Tokoh

Pendiri Indomaret, Pelopor Bisnis Waralaba di Indonesia

pendiri indomaret
Written by Nandy

Pendiri indomaret – Kisah sosok pendiri Indomaret sudah menjadi salah satu cerita inspiratif yang sudah terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Pastinya, banyak dari kita yang sering berbelanja ke minimarket. Sebab, minimarket mempunyai berbagai macam produk rumah tangga yang kita butuhkan. Salah satu minimarket yang sangat populer di Indonesia yaitu Indomaret. Salah brand minimarket ini berdiri dibawah naungan seorang pendirinya yang cukup populer di Indonesia, yaitu Salim Group.

Salim Group adalah perusahaan yang didirikan oleh Soedono Salim atau Liem Sioe Lion yang berasal dari Tiongkok dan merantau ke Indonesia sejak masa penjajahan Belanda. Ia kemudian berhasil mengembangkan berbagai macam perusahaan besar. Sampai sekarang, perusahaan yang Ia dirikan masih dijalankan oleh anak laki-lakinya yang bernama Anthony Salim.

Sejarah Tentang Indomaret

Indomaret adalah gerai minimarket atau toko retail yang didirikan dengan menggunakan sistem franchise oleh anak perusahaan milik Salim Group. Sejak tahun 1988 sampai sekarang kni, Indomaret telah berhasil mengembangkan target pasar penjualan produk rumah tangga dan berbagai macam jasa di lebih dari 18.939 gerai yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

Produk ataupun barang yang dijual di Indomaret antara lain seperti makanan ringan atau siap jadi, minuman kemasan siap minum, kosmetik, skincare, perlengkapan rumah tangga, sayur, buah-buahan, obat-obatan, pembayaran elektronik, dan lain sebagainya. Hal tersebut sangat memudahkan para konsumen untuk membeli produk yang mereka butuhkan serta melakukan pembayaran dalam satu dan waktu.

tombol beli buku

Visi Indomaret

Seperti perusahaan pada umumnya, Indomaret juga mempunyai visi yang juga dikembangkan dari dulu sampai sekarang. Visinya adalah “Menjadi aset nasional dalam bentuk jaringan ritel waralaba yang unggul dalam persaingan global”.

Arti atau makna dari visi di atas yaitu Indomaret dikembangkan sebagai sebuah aset yang berskala nasional. Dimana cara pengambangannya yaitu dengan membuka ritel-ritel yang menawarkan sistem waralaba. Pelayanan terbaik akan selalu diberikan oleh karyawannya kepada para konsumen yang membeli berbagai kebutuhan di Indomaret. Hal tersebut menjadikan Indomaret sebagai salah satu minimarket yang bisa bersaing secara global.

Mengenal Sosok Pendiri Indomaret

Sudah banyak orang yang mengetahui mengenai sosok pendiri Indomaret yaitu seseorang yang berasal dari keluarga konglomerat dan juga berasal dari Tiongkok kemudian pada akhirnya Ia berhasil mendirikan sebuah bisnis di Indonesia. Ia bernama Soedono Salim atau Liem Sioe Liong seperti yang sudah disebutkan di atas. Lahir di Tiongkok pada tanggal 19 Juli 1916, Soedono Salim kemudian meninggal dunia pada tahun 2012 di Singapura.

Di balik keberhasilan bisnis yang Ia bangun, Soedono Salim memang seseorang yang memiliki kepribadian gesit, cekatan, cepat dalam setiap pekerjaannya sejak di usia muda. Awal Ia memulai karirnya, Soedono Salim bisa mendirikan mendirikan usaha rempah-rempah dan juga bisnis tekstil. Selain itu, secara bertahap, Ia mampu mengembangkan beberapa jenis usaha atau bisnis dan masih berdiri sampai sekarang. Salah satu bisnisnya yang sangat terkenal oleh masyarakat umum adalah Indomaret.

Awal mula berdirinya Indomaret yaitu pada tahun 1988 di wilayah Ancol. Pada saat itu bangunannya masih berupa toko pada umumnya. Mulai dari situ, Indomaret mulai berkembanh dari satu toko yang ada di Jakarta, merambah ke berbagai wilayah yang ada di Indonesia. Setelah Soedono Salim sudah mulai memasuki usia senja, sampai pada akhirnya meninggal dunia pada tahun 2021, Indomaret kemudian dipegang langsung oleh anak laki-lakinya yaitu Anthony Salim.

tombol beli buku

Penerus Indomaret

Salah satu putra dari sosok pendiri Indomaret yang bernama Anthony Salim atau Liem Hong Sien, menjadi pemegang perusahaan Salim Group sebagai pengganti sang ayah. Anthony lahir di Kota Kudus pada tanggal 25 Oktober 1949. Berbagai macam usaha atau perusahaan yang sudah dibangun oleh ayahnya sekarang diteruskan oleh Anthony dan istrinya yang bernama Franciscus Welirang. Namun, CEO Indomaret untuk sekarang ini bukan lagi Anthony, tapi sudah diganti oleh Sinarman Jonathan.

Berbagai macam inovasi telah dikembangkan di dalam bisnis retail Indomaret. Dimana inovasi tersebut telah menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Hingga pada tahun 2019 lalu, Anthony Salim disorot oleh Majalah Forbes. Di dalam artikelnya, dituliskan bahwa Anthony salim mempunyai kekayaan bersih senilai 5,5 miliar USD. Hal itu tentu karena bisnis yang dipegangnya tidak hanya mencapai pangsa pasar lokal saja, namun sudah sampai ke pasar internasional.

Lalu, Indomaret yang dikenal oleh sebagian besar masyarakat ada di bawah naungan anak perusahaan PT Indomarco Prismatama. Namun setelah diakuisisi oleh PT Dyviacom Intrabumi, PT Indomarco Prismatama diganti dengan nama PT Indoritel Makmur Internasional, Tbk. Dimana perusahaan tersebut berstatus sebagai induk dari perusahaan Dyviacom.

Konsep Bisnis Waralaba

Indomaret menjadi salah satu pelopor berkembangnya konsep waralaba di bidang toko retail atau minimarket yang menjual berbagai macam produk rumah tangga di Indonesia. Berawal pada tahun 1997, Indomaret telah membuka sekitar 230 gerai minimarket. Kemudian Indomaret secara bertahap bisa mendirikan ribuan bahkan puluhan ribu gerai baru di berbagai wilayah yang ada di Indonesia. Sebab, konsep bisnis waralaba yang sangat populer di dunia retail, Indomaret berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Perusahaan Waralaba Unggul di tahun 2003. Selain itu, Indomaret juga mempunyai rekanan dengan berbagai macam mitra bisnis, antara lain yaitu badan usaha, usaha perorangan, dan koperasi.

tombol beli buku

Pendapatan Indomaret

Tercatat di dalam akumulasi pendapatan yang diperoleh di tahun 2020, Indomaret berhasil meraih pendapatan mencapai Rp. 15.86 triliun yang berasal dari berbagai macam gerai Indomaret di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk keuntungan bersih yang diperoleh sebesar Rp. 328.8 miliar. Hal tersebut juga diakumulasikan di dalam laba tahun 2020 yang berasal dari seluruh gerai Indomaret yang ada di Indonesia.

Persebaran toko retail Indomaret sampai dengan bulan Juli 2031 itu tercatat sudah tersebar di wilayah Maluku, Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, NTB, Bali, dan masih banyak lagi. Jadi sangat wajar jika pendapatan dan juga laba yang sangat besar itu bisa diraih oleh Indomaret. Sebab, hampir 18. 939 toko di seluruh wilayah Indonesia mengalami sebuah peningkatan konversi penjualan barang atau produk.

Tak hanya itu saja, teknik promosi atau iklan juga dilakukan untuk menarik banyak konsumen. Sehingga setiap harinya, toko Indomaret tidak akan pernah mengalami sepi pelanggan. Adapun salah satu promosi yang dikembangkan oleh Indomaret sendiri adalah sistem belanja Indomaret melalui situs resminya uang bernama Klik Indomaret.

Sehingga selain pelanggan bisa berbelanja di toko fisik tersebut, kamu juga bisa melakukan belanja melalui gadget saja secara online. Hal tersebut akan mempermudah para pelanggan yang sedang tidak mau keluar rumah untuk hanya membeli perlengkapan kebutuhan sehari-hari. Terlebih di saat musim virus seperti sekarang ini. Dimana kegiatan yang dilakukan diluar rumah sangatlah dibatasi.

Ciri Khas dan Karakteristik Indomaret

Setiap jenis bisnis atau bidang usaha tentu mempunyai karakteristik dan ciri khasnya sendiri. Seperti halnya Indomaret, dimana bisnis tersebut mempunyai motto yaitu “Mudah dan Hemat”. Untuk logo yang digunakan terdiri dari beberapa elemen warna seperti biru, kuning, dan merah. Masing-masing warna tersebut mempunyai filosofinya sendiri yang bisa menggambarkan tentang bidang usahanya.

Dimana warna biru yang ada di logonya adalah simbol yang bisa memberikan kehangatan, ketenangan, dan juga kematangan saat Indomaret melayani para konsumennya. Sementara untuk warna merah merupakan simbol dari keberanian Indomaret menjadi salah satu pionir retailer yang memiliki kualitas unggul. Terakhir adalah warna kuning yang merupakan simbol dari keceriaan dan ketulusan dalam melayani konsumen.

Selain logo dan warnanya, ada pula maskot yang menjadi ciri khas Indomaret. Dimana maskot tersebut diberi nama Si Domar dan digambarkan sebagai hewan semut. Mengapa memilih semut sebagai maskot Indomaret? Sebab, semut mempunyai sifat yang royal, pekerja keras, rajin, dan ramah di lingkungan hidupnya. Tak hanya itu saja, semut juga mempunyai kerjasama tim yang sangat baik. Begitu juga dengan harapan yang dimiliki oleh Indomaret kepada sosok Si Domar tersebut.

tombol beli buku

Penghargaan yang Diraih Indomaret

Karena sudah memberikan jasa yang cukup besar terhadap perkembangan bisnis retail yang ada di seluruh wilayah Indonesia, Indomaret sudah berulang kali memperoleh penghargaan dari berbagai macam pihak, diantaranya:

a. Pada tahun 2003, Presiden Megawati memberikan penghargaan kepada Indomaret sebagai Perusahaan Waralaba 2003. Ini adalah penghargaan pertama yang didapatkan oleh Indomaret.
b. Kemudian di tahun 2009, Indomaret berhasil masuk ke dalam Top Franchise se ASEAN
c. Pada tahun 2012, Indomaret kembali mendapatkan penghargaan ketiganya yaitu masuk ke dalam jajaran 250 Top Indonesia Original Brands
d. Pada tahun 2013, Indomaret kembali masuk ke dalam penghargaan yang berupa Franchise Brand Awareness Survey, Franchise TOP of minds, dan Social Media Award.
e. Sampai pada tahun 2016, Indomaret mendapatkan penghargaan dari Presiden Jokowi Piala Waralaba 2016.

Cara Bergabung Dengan Bisnis Waralaba Indomaret

Sekarang ini, Indomaret menjadi salah satu bisnis waralaba yang paling banyak diminati oleh para pengusaha. Seiring dengan berubahnya gaya hidup masyarakat Indonesia, bisnis waralaba Indomaret menjadi salah satu bisnis yang sangat potensial. Selain lebih menguntungkan, bisnis waralaba juga sangat minim risiko, karena sistemnya sudah terbangun. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk bergabung dengan Indomaret sebagai bisnis waralaba yang sangat menguntungkan.

1. Persiapkan Dokumen dan Berkas

Dokumen yang dimaksud disini adalah salah satu syarat utama ketika kamu akan membuka usaha waralaba Indomaret. Salah satu syarat yang wajib kamu penuhi untuk bisa bergabung dengan Indomaret adalah harus berwarga negara Indonesia. Jadi dokumen wajib yang harus dikumpulkan adalah KTP, KK, dan identitas lainnya. Dokumen-dokumen tersebut nantinya akan digunakan sebagai bukti bahwa kamu adalah Warga Negara Indonesia WNI asli berdasarkan hukum.

2. Mempersiapkan Lokasi yang Strategis

Setelah semua dokumen sudah lengkap, maka langkah selanjutnya adalah kamu harus menyiapkan lokasi pembangunan Indomaret yang strategis. Lokasi tersebut nantinya akan digunakan membangun toko Indomaret kamu. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih lokasi yaitu lokasi Indomaret harus mudah dijangkau konsumen dengan kendaraan mereka, dekat dengan jalan raya atau pusat keramaian, dan bisa juga dekat dengan sarana umum seperti sekolahan atau rumah sakit.

Lokasi yang strategis tentu akan membuat bisnis kamu lebih mudah menjangkau lebih banyak konsumen. Dalam hal tersebut, lokasi adalah salah satu faktor yang sangat penting supaya Indomaret kamu ramai dikunjungi oleh konsumen. Sementara untuk luas lokasi pembangunan, kamu harus menyiapkan lahan seluas 120 sampai 200 meter persegi.

3. Mengurus Surat Kelengkapan Usaha

Selain dokumen dan identitas lainnya, adapun hal-hal lain yang perlu kamu persiapkan, yaitu salah satunya surat izin kelengkapan usaha. Surat-surat yang diperlukan yaitu Izin Mendirikan Bangunan atau IMB, Surat Izin Untuk Perusahaan atau SIUP, dan Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP. Semua berkas tadi bisa kamu urus melalui instansi terkait. Kamu hanya perlu datang langsung ke Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu untuk mengurus surat-surat yang diperlukan di atas. Sementara untuk NPWP, kamu dapat datang langsung ke kantor pajak.

4. Menyiapkan Modal Investasi

Salah satu hal yang cukup penting yang harus kamu persiapkan untuk membuka waralaba Indomaret adalah modal. Modal disini adalah sebuah investasi yang perlu kamu berikan ketika pihak Indomaret sudah sepakat dengan permohonan kita untuk dapat bergabung. Untuk jumlah modal yang harus diberikan biasanya bergantung dengan jenis usaha waralaba yang kamu pilih.

Apakah kamu memilih untuk membuka toko Indomaret sendiri atau mengambil alih usaha Indomaret yang sudah ada sebelumnya. Untuk dapat membuka usaha Indomaret yang kita bangun sendiri dari awal, maka modal yang kamu perlukan berkisar antara 300 hingga 400 juta.

Semenara jika kamu memilih untuk mengambil alih Indomaret yang sudah ada, maka modal investasi yang diperlukan berkisar antara 150 hingga 200 juta. Modal investasi tersebut sudah termasuk royalti selama masa kontrak berlangsung, yaitu sekitar 5 tahun.

5. Daftar Melalui Call Center

Setelah syarat sudah lengkap dan terpenuhi, maka selanjutnya kamu harus mendaftar agar bisa bergabung dan membuka toko Indomaret kamu sendiri. Kamu bisa mendaftar melalui call center ke nomor 1500-580 atau kamu bisa langsung mengunjungi website resmi Indomaret untuk mengunduh formulir pendaftaran.

6. Tahap Presentasi

Langkah selanjutnya setelah kamu melewati proses pendaftaran dan sudah teregistrasi, maka tim verifikator akan langsung melakukan presentasi. Dimana presentasi yang dilakukan akan berjalan pada dua tahapan. Tahap yang pertama akan dilaksanakan dengan cara menjelaskan mengenai keuntungan toko per bulannya, besaran investasi, mekanisme kerjasama, dan sistem operasional.

Di dalam presentasi tersebut, kamu perlu membawa salinan dokumen berupa dokumen identitas, salinan sertifikat bangunan, SIUP, IMB, dan NPWP. Sementara untuk presentasi tahap kedua, tim verifikator akan memberikan hasil dari kelayakan survei, besaran investasi, dan perencanaan anggaran belanja. Pada presentasi tersebut juga akan dilakukan tanda tangan kontrak antara pihak Indomaret dan pemilik waralaba.

7. Pembukaan Toko

Setelah semua langkah dan persyaratan sudah terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah peresmian atau pembukaan toko Indomaret. Semua proses pembukaan dan juga promosi akan diberikan oleh pihak Indomaret. Ketika proses pembukaan Indomaret ini, maka akan sekaligus dilaksanakan tanda tangan kontrak yang berlaku selama 5 tahun.

Ketika masa berlaku kontrak habis, maka pihak Indomaret akan melakukan evaluasi kembali, apakah pewaralaba ingin tetap melanjutkan kerjasama atau tidak. Oleh sebab itu, kamu harus benar-benar memahami faktor kerugian atau kegagalan dalam berwirausaha agar nantinya kamu tidak mengalami kegagalan itu lagi.

Itulah tadi pembahasan mengenai siapa sosok pendiri Indomaret yang bisa kamu ketahui. Dari cerita di atas, kita bisa simpulkan bahwa kesuksesan yang berhasil diraih oleh Soedono Salim adalah kegigihannya. Apapun jenis pekerjaan yang sedang kita lakukan, kita harus tetap bersyukur dan selalu siap untuk mengembangkan potensi. Sebab, peluang usaha akan selalu terbuka lebar untuk kita semua.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien