in

16 Manfaat Minum Air Hangat Bagi Kesehatan Tubuh di Pagi dan Malam

Sumber: Pixabay

Manfaat minum air hangat – Tentunya kamu sudah mengetahui akan pentingnya minum air putih pada tubuh. Terlebih lagi, air putih yang kamu minum adalah air putih hangat, maka kamu akan mendapatkan banyak sekali manfaat jika rutin melakukannya.

Kebutuhan cairan tubuh pun harus selalu dipenuhi setiap hari, agar bisa terhindar dari dehidrasi dan terhindar dari beberapa penyakit. Gejala tubuh yang mengalami dehidrasi akan mudah dikenali, kamu dapat melihat kondisi lidah kering atau tidak, haus, sakit kepala, serta rasa lesu.

Mengkonsumsi segelas air hangat juga terlihat sebagai kegiatan yang sederhana. Jadi, penting bagi kita untuk rutin minum air putih hangat, bahkan sebaiknya dalam satu hari kamu bisa minum 2 liter. Lalu, apa saja yang menjadi manfaat minum air hangat?

Manfaat Minum Air Hangat

manfaat minum air hangat
Sumber: medkomtek.com

Jika kamu yang belum terbiasa minum air hangat, maka bisa simak manfaat minum air hangat. Berikut di bawah ini adalah aneka khasiat serta manfaat minum air hangat yang perlu kamu ketahui:

Meredakan Gejala Pilek

manfaat minum air hangat
Sumber: Pixabay

Dari kecil, orang tua kita kerap mengingatkan untuk selalu minum air hangat apalagi jika kamu sedang dalam kondisi pilek. Tindakan ini sendiri ternyata memang bermanfaat karena minum air hangat sendiri dapat meredakan gejala pilek pada tubuh.

Misalnya, saat hidungmu tersumbat serta mengalami sakit tenggorokan. Hal ini dapat terjadi karena uap air hangat yang dapat membuat hidung terasa lebih lega.

Menenangkan Sistem Saraf Pusat

Manfaat minum air hangat lainnya yang akan memengaruhi sistem saraf pusat dan membantu saraf pusat menjadi lebih tenang dan sehat. Jika sistem saraf pusat menjadi sehat dan tenang akan membuat rasa nyeri berkurang dan menurunkan rasa panik.

Minum air hangat juga akan meningkatkan aliran darah ke setiap jaringan tubuh. Hal ini juga memungkinkan otot pada tubuh merasakan rileks. Menurut dr. Luiza Petre, minum air hangat secara tak langsung akan membantu meredakan semua jenis rasa sakit, mulai dari nyeri kram, sendi, serta menstruasi.

Meringankan Stress

Manfaat minum air hangat juga tak hanya baik bagi kesehatan tubuh saja. Ternyata, minum air hangat akan sangat bermanfaat dalam berbagai kondisi psikologis tubuh. Manfaat minum air hangat juga akan menenangkan sistem saraf pusat, mengurangi rasa cemas dan, rasa stres yang dapat mengganggu aktivitas.

Melancarkan Aliran Darah

manfaat minum air hangat
Sumber: Kompas.com

Air hangat juga bermanfaat sebagai vasodilator. Dengan minum air hangat akan membantu dalam melebarkan pembuluh darah. Dengan begitu, aliran darah juga dapat menjadi lebih lancar, sehingga tubuh menjadi sehat. Selain itu, aliran darah yang lancar juga akan membuat otot rileks serta mengurangi nyeri. Jadi, sudahkah minum air hangat hari ini?

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Manfaat minum air hangat dengan rutin juga dapat melancarkan sistem pencernaan, serta membantu usus berkontraksi dengan lebih baik. Kontraksi usus akan membantu untuk mengeluarkan sisa-sisa pencernaan yang tak lagi dibutuhkan tubuh. Saat mengalami kondisi sembelit, kemudian minum air hangat, maka akan meringankan gejalanya.

Dapat Mengeluarkan Racun dari Tubuh

manfaat minum air hangat
Sumber: Pixabay

Daripada mengocek kantong lebih dalam hanya untuk membeli produk detoks yang belum dijamin kebenarannya, kamu disarankan untuk rutin meminum air hangat. Dengan minum air hangat secara rutin dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Menurut ahli kesehatan alami, minum air hangat akan membantu tubuh lebih berkeringat. Keringat juga akan membantu membawa racun ke luar tubuh serta membersihkan pori-pori pada kulit.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat minum air hangat lainnya juga akan menurunkan berat badan. Bagi kamu yang tengah berupaya menurunkan berat badan, maka cobalah untuk minum air hangat secara rutin. Air hangat yang masuk ke dalam tubuh dapat menurunkan suhu tubuh, yang akan membantu metabolisme tubuh menjadi lebih aktif.

Mengutip Reader’s Digest, Cara Walsh, R.D, seorang ahli diet dari Medifast Weight Control Centers of California mengatakan bahwa minum air hangat di pagi hari dengan menggunakan lemon dapat membantu meningkatkan metabolisme pada tubuh. Hal ini juga akan membuat tubuh menjadi lebih optimal serta membakar kalori dengan lebih banyak.

Kamu juga dapat mengonsumsi air hangat di malam hari sebelum beristirahat. Meski begitu, pastikan suhu air yang kamu minum tak terlalu panas.

Meringankan Sembelit

manfaat minum air hangat
Sumber: Pixabay

Minum air hangat yang dicampur garam tanpa yodium dipercaya akan membantu proses pembuangan racun dan detoksifikasi tubuh. Air garam hangat ini memiliki efek laksatif, sehingga akan membuat tubuh lebih cepat melancarkan pencernaan. Cara ini sendiri dipercaya akan membantu membersihkan saluran pencernaan dari racun serta parasit dan mencegah sekaligus menjadi obat sembelit.

Namun, faktanya, efektivitas manfaat air garam hangat ini juga masih diragukan. Belum ada bukti ilmiah yang dapat memastikan efektivitas minum air hangat ini untuk mendetoksifikasi tubuh serta menyingkirkan limbah, racun, serta parasit dari saluran pencernaan.

Minum air hangat asin saat perut kosong juga dapat memberikan dampak kurang baik, seperti mual, kembung dan muntah, hingga dehidrasi. Terlebih lagi, minuman ini akan meningkatkan risiko kelebihan natrium yang kemudian dapat menyebabkan tekanan darah tinggi serta tak aman bagi penderita penyakit ginjal dan jantung.

Jadi, sebaiknya jangan terlalu sering minum air hangat garam. Alangkah baiknya, kamu hanya perlu minum air hangat saja tanpa campuran garam.

Meredakan Kondisi Sinus

Sinus juga merupakan kondisi yang dapat mengganggu, sehingga wajar jika setiap orang mencari pengobatan rumahan untuk hidung tersumbat. Minum air hangat juga akan membantu meredakan kondisi sinus.

Uji klinis dalam jurnal Chest juga menunjukkan bahwa manfaat minum air hangat akan menghilangkan hidung tersumbat dengan lebih cepat bila dibandingkan dengan minum air dingin. Hal ini karena suhu yang lebih tinggi dapat mempercepat laju aliran lendir.

Suhu cairan yang kita minum mungkin akan membuat perbedaan dalam cara mengelola serta menangani gejala infeksi saluran pernapasan atas tertentu. Dengan hidung yang sudah tidak tersumbat, maka aktivitas tidak akan terganggu.

Mendukung Kesehatan Gigi

manfaat minum air hangat
Sumber: jawapos.com

Manfaat minum air hangat lainnya ialah mendukung kesehatan gigi. Gigi akan merasa lebih baik jika kamu beralih dari minum air dingin ke air hangat. Menurut Sanda Moldovan, MS, DDS, air hangat lebih baik untuk gigi serta restorasi, serta lebih mudah untuk diserap.

Hal ini karena bahan pengisi berwarna putih tertentu sendiri berkontraksi sebagai respons kepada air dingin, dengan menyebabkan tambalan terlepas dari gigi. Alangkah baiknya, pastikan air hangat yang dikonsumsi tidak terlalu panas karena suhu ekstrem dapat merusak gigi. Jadi, cobalah untuk meminum air pada suhu kamar agar gigi tetap sehat.

Meredakan Sakit Menstruasi

Pernahkah kamu merasakan perut kram saat menstruasi. Nah, salah satu manfaat minum air hangat adalah mampu meredakan sakit ketika datang bulan atau menstruasi. Panas yang hadir dari air hangat akan membantu untuk merileksasikan otot. Ketika otot merasa rileks, hal ini juga akan membantumu dalam meredakan sakit akibat datang bulan.

Meredakan Gejala Flu

Minum air hangat akan membantu meringankan gejala flu, seperti sakit tenggorokan, pilek, serta mencegah dehidrasi. Air hangat juga akan membantu tubuh untuk mengurangi berbagai iritasi tenggorokan. Uap hangat juga akan membantu mengencerkan lendir yang menyumbat saluran napas.

Kamu juga dapat menambahkan jahe, lemon, serta madu untuk membantu meredakan nyeri tenggorokan dengan segera. Untuk mendapatkan manfaat air hangat lebih banyak, kamu dapat berkumur dengan setengah sendok teh garam dapur yang kemudian ditambahkan ke dalam secangkir air hangat.

Rasa sakit pada tenggorokan disertai peradangan serta pembengkakan pada dinding tenggorokan. Air garam hangat juga akan membantu mengurangi pembengkakan, sehingga tenggorokan terasa lebih lega. Gunakan campuran air garam tadi untuk berkumur tiga kali sehari dalam waktu 30 detik.

Menumbuhkan Rambut

manfaat minum air hangat
Sumber: Pixabay

Jika kamu ingin memiliki rambut yang kuat, sehat serta lebih cepat panjang, maka minum air hangat akan menjadi cara yang tepat untuk dapat mencapai keinginan tersebut. Manfaat minum air hangat juga akan membuat akar rambut menjadi lebih aktif dalam pertumbuhannya. Air hangat juga akan meningkatkan aktivitas akar rambut secara teratur serta memiliki efek percepatan pertumbuhan rambut.

Meringankan Radang Tenggorokan

Salah satu manfaat minum air hangat lainnya ialah dapat meredakan rasa sakit karena tenggorokan yang sedang meradang. Dengan mengonsumsi air hangat menjadi obat alami terbaik untuk flu, batuk serta sakit tenggorokan atau panas dalam.

Bagi kamu yang mengalami batuk berdahak atau anggota keluarga sedang sakit batuk berdahak, maka dengan minum air hangat akan sangat membantu dalam mengatasi rasa sakitnya. Air hangat juga akan membantu melarutkan dahak serta membantu tubuh mengeluarkan dahak dari saluran pernapasan. Dengan begitu, tenggorokan akan merasa lebih nyaman dan nafas pun terasa lebih melegakan.

Memperbaiki Suasana Hati

manfaat minum air hangat
Sumber: Pixabay

Tahukah kamu manfaat minum air hangat sebelum tidur salah satunya adalah kemampuan untuk memperbaiki mood atau suasana hati? Jika kamu mengalami hari yang melelahkan serta menyebalkan, cobalah untuk kemudian minum air hangat sebelum tidur. Tubuh dan pikiran pastinya lelah karena telah beraktivitas seharian. Jika tubuh terasa lelah, hal yang terbaik untuk dilakukan adalah minum air hangat di malam hari. Dengan mengonsumsi air hangat sebelum tidur, maka tubuh akan menjadi lebih rileks serta mengurangi rasa stres.

Membuat Awet Muda

Minum air hangat sebelum tidur juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, sehingga membuat diri kamu terlihat lebih awet muda. Hal ini sendiri dikarenakan efek rileks yang diberikan oleh air hangat Ketika dikonsumsi malam hari.

Dengan membiasakan minum air hangat saat malam hari ataupun sebelum tidur, secara tidak langsung akan membantu merasakan relaksasi. Dengan merasakan rileks yang terus menerus, kamu juga akan menjadi lebih awet muda. Selain mampu mengeluarkan racun dari tubuh, air hangat juga turut mampu memperbaiki sel-sel kulit, sehingga elastisitas kulit tetap terjaga.

Kesimpulan

Jadi, kamu harus selalu pastikan asupan cairan tubuh selalu tercukupi setiap harinya. National Health Service sendiri mencatat bahwa kebutuhan air minum setiap orang memang berbeda-beda. Dengan semakin banyak aktivitas fisik yang dilakukan, serta dengan semakin panas cuacanya, maka kamu juga butuh cairan yang lebih banyak untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Terlebih, jika kamu yang tengah mengalami menstruasi, minum air hangat di malam hari ketika badan sedang pegal serta lelah juga akan menjadi solusi terbaik. Rata-rata orang dewasa sendiri membutuhkan 6-8 gelas setiap hari. Jangan sampai kurang minum air putih ya, sebab tubuh akan mengalami dehidrasi serta membahayakan organ lainnya.

Bahkan, kamu juga akan merasa sulit fokus dan akan mengurangi kecantikan. Hal ini karena kulit dari tubuh yang tak terhidrasi dengan baik juga akan terlihat lebih kering.

Buku-Buku Terkait

Keajaiban Terapi Air Putih

Keajaiban Terapi Air Putih
Keajaiban Terapi Air Putih

Air putih adalah minuman yang sering kita konsumsi sehari-hari yang biasanya bertujuan untuk pelepas dahaga saja. Akan tetapi tidak cuma itu kegunaan atau manfaat dari air putih, melainkan air putih tersebut dapat digunakan untuk terapi dengan berbagai macam manfaat di dalamnya, yaitu antara lain adalah memperkuat sistem imun tubuh, menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh, menjaga keseimbangan elektrolit, meremajakan otot dan sel-sel darah, menyeimbangkan system limpa, membersihkan usus, dan masih banyak lagi berbagai puluhan macam dari manfaat air putih untuk terapi bagi kesehatan tubuh manusia.

Keajaiban Air Mineral Bagi Kesehatan

Keajaiban Air Mineral Bagi Kesehatan
Keajaiban Air Mineral Bagi Kesehatan

Anda pun dapat secara langsung mempraktikkan terapi air mineral setelah membaca buku ini. Berbagai manfaat terapi air mineral bagi kesehatan bisa langsung Anda rasakan, di antaranya: Memperkuat sistem imun tubuh, Menjaga keseimbangan cairan elektrolit di dalam tubuh, Meremajakan otot dan sel-sel darah, Menyeimbangkan sistem limpa, Memperlancar buang air besar dan kecil, Mencegah nyeri sendi dan pengeroposan tulang, Memberi energi dalam otak, Menjaga kesehatan pencernaan, Mempertahankan suhu tubuh dan menjaga metabolisme tubuh, dan Mengurangi risiko kanker.

Semoga buku ini memberikan faedah bagi Anda semua, terutama sebagai pedoman dalam menjaga kesehatan melalui konsumsi air mineral. Selamat membaca dan meminum air mineral. Salam sehat!

Kunci Sukses Bisnis Rumahan: Makanan dan Minuman

Kunci Sukses Bisnis Rumahan : Makanan dan Minuman
Kunci Sukses Bisnis Rumahan

“Bisnis merupakan ilmu yang aplikatif artinya untuk menjadi seorang pebisnis atau pengusaha adalah langsung praktek (action). Bahkan ada yang mengatakan action dulu, untuk teori bisa sambil belajar (learning by doing). Jadi sungguh ironis jika Anda ingin berbisnis dan memiliki banyak ide tapi tidak berani melaksanakan…ya percuma!!

Buku ini sungguh tepat bagi Anda yang ingin ide bisnisnya langsung terealisasi,tanpa Anda harus mengikuti seminar/ workshop bisnis yang merogoh kocek jutaan rupiah. Karena dalam buku ini langsung dijelaskan tentang bisnis yang sederhana dan dapat dilakukan di rumah Anda sendiri. Selain itu dilengkapi pula peluang bisnis, contoh, dan analisis keuangannya. Khusus Dalam buku ini akan dibahas seputar bisnis makanan dan minuman.

Untuk Lebih tahu tentang bisnis lainnya, Anda bisa dapatkan di serial buku ‘Kunci Sukses Bisnis Rumahan’.Selamat membaca dan semoga bermanfaat!!”

Minuman Tradisional Penguat Kekebalan Tubuh

Minuman Tradisional Penguat Kekebalan Tubuh
Minuman Tradisional Penguat Kekebalan Tubuh

Mengapa minuman Tradisional? Minuman atau wedang rempah berakar berurat dari budaya bangsa Indonesia. Yang membedakan minuman ini dari jenis minuman Lainnya adalah kandungan rempah-rempah dan herbal yang mengandung bio?avonoid, yaitu zat aktif yang berperan memperkuat sistem kekebalan. Minuman wedang rempah dipercaya turun temurun karena manfaat rempah yang menyehatkan dan dipercaya mampu mengusir penyakit masuk angin.

Bukti empiris manfaat rempah dihasilkan dari riset ilmiah yang menunjukkan zat aktif rempah, yaitu minyak atsiri dan flavonoid yang berperan penting sebagai antiseptik, anti stres, anti peradangan dan anti penggumpalan darah. Pada akhir buku disajikan pula aneka resep ‘wedang’ yang sudah dimodifikasi untuk memperkaya khasanah pengetahuan. Akhir kata selamat membaca sambil menikmati ‘wedang’ yang segar dan menyehatkan sambil ditemani penganan ubi rebus, pisang rebus, dan kacang rebus.

Setelah mengetahui semua manfaat dari minum air hangat, apakah kamu masih ragu untuk minum air hangat? Jadi, segera minum air hangat sejak saat ini agar kamu dapat merasakan berbagai manfaatnya.

Demikian pembahasan tentang manfaat minum air hangat, kamu juga bisa mencari buku tentang yang berkaitan dengan air mineral di Gramedia.com. Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Semoga bermanfaat ya!

Penulis: Sofyan

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi