in

10 Tips dan Cara Jualan Online Bagi para Pemula

Pada eranya jualan online seperti saat ini, keperluan dari ujung rambut hingga ujung kaki, bisa kalian temukan di internet. Dengan kata lain, apa saja bisa kalian jual secara online.

Namun, kalian tentunya tahu. Meski ada banyak sekali kesempatan, tak semua orang memiliki kisah sukses jualan online. Tak sedikit toko online yang tutup di tengah jalan. Cerita-cerita macam inilah yang mungkin membuat kalian bingung dalam berusaha.

Perkembangan bisnis online atau berjualan secara online memang telah mengalami peningkatan yang cukup baik saat beberapa tahun belakangan. Untuk para konsumen juga untuk mencari barang mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki juga dapat ditemukan dengan lebih mudah secara online.

Namun, meski untuk peluang pada bisnis terbuka lebar untuk siapapun, tidak semua menjalani kesuksesan seperti yang telah diharapkan ada yang telah gagal, ada yang berhasil. Untuk keberhasilan yang diraih juga tidak semudah membalikan telapak tangan.

Meski terlihat mudah, berjualan secara online juga perlu strategi yang jitu. Selama ini mungkin kalian mengira bahwa berjualan secara online bisa langsung mendatangkan keuntungan yang berlimpah. Tentu saja, selama kalian tahu bagaimana cara meramu strategi jualan online untuk usaha kalian.

Bagaimana tidak, berjualan online berarti kalian akan dihadapkan pada persaingan yang sangat ketat sehingga kalian harus mencari cara agar usaha untuk bisa unggul di kancah online commerce. Tak perlu khawatir, karena dalam artikel ini akan ada berbagai strategi jualan online untuk usaha kalian.

 

10 Tips dan Cara Jualan Online Bagi Pemula

1. Ketahui apa itu Nilai Jual Produk (Unique Selling Points)

Apa yang menjadi kelebihan produk dalam bisnis kalian? Jawaban yang jadi: harga terjangkau, kualitas super, atau pertama di kelasnya. Pertanyaan semacam ini cenderung mudah dijawab. Bagaimana kalau saya ubah pertanyaannya jadi: apa yang menjadi kelebihan produk yang tidak dimiliki pesaing Kalian?

Pertanyaan itu seharusnya memang membuat Kalian berpikir. Sebab, di sanalah Kalian sedang mencari jawaban unique selling points (USP) atau disebut sebagai nilai jual produk. Berbeda dengan kelebihan dari produk yang jumlahnya bisa banyak, USP biasanya hanya satu saja. Satu poin tersebut yang nantinya akan menjadi kunci untuk membedakan bisnis Kalian dari kompetitor.

Lebih mudahnya membayangkan USP yang menarik, dibawah ini adalah contoh USP yang telah dimiliki produk bisnis kelas dunia.

  • Starbucks ? berbagai pilihan minuman kopi dengan kualitas premium;
  • Zappos ? kebijakan penukaran barang yang sangat ramah untuk pelanggan;
  • FedEx ? jaminan paket sampai dalam semalam;
  • Domino’s Pizza ? pizza gratis jika tidak sampai dalam 30 menit.

Ketika kalian telah temukan beberapa calon USP yang menarik, kali ini sesuaikan USP dengan para calon pelanggan, keputusan beli, kebiasaan pelanggan, trend, dan tokoh panutan pelanggan.

Dengan begitu, coba kombinasikan calon USP dengan sifat pembeli yang mungkin telah Kalian buat. Jika Kalian telah mampu mengeksekusi tips ini dengan baik, penjualan Kalian dijamin akan semakin laku.

 

Kamu bisa mempelajari tentang Cerdik & Sukses Jualan Online
karya David Odang

Cerdik & Sukses Jualan Online
Cerdik & Sukses Jualan Online

tombol beli buku

 

2. Buat Website Toko Online Sendiri

Banyak yang menganggap tidak perlu membuat toko online sendiri, karena banyaknya marketplace yang telah menyediakan serta membantu orang banyak untuk berjualan secara online.

Marketplace memang bersifat relatif lebih mudah untuk digunakan serta tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuat akun dan menjalankan bisnismu. Namun, justru dengan kemudahan tersebut memiliki banyak pesaing yang membuat kalian akan berebut calon pelanggan hingga pada akhirnya membuat kalian memasang harga yang murah sehingga memakan waktu lama untuk membangun reputasi melalui rating dan review.

Namun, setelah menjalani proses tersebut brand kalian masih belum dikenal secara baik. Mereka hanya akan mengingat marketplace yang akan digunakannya dibandingkan dari merk produk milikmu. Karenanya menjadi penting untuk kamu memiliki website sendiri sebagai alat untuk mengenalkan merk serta produk milikmu.

Pelajari Membuat Toko Online Hanya Dalam 1 Jam Dengan WordPress+cd

Membuat Toko Online Hanya Dalam 1 Jam Dengan WordPress+cd

tombol beli buku

Buku membuat lapak online hanya dalam 1 jam dengan wordpress ini menyajikan penjelasan praktis dan sistematis dengan contoh kasus pembuatan lapak online fashion. Beberapa hal yang dibahas antara lain:

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

• Alasan perlunya membuat website toko online sendiri dan tidak hanya bergantung pada market place,

• Persiapan-persiapan yang perlu dilakukan sebelum membuat lapak online.

• Menentukan aturan main (SOP)

• Cara membeli domain dan hosting

• Cara menginstal wordpress dan plugin WooCommerce

• Menginstal tema untuk membuat tampilan yang menarik

• Menjadikan WooCommerce berbahasa Indonesia

• Pengaturan lapak online lebih lanjut

• Menambahkan widget yang diperlukan.

 

3. Pelajari dan Pahami Data

Data menjadi hal penting dalam sebuah bisnis. Peter Sondergaard mengatakan bahwa data layaknya sebagai minyak di abad 21. Lalu, analisa data adalah menjadi mesin pembakarannya. Maksudnya, Kalian harus cerdas dalam mempelajari data yang berkaitan dalam bisnis. Khususnya data soal penjualan juga data yang berhubungan dengan upaya promosi.

Pertama, data soal penjualan. Biasanya dalam data ini otomatis bisa didapat dari fitur laporan pada CMS yang digunakan. Data tersebut, kalian bisa tahu produk jualan online terlaris, produk macam yang disukai pelanggan, kapan penjualan yang baik, serta kapan penjualan sedang menurun. Dari kelompok data pertama, kalian bisa melakukan riset produk dan selera pasar. Lalu membuat produk-produk baru untuk dirilis ke pasaran.

Kedua, data yang berhubungan dengan promosi juga marketing. Lewat analisa dari Google, Kalian bisa memantau performa website secara menyeluruh. Siapa calon pelanggannya? Halaman mana saja yang paling banyak dibuka oleh pelanggan di toko online? Bagaimana caranya?

Tak hanya itu saja, Google Analytics juga bisa membaca data khusus untuk sebuah bisnis. Kalian bisa membaca performa website pesaing dalam satu industri yang sama, dapat mengetahui kata kunci yang sedang populer, mengetahui faktor yang menyebabkan user meninggalkan web, dan juga bisa mengetahui waktu yang tepat untuk mengirimkan sebuah email.

 

Mompreneurship 160 Ide Bisnis Paling Laris

Mompreneurship 160 Ide Bisnis Paling Laris

tombol beli buku

4. Pakai Strategi Content Marketing

Sudah dengar istilah “Content Marketing”? Content marketing merupakan sebuah teknik promosi yang berjalan pada pembuatan konten. Bukan asal sembarang konten yang dibuat, melainkan konten yang bersifat relevan, penting, bermanfaat, dan juga bisa menarik pelanggan dalam jangka panjang.

Semakin baik dan bermanfaat konten yang telah dibuat, semakin besar pula kemungkinan usaha kalian ditemukan oleh para calon pelanggan melalui Google. Maksudnya adalah semakin besar pula kemungkinan bisa mendapatkan keuntungan melalui strategi ini.

Blog bisnis menjadi sebuah investasi jangka panjang. Lewat blog kalian bisa menunjukkan sisi friendly bisnis, membangun hubungan dengan para calon pelanggan, mengumpulkan data calon pelanggan, dan meningkatkan reputasi bisnis.

Bicara soal teknis, blog juga bisa jadi tempat baik untuk mengumpulkan semua promosi. Sehingga, konten promosi kalian lebih mudah diakses oleh calon pelanggan. Mereka pun tak perlu repot untuk mengakses akun Instagram, Twitter, atau Facebook Page.

The Fundamental Of Digital Marketing

tombol beli buku

Buku ini sangat cocok, bahkan sangat direkomendasikan bagi para pemula yang ingin memulai Digital Marketing, atau bagi siapa pun mereka yang berkecimpung dalam dunia Digital Marketing. Di dalam buku ini, Anda akan mempelajari tentang:

  • 3 Langkah Fundamental Digital Marketing bagi siapa pun yang ingin memulai Digital Marketing atau meng-online-kan bisnisnya.
  • Berbagai peluang bisnis di internet bagi mereka yang ingin memulai bisnis meski minim modal dan memiliki banyak keterbatasan.
  • Ilmu penting tentang website dan landing page. Bagaimana membuat website tanpa membutuhkan keahlian coding sama sekali, tips-tips penting dalam memberikan nama domain website, esensi penting dalam sebuah landing page.
  • Panduan SEO. Bagaimana membuat website bertengger di halaman 1 Google dengan menerapkan 3 Langkah Fundamental SEO.
  • Bagaimana membangun aset digital yang dapat mendatangkan leads/calon pembeli secara otomatis terus-menerus dengan sendirinya.
  • Digital Ads. Bagaimana menjalankan FB Ads dan IG Ads dari nol. Panduan tentang struktur iklan dan berbagai tipe iklan sesuai dengan tujuan beriklannya. Penjelasan tentang targeting iklan hingga retargeting-nya. Termasuk pixel, custom audience, lookalike audience, tracking tombol website.
  • 5 prinsip mengelola akun sosial media. Tipe-tipe konten di sosial media dalam rangka meningkatkan engagement dengan pemirsa.
  • Strategi list building dan email marketing. Bagaimana membangun database secara digital demi kepentingan bisnis jangka panjang.
  • Panduan cyber security praktis. Bagaimana memproteksi website dan seluruh akun penting yang dimiliki untuk dapat mengantisipasi kejahatan cyber dan meningkatkan keamanan di dunia digital.
  • Dan yang menariknya lagi, disediakan akses ke lebih dari 100 video tutorial secara totalnya. Yang dapat Anda Akses di mana saja dan kapan saja. Anda bisa langsung praktik!

5. Aktif di Media Sosial

Meskipun kalian sudah memiliki website dan blog, jangan pernah lupakan fungsi sosial media. Dari sosial media menjadi pintu utama sebuah perkenalan dibuka dengan calon pelanggan. Setelah mengetahui dan mengenal bisnis lebih dekat, mereka akan tertarik. Entah itu nanti dalam bentuk mengikuti akun, komentar, ataupun mengunjungi website yang telah diberikan (termasuk di dalamnya website, blog, dan YouTube).

Pernyataan di atas bukan sekedar asumsi. Faktanya, sebanyak 95 persen para pengguna sosial media pada umur 18-34 tahun tercatat telah mengikuti akun sosial media bisnis. Lalu sebanyak 93 persen pemilik akun menjadikan sosial media sebagai cara berkomunikasi dengan para brand (customer service). Ketika kalian berhasil mewujudkan interaksi sosmed yang menyenangkan, menyentuh sebanyak 71 persen para pengguna akan merekomendasikan bisnis kalian pada orang-orang terdekat.

 

Kamu bisa mempelajari tentang Cara Laris Jualan Kuliner Via Media Sosial
karya Puspita Rm

Cara Laris Jualan Kuliner Via Media Sosial
Cara Laris Jualan Kuliner Via Media Sosial

tombol beli buku

 

6. Manfaatkan Word of Mouth Marketing

Berdasarkan fakta apa yang menjadi kata orang sangat berpengaruh dalam sebuah bisnis. kalian kira, mengapa seorang pebisnis rela membayar untuk key opinion leader untuk bicara bagus soal bisnisnya? Itulah makna mengapa tips yang bisa dicoba agar jualan online kalian semakin laris adalah dengan memanfaatkan word of mouth marketing.

Jika memiliki budget yang cukup, tak ada salahnya untuk mencoba promo melalui micro influencer. Seketika, bisnis kalian dapat dikenal oleh para calon pelanggan dalam jumlah lebih banyak dan juga jangkauan audiens bisa bertambah luas.

This Is Marketing: Anda Tidak Akan Terlihat Sebelum Anda Belajar Melihat

tombol beli buku

Pendekatan yang mengubah dalam melihat pemasaran, penjualan, dan periklanan Seth Godin telah mengajar dan menginspirasi jutaan pengusaha, pemasar, pemimpin, dan penggemar dari segala bidang kehidupan lewat blog, kursus online, kuliah, dan buku terlaris yang ditulisnya. Dia adalah penemu dari tak terhitung banyaknya gagasan yang telah menjadi bagian dari kosakata bisnis, mulai dari Permission Marketing, Purple Cow, Tribes, sampai The Dip. Untuk pertama kalinya, Godin menawarkan inti dari kebijaksanaan pemasarannya dalam satu kemasan yang menyeluruh, mudah dipahami, dan akan menjadi karya klasik.

This ls Marketing menunjukkan cara melakukan pekerjaan yang Anda banggakan, entah Anda pendiri usaha rintisan di bidang teknologi, pemilik usaha kecil, atau bagian dari suatu korporasi raksasa. Pemasar yang hebat tidak menggunakan konsumen untuk memecahkan masalah perusahaan mereka. Mereka menggunakan pemasaran untuk memecahkan masalah orang lain. Strategi mereka didasarkan pada empati, koneksi, dan kerja emosional, bukannya iklan yang mencuri perhatian dan e-mailyang mengganggu. Tak peduli apa produk atau jasa Anda, buku ini akan membantu Anda menyusun ulang kerangka tentang bagaimana hal itu ditunjukkan pada dunia, agar bisa terhubung secara penuh makna dengan orang yang menginginkannya.

Godin menggabungkan wawasan, pengamatan, dan contoh kasusnya yang khas untuk mengajari Anda tentang:

  • Cara membangun kepercayaan dan izin dengan pasar sasaran.
  • Seni memosisikan diri—tidak hanya menentukan siapa yang menjadi sasaran, tapi juga siapa yang bukan sasaran.
  • Mengapa cara terbaik untuk mencapai tujuan Anda adalah dengan membantu orang lain menjadi sosok yang mereka inginkan.
  • Mengapa pendekatan lama dalam hal iklan dan branding tak lagi berhasil.
  • Peran ketegangan yang mengejutkan dalam setiap keputusan untuk membeli (atau tidak membeli).
  • Bagaimana pemasaran pada intinya adalah tentang kisah yang kita ceritakan kepada diri sendiri tentang status sosial kita. Anda bisa melakukan sesuatu yang bermakna bagi orang yang peduli. Buku ini menunjukkan caranya.

7. Coba Iklankan Bisnis Melalui Facebook, Youtube, dan Instagram

Berbeda dengan bahasan sebelumnya, pada bagian ini akan membahas secara spesifik tentang beriklan dalam sosial media.

Beriklan dalam sosial media tak hanya bertujuan meningkatkan brand awareness pada produk kalian, beriklan juga dapat membuka kesempatan yang lebih besar untuk meningkatkan penjualan kalian. Spesifiknya, beriklan dalam medsos merupakan sebuah langkah strategis serta lebih menghasilkan. Bahkan yang dapat bisa jadi lebih besar daripada beriklan melalui Google Ads.

Pertama, bagaimana cara sistem Google Ads dan Sosial Media Ads bekerja. Google Ads bekerja ketika para konsumen sudah tahu apa yang mereka butuhkan. Namun, dalam sosial media ads bekerja di dalam tahapan yang berbeda. Sosial media ads mengacu pada pelanggan bahkan sebelum pelanggan tahu apa yang mereka inginkan. Iklan produk akan tetap ditampilkan sesuai dengan segmentasi pasar yang telah dibuat.

Dengan kata lain, dalam sosial media ads menuntun pelanggan dari tahap awareness hingga pembelian. Sehingga, kalian bisa menghadirkan bisnis pada tiap customer journey. Sehingga, akibatnya lingkup pasar kalian akan jauh lebih luas.

Kedua, sosial media sendiri telah menawarkan opsi targeting yang lebih besar. Tak perlu repot – repot untuk mencari pelanggan satu per satu. Sosial media ads yang akan bekerja keras. kalian hanya tinggal duduk bersantai sambil menikmati angka penjualan kalian meningkat drastis.

Terdapat empat opsi targeting yang bisa disediakan sosial media ads:

  • Custom targeting

Dengan ini kalian bisa menjangkau para pelanggan dengan kumpulan data leads yang telah dimiliki seperti alamat email, nomor telepon.

  • Lookalike targeting

Raih pelanggan baru dengan karakteristik yang sesuai dengan pelanggan yang kalian miliki sekarang.

  • Interest targeting

Mirip dengan keyword targeting yang berada dalam Google Ads. Sosial media tempat beriklan akan menganalisa pengguna yang sebelumnya menggunakan keyword yang dipasang.

  • Connection/behaviour targeting

Jangkauan para calon pelanggan tertentu berdasar kebiasaan serta intensi belanja mereka atau bagaimana mereka pernah menyangkut ke salah satu halaman spesifik di website kalian sebelumnya.

 

8. Buat Isi Deskripsi Produk yang Unik serta Menarik

Hal-hal teknis seputar teknologi sering kali menjadi cara menaikan keuntungan pada jualan online. Hal yang tampak sepele dan remeh seperti deskripsi produk bisa juga mempengaruhi laris tidaknya sebuah jualan online kalian.

Copywriting akan menjadi sebuah pelengkap semua dari usaha promosi yang sudah kalian lakukan. Dengan kalimat promosi atau tulisan yang persuasif, kalian dengan mudah meraih sisi emosional para pelanggan. Hingga dari sana, tuntunlah pelanggan potensial ke halaman pembayaran untuk selesaikan transaksi.

Bagaimana cara menulis yang berhasil menyentuh sisi emosi? Caranya yaitu;

8.1. Tentukan Target Persona kalian dan Apa Produk kalian

Kunci sukses dari sebuah bisnis adalah mengetahui siapa kalian serta siapa konsumen kalian, karena keduanya tidak dapat dipisahkan. Memiliki gambaran yang baik terhadap siapa pelanggan yang akan sangat bermanfaat bagi sebuah bisnis. Berbekal persona para pembeli, kalian bisa dapat menyesuaikan bentuk tulisan agar dekat dan juga sesuai dengan keseharian mereka.

Misalnya, menulis copy untuk segmen pasar anak muda. Tentunya kalian akan memakai bahasa yang lebih santai dan disertai slang. Berbeda halnya, dengan segmen pasar orang tua yang bahasanya lebih umum.

Selain profil pelanggan, jenis produk pun ikut mempengaruhi bentuk copy. Contohnya lagi, copy untuk aksesoris atau kaos anak muda. Selipan humor di deskripsi akan jadi poin keunikan tersendiri.

8.2. Gunakan Bahasa dan Nada yang Natural

Bentuk deskripsi yang baik tak harus menurut kaidah Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Semakin komunikatif dan natural bahasa yang digunakan, maka akan terdengar seperti yang  diucapkan kerabat sendiri. Hasilnya, kalian telah sukses menyentuh sisi emosional pembaca.

Mudahnya, ciri-ciri bahasa yang natural adalah mudah dibaca. Ketika tulisan memakai bahasa yang natural, calon pembeli tak perlu membaca deskripsi produk berkali-kali untuk tahu apa yang dijual. Cukup sekali sehingga mereka sudah tahu jelas mengenai kelebihan produk yang ditawarkan.

8.3  Ceritakan Bagaimana Produk Membantu para Pelanggan

Produk kalian punya keunggulan yang tak dimiliki kompetitor? Hal itu menjadi sebuah keuntungan untuk kalian. Pastinya kalian perlu ceritakan hal tersebut ke dalam deskripsi produk.

Namun tetap perlu di ingat. Terlalu fokus pada fitur juga kehebatan produk memiliki konsekuensi fatal, yaitu kalian bisa takkan menyentuh bagian sisi emosional para pelanggan potensial.

Sebagai gantinya, dengan fokus pada target konsumen. Gunakan cara paling terbaik dan gunakan “sepatu” mereka. Ceritakan siapa identitas mereka, masalah apa yang mereka akan hadapi, dan bagaimana produk kalian yang akan memberikan solusi serta menjadikan diri mereka lebih baik lagi.

 

Kamu bisa mempelajari tentang Sukses Jualan Apapun Modal iPhone dan iPad
karya Jubilee Enterprise

Sukses Jualan Apapun Modal iPhone dan iPad
Sukses Jualan Apapun Modal iPhone dan iPad

tombol beli buku

 

Ide Jualan Online Terlaris 2021

Setelah mengetahui banyaknya tips jualan online bagi pemula, kita perlu mengetahui apa produk jualan online terlaris. Hal ini dapat membantu untuk menentukan jenis bisnis yang tepat. Kalian bisa melakukan riset sendiri. Baik menggunakan Google Trends atau riset keyword.

1. Gadget

Indonesia merupakan salah satu kandang pasar gadget yang besar. Bahkan menurut sebuah data yang tertulis, setiap orang telah memiliki hingga 2 perangkat. Yang mana, gadget masih menjadi sebuah produk yang menjadi potensial untuk dijual.

Sesuai dengan data dari Google Trends juga menunjukkan bahwa pencarian “gadget” pada kategori “Shopping” pernah menembus angka tertinggi di tahun ini.

2. Makanan

Google Trends memang tidak menunjukkan tren yang terbilang tinggi untuk pencarian makanan. Hasil yang muncul terbilang stabil tentu dapat dipahami mengingat bahwa makanan adalah kebutuhan utama.

Pada Faktanya, berbagai bisnis jenis produk makanan bermunculan dan tak pernah sepi pembeli. Tidak hanya pada produk makanan utama, berbagai jenis variasi makanan ringan juga laris. Kesuksesan bisnis makanan terutama yang telah ditentukan oleh kualitas makanan dan juga pemasaran yang efektif. Dengan potensi ini, memulai bisnis kuliner menjadi ide bisnis yang menarik.

3. Pakaian

Tentu kita pernah berbelanja pakaian online. Kemudahan untuk menemukan penjual pakaian melalui toko online menjadi alasan yang baik atas berkembangnya bisnis tersebut.

Selain itu, pilihan produk yang beragam juga menjadi salah satu kunci larisnya penjualan produk pakaian. Mulai dari pakaian untuk pria atau wanita dewasa, hingga pakaian bayi dan  anak-anak.

Elektronik

Seperti halnya gadget, masyarakat Indonesia gemar sekali untuk berbelanja produk elektronik. Data dari Kemenperin menyebutkan sebuah peningkatan transaksi penjualan diprediksi mencapai hingga 10%.

Pangsa pasar pada produk elektronik sendiri cukup luas. Tidak hanya pada produk produk baru saja. Beberapa marketplace pilihan juga menampilkan produk elektronik bekas untuk dijual. Khususnya dalam perkembangan teknologi memunculkan produk baru seperti TV Curved, perangkat Gopro, dan lainnya. Hal itu mengartikan, produk elektronik tidak akan sepi pembeli dan akan terus dicari pembeli.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rafi