in

Keuntungan Bisnis Online di Masa Kini: Adaptasi Perubahan Zaman

unsplash.com

Keuntungan Bisnis Online – Apakah masih tersimpan di benak Grameds masa-masa di mana kita tidak boleh pergi ke luar rumah untuk mencegah penularan rantai virus Covid-19? Saat ingin melakukan suatu kegiatan sederhana saja, kita disarankan untuk melaksanakannya di rumah dan secara online.

Jika ada kegiatan belajar di kampus atau meeting bersama rekan kerja, sebaiknya dilakukan melalui video conference. Atau kalau kita mau membeli makan siang atau kebutuhan belanja, juga disarankan menggunakan aplikasi online shop atau aplikasi food delivery, alih-alih pergi ke luar rumah.

Pengertian Bisnis Online

Keberadaan virus Covid-19 dan kondisi pandemi seakan memaksa kita untuk beradaptasi agar dapat melanjutkan hidup kita. Dalam contoh terakhir misalnya, selain para pembeli, para penjual juga harus beradaptasi agar mereka dapat berdagang tanpa adanya pengunjung yang mendatangi lokasi mereka berjualan.

Salah satunya adalah dengan memindahkan dagangan mereka ke platform online, dan berdagang atau berbisnis secara online. Sebenarnya, apa itu pengertian bisnis online, dan bagaimana seseorang dapat dikatakan berbisnis secara online?

Secara sederhana, bisnis online adalah kegiatan berbisnis yang dilakukan menggunakan teknologi komputer dalam prosesnya. Dan di era sekarang, seseorang tidak wajib memiliki komputer atau laptop canggih untuk berbisnis online, karena smartphone yang kalian miliki sudah memiliki kecanggihan serupa dengan komputer atau laptop.

Ini memungkinkan Grameds untuk menjalankan bisnis kalian secara online hanya dari genggaman tangan. Tidak perlu repot-repot atau khawatir lagi harus mencari hingga bahkan membeli komputer atau laptop yang terhitung mahal. Smartphone kalian juga bisa menjalankan aktivitas bisnis sama baiknya.

Apa saja aktivitas yang seseorang lakukan ketika mereka berbisnis online? Pada dasarnya, apa yang Grameds lakukan dalam bisnis online tidak jauh berbeda ketika Grameds menjalankan bisnis tradisional. Hanya saja, kalian melakukan semuanya melalui gadget kalian.

Contohnya, ketika ingin melampirkan apa saja yang kalian jual, Grameds melakukannya dengan memasang “etalase virtual”, agar orang-orang dapat melihat barang dagangan kalian. Hal ini bisa saja melalui media sosial bisnis yang kalian buat, atau langsung melalui platform online shop.

Pun halnya dengan menyapa dan menjawab pertanyaan pengunjung. Sekarang, tersedia berbagai macam aplikasi chatting yang bisa kalian gunakan untuk berbicara dengan “pengunjung” toko. Dan dapat dipastikan aplikasi yang Grameds gunakan juga banyak dimiliki oleh orang-orang lain yang ingin menanyakan atau membeli produk.

Proses transaksi juga dapat dilangsungkan secara online alih-alih bertemu dengan pembeli secara langsung, atau bahkan pergi ke ATM untuk transfer uang. Seperti yang Grameds tahu, aplikasi e-wallet serta m-banking amat mempermudah orang-orang untuk melakukan transaksi dan mengontrol finansial dari smartphone mereka.

Keuntungan Bisnis Online
istockphoto

Untuk pengiriman barang, terkadang seseorang memang harus keluar rumah dan mengirimnya lewat kurir. Namun, aplikasi pengiriman barang juga dapat kalian temukan dengan mudah, dan ini pastinya mempermudah pekerjaan Grameds dalam menjalankan bisnis online.

Meskipun bisnis online sudah lazim dilakukan sebelum pandemi merebak, keberadaan bisnis online sekarang semakin terasa kegunaannya. Dan setelah pandemi usai pun, kelihatannya masih banyak orang yang akan menjalankan bisnisnya secara online.

Bisnis online memang terhitung susah susah gampang, dan orang-orang perlu terlebih dahulu mempelajari dasar-dasar dari bisnis ini agar mereka tidak mengalami kerugian. Buku “Step By Step Bisnis Online” adalah salah satu buku yang dapat dijadikan referensi jika ingin memulai bisnis online.

Keuntungan Bisnis Online

Keuntungan Bisnis Online

Dunia bisnis online, meskipun terdengar menjanjikan, nyatanya masih banyak orang-orang yang khawatir untuk terjun ke dalamnya. Ini dikarenakan banyak orang yang merasa bahwa menjalankan bisnis online jauh lebih sulit ketimbang menjalankan bisnis tradisional pada umumnya.

Mereka khawatir karena mereka tidak memahami betul cara untuk berbisnis online, mereka justru malah merugi. Padahal, jika orang-orang mau mempelajari bisnis online dan mau berusaha, terdapat banyak keuntungan bisnis online yang mereka bisa dapatkan.

Jika Grameds masuk ke dalam kategori orang yang di atas, di bawah ini terdapat sejumlah keuntungan bisnis online. Semoga saja dengan membaca keuntungan-keuntungan ini, kalian semakin tertarik untuk menggeluti bidang ini dan tidak takut lagi memulai bisnis online kalian.

1. Lebih Mudah Mendapat Data Pelanggan

Salah satu aspek terpenting dari bisnis adalah mengumpulkan informasi pelanggan. Bisnis online memungkinkan seseorang mengumpulkan data tentang pelanggan mereka dan perilaku mereka tanpa harus mengeluarkan biaya dan tenaga lebih.

Dengan menggunakan informasi ini, kalian dapat membuat perubahan yang diperlukan untuk menarik perhatian pelanggan. Misalnya, Grameds dapat menentukan jenis produk apa yang paling diminati orang, dari daerah mana penjualan terbesar berasal, hingga metode pembayaran  paling populer.

2. Banyak Pilihan dalam Kustomisasi

Tingkat kepuasan yang diberikan bisnis online menyamai atau bahkan lebih tinggi daripada bisnis tradisional. Ini dikarenakan, model bisnis tradisional belum tentu dapat menawarkan hal yang sama dengan apa yang bisnis online tawarkan, yaitu banyaknya kemungkinan untuk kustomisasi.

Sebagai contoh, ketika seseorang berbelanja ke bisnis online, ada berbagai pilihan dalam metode pembayaran atau kustomisasi yang tersedia untuk pembeli, dan mereka harus memilih satu opsi sebelum melakukan pembelian. Ini adalah proses yang sederhana, namun bisa meningkatkan pengalaman pelanggan ketika berbelanja di bisnis online.

Keuntungan Bisnis Online
istockphoto

3. Biaya Promosi Lebih Rendah

Pertumbuhan dan perkembangan internet menyebabkan ledakan jumlah situs atau media sosial. Platform ini dibuat untuk menyatukan orang, dan dapat menjadi saluran pemasaran yang efektif dan hemat sehingga banyak digunakan baik oleh perusahaan kecil maupun perusahaan besar.

Grameds dapat mengiklankan produk dan layanan kalian di depan pelanggan yang kalian inginkan tanpa bantuan dari perusahaan pemasaran profesional. Dengan ini, Grameds dapat menyimpan biaya promosi untuk keperluan lain yang bisa jadi lebih penting.

4. Aksesibilitas Lebih Tinggi

Bisnis online juga membebaskan pembeli dan penjual dari batasan geografis. Maksudnya, pelanggan dapat membeli suatu barang dari wilayah manapun tanpa harus mendatangi penjual barang secara langsung, layaknya bisnis tradisional pada umumnya.

Ini semua hanya bergantung kepada apakah pelanggan dan penjual memiliki akses internet atau tidak. Dan di era sekarang, hampir seluruh lokasi di Indonesia mempunyai akses terhadap internet. Ini juga menjadi satu alasan utama perusahaan memilih strategi bisnis berbasis internet, yakni untuk menarik klien internasional.

5. Sistem Otomatis dan Lebih Efisien

Internet menyediakan banyak cara untuk menyederhanakan hidup kalian yang memiliki suatu bisnis. Grameds dapat menangani pemesanan bahan baku, melayani pelanggan, dan hal-hal lainnya secara online. Kalian juga bisa mendapat solusi khusus untuk mengotomatiskan cara pelanggan membeli barang dagangan kalian.

Seseorang dapat menyederhanakan proses dan menghemat waktu berharga untuk melakukan tugas berulang. Selain itu, kalian juga bisa berbagi informasi dan data lebih cepat dan efisien, menggunakan berbagai aplikasi yang tersedia di gadget yang kalian miliki.

6. Menghemat Pengeluaran Jangka Waktu Panjang

Bisnis online terbilang lebih murah dalam mengurus biaya operasi daripada bisnis tradisional. Perbedaannya bahkan terbilang cukup signifikan, mengingat kebanyakan bisnis online hanya membutuhkan ruang kantor yang kecil, atau bahkan tidak perlu ruang kantor sama sekali.

Dengan demikian, seseorang dapat mengurangi biaya-biaya lain seperti menyewa ruang kantor, dan harus membayar tagihan seperti listrik, air, atau WiFi. Tanpa adanya lokasi fisik untuk berbisnis, maka biaya perekrutan karyawan juga dapat berkurang, dan dalam jangka waktu lama ini bisa menjadi pembeda dalam pengelolaan uang bisnis.

7. Jangkauan Pelanggan Lebih Luas

Dengan bisnis online, seseorang dapat berkomunikasi dengan pelanggan di berbagai lokasi, hingga bahkan ke negara lain. Setiap orang dari wilayah tertentu lebih mungkin menjadi pelanggan potensial untuk bisnis yang kalian jalankan.

Bahkan, bisnis online yang kecil pun memiliki kemungkinan untuk menjangkau pasar internasional. Seperti yang sudah dibahas, kemajuan internet membuat hal tersebut tidak lagi mustahil. Ini dapat menghasilkan penjualan tertinggi yang tidak dapat dicapai oleh bisnis tradisional dengan cepat.

Kekurangan Bisnis Online

Meskipun begitu, bisnis online juga tidak selamanya penuh dengan hal-hal yang menarik perhatian. Bisnis online juga memiliki sejumlah kekurangan yang patut Grameds catat agar kalian tidak terkejut ketika ingin mencoba melakukan bisnis jenis ini.

Setidaknya, ada 5 hal penting yang patut Grameds waspadai dan perhatikan secara seksama jika ingin berbisnis online. Keteledoran dalam memperhatikan hal-hal ini bisa saja membawa kalian ke jurang kerugian. Berikut penjelasannya.

1. Layanan Pelanggan Secara Online

Berlawanan dengan bisnis tradisional, bisnis online hampir tidak memiliki interaksi tatap muka. Ini bisa menjadi masalah bagi sejumlah pelanggan karena kebanyakan dari mereka lebih suka berkomunikasi secara langsung dibandingkan berkomunikasi secara online.

Keberadaan opsi kontak melalui obrolan telepon, email, atau aplikasi chatting untuk mendapatkan memberikan solusi serta penjelasan lain terhadap pelanggan dianggap tidak cukup, karena mereka menganggap bahwa pelayanan tatap muka langsung lebih bisa memberi yang diinginkan ketimbang layanan online.

2. Kurangnya Kontak Fisik

Banyak konsep paling inovatif lahir dari interaksi orang-orang. Meskipun internet telah dianggap berhasil menghubungkan orang-orang, hal ini terkadang tidak cukup karena perbedaan antara komunikasi secara langsung dan tidak langsung terbilang cukup mencolok.

Dan kurangnya atau bahkan sampai ketiadaan kontak fisik akan berimbas kepada poin pertama tadi, yakni kesulitan dalam menangani pelanggan secara online. Tidak hanya itu, pengembangan bisnis bersama rekan dan kolega juga bisa terhambat karena hal ini.

3. Kompetisi dengan Toko Lain

Menjadi pemilik bisnis online bukanlah hal yang mudah karena ketatnya persaingan di dunia internet. Perusahaan-perusahaan besar bisa datang dengan promosi periklanan lebih efektif, metode pemasaran dan bahkan produk yang lebih terjangkau, sehingga dapat “mencuri” pelanggan dari bisnis kalian.

Ini bisa menjadi masalah jika Grameds tidak memiliki strategi bisnis yang tepat, dan bisnis kalian bisa mengalami kerugian yang signifikan. Meskipun begitu, hal ini bukanlah hal baru dalam bisnis, mengingat persaingan seperti ini juga terjadi di dalam bisnis tradisional.

4. Review Negatif dari Pelanggan

Pembeli dapat menggunakan media sosial untuk berbagi rasa frustasi dan pendapat mereka tentang bisnis online yang kalian jalankan. Tidak sedikit masyarakat  yang memilih untuk mengeluh dibandingkan menilai sesuatu yang positif dari bisnis online ini.

Dan keluhan mereka bisa merusak citra bisnis yang Grameds jalankan. Banyak contoh bisa kalian lihat dalam keluhan di media sosial yang menjadi viral dan menyebabkan suatu perusahaan mengubah strategi bisnis mereka atau bahkan mengubah produk mereka, mengakibatkan hilangnya pendapatan dan reputasi.

5. Biaya Untuk Memulai

Bisnis online memang bisa mendapatkan keuntungan serta menghemat biaya dari waktu ke waktu. Namun, implementasi dalam memulai bisnis online tidak bisa dibilang sama. Bisnis harus siap menghadapi biaya awal yang besar karena situs bisnis perlu dibuat dan dikelola oleh profesional yang berpengalaman.

Selain itu, Grameds juga berpotensi menemukan biaya tambahan terkait dengan operasional situs, dan ini bisa menambah total biaya. Namun, masalah ini umumnya bisa diselesaikan dengan mencari investor agar dapat membantu menambah pundi-pundi keuangan saat memulai.

Kekurangan-kekurangan yang sudah disebutkan di atas memang terlihat tidak meyakinkan dan bisa saja menyurutkan niat Grameds untuk membuka bisnis online. Meskipun begitu, kalian tentu saja meminimalisir kekurangan-kekurangan di atas dengan mempelajari bidang bisnis online ini.

Memang memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk mempelajari bisnis online. Namun, jika Grameds memiliki niat dan ketekunan untuk belajar, kalian pasti bisa menjalankan bisnis online kalian dengan baik. Buku “Sukses Bisnis Online” bisa membantu menambah pemahaman Grameds terkait bisnis online.

Keuntungan Bisnis Online

Kiat Memulai Bisnis Online

Di sesi terakhir artikel ini, kita akan membahas apa saja tips dan trik yang Grameds bisa terapkan sebelum kalian terjun ke bidang bisnis online. Hal ini diharapkan dapat mendorong serta mengangkat kepercayaan diri Grameds untuk memulai bisnis online kalian sendiri.

Terdapat banyak sekali hal-hal yang seseorang harus persiapkan sebelum memulai bisnis online. Namun, kali ini kita hanya akan membahas 5 hal terpenting yang semua orang wajib tahu ketika ingin berbisnis online.

1. Mempelajari Hukum Terkait Bisnis

Baik itu bisnis tradisional maupun bisnis online, keduanya di bawah naungan hukum Indonesia, sehingga seseorang tidak bisa menjalankannya sembarangan. Alangkah baiknya Grameds mempelajari apa saja hukum-hukum terkait bisnis agar bisnis online kalian bisa berjalan dengan lancar.

2. Mencari Modal Awal

Bisnis online juga tidak bisa berjalan tanpa adanya modal awal untuk memulai. Grameds mungkin bisa mengumpulkan dana awal dari rekan bisnis kalian. Atau seperti yang sudah dijelaskan, kalian juga bisa mencari investor atau menggalang dana untuk digunakan sebagai modal awal.

3. Menentukan dan Meriset Target Pasar

Poin ini penting agar kalian dapat menentukan jenis produk apa yang nantinya akan jual, serta kepada siapa kalian ingin menjual produk ini. Hal penting lain yang harus diperhatikan adalah bahwa pasar selalu berubah, sehingga kalian harus jeli untuk mencari target yang sesuai untuk bisnis online kalian.

4. Uji Coba Produk

Sebelum kalian meluncurkan produk ke pasaran, kalian harus terlebih dahulu memastikan bahwa produk yang akan kalian jual sesuai dengan kemauan pasar. Ini untuk menghindari produk yang gagal di pasaran, dan berpotensi untuk membuat bisnis online kalian merugi.

5. Membuat Branding

Hal terakhir yang bisa seseorang lakukan sebelum memulai bisnis online adalah membuat branding. Ini mencakup seperti desain dan maskot produk, menentukan media sosial untuk dipakai dalam mempromosikan produk, serta topik-topik lain yang berkaitan.

Yang paling penting ketika berbisnis adalah keinginan untuk belajar dan kemauan untuk bangkit dalam kegagalan. Jika Grameds masih ingin belajar serba-serbi mengenai bisnis online, kalian dapat membaca buku lain berjudul “Cerdik & Sukses Jualan Online”.

Keuntungan Bisnis Online

Itulah beberapa keuntungan bisnis online serta kiat memulai bisnis online. Buku-buku rekomendasi di atas dapat Grameds temukan di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Grameds akan selalu mendapat pengetahuan dan informasi #LebihDenganMembaca buku-buku dari Gramedia.

Penulis: M. Adrianto S.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda