in

Cara Sukses di Usia Muda : Tips dan Strategi

Cara Sukses di Usia Muda – Kesuksesan merupakan impian semua orang. Namun, mencapai sebuah kesuksesan tersebut bukanlah hal yang mudah. Agar dapat menjadi sukses di usia muda diperlukan perjuangan yang keras dan sebuah pengorbanan serta ketekunan yang kuat.

Dengan kemudahan akses informasi dan teknologi saat ini, Grameds dapat dengan mudah mulai mencari tahu bagaimana harus memulai usaha yang telah dilakukan oleh para pengusaha sukses sebelumnya.

Walaupun bukan sesuatu hal yang mudah, menjadi sukses di usia muda bukanlah sesuatu yang mustahil, dan beberapa orang telah membuktikannya dengan meraih kesuksesannya bahkan sebelum mereka menginjak usia 25 tahun. Berikut ini beberapa tips serta strategi yang dapat kamu lakukan jika ingin mencapai kesuksesan di usia muda. Simak informasi berikut!

Tips Sukses di Usia Muda

Berikut ini beberapa tips yang dapat kamu tanamkan dalam diri serta implementasikan ke dalam kehidupan sehari-hari untuk mencapai kesuksesan di usia muda.

1. Menetapkan tujuan hidup

Tips untuk mencapai kesuksesan yang pertama adalah menetapkan tujuan hidup. Dimana, seringkali kita temukan banyak orang yang menghabiskan masa mudanya hanya untuk bersenang-senang saja, tanpa memikirkan dampak perbuatannya tersebut kepada masa depannya nanti. Kebiasaan ini pada umumnya hanya bersifat kesenangan sementara saja.

Pertama-tama, kita harus merubah pola pikir kita terlebih dahulu dan menetapkan tujuan hidup yang ingin dicapai dalam mencapai kesuksesan tersebut. Kamu dapat memulainya dengan menginvestasikan waktu serta pendapatan yang kamu miliki terlebih dahulu untuk mencapai tujuan hidup tersebut yang nantinya dapat berdampak di masa depan.

Dengan memiliki tujuan hidup pada saat ini, nantinya akan berpengaruh besar terhadap kehidupan yang kamu miliki di masa mendatang. Temukan tujuan hidupmu dengan bantuan buku Kenali DIirmu Temukan Tujuan Hidupmu dibawah ini.

2. Fokus pada tujuan

Tips untuk mencapai kesuksesan yang kedua adalah memiliki keahlian untuk fokus pada tujuan yang sudah direncanakan sebelumnya. Walaupun usaha atau bisnis yang kamu miliki belum berkembang sesuai keinginan kamu, tetap berusaha dan melatih diri untuk fokus pada satu tujuan, yaitu mencapai kesuksesan.

Untuk mencapai kesuksesan, kamu tidak bisa pikiran lain mengganggu dan menghancurkan konsentrasi kamu tersebut, bangunlah pemikiran positif yang dapat mendorong kamu untuk tetap maju serta pendirian yang teguh dalam mengambil setiap keputusan yang ada.

3. Pantang Menyerah

Tips untuk mencapai kesuksesan yang ketiga adalah pantang menyerah. Dalam menjalankan sebuah usaha maupun bisnis, pastinya kamu tidak akan selalu berada di atas, kadang kamu akan berada di bawah dan merasakan kegagalan. Namun, jangan biarkan kegagalan tersebut untuk membuat kamu terpuruk, tetapi jadikanlah kegagalan tersebut sebagai dorongan untuk belajar dan menemukan cara memperbaikinya.

Tetaplah berusaha dan menjalankan usaha yang kamu miliki dengan tekun, hal tersebut karena ketekunanlah yang menjadi kunci utama untuk mencapai kesuksesan di usia muda.

Banyak pebisnis yang mengalami kegagalan dan harus jatuh bangun berkali-kali dalam mengembangkan bisnis maupun usaha yang dimilikinya. Namun, mereka terus berjalan dan mendorong diri untuk mencapai kesuksesan tersebut, hal ini dikarenakan mereka memiliki sifat pantang menyerah.

4. Berani untuk keluar dari zona nyaman

Tips untuk mencapai kesuksesan yang keempat adalah berani untuk keluar dari zona nyaman yang ada. Seringkali orang merasa aman dan senang dengan hal-hal yang membuatnya merasa nyaman, namun untuk mencapai kesuksesan kamu tidak bisa terus menerus berada di zona nyaman.

Dengan terus menerus berada di dalam kotak tersebut, kamu tidak dapat berkembang dan mendorong diri sehingga sulit untuk menemukan peluang baru yang baik untuk bisnis maupun usaha kamu seperti halnya yang dibahas di dalam buku Berani Berubah Untuk Hidup Yang Lebih Baik.

Teruslah mendorong diri dan temukan tantangan dan kesempatan baru yang ada sehingga kemampuan atau skill yang miliki juga dapat dikembangkan, sehingga dapat mencapai level atau tahapan baru.

Contoh hal yang dapat kamu lakukan sendiri adalah dengan mencari usaha atau pengetahuan tambahan yang sekiranya dapat mengembangkan bisnis ataupun usaha yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu bisa memiliki perspektif baru yang dapat mendorong usaha dan bisnis yang kamu miliki ke tahapan selanjutnya.

5. Menanamkan target pencapaian

Tips untuk mencapai kesuksesan yang kelima adalah menanamkan target pencapaian. Hal ini dikarenakan, cara seorang wirausahawan atau pebisnis yang membuka sebuah usaha baru mengetahui mereka telah mencapai sebuah kesuksesan adalah dengan sebuah target.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Bagaimana bisnis tersebut berjalan, apakah sukses ataupun gagal, apakah mengalami sebuah perkembangan dan kemajuan atau tidak, semua ini dapat diukur dengan adanya target pencapaian tersebut.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi seorang pebisnis untuk memiliki target yang ingin diraih dalam kurun waktu tertentu. Pada umumnya, sebuah perusahaan akan membuat dua target, yaitu target jangka pendek serta target jangka panjang.

6. Memikirkan resiko dan kemungkinan gagal

Tips untuk mencapai kesuksesan yang keenam adalah dengan memikirkan resiko serta kemungkinan gagal. Pertama-tama, dalam memulai sebuah bisnis, kamu harus memikirkan kontribusi apa yang akan diberikan dari bisnis tersebut kepada lingkungan sekitar.

Berdasarkan hal tersebut, kamu juga harus mengembangkan keyakinan dari ide yang telah dibuat tersebut, mengembangkan ide tersebut menggunakan kemampuan yang kamu miliki.

Namun, keyakinan itu juga harus diimbangi dengan strategi untuk memperhitungkan resiko yang mungkin terjadi. Untuk menjadi pebisnis atau wirausahawan yang sukses, Grameds harus dapat membuat analisa terkait resiko yang mungkin terjadi, sehingga pada akhirnya dapat meminimalisir kemungkinan resiko tersebut terjadi kepada bisnis yang dijalankan.

7. Memiliki pengetahuan seputar bisnis

Tips untuk mencapai kesuksesan yang ketujuh adalah dengan memiliki pengetahuan seputar bisnis. Pengetahuan seputar bisnis menjadi hal dasar yang wajib dimiliki oleh seseorang yang ingin memulai sebuah bisnis di usia muda.

Grameds harus terlebih dahulu memiliki informasi yang cukup terkait bisnis dan bagaimana cara mengkomunikasikan bisnis kepada berbagai pihak sehingga nantinya dapat diterapkan secara langsung.

Hal ini sangat penting dikarenakan, jika seorang pebisnis tidak memiliki pengetahuan yang cukup, bisnisnya akan mengalami kesulitan untuk berkembang dan pada akhirnya segala usaha yang telah dilakukan akan terbuang sia-sia.

Untuk memiliki atau mengembangkan pengetahuan sendiri, Grameds dapat memulainya dengan membaca berbagai buku terkait dengan bagaimana cara memulai dan mengembangkan bisnis, kamu juga dapat membaca buku terkait leadership atau kepemimpinan yang dapat membantu kamu untuk mengembangkan bisnis kedepannya.

8. Memiliki kemampuan untuk mengatur keuangan dan pendapatan

Tips untuk mencapai kesuksesan yang kedelapan adalah memiliki kemampuan untuk mengatur keuangan serta pendapatan yang dimiliki. Dalam memulai sebuah bisnis ataupun usaha, tentunya terlebih dahulu kamu harus mengumpulkan modal yang cukup.

Dengan adanya perkembangan zaman saat ini, banyak bisnis yang tidak memerlukan modal yang besar, seperti berjualan online melalui berbagai platform yang tersedia di internet yang dapat membantu kamu untuk membuat bisnis serta menghasilkan keuntungan.

Selain itu, setelah mendapatkan keuntungan, Grameds juga dapat mulai menyisihkan pendapatan tersebut setidaknya seperempat atau sekitar 25% sebagai investasi jangka panjang maupun dana tidak terduga yang nantinya dapat digunakan sewaktu-waktu diperlukan.

9. Tidak hanya fokus pada hasil akhir

Tips untuk mencapai kesuksesan yang kesembilan adalah dengan tidak hanya berfokus pada hasil akhir. Hal ini seringkali menjadi kesalahan umum bagi para pebisnis dalam hal produktivitas.

Banyak orang berpikir bahwa hal yang terpenting adalah hasil akhirnya saja untuk tetap memiliki motivasi serta mencapai produktivitas. Namun, hal tersebut tidaklah benar.

Sebagai seorang pebisnis, kamu memang harus memiliki sebuah tujuan yang ingin dicapai, namun fokuslah pada proses yang dijalankan. Dengan melakukan hal ini, kamu akan fokus pada pemikiran atas tindakan nyata yang telah dilakukan untuk mencapai kesuksesan yang diinginkan tersebut.

10. Mengasah kemampuan untuk berpikir kritis

Tips untuk mencapai kesuksesan yang kesepuluh adalah terus mengasah kemampuan agar dapat berpikir kritis. Pemikiran kritis sangatlah penting, khususnya untuk berbagai hal yang nantinya dapat menjadi penghalang jalan kamu untuk mencapai kesuksesan.

Kamu harus terus menerus mengasah dan mengembangkan kemampuan untuk dapat berpikir kritis yang nantinya dapat digunakan untuk menganalisis berbagai fakta serta opini yang ada di tengah masyarakat. Hingga pada akhirnya, kamu dapat menemukan solusi yang tepat untuk segala permasalahan yang ada.

Dengan memiliki kemampuan untuk berpikir kritis juga dapat meningkatkan kemungkinan kamu untuk mencapai kesuksesan di usia muda karena kamu bisa menghadapi segala permasalahan yang mungkin saja ada di depanmu.

Apalagi dengan adanya perkembangan diera digitalisasi saat ini dimana adanya situasi global yang sarat dengan kompleksitas dan perubahan yang begitu cepat, pemikiran kritis sangat dibutuhkan dan secara lengkap dijelaskan pada buku Berpikir Kritis: Kecakapan Hidup di Era Digital.

11. Memiliki kedisiplinan untuk mencapai kesuksesan

Tips untuk mencapai kesuksesan yang kesebelas adalah dengan memiliki kedisiplinan. Hal ini sangat penting untuk meraih kesuksesan, khususnya di usia muda. Kedisiplinan ini sendiri dapat tercerminkan dari hal-hal kecil, seperti disiplin waktu.

Kamu dapat memulainya dengan membuat sebuah jadwal untuk setiap kegiatan maupun pekerjaan yang kamu lakukan setiap harinya, dengan adanya jadwal tersebut kamu juga harus menjalaninya dan tidak menunda-nunda pekerjaan yang telah ditetapkan tersebut.

Selanjutnya, kamu juga dapat membuat sebuah target yang ingin kamu raih atau capai dalam kurun waktu tersebut, usahakan kamu dapat menjalankannya sedisiplin mungkin dengan apa yang telah ditargetkan. Dengan menerapkan sistem ini, lama kelamaan kamu akan membentuk diri menjadi pribadi yang lebih disiplin.

12. Membangun dan memperluas jaringan relasi

Tips untuk mencapai kesuksesan yang kedua belas adalah dengan membangun serta memperluas jaringan relasi yang dimiliki. Hal ini dikarenakan, relasi menjadi salah satu hal paling penting yang menjadi aspek sukses di usia muda.

Kamu dapat memulai membangun relasi dengan bergaul dengan banyak orang dari berbagai kalangan. Selain itu, kamu juga harus dapat menjalin hubungan yang baik dengan orang-orang yang kamu kenal tersebut.

Solusi lainnya juga kamu dapat bergabung dan mengikuti komunitas yang sesuai dengan minat yang kamu miliki untuk mengetahui lebih luas dan mendapatkan jaringan relasi. Dengan begini, kamu dapat memiliki kesempatan lebih besar mencapai kesuksesan, karena kamu tidak akan pernah tahu siapa orang yang dapat membantu kamu dan memiliki peran penting dalam kesuksesanmu!

13. Memiliki mentor yang tepat 

Tips untuk mencapai kesuksesan yang ketiga belas adalah dengan memiliki mentor yang tepat. Walaupun kamu sudah memiliki pengetahuan dan wawasan yang cukup akan sebuah bidang, terdapat satu kekurangan yang sangat krusial pada dirimu, yaitu pengalaman.

Oleh sebab itu, dengan memiliki mentor yang tepat ketika kamu baru saja memulai masuk ke dalam sebuah industri, kamu dapat mendapatkan pembelajaran berharga untuk mengatasi berbagai masalah yang nantinya mungkin timbul.

Dengan memiliki mentor yang sudah memiliki banyak pengalaman, kamu dapat mendapatkan berbagai pelajaran berharga sebagai salah satu cara mencapai kesuksesan di usia muda.

14. Meningkatkan kemampuan dalam berbahasa asing

Tips untuk mencapai kesuksesan yang keempat belas adalah dengan meningkatkan kemampuan dalam berbahasa asing. Dimana saat ini, kita berada di era globalisasi yang membuat seluruh belahan dunia terhubung melalui internet.

Dengan begitu, kemampuan berbahasa asing menjadi sangatlah krusial untuk dapat tetap bersaing dengan kompetitor dari seluruh belahan dunia yang ada. Pada umumnya, bahasa inggris merupakan bahasa yang paling penting untuk dipelajari sebagai modal untuk bersaing di dunia global.

Namun, dengan cepatnya perkembangan teknologi saat ini, bahasa mandarin dan bahasa perancis juga sangat dibutuhkan bagi orang-orang yang ingin mencapai kesuksesan di usia muda.

15. Menjaga kesehatan tubuh

Tips untuk mencapai kesuksesan yang kelima belas adalah dengan menjaga kesehatan tubuh. Kerja keras dan segala usaha yang telah kamu lakukan dalam mencapai kesuksesan tidaklah berarti jika pada akhirnya kamu tidak menjaga kesehatan tubuh dan jatuh sakit.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk terus menjaga kesehatan tubuh di sela aktivitas yang padat. Grameds juga dapat menjaga kesehatan tubuh dengan cara mengatur pola makan yang teratur, memperhatikan pengkonsumsian nutrisi dan jenis makanan.

Selain itu, kamu juga harus melakukan olahraga secara rutin untuk menjaga kebugaran untuk dapat menjalani kegiatan setiap harinya. Olahraga yang dilakukan sendiri tidak harus berat, kamu dapat memulainya dengan berjalan, jogging, push up, sit up, atau masih banyak lagi. Hal yang terpenting adalah kamu melakukannya secara rutin dan konsisten.

16. Memulai untuk mengambil asuransi sebagai proteksi diri

Tips untuk mencapai kesuksesan yang keenam belas adalah memulai untuk mengambil asuransi sebagai proteksi diri. Seperti poin sebelumnya, kamu tidak akan dapat mencapai dan menikmati kesuksesan yang kamu dapatkan jika kamu jatuh sakit.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengambil asuransi sejak dini sebagai proteksi diri. Hal ini dikarenakan perlindungan premi yang diberikan oleh perusahaan asuransi dapat membuat kamu menjadi lebih tenang dalam mengelola keuangan yang dimiliki serta melakukan sebuah pekerjaan.

Grameds dapat memulaidan menyiapkan berbagai asuransi, dimulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa serta kecelakaan, asuransi kendaraan, asuransi rumah, asuransi pendidikan anak, asuransi pasangan, dan sebagainya.

17. Menjaga kesehatan mental

Tips untuk mencapai kesuksesan yang ketujuh belas adalah menjaga kesehatan mental yang juga tidak kalah penting dari menjaga kesehatan tubuh. Ketika kamu bekerja, pastinya akan selalu menemui berbagai tantangan yang dapat mengganggu kesehatan mental.

Grameds tidak perlu takut ataupun ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog jika merasakan sesuatu yang membuatmu tidak nyaman. Hal ini dikarenakan, kesehatan mental seringkali tidak dapat dilihat orang lain dan hanya bisa kamu rasakan, mulai dari depresi hingga gangguan kecemasan.

18. Berbagi

Tips untuk mencapai kesuksesan yang kedelapan belas adalah berbagi. Setelah mencapai kesuksesan, kita tidak boleh lupa untuk terus berbagai kepada orang lain. Berbagai disini bukan selalu dalam bentuk materi, namun juga dapat berupa pengetahuan serta tenaga yang dimiliki.

Dengan semakin banyak kamu berbagi, dipercaya juga kamu akan semakin banyak menerima pula. Selain itu, dengan berbagi juga bisa menjadi salah satu kepuasan dan motivasi diri sendiri untuk lebih sukses di masa depan.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Andrew