in

Rekomendasi Buku Saham, Cocok Untuk Pemula

Rekomendasi Buku Saham Untuk Pemula – Di tengah situasi pandemi ini ketika kondisi ekonomi tidak karuan, maka pengaturan keuangan rumah tangga serta mencari pemasukan lain merupakan hal yang sangat penting. Sehingga, Grameds akan memiliki pemasukan melalui investasi meski perusahaan Grameds bekerja melakukan PHK.

Dana investasi tersebut, tentunya akan bermanfaat untuk keuangan Grameds terutama ketika Grameds harus mengalami PHK dan membuat pemasukan Grameds terhenti. Tanpa adanya pemasukan tambahan, meskipun pasif income, Grameds akan kesulitan memenuhi kebutuhan pokok. Oleh karena itu, investasi dengan membeli beberapa saham pun dinilai tepat untuk mendapat passive income. 

Nah, jika Grameds ingin mengetahui bagaimana cara melakukan investasi yang tepat dengan membeli saham, berikut adalah beberapa buku saham best seller yang cocok untuk Grameds yang baru memulai investasi saham.

Rekomendasi Buku Saham Untuk Pemula

1. Ilmu Saham: Powerful Candlestick Pattern

Ilmu Saham: Powerful Candlestick Pattern
Ilmu Saham: Powerful Candlestick Pattern

tombol beli buku

Rekomendasi yang pertama, adalah buku “Ilmu Saham: Powerful Candlestick Pattern” buku ini ditulis oleh Belvin Tannadi dan diperuntukan para trader maupun investor saham pemula yang ingin mulai belajar mengenai saham. Buku yang ditulis oleh Belvin Tannadi ini kira-kira berisi mengenai penjelasan sahama, perbedaan trader dengan investor. Dilengkapi pula dengan tips untuk pemula memiliki saham yang baik berdasarkan analisis baik secara teknikal maupun fundamental.

Pada buku mengenai saham ini, dijelaskan pula candlestick patterns yang secara garis besar, merupakan sebuah pola dari pergerakan harga saham yang tercermin dalam sebuah candlestick. Pattern atau pola saham yang dijelaskan oleh Belvin pun akan tepat digunakan untuk dapat memperhitungkan pergerakan harga di masa-masa mendatang.

Buku ini sangat cocok untuk para pemula yang ingin memulai berinvestasi dan membeli saham.

Sayangnya, saat ini buku Ilmu Saham satu ini hanya tersedia dalam versi eBook nya saja. Apabila Grameds tertarik untuk membeli buku ini, segera Download Aplikasi Gramedia Digital dan Baca Sepuasnya.

2. Jeli Investasi Saham Ala Warren Buffet, Strategi Meraup Untung di Masa Krisis

Jeli Investasi Saham Ala Warren Buffet, Strategi Meraup Untung Di Masa Krisis
Jeli Investasi Saham Ala Warren Buffet, Strategi Meraup Untung Di Masa Krisis

tombol beli buku

Bicara soal ilmu saham, tentu tak lengkap jika tidak menyajikan rekomendasi buku saham ala Warrren Buffet. Warren Buffet adalah sosok yang dianggap sebagai legenda sebagai mahaguru dari dunia saham. Bahkan pada tahun 2008, Warren Buffet pun sempat menggantikan posisi Bill Gates sebagai orang terkaya pertama.

Selain pernah menjadi orang terkaya pertama di dunia, Warren Buffet dianggap sebagai sosok yang mampu memprediksi saham-saham apa saja yang akan naik, serta saham apa saja yang akan turun. Tak hanya itu, Warren Buffet pun mampu mengetahui waktu yang tepat untuk membeli saham atau kapan harus menjual saham yang ia miliki.

Berkaca dari keberhasilan Warren Buffet, buku yang ditulis oleh Budi Rahardjo ini akan menyajikan bagaimana Warren Buffet bisa sukses ketika berinvestasi, serta petunjuk atau arah untuk para pemula yang ingin mulai melakukan investasi dengan membeli saham.

Sayangnya, untuk saat ini buku “Jeli Investasi Saham ala Warren Buffet” ini hanya tersedia dalam format EBook saja. Bagi Grameds yang tertarik membeli buku ini, segera miliki  di Gramedia Digital.

3. Anak Muda Miliarder Saham

Anak Muda Miliarder Saham
Anak Muda Miliarder Saham

tombol beli buku

Buku rekomendasi saham ketiga adalah buku yang ditulis oleh Andika Sutoro Putra berisi mengenai step by step atau panduan untuk para pemula agar dapat menjadi investor saham yang sukses. Dalam buku ini, penulis menyajikan cara maupun tips yang dapat digunakan oleh para investor baik pemula atau yang sudah lama berkecimpung dan tak kunjung mendapatkan keuntungan agar menjadikan investasi sebagai salah satu passive income yang menguntungkan.

Beberapa review dari pembaca menunjukan respon positif, terhadap buku saham ini. Namun, ada pula pembaca yang menunjukan respon negatif.

Melalui Goodreads, pembaca mengatakan, bahwa buku yang disajikan oleh Andika ini terlalu banyak bluffing atau iming-iming akan kentungan saham serta kesuksesan penulis ketika melakukan investasi saham. Pembaca menilai, penulis kurang menyajikan pemaparan mengenai saham yang lebih terstruktur.

Namun, ada pula pembaca yang memberikan review positif dan memaparkan, bahwa buku saham satu ini cocok untuk para investor saham pemula. Karena penggunaan bahasa yang sederhana serta mudah dimengerti. Nah, penasaran kan dengan isi buku ini?

Jika Grameds tertarik untuk memiliki dan membaca buku ini, segera beli di Gramedia.com ya!

4. Trading Saham dengan Menggunakan Fibonacci Retracement

Trading Saham dengan Menggunakan Fibonacci Retracement
Trading Saham dengan Menggunakan Fibonacci Retracement

tombol beli buku

Ditulis oleh Satrio Utomo, buku saham satu ini berisi mengenai   bagaimana cara seorang trader saham dapat mengendalikan risiko dengan menerapkan positioning dalam trading saham atau menerapkan posisi jual dan beli saham berdasarkan pada sebuah rencana trading.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Penulis menyampaikan, bahwa seorang investor saham atau trader saham pemula, maka perlu mengetahui pengetahuan mengenai suport maupun resisten yang merupakan sebuah pengetahuan dasar untuk menjadi seorang trader saham.

Tak hanya menjelaskan cara sukses menjadi seorang trader saham untuk pemula, penulis juga menyajikan cara penggunaan Fibonacci Retracement untuk para trader saham intermediate atau tengah. Dalam buku ini, penulis akan memaparkan metode Fibonacci tersebut sebagai sebuah alat untuk dapat memprediksi serta memberikan pemahaman mengenai psikologi trading.

Untuk para trader saham pemula, mungkin akan ada beberapa kata yang sulit dipahami terutama kata asing. Sehingga, buku ini lebih cocok untuk para trader saham intermediate yang telah memahami cara trading saham sebelumnya. Jika Grameds tertarik, Grameds dapat membeli buku ini di Gramedia.com ya!

5. Yuk Belajar Nabung Saham

Yuk Belajar Nabung Saham
Yuk Belajar Nabung Saham

tombol beli buku

Rekomendasi buku saham kelima merupakan buku yang ditulis oleh Ryan Filbert Wijaya, dan merupakan buku ke – 15 yang ia tulis. Melalui buku ini, Ryan mengungkapkan bahwa buku satu ini merupakan yang paling sulit yang pernah ia buat.

Penulis menjelaskan, bahwa buku ini merupakan terdasar serta buku termudah untuk menjelaskan langkah-langkah apabila Grameds ingin memulai untuk melakukan investasi saham. Tak hanya memulai saja, tetapi penulis pun berusaha menjelaskan cara agar mendapatkan keuntungan maupun bertahan di pasar saham.

Menurut review dari pembaca di Goodreads, kebanyakan memberikan respon positif bahwa penulis berhasil menyajikan materi secara singkat dengan gaya bahasa yang mudah dipahami. Oleh karena itu, buku ini sangat cocok untuk Grameds yang baru memulai belajar saham. Selain mendapat review yang bagus, buku ini pun tersedia dalam dua format buku, yaitu soft cover dan eBook.

Sayangnya, beberapa visual dalam buku satu ini dinilai kurang jelas. Namun tentu saja tidak mengurangi nilai dari buku ini. Apabila Grameds tertarik untuk membeli buku ini, segera beli di Gramedia.com ya!

6. Gaya Bokek Nabung Saham ala Mahasiswa

Gaya Bokek Nabung Saham ala Mahasiswa
Gaya Bokek Nabung Saham ala Mahasiswa

tombol beli buku

Buku saham satu ini tentu saja cocok untuk para mahasiswa maupun Grameds yang masih ragu-ragu untuk menabung dengan cara investasi saham. Penulis buku berusaha menjelaskan bagaimana keuntungan yang akan diperoleh ketika seseorang melakukan investasi saham.

Penulis pun menjelaskan beberapa pemikiran mahasiswa ketika ingin berinvestasi tetapi masih terkendal dana. “Boro-boro investasi, buat sehari-hari aja pas-pasan,” tak jarang beberapa orang merasa kesulitan untuk melakukan investasi saham, karena merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Melalui buku satu ini, penulis berusaha membalikan penyangkalan teresebut, terutama ketika saat ini pasar modal semakin terbuka untuk masyarakat, bahkan bagi yang awam sekalipun.

Penulis, yaitu Dimas Raka Prayudha menceritakan mengenai kisahnya, ketika berusaha mencari tambahan uang dengan investasi saham meski tanpa modal. Penulis pun menyajikan, tips serta cara yang tepat untuk para pemula yang tidak memiliki modal memulai investasi saham.

Melalui Goodreads, buku ini telah memperoleh rating 4.33, sayangnya buku ini hanya tersedia dalam versi soft covernya saja. Apabila Grameds tertarik membeli, Grameds bisa memiliki dan membeli bukunya di sini ya!

7. Cuan dari Investasi Saham dan Reksa Dana

Cuan Dari Investasi Saham & Reksa Dana
Cuan Dari Investasi Saham & Reksa Dana

tombol beli buku

Buku saham satu ini ditulis oleh Nofiandi Riawan. Melalui buku ini, Nofiandi berusaha menjelaskan bahwa setiap orang bisa melakukan investasi baik investasi saham atau reksa dana. Menurut Nofiandi, banyak orang berpikiran bahwa investasi saham atau reksa dana hanya dapat dilakukan oleh orang yang mampu atau telah matang secara finansial.

Namun, Nofiandi menjalaskan bahwa pemikiran tersebut salah. Melalui buku ini, penulis menjelaskan bahwa setiap orang dapat berinvestasi meski tanpa modal sekalipun. Karena investasi saham atau reksa dana saat ini bisa dilakukan hanya dengan uang Rp10.000 saja.

Pada buku ini, pembaca akan diajak untuk mengetahui cara serta metode sukses ketika melakukan investasi saham atau reksa dana. Meski dengan modal yang sedikit dan masih awam sekalipun. Dalam buku disajikan cara untuk mulai berinvestasi, cara memiliki suatu produk saham serta reksa dana yang baik serta tips-tips untuk dapat membuat rencana anggaran.

Sayangnya, buku ini belum mendapatkan review di Goodreads, serta hanya tersedia dalam bentuk soft cover saja.

8. Investasi Saham ala Fundamentalis Dunia

Investasi Saham ala Fundamentalis Dunia
Investasi Saham ala Fundamentalis Dunia

tombol beli buku

Buku satu ini akan menjelaskan, mengapa seorang investor perlu menerapkan strategi serta analisis serta tidak asal memilih saham. Sebab, menurut penjelasan penulis untuk menjadi investor saham yang sukses, maka seorang investor perlu menerapkan suatu analisis dan lebih dari sekedar menghitung kancing baju untuk aji mumpung saja.

Melalui buku ini, penulis yaitu Ryan Filbert Wijaya akan menjelaskan bagaimana cara seorang investor untuk menganalisis suatu perusahaan sebelum membeli saham dari perusahaan tersebut. Salah satu caranya adalah dengan melihat ‘rekam medis’ atau riwayat dari perusahaan tersebut, seperti laporan per kuartal, laporan per tahunnya, serta laporan-laporan keuangan perusahaan tersebut. Dijelaskan pula, penjelasan dari setiap laporan yang perlu dianalisis oleh seorang investor sebelum membeli saham perusahaan.

Nah, nama Ryan Filbert Wijaya tentu tidak asing kan? Karena penulis satu ini telah menulis beberapa buku terkait saham. Sehingga, ilmu dan kompetensi penulis pun tidak diragukan lagi. Buku ini tersedia dalam dua format buku, soft cover dan eBook.

Sedangkan, menurut beberapa review pembaca, buku ini cocok untuk dibaca oleh investor pemula yang baru belajar melakukan investasi saham. Namun, buku ini juga dinilai memiliki judul terlalu bombastis, tetapi isinya sendiri berisi mengenai cara membaca laporan perusahaan sesuai dengan sinopsis buku.

Nah, apabila Grameds penasaran dan ingin memiliki buku ini, Grameds bisa membelinya di Gramedia.com ya!

9. Berkah dengan Investasi Syariah: Saham Syariah Kelas Pemula

Berkah dengan Investasi Syariah: Saham Syariah Kelas Pemula
Berkah dengan Investasi Syariah: Saham Syariah Kelas Pemula

tombol beli buku

Ditulis oleh Mang Amsi, buku ini akan menjelaskan cara untuk berinvestasi saham secara syariah. Seperti yang diketahui, mayoritas masyarakat Indonesia beragama muslim dan banyak masyarakat yang memerhatikan apakah proses investasi saham tersebut sesuai dengan syariat Islam atau tidak.

Sehingga, buku ini tentu cocok untuk Grameds yang memiliki preferensi di atas. Melalui buku ini, penulis menjelaskan bahwa kini, di Indonesia pasar saham syariah Indonesia telah mulai diluncurkan dan mudah diakses pula.

Akan tetapi, karena rendahnya literasi mengenai saham syariah, banyak masyarakat yang tidak tahu terkait pasar modal syariah yang ternyata telah berkembang sejak tahun 1997. Oleh karena itu, penulis berusaha mengenalkan mengenai nvestasi sejak dini dengan cara syariah.

Selain mengenalkan cara investasi syariah, penulis pun memaparkan cara untuk melakukan analisis agar para investor muda dapat memilih saham yang berpotensial memberikan keuntungan.

Dibandrol dengan harga Rp 99.000 saja, Grameds sudah dapat memiliki buku ini dengan format soft cover. Akan tetapi untuk versi eBooknya, buku satu ini belum tersedia.

10. Yuk, Nabung Seluruh Saham

Yuk, Nabung Seluruh Saham
Yuk, Nabung Seluruh Saham

tombol beli buku

Buku ini ditulis Ryan Filbert dan Adi Prasetya Teguh, ketika Indonesia tengah mengalami hype atau trend melakukan investasi saham dengan gerakan ‘Yuk Nabung Saham’. Melalui buku ini, penulis berusaha menjelaskan, bahwa tidak mustahil mencapai kesuksesan dengan cara melakukan investasi saham.

Namun, untuk mencapai kesuksesan tersebut para investor perlu mengingat bahwa ada strategi dibandingkan hanya dengan mengikuti trend investasi saham belaka saja. Ryan Filbert dan Adi Prasetya Teguh menjelaskan bahwa ada cara mudah melalui trend investasi saham dengan yuk nabung seluruh saham. Buku ini menyajikan strategi mudah yang dapat diterapkan oleh para investor awam dari gerakan ‘Yuk nabung saham’.

Buku ini, cocok untuk Grameds yang ingin mempelajarai strategi investasi saham dengan cara yang mudah. Sayangnya, buku ini hanya tersedia dalam satu format buku saja yaitu soft cover. Jika Grameds tertarik memiliki buku satu ini, Grameds bisa membelinya di Gramedia.com ya!

11. Dunia Saham Tak Seindah di Sosial Media – Panduan untuk Pemula

Dunia Saham Tak Seindah Di Sosial Media – Panduan Untuk Pemula
Dunia Saham Tak Seindah Di Sosial Media – Panduan Untuk Pemula

tombol beli buku

Buku satu ini cocok untuk para investor muda yang akan mulai memasuki pasar modal. Penulis menyajikan materi, bahwa sebelum masuk pasar modal para investor perlu membekali dirinya dengan segala persiapan serta pengetahuan mengenai pasar modal.

Penulis menyajikan panduan untuk para investor muda, agar siap memasuki pasar modal. Tidak hanya panduan untuk masuk ke pasar modal saja, buku ini juga menyajikan pengetahuan dasar untuk berinvestasi serta tips investasi saham. Dilengkapi pula dengan petunjuk apa sih yang sebaiknya dilakukan oleh para investor di pasar modal?

Buku cocok untuk Grameds yang akan terjun ke pasar modal dan menjadi seorang investor. Tersedia dalam bentuk soft cover, Grameds dapat memiliki buku ini dengan harga Rp 63.000 saja. Sayangnya, belum ada review dari pembaca mengenai buku ini dan buku ini belum tersedia dalam bentuk eBooknya.

Itulah beberapa rekomendasi buku mengenai saham yang dapat dijadikan sebagai acuan oleh Grameds untuk sukses menjadi investor saham. Sebagai #SahabatTanpaBatas Gramedia menyediakan seluruh rekomendasi buku-buku saham di atas. Segera beli dan baca bukunya sekarang juga!

BACA JUGA:

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih