in

18 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Tubuh

Pouring extra virgin olive oil from a spoon to a glass container. Olive branches comes from the left and right. Some olive oil bottles are out of focus at background. Black olives are on the table and complete the composition. The composition is on a rustic wooden kitchen table. Predominant colors are gold, green and brown. High resolution 42Mp studio digital capture taken with Sony A7rII and Sony FE 90mm f2.8 macro G OSS lens

Manfaat minyak zaitun rupanya cukup banyak bagi tubuh. Mulai dari untuk kesehatan, sampai untuk kecantikan. Semua bisa didapatkan melalui minyak zaitun.

Minyak zaitun adalah minyak yang berasal dari buah zaitun. Jika mengonsumsi buah memilih yang matang, tidak dengan buah zaitun. Untuk dijadikan minyak, minyak zaitun sebaiknya dipilih yang setengah matang.

Manfaat minyak zaitun
Olive oil and olives on wooden rustic table

Hal itu dikarenakan buah zaitun terlalu ranum tidak akan mengandung minyak yang baik. Maka dari itu, para petani tidak akan menunggu buah zaitun terlalu lama. Mereka tidak menunggu buah zaitun jatuh langsung dari pohonnya.

Para petani tersebut akan mengambil buah zaitun lebih awal. Setelah itu buah zaitun akan diproses. Pada proses inilah menghasilkan minyak zaitun.

Menghindari kulit keriput

Kulit orang dewasa akan berbeda dengan kulit anak remaja. Semakin bertambahnya usia akan mempengaruhi kondisi kulit. Salah satunya adalah mengalami keriput.

Keriput adalah kerutan-kerutan yang ada di wajah. Kerutan ini terjadi karena beberapa hal. Umunya, terjadi karena pertambahan usia.

Hal inilah yang membuat banyak orang melakukan perawatan. Selain berharap muka menjadi lebih sehat. Orang-orang yang melakukan perawatan wajah juga menghindari adanya keriput.

Dalam segi penampilan, ada beberapa orang yang merasa terganggu dengan adanya keriput di wajah. Sehingga mereka menjadi tidak percaya diri. Hal ini juga membuat orang-orang merogoh kocek yang dalam demi melakukan perawatan.

Padahal, ada cara sederhana yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan minyak zaitun. Minyak zaitun dapat membantu mengurangi serta mencegah timbulnya keriput di wajah. Ini adalah salah satu manfaat minyak zaitun yang sangat berguna untuk wajah.

Melindungi wajah dari kerusakan

Kondisi kulit wajah juga tergantung pada lingkungan tempat tinggal. Orang-orang yang tinggal di kota besar contohnya. Mereka akan sering terkena polusi udara.

Berbeda dengan masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan. Lingkungannya masih asri dan tidak banyak polusi. Sehingga kondisi kulitnya juga akan berbeda.

Maka dari itu, tak jarang orang-orang di kota besar akan melakukan perawatan lebih. Perawatan tersebut dilakukan untuk wajah mereka. Sehingga wajah terhindar dari kerusakan.

Manfaat minyak zaitun dalam hal ini adalah dapat membantu memperbaiki wajah yang rusak. Minyak zaitun mempunyai khasiat di dalamnya. Salah satunya adalah untuk melindungi sel-sel kulit wajah.

Pasalnya, minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan. Sehingga dapat membantu merawat wajah. Ini adalah salah satu manfaat besar dari minyak zaitun.

Mempersempit pori-pori wajah

Salah satu masalah kulit wajah adalah lebarnya pori-pori. Pori-pori yang membesar bisa terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya adalah karena produksi minyak yang berlebihan.

Selain itu, terus terkena paparan sinar matahari juga akan memperlebar pori-pori. Faktor lain yang menyebabkan melebarnya pori-pori adalah faktor gen atau keturunan.

Banyak orang yang mengeluhkan masalah pori-pori. Jadi bagi kamu yang memiliki permasalahan dengan pori-pori, dapat diatasi melalui minyak zaitun. Minyak zaitun dapat membantu mengecilkan pori-pori.

Hal ini karena terdapat zat linoleic di dalam minyak zaitun. Zat tersebut dapat membantu mengatasi pori-pori yang melebar. Melalui pemakaian minyak zaitun secara teratur dan pas, pori-pori akan mengecil.

Obat jerawat

Tidak hanya masalah pori-pori, jerawat juga menjadi masalah utama dari kondisi wajah. Selain mengganggu, jerawat juga akan menyebabkan wajah tidak sehat. Sehingga jerawat harus diatasi.

Dalam mengatasi jerawat, banyak orang menggunakan segala cara. Mulai dari datang ke tenaga medis, sampai mencoba berbagai obat atau skincare. Semua dilakukan untuk membasmi jerawat.

Meskipun demikian, tetapi kamu tetap perlu memperhatikan kondisi kulitmu. Cermatilah dengan benar tipe kulitmu. Selain itu, kamu juga harus tau apa yang dibutuhkan oleh kulit kamu.

Seperti kulit yang normal, atau sensitif. Ada beberapa orang yang mengalami masalah jerawat karena kulit mengalami dehidrasi. Hal-hal seperti ini harus diketahui secara jelas.

Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, dan tidak bisa memakai sembarang bahan kimia tidak perlu khawatir. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun salah satunya adalah untuk mengatasi jerawat.

Minyak zaitun memiliki banyak vitamin di dalamnya. Selain itu, minyak zaitun juga anti racun dan infeksi. Ini akan berguna untuk mengobati jerawat di wajah.

Menghaluskan wajah

Manfaat minyak zaitun selanjutnya adalah untuk menghaluskan wajah. Minyak zaitun dapat digunakan untuk masker. Selain itu, minyak zaitun juga dapat dicampurkan dengan beberapa bahan lainnya.

Jika kamu rutin menggunakan minyak zaitun sebagai masker, kamu akan mendapat hasil yang maksimal. Kulit wajah akan terlihat lebih halus. Selain itu, kulit wajah menjadi lebih mulus.

Manfaat minyak zaitun lainnya untuk kulit yaitu dapat mencerahkan kulit. Kulit akan lebih cerah dan lembab. Ini terjadi karena kandungan di dalam minyak zaitun.

Kandungan yang berjasa dalam hal ini adalah polifenol. Kandungan polifenol dapat membuat wajah menjadi lebih cerah. Selain itu, berkat kandungan ini juga memperhalus tekstur kulit wajah.

Cara Mudah Merawat Kulit Wajah Sendiri
Cara Mudah Merawat Kulit Wajah Sendiri

tombol beli buku

Mencegah rambut bercabang

Manfaat minyak zaitun juga dapat dirasakan oleh rambut. Minyak zaitun dapat mencegah rambut yang bercabang. Sehingga rambut akan lebih sehat.

Caranya sangat mudah. Pakailah minyak zaitun yang hangat. Gosok perlahan pada rambut kamu. Setelah selesai, bilaslah. Kemudian kamu bisa memakai sampo atau vitamin lainnya untuk rambut.

Melakukan ini secara rutin akan berdampak pada rambut kamu. Rambut akan menjadi lebih sehat dan rapi. Sehingga tidak ada lagi rambut yang bercabang.

Menghilangkan ketombe

Selain mencegah rambut bercabang, ada manfaat minyak zaitun lain bagi rambut. Manfaat tersebut antara lain menghilangkan ketombe. Ketombe adalah salah satu pengganggu di rambut.

Biasanya, ketombe muncul karena kulit kepala yang kotor dan berminyak. Meskipun ada beberapa ketombe yang tidak terlihat, tetap saja ketombe akan mengganggu aktivitas. Hal itu disebabkan karena ketombe akan mengakibatkan sensasi atau rasa gatal pada kulit kepala.

Meskipun demikian, kamu bisa mengatasi masalah ketombe dengan minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun ini bisa membasmi para ketombe. Cara penggunaannya sama seperti point sebelumnya.

Jika perlu, kamu juga bisa menambahkan bahan tambahan lain. Seperti air jeruk lemon. Ini akan membuat hasil yang lebih maksimal. Setelah kering, kamu bisa membalasnya atau berkeramas.

Mengatasi kebotakan

Masalah lain yang mengganggu adalah rambut rontok. Rambut rontok sering sekali terjadi. Terlebih pada perempuan.

Banyak faktor yang menjadi penyebab dari rambut rontok ini. Seperti salah sampo, bahkan karena radiasi. Rambut rontok adalah masalah yang mengganggu.

Selain itu, jika rambut rontok dibiarkan terus menerus akan mengakibatkan hal lain. Seperti terjadinya kebotakan. Sehingga rambut rontok harus cepat ditangani.

Rambut yang rontok umumnya terjadi karena kekurangan nutrisi atau vitamin. Sehingga kamu perlu banyak memakai vitamin untuk rambut. Ini akan mencegah terjadinya rambut rontok.

Kamu bisa menggunakan minyak zaitun untuk rambut rontok. Manfaat minyak zaitun untuk mengatasi rambut sangat besar. Minyak zaitun dapat memperkuat akar-akar rambut. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa mencampurkan kuning telur dengan minyak zaitun.

Memperlancar pencernaan

Manfaat minyak zaitun lain juga bisa didapatkan oleh tubuh. Minyak zaitun dapat membantu memperlancar pencernaan. Caranya adalah menjadi bahan olahan makanan.

Gantilah mentega atau margarin dalam memasak. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun untuk menggantinya. Ini adalah salah satu alternatif yang lebih baik bagi tubuh.

Pasalnya, minyak zaitun dapat meningkatkan produksi peptida. Ini akan membuat semua organ pencernaan di tubuh manusia lebih sehat. Selain itu, organ pencernaan akan bekerja dengan lebih baik.

Minyak zaitun yang masuk ke dalam usus akan langsung bekerja. Ia akan membantu usus dalam menyerap vitamin. Sehingga vitamin akan lebih banyak terserap.

Selain itu, mineral juga akan menyerap lebih banyak. Manfaat minyak zaitun ini akan lebih berguna untuk tubuh. Minyak zaitun juga akan membantu menyingkirkan makanan yang tidak bermanfaat bagi tubuh.

Ada sebuah penelitian yang dipublikasikan  di dalam Journal of Epidemiology and Community Health. Penelitian tersebut menyatakan bahwa minyak zaitun dapat membantu mengurangi resiko terkena kanker pankreas.

Mengatasi depresi

Minyak zaitun berasal dari lemak yang diekstrak dari buah zaitun. Akan tetapi, jenis lemak ini adalah lemak yang sehat. Yaitu lemak monounsaturated fat. Lemak ini berbeda dari lemak trans-fat yang ada di dalam kandungan fast food.

Seorang dokter bernama Sanchez Villegas bersama timnya melakukan sebuah penelitian. Ia bersama timnya yang berasal dari universitas di Spanyol melakukan penelitian terhadap sekitar 12.000 orang.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa orang-orang yang hanya mendapat asupan healthy fat dari minyak zaitun lebih kecil terkena depresi. Semeatara orang yang mengonsumsi trans-fat memiliki sekitar 48 persen kemungkinan mengidap depresi. Ini membuktikan bahwa manfaat minyak zaitun juga berpengaruh pada kesehatan mental seseorang

Seni Mengatasi Depresi
Seni Mengatasi Depresi

tombol beli buku

Melawan penyakit Alzheimer

Salah satu penyakit saraf yang diderita beberapa orang adalah alzheimer. Alzheimer’s disease atau demensia adalah sebuah penyakit lupa ingatan. Penyakit ini menghantui sekitar 60 sampai 80 persen orang yang sudah lanjut usia. Penyakit ini ada pada setiap negara.

Di Indonesia, tercatat sudah ada sekitar 2 juta kasus penyakit alzheimer. Penyakit ini terjadi pada setiap tahun. Namun disamping itu ada kabar baik.

Tim dokter yang dipimpin oleh seorang dokter bersama Domenico Pra Rico menemukan solusinya. Ia mengatakan bahwa minyak zaitun dalam membantu penyakit ini.

Menurutnya, orang yang mengonsumsi minyak zaitun sudah terbukti memiliki pengaruh yang signifikan dalam mengurangi resiko terkena alzheimer. Ini adalah salah satu manfaat minyak zaitun yang sangat besar.

Minyak zaitun akan mengurangi produksi amyloid plaque phosphorylated. Keduanya adalah protein jahat. Protein tersebut adalah penyebab utama terjadinya kerusakan di bagian otak. Bagian otak yang dirusak adalah bagian yang bertanggung jawab pada penyimpanan memori. Selain itu, bagian tersebut juga berperan dalam fungsi mental tubuh.

Meredakan peradangan

Manfaat minyak zaitun juga dapat digunakan untuk mengurangi peradangan. Selain ktu, minyak zaitun juga dapat mengatasi rasa sakit.

Beberapa penyakit serius dapat diawali dari adanya peradangan di dalam tubuh. Seperti beragam jenis kanker, cardiovascular disease, sampai rheumatoid arthritis.

Minyak zaitun mengandung bahan-bahan antioksidan. Contohnya seperti oleocanthal dan oleic acid. Kandungan ini dipercaya ampuh untuk mengatasi peradangan tersebut.

Salah satu peneliti tahun 2005 yang diterbitkan oleh British Journal of Medicine menyatakan bawah 50 ml extra virgin olive oil memiliki manfaat yang sama  dengan 10 persen ibuprofen. Ibuprofen adalah obat pengurang rasa sakit yang ada di dalam tubuh.

Mencegah kanker

Pada poin sebelumnya sudah dijelaskan mengenai manfaat minyak zaitun. Minyak zaitun dapat membantu mencegah kanker. Hal itu dikarenakan adanya sifat antioksidan tinggi didalamnya.

Sifat antioksidan tersebut dapat memerangi penyebab dari timbulnya penyakit kanker. Hal ini juga berlaku terutama pada kanker kulit dan kanker payudara.

Makanan Pembunuh Kanker, Mengenali Beberapa Jenis Kanker Dan Bahan Alami Pelawan Kanker/201957755
Makanan Pembunuh Kanker, Mengenali Beberapa Jenis Kanker Dan Bahan Alami Pelawan Kanker/201957755

tombol beli buku

Melembabkan kulit

Kulit yang terkena sinar matahari secara berlebihan akan menjadi kering. Salah satu bahan yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun dapat melembabkan kulit.

Kamu bisa mencari produk-produk kecantikan yang memiliki minyak zaitun di dalamnya. Seperti lotion, atau body scrub. Selain itu, terdapat juga lulur yang memiliki minyak zaitun di dalamnya.

Produk-produk tersebut dapat membantu kamu untuk melembabkan kulit. Sehingga kulit akan terlihat lebih bersinar. Selain itu, kulit akan jauh lebih sehat.

Minyak zaitun memiliki kemampuan menyerap ke kulit dengan baik. Sehingga jika memakai minyak zaitun ke kulit, maka akan terserap sampai lapisan kulit terdalam. Minyak zaitun bagus ketika dipakai untuk pelembab atau night cream.

Penggunaan minyak zaitun secara rutin akan menjaga kulit. Kulit akan terlindung dari partikel-partikel asing. Minyak zaitun juga akan memenuhi kebutuhan kulit terhadap cairan.

Jika kamu rutin menggunakan minyak zaitun, tentu manfaatnya akan kamu dapatkan. Seperti dapat membuat kulit menjadi lebih cerah. Kulit juga akan terasa lebih segar.

Menunda penuaan kulit

Minyak zaitun dipercaya dapat menunda tanda-tanda penuaan pada kulit. Seperti flek hitam atau keriput. Banyak kandungan di dalam minyak zaitun yang bagus untuk kulit.

Salah satunya adalah vitamin E yang tinggi. Berkat adanya vitamin E ini, manfaat minyak zaitun dapat menjaga kulit. Sehingga kulit akan lebih sehat.

Selain vitamin E, terdapat vitamin K yang tinggi pada minyak zaitun. Vitamin K ini juga berfungsi melindungi kulit. Kedua vitamin ini memiliki antioksidan yang baik dalam melindungi kulit. Kulit yang rusak akibat polusi udara dapat diatasi dengan minyak zaitun. Minyak zaitun akan membuat kulit menjadi lembut dan lebih halus.

Mengatasi gatal-gatal

Salah satu manfaat minyak zaitun adalah untuk mengatasi gatal-gatal. Jika kamu memiliki ruam atau gatal-gatal dapat diatasi dengan minyak zaitun. Kandungan di dalam minyak zaitun mampu mengatasi gatal-gatal.

Hal itu karena minyak zaitun memiliki sifat anti inflamasi. Sehingga minyak zaitun dapat digunakan untuk mengatasi rasa gatal.

Meregenerasi kulit

Manfaat minyak zaitun
Front view of an olive oil bottle surrounded by green olives and a olive wooden cutting board with more green olives, olive branches and a withe bowl filled with three green olives and olive oil on top. Low key DSLR photo taken with Canon EOS 6D Mark II and Canon EF 24-105 mm f/4L

Kulit manusia akan mengalami regenerasi. Baik dengan bantuan, maupun secara alami. Regenerasi pada kulit adalah hal yang diperlukan. Manfaatnya supaya sel-sel kulit mati dapat terangkat.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada pada wajah. Caranya adalah dengan exfoliating. Sehingga kulit akan beregenerasi.

Manfaat minyak zaitun dapat digunakan untuk meregenerasi kulit. Lakukanlah ini secara teratur. Kamu bisa membuatnya menjadi scrubbing.

Sebagai tambahan, kamu juga bisa mencampurkannya dengan gula pasir.

Lakukanlah ini secara teratur. Kamu bisa melakukannya sebelum tidur. Kemudian bilas dengan air. Regenerasi kulit akan membuat kamu tampak lebih muda.

Mengatasi masalah bibir

Tidak hanya rambut dan wajah, bibir juga perlu dirawat. Salah satu permasalahan bibir adalah bibir yang terlihat gelap. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan minyak zaitun.

Manfaat minyak zaitun dapat digunakan untuk mencerahkan bibir. Sehingga bibir akan lebih sehat. Akan tetapi, perlu diingat bahwa bibir yang berwarna gelap bukan berarti tidak sehat. Ada faktor-faktor lain penyebab bibir berwarna gelap, seperti faktor genetik.

Namun, jika kamu ingin mencerahkan warna bibir, kamu dapat menggunakan minyak zaitun. Penggunaan minyak zaitun akan membuat bibir lebih segar.

Selain itu, manfaat minyak zaitun lainnya juga dapat mengatasi bibir yang pecah-pecah. Oleskanlah minyak zaitun pada area bibir yang pecah-pecah.

Selain untuk wajah, minyak zaitun dapat digunakan sebagai scrub bibir yang alami. Sehingga sel-sel kulit mati pada bibir akan terkelupas. Setelah itu, akan tumbuh sel baru. Sel baru tersebut adalah sel yang sehat.

Itulah manfaat minyak zaitun bagi tubuh. Temukan hal-hal menarik lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu memberikan artikel-artikel menarik. Gramedia juga akan memberikan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

Baca Buku:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih