in

7 Cara Menata Warung Sembako Kecil yang Mudah Untuk Dilakukan

pixabay

cara menata warung sembako kecil – Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pasti mengetahui yang namanya warung sembako. Dalam hal ini, warung sembako yang dimaksud adalah warung sembako kecil yang biasa ditemui di kampung-kampung atau dibeberapa perumahan. Meskipun hanya berukuran kecil atau tak sebesar warung sembako yang ada di pinggir jalan raya, tetapi orang-orang di sekitar warung sembako kecil sangat terbantu. Mereka tak perlu pergi jauh dari rumah hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok saja. Dengan kata lain, hanya berjalan kaki saja sudah bisa membeli sembako.

Warung sembako kecil ini umumnya tak hanya menjual kebutuhan pokok untuk sehari-hari saja, tetapi juga menjual jajan kecil, es krim, minuman dingin, pewangi baju, sabun pakaian, hingga pewangi lantai. Oleh sebab itu, sebagian orang mengatakan bahwa warung sembako kecil menjual barang-barang yang cukup lengkap. Beberapa warung kecil yang ada, terkadang memiliki harga-harga barang yang lebih murah bila dibandingkan dengan harga-harga barang yang ada di pasar swalayan. Dengan harga-harga yang lebih murah itu, banyak orang yang membeli bahan pokok atau bukan bahan pokok di warung sembako kecil.

Selain itu, beberapa warung sembako kecil ada yang menata barang dagangannya dengan rapi, sehingga banyak pembeli yang ingin membeli barang dagangan tersebut. Hal ini disebabkan karena rasa nyaman ketika berada di warung. Jadi, jangan pernah bosan untuk menata barang dagangan dengan rapi.

Namun, tidak semua pemilik warung sembako kecil mampu menata barang dagangannya. Oleh sebab itu, dibutuhkan beberapa cara agar warung sembako kecil bisa ditata dengan baik. Apabila kamu pemilik atau akan membangun warung sembako kecil, maka bisa membaca artikel tentang menata warung sembako kecil sampai habis.

Pentingya Menata Warung Sembako Kecil

Dengan demikian, warung sembako kecil bisa dijadikan suatu usaha yang cukup menjanjikan. Akan tetapi, warung sembako kecil mulai banyak dibangun oleh banyak orang, sehingga persaingan semakin ketat. Persaingan yang semakin ketat ini menyadarkan pemilik warung sembako kecil untuk selalu memberikan pelayanan terbaik. Semakin baik suatu pelayanan yang diberikan oleh pemilik warung sembako kecil, maka peluang barang dagangan menjadi laris manis semakin besar, sehingga keuntungan juga semakin besar.

[algolia_carousel]

Pelayanan yang baik bisa dilakukan dengan cara menawarkan harga yang lebih murah bila dibandingkan dengan warung sembako kecil lainnya. Dengan kata lain, pemilik warung sembako kecil hanya mengambil keuntungan sedikit dari barang yang dijual. Meskipun untung yang diperoleh tidak begitu banyak, tetapi akan ada banyak sekali pembeli yang datang. Jadi, kamu harus memerhatikan dan membandingkan harga barang-barang warung sembako lainnya.

Selain itu, pelayanan terbaik bisa juga dilakukan dengan cara melakukan penataan pada warung sembako kecil agar terlihat lebih kece, sehingga banyak orang tertarik untuk membeli dagangan. Untuk menata warung sembako kecil bisa dibilang susah-susah gampang, sehingga pemilik warung harus terbiasa menata setiap barang dagangan yang ada di warungnya agar terlihat kece. Meskipun tidak mudah, tetapi dengan kerja keras dan pantang menyerah pemilik warung pasti bisa menata warung sembako kecil menjadi lebih menarik.

7 Cara Menata Warung Sembako Kecil

Pasti warung sembako kecil yang ditata dengan rapi dan benar bisa membuat para calon pembeli tertarik untuk masuk ke dalam warung. Nah, berikut ini ada 7 cara agar bisa menata warung sembako kecil yang mudah untuk dilakukan.

1. Susun Barang dengan Rapi 

Menata warung sembako kecil
gobiz.co.id

Susun barang dengan rapi ini bisa dibilang membutuhkan kesabaran tingkat tinggi karena ruangan yang sempit harus dapat dimaksimalkan dengan baik agar bisa muat untuk meletakkan barang dagangan yang banyak. Pemilik warung bisa memanfaatkan setiap sudut dengan maksimal agar barang yang ingin diletakkan bisa bertambah banyak. Kebanyakan warung sembako kecil menggunakan rak sebagai benda yang bisa menampung barang dagangan lebih banyak.

Untuk ukuran rak itu sendiri sebenarnya bisa apa saja, sebaiknya disesuaikan dengan kondisi warung sembako kecil. Hal ini perlu dilakukan agar rak tidak menghalangi pembeli masuk ke dalam warung. Selain itu, rak yang diletakkan di dalam warung harus diletakkan dengan benar supaya tidak ada barang dagangan yang terhalangi, sehingga pembeli bisa melihat seluruh barang yang didagangkan.

Hal yang terpenting dari menyusun setiap barang dagangan dengan rapi adalah warung sembako kecil akan terlihat lebih enak untuk dilihat. Bahkan, warung sembako kecil bisa terlihat tampak besar asalkan penataan setiap barang benar-benar disusun secara baik, benar, dan rapi.

2. Kelompokkan Barang Sesuai dengan Kategori

Menata warung sembako kecil
fastpay

Cara kedua agar penataan barang pada warung sembako kecil bisa maksimal dan warung terasa lebih enak dilihat adalah pemilik warung harus mengelompokkan setiap barang sesuai dengan kategori. Misalnya, barang yang berkaitan dengan membersihkan diri, seperti sabun mandi, pasta gigi, sampo, dan sebagainya. Kemudian, barang untuk membersihkan lantai, seperti pengepel, pewangi lantai, ember, dan sebagainya.

Selain itu, mengelompokkan barang sesuai kategori akan memudahkan para pembeli untuk menemukan barang yang dicari. Para pembeli yang mudah mendapatkan barang yang sedang dicari akan meningkatkan rasa nyamannya, sehingga betah untuk berlama-lama di warung sembako kecil. Semakin lama para pembeli berada di warung peluang pembeli akan membeli barang semakin besar.

Biasanya pengelompokkan barang ini dilakukan pada rak yang telah ada. Alangkah baiknya, setiap barang yang dikelompokkan diberi sekat atau pemisah agar tak menjadi satu dengan barang yang berbeda kategori. Bukan hanya pembeli saja yang akan mudah menemukan barang, tetapi pemilik warung akan mudah menemukan barang yang sedang dicari.

3. Memaksimalkan Dinding yang Ada

Menata warung sembako kecil
hipwee

Dikarenakan warung sembako kecil ini hanya memiliki ruangan yang tidak begitu besar, maka agar setiap barang dagangan bisa terlihat oleh pembeli, seorang pemilik warung bisa memaksimalkan dinding warung. Dinding warung bisa dijadikan sebagai tempat penyimpanan barang dagangan. Supaya warung tetap terlihat indah, maka sebaiknya gunakan rak di dinding dan hindari memakai paku yang banyak karena bisa mengurangi keindahan warung.

Tidak hanya itu, bagian dinding yang tidak diberi rak dinding, sebaiknya diberikan warna cat yang bisa meningkatkan rasa nyaman pembeli. Warna cat sebaiknya tidak begitu mencolok, seperti biru muda, putih, kuning, dan lain-lain. Kamu bisa mengombinasikan warna-warna yang ada agar menghasilkan warna yang “wah”.

Apabila pemilik warung malas untuk mengecat warung, maka bisa menghias dinding dengan cara menempelkan wallpaper. Dinding yang diberi warna dengan cat atau wallpaper dengan baik akan membuat warung terlihat lebih lega, sehingga suasana warung akan terasa lebih menyenangkan dan ceria. Jadi, jangan sampai salah memilih warna cat atau wallpaper agar dinding bisa menjadi lebih menarik.

4. Letakkan Barang yang Laris di Dalam Warung

Menata warung sembako kecil
paper.id

Nah, bagi kamu yang memiliki warung sembako kecil, sebaiknya harus mengetahui barang dagangan yang laris terjual. Dengan mengetahui barang dagangan yang laris terjual, maka kamu bisa meletakkannya barang dagangan yang laris itu di dalam warung, mengapa begitu? Hal ini dikarenakan barang dagangan yang laris, jika diletakkan di dalam bisa membuat barang dagangan lainnya menjadi terlihat.

Semakin banyak yang melihat barang dagangan, maka para pembeli yang tertarik untuk membeli barang dagangan akan semakin banyak. Namun, apabila barang dagangan yang laris terjual, kemudian diletakkan di luar warung, maka barang dagangan yang kurang laku menjadi jarang terlihat, sehingga pembeli tidak begitu tertarik untuk membelinya.

Penempatan barang yang laris di dalam warung, sebaiknya diletakkan dengan menggunakan rak, tetapi tetap disusun sesuai kategori. Selain barang dagangan lainnya akan terlihat, pembeli dan penjual akan mudah menemukan barang dagangan yang sedang dicarinya. Jadi, jangan pernah lupa untuk meletakkan barang dagangan yang laris diletakkan di dalam warung.

5. Memiliki Tempat Penyimpanan

Menata warung sembako kecil
desain.id

Cara untuk menata warung sembako kecil berikutnya adalah memiliki tempat penyimpanan atau gudang kecil. Tempat penyimpanan ini sangat berfungsi agar barang dagangan yang dijual berbeda dengan stok barang dagangan. Selain itu, tempat penyimpanan ini bisa menyimpan barang dagangan, sehingga ketika ada barang dagangan yang habis stok masih ada. Hal seperti itu akan membuat pembeli semakin nyaman karena ketersediaan barang akan selalu ada.

Namun, barang dagangan yang sudah habis di tempat penyimpanan, sebaiknya segera belanja lagi agar stok masih terus ada. Apabila pemilik warung tidak segera belanja, maka barang dagangan yang ada di tempat penyimpanan akan tetap habis. Jika, barang warung yang sudah habis, tetapi tidak segera diisi, kemungkinan besar akan menghilangkan rasa nyaman para pembeli, sehingga tidak betah berlama-lama.

Hal yang perlu diperhatikan ketika memiliki tempat penyimpanan barang dagangan adalah jangan menyimpan barang dagangan terlalu banyak, mengapa begitu? Karena apabila barang dagangan yang disimpan terlalu banyak akan membuat penuh tempat penyimpanan, sehingga barang-barang dagangan yang disimpan menjadi berantakan, bahkan bisa saja tidak bisa dijual.

6. Produk yang Mendekati Kedaluwarsa Diletakkan di Depan

Menata warung sembako kecil
sumber belajar kemdikbud

Pasti sudah banyak orang yang tahu kalau suatu barang yang sudah pas atau lebih tanggal dari kedaluwarsa, maka barang tersebut tidak bisa dimakan karena bisa mengganggu kesehatan dan menyebabkan penyakit. Oleh sebab itu, sudah seharusnya kita tidak memakan barang yang sudah mencapai tanggal kedaluwarsa. Bahkan, barang tersebut seharusnya dibuang agar tidak ada orang lain yang memakannya juga.

Barang dagangan yang sudah mencapai tanggal kedaluwarsa atau lebih dari tanggal kedaluwarsa akan membuat rugi bagi penjual. Bagi seorang penjual atau pemilik warung pasti akan berusaha menjual barang dagangan sebelum tanggal kedaluwarsa tiba. Hal ini akan dilakukan oleh penjual agar tidak mengalami kerugian yang begitu besar. Maka dari itu, agar barang dagangan yang memiliki tanggal kedaluwarsa lebih cepat akan diletakkan di awal.

[algolia_carousel page=2]

Apabila barang dagangan yang mendekati tanggal  kedaluwarsa diletakkan di belakang, maka barang dagangan tersebut akan sulit terjual, sehingga penjual mengalami kerugian yang cukup banyak. Oleh karena itu, ketika baru berbelanja, sebaiknya langsung diletakkan di bagian belakang agar masa penyimpanan suatu barang dagangan menjadi lebih panjang.

7. Meniru Susunan Minimarket

Menata warung sembako kecil
gobiz.co.id

Ketika masuk ke pasar swalayan pasti kita akan melihat kalau penataan barang-barang yang dijual tertata rapi, sehingga pembeli merasa nyaman ketika masuk ke pasar swalayan. Bukan hanya kenyamanan saja, tetapi pembeli akan dimudahkan untuk mendapatkan barang yang sedang dicari karena setiap barang disusun sesuai dengan kategori. Namun, harga jual setiap barang lebih mahal bila dibandingkan dengan warung sembako kecil.

Maka dari itu, susunan setiap barang yang ada di pasar swalayan, sebaiknya digunakan dalam menyusun dan menata barang dagangan di warung sembako kecil. Meskipun berbeda ukuran dengan pasar swalayan, tetapi pemilik warung bisa menyusun barang dagangan semirip mungkin dengan susunan minimarket. Jadi, jangan tunda lagi menyusun barang dagangan sesuai susunan pasar swalayan.

Apabila suatu warung sembako kecil bisa menggunakan cara-cara untuk meniru susunan pasar swalayan, maka bisa meningkatkan kenyamanan kepada para pembeli. Dari rasa nyaman itulah, kemudian para pembeli ingin membeli barang di tempat yang sama, sehingga keuntungan akan semakin bertambah.

Manfaat Menata Warung Sembako Kecil 

Menata warung sembako kecil ini sangat penting bagi perkembangan  warung sembako, sehingga memiliki beberapa manfaat, di antaranya.

1. Pembeli Akan Nyaman

Manfaat pertama yang dapat dirasakan ketika menata warung sembako kecil adalah pembeli akan merasa nyaman dan betah berlama-lama untuk berada di dalam warung. Rasa nyaman pembeli inilah yang bisa memunculkan keinginan untuk melakukan transaksi belanja di warung yang sama. Tidak hanya itu, pembeli yang satu bisa memberikan informasi kepada temannya kalau warung yang didatangi itu pelayanannya sangat baik.

2. Dapat Meningkatkan Pendapatan

Manfaat kedua dari menata warung sembako kecil ini akan dirasakan oleh penjual atau pemilik warung, yaitu pendapatan warung akan meningkat. Hal ini disebabkan karena sudah ada banyak sekali pembeli yang membeli barang dagangan di warung sembako kecil yang telah ditata dengan baik. Banyaknya pembeli ini bukan tanpa alasan, pembeli mudah mencari barang yang ingin dicarinya.

3. Mempercantik Warung

Manfaat ketiga yang bisa dirasakan oleh penjual ketika melakukan penataan barang dagangan dengan baik adalah warung sembako kecil akan terlihat lebih cantik. Selain itu, warung sembako kecil akan terlihat lebih besar walaupun ukuran sebenarnya kecil. Hal ini dikarenakan pengecatan dinding dengan warna cerah dan juga penggunaan rak-rak pada warung yang sangat optimal.

4. Mudah Mengetahui Barang yang Habis dan Kedaluwarsa

Manfaat keempat dari menata warung sembako kecil adalah penjual atau pemilik warung akan mudah melakukan pengecekan barang yang habis dan barang-barang mendekati tanggal kedaluwarsa. Pengecekan ini harus diperhatikan dengan baik karena akan memengaruhi kenyamanan pelanggan atau pembeli. Misalnya, stok barang yang habis bisa membuat pembeli kecewa.

Kesimpulan

Sudah menjadi keinginan utama bagi para pemilik warung sembako kecil untuk mendapatkan keuntungan secara  terus menerus. Untuk mendapatkan keuntungan secara terus menerus dibutuhkan kerja keras dan pantang menyerah, sehingga tetap bersemangat untuk mengembangkan warung sembako yang telah dibangun itu. Semakin banyak barang dagangan di warung sembako kecil,, maka akan semakin banyak calon pembeli yang datang ke warung tersebut.

Salah satu cara ampuh agar barang dagangan bisa menarik pembeli untuk membeli barang dagangan adalah menata warung sembako. Memang Tidak mudah untuk menata warung agar tetap terlihat kece, sehingga dibutuhkan beberapa cara yang sudah dijelaskan di atas. Dengan cara-cara itulah, pemilik warung sembako akan mudah untuk menata warung sembako yang dimiliki.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Restu