in

15 Ide Usaha Sampingan Karyawan yang Menguntungkan

Menjadi karyawan di sebuah kantor memang seringkali menjadi pekerjaan yang diimpikan oleh beberapa orang. Namun, dengan semakin berkembangnya zaman, kebutuhan setiap orang juga semakin beragam dan seringkali penghasilan yang didapatkan dari menjadi seorang karyawan tidaklah cukup.

Oleh sebab itu, banyak orang yang berusaha untuk mencari penghasilan tambahan melalui berbagai usaha sampingan yang dapat dilakukan tanpa mengganggu pekerjaannya sebagai karyawan. Untuk membantu Grameds mencari usaha sampingan yang tepat, berikut ini beberapa rekomendasi ide usaha sampingan yang dapat kamu lakukan tanpa mengganggu pekerjaan utama serta memerlukan modal yang relatif minim. Simak informasi berikut.

Berbagai Ide Usaha Sampingan Karyawan yang Menguntungkan

1. Membuka usaha makanan ringan

usaha makanan ringan

Ide usaha sampingan karyawan yang pertama adalah membuka usaha makanan ringan atau camilan yang dapat menjadi makanan yang paling disukai oleh banyak orang untuk mengganjal perut di sela-sela jam kerja. Makanan ringan ini dapat bervariasi, mulai dari gorengan, berbagai snack, roti, hingga kacang-kacangan.

Untuk membuka usaha ini tidaklah sulit, kamu dapat memulainya dari menawarkannya pada teman atau rekan kerja yang ada di kantor. Letakkanlah makanan ringan pada sebuah wadah di tempat yang mudah terlihat atau pada pantry kantor, dimana para karyawan dapat melihatnya dengan mudah dan jangan lupa pula meletakkan keterangan harga sehingga memudahkan para rekan kerja untuk membayarnya nanti.

[algolia_carousel]

Modal yang dikeluarkan untuk memulai ini sendiri juga tidak harus besar, dimana kamu bisa menjual makanan ringan buatan kamu sendiri ataupun snack kemasan yang relatif murah. Dengan menjual menggunakan cara ini, kamu juga tidak perlu mengganggu waktu kerja diri sendiri dan juga rekan kerja kamu.

2. Membuka usaha siap saji

usaha siap saji

Ide usaha sampingan karyawan yang kedua adalah membuka usaha siap saji yang pastinya juga menguntungkan. Khususnya, bagi kamu yang bekerja di kantor seringkali dipenuhi dengan segala kesibukan, sehingga tidak sempat untuk memasak dan harus terus menerus mengkonsumsi makanan cepat saji yang dapat berbahaya bagi tubuh dalam jangka waktu panjang.

Dengan membuka usaha siap saji sendiri, kamu dapat menawarkan berbagai variasi makanan rumahan khas Indonesia yang banyak diminati, seperti halnya rendang, ikan suir, ataupun ayam dengan bumbu rica. Selain itu, hal yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia adalah sambal. Kamu juga dapat menambahkan berbagai variasi sambal mulai dari sambal cumi, sambal teri, sambal matah, hingga sambal roa.

Untuk memulai usaha ini sendiri, kamu dapat menerapkan sistem pre-order, dimana pada awalnya kamu dapat menawarkan terlebih dahulu kepada rekan kerja yang ada. Dan setelah pesanan terkumpul, kamu dapat mulai memasak sesuai dengan menu yang telah ditetapkan dan ditawarkan sebelumnya.

3. Menjadi reseller fashion online

reseller fashion online

Ide usaha sampingan karyawan yang ketiga adalah menjadi reseller fashion online yang dapat dilakukan melalui internet dan gadget yang kamu miliki. Untuk menjadi reseller fashion online sendiri, kamu harus memiliki kemampuan untuk memasarkan ataupun menawarkan sebuah produk kepada orang lain, baik rekan kerja maupun melalui media sosial kepada para pengikut kamu.

Usaha sampingan ini sendiri dapat menjadi pilihan yang tepat, karena kamu tidak perlu menumpuk barang terlalu banyak, dan memesan barang kepada supplier sesuai kebutuhan saja. Selain itu, modal yang dikeluarkan juga tidak harus selalu besar, dimana pada awal usaha kamu dapat memesan baju atau produk pilihan dalam jumlah yang sedikit terlebih dahulu, dan jika memang peminatnya tinggi, kamu bisa melakukan pemesanan lagi ke supplier produk tersebut.

Dengan menjadi reseller sendiri, kamu bisa mengurangi modal untuk biaya produksi, dan pada umumnya dengan membeli dalam jumlah yang cukup besar, supplier juga akan memberikan harga diskon sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan besar.

4. Menjadi dropshipper

dropshipper

Ide usaha sampingan karyawan yang keempat adalah menjadi dropshipper yang juga hampir mirip dengan poin sebelumnya. Namun, perbedaan antara dropship dengan reseller sendiri, adalah kamu tidak perlu repot-repot menyediakan stok barang dan memikirkan harga yang tepat untuk sebuah produk.

Hal ini dikarenakan, dropshipper merupakan seorang pemasar yang menjadi penghubung antara seorang konsumen dengan produsen. Dengan begitu, Grameds dapat melakukan proses transaksi jual beli tanpa harus terlebih dahulu membeli barang dari produsen.

Dropshipper juga dapat digambarkan sebagai seorang perantara atau penanggung jawab yang memiliki tugas untuk mempromosikan atau memasarkan sebuah produk yang dimiliki produsen kepada calon konsumen yang sesuai.

Selain hanya membutuhkan modal yang kecil, dengan menjadi dropshipper Grameds juga tidak perlu repot-repot mengirim barang kepada konsumen yang telah memesan, karena semuanya akan dilakukan oleh produsen dari produk tersebut.

5. Membuka jasa titip

jasa titip

Ide usaha sampingan karyawan yang kelima adalah membuka jasa titip yang dapat kamu lakukan jika sedang bepergian ke sebuah tempat. Usaha sampingan yang satu ini sendiri memang tidak dapat dilakukan secara rutin, namun jika kamu sedang berlibur ke sebuah tempat yang menawarkan sebuah produk, maka hal ini dapat mendatangkan keuntungan jika ada yang menggunakan jasa titip kamu untuk membeli produk tersebut.

Untuk membuka jasa titip sendiri terlebih dahulu kamu harus menyebarkan informasi ini kepada rekan kerja maupun sosial media yang kamu miliki. Tawarkan berbagai barang yang ada pada destinasi tujuan kamu, baik produk fashion, skincare, kosmetik, kuliner, atau berbagai macam barang lainnya yang kiranya dapat menguntungkan.

Setelah ada yang tertarik untuk menggunakan jasa titip kamu untuk membeli barang tersebut, kamu juga dapat menyertakan harga jasa titip kamu dan harga barang yang dipesan oleh konsumen tersebut.

6. Menjadi agen properti maupun kendaraan

agen properti

Ide usaha sampingan karyawan yang keenam adalah menjadi agen properti maupun kendaraan yang dapat menghasilkan penghasilan besar dalam bentuk komisi, apalagi jika Grameds berhasil melakukan penjualan pada properti atau kendaraan yang ditawarkan.

Hal yang dimaksud dengan komisi sendiri, adalah jika harga sebuah properti yang kamu tawarkan berada di angka sebesar Rp 500 juta, dan ketentuan yang ada kamu bisa mendapatkan jatah komisi sebesar 1 persen, maka jika properti tersebut berhasil terjual, kamu bisa mendapatkan Rp 5 juta.

Untuk menjalankan usaha sampingan ini sendiri dengan pekerjaan utama kamu sebagai karyawan, disarankan bagi Grameds untuk menjadi seorang broker properti maupun kendaraan secara online. Dimana, dengan begitu pekerjaan utama kamu tidak terganggu dan segala urusan yang berhubungan dengan usaha sampingan kamu dapat dilakukan secara online, dimana dan kapan saja.

7. Membuka jasa penerjemah

penerjemah

Ide usaha sampingan karyawan yang ketujuh adalah membuka jasa penerjemah yang juga dapat menguntungkan. Namun, untuk membuka jasa penerjemah sendiri, sebelumnya kamu harus menguasai bahasa asing yang nantinya akan digunakan.

[algolia_carousel page=2]

Misalnya, jika kamu memiliki keahlian berbahasa Jepang, kamu dapat menawarkan jasa untuk menerjemahkan berbagai hal, mulai dari pembicara, komik, webtoon, serial tv, film asing, atau berbagai hal lainnya sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan yang menyewa jasa penerjemah kamu tersebut.

8. Menjadi agen asuransi

agen asuransi

Ide usaha sampingan karyawan yang kedelapan adalah menjadi agen asuransi yang dapat kamu lakukan di sela waktu kerja kamu sebagai karyawan. Untuk menjadi agen asuransi yang baik sendiri, kamu harus dapat memilih serta mengenal produk asuransi yang memang dibutuhkan oleh rekan kerja maupun orang-orang yang ada di sekitar kamu.

Seperti contohnya, jika target audience kamu adalah rekan kerja serta karyawan lainnya yang bekerja kantoran, maka asuransi yang paling tepat untuk ditawarkan adalah asuransi kesehatan, pensiun maupun tunjangan hari tua, serta pendidikan anak yang nantinya dapat bermanfaat di masa depan.

9. Mengikuti MLM kosmetik maupun suplemen

MLM kosmetik

Ide usaha sampingan karyawan yang kesembilan adalah mengikuti MLM kosmetik maupun suplemen yang pada umumnya dijalankan oleh karyawan perempuan yang pada awalnya merupakan seorang konsumen.

Usaha sampingan ini sendiri banyak dilakukan karena, perempuan tersebut percaya dengan khasiat dari produk yang ditawarkan dan sudah mencobanya sendiri. Sehingga, menawarkan dan mempromosikan produk ini kepada orang lain yang ada di sekitarnya menjadi mudah, karena ia sendiri memiliki kepercayaan pada produk tersebut.

10. Menjadi tutor mata pelajaran

tutor mata pelajaran

Ide usaha sampingan karyawan yang kesepuluh adalah menjadi tutor mata pelajaran yang dapat menghasilkan pendapatan yang cukup besar melalui keahlian yang kamu miliki. Untuk menjadi tutor mata pelajaran sendiri, kamu harus terlebih dahulu menguasai sebuah mata pelajaran tertentu, seperti bahasa Inggris maupun matematika yang banyak orang kesulitan untuk menguasainya.

Selanjutnya, kamu dapat menawarkan jasa kamu ini kepada orang-orang yang ada di sekitar kamu yang telah memiliki anak yang bersekolah dan sedang mencari tutor. Selain itu, di tengah pandemi saat ini, kamu juga tidak perlu repot-repot mengeluarkan biaya atau tenaga untuk berpindah-pindah tempat. Hal ini dikarenakan, tutor yang ada dapat kamu lakukan secara online sehingga waktu yang kamu miliki dapat menjadi lebih efisien.

11. Menjual karya foto melalui internet

menjual karya foto di internet

Ide usaha sampingan karyawan yang kesebelas adalah menjual karya foto melalui internet, khususnya bagi Grameds yang memiliki hobi di bidang fotografi yang ternyata juga dapat mendatangkan keuntungan.

Hal ini dikarenakan, karya foto yang kamu miliki dapat dijual, dengan memasukkannya ke berbagai situs yang dapat digunakan untuk menjual foto melalui internet. Situs seperti istockphoto maupun shutterstock dapat kamu gunakan untuk memulai usaha sampingan yang satu ini.

Pada umumnya sendiri, situs yang ada tersebut menawarkan pembayaran dalam mata uang dolar, sehingga penghasilan yang nantinya kamu dapatkan dari menjual hasil karya kamu dapat beragam tergantung dengan nilai tukar dolar yang sedang naik maupun turun.

Namun, untuk mendapatkan penghasilan melalui usaha sampingan ini sendiri tidak dapat instan, karena pada umumnya situs-situs tersebut harus terlebih dahulu melakukan verifikasi pada hasil karya foto yang telah kamu submit.

12. Membuat Toko Online

toko online

Ide usaha sampingan karyawan yang kedua belas adalah membuat toko online yang juga dapat menjadi usaha sampingan yang sangat menguntungkan. Terlebih lagi, dimana saat ini adanya pandemi, banyak orang lebih memilih untuk berbelanja segala kebutuhan sehari-harinya melalui internet secara daring.

Untuk mempermudahkan kamu sendiri, saat ini sudah banyak platform e-commerce atau marketplace yang dapat digunakan untuk memulai usaha toko online sendiri. Berbagai barang yang dijual sendiri dapat bervariasi tergantung dengan apa yang sedang menjadi kebutuhan masyarakat saat ini.

Barang yang dijual dapat dimulai dari makanan, cemilan, pakaian, perlengkapan sehari-hari, furniture, dan masih banyak lagi yang pastinya dapat mendatangkan keuntungan bagi kamu!

13. Membuka jasa desain grafis

desain grafis

Ide usaha sampingan karyawan yang ketiga belas adalah membuka jasa desain grafis yang dapat dilakukan tanpa harus bertemu dengan banyak orang karena semuanya dapat dilakukan secara daring atau online.

Usaha sampingan yang satu ini sendiri biasanya memiliki sifat freelance, sehingga Grameds yang memiliki keahlian dalam membuat desain grafis, dapat mengambil berbagai projek dari berbagai situs freelance yang ada di Indonesia maupun di luar negeri.

Selain itu, keuntungan dengan menjadi freelance desain grafis sendiri adalah kamu dapat menentukan waktu kerjanya, hal ini dikarenakan pada umumnya usaha sampingan ini memiliki jam yang fleksibel sehingga tidak akan mengganggu pekerjaan utama kamu sebagai karyawan.

Pada umumnya, freelance desain grafis sendiri melakukan berbagai proyek mulai dari pembuatan logo, maskot, maupun berbagai desain yang berhubungan dengan media sosial klien yang menyewa jasa kamu.

14. Menjadi Blogger

blogger

Ide usaha sampingan karyawan yang keempat belas adalah menjadi seorang blogger, khususnya bagi Grameds yang memiliki hobi menulis untuk mengisi waktu luang atau menghilangkan penat dari pekerjaan setiap harinya.

Selain itu, menulis di blog yang kamu miliki sendiri dapat dilakukan kapan saja, sehingga kamu dapat menuangkan berbagai ide yang kamu miliki dalam bentuk konten dimana dan kapan saja dengan mudah.

Menulis blog sendiri juga ternyata dapat mendatangkan keuntungan, hal ini dapat dilakukan ketika blog yang kamu miliki sudah mempunyai cukup banyak pembaca dan mendapatkan kesempatan untuk bekerjasama dengan berbagai brand.

Untuk bekerjasama dengan brand sendiri, pada umumnya kamu bisa mendapatkan penghasilan sebesar Rp 150 ribu hingga jutaan rupiah tergantung dengan ukuran blog yang kamu miliki dan brand yang bekerjasama. Pendapatan yang kamu dapatkan sendiri juga bergantung pada cara monetisasi, seperti halnya menulis konten sponsor, ad placement, maupun afiliasi.

Contoh blogger besar Indonesia yang mendapatkan keuntungan besar dari blog sendiri adalah Iwan Banaran yang memiliki fokus pada bidang otomotif dan mendapatkan kerjasama dengan brand motor untuk menulis spesifikasi dari produk kendaraan yang dimilikinya tersebut.

15. Menjadi Youtuber

youtuber

Ide usaha sampingan karyawan yang kelima belas adalah menjadi youtuber yang dapat menjadi salah satu ide usaha sampingan karyawan yang juga dapat mendatangkan keuntungan besar.

Jika kamu bekerja di kantor sebagai karyawan, pada umumnya di akhir pekan kamu akan memiliki waktu luang yang dapat dimanfaatkan untuk membuat konten video yang nantinya dapat kamu unggah ke dalam platform Youtube.

Video yang dibuat sendiri tidak harus terlalu rumit, kamu dapat membuat video singkat berupa komedi, berita, maupun olahraga. Selain itu, kamu juga dapat membuat video terkait keseharian kamu sebagai karyawan yang seringkali banyak diminati oleh para pengguna Youtube untuk ditonton disaat waktu luang mereka.

Menurut data yang didapatkan dari Voi.id, menjadi youtuber merupakan pekerjaan yang sangat menguntungkan. Dimana, bagi youtuber pemula dengan hasil tontonan video sebesar 1.000 views, kamu bisa mendapatkan uang sebesar Rp 245 ribu. Dengan semakin banyaknya penonton, maka penghasilan yang kamu dapatkan juga akan semakin besar.

Perlengkapan yang harus disiapkan sendiri juga tidaklah rumit, kamu dapat memulai membuat konten dari gadget yang kamu miliki, mengeditnya, dan mengunggahnya video tersebut hanya dengan internet. Dan setelah channel Youtube kamu berkembang, kamu juga bisa menambahkan perlengkapan yang lebih profesional, seperti tripod, kamera, dan pencahayaan yang baik.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Andrew