in

Cara Belanja di TikTok Shop Pada Akun Gramedia Official

Unsplash.com/Solen Feyissa

Cara Belanja di TikTok – Media sosial yang sedang tren dan digandrungi banyak orang, TikTok, saat ini mempunyai fitur baru bernama TikTok Shop. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan jual beli online di aplikasi ini. Terlebih cara belanja di TikTok Shop sangat mudah untuk dilakukan.

Aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 2 miliar kali ini terus melakukan pengembangan untuk membuat penggunanya semakin nyaman dan betah. Melansir dari lifestyle.kontan.co.id, TikTok menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan di tahun 2021. Ini menjadi bukti bahwa perkembangan aplikasi tersebut dapat diterima oleh penggunanya.

Lantas apa itu TikTok Shop? Bagaimana cara menjadi penjual atau belanja dengan fitur tersebut? Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Apa itu TikTok Shop?

TikTok Shop adalah fitur yang memungkinkan pengguna dan kreator untuk menjual atau mempromosikan produknya di aplikasi berbagi video pendek, TikTok. Proses transaksinya bisa diselesaikan secara langsung tanpa harus pindah ke aplikasi lain terlebih dulu.

Ini jelas berbeda dari fitur Facebook Marketplace atau Instagram Shopping yang mengarahkan pembeli ke situs web dari penjual. Oleh sebab itu, bisa dikatakan, TikTok Shop lebih memudahkan belanja online, baik bagi penjual maupun pembeli.

[algolia_carousel]

Selain transaksi, dengan fitur ini pengguna juga bisa chatting dengan penjual atau memproses pembayaran langsung di dalam aplikasi TikTok itu sendiri. Fitur canggih yang satu ini sudah tersedia untuk pengguna TikTok yang memiliki akun bisnis di negara Indonesia, Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris.

TikTok Shop sendiri sudah bisa digunakan sejak bulan September 2021 yang lalu. Terobosan ini merupakan respon dari TikTok terhadap peningkatan penjualan berbagai macam produk setelah mempromosikannya di aplikasi ini.

Cara Belanja di TikTok Shop

Cara Belanja di TikTok
Unsplash.com/Olivier Bergeron

Bagi Grameds yang ingin membeli barang lewat TikTok Shop, prosesnya sangat mudah karena fitur ini bisa langsung kamu gunakan dengan akun yang kamu miliki. Sementara jika Grameds ingin menjadi penjual, maka kamu harus mendaftarkan akun TikTok milikmu sebagai seller.

Jika kamu sudah mulai tertarik mencoba fitur ini namun masih belum tahu bagaimana cara belanja di TikTok Shop, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini.

1. Buka aplikasi Tiktok

Langkah pertama adalah membuka aplikasi TikTok yang ada di smartphone milikmu. Jika kamu belum menginstalnya, silakan download dan install aplikasinya melalui Google Play Store atau Apple Store. Setelah itu daftarkan dirimu dan login langsung dari aplikasinya. Cek Akun Resmi Gramedia di Tiktok

2. Mencari toko resmi

Cara Belanja di TikTok

Selanjutnya, kamu harus mencari toko resmi dari produk yang ingin kamu beli. Sebagai contoh, kamu bisa mengunjungi akun Gramedia di TikTok untuk membeli buku favoritmu. Untuk menemukannya kamu bisa klik search dan tulis “gramedia” selanjutnya akan muncul akun official Gramedia.

Buat Grameds yang ingin belajar membangun bisnis seperti toko-toko resmi di TikTok, buku “This Is Marketing: Anda Tidak Akan Terlihat Sebelum Anda Belajar Melihat” dari Seth Godin sangat wajib untuk dibaca. Dalam buku ini Seth Godin menawarkan inti dari kebijaksanaan pemasarannya dalam satu kemasan yang menyeluruh dan mudah dipahami.

Cara Belanja di TikTok

3. Klik Ikon Belanja

Cara Belanja di TikTok

Setelah menemukan akunnya, kamu tinggal mengklik ikon belanja yang ada di samping ikon feed. Sayang sekali, kabarnya ada beberapa akun yang tidak tersedia. Karena itu Grameds perlu memastikan apakah ikon ini juga muncul di akun kamu.

4. Beli sekarang

Cara Belanja di TikTok

Di dalam ikon belanja, ada banyak pilihan buku yang tersedia. Di sini kamu bisa melihat-lihat atau langsung membeli jika ada buku yang membuat kamu tertarik atau benar-benar diinginkan.

Untuk membelinya, Grameds hanya perlu memilih produk yang mau dibeli, lalu akan muncul tombol “Beli Sekarang”. Dengan mengklik tombol tersebut kamu akan diarahkan ke halaman pengisian nama, nomor hp, alamat dan yang lainnya.

Kamu juga bisa membeli beberapa produk secara langsung dengan memilih tombol “tambah ke keranjang” pada halaman buku yang kamu inginkan. Setelah itu lanjutkan untuk memilih judul buku yang lainnya.

5. Melakukan pembayaran

Cara Belanja di TikTok

Terakhir, setelah memilih buku yang kamu mau dan mengisi data-data yang diperlukan untuk pengiriman, Grameds perlu melakukan pembayaran. Di TikTok Shop kamu bisa menggunakan enam metode pembayaran yaitu Indomaret, Alfamart,Transfer Bank, Dana, GoPay, dan Credit Card.

Cara Belanja di TikTok

Yang lebih menarik lagi, TikTok Shop menyediakan opsi gratis ongkir selama masa promosi. Dengan kata lain kami bisa mendapatkan buku favorit di Gramedia dengan harga yang lebih murah karena tidak perlu membayar ongkos kirim.

Cara Belanja di TikTok Shop Ketika Live Streaming

Umumnya, para penjual maupun kreator menggunakan fitur Live Streaming yang disediakan oleh TikTok untuk meningkatkan penjualan barang mereka. Sebagai konsumen, kamu bisa membeli produk tersebut saat live streaming nya berlangsung dengan cara berikut ini:

  1. Buka siaran live streaming dari salah satu penjual atau kreator, misalnya Gramedia
  2. Saat Live streaming berlangsung, produk yang dijual biasanya muncul lewat jendela kecil di sebelah pojok kanan bawah halaman TikTok kamu
  3. Saat kamu menemukan produk yang diincar, langsung klik tombol “Buy/Beli” lalu pilih “Buy Now/Beli sekarang”
  4. Selanjutnya, sama seperti cara belanja di TikTok Shop sebelumnya, kamu perlu mengisi alamat lengkap serta barang yang diinginkan lalu membayar sejumlah harga yang tertera
  5. Terakhir, tunggu barang pesanan kamu diantar ke rumah
Cara Belanja di TikTok
Kompas.com

Cara melihat riwayat pesanan dan melacaknya di TikTok Shop

Cara Belanja di TikTok
kompas.com

Setelah membeli barang yang kamu mau, Grameds mungkin penasaran dengan riwayat pemesanan kamu sendiri. Untuk melihatnya, kamu bisa menggunakan dua cara. Pertama melalui menu “Setting and Privacy” lalu yang kedua melalui tab “Inbox”.

Cara pertama bisa diakses dengan membuka menu “Setting and Privacy” kemudian pilih bagian “orders”. Di bagian ini kamu akan menemukan beberapa tab seperti “To Ship”, “Shipped”, “All”, “Unpaid”, dan “To Review”. Se

Kemudian untuk cara yang kedua lebih sederhana lagi karena kamu cukup mengakses tab “Inbox” lalu pilih bagian “Shop Updates” yang ada di dalamnya.

[algolia_carousel page=2]

Cara melacak pesanan di TikTok Shop

Cara Belanja di TikTok
gadgetren.com

Tidak bisa dipungkiri, menunggu barang pesanan sampai setelah belanja online adalah hal yang cukup menyebalkan. Pasalnya barang tersebut sangat kita inginkan namun tidak bisa kita dapatkan secara langsung.

Seringkali kita mengecek status pesanan untuk melihat sudah sampai mana barang tersebut dan memperkirakan berapa lama lagi kita harus menunggu. Di TikTok Shop kamu juga bisa melakukan pelacakan dengan cara yang mudah.

Setelah melakukan pembelian, baik melalui profil penjual ataupun live streaming, kamu bisa melacak pesanan dengan mengunjungi menu profil yang terletak di sebelah pojok kanan bawah.

Dalam menu ini, pilih menu Pengaturan dan Privasi atau ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas. Selanjutnya klik menu Pesanan yang letaknya berada persis di bawah menu Promosi. Di sini kamu hanya perlu memilih barang yang ingin kamu lacak posisinya.

Membatalkan pesanan di TikTok Shop

Selain melihat riwayat pesanan dan melacaknya, kamu juga bisa membatalkan pembelian yang sudah kamu lakukan. Karena bisa saja Grameds salah memasukan alamat, ingin mengganti pesanan, atau ada hal lainnya sehingga harus membatalkan pesanan yang sudah dibuat.

Nah buat Grameds yang belum tahu bagaimana cara untuk melakukannya, bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka aplikasi TikTok di hp kamu
  2. Pilih menu Profil di pojok kanan bawah
  3. Klik tombol pengaturan dengan ikon garis tiga di sebelah kanan atas
  4. Masuk ke menu “Orders”
  5. Kamu akan melihat daftar produk yang sudah kamu pesan di tab “All” lalu pilih salah satu yang ingin kamu batalkan
    Cara Belanja di TikTok
    gadgetren.com
  6. Setelah sampai di halaman Awaiting payment, klik tombol cancel
  7. Di sini kamu bisa memilih alasan pembatalan pada bagian “Tell us why you canceled”
  8. Pilih tombol “Submit” untuk melanjutkan proses pembatalannya
  9. Setelah itu, pesanan kamu akan otomatis dibatalkan oleh sistem
    Cara Belanja di TikTok
    gadgetren.com

Salah satu kekurangan yang mungkin cukup mengganggu dari TikTok Shop adalah menu “Order” yang cukup tersembunyi. Akibatnya, Grameds perlu melakukan beberapa langkah untuk dapat mengaksesnya.

Ini jelas lebih rumit daripada belanja di aplikasi e-commerce lain seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan sebagainya.

Ngomong-ngomong soal e-commerce, Grameds yang jualan online di salah satu platform tersebut bisa meningkatkan penjualan dengan membaca buku “Mastering Packaging for E-Commerce” karya Sri Julianti. Buku ini ditulis dengan praktis, mudah dipahami, serta dilengkapi dengan beragam contoh kasus, sehingga tips dan trik yang disajikan lebih mudah diaplikasikan bahkan oleh pebisnis pemula.

Cara Belanja di TikTok

Bahkan halaman “Shop” untuk melakukan pembelian kadang-kadang tidak muncul di halaman utama. Akhirnya kamu harus mencarinya di kolom pencarian atau profil penjualnya langsung.

Tips menghindari penipuan saat belanja online

Membahas cara belanja di TikTok shop tanpa mengingatkan risiko penipuan rasanya kurang tepat. Meskipun sekarang ini belanja online sudah menjadi hal yang biasa dan banyak dilakukan masyarakat Indonesia.

Sayangnya, oknum penjual nakal dan tidak bertanggung jawab masih bisa kamu temukan di mana saja. Untuk pencegahan, kamu bisa menerapkan tips yang ada di bawah ini.

1. Memeriksa reputasi toko online atau penjual

Reputasi toko online atau penjual di aplikasi TikTok Shop bisa kamu tentukan dengan cara melihat profilnya di media sosial atau e-commerce lain. Karena memang sekarang ini penjual online pasti memiliki lebih dari satu channel penjualan.

Sebagai contoh, kamu ingin mengecek profil toko online penjual buku bekas yang namanya cukup asing namun harga yang ditawarkan menggiurkan. Pertama, masuk ke profil akun tersebut. Biasanya terdapat beberapa link di bio-nya, seperti link Tokopedia, Instagram, Website, atau Whatsapp.

Nah kamu klik salah satu link tersebut, lalu periksa rating toko di e-commerce atau badge khusus yang dimilikinya. Selain itu, cek juga bagaimana rating dalam menanggapi chat dari konsumennya.

2. Cek testimoni dari konsumen lain

Ketika akan membeli sebuah produk, biasakan agar tidak terburu-buru menekan tombol “Checkout atau Beli”. Sebaiknya cek dulu testimoni atau review dari konsumen lain yang sudah membeli produk tersebut.

Dari testimoni ini kamu bisa tahu bagaimana kualitas produk, pelayanan, serta informasi lainnya yang penting. Idealnya, kamu harus memilih produk yang mendapat banyak testimoni positif dari konsumen lain. Semakin banyak jumlahnya otomatis semakin baik kualitasnya.

3. Hati-hati dengan harga yang terlalu murah

Selanjutnya yang tidak kalah penting, kamu harus berhati-hati saat melihat produk dengan harga yang terlalu murah dari pasaran. Walaupun memang, harga yang murah pasti sulit ditolak. Apalagi bagi Grameds yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa.

Namun tidak ada yang bisa menjamin bahwa ini adalah cara yang digunakan oleh penjual nakal dan tidak bertanggung jawab untuk menipu. Bandingkan saja harga produk dari satu toko dengan toko yang lain, dari situ kamu bisa mengetahui “harga pasaran” untuk produk tersebut.

Setelah itu, lakukan matematika sederhana. Jika harganya jauh di bawah “harga pasaran” apakah penjual akan mendapatkan keuntungan dari penjualan produk tersebut? Sangat tidak masuk akal, kan?

Keunggulan dan manfaat belanja di TikTok Shop

TikTok Shop sebagai fitur yang baru lahir jelas memiliki kegunaannya sendiri, baik untuk penjual maupun pembeli. Karena sebuah aplikasi tidak akan sembarangan mengeluarkan fitur tanpa memikirkan benefit yang didapatkan oleh penggunanya.

Nah, sejak diluncurkan pada tahun 2021 kemarin TikTok Shop sukses menarik perhatian para pengguna lama atau pengguna yang baru. Terlebih sudah jelas, sistem proses transaksi di satu aplikasi membuat fitur ini lebih sederhana dibanding yang lain. Tapi selain simple alias sederhana, apalagi keuntungan dari fitur ini? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

1. One Stop Solution untuk belanja online

Dengan fitur baru ini, aplikasi berbagi video pendek TikTok jadi salah satu “One Stop Solution” untuk belanja online. Bagaimana tidak, penjual bisa membuat konten video promosi produk dan menawarkannya secara langsung lewat Live Streaming.

Di samping itu, bagi pembeli dan pengguna lainnya, konten-konten video dari penjual bisa dijadikan sebagai hiburan maupun pengetahuan. Lalu bisa lebih mengirit memori penyimpanan smartphone karena tidak perlu menginstal banyak aplikasi.

2. Bertabur promo

Selain mengirit memori penyimpanan, belanja di TikTok Shop juga ternyata bisa membuat Grameds lebih irit dalam mengeluarkan budget. Alasannya karena di sini kamu akan mendapatkan banyak sekali promo.

Mulai dari promo gratis ongkir yang bisa dimanfaatkan untuk belanja berbagai keperluan seperti buku, alat-alat rumah tangga, dan lain-lain sampai dengan potongan harga atau diskon.

3. Medium untuk memperluas pemasaran

Kehadiran TikTok Shop juga bisa menjadi medium untuk para penjual memperluas pemasarannya. Menurut laman tekno.sindonews, TikTok memiliki 1 miliar pengguna aktif pada bulan Juli 2021 dan diperkirakan akan terus bertambah.

Dengan jumlah pengguna tersebut, penjual tentu bisa mengenalkan produknya ke pasar yang sangat luas serta meningkatkan penjualan.

4. Melihat review produk langsung dari video

Di e-commerce, konsumen pada umumnya memberikan testimoni berupa foto yang disertai tulisan. Di TikTok Shop, kamu bisa melihat review produknya langsung dalam bentuk video sehingga lebih meyakinkan. Karena mengedit video untuk memalsukan testimoni jelas memerlukan usaha dan waktu yang tidak sedikit.

5. Menemukan barang atau produk dengan lebih mudah

Sebagai pembeli, kamu juga bisa menemukan barang atau produk yang diinginkan dengan lebih mudah lewat video di fitur For Your Page atau FYP. Fitur ini benar-benar memudahkan Grameds berbelanja. Bahkan kamu tidak perlu melakukan pencarian melalui kolom “Search”.

6. Melakukan transaksi online dengan aman

Terakhir, kamu juga bisa bertransaksi dengan aman karena pihak TikTok sebagai pemilik fitur TikTok Shop sudah menyiapkan sistem pencegahan penipuannya sendiri. Namun ingat, Grameds tetap harus berhati-hati karena kamu tidak melakukan jual-beli secara langsung. Dan yang namanya transaksi online sangat rawan dengan penipuan.

TikTok adalah contoh dari perkembangan marketing di era digital yang sangat besar. Jika kamu ingin memahami lebih mengapa TikTok berhasil merebut hati pengguna media sosial di seluruh dunia, maka buku “Marketing 4.0: Bergerak dari Tradisional ke Digital” dari Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, dan Iwan Setiawan bisa jadi salah satu sumber bacaan.

Cara Belanja di TikTok

Itulah penjelasan lengkap tentang cara belanja di TikTok Shop untuk Grameds yang ingin merasakan pengalaman belanja online yang berbeda. Selamat berburu produk yang kamu inginkan di TikTok, ya!

Penulis: Gilang Oktaviana Putra

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda