in

12 Ide Usaha Sampingan Di Rumah yang Menguntungkan

Banyak orang yang menginginkan pemasukan tambahan untuk memenuhi segala kebutuhan mereka setiap harinya. Oleh sebab itu, seringkali usaha sampingan digunakan oleh beberapa orang untuk menambah penghasilan mereka.

Usaha sampingan ini sendiri pada umumnya mereka lakukan di dalam rumah yang tidak memakan waktu, tenaga, serta modal yang terlalu besar karena tujuan awalnya hanya untuk menambah penghasilan dari pekerjaan utama mereka.

Bagi Grameds yang saat ini menjadi seorang karyawan di perusahaan atau organisasi, dan sedang mencari ide usaha sampingan yang dapat menambahkan penghasilan kamu sehari-hari, simak informasi terkait berbagai ide usaha sampingan di bawah ini!

Berbagai Ide Usaha Sampingan Di Rumah

1. Content Creator

content creator

Ide usaha sampingan dari rumah yang pertama adalah menjadi content creator dimana profesi ini sendiri tidak terbatas atas ruang maupun waktu. Menjadi content creator sendiri tidak terbataskan oleh usia, dimana setiap orang dapat menjadi content creator dan hanya membutuhkan gadget serta internet untuk melakukan profesi ini.

[algolia_carousel]

Platform untuk menjadi content creator sendiri beragam dengan banyaknya media sosial yang tersedia, seperti Instagram, Youtube, Twitter, atau yang saat ini sedang populer yaitu Tiktok.

Sebagai content creator sendiri, kamu dapat membuat konten yang kamu inginkan sekreatif mungkin tanpa adanya batasan. Selain itu, bentuk konten yang dapat kamu buat juga beragam, mulai dari gambar, tulisan, suara, video, atau bahkan gabungan dari semua hal tersebut.

2. Toko Online

toko online

Ide usaha sampingan dari rumah yang kedua adalah membuka toko online, dimana saat ini dengan adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat, Grameds dapat dengan mudah melakukan hal ini dari dalam rumah.

Saat ini, banyak toko offline yang sudah mulai beralih menjadi toko online dan menawarkan berbagai produk mereka melalui platform e-commerce yang tersedia. Hal ini juga membuka berbagai peluang usaha bagi para pebisnis rumahan yang dapat dengan mudah memasarkan dan menjual produk mereka melalui platform e-commerce ini.

Barang yang dijual sendiri juga bisa beragam, dimulai dari makanan, pakaian, atau bahkan perlengkapan atau alat yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari sudah dapat dengan mudah ditemukan pada toko online yang tersedia.

Dengan membuka toko online juga, Grameds dapat mengurangi modal yang dikeluarkan untuk menyewa tempat seperti halnya toko offline. Oleh sebab itu, usaha toko online menjadi ide usaha yang tepat bagi kamu yang sedang mencari tambahan penghasilan dari rumah!

3. Dropshipper

dropshipper

Ide usaha sampingan dari rumah yang ketiga adalah menjadi dropshipper. Dropshipper sendiri merupakan pemasar yang menjadi penghubung antara konsumen dengan produsen. Dengan menjadi dropshipper, kamu dapat dengan mudah melakukan proses transaksi jual beli tanpa membeli barang dari produsen secara langsung.

Secara umum, tugas dropshipper sendiri adalah sebagai perantara atau penanggung jawab untuk mempromosikan produk yang ditawarkan produsen kepada calon konsumen yang sesuai.

Khususnya bagi Grameds yang tidak memiliki modal besar, menjadi dropshipper adalah pilihan yang tepat, karena kamu tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk menjual sebuah produk. Selain itu, kamu juga tidak perlu menimbun barang atau produk yang seringkali memakan banyak tempat di rumah kamu!

4. Youtuber

youtuber

Ide usaha sampingan dari rumah yang keempat adalah menjadi youtuber, khususnya Grameds yang memiliki tingkat kreativitas yang tinggi serta menyukai berbicara di depan kamera.

Melalui platform Youtube, kamu dapat membuat berbagai macam jenis konten video yang nantinya diunggah melalui internet. Konten yang ada di dalam youtube sendiri bisa menyesuaikan dengan apa yang kamu sukai, baik makanan, fesyen, kehidupan sehari-hari, musik, dan masih banyak lagi.

Dengan menjadi youtuber sebagai usaha sampingan sendiri, kamu juga dapat menghasilkan pendapatan yang cukup besar hingga mencapai puluhan atau bahkan ratusan juta tergantung seberapa banyak orang yang menonton konten yang kamu buat.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk membuat konten sekreatif dan seunik mungkin yang dapat menarik perhatian para pengguna platform Youtube.

5. Membuat Podcast

podcast

Ide usaha sampingan dari rumah yang kelima adalah membuat podcast. Hampir mirip dengan membuat konten youtube yang pada umumnya berupa video, membuat podcast sendiri pada umumnya berupa audio saja.

Dengan berbentuk audio, kamu tidak perlu kesulitan mengedit video sekreatif atau seunik mungkin ataupun menunjukkan wajah kamu jika kamu memang tidak nyaman dengan hal tersebut.

Membuat podcast sendiri cukup sederhana, dimana sebelum memulai kamu harus terlebih dahulu menentukan perencanaan atau ide tentang topik apa yang ingin kamu bicarakan di dalam podcast yang nantinya akan direkam dan pada akhirnya diunggah.

Saat ini sendiri, untuk melakukan proses editing serta pengunggahan sebuah podcast sudah sangat dipermudah. Dimana terdapat berbagai aplikasi gratis seperti Anchor maupun Soundcloud dimana kamu dapat mengunggah podcast yang telah kamu buat.

Namun, hal yang harus diperhatikan dalam membuat podcast adalah memiliki kemampuan public speaking atau kemampuan untuk berbicara di depan umum yang baik. Dengan begitu, konten podcast yang kamu buat juga akan lebih menarik dan pada akhirnya banyak yang mendengarkan.

6. Membuat Katering

katering

Ide usaha sampingan dari rumah yang keenam adalah membuat katering khususnya kamu yang saat ini menjadi ibu rumah tangga yang sedang berusaha mencari usaha sampingan yang dapat menghasilkan keuntungan.

[algolia_carousel page=2]

Katering yang dibuat sendiri tidaklah harus yang besar, namun buatlah bisnis katering kecil-kecilan yang dapat dilakukan di rumah untuk mengisi waktu luang. Dengan membuka usaha ini sendiri, kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar karena tidak perlu menyewa sebuah tempat dan hanya memerlukan modal untuk membeli bahan makanan saja yang pada umumnya juga sudah dibayarkan sebelumnya oleh konsumen yang memesan jasa katering kamu.

7. Membuka bisnis Thrift Shop

thrift shop

Ide usaha sampingan dari rumah yang ketujuh adalah membuka bisnis Thrift Shop, dimana sejak awal mula adanya pandemi ini, thrift shop online sudah semakin banyak bermunculan melalui sosial media.

Usaha sampingan ini akan sangat cocok khususnya untuk kamu mahasiswa yang menyukai dan gemar fesyen, usaha thrift shop online ini dapat menyalurkan hobi dan juga menghasilkan keuntungan.

Thrift shop sendiri merupakan sebuah usaha jual beli baju bekas yang masih layak pakai. Pada umumnya, memulai usaha ini sendiri tidaklah membutuhkan modal yang terlalu besar dan juga segala promosi dilakukan melalui sosial media sehingga tidak memakan waktu kamu terlalu banyak.

Dengan membuka bisnis thrift shop juga kamu membantu dan meningkatkan awareness masyarakat untuk mengurangi pembelian barang dari brand fast fashion yang dapat merugikan lingkungan dan masyarakat sekitar.

8. Menjadi Admin Media Sosial

admin media sosial

Ide usaha sampingan dari rumah yang kedelapan adalah menjadi admin media sosial yang saat ini menjadi salah satu pekerjaan yang populer dan banyak dicari.

Pada umumnya, untuk menjadi seorang admin media sosial, seseorang harus memiliki kemampuan media sosial yang baik, seperti memahami tren yang beredar, tingkat kreativitas yang tinggi, mampu berkomunikasi dengan baik, serta pengguna aktif di berbagai platform media sosial.

Menjadi admin media sosial berarti kamu akan bertanggung jawab akan sebuah akun. Namun, bertanggung jawab yang dimaksud di dalam hal ini bukanlah hanya soal membuat media sosial tersebut terlihat rapi, namun juga harus dapat melakukan interaksi serta membuat konten yang relevan dengan pengikut dari akun tersebut.

9. Menjadi Sekretaris Virtual

sekretaris virtual

Ide usaha sampingan dari rumah yang kesembilan adalah menjadi sekretaris virtual, dimana dengan berkembangnya era digital saat ini, pekerjaan sejenis ini semakin banyak dicari oleh berbagai perusahaan maupun organisasi.

Sekretaris Virtual sendiri memang masih sangatlah asing untuk beberapa orang, dimana sekretaris virtual itu memiliki tugas yang serupa dengan asisten yang ada di dalam sebuah kantor, namun perbedaannya adalah pekerjaan ini dilakukan secara online keseluruhan.

Menjadi sekretaris virtual sendiri pada umumnya memiliki tugas untuk memberikan dukungan, seperti halnya dalam urusan administrasi perusahaan, namun hal ini sendiri kembali lagi bergantung pada perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan tersebut.

Melalui internet, kamu juga tidak harus bekerja untuk perusahaan Indonesia, namun dengan kemajuan teknologi saat ini, kamu dapat dengan mudah bekerja secara virtual ke seluruh belahan dunia yang pastinya menawarkan pendapatan yang lebih baik dan berbagai keuntungan lainnya.

10. Menjadi Copywriter

copywriter

Ide usaha sampingan dari rumah yang kesepuluh adalah menjadi copywriter yang saat ini sedang menjadi tren baik di sosial media maupun website. Dimana hal ini sendiri dapat kita lihat, banyak perusahaan yang melakukan pemasaran menggunakan copywriting yang mengharuskan seseorang memiliki kemampuan menulis serta branding yang baik.

Menjadi copywriter sendiri dapat kamu lakukan secara freelance, dimana pada umumnya banyak perusahaan yang membutuhkan jasa penulisan untuk membuat karya tulis, seperti artikel yang nantinya dapat digunakan sebagai salah satu strategi pemasaran.

11. Menjadi penerjemah bahasa

penerjemah bahasa

Ide usaha sampingan dari rumah yang kesebelas adalah menjadi penerjemah bahasa yang saat ini juga sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan dan dapat menghasilkan keuntungan bagi Grameds yang sedang mencari usaha sampingan.

Pada umumnya, untuk mencari klien sendiri kamu dapat mencarinya melalui internet di berbagai situs freelancer tempat para perusahaan mencari jasa tersebut.

12. Menawarkan jasa titip

jasa titip

Ide usaha sampingan dari rumah yang kedua belas adalah menawarkan jasa titip yang dapat dilakukan oleh orang-orang yang suka bepergian ke berbagai tempat. Dimana, ketika kamu libur bepergian, seringkali hanya terpikirkan untuk membuang uang saja, namun ternyata dengan menawarkan jasa titip ini kamu juga dapat menghasilkan keuntungan.

Jasa titip ini juga tidak harus selalu dalam bentuk jastip luar negeri, karena seringkali banyak orang pula yang ada di luar kota membutuhkan jasa ini untuk mencari barang yang diinginkannya. Misalnya, ketika kamu sedang berpergian ke Bogor, dan teman kamu yang ada di Jakarta membutuhkan jasa titip untuk membelikan jajanan Bogor kepada kamu.

Berbagai Ide Usaha Sampingan yang dapat dilakukan dari Desa

Bagi Grameds yang tinggal di pedesaan, memang teknologi masih sulit untuk dijangkau dengan mudah. Oleh sebab itu, berikut ini beberapa ide usaha sampingan yang dapat dilakukan dari desa sebagai berikut.

1. Membuat Kebun Sayur 

Ide usaha sampingan dari desa yang pertama adalah membuat kebun sayur. Bibit yang dapat kamu tanam sendiri bisa beragam, mulai dari bayam, cabai, kol, wortel, maupun berbagai sayuran lainnya yang sering kamu temukan sehari-hari.

Jika kamu tidak memiliki halaman atau lahan yang luas untuk menanam bibit tersebut, terdapat pula alternatif, yaitu menggunakan polybag yang juga dapat membantu kamu untuk menghemat pengeluaran karena harganya yang relatif terjangkau.

Saat ini sendiri, sebenarnya kamu juga sudah bisa menanam tanaman bahkan di dalam rumah, dimana bibitnya dan segala perlengkapan yang dibutuhkan dapat dengan mudah kamu beli melalui e-commerce dan toko online lainnya.

2. Membuat Warung atau Toko Sembako

Ide usaha sampingan dari desa yang kedua adalah membuat warung atau toko sembako yang menjual berbagai kebutuhan sehari-hari yang pada umumnya dibutuhkan dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Membuka warung sembako ini sendiri sangat direkomendasikan bagi Grameds yang merupakan ibu rumah tangga yang harus menjaga anaknya setiap hari. Selain mengisi waktu luang, kamu juga dapat memiliki kegiatan lain sehingga dapat mengisi waktu luang dan melepaskan beban dari urusan rumah tangga sejenak.

3. Membuat Peternakan Ayam

Ide usaha sampingan dari desa yang ketiga adalah membuat peternakan ayam dimana usaha ini bisa sangat menguntungkan. Untuk memulai usaha peternakan ayam sendiri kamu juga dapat menyesuaikan dengan modal yang kamu miliki sesuai dengan kapasitas.

Di pedesaan, kamu juga dapat memulainya dengan membuat kandang atau pagar untuk memulai usaha peternakan ayam. Selain itu, ayam di Indonesia sendiri sangat menguntungkan, dimana kebutuhan daging ayam serta telur ayam masih sangat tinggi sehari-harinya.

4. Membuka Kedai Makanan

Ide usaha sampingan dari desa yang keempat adalah membuka kedai makanan, baik makanan ringan maupun berat. Makanan yang dijual sendiri juga dapat beragam, baik kamu buat sendiri maupun menjual makanan jadi.

Membuka kedai makanan sendiri tidak harus memakan ruang yang besar, dimana kamu dapat melakukannya di halaman rumah atau di teras rumah pada pedesaan. Modal yang dikeluarkan sendiri dapat bervariasi tergantung pada modal yang kamu miliki.

Makanan yang dijual sendiri dapat beragam, mulai dari makanan ringan seperti keripik, makaroni, dan berbagai jenis cemilan lainnya. Atau bahkan menjual makanan berat, seperti bakso, mie, dan berbagai jenis makanan lainnya.

5. Menjadi Agen Pulsa maupun Token Listrik

Ide usaha sampingan dari desa yang kelima adalah menjadi agen pulsa ataupun token listrik yang juga dapat memberikan keuntungan besar. Hal ini dikarenakan, pulsa, paket data, maupun token listrik merupakan kebutuhan sehari-hari di dalam rumah tangga.

Selain itu, dengan berkembangnya teknologi saat ini, kamu juga dapat dengan mudah menjual pulsa maupun token listrik melalui toko online yang ada di media sosial maupun e-commerce.

6. Membuka Bimbingan Belajar

Ide usaha sampingan dari desa yang keenam adalah membuka bimbingan belajar khususnya bagi kamu yang merupakan mahasiswa atau bahkan seorang guru. Pada umumnya, bimbingan belajar sendiri dilakukan secara privat baik kamu yang datang ke rumah muridmu atau sebaliknya.

Selain itu, banyak orang saat ini membutuhkan bimbingan belajar dari orang lain, hal ini dikarenakan dengan mengikuti bimbingan, kita dapat lebih memahami pelajaran dan segala kesulitan yang kita temui dapat diperbaiki.

Bagi mahasiswa maupun guru yang adapun, melakukan bimbingan belajar tidak memerlukan modal uang, dan kamu hanya perlu menyiapkan diri kamu sendiri dan mata pelajaran yang nantinya akan diajarkan kepada muridmu.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Andrew