in

Berikut Tarif Endorse Instagram dan Tiktok untuk Promosikan Bisnis Kamu

Pexels.com

Tarif Endorsement Instagram Tiktok  – Kemajuan teknologi semakin lama begitu terasa. Bahkan dalam segi bisnis sekalipun, kemajuan teknologi kerap dimanfaatkan oleh para pemilik usaha. Jika dahulu proses berjualan harus memiliki toko fisik.

Saat ini karena kemajuan teknologi yang begitu pesat. Maka proses berjualan jadi lebih mudah dan minim modal karena adanya marketplace online. Selain itu proses promosi suatu produk juga berubah mengikuti trend yang sedang berlaku saat ini.

Contohnya adalah jika dahulu harus sebar brosur dari satu orang ke orang lain. Maka saat ini bisa menggunakan jasa endorsement. Lalu bisa juga menggunakan sosial media marketing dan lain-lain.

Beberapa orang atau tokoh populer seperti selebritis kerap membuka jasa sebagai endorsement suatu produk. Nah agar kalian juga lebih paham seputar endorsement mulai dari pengertian, manfaat hingga tarif endorsement Instagram.

Artikel ini akan memberikan penjelasan seputar hal tersebut. Jadi jika kalian membutuhkan informasi seputar endorsement, simak penjelasan yang ada di bawah ini.

Apa Itu Endorsement

Seperti yang dijelaskan jika proses bisnis semakin lama semakin mengarah ke proses yang lebih cepat dan praktis. Salah satunya adalah dengan adanya bantuan dari kemajuan teknologi. Tak hanya pada proses jual beli dan transaksi pembayaran saja.

Namun dari segi promosi suatu produk juga sudah mulai berubah lho. Jika dahulu memerlukan proses sebar brosur di jalan atau dari rumah ke rumah. Maka saat ini ada sebuah sistem promosi yang diklaim bisa mendorong perkembangan bisnis menjadi lebih besar yaitu proses promosi dengan bantuan jasa endorsement.

Jasa endorsement secara mudahnya adalah seseorang atau tokoh populer yang memiliki banyak pengikut dalam sosial media seperti Youtube, Facebook, Instagram dan lainnya yang klaim dirinya bisa melakukan pemasaran produk.

Para tokoh populer tersebut akan mengiklankan suatu produk melalui akun sosial media mereka. Namun perlu diketahui juga jika ada beberapa akun fake atau akun palsu yang menjadi pengikut dari tokoh populer tersebut.

Maka dari itu sebenarnya keberhasilan proses iklan endorsement tidak sepenuhnya dilihat dari jumlah pengikut saja. Namun juga dipengaruhi oleh engagement rate atau bagaimana tokoh populer tersebut dengan pada pengikutnya.

Secara mudahnya jika seorang tokoh populer begitu dekat dengan pengikutnya. Maka kemungkinan besar produk yang diiklankan melalui endorsement oleh tokoh populer tersebut juga akan semakin banyak diminati.

Jenis-Jenis Endorsement

Setelah mengetahui pengertian dari endorsement, berikutnya adalah mengetahui jenis-jenis dari endorsement itu sendiri. Sebab memang bentuk iklan endorsement bisa dibagi menjadi beberapa kategori di dalamnya.

Mulai dari endorsement berdasarkan bentuk pengesahannya, endorsement berdasarkan tokoh, endorsement berdasarkan bentuk kerjasama hingga endorsement dalam bentuk fitur yang ditawarkan.

Dari sekian banyaknya jenis endorsement tersebut tentunya kalian bisa memilih salah satu. Namun sebelum itu apakah kalian tahu pengertian dari jenis-jenis endorsement tersebut ? Jika belum, berikut adalah penjelasan selengkapnya terkait dengan jenis-jenis endorsement.

1. Jenis Endorsement Berdasarkan Bentuk Pengesahannya

Dilihat dari bentuk pengesahannya ternyata bentuk endorsement masih dibagi menjadi beberapa kategori lho. Mulai dari signature endorsement, insurance endorsement hingga license endorsement. Berikut ini adalah penjelasan tentang jenis endorsement berdasarkan bentuk pengesahannya.

a. Signature Endorsement

Signature endorsement adalah jenis yang pertama. Sama seperti namanya, pada jenis ini diperlukan sebuah perjanjian dengan tanda tangan sebagai metode pengesahannya. Adanya tanda tangan yang dilakukan ini bisa menjadi bukti dukungan terhadap proses pembayaran terhadap jasa yang telah diberikan.

Kedua belah pihak akan melakukan tanda tangan pada dokumen tertentu. Di dalam dokumen tersebut juga terhadap poin-poin kerjasama yang diketahui oleh kedua belah pihak.

b. Insurance Endorsement

Berikutnya ada insurance endorsement, dimana pada jenis ini berpusat terhadap polis asuransi. Adanya endorsement jenis ini akan membuat peserta mendapatkan pendapatan tertentu setelah dirinya mengalami kondisi meninggal dunia.

Namun perlu diketahui juga jika insurance endorsement bisa meningkat tergantung dari manfaat yang diberikan. Karena adanya tambahan inilah setidaknya kedua belah pihak sama-sama mendapatkan timbal balik yang menguntungkan.

c. License Endorsement

Terakhir ada license endorsement atau pengesahan lisensi. Endorsement jenis ini akan memberikan sebuah hak istimewa kepada penerima lisensi. Biasanya titik berat besaran hak istimewa ini akan dilihat berdasarkan jenis kendaraan yang digunakan.

Tarif Endorsement Instagram

2. Jenis Endorsement Berdasarkan Tokoh

Jenis endorsement yang selanjutnya adalah dilihat berdasarkan tokoh. Pada jenis ini dibagi menjadi beberapa kategori. Agar kalian bisa lebih cepat paham jenis endorsement berdasarkan tokoh. Maka penjelasan yang ada di bawah ini bisa membantu kalian agar lebih mengerti.

a. Expert

Endorsement jenis ini akan memenggunakan seorang tokoh populer yang begitu paham dengan bidang dari produk tersebut. Secara mudahnya suatu produk akan diiklankan oleh tokoh dengan pemahaman atau latar belakang yang sama dengan produk tersebut.

b. Prominence

Jenis endorsement berdasarkan tokoh yang berikutnya adalah prominence. Dimana proses iklan suatu produk akan menggunakan tokoh masyarakat yang terkenal atau terpercaya. Karena menggunakan tokoh masyarakat yang terpercaya.

Diharapkan dengan adanya endorsement jenis prominence akan lebih mempermudah para calon pembeli percaya terkait dengan kualitas produk yang sedang ditawarkan oleh tokoh masyarakat tersebut.

c. Celebrity

Berikuitnya adalah ada jenis endorsement dengan bantuan celebrity. Celebrity atau publik figur yang melakukan proses iklan atau promosi suatu produk tersebut diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan calon pembeli terhadap produk tersebut. Sebagaimana penggemar percaya terhadap publik figur tersebut.

d. Testimonial

Selanjutnya ada jenis endorsement testimonial. Proses promosi atau iklan yang dilakukan adalah menggunakan masyarakat umum yang bersifat netral. Secara mudahnya masyarakat umum yang melakukan iklan atau promosi tersebut akan memberikan sebuah testimony secara langsung dari produk tersebut.

Karena dianggap mampu memberikan penjelasan terkait produk secara jujur. Maka beberapa pelaku usaha memutuskan menggunakan masyarakat umum untuk melakukan iklan endorsement dengan sistem testimonial.

[algolia_carousel page=2]

e. Terrestrial

Jenis endorsement yang selanjutnya adalah terrestrial. Proses promosi yang dilakukan adalah menggunakan jasa orang biasa tanpa adanya unsur komersial. Meski begitu tetap saja, proses promosi yang dilakukan harus pada tempat dimana produk tersebut akan dipasarkan.

Tujuan dari adanya jenis endorsement ini adalah agar bisa lebih paham dan yakin terkait dengan penjelasan masyarakat sekitar.

f. Clientele

Clientele menjadi jenis endorsement yang berikutnya. Dimana proses iklan atau promosi suatu produk akan dilakukan oleh para tokoh ahli dalam bidangnya. Karena menggunakan tokoh ahli dalam bidang yang sama dengan produk tersebut.

Maka adanya jenis endorsement clientele ini diharapkan mampu semakin meyakinkan calon pembeli terkait dengan kualitas dari produk tersebut.

g. Leader

Seperti namanya, jenis endorsement leader ini akan menggunakan bantuan para tokoh pimpinan dalam bidang tertentu. Leader yang dipilih untuk proses promosi atau iklan akan disesuaikan dengan bidang dari produk tersebut.

h. Accesivit

Jenis endorsement berdasarkan tokoh yang terakhir ada accesivit. Jenis endorsement ini akan menggunakan tokoh yang dianggap memiliki keunikan tersendiri dalam bidang tertentu. Karena keunikan yang dimiliki oleh tokoh tersebut diharapkan mampu menjadikan daya tarik tersendiri untuk membuat para calon pembeli semakin ingin melihat dan menggunakan produk tersebut.

3. Jenis Endorsement Berdasarkan Bentuk Kerjasama

Jenis endorsement juga bisa dilihat berdasarkan bentuk kerjasama yang dilakukan oleh pemilik produk dengan tokoh tertentu. Setidaknya ada dua kategori endorsement berdasarkan bentuk kerjasama seperti paid promote dan sponsorship. Agar kalian bisa lebih paham terkait dengan jenis endorsement ini, berikut adalah penjelasan terkait dengan hal tersebut.

a. Paid Promote

Jenis yang pertama adalah paid promote, jenis endorsement ini memang lebih banyak kita ketahui dibandingkan lainnya. Proses endorsement yang dilakukan adalah ketika seorang publik figur memposting foto atau video yang ada dirinya dan produk yang ingin ditawarkan.

Mereka akan melakukan postingan pada akun sosial media pribadi. Contohnya Youtube dan Instagram. Lalu untuk biaya yang ditekankan tergantung dari kesepakatan yang telah dilakukan.

b. Sponsorship

Sponsorship adalah jenis endorsement berdasarkan bentuk kerjasama yang selanjutnya. Para pemilik produk akan menjadi sponsor kepada publik figur tertentu. Kebanyakan jenis endorsement ini hanya dilakukan oleh pemilik brand-brand besar.

4. Jenis Endorsement Berdasarkan Waktu

Berikutnya adalah jenis endorsement berdasarkan waktu. Kebanyakan para publik figur akan mempertahankan selama satu bulan penuh. Namun jangkauan waktu dari proses promosi atau iklan yang dilakukan oleh publik figur tersebut terbilang berbeda-beda. Tergantung dari perjanjian atau kesepakatan yang telah dilakukan.

Tarif Endorsement Instagram

5. Jenis Endorsement Berdasarkan Fitur

Terakhir ada jenis endorsement yang dilihat berdasarkan fitur yang diberikan. Beberapa fitur tersebut bisa dibilang mudah sekali kita temukan pada platform tertentu seperti sosial media. Nah penjelasan dari jenis endorsement ini bisa kalian baca di bawah ini.

a. Foto

Foto menjadi fitur atau media yang kerap digunakan oleh publik figur dalam proses promosi yang dilakukannya. Selain itu proses posting juga akan diberikan sebuah caption tertentu dari pemilik produk tersebut.

b. Video

Selain foto, media video juga kerap digunakan untuk proses promosi atau iklan yang dilakukan oleh publik figur. Jika dilihat dari segi biaya, maka media video tetaplah lebih mahal dibandingkan dengan media foto.

Hal ini begitu wajar karena pembuatan video memiliki tingkatan yang lebih sulit dibanding foto. Publik figur akan melakukan membaca sebuah narasi terkait dengan produk yang ditawarkan.

c. Instastory

Terakhir ada media instastory atau insta TV yang juga menjadi salah satu fitur yang ditawarkan oleh para publik figur untuk melakukan proses endorsement. Dibandingkan dengan dua media sebelumnya.

Insta story atau insta TV memiliki biaya yang lebih rendah. Hal ini karena durasi waktu dari instastory atau insta TV juga begitu singkat sekitar 24 jam lamanya.

Itulah beberapa jenis endorsement yang dilihat berdasarkan kategori tertentu.

Tarif Endorsement Instagram

Besaran Tarif Endorsement Instagram Tiktok

Jika bicara tentang tarif endorsement Instagram tentunya juga beragam. Keberagaman biaya yang diberikan oleh para publik figur terkait dengan jasa endorsement tersebut dipengaruhi oleh beberapa kategori seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Selain itu jumlah pengikut dari publik figur tersebut juga masuk ke dalam pertimbangan tertentu. Nah dari jumlah pengikut ini bisa dibedakan menjadi beberapa kelas. Penjelasan perbedaan kelas berdasarkan jumlah pengikut adalah sebagai berikut ini.

  1. Micro I dengan jumlah pengikut 1000 hingga 24.999
  2. Micro II dengan jumlah pengikut 25.000 hingga 49.999
  3. Micro III dengan jumlah pengikut 50.000 hingga 99.999
  4. Macro I dengan jumlah pengikut 100.000 hingga 249.999
  5. Macro II dengan jumlah pengikut 250.000 hingga 499.999
  6. Premium I dengan jumlah pengikut 500.000 hingga 749.999
  7. Premium II dengan jumlah pengikut 750.000 hingga 999.999
  8. Celebrity dengan jumlah pengikut lebih dari 1 juta

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika tarif endorsement Instagram bisa dilihat berdasarkan kategori tertentu. Contohnya adalah jenis endorsement yang dilihat dari fitur foto, video dan insta story. Dibawah ini merupakan estimasi harga endorsement berdasarkan fiturnya.

Foto Instagram

  1. Micro I kurang lebih dimulai dari Rp1.321.454.
  2. Micro II kurang lebih dimulai dari Rp1.850.630
  3. Micro III kurang lebih dimulai dari Rp2.557.654
  4. Macro I kurang lebih dimulai dari Rp4.552.451
  5. Macro II kurang lebih dimulai dari Rp7.220.000
  6. Premium I kurang lebih dimulai dari Rp9.500.000
  7. Premium II kurang lebih dimulai dari Rp9.900.000
  8. Selebriti kurang lebih dimulai dari Rp16.702.703

Video Instagram dan Tiktok

  1. Micro I kurang lebih dimulai dari Rp. 2.760.560
  2. Micro II kurang lebih dimulai dari Rp. 4.188.690
  3. Micro III kurang lebih dimulai dari Rp. 5.472.059
  4. Macro I kurang lebih dimulai dari Rp. 7.749.419
  5. Macro II kurang lebih dimulai dari Rp. 12.331.132
  6. Premium I kurang lebih dimulai dari Rp. 13.107.142
  7. Premium II kurang lebih dimulai dari Rp. 18.970.558
  8. Selebriti kurang lebih dimulai dari Rp. 27.718.750

Insta Story

  1. Micro I kurang lebih dimulai dari Rp. 2.760.560
  2. Micro II kurang lebih dimulai dari Rp. 4.188.690
  3. Micro III kurang lebih dimulai dari Rp. 5.472.059
  4. Macro I kurang lebih dimulai dari Rp. 7.749.419
  5. Macro II kurang lebih dimulai dari Rp. 12.331.132
  6. Premium I kurang lebih dimulai dari Rp. 13.107.142
  7. Premium II kurang lebih dimulai dari Rp. 18.970.558
  8. Selebriti kurang lebih dimulai dari Rp. 27.718.750

Namun perlu diketahui jika range harga di atas hanya sebagai estimasi saja. Range harga di atas bisa berubah sesuai dengan kebijakan pihak publik figur atau pihak yang diberikan kepercayaan untuk melakukan endorsement.

Tips Memilih Jasa Endorsement

Semakin tinggi permintaan untuk endorsement. Maka semakin banyak pula penyedia jasa endorsement baik dari publik figur atau tokoh populer lainnya. Namun tak semua bisa memberikan keberhasilan yang cukup besar lho.

Maka dari itu dalam memilih penyedia jasa endorsement diperlukan beberapa tips. Agar kalian tak salah pilih jasa endorsement maka gunakanlah beberapa tips yang ada di bawah ini.

1. Jumlah Pengikut Akun Instagram

Hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah melihat jumlah pengikut dari pemilik akun Instagram tersebut. Setidaknya jadikan beberapa penjelasan pengikut yang ada di poin sebelumnya sebagai acuan. Namun yang paling penting adalah apakah jumlah pengikut tersebut adalah nyata atau hanya akun fake.

2. Memiliki Kemampuan Influence

Berikutnya adalah memilih publik figur yang bisa melakukan influence lho. Meski banyak publik figur yang melakukan endorsement. Namun tak semua bisa melakukan influence.

3. Perhatikan Profil Instagram

Agar terlihat meyakinkan, maka pilihlah publik figur yang memiliki latar belakang sama dengan produk yang ditawarkan. Contohnya jika produk yang kalian miliki adalah tentang perlengkapan bayi. Maka pilihlah publik figur yang memiliki anak usia balita. Dengan begitu proses endorsement juga akan lebih meyakinkan calon pembeli.

4. Lihat Profil Engagement

Memang benar jumlah pengikut begitu penting. Namun melihat bagaimana engagement yang dapat dilakukan oleh publik figur juga penting lho. Kalian bisa meminta pihak management secara baik-baik terkait dengan profil engagement publik figur tersebut.

5. Dana

Ketersediaan dana juga begitu penting menjadi pertimbangan. Biasanya para publik figur akan memberikan range harga terkait dengan jasa endorsement mereka. Nah untuk estimasi tarif endorsement Instagram bisa kalian baca pada penjelasan sebelumnya.

Itulah beberapa penjelasan selengkapnya terkait dengan jasa endorsement melalui platform Instagram. Dengan membaca penjelasan di atas, tentunya kalian juga akan semakin mudah menentukan pilihan publik figur untuk keperluan endorsement.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda