in

10 Cara Jualan Online Laris? Yuk Baca Tips Berikut

Pexels.com

Cara Jualan Online Laris – Saat ini seakan-akan dunia ada pada genggaman tangan kita. Hal ini disebabkan oleh kemajuan teknologi yang tampak begitu tinggi membuat para pengguna merasakan manfaatnya secara langsung. Bahkan dari segi bisnis sekalipun, kemajuan teknologi sudah begitu membantu.

Jika dahulu berbelanja harus datang ke tempat konvensional seperti pasar atau lainnya. Saat ini dari rumah saja semua sudah bisa datang sendiri. Nah dilihat dari hal tersebut saja kemajuan teknologi turut andil dalam proses keberlangsungan hidup manusia.

Semakin tinggi para pengguna teknologi dalam dunia bisnis. Tentunya juga akan semakin besar tingkat persaingan. Saat ini saja para pelaku usaha yang yang sudah mulai berjualan online sudah ratusan bahkan bisa ribuan dengan produk yang sama antara satu sama lain.

Nah tentunya diperlukan sebuah cara jualan online yang bisa menghasilkan dampak positif bagi perkembangan bisnis. Tak perlu khawatir akan hal tersebut. Sebab artikel ini akan memberikan penjelasan seputar jualan online.

Cara Jualan Online

Seperti yang dijelaskan jika jualan online meski terbilang mudah sebenarnya juga memiliki saingan sana sini lho. Coba lihat saja di sebuah platform marketplace. Satu jenis barang biasanya akan dijual oleh beberapa pemilik toko online yang berbeda-beda.

[algolia_carousel]

Maka dari itu dibutuhkan sebuah strategi atau cara jualan online laris manis hasilnya. Di bawah ini adalah ulasan seputar beberapa tips jualan online agar bisa menguntungkan dan tentunya laris.

 

Cara Jualan Online Laris

1. Kenali Produk yang Dijual

Hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah mencari tahu nilai produk yang ditawarkan. Proses ini juga bisa disebut dengan nama unique selling point. Tujuannya adalah agar produk yang kalian jual bisa lebih mudah diingat dan lebih mudah membuat para calon pembeli tertarik untuk menggunakan produk tersebut.

Bisa dari segi harga yang berbeda, kualitas, kemudahan dalam proses penggunaan atau bahkan dari segi kelangkaan barang. Kelangkaan barang ini bisa dikatakan sebagai salah satu produk di Indonesia.

Namun mungkin prosesnya juga membutuhkan waktu. Maka dari itu kalian bisa membaca kompetitor lain yang menjual jenis produk yang sama. Namun ulasan dari kompetitor hanyalah sebagai referensi yang mempermudah kalian menentukan sisi nilai produk.

Bandingkan saja produk kalian dengan produk kompetitor. Hal positif yang tak dimiliki oleh produk kompetitor bisa kalian jadikan sisi unik dari produk yang kalian jual.

2. Membuat Website Pribadi

Tak bisa dipungkiri jika saat ini sudah banyak marketplace yang bisa digunakan secara langsung. Bahkan terbilang cukup cepat dan mudah dalam membuat sebuah toko online melalui beberapa marketplace.

Namun tahukah kalian jika dalam satu marketplace terdapat banyak kompetitor dengan jenis produk yang sama. Adanya kondisi ini menjadi tingkat persaingan begitu ketat dan juga tinggi sekali.

Jika produk kalian tidak memiliki nilai plus, tentunya akan sangat mudah terlihat ketika disejajarkan dengan kompetitor lain. Guna meminimalisir terjadinya kondisi tersebut bisa menggunakan cara membuat website pribadi.

Dengan website pribadi, kalian bisa membangun nilai produk tanpa takut ada saingan dari kompetitor pada satu marketplace. Menariknya daftar data pelanggan juga sudah ter-backup pada website tersebut.

Tentunya adanya data tersebut akan lebih mempermudah kalian untuk melakukan promosi produk terbaru melalui email marketing atau sistem lainnya. Agar lebih mudah lagi, proses pembuatan website bisa menggunakan jasa pembuatan website.

Saat ini sudah banyak lho penyedia jasa pembuatan website dengan harga yang bersaing sekaligus penawaran layanan yang cukup menarik.

Namun jika kalian memutuskan menggunakan marketplace lain tanpa membuat website pribadi. Maka pilihan terbaik adalah membuka toko online di beberapa marketplace. Hal ini bisa membuat kalian mendapatkan peluang keberhasilan dari berbagai macam marketplace.

3. Gunakan Google Analytic

Hanya memiliki website pribadi untuk jualan produk tentunya tidak bisa memberikan pengembangan bisnis dengan begitu cepat. Setidaknya kalian juga harus tahu siapa para calon pembeli dan siapa yang mengunjungi website kalian.

Hal ini bisa diketahui melalui Google Analytic. Dengan menggunakan layanan Google Analytic, kalian bisa mendapatkan informasi penting terkait dengan website jualan online tersebut. Contohnya untuk pengunjung website dan area pengunjung website.

Dengan mengetahui jumlah pengunjung website, kalian bisa lebih tahu apa yang harus diperbaiki dan apa yang harus dipertahankan. Lalu area pengunjung website pribadi kalian bisa membantu mengetahui minat produk tersebut terdapat pada area mana saja.

Di sisi lain layanan Google Analytic juga memberikan banyak manfaat lainnya selain dua contoh tadi.

4. Gunakan Strategi Content Marketing

Promosi produk dan pengembangan sebuah bisnis bisa dilakukan dengan strategi content marketing. Namun sebelum membahas lebih lanjut, apa sebenarnya content marketing itu.

Secara mudahnya content marketing adalah sebuah metode promosi namun memanfaatkan sebuah konten. Namun konten yang dibuat bukanlah sembarang konten. Melainkan konten yang terbilang cukup relevan dengan produk yang ditawarkan.

Selain itu strategi content marketing juga menjadi salah satu jenis investasi jangka panjang pada proses pemasaran. Semakin bagus sebuah konten, maka semakin mudah ditemukan oleh para pengguna internet.

Strategi content marketing tak hanya bertumpu pada pembuatan foto dan video saja. Namun memanfaatkan blog bisnis juga menjadi salah satu bagian dari strategi content marketing.

Pemanfaatan blog bisnis bisa menjadi sebuah wadah untuk terkumpulnya semua materi promosi. Dimana nantinya materi yang dibuat sudah memiliki sistem SEO. Sistem SEO ini akan menjadi salah satu terobosan yang mendukung suatu website masuk ke dalam halaman satu.

[algolia_carousel page=2]

Bukan hanya halaman satu saja, namun pada peringkat pertama juga lho. Perlu diketahui sebuah website yang memiliki peringkat pertama pada halaman satu akan mendapatkan jumlah pengunjung lebih tinggi dibandingkan pada posisi berikutnya.

Namun kalian juga harus bisa memanfaatkan platform lain seperti sosial media untuk distribusi konten yang sudah dibuat.

Cara Jualan Online Laris

5. Manfaatkan Sosial Media

Sosial media tak hanya bisa digunakan untuk menambah relasi online saja. Namun seiring berjalannya waktu, keberadaan dari sosial media kerap digunakan untuk wadah promosi suatu produk.

Kalian bisa mulai membuat sebuah foto atau video yang berhubungan dengan produk. Nantinya diberikan sebuah link pada caption konten atau pada bio profil. Namun konten ini juga harus relevan dengan produk yang ditawarkan.

Sebaiknya bukan hanya sebuah konten promosi saja. Namun sebuah konten edukasi yang didalamnya sudah disisipkan metode soft selling. Dengan begitu secara tidak langsung kalian memberikan edukasi namun juga sudah melakukan promosi terhadap produk yang dijual.

Menjadi aktif komentar pada konten orang lain di sosial media juga bisa menjadi sebuah metode promosi produk. Namun ingat juga, berkomentar boleh asal tidak menimbulkan kesan spam.

6. Buat Foto Produk Semenarik Mungkin

Seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya jika foto menjadi salah satu strategi content marketing yang bisa digunakan. Foto ini nantinya bisa kalian letakkan pada website, konten maupun pada sosial media sebagai media promosi.

Tentunya diperlukan foto yang bisa membuat para pengguna internet khususnya para calon pembeli tertarik untuk melihat foto tersebut. Maka dari itu usahakan berikan foto terbaik yang bisa menonjolkan produk.

Bahkan saat ini sudah ada jasa photografer produk yang bisa kalian manfaatkan. Namun jika dana terbatas, kalian bisa melakukan proses pemotretan secara mandiri. Berikan elemen tambahan diluar produk. Selain bisa menambahkan kesan menarik, hal ini juga bisa menonjolkan produk tersebut.

7. Deskripsi Barang Menarik

Baik itu pada sosial media, website pribadi dan platform lainnya kebutuhan akan deskripsi barang menang sangat diperlukan. Adanya deskripsi barang akan mempermudah para calon pembeli mengetahui ulasan singkat tentang barang tersebut.

Coba gunakan harga yang cukup bersaing dengan para kompetitor. Lalu bahasa yang digunakan pada kolom deskripsi sebaiknya sesuai dengan kaidan. Selain itu menceritakan tentang produk tersebut juga bisa membantu para calon pembeli mengetahui secara garis besar kegunaan, manfaat yang diberikan dan hal lainnya.

8. Mencoba Email Marketing

Memiliki website pribadi juga bisa dimanfaatkan untuk proses email marketing lho. Data kontak pelanggan berupa email bisa dimanfaatkan untuk proses promosi tersebut.

Setiap ada produk baru bisa dibuat sebuah newsletter yang dikirimkan terhadap email pelanggan. Strategi email marketing dipercaya bisa memberikan dukungan tersendiri untuk proses pengenalan produk sekaligus pengembangan suatu bisnis.

9. Gunakan Word of Mouth Marketing

Memang benar jualan yang dilakukan adalah secara online. Namun metode word of mouth marketing juga bisa menjadi salah satu kunci keberhasilan suatu bisnis lho. Akan tetapi apa sih sebenarnya word of mouth marketing itu.

Secara mudahnya word of mouth marketing adalah model pemasaran dari satu mulut ke mulut. Kalian bisa memulai memperkenalkan bisnis yang sedang dijalankan kepada orang terdekat seperti keluarga, kerabat maupun teman.

Dari sini nantinya mereka akan melakukan sebuah promosi kembali kepada orang lain. Namun untuk hal ini perhatikan juga pelayanan. Sebab sebelum membagikan kepada orang lain, terkadang kerabat, keluarga maupun teman juga akan mencoba produk kita.

Meski mereka orang terdekat kita, tetap saja pelayanan terbaik harus dilakukan lho. Selain itu word of mouth marketing juga bisa tetap berjalan ketika seorang pembeli mengetahui kelebihan produk dan pelayanan terbaik yang kalian lakukan.

Mereka akan secara otomatis membagikan pengalaman berbelanja pada website kalian dan juga produk yang mereka gunakan. Tentunya secara tidak langsung melakukan pelayanan terbaik dan memberikan kualitas produk terbaik akan berujung ke strategi word of mouth marketing.

Perlu diketahui juga strategi word of mouth marketing adalah metode pemasaran tanpa biaya. Jadi jika kalian ingin membuka usaha dengan dengan sistem apapun itu. Kualitas produk dan pelayanan terbaik adalah kunci.

10. Lakukan Promo

Siapa sih yang tak suka dengan promo. Tentunya kalian juga suka dengan sistem promo yang dilakukan oleh para penjual. Tak bisa dipungkiri jika fasilitas promo diberikan bisa membuat para calon pembeli menjadi mudah tergiur.

Namun kalian juga perlu berhati-hati nih. Pasalnya ada beberapa pelanggan yang hanya mengincar layanan promo saja. Sebab angka promo yang cukup besar juga akan mempersulit menutup kebutuhan pemasukan.

Maka dari itu promo ini sebaiknya digunakan pada momen-momen tertentu sekaligus diiringi dengan harga yang cukup lumrah dengan kompetitor dan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Cara Jualan Online Laris

Kelebihan Jualan Online dari Sisi Penjual

Jualan online yang semakin lama semakin diminati tentunya juga memiliki berbagai macam kelebihan di dalamnya. Kelebihan ini bisa juga lho dibandingkan dengan jualan secara offline. Menariknya dengan beberapa kelebihan ini para penjual bisa lebih terbantu.

Pada poin ini akan dijelaskan beberapa kelebihan dari jualan online yang sampai saat ini memiliki jumlah peminat yang cukup besar. Berikut adalah penjelasan akan hal tersebut.

1. Proses Lebih Mudah

Jika proses jualan dengan sistem konvensional membutuhkan sebuah toko fisik. Maka untuk proses jualan online tidak memerlukan sebuah toko fisik. Kalian menggunakan bantuan marketplace atau dengan membuat website pribadi.

Lalu untuk proses promosi bisa dengan bantuan sosial media maupun email marketing. Karena hanya menggunakan bantuan internet. Maka untuk menjalankan toko online bisa dimanapun dan kapanpun.

Asalkan ada perangkat PC atau laptop maupun smartphone yang sudah terkoneksi dengan internet. Maka proses jualan dengan sistem online juga akan semakin mudah.

2. Jangkauan Target Pasar Lebih Luas

Dibandingkan dengan sistem promosi konvensional, jangkauan target pasar dari jualan online terbilang lebih luas. Hal ini disebabkan oleh para pengguna internet tak hanya berasal dari satu daerah saja.

Namun bisa tersebar di seluruh dunia. Apalagi jika kalian promosi dengan bantuan sosial media dengan memanfaatkan fitur hashtag. Tentunya mereka yang bukan pengikut akun sosial media kalian saja bisa menemukan postingan promosi yang kalian buat.

3. Modal Relatif Terjangkau

Hal pertama yang sangat berpengaruh pada berjalannya sebuah bisnis adalah modal yang dimiliki. Namun dengan modal terjangkau pun kalian sudah bisa membuka sebuah toko online lho.

Bahkan saat ini sudah ada sistem reseller dan dropshiper. Keduanya memiliki bentuk yang berbeda namun keduanya juga memberikan kemudahan bagi proses penjualan.

Reseller merupakan sebuah kegiatan stok barang yang akan dijual kembali ke konsumen. Kebanyakan pelaku bisnis online hanya menyediakan stok terbatas sebagai contoh saja.

Sedangkan untuk dropshiper merupakan kegiatan para penjual melakukan proses pencarian pembeli. Lalu untuk proses packing dan pengiriman barang akan dilakukan langsung oleh para produsen produk tersebut.

4. Jenis Produk Bervariasi

Terakhir adalah produk yang dijual selalu bervariasi. Satu penjual tak hanya bisa menjual satu jenis barang saja. Pasalnya para penjual online bisa menyediakan berbagai macam barang yang dibutuhkan oleh para calon pembeli.

Ide Produk Jualan Online

Melakukan jualan online bisa dibilang susah-susah gampang. Susahnya mungkin terletak pada persaingan yang ketat. Gampangnya adalah sistem yang diberlakukan begitu fleksibel. Meski begitu tak semua orang memiliki ide jualan online lho.

Seperti yang dijelaskan jika jualan online bisa dilakukan untuk berbagai macam jenis barang. Para penjual tak hanya bisa menjual satu barang saja. Asalkan barang tersebut dibutuhkan oleh para calon pembeli dan ketersediaan stok ada, tentunya barang tersebut bisa dijual.

Nah beberapa poin ide di bawah ini akan membantu kalian memberikan rekomendasi pilihan.

  1. Gandet (smartphone, laptop, PC dan lainnya)
  2. Makanan
  3. Pakaian (baru maupun bekas)
  4. Elektronik
  5. Aksesoris
  6. Produk herbal
  7. Produk kecantikan

Dari beberapa ide produk jualan online di atas. Tentunya salah satu bisa dijadikan sebuah ide. Dengan begitu kalian tak perlu bingung jika ingin jualan online. Apalagi beberapa penjelasan tentang cara jualan online laris manis seperti yang ada di atas juga diterapkan. Tentunya hasilnya juga akan lebih menjanjikan.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda