in

15 Ide Jualan Online dan Tipsnya Agar

Ide Jualan Online dan Tips – Pada zaman yang serba maju ini, segala aktivitas dapat dilakukan secara online. Hanya dengan mengandalkan jaringan internet, kita bisa mendapatkan informasi serta keuntungan apapun. Bahkan, saat ini sudah banyak bisnis berjualan yang dijalankan secara online, lho…

Apalagi di tengah pandemi seperti ini, banyak pegawai yang terpaksa harus terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) karena keadaan sudah tidak “normal” seperti dahulu lagi. Akibat dari PHK tersebut, banyak orang harus memutar otak untuk tetap mendapatkan pundi-pundi rupiah guna memenuhi kebutuhan keluarga.

Ide bisnis jualan online ini dapat dilakukan oleh siapapun, tak terkecuali para pelajar dan mahasiswa yang ingin menambah uang saku. Nah, berikut terdapat beberapa rekomendasi ide bisnis jualan online yang dapat dilakukan hanya dari rumah.

Yuk, simak beberapa rekomendasi ide bisnis jualan online yang mungkin cocok dengan keahlianmu!

15 Rekomendasi Ide Bisnis Jualan Online

1. Bisnis Thrift Shop

Grameds pasti sudah tidak asing dengan bisnis berjualan pakaian bekas. Pakaian bekas ini beberapa memang ada yang bekas pemakaian orang lain, ada juga yang hanya semata cacat dari pabriknya. Pakaian-pakaian bekas ini biasanya berasal dari merk terkenal.

Namun, jangan salah paham meskipun pakaian dalam bisnis thrift shop ini adalah pakaian bekas, tetapi sebelum sampai ke tangan konsumen, pasti sudah dicuci dan disetrika dengan baik layaknya pakaian baru.

Harga jual pakaian dalam bisnis ini biasanya akan lebih murah dari harga aslinya. Maka dari itu, bisnis ini digeluti oleh banyak orang karena memberikan keuntungan yang tidak main-main.

2. Bisnis Penerjemah Bahasa Asing

Apabila Grameds memiliki kemampuan menulis dan menerjemahkan bahasa asing, bisa menekuni bisnis ini. Keuntungan yang didapatkan juga tidak main-main lho… 

Bisnis ini akan laris untuk kalangan mahasiswa yang tengah mengerjakan skripsi atau tesis, terutama pada bagian abstrak yang biasanya mengharuskan dalam bentuk bahasa Inggris. Harga yang dipatok biasanya adalah Rp15.000 untuk tiap lembarnya.

3. Bisnis Produk Rajutan

Produk rajutan ini dapat diproduksi dengan berbagai bentuk, misalnya topi bayi, sepatu bayi, tas selempang, hingga konektor masker. Benang rajut yang digunakan sebaiknya berwarna pastel dengan perpaduan warna yang tidak terlalu norak.

Bisnis ini biasanya akan menggunakan sistem PO (pre-order) atau memesan terlebih dahulu selama beberapa hari. Pelanggan tentu saja dapat memilih warna benang, ukuran dan bentuk produk sesuai keinginannya.

4. Bisnis Pembuatan Artikel

Saat ini, keberadaan artikel yang ada di internet menjadi salah satu cara untuk memasarkan suatu produk dari perusahaan tertentu. Maka dari itu, bisnis pembuatan artikel bisa kamu jadikan sebagai lahan untuk mencari pundi-pundi rupiah.

Dalam bisnis ini, kamu harus memahami mengenai produk apa yang hendak kamu promosikan sehingga tulisanmu secara tidak langsung akan mengarah pada produk tersebut.

5. Bisnis K-Pop Merch

Saat ini, K-Pop telah digandrungi oleh banyak orang di seluruh dunia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa telah menjadikan K-Pop sebagai role model dan penyemangat hidup mereka.

Artist K-Pop ketika melakukan comeback, biasanya akan mengeluarkan berbagai merchandise yang tentu saja menjadi favorit penggemarnya. Nah, adanya hal tersebut dapat menjadikan salah satu ide bisnis jualan yang tentu saja dapat memberikan banyak keuntungan.

Kamu dapat menjual merchandise K-Pop seperti photocard, poster, album, lightstick hingga photobook. Untuk K-Pop merchandise yang official atau asli dari perusahaan agensi, tentu saja harganya akan mahal ya…

https://id.pinterest.com/pin/144889312998033176/

6. Bisnis Jualan Akun Premium

Apabila kamu sering berselancar di sosial media, terutama Twitter, pasti sering menemui akun yang mempromosikan akun platform premium. Bisnis ini biasanya dilakukan oleh para pelajar dan mahasiswa yang hendak mencari uang saku tambahan.

Platform tersebut misalnya adalah Spotify, Netflix, Youtube, Disney+ Hotstar, HBO, WeTV, iQiyi, dan lain-lain. Dalam bisnis ini akan menawarkan akun dari platform-platform tersebut pada tingkat premium sehingga pelanggan dapat menikmati konten-konten tertentu yang hanya tersedia untuk akun premium saja.

7. Bisnis Boneka Custom

Boneka custom ini maksudnya adalah boneka yang akan diproduksi mengikuti pesanan dari pelanggannya. Namun, terkadang juga terdapat katalog yang memuat pilihan untuk bentuk bonekanya.

Bisnis ini nyatanya sukses untuk mereka yang aktif mengikuti perkembangan informasi. Boneka custom yang paling sering diproduksi adalah yang memiliki bentuk lucu dan menyerupai idolanya. Contohnya adalah boneka Denimalz yang merupakan maskot dari tiap anggota grup band asal Korea Selatan, yakni DAY6.

https://id.pinterest.com/pin/479774166561128673/

8. Bisnis Penjualan Kaos Custom

Sama halnya dengan bisnis penjualan boneka custom, dalam bisnis penjualan kaos custom ini juga memberikan kebebasan pelanggan untuk memilih sendiri desain apa yang hendak digunakan dalam kaos pesanannya.

Kaos dengan desain yang memuat unsur-unsur K-Pop atau idola anak muda menjadi desain yang paling banyak dicari. Jika kamu memiliki ide kreatif untuk menciptakan desain-desain, tentu saja dapat kamu jual dalam bisnis ini dengan harga yang lebih mahal dari desain custom.

9. Bisnis Gelang Manik

Penugasan keterampilan yang sering kita dapatkan ketika sekolah seperti membuat gelang dari manik-manik, ternyata dapat dijadikan ide bisnis jualan online lho…

Manik-manik yang hendak kamu gunakan lebih baik yang memiliki motif unik dan warna unik. Perpaduan yang digunakan dalam menyusun gelang manik-manik tersebut juga harus kreatif tetapi tidak norak.

https://id.pinterest.com/

10. Bisnis Katering Camilan

Sebenarnya, bisnis katering camilan ini telah ada sejak waktu yang lama. Namun, kamu dapat mencobanya dengan menyediakan menu makanan sehat dan menu makanan yang unik serta kekinian.

Apabila kamu jago masak, kamu dapat membuat makanan kekinian seperti salad buah, sushi, chicken katsu, hotang (hotdog kentang), ayam geprek mozarella, dan lain-lain. Jika target penjualanmu adalah anak-anak sekolah, maka kamu harus menjualnya dengan harga yang tidak terlalu mahal tetapi rasanya juga tetap enak.

11. Bisnis Sticker Custom

Meskipun terlihat terlalu sederhana, tetapi bisnis ini banyak digandrungi oleh anak-anak muda lho… Coba saja lihat di aplikasi e-commerce, pasti sudah banyak yang melakukan bisnis sticker custom ini.

Stiker yang diproduksi adalah berupa karikatur atau foto dari idola. Apabila kamu memiliki keahlian untuk membuat desain sendiri, tentu saja dapat kamu jual dalam bentuk stiker.

https://id.pinterest.com/

12. Bisnis Penjualan Frozen Food

Keberadaan frozen food ini telah menjadi favorit bagi ibu rumah tangga, mahasiswa, hingga pegawai kantoran. Hal tersebut karena makanan jenis ini lebih tahan lama, mudah disimpan, dan pengolahannya lebih praktis.

Apabila kamu ingin menjalankan bisnis ini, kamu harus memahami frozen food apa yang tengah digemari oleh masyarakat sehingga secara tidak langsung kamu akan mengikuti selera pasar.

13. Bisnis Editing Tugas Akhir

Bisnis ini biasanya banyak dilakukan oleh mahasiswa dengan target pasarnya adalah sesama mahasiswa yang tengah mengerjakan tugas akhir, baik itu skripsi maupun tesis. Dalam bisnis ini, kamu memang tidak menjual produk, tetapi menjual jasa edit.

Editing yang dimaksud adalah memperbaiki kesalahan penulisan, mengatur letak halaman, mengatur daftar isi, dan lain-lain. Meskipun terlihat sepele, tetapi bisnis jasa ini ternyata diminati oleh banyak mahasiswa karena mampu memberikan keuntungan yang tidak sedikit.

14. Bisnis Jasa Pembuatan Logo

Apabila kamu memiliki keahlian di bidang desain grafis, tentu saja dapat kamu kembangkan dan menjualnya dengan harga yang tentu saja tidak murah. Hal tersebut karena keahlian di bidang desain grafis memang seharusnya memiliki harga yang tidak main-main.

Untuk menekuni bisnis ini, kamu harus memahami secara benar dalam proses pembuatan logo karena keberadaan logo tersebut berkaitan erat dengan identitas perusahaan.

15. Bisnis Softcase Custom

Saat ini, banyak orang yang menggunakan smartphone sebagai media komunikasi yang wajib dibawa kemana pun. Untuk menambah keindahan smartphone tersebut, perlu adanya softcase atau “wadah” pelindung untuk melindungi dari debu maupun goresan lecet.

Nah, bisnis ini dapat kamu geluti apabila kamu memiliki ide kreatif dalam menghias softcase sesuai dengan keinginan pelanggan. Kamu juga dapat menyediakan katalog yang berisi desain-desain unik untuk softcase tersebut.

Desain softcase yang tengah digandrungi pada zaman sekarang adalah softcase yang menggunakan photocard atau foto idola dengan ditambah hiasan bunga-bunga kering. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan tulisan-tulisan aesthetic guna mempercantik softcase tersebut.

Tips Menjalankan Bisnis Jualan Online

  • Pasarkan melalui sosial media, misalnya WhatsApp, Twitter, Instagram, Facebook, hingga Tiktok.
  • Gunakan nama bisnis jualan yang unik dan mudah diingat oleh pelanggan. Hindari menggunakan nama yang menyinggung kelompok masyarakat tertentu.
  • Buat akun sosial media khusus untuk bisnis jualanmu, baik di WhatsApp, Twitter, Instagram, maupun Tiktok. Jangan lupa untuk menyertakan kontak di bagian bio.
  • Sering melakukan riset untuk mencari tahu apa yang sedang populer di masyarakat dan hubungkan dengan bisnis online milikmu.

  • Cari tahu kisaran harga dari pesaingmu.
  • Pilih strategi pemasaran yang tepat.
  • Apabila kamu menekuni bisnis produksi barang, gunakan bahan yang berkualitas supaya mendapatkan kepercayaan konsumen.
  • Ramah kepada konsumen, sekali pun mereka hanya bertanya-tanya mengenai deskripsi dan harga produk/jasa yang tengah kamu tawarkan kepada mereka.
  • Jika hendak mempromosikan di sosial media, unggah foto dengan kualitas tinggi dan tata semenarik mungkin. Jangan asal-asalan memotret lalu diunggah begitu saja.
  • Berikan deskripsi yang rinci terkait produk yang hendak kamu tawarkan tersebut.

Nah, itulah beberapa rekomendasi ide bisnis jualan online beserta tips yang tentu saja dapat ditekuni oleh siapapun, baik ibu rumah tangga, pelajar, atau mahasiswa. Memang, untuk memulai bisnis-bisnis online tersebut akan terlihat sulit, tetapi jika tidak dimulai dari sekarang, lalu kapan lagi….

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum