in

10 Peluang Bisnis Usaha Yang Cocok Untuk Anak Muda

Peluang Bisnis Usaha Yang Cocok Untuk Anak Muda – Di zaman sekarang ini mencari pekerjaan menjadi hal yang cukup sulit. Banyak anak muda yang masih berusaha dan belum mendapatkan pekerjaan. Sebagai alternatif dari sulitnya untuk mendapat pekerjaan tersebut, banyak anak muda yang mencoba melakukan bisnis untuk mendapatkan penghasilan. Minat anak muda untuk menjadi seorang pebisnis pun kini semakin tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari munculnya banyak bisnis usaha baru yang bergerak di berbagai bidang.

Teknologi yang kini berkembang pesat juga dapat dimanfaatkan sebagai peluang berbagai usaha bisnis, seperti membuka toko dan jasa secara online. Bisnis usaha online tersebut dapat memudahkan serta memberikan peluang yang besar kepada anak muda yang ingin memulai bisnisnya. Bisnis usaha yang awalnya dimulai kecil-kecilan jika terus ditekunkan dapat berkembang menjadi sangat besar hingga menghasilkan banyak keuntungan dan lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Seseorang yang ingin membuka bisnis harus dapat menentukan ide bisnis usaha apa yang ingin dilakukan serta mencari tahu peluang dari bisnis usaha tersebut. Karena itu, perlu dilakukan perencanaan yang tepat agar bisnis dapat berjalan dengan lancar nantinya. Namun, mencari atau menentukan ide bisnis usaha yang ingin dilakukan sering kali membuat seseorang menjadi bingung. Jika kamu menjadi salah satunya, simak penjelasan mengenai peluang bisnis usaha yang dapat dicoba oleh anak muda berikut ini.

10 Peluang Bisnis Usaha Yang Cocok Untuk Anak Muda

Berikut adalah buku mengenai ide bisnis online dan offline.

21 Ide Bisnis Online Dan Offline Super Dashyat Edisi Bahasa Indonesia

  1. Thrift Shop

    Thrift Shop
    Thrift shop
    merupakan merupakan bentuk usaha bisnis yang menjual berbagai produk bekas dari dalam maupun luar negeri, yang masih memiliki kondisi baik dan layak digunakan. Produk yang diperjualbelikan di thrift shop dapat berupa baju, celana, tas, sepatu, topi, aksesoris, dan berbagai produk bekas lainnya. Produk pakaian yang dapat dibeli untuk memulai bisnis usaha ini biasanya dijual secara karungan. Satu karung pakaian kurang lebih memiliki harga sekitar 1 juta rupiah. Di dalam satu karung pakaian tersebut biasanya berisi 50-100 pakaian acak. Seluruh pakaian tersebut tidak selalu memiliki kondisi yang sempurna. Terkadang terdapat pakaian dengan kondisi cacat, seperti robek atau memiliki kancing yang lepas. Produk yang cacat tersebut dapat kamu perbaiki terlebih dahulu sebelum dijual. Kamu juga perlu mencuci seluruh pakaian yang ingin kamu jual terlebih dahulu untuk memastikan kebersihannya. Jika perlu, kamu dapat merendam terlebih dahulu pakaian tersebut dengan air yang panas untuk menghilangkan bakteri atau kuman yang mungkin ada di dalamnya sehingga pelanggan kamu akan menjadi lebih aman.

    Thrift shop
    menjadi salah satu peluang bisnis usaha yang layak dicoba karena bisnis ini membutuhkan modal yang tidak terlalu besar serta minat pembeli yang cukup banyak. Namun, untuk dapat menarik minat banyak pembeli, kamu harus menemukan produk yang baik serta menawarkan harga yang tepat. Produk thrift shop dijual dengan berbagai harga sesuai dengan kondisi produk tersebut. Umumnya, satu produk pakaian di thrift shop dijual dengan harga sekitar Rp40.000,00–Rp150.000,00.

  2. Warung Kopi (Kedai Kopi)

    Warung Kopi
    Warung kopi atau kedai kopi menjadi bisnis yang cukup ramai dilakukan beberapa tahun ini. Hal tersebut terjadi seiring dengan semakin banyaknya anak muda suka nongkrong di berbagai tempat dan menjadikan warung kopi atau kedai kopi sebagai salah satu tempat nongkrong tersebut. Bisnis warung kopi dapat menjadi bidang usaha yang menyenangkan bagi kamu yang juga suka nongkrong.

    Bisnis ini dapat dilakukan dengan anggaran biaya dan tenaga yang cukup terbatas. kamu dapat membuka bisnis warung kopi atau kedai kopi kecil-kecilan dengan menyediakan fasilitas wifi gratis, tempat yang nyaman, serta menu makanan dan minuman yang enak dan dengan harga terjangkau. Bisnis ini dapat menghasilkan untung yang cukup menggiurkan dan menjadi sangat cocok untuk dicoba oleh anak muda. Warung kopi juga dapat menjadi usaha sampingan yang dibuka pada sore dan malam hari, saat waktu pagi atau siang hari digunakan untuk melakukan pekerjaan lainnya.

  3. Laundry

    Laundry

    Laundry menjadi salah satu bisnis usaha yang dapat dicoba oleh anak muda. Laundry merupakan usaha yang menawarkan jasa cuci pakaian. Umumnya masyarakat memanfaatkan jasa ini saat tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian kotor mereka. Jasa laundry banyak dimanfaatkan oleh masyarakat yang tinggal di perkotaan, terutama yang tinggal di tempat kos. Karena itu, lokasi untuk memulai bisnis usaha ini menjadi sangat penting karena dapat menentukan keberlangsungan bisnis ke depannya.

    Bisnis laundry akan cukup menjanjikan jika dilakukan di lokasi strategis dengan pemukiman yang padat, terutama di wilayah kampus atau dekat dengan perkantoran. Seseorang yang ingin memulai bisnis laundry juga perlu mempersiapkan peralatan laundry yang berkualitas agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik. Selain itu, untuk memulai bisnis laundry juga diperlukan adanya strategi pemasaran yang baik dan unik untuk menarik minat masyarakat. Strategi pemasaran ini dapat dilakukan dengan menyebarkan brosur yang menawarkan promosi menarik di lingkungan bisnis usaha laundry tersebut. Bisnis laundry yang dilakukan dengan menyediakan pelayanan yang baik serta tempat yang strategis akan menghasilkan banyak keuntungan.

  4. Cuci Kendaraan

    Cuci Kendaraan
    Cuci kendaraan menjadi bisnis yang dapat dicoba karena cukup menjanjikan seiring dengan jumlah kendaraan yang terus berkembang serta banyak masyarakat yang tidak memiliki waktu untuk mencuci kendaraannya secara rutin. Masyarakat lebih banyak yang memanfaatkan jasa cuci kendaraan dibandingkan dengan mencuci kendaraannya sendiri. Hal tersebut tentu akan menjadikan cuci kendaraan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Bisnis cuci kendaraan dapat dilakukan dalam skala kecil maupun besar. Bisnis ini dapat dimulai dari skala rumahan dengan dibuka di halaman atau garasi rumah. Lokasi yang strategis serta pelayanan yang baik akan sangat mendukung kemajuan bisnis ini.

  5. Bisnis Kue

    Bisnis Kue
    Hobi memasak dapat dimanfaatkan sebagai peluang usaha yang dapat menghasilkan cukup banyak keuntungan. Salah satu bisnis makanan yang banyak dijumpai saat ini adalah kue. Kue basah maupun kue kering sama-sama menjadi makanan yang disukai oleh banyak masyarakat. Selain itu, keberadaan kue di rumah, terutama saat hari istimewa atau hari penting sudah menjadi kebiasaan sebagian besar masyarakat.

    Memulai bisnis kue tidak selalu harus membutuhkan modal yang besar. Bisnis kue dapat dimulai dengan usaha kecil-kecilan di rumah serta memanfaatkan teknologi komunikasi untuk dapat dijual secara online. Bisnis ini dapat menjadi usaha utama maupun sampingan seseorang. Bisnis kue yang ditekuni dengan baik akan mampu berkembang dan menjadi bisnis usaha yang menjanjikan.

    Berikut adalah buku mengenai cara memulai dan mengelola bisnis roti dan aneka kue.
    Rupiah Meriah dari Bisnis Roti & Kue

  6. Menjadi Reseller atau Dropshipper

    Reseller dan Dropshiper
    Pada umumnya, untuk memulai bisnis usaha seseorang harus memiliki modal untuk membuat atau membeli produk, tetapi hal tersebut tidak berlaku pada bisnis reseller dan dropshipper produk online. Seseorang yang sama sekali tidak memiliki modal dapat melakukan bisnis ini karena pada prinsipnya, bisnis ini dilakukan dengan menjualkan atau memasarkan produk orang lain. Yang terpenting dalam menjalankan kedua bisnis ini adalah memiliki jaringan internet, alat komunikasi, serta media sosial atau platform untuk memasarkan produk. Namun, terdapat perbedaan antara kedua bisnis ini. Pada sistem reseller, seseorang memasarkan dan menjual suatu produk dengan tetap menggunakan nama toko atau perusahaan produk tersebut. Sementara itu, dropshipper dapat memasarkan dan menjual produk dari toko atau orang lain dengan menggunakan nama tokonya sendiri. Pembeli yang membeli dari dropshipper kemungkinan tidak tahu siapa penjual awal atau asli dari produk tersebut. Reseller akan dianggap sebagai seorang agen oleh pembeli, sedangkan dropshipper akan dianggap sebagai pemilik toko oleh pembeli.

  7. Jasa Desain Grafis

    Jasa Desain Grafis
    Seseorang yang memiliki keterampilan dalam bidang desain grafis dan memanfaatkan bakatnya tersebut untuk menghasilkan uang dengan membuka jasa desain grafis. Jasa desain grafis menjadi salah satu bisnis usaha yang memiliki banyak peluang karena desain ini dibutuhkan dalam berbagai hal. Modal yang paling penting untuk jenis usaha ini tentu adalah keterampilan desain serta aplikasi dan alat yang diperlukan untuk menunjang desain. Jasa yang ditawarkan dalam desain grafis dapat berupa desain logo, desain kartu nama, desain poster, desain interior, dan lainnya.

    Berikut adalah buku mengenai langkah-langkah membuat dan mengelola bisnis desain grafis.

    Resep Cespleng Bisnis Desain Grafis

  8. Bisnis Aksesoris

    Aksesoris
    Sebagian besar wanita sangat suka menggunakan aksesoris untuk mendukung penampilannya. Karena itu, bisnis aksesoris dapat menjadi peluang bisnis yang cukup menguntungkan bagi anak muda. Modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar, tetapi dibutuhkan adanya kreativitas dan kesabaran untuk membuat aksesoris ini. Aksesoris dapat dibuat dari manik-manik, rajut, rantai, dan mutiara. Beberapa jenis aksesoris yang dapat dibuat sebagai peluang usaha, yaitu tali masker, gelang, cincin, kalung, bandana, syal, dan lainnya. Aksesoris ini dapat dipasarkan dan dijual secara online, melalui media sosial maupun aplikasi jual beli.

  9. Blogger

    Desain Grafis
    Blogger
    menjadi salah satu bisnis usaha yang dapat dicoba bagi kamu yang memiliki hobi serta kemampuan menulis yang baik. Bisnis usaha ini hanya memerlukan modal berupa PC atau laptop, jaringan internet, dan situs blog. Cara yang dilakukan untuk memperoleh pendapatan dari bisnis ini adalah dengan memasang iklan, melakukan kerja sama dengan brand tertentu, serta menjual produk atau jasa pribadi di situs blog yang dimiliki. Keuntungan yang didapatkan dari bisnis usaha blogger tidak boleh diremehkan karena cukup banyak contoh blogger yang telah sukses hingga memiliki penghasilan mencapai 1 miliar rupiah per bulan.

  10. Ternak Ikan

    Ternak Ikan
    Ternak ikan ikan air tawar, baik ikan hias maupun ikan konsumsi, dapat menjadi peluang bisnis usaha yang berpotensi mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Saat ini banyak masyarakat yang memiliki hobi mengoleksi berbagai jenis ikan hias, seperti ikan cupang, ikan koi, ikan guppy, dan ikan mas koki. Sementara itu, ikan konsumsi menjadi makanan pokok yang mengandung berbagai nutrisi dan digemari oleh masyarakat. Beberapa contoh ikan air tawar konsumsi yang memiliki peluang bisnis ternak ikan, yaitu ikan lele, ikan nila, ikan mas, ikan gurame, ikan patin, dan ikan gabus. Bisnis ternak ikan ini dapat dimulai dalam skala kecil di halaman rumah. Dalam menjalankan bisnis usaha ini seseorang perlu mengetahui selera pasar dengan mencari tahu jenis ikan apa yang sedang digemari masyarakat.

    Berikut adalah buku mengenai panduan bisnis dan budidaya ikan gabus.

    Panduan Lengkap Bisnis Dan Budi Daya Ikan Gabus

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Laila Febrianti