in

20 Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend

unsplash.com

Usaha Rumahan yang Lagi Trend – Grameds membutuhkan sumber pendapatan sampingan untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari? Kamu bisa mencoba usaha rumahan yang lagi trend dan dapat menjadi pilihanmu dalam mencari keuntungan. Selain waktu kerjanya yang lebih fleksibel, bisnis rumahan juga tidak membutuhkan banyak modal.

Meski meski minim modal, tak berarti keuntungannya sedikit pula. Jika produk dan jasa yang ditawarkan cukup berkualitas dan memuaskan, tentu keuntungan besar pun bisa didapatkan. Berikut ini rekomendasi beberapa usaha rumahan yang lagi trend di bidang makanan, barang kreatif, hingga jasa yang bisa menginspirasimu. Check it out!

Kelebihan Menjalani Usaha Rumahan yang Lagi Trend

Membangun usaha rumahan tentunya bisa memberikan banyak manfaat untukmu. Berikut ini mari kita simak beberapa kelebihan memiliki usaha rumahan yang lagi trend saat ini.

1. Tidak Perlu Menyewa Ruko

Dengan membuat usaha rumahan, tidak diperlukan kebutuhan menyewa ruko. Dengan judul usaha rumahan, kamu juga akan menjalankan semuanya dari rumah. Kamu hanya perlu menyesuaikan kebutuhan usahanya.

2. Modal Terjangkau

Dengan usaha rumahan, maka modal yang dibutuhkan relatif terjangkau atau dengan kata lain tidak dibutuhkan modal yang besar, sebab kamu tidak perlu menyewa gudang dan tempat. Modal terbesar usaha rumahan sendiri mungkin hanya dalam mempersiapkan perlengkapan bisnis saja.

[algolia_carousel]

3. Sudah ada Pasarnya

Bisnis rumahan juga dicari karena trend. Salah satu keunggulan menjalankan usaha yang sedang trend yaitu tidak membutuhkan exposure yang berlebihan. Pasalnya, orang kemudian akan langsung membantu memasarkan produk di media sosial. Sebagai contoh, trend kopi kekinian yang sekarang sudah ada di mana-mana berkat media sosial.

4. Bisa Online dan Offline

Usaha rumahan yang lagi trend dapat dilakukan secara offline dan online. Kamu bisa memulainya dari usaha online yang kemudian dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi agar bisa meningkatkan penjualan. Untuk tahap selanjutnya, kamu bisa memasarkannya secara offline serta mengajak tetangga di sekitar rumah untuk turut membeli produk yang dipasarkan.

Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend dan Menguntungkan

Dengan menjalankan bisnis rumahan kamu akan bebas menentukan jam kerja, menghasilkan kepuasan yang lebih, mudah dalam mengontrol bisnis, tidak membutuhkan sewa tempat, dan bisa membuka lapangan kerja baru. Tentunya dengan membuka usaha rumahan yang lagi trend bisa menjadi pilihan yang lebih mudah untuk dijalankan dalam upaya menambah penghasilan harian.

Berikut ini berbagai ide usaha rumahan yang lagi trend dan menguntungkan yang dapat dijalankan dari rumah.

1. Katering Sehat

Akhir-akhir ini gaya hidup sehat tengah menjadi trend di kalangan masyarakat. Karenanya kamu bisa memanfaatkannya dengan membuka bisnis katering sehat hanya bermodalkan bahan makanan dan dapur hingga kamu akhirnya kamu mendapatkan banyak keuntungan.

2. Usaha Kopi Susu Kekinian

Salah satu rekomendasi bisnis rumahan yang sedang trend adalah bisnis warung kopi. Dengan tidak memiliki sebuah kedai ataupun food truck, kamu hanya perlu membuka bisnis online melalui ojek online juga e-commerce lainnya untuk layanan antaranya. Apalagi jika kopi racikan sudah pas dan sesuai dengan lidah banyak orang, keuntungan kemudian akan datang menghampiri.

Usaha Rumahan yang Lagi Trend
images.soco.id

3. Laundry

Jika ingin mencari peluang usaha dan ide yang menjanjikan, cobalah untuk memulai bisnis laundry. Apalagi jika kamu membukanya di area apartemen, perkantoran, kampus, atau komplek perumahan baru. Karena kawasan ini umumnya dihuni oleh mahasiswa, karyawan, serta pasangan muda yang sibuk dan membutuhkan jasa pencucian pakaian yang cepat.

4. Guru Les Privat

Rekomendasi usaha rumahan lainnya yang dapat menjadi pilihan adalah sebagai guru les privat. Kamu dapat memanggil para murid ke rumah ataupun sebaliknya, kamu yang menghampiri para murid. Pilihlah salah satu mata pelajaran yang paling dikuasai. Dengan kian banyak siswa yang dimiliki, maka penghasilan pun akan mengikuti.

5. Kursus Online

Tak hanya sebagai guru les privat, kursus online juga dapat menjadi salah satu ide serta peluang usaha rumahan yang sedang trend, terutama kursus online bahasa asing, bisa bahasa Inggris, bahasa Mandarin, atau bahasa asing lainnya yang kamu kuasai. Oleh karenanya, jika kamu memiliki kemampuan berbahasa asing, cobalah untuk menjalankan usaha ini! Usaha ini bisa dilaukan tanpa perlu keluar rumah, hanya melalui Zoom, Google Meet, dan platform sejenis lainnya.

6. Translator

Selain kursus online, kamu juga dapat menyediakan jasa translator dengan kemampuan bahasa asing yang kamu miliki. Tidak membutuhkan modal besar, cukup laptop dan jaringan internet saja, maka kamu sudah bisa memiliki pelanggan mulai dari mahasiswa hingga pebisnis, sungguh menjanjikan bukan?

7. Produk Kecantikan

Rekomendasi usaha rumahan lainnya adalah dengan menjual berbagai produk kecantikan, mulai dari skincare, bodycare, kosmetik, dan lain sebagainya. Tidak dibutuhkan keahlian dalam membuat kosmetik, tapi kamu dapat memperoleh banyak keuntungan hanya dengan menjadi reseller kemudian menjualnya secara online.

8. Dropshipper

Dropshipper sebagai salah satu rekomendasi usaha rumahan yang dapat menjadi pilihan saat ini. Minim modal dan anti ribet. Hanya mengandalkan skill menjual yang baik dan kuota internet kamu bisa menjual barang apapun yang diinginkan oleh pembeli mulai dari baju, sepatu, alat masak, hingga produk kecantikan lainnya.

Usaha Rumahan yang Lagi Trend
img.jakpost.net

9. Streetwear

Fashion tak pernah luput dari kehidupan modern saat ini. Kita bisa memanfaatkan kondisi ini kemudian dengan membuka usaha rumahan yang lagi trend, yaitu dengan menjual streetwear bermerek. Tentu ini akan menjadi usaha yang menjanjikan, sebab baju-baju seperti Supreme, Bape, Off-White, atau Stussy memang menggiurkan secara kualitas dan diminati oleh banyak orang.

10. Hijab

Di samping berjualan baju, berjualan hijab juga dapat menjadi pilihan usaha rumahan yang menjanjikan. Sebab ada banyak ragam hijab yang tengah digemari orang-orang dan bisa kamu jadikan sebagai ide dan peluang usaha yang dapat kamu kerjakan dari rumah. Bisnis ini dijamin laris manis apalagi jika dibuka menjelang hari raya Idulfitri dan bulan puasa.

11. Kue Kering

Menjelang hari raya Idulfitri, Natal, atau tahun baru, pastinya kue kering menjadi makanan yang paling dicari dan diminati. Sehingga berjualan kue kering dapat menjadi ide peluang usaha yang menjanjikan untukmu. Apalagi jika kue kering yang kamu jual memiliki cita rasa yang berkualitas. Dengan demikian bisnis ini akan dikenali dengan baik hingga menjadi langganan banyak orang.

12. Kerajinan Tangan

Jika kamu memiliki kreativitas serta keterampilan dalam membuat berbagai kerajinan tangan, cobalah untuk menjadikannya sebagai ide peluang usaha yang dapat kamu kerjakan dari rumah. Sebab, kini beragam kerajinan tangan menjadi usaha rumahan yang lagi trend, di antaranya mulai dari baju rajut, kursi dan meja dari bambu, serta berbagai produk kain flanel.

13. Camilan

Rekomendasi usaha rumahan lainnya yang dapat menjadi pilihanmu adalah dengan berjualan camilan. Usaha yang menjanjikan ini tidak membutuhkan modal besar. Kamu dapat mengambilnya dari distributor atau membuatnya sendiri di rumah. Jangan remehkan omzet dari hasil penjualan camilan yang bisa mencapai hingga puluhan juta per bulan.

14. Jasa Desain Grafis

Jika kamu memiliki keahlian menggambar, cobalah menawarkan jasa desain mulai dari membuat logo brand, undangan, poster, dan sebagainya. Promosikan ide bisnis rumahan tersebut juga melalui berbagai sosial media yang kamu miliki. Jasa desain grafis sebagai salah satu usaha rumahan yang lagi trend di kalangan pebisnis industri kreatif.

15. Jasa Jahit

Jika kamu memiliki keterampilan menjahit, kamu bisa menjadikannya ide dan peluang usaha yang menjanjikan dan dapat kamu kerjakan dari rumah. Mengingat pakaian sebagai salah satu kebutuhan pokok manusia, maka jangan heran jika jasa ini sangat diminati. Apalagi bayarannya juga cukup tinggi, lho!

16. Jasa Rias Wajah

Jasa merias wajah merupakan usaha rumahan yang lagi trend dan tak pernah mati. Setiap bulan atau minggu pasti akan selalu ada saja orang yang memiliki hajatan, mulai dari acara ulang tahun, acara wisuda, hingga acara besar seperti pernikahan. Sudah pasti ini menjadi salah satu usaha menjanjikan yang dapat kamu jalankan dari rumah, ‘kan.

Usaha Rumahan yang Lagi Trend
asset.kompas.com

17. Usaha Toko Kelontong

Rekomendasi usaha rumahan lainnya yang tak pernah gagal menjadi sumber pendapatan lain ialah toko kelontong. Pasalnya, ide bisnis rumahan ini kemudian menyediakan beragam kebutuhan pokok manusia seperti sembako serta kebutuhan sehari-hari mulai dari beras, minyak, bumbu masakan, mie, sabun, dan masih banyak lagi.

18. Jasa Cuci Sepatu

Akhir-akhir ini, jasa cuci sepatu mulai menjadi usaha rumahan yang lagi trend di kalangan remaja. Selain tak membutuhkan modal yang besar, tawaran jasa ini masih tergolong sedikit. Sehingga kamu dapat memanfaatkan kesempatan ini sebagai ide serta peluang usaha baru.

19. Jasa Cuci Motor

Jasa cuci motor dapat menjadi pilihan, sebab ada banyak orang yang malas mencuci motornya sendiri. Oleh karena itu, kamu juga dapat menawarkan jasa cuci motor sebagai usaha rumahan yang menggiurkan. Usaha ini tidak sulit dilakukan, hanya membutuhkan air keran, selang, sikat, deterjen serta kain lap sebagai modal awalnya.

20. Membuat Channel Youtube

Ini merupakan rekomendasi usaha rumahan lainnya jika kamu memiliki hobi merekam video. Jika kamu memiliki kehidupan yang menarik untuk didokumentasikan, cobalah menyalurkannya dengan mengembangkan sebuah channel YouTube. Misalnya saja dengan membuat konten memasak, pengetahuan berbagai info rumah tangga, atau tips and trick merawat hingga membesarkan anak (parenting).

[algolia_carousel page=2]

Demikian berbagai ide usaha rumahan yang lagi trend, yang tentunya dapat menjadi pilihanmu untuk menambah penghasilan sehari-hari. Berbagai usaha rumahan yang lagi trend tersebut tentu menawarkan peluang dengan hasil menjanjikan. Kamu hanya perlu membagi waktu antara berbisnis dan melakukan hal lainnya.

Rekomendasi Buku Terkait Usaha atau Bisnis yang Bisa Kamu Coba

1. A To Z: Memulai Dan Mengelola Usaha Kedai Kopi

Usaha Rumahan yang Lagi Trend

Sebuah buku yang sangat kaya akan ilmu, tetapi dikemas dengan bahasa yang sangat mudah untuk dijalankan dalam berbisnis atau pun ketika melakukan aktivitas sebagai barista. Buku ini wajib dimiliki oleh teman-teman yang ingin atau pun sudah masuk dalam usaha dunia perkopian.

Buku ini sangat terasa dibuat dengan passion dan sincerity yang tinggi. Apa yang dimulai dengan baik pasti akan menghasilkan hasil yang baik pula. Selagi kopi terus menginspirasi maka akan menjadi pilihan untuk berdikari, sebab nikmatnya kopi tak terganti atau selalu ada alasan tuk menepi di kedai kopi.

2. Marketing Plan! dalam Bisnis (Third Edition)

Usaha Rumahan yang Lagi Trend

Buku Marketing Plan! dalam Bisnis menyajikan perencanaan pemasaran yang dapat diaplikasikan segera ke dalam suatu bisnis. Lengkap berisi teori penunjang dan contoh-contoh konkret yang pernah dikerjakan dan dilakukan penulis sebagai marketer selama kurang lebih 20 tahun berkecimpungan di dunia kerja dan bisnis.

Diharapkan buku ini dapat memberikan pengetahuan praktis tentang pemasaran dan promosi dalam meningkatkan market share atau pangsa pasar suatu produk atau bisnis baru maupun lama di bidang pemasaran jasa dan produk.

Buku Marketing Plan! dalam Bisnis juga memberikan informasi-informasi yang praktis dan mudah diaplikasikan oleh para profesional muda, entrepreneur pemula, pelaku dan pemilik bisnis, manajemen merek atau produk, maupun mahasiswa dan pembaca dari berbagai kalangan.

3. Bisnis Waralaba Indomaret: 7 Langkah Cerdas Menjadi Investor Minimarket

Usaha Rumahan yang Lagi Trend

Potensi minimarket waralaba di Indonesia masih sangat besar. Dengan pertumbuhan ekonomi rata-rata 5% per tahun, kebutuhan akan bahan-bahan pokok dipastikan terus meningkat. Masyarakat Indonesia terbukti lebih senang berbelanja di minimarket karena lokasinya mudah dijangkau serta suasananya lebih nyaman.

Namun, berinvestasi minimarket waralaba tentu bukan hal yang sederhana. Diperlukan berbagai kiat agar kamu mampu memilih lokasi yang strategis, memberikan pelayanan terbaik, hingga mampu bersaing dengan minimarket waralaba kompetitor yang lokasinya “menempel”.

Bisnis Waralaba Indomaret hadir untuk membimbing Anda secara step by step agar kamu bisa meraup penghasilan pasif dari investasi minimarket waralaba. Selain memperoleh penghasilan pasif, Anda juga dapat menggunakan minimarket waralaba sebagai sarana alternatif untuk berinvestasi properti sehingga keuntungan yang kamu dapatkan pastinya akan jauh lebih besar.

4. Bisnis Online (Revisi Kedua +Cd)

Usaha Rumahan yang Lagi Trend

Siapa sih yang nggak mau kaya? Kalau mau kaya, ya kerja. Tapi penginnya kerja santai dan mau di depan komputer saja dan sambil pencet-pencet HP. Bisa nggak, ya? Bisa banget!!

Pada zaman sekarang ini informasi ibaratnya emas. Siapa yang memegang informasi dialah yang menjadi pemenang. Nah, salah satu cara yang dapat kamu tempuh adalah dengan Bisnis Online. Foto barangnya posting gambarnya terima duit hasil penjualannya. Cukup 3 langkah mudah yang membuatmu kaya, ya berkecukupanlah, cukup buat beli mobil cukup buat beli rumah cukup untuk bebas memilih paket wisata. Caranya gimana?

Di buku ini akan dijelaskan sejelas-jelasnya mengenai metodenya. Dummy, step by step. Sampai-sampai anak SD aja juga akan mengerti. Memadukan sebuah seni tradisional marketing atau marketing field atau marketing lapangan dengan marketing modern atau digital marketing.

5. Ilmu Bisnis Tionghoa

Usaha Rumahan yang Lagi Trend

Kegiatan etnis Tionghoa di seluruh dunia, termasuk di Indonesia telah menunjukkan keberhasilannya yang memukau. Memang tidak seluruhnya berhasil, namun secara umum menampakkan kemajuan-kemajuan berarti. Banyak orang telah berpendapat bahwa barang siapa berkecimpung di dalam dunia bisnis, ia bagaikan berada di medan peperangan. Dalam wilayah itu, orang harus bisa bertahan, menaklukkan lawan, dan menyerang pada waktunya.

Falsafah perang Sun-Tzu, panglima perang bangsa Cina yang melegenda, sering dijadikan inspirasi dalam kondisi-kondisi dunia bisnis yang penuh persaingan ini. Falsafah perang ini juga diyakini sebagai unsur yang ikut bertanggung jawab atas ketangguhan orang-orang Cina di dunia bisnis. Strategi bisnis Sun-Tzu dan kebijakan Kong Fu Tze tidak hanya dapat digunakan dalam manajemen strategis. Tetapi juga di bidang lain, seperti sumber daya manusia, penjualan, pemasaran, customer satisfaction, finansial, dan motivasi diri.

Buku ini menyajikan penafsiran taktik dan strategi perang Sun-Tzu yang dapat kita tiru untuk mencapai kemenangan dalam medan bisnis. Dengan bahasa yang mudah dan sederhana, ilmu dan falsafah bisnis etnis Tionghoa kini dapat dipahami dan diterapkan semua orang yang ingin sukses dalam bisnis.

Itulah beragam ide usaha rumahan yang lagi trend serta rekomendasi buku terkait usaha yang bisa Grameds coba praktikkan. Jika Grameds membutuhkan buku-buku tersebut, kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda