelanggan dan 10 juta tampilan, mari kita uraikan berapa penghasilan youtuber ini dengan dua parameter;

Iklan atau penayangan video yang dimonetisasi:

Dengan asumsi 10 juta tampilan, untuk setiap 1000 tampilan anda mendapatkan $3, oleh karena itu: 10.000 x 3 = $30.000 yaitu;

  • 1.000 tampilan => $3
  • 10.000 tampilan => $30
  • 100.000 tampilan => $300
  • 1.000.000 tampilan => $3.000
  • 10.000.000 tampilan => $30.000

Klik Iklan:

Mari kita asumsikan untuk klik rata-rata kita mendapatkan $0,45 dan dari 10 juta tampilan, kita juga mengasumsikan 20.000 klik;

itu 20.000 x 0,45 = $9.000

Jadi, $30.000+$9.000= $39.000

Setelah YouTube mengambil bagian dan pajak mereka, youtuber dengan 1 juta pelanggan akan memiliki cukup banyak dari total $ 39.000.

Baik di atas sudah dijabarkan dengan rinci bagaimana seorang YouTuber mendapatkan penghasilanya, apakah Anda masih bingung bagaimana dan apa saja yang harus di persiapkan untuk menjadi YouTuber. Berikut saya rangkum apa saja yang perlu di persiapkan untuk menjadi seorang YouTuber.

Gaji Youtuber 1 Juta Subscriber

Apa Saja yang di Butuhkan untuk Menjadi Youtuber Top

Ingin tahu bagaimana cara menjadi YouTuber? Punya ide bagus tapi bingung cara mengaplikasikannya? Blog ini akan menunjukkan kepada Anda langkah demi langkah bagaimana menjadi seorang YouTuber.

Di Indonesia sendiri banyak YouTuber top contohnya Atta Halilintar, Ria Ricis, Deddy Corbuzier dan masih banyak lagi. YouTube sudah menjadi salah satu platform yang banyak dikunjungi oleh netizen hingga membuat YouTube sebagai pasar yang menjanjikan untuk sekarang dan ke depannya.

Apa saja sih yang perlu kita persiapkan untuk menjadi seorang konten kreator YouTuber sehingga bisa sukses di bidang ini. Berikut rangkuman tipsnya:

1. Ikuti hasrat Anda

Gaji Youtuber 1 Juta Subscriber
Unsplash.com/Ian Schneider

Jika ada satu kesamaan yang dimiliki oleh semua YouTuber top, itu adalah semangat mereka untuk apa yang mereka lakukan. YouTuber, pada dasarnya, suka membuat konten hebat dan membagikannya kepada penggemar mereka. Kontennya menarik, jadi para penggemar bertahan lama.

Namun, hampir tidak mungkin membuat video yang benar-benar menarik tanpa memiliki hasrat yang tulus untuk apa yang Anda lakukan. Jika Anda berpura-pura tertarik, tidak akan lama sebelum Anda dipanggil di bagian komentar! Gairah itu menular. Itulah mengapa topik yang berpotensi membosankan pun terbukti sangat sukses di YouTube.

Jika Anda memilih untuk membuat saluran YouTube berdasarkan sesuatu yang sangat Anda sukai, hasrat Anda untuk itu akan terpancar. Itu mungkin sesuatu yang bahkan tidak perlu Anda pikirkan terlalu banyak.

2. Mengembangkan Personal Branding

Gaji Youtuber 1 Juta Subscriber
Unsplash.com/Patrik Michalicka

Setelah Anda memutuskan tentang apa video yang ingin Anda buat, mulailah memikirkan bagaimana Anda dapat mengembangkan personal branding yang ingin anda tonjolkan. Cari jual unik yang terkait dengan audience yang Anda pilih dan mulailah menciptakannya.

Saat Anda membuat lebih banyak video, Anda akan memiliki kesempatan untuk membangun reputasi di sekitar aspek unik channel YouTube Anda. Jika Anda ingin membuatnya di YouTube, Anda harus memiliki ciri khas yang tidak di miliki YouTuber lain.

Ambil subjek Anda dan dekati dari sudut yang baru. Misalnya, Anda dapat menjelaskan informasi kompleks dalam istilah awam, mengubah topik serius menjadi sesuatu yang lebih ringan, membahas detail ekstrem untuk menyediakan konten yang paling berharga, atau memutar musik alternatif.

Tema-tema ini hanyalah beberapa dari banyak cara Anda dapat menemukan ide-ide segar untuk saluran Anda. Sudut pandang yang Anda ambil akan sepenuhnya bergantung pada topik yang Anda buat dalam video, tetapi akan selalu ada cara alternatif untuk menceritakan kisah Anda.

3. Pilih target audience Anda

Gaji Youtuber 1 Juta Subscriber
Unsplash.com/Melanie Deziel

Mencoba memutuskan siapa target audience Anda mungkin tampak menakutkan, tetapi Anda harus melihatnya sebagai peluang. Sama seperti yang Anda lakukan jika menjalankan kampanye iklan, pertimbangkan grup demografis mana yang paling sesuai dengan konten Anda. Pikirkan faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, dan pekerjaan saat membuat keputusan.

Seringkali yang terbaik adalah menargetkan audiens yang memiliki usia dan jenis kelamin yang sama dengan Anda, karena lebih mudah untuk berhubungan dengan mereka. Tanyakan kepada teman Anda apa yang ingin mereka tonton dan jawaban mereka dapat memberi Anda wawasan tentang apa yang disukai teman-teman Anda.

Beberapa kategori paling populer di YouTube termasuk video game, perjalanan, kesehatan dan kebugaran, olahraga, musik, kecantikan, sains, makanan, dan anak-anak. Terlepas dari jumlah konten yang sudah ada di area ini, selalu ada ruang untuk sesuatu yang baru.

4. Buat channel yang menonjol

Gaji Youtuber 1 Juta Subscriber
Unsplash.com/Christian Wiediger

Jika Anda ingin menjadi YouTuber yang dianggap serius, Anda harus memiliki paket lengkap! Itulah mengapa sangat penting untuk memiliki saluran yang menonjol. Orang-orang tidak akan terkesan jika mereka mengklik halaman channel Anda dan halaman tersebut terlihat membosankan dan tidak menarik.

Cerahkan segalanya dengan beberapa sampul saluran YouTube berkualitas tinggi. Anda dapat membuat cover video yang dipersonalisasi yang akan memberi pengunjung lebih banyak info tentang siapa Anda dan apa yang Anda lakukan. Jika Anda menarik perhatian mereka di sini, Anda akan memiliki peluang lebih baik untuk mendapatkan subscriber lain.

Dengan Design Wizard, Anda dapat menyesuaikan template untuk membuat desain yang unik. Anda dapat menambahkan gambar ke desain Anda untuk menunjukkan kepada orang-orang seperti apa penampilan Anda. Menempatkan wajah ke saluran Anda membuat pengunjung lebih mungkin mengingat Anda.

Thumbnail di video YouTube Anda membuat perbedaan besar pada klik yang didapat video Anda. Jika Anda memiliki gambar mini yang menarik secara visual dan relevan, Anda dijamin mendapatkan lebih banyak penayangan pada video. Gambar profil YouTube berkualitas tinggi juga sangat penting. Tanpa itu, saluran Anda akan terlihat amatir dan akan mematikan subscriber potensial.

Juga, pertimbangkan pilihan musik Anda karena orang-orang akan beresonansi dengan musik yang Anda gunakan di video Anda. Musik dalam video dapat membantu mengatur nada yang Anda inginkan untuk dirasakan oleh audience Anda.

Pastikan Anda menggunakan musik yang tidak memiliki hak cipta sehingga YouTube tidak memblokir video Anda. Gunakan musik modern yang menarik untuk membuat channel Anda menonjol.

Gaji Youtuber 1 Juta Subscriber

5. Rencanakan konten Anda

Gaji Youtuber 1 Juta Subscriber
Unsplash.com/Thought Catalog

Sebelum Anda memulai pembuatan video, pikirkan seperti apa tampilan konten Anda dalam waktu 1 minggu, dalam waktu 1 bulan, dan dalam waktu 1 tahun. Anda harus tahu arah yang Anda inginkan untuk membawa saluran Anda dan membuat video yang sinkron dengan itu.

Serial video adalah cara yang fantastis untuk membuat konten yang menarik. Anda berpotensi dapat membuat cerita hebat yang membuat mereka ingin kembali lagi. Jika sebuah video menjadi agak sukses, lompatlah ke kesuksesannya dan buat serial di sekitarnya.

Lihat apa yang dilakukan saluran lain yang mendapatkan penayangan dan coba pelajari apa yang Anda dapat dari mereka. Tidak disarankan untuk menyalinnya, tetapi ada banyak ide populer di luar sana yang dapat dicoba oleh YouTube mana pun.

Jika Anda sudah memilih apa yang ingin Anda lakukan, akan lebih mudah untuk memutuskan seperti apa konten Anda nantinya. Misalnya, jika Anda memilih olahraga, Anda mungkin tertarik dengan fitnes , asupan gizi, gaya hidup sehat, dan tutrial gerakan olahraga. Di sisi lain, saluran gadget biasanya memiliki konten seperti review hp, unboxing, ulasan gadget terkini, dan harga pasaran smartphone.

6. Upload konten secara Konsisten

Gaji Youtuber 1 Juta Subscriber
Unsplash.com/Brett Jordan

Untuk menjadi sukses dalam bidang apapun kita perlu konsisten. Banyak YouTuber populer memperoleh lebih banyak viewers dibanding YouTuber lain, dan mereka dapat mengulangi kesuksesan atau jumlah viewers yang banyak berulang kali. Mereka tahu bahwa mereka perlu terus memperbarui channel agar viewers tidak merasa di tinggalkan.

Buat jadwal upload video dan konsistenlah untuk mengupload, apakah itu sehari sekali, satu kali seminggu, ataupun empat kali perminggunya. Share jadwal upload Anda ke subscriber, sehingga mereka tahu kapan mereka dapat menonton konten baru dari Anda. Dengan cara mencantumkan lewat deskripsi video atau anda sampaikan langsung di setiap video Anda.

Sabtu dan Minggu adalah hari terbaik untuk memposting video di YouTube, jadi pastikan Anda menyiapkan sesuatu untuk itu. Merupakan ide bagus untuk menimbun video yang selalu hijau, memastikan Anda selalu memiliki konten yang disiapkan untuk saluran Anda.

7. Investasikan pada peralatan rekaman Anda

Gaji Youtuber 1 Juta Subscriber
Unsplash.com/Patrick

Lewatlah sudah hari-hari ketika YouTuber bisa sukses dengan rekaman amatir ,buruk dan berharap untuk sukses. Jika Anda serius, Anda harus meningkatkan kualitas video Anda, dan itu berarti juga meningkatkan pengeluaran Anda.

Jika Anda ingin serius di bidang ini, Anda harus mendapatkan kamera yang tepat. Contoh beberapa merk kamera yang bagus seperti Canon, Sony, GoPro, Panasonic dan Olympus. Kamera ponsel akan cukup untuk beberapa video, tetapi tidak akan cocok dengan kemampuan kamera vlogging kelas atas.

Kualitas video minimum yang harus Anda gunakan untuk merekam adalah HD (1080p) dan 4K pasti layak dipertimbangkan. Seiring berjalannya waktu, lebih banyak YouTuber akan menggunakan 4K dan video dengan resolusi lebih rendah mungkin tertinggal.

Anda harus memilih kamera yang paling sesuai dengan gaya pengambilan gambar Anda. Untuk perekaman singkat saat bepergian, kamera kompak dengan stabilisasi gambar bisa jadi ideal, tetapi untuk kualitas produksi yang lebih baik, kamera mirrorless atau DSLR (Digital Single Lens Reflex) mungkin lebih cocok.

Pada kamera DSLR, cahaya yang melewati lensa dipantulkan dari cermin ke jendela bidik, tetapi pada kamera mirrorless, cahaya melewati lensa dan langsung ke sensor.

Kamera mirrorless biasanya lebih ringan dan bisa lebih cepat, tetapi DSLR lebih kokoh dan memiliki daya tahan baterai lebih lama. Di masa mendatang, Anda akan melihat semakin banyak YouTuber yang tertarik pada opsi mirrorless.

Peralatan memang penting, tetapi hanya perangkat yang sempurna saja tidak cukup untuk membuat video yang menarik. Bahkan YouTuber papan atas memanfaatkan alat untuk mengedit rekaman video mentah. Ini adalah cara yang baik untuk mengaktifkan potensi kreatif Anda. Mengedit video kreatif dari klip adalah salah satu persyaratan dasar seorang YouTuber berbakat. Menggunakan program pengeditan juga membantu mengembangkan keterampilan TI.

8. Belajar dari analitik YouTube

Gaji Youtuber 1 Juta Subscriber
Unsplash.com/Chase Chappell

Albert Einstein pernah mengatakan bahwa, “Kegilaan adalah melakukan hal yang sama berulang-ulang dan mengharapkan hasil yang berbeda.” Perhatikan kata-katanya yang bijak dalam hal analitik Anda. Anda perlu memperhatikan mereka dan mengubah konten Anda jika perlu. Jika Anda tidak melakukan perubahan saat dibutuhkan, Anda tidak akan pernah meningkatkan saluran Anda.

Tetapi Anda juga harus atau wajib memperhatikan metrik yang tepat. Beberapa yang paling penting adalah waktu tonton, retensi penonton, sumber lalu lintas, lokasi pemutaran, perangkat, dan demografi.

Anda dapat menggunakan statistik yang Anda dapatkan dari analitik untuk mendapatkan gambaran tentang apa kekuatan dan kelemahan Anda. Bagian analitik ‘retensi penonton absolut’ memungkinkan Anda melihat dengan tepat bagian video Anda yang paling banyak ditonton orang. Anda juga dapat melihat di mana mereka cenderung turun.

Untuk memulai, buka YouTube Creator Studio, lalu buka dasbor analytics. Anda bisa mendapatkan data berharga pada masing-masing video dan seluruh saluran Anda.

Gaji Youtuber 1 Juta Subscriber

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah untuk mencapai kesuksesan perlu adanya kerja keras, seperti yang sudah di jabarkan. untuk menjadi YouTuber sukses perlu ini itu, dan itu semua bisa terwujud dengan adanya kemauan yang tinggi yang di barengi dengan kerja keras yang konsisten untuk mencapainya.

Penulis: Arizal Muhammad Valevi

 

BACA JUGA:

  1. Cara Menjadi Youtuber Sukses 
  2. Buku Panduan Sukses di YouTube Best Seller 
  3. Pengertian, Prospek Kerja, dan Cara Menjadi Content Creator 
  4. 19 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Modal 
  5. 14 Channel Youtube Inspiratif untuk Dosis Inspirasi Harianmu 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda