in

15 Ide Usaha Sampingan

Ide Usaha Sampingan – Grameds ingin memulai sebuah usaha sampingan untuk mendapat pendapatan yang lebih di luar kerja? Berikut 15 ide usaha yang mungkin bisa menjadi referensi untuk memulai usaha sampingan Grameds!

Fundamental Manajemen Proses Bisnis

Deskripsi Buku:

Buku teks ini mencakpp seluruh siklus hidup implementasi Business Process Management (BPM) mulai dari identifikasi; pemodelan, analisis, rancang ulang, otomasi sampai dengan pemantauan proses bisnis. Berbagai konsep, metode dan alat dari manajemen bisnis, ilmu •omputer dan teknik industri digabungkan menjadi sebuah pendekatan yang komprehensif dan lintas disiplin. Seluruh ilustrasi ditampilkan dengan standar. industri BPMN yang ditetapkan oleh Objed Management Group dan banyak didukung oleh praktisi dan pengembang teknologi di seluruh dunia. Selain menjelaskari latar belakang konseptual yang relevan, buku ini memberikan puluhan, contoh, lebinari 230 latihan soal — banyak dengan solusinya — dan berbagai saran untuk bacaan lebih lanjut. Edisi kedua dari buku ini meliputi bab-bab dengan pembahasan yang lebih mendalam tentang identifikasi proses, penemuan proses, analisis proses secara kualitatif, redesain pros6, otomasi proses, dan pemantauan proses. Sebuah bab baru terkait dengan • BPM sebagai kapabilitasenterprisejuga ditambahkan, yang memperluas cakupan buku untuk • meliputi topik seperti penyelarasan strategis dan tata kelola dari inisiatif BPM.

Ide Usaha Sampingan

1. Jualan online

Ide usaha sampingan yang pertama ini mungkin bisa Grameds coba, adalah ide usaha jualan online ini bisa grameds pilih karena modal usaha yang dibutuhkan juga tidak begitu besar dan relatif kecil. Zaman ini banyak usaha yang beralih pada online karena perubahan zaman yang terjadi akibat teknologi yang terus berkembang dari waktu ke waktu sehingga kita tidak perlu membuang waktu dan tenaga untuk mendapatkan barang yang kita inginkan tanpa harus keluar untuk membeli barang cukup dengan sekali klik saja kita hanya perlu menunggu sebentar barang yang diinginkan bisa didapatkan dengan mudah tanpa harus mengeluarkan waktu, tenaga, biaya transport, dan terlebih lagi belum tentu mendapatkan barang yang kita cari dengan mudah tanpa petunjuk. 

Grameds bisa memanfaatkan ide usaha jualan online ini karena ide usaha sampingan ini sangat cocok untuk kalian yang tidak punya modal usaha yang cukup banyak, karena usaha sampingan ini tidak mengeluarkan modal yang begitu besar. Jika Grameds tidak memiliki modal sama sekali untuk melakukan stock pada produk yang ingin di jual secara online ini, Grameds bisa memulai usaha ini mulai dari menjadi dropshipper terlebih dahulu, kemudian setelah keuntungan yang didapat terkumpul barulah Grameds bisa melakukan stok barang dan membuka toko online yang diinginkan. 

Usaha Jualan Online ini akan menjadi cocok dan menarik untuk Grameds yang membutuhkan atau ingin memulai usaha sampingan di zaman ini dan memiliki hobi di bidang berjualan sehingga hobi Grameds bisa tersalurkan.

MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN Panduan Menghadapi Disrupsi Bisnis

Deskripsi Buku:

Pengembangan kewirausahaan yang merupakan bagian dari agenda pembangunan nasional seharusnya menjadi tanggung jawab bersama berbagai elemen bangsa, setidaknya oleh kekuatan pentahelix, yakni kekuatan pemerintah, kekuatan komunitas/masyarakat, kekuatan para akademisi, kekuatan dunia usaha, dan kekuatan media. Dalam hal ini, ruang peran yang dapat diisi oleh kaum akademisi atau intelektual adalah memberikan panduan pengetahuan konseptual tentang bagaimana cara mengelola kewirausahaan yang efektif, wabilkhusus di era disrupsi bisnis yang diiringi oleh perubahan eksponensial, baik di dunia software (gagasan, paradigma berpikir) maupun di ranah hardware (teknologi, industrialisasi). Buku Manajemen Kewirausahaan ini memaparkan “explicit knowledge” yang dapat berguna memberikan pedoman atau panduan dalam mengelola usaha di era disrupsi dewasa ini. Buku ini menghadirkan konsep-konsep manajemen kewirausahaan dengan perspektif yang lebih luas, karena diramu dengan sentuhan pengetahuan multidisiplin. Di dalamnya pembaca akan menemukan muatan pengetahuan manajemen in general, strategi bisnis, manajemen SDM, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, psikologi kepribadian, teknologi hingga hukum bisnis, namun semuanya diramu dalam satu framework “manajemen kewirausahaan”.

2. Jasa Titip

Ide usaha sampingan kedua ini mungkin bisa Grameds coba adalah ide jasa titip yang mungkin Grameds bisa coba karena usaha ini relatif mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan modal yang begitu besar untuk memulai usaha jasa titip ini, ide usaha ini memiliki beberapa kesamaan dengan impor barang namun cara kerja dari jasa titip lebih sederhana karena pelaku jasa titip produk-produknya tidak perlu melalui proses kepabean dan model usaha jasa titip ini bisa dilakukan siapa saja, barang yang bisa dititipkan juga variatif dimana tidak selalu menitip barang dari luar negri usaha jasa titip ini juga bisa dilakukan di dalam negeri atau di dalam kota. 

Jika grameds tertarik dengan model usaha jasa titip ini berikut pengertian dari jasa titip, jasa titip merupakan usaha “jasa” yang menawarkan pada pembelinya suatu barang di suatu tempat yang mungkin tidak semua orang dapat membeli barang dari suatu tempat itu, keterbatasan waktu, dan keterbatasan daerah mungkin menjadi kendala dari pembeli jasa titip sehingga pembeli memilih untuk menggunakan jasa titip untuk mendapatkan suatu barang yang ingin dibeli. Biasanya produk yang ingin dititipkan ini bisa melalui request pembeli dan pelaku jasa titip juga sudah memiliki kategori terdiri seperti contohnya lifestyle, snack, baju, elektronik, dan hal-hal lain. Beberapa pelaku bisnis memilih untuk membeli produk untuk di stok atau hanya sekedar memfoto produk-produk yang dibuka untuk dititipkan.

Usaha Jasa Titip ini akan menjadi cocok dan menarik untuk Grameds yang membutuhkan atau sekedar ingin memulai usaha sampingan di zaman ini dan memiliki hobi di bidang berjualan sehingga hobi Grameds bisa tersalurkan.

Kamus Bisnis dan Kewirausahaan

Deskripsi Buku:

Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu kegiatan dalam rangka menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba. Secara historis, kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar “busy” yang berarti sibuk dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Secara etimologi, bisnis berarti keadaan di mana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata bisnis sendiri memiliki tiga penggunaan, bergantung skupnya penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Bisnis sendiri memiliki berbagai macam jenis dan dikelompokkan berdasarkan aktivitas yang dilakukannya dalam menghasilkan keuntungan. Misalnya, bisnis transportasi, bisnis manufaktur, bisnis pertambangan, bisnis perdagangan, dan lain-lain.

3. Kopi Susu Rumahan

kata-kata tentang kopi hitam

Ide usaha sampingan ini mungkin bisa Grameds coba adalah berjualan kopi susu yang kekinian dimana Grameds tidak perlu membuka toko seperti cafe atau tempat yang perlu disewa dengan biaya yang tidak sedikit, usaha kopi susu ini bisa Grameds buat di rumah saja bisa membuka usaha kopi susu rumahan yang djual melalui online dan bekerjasama dengan pengiriman GoFood, GrabFood, dan Shopee Food. Agar pembeli bisa dengan mudah memesan kopi susu kalian, jangan lupa untuk membuat strategi-strategi dalam berjualan kopi susu rumahan secara online

Usaha Kopi Susu Rumahan ini akan menjadi cocok dan menarik untuk Grameds yang membutuhkan atau ingin memulai usaha sampingan di zaman ini dan memiliki hobi di bidang kopi sehingga hobi Grameds bisa tersalurkan.

 

4. Jasa Penerjemah

Ide usaha sampingan ini mungkin bisa Grameds coba selanjutnya adalah jasa penerjemah dimana ide usaha ini akan cocok menjadi usaha sampingan bagia Grameds yang memiliki kemampuan atau bekal dalam bahasa asing dimana usaha Jasa penerjemah ini bisa Grameds lakukan dengan di rumah saja loh, ditambah usaha sampingan ini bisa menghasilkan menghasilkan pendapatan yang tidak sedikit. Jasa penerjemah ini bisa Grameds lakukan mulai dari berbagai macam seperti penerjemah karya tulis (novel, komik, puisi, dan lainnya) dan menjadi penerjemah film. Hal ini bisa Grameds lakukan tanpa harus pergi ke perusahaan, kalian bisa bekerja dengan di rumah saja, ditambah usaha jasa penerjemah ini tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak, cukup pengetahuan akan bahasa asing yang fasih dan sebuah alat untuk mengerjakan (laptop atau komputer,  koneksi internet, dan sebuah platform internet untuk mengerjakan pekerjaan sampingan jasa penerjemah ini. 

Usaha Jasa Penerjemah ini akan menjadi cocok dan menarik untuk Grameds yang membutuhkan atau ingin memulai usaha sampingan dan memiliki kemampuan di bidang penerjemah bahasa asing sehingga kemampuan dari Grameds bisa tersalurkan.

https://cdn.gramedia.com/uploads/items/Green_Business_Manajemen_Bisnis_Berkonsep_Ramah_Lingkungan.jpg

5. Blogger

kata kata motivasi belajar

Ide usaha sampingan ini mungkin bisa Grameds coba, adalah Blogger dimana jika Grameds memiliki hobi di bidang menulis ide usaha ini akan cocok menjadi ide usaha sampingan Grameds nih! Ditambah dengan pekerjaan ini bisa di lakukan di rumah dan tidak pernah ketinggalan zaman. Ide usaha pengelolaan blogger ini bisa menghasilkan pendapatan hingga jutaan rupiah. 

Usaha Blogger terbagi menjadi beberapa bagian dimana Grameds bisa membuka blog sendiri dan menjadi blogger pribadi, blogger niche dimana Grameds bisa membahas topik hingga hal-hal tertentu di dalam blog Grameds, dan yang terakhir Grameds bisa menjadi blogger untuk suatu perusahaan dimana banyak perusahaan yang saat ini menyediakan sistem remote tidak harus menjadi pekerja tetap yang setiap hari harus masuk kantor. Hal ini akan menjadikan usaha sampingan ini ideal karena Grameds tidak perlu keluar rumah dan menghemat uang untuk transport.

Usaha blogger ini akan menjadi cocok dan menarik untuk Grameds yang membutuhkan atau ingin memulai usaha sampingan dan memiliki hobi di bidang menulis sehingga hobi Grameds bisa tersalurkan.

6. Laundry sepatu

Ide usaha sampingan ini mungkin bisa Grameds coba, adalah usaha laundry sepatu yang lumayan dikenal oleh masyarakat khususnya untuk anak muda yang menyukai hobi mengoleksi sepatu, baik sneakers hingga sepatu branded. Memilih untuk melaundry sepatu agar sepatu tetap bersih dan yang terpenting dibersihkan dengan aman sesuai dengan teknik pembersihan yang setiap sepatu memiliki bahan yang berbeda-beda begitu juga dengan cara pembersihannya. Usaha ini juga bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar, karena dengan mencuci satu pasang sepatu di hargai sekitar 100.000 hingga 200.000

Usaha Laundry Sepatu ini akan menjadi cocok dan menarik untuk Grameds yang membutuhkan atau ingin memulai usaha sampingan di zaman ini dan memiliki hobi di bidang berjualan sehingga hobi Grameds bisa tersalurkan.

 

7. Guru les privat 

Ide usaha sampingan ini mungkin bisa Grameds coba, adalah usaha guru les privat. Usaha ini cocok untuk kalian yang memiliki hobi serta kesenangan dengan anak kecil atau bagi kalian yang menyukai dan memiliki ketertarikan dalam membimbing orang lain untuk belajar. Hal ini bisa dalam dunia akademik seperti guru bimbel, bahasa inggris, matematik, dll dan juga non akademik seperti guru les gitar, piano, biola, menggambar dll. Jika kalian memiliki keterampilan dan kemampuan dalam membimbing bisnis ini bisa kalian pilih, selain tidak memerlukan ongkos karena melalui online bisa menyalurkan hobi kalian.

Usaha Guru Les Privat ini akan menjadi cocok dan menarik untuk Grameds yang membutuhkan atau ingin memulai usaha sampingan di zaman ini dan memiliki hobi di bidang mengajar sehingga hobi Grameds bisa tersalurkan.

 

8. Thrift Shop

Ide usaha sampingan ini mungkin bisa Grameds coba adalah thrift shop dimana saat ini penjualan baju loak sedang naik daun, terutama pada masa-masa sekarang dikarenakan dengan adanya fast fashion yang dilakukan oleh brand-brand besar dengan quantity yang besar dan hal itu terus menerus terjadi.  Hal ini berdampak pada banyak hal contohnya penurunan populasi hewan karena banyak dari brand-brand yang menggunakan kulit binatang sebagai bahan baku dari pembuatan pakaian dan banyak dampak lain yang bisa terjadi seperti global warming, pencemaran air yang beresiko bagi kesehatan manusia, pemborosan, dll.

Maka dari itu thrift shop menjadi solusi untuk meminimalisir adanya limbah pakaian bekas, dimana kalian bisa menjual kembali pakaian bekas yang kalian miliki atau mengambilnya dari pasar-pasar loak dan melakukan modifikasi bisa melalui pengambilan gambar yang menarik sehingga calon customer tertarik untuk membeli pakaian bekas yang kalian jual.

Usaha Thrift Shop ini akan menjadi cocok dan menarik untuk Grameds yang membutuhkan atau ingin memulai usaha sampingan di zaman ini dan memiliki hobi di bidang berjualan sehingga hobi Grameds bisa tersalurkan.

 

9. Freelance desain grafis

Ide usaha sampingan ini mungkin bisa Grameds coba ada freelance desain grafis dimana banyak dari para desainers yang menjalankan freelance ini untuk uang tambahan atau sekedar menambahkan portfolio mereka. Banyak orang yang mencari freelance desain ini baik untuk usaha kecil, perorangan dan juga perusahaan startup, jasa freelance ini sangat dibutuhkan dan biasanya kebutuhan mereka beraneka ragam seperti untuk pembuatan desain untuk hadiah, merchandise, banner iklan,  logo perusahaan, dan bahkan untuk mengembangkan visual suatu perusahaan. Jasa ini meraup keuntungan yang lumayan besar ditambah jika pekerjaan kalian seusai di mata mereka dan kalian akan mendapat repeat order hingga promosi gratis dari mereka yang merasa puas dengan hasil kerja kalian tersebut.

Usaha Freelance Desain Grafis ini akan menjadi cocok dan menarik untuk Grameds yang membutuhkan atau ingin memulai usaha sampingan di zaman ini dan memiliki hobi di bidang mendesain sehingga hobi Grameds bisa tersalurkan.

10. Web Designer 

Ide usaha sampingan ini mungkin bisa Grameds coba adalah Web Designer dimana ide usaha ini hadir karena hadirnya perusahaan-perusahaan baru di indonesia munculnya juga peluang untuk Grameds yang merupakan para designer bisa mencoba ide usaha ini. Ide usaha ini juga dibutuhkan oleh perusahaan demi meningkatkan visual dari perusahaan tersebut, salah satunya mendesain web perusahaan.

Usaha Jualan Online ini akan menjadi cocok dan menarik untuk Grameds yang membutuhkan atau ingin memulai usaha sampingan di zaman ini dan memiliki hobi di bidang desain sehingga hobi Grameds bisa tersalurkan.

 

11. Jasa potong rambut

Ide usaha sampingan ini mungkin bisa Grameds coba, Dimana usaha ini mulai populer semenjak pandemi akibat menyebarnya Covid-19 di dunia dan menyebabkan masyarakat harus mengkarantina diri dari dunia luar, sehingga banyak hal-hal hingga kegiatan tidak bisa masyarakat lakukan. Termasuk dengan memotong rambut yang biasanya merupakan rutinitas dari kaum adam. Jasa potong rambut home services atau yang akan datang ke rumah pembeli dan melakukan pemangkasan rambut. Hal ini menjadi pilihan yang bijak dengan tujuan menghindari ada penyebaran virus covid-19 yang semakin memburuk. Namun harus diingat  jasa ini tidak bisa sembarang orang lakukan, karena pastinya modal dari usaha ini ada pada kemampuan seseorang dalam memotong rambut serta harus memiliki beberapa alat yang dibutuhkan.

Usaha Jasa Potong Rambut ini akan menjadi cocok dan menarik untuk Grameds yang membutuhkan atau ingin memulai usaha sampingan di zaman ini dan memiliki hobi di bidang tata rias rambut sehingga hobi Grameds bisa tersalurkan.

 

12. Jasa cuci mobil dan motor

Ide usaha sampingan ini mungkin bisa Grameds coba adalah jasa cuci mobil dan motor, dimana jasa  ini sama seperti jasa potong rambut, dimana jasa ini mulai berkembang semenjak adanya pandemi virus covid-19 di indonesia. Jasa ini memiliki dua sistem dimana pada opsi yang 

Opsi pertama, pemilik usaha akan datang ke rumah customer dan melakukan pencucian mobil atau motor dengan membawa alat-alat yang biasa digunakan untuk mencuci hingga alat khusus yang tidak semua orang miliki. Keuntungan dari sistem pertama ini kalian tidak akan mengeluarkan modal air, dimana bila kalian merupakan jasa cuci panggilan kalian akan menggunakan air dari tempat menetap atau rumah customer kalian. 

Opsi kedua, pemilik usaha jasa cuci motor atau mobil bisa menyediakan tempat sendiri biasa opsi ini cocok untuk kalian yang memiliki rumah dengan teras yang luas sehingga dapat melakukan aktivitas mencuci yang lega dan akan menjadi nilai plus bagi kalian yang memiliki rumah dekat jalan raya sehingga calon customer bisa dengan mudah mengakses jasa cuci kalian. Namun usaha ini juga harus memiliki keterampilan dan pengalaman dalam mencuci kendaraan, namun keterampilan ini bisa dipelajari dengan cepat bila kalian memiliki niat untuk membuka jasa ini

Usaha Jasa Cuci Mobil dan Motor ini akan menjadi cocok dan menarik untuk Grameds yang membutuhkan atau ingin memulai usaha sampingan di zaman ini dan memiliki kemampuan dan hobi dalam ranah membersihkan otomotif sehingga hobi Grameds bisa tersalurkan.

 

13. Usaha Kue 

Ide usaha sampingan usaha kue mungkin bisa Grameds coba, menjual kue secara online ini sudah banyak dilakukan oleh banyak pihak baik perorangan atau perusahaan kue yang sudah popular, namun jika kalian memiliki keterampilan dibidang membuat kue dan menikmati setiap proses dalam membuat kue kalian harus mencoba bisnis penjualan kue online yang saat ini sedang populer di media sosial sebagai usaha sampingang Grameds. Dengan banyaknya model yang baru dan fresh. Kalian bisa mencoba bentuk-bentuk yang sedang tren atau bentuk yang belum masuk di pasaran atau  di negara indonesia sehingga toko kue kalian menjadi unik dan berbeda dari yang sudah ada sebelumnya. Kalian juga tidak memerlukan tempat untuk menjual karena sudah bisa melakukan promosi melalui sosial media dan juga katalog dari kue kalian miliki bisa di unggah melalui sosial media. Namun perlu diingat untuk melakukan strategi-strategi penjualan dan juga keunikan tersendiri dari kue yang ingin Grameds jual nantinya agar orang-orang menjadi tertarik dan juga tau akan hadirnya toko kue yang kalian miliki.

Usaha Jualan Kue ini akan menjadi cocok dan menarik untuk Grameds yang membutuhkan atau ingin memulai usaha sampingan di zaman ini dan memiliki hobi di bidang pastry sehingga hobi Grameds bisa tersalurkan.

 

14. Jasa perbaikan elektronik 

Ide usaha sampingan ini mungkin bisa Grameds coba adalah kasa perbaikan elektronik dimana diawali dengan masa pandemi virus covid-19 yang membuat orang-orang tidak bisa keluar untuk melakukan aktivitas, orang-orang mulai membuat usaha jasa mereka menjadi online dan bisa datang ke rumah. Begitu juga dengan jasa perbaikan elektronik dimana jasa perbaikan elektronik panggilan seperti hp, tv, speaker, laptop, komputer, dll menjadi populer di indonesia. Maka dari itu jika kalian memiliki skill dalam memperbaiki barang-barang elektronik, kalian bisa mencoba peluang bisnis ini yang memiliki keuntungan yang cukup tinggi sekitar 100.000 sampai 300.000 untuk jasanya saja belum dengan harga produk yang harus melakukan penggantian mesin bila mesin atau hal-hal dalam produk elektronik rusak serta ongkos yang harus anda tempuh untuk menuju rumah customer merupakan tanggungan mereka. Perlu diingat untuk melakukan strategi-strategi penjualan agar orang-orang menjadi tertarik dan juga tau akan hadirnya jasa perbaikan elektronik yang kalian miliki.

Usaha Jualan Online ini akan menjadi cocok dan menarik untuk Grameds yang membutuhkan atau ingin memulai usaha sampingan di zaman ini dan memiliki hobi di bidang elektronik sehingga hobi Grameds bisa tersalurkan.

 

15. Jasa penitipan hewan peliharaan

Ide usaha sampingan ini mungkin bisa Grameds coba adalah jasa penitipan hewan peliharaan dimana usaha ini lebih populer di luar negeri dimana biasanya kalian akan ditugaskan untuk menjaga hewan peliharaan, biasanya hewan yang harus kalian jaga adalah kucing dan anjing. Namun di indonesia belum begitu populer sehingga kalian hanya memiliki peluang calon customer lingkungan sekitar anda baik teman maupun kerabat yang anda kenal dan merupakan pemilik hewan peliharaan. Karena belum begitu familiar dengan jasa ini orang akan memilih untuk menitipkannya di hotel anjing atau profesional lainnya. Namun bisnis jasa ini hanya ditujukan bagi kalian yang tahu cara merawat hewan peliharaan atau lebih baik juga memiliki hewan peliharaan.

Usaha Jasa Penitipan Hewan Peliharaan ini akan menjadi cocok dan menarik untuk Grameds yang membutuhkan atau ingin memulai usaha sampingan di zaman ini dan memiliki hobi untuk mengurus hewan peliharaan sehingga hobi Grameds bisa tersalurkan.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Chelsea