in

Kata Mutiara Islami Tentang Cinta dan Jodoh

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai kata – kata mutiara Islam tentang cinta. Kata-kata mutiara Islami ini tentu bukan hal asing lagi, khususnya di kalangan umat Islam.

Bahkan, tidak sedikit umat Islam yang mudah tersentuh hatinya, saat membaca kata-kata mutiara tersebut. Apalagi kata-kata mutiara Islami yang membahas tentang cinta hamba kepada Rabb-Nya.

Selain itu, kata-kata mutiara Islami memiliki pembahasan yang berbeda-beda. Di dalamnya terdapat makna yang dalam, sehingga bisa menjadi motivasi.

Nah, di zaman sekarang ini kita bisa dengan mudah menemukan konten kata-kata mutiara Islami di berbagai platform online. Mulai dari Google, media sosial seperti Instagram, hingga website Islami.

Kata-Kata Mutiara Cinta Islami

  1. Janganlah engkau mencintai orang yang tidak mencintai Allah. Jika Allah saja berani ditinggalkannya, maka engkau pun akan ditinggalkannya kelak.
  2. Allah akan mengujimu dengan sesuatu yang engkau cintai, maka janganlah engkau berlebihan dalam mencintainya, agar saat sedih engkau tidak berlebihan terhadapnya.
  3. Pada saat hikmah cinta menusuk ke kalbu, berangkat dari suatu niat yang mulia karena Allah, niscaya keajaiban cinta yang hakiki tidak akan lenyap dari jiwa orang-orang yang beriman selamanya.
  4. Setiap pasangan sejati, yang dilandaskan oleh Qur’an dan Sunnah akan menjadi pasangan yang saling melengkapi baik susah maupun senang. Karena memahami hikmah dari Sang Pencipta akan lebih menambah rasa syukur kepada setiap individu.
  5. Ada kalanya cinta bisa menuntut sebuah pengorbanan. Apabila engkau belum mampu untuk berkorban demi ketaatan, maka engkau belum benar-benar mencintai Sang Pemilik Semesta.
  6. Jangan khawatir mengenai takdir cinta, karena Allah telah menuliskan nama pasanganmu sebelum engkau lahir ke dunia. Maka, yang perlu engkau lakukan hanyalah memperbaiki hubunganmu dengan Allah.
  7. Apabila ada kedua insan mencintai karena Allah, cinta keduanya pun tidak akan pernah mati.
  8. Pasangan sejati yang diridhoi Allah adalah yang bukan hanya membimbing pasangannya di dunia, tapi membimbingnya hingga di akhirat.
  9. Tidak ada solusi untuk kedua insan yang saling mencintai selain pernikahan. (HR. Ibnu Majah).
  10. Kutitipkan cinta hanya kepada Allah,  dengan harapan bisa menjaga hatiku dan hatinya dari suatu rasa kecewa hingga waktu yang dinanti tiba. Pintaku kepada Rabb-ku, persatukanlah kami dalam Ridho-Mu kelak.
  11. Setiap cinta bisa menjadi cinta yang baik, terlebih jika dilandasi dengan iman dan ketakwaan. Karena dua insan bisa saling melengkapi baik dalam urusan dunia hingga urusan akhirat.

Kata-Kata Mutiara Cinta Pada Allah

  1. Hati itu diibaratkan seperti cangkir, semakin banyak engkau isi dengan kecintaan kepada Allah, maka akan semakin sedikit ruang yang tersisa untuk kecintaanmu terhadap dunia.
  2. Apabila Allah membimbingmu untuk selalu mengingat-Nya, itu adalah pertanda bahwa Allah mencintai hamba-Nya.
  3. Hati diciptakan oleh Allah dan hanya untuk Allah.
    Sungguh, Allah sangat mencintai orang-orang yang senantiasa bertawakal kepada-Nya.
  4. Ketahuilah, bahwa cinta setiap hamba kepada Rabb-Nya adalah sebuah cahaya terang. Tanpanya, engkau akan berada dalam kegelapan. Cinta kepada Allah bisa menjadi obat yang menyembuhkan. Tanpa Allah, hatimu akan menjadi sarang penyakit.
  5. Saat engkau jatuh cinta kepada Allah, dunia pun akan berubah menjadi surga.
  6. Ada cinta yang bisa bertahan hingga maut memisahkan, namun cinta kepada Allah dan juga demi Allah yang akan bertahan selamanya.
  7. Saat engkau jatuh cinta kepada Allah, maka semua kesulitan hidup akan terasa menjadi lebih mudah.
  8. Saat engkau jatuh cinta kepada seseorang, engkau tidak bisa berhenti untuk memikirkannya. Kita pun mengaku cinta kepada Allah, tapi seberapa seringkah kita mengingat-Nya?.
  9. Beruntungnya bagi mereka yang sangat mencintai Allah. Niscaya mereka pun tidak akan pernah berpisah dengan kekasih mereka.
  10. Ketahuilah, bahwa satu-satunya hubungan yang tidak akan membuatmu merasa tersakiti adalah hubunganmu dengan Rabb-Mu.
  11. Biarkanlah saat kematian menjumpaimu,  engkau sudah dalam kondisi cinta kepada Allah.

Kata-Kata Mutiara Islam Menyentuh Hati

  1. Orang paling kaya ialah orang yang mampu menerima takdir dari Allah dengan ikhlas. – Ali bin Hussein
  2. Janganlah engkau menjelaskan tentang dirimu kepada siapa pun, karena yang menyukaimu tidak akan membutuhkannya. Dan yang membencimu tidak akan mempercayainya. – Ali bin Abi Thalib
  3. Janganlah engkau berduka, hal apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi kepadamu dalam bentuk yang lain. – Jalaluddin Rumi
  4. Dosaku sangatlah membebaniku. Namun saat ku membandingkannya dengan Rahmat-Mu Wahai Rabb-ku, sungguh ampunan-Mu nyatanya lebih besar daripada dosaku ini. – Imam Syafii
  5. Jangan lelah untuk selalu berpikir positif, tidak peduli seberapa keras kehidupan yang kau jalani. – Ali bin Abi Thalib
  6. Lantas, mengapa jika kehidupan di dunia ini tidaklah sempurna? Karena kehidupan ini bukanlah surga. – Nouman Ali Khan
  7. Saat engkau mendapati hidupmu sedang terpuruk, maka pada saat itulah engkau berada di dalam posisi yang sempurna untuk berdoa kepada Allah.
  8. Kematian tidak akan datang dan menunggu hingga engkau akan menjadi lebih baik. Maka, jadilah orang baik dari sekarang dan tunggulah kematian itu. – Habib Ali Zainal Abidin.
  9. Ketahuilah, bahwa setiap detik yang kita lalui saat menjalani kehidupan di dunia ini sangatlah berharga. Manfaatkanlah setiap detik dalam kehidupan ini sebaik mungkin untuk bekal di akhirat kelak.
  10. Apapun yang terjadi hari ini, esok dan seterusnya, jangan lelah untuk bersyukur dan mengejar Ridho-Nya.
  11. Karena tujuan setiap mukmin adalah Surga, maka jangan terlalu mencintai dunia yang sifatnya hanya sementara.
  12. Balas dendam yang paling baik adalah dengan menjadikan dirimu menjadi lebih baik lagi. – Ali bin Abi Thalib.

Baca juga :Kata-Kata Bijak Islami Tentang Kehidupan, Kesabaran, Masalah dan Wanita

Kata-Kata Mutiara Islam Tentang Cinta pada Istri

  1. Sosok istri yang dimuliakan oleh Allah adalah yang menghormati suaminya.
  2. Istri paling bahagia dan beruntung adalah yang Allah karuniai seorang suami terbaik. Seorang suami penyayang dan penyabar, yang penuh kelembutan dan kehangatan, senang menolong, punya hati tulus. Jika ia pergi, istri merindukannya dan jika ia ada istri ingin selalu berdekatan dengannya.
  3. Jantung dari rumah dalam pernikahan yang kau tempati adalah istrimu. Maka apabila hatinya tidak merasa bahagia, seisi rumah pun akan tampak layaknya neraka.
  4. Istri yang shalihah adalah yang taat kepada suaminya dan senantiasa melaksanakan perintah Allah dan Rasul-Nya.
  5. Duhai para istri, jangan pernah menceritakan hal-hal buruk mengenai suamimu kepada siapapun.
  6. Wanita itu layaknya bunga, di mana harus diperlakukan dengan baik hati, lembut, penuh kasih sayang.
  7. Istri Shalilah itu memperlakukan suami mereka layaknya seorang raja, mencintai suaminya layaknya seorang pangeran. Namun, ia tidak lupa untuk senantiasa mengingatkan suaminya bahwa dia hanyalah seorang ‘hamba Allah’.
  8. Tidak ada wanita (istri) di belakang seorang lelaki yang hebat. Namun, wanita itu berada di sampingnya. Ia selalu ada bersamanya, membersamainya bukan di belakangnya.
  9. Sebaik-baik istri shalilah, ialah yang senantiasa bersabar atas suaminya. Senantiasa mendukung suaminya dalam kondisi apapun.
  10. Sungguh dunia itu dipenuhi dengan banyak perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan yang ada di dunia adalah istri yang shalihah.
  11. Istri yang senantiasa taat kepada suaminya bisa masuk ke dalam surga melalui pintu manapun yang ia kehendaki.
  12. Istri yang baik akhlaknya akan senantiasa menjaga dirinya, adalah ia yang menampakkan perhiasannya (kecantikannya) hanya kepada suaminya.

Baca juga : Pengertian Toleransi Dalam Islam

Kata-Kata Mutiara Islam Pada Suami

  1. Suami yang baik tidak pernah lelah dalam mencari nafkah. Karena lelahnya menjadi ‘Lillah’ demi kebahagiaan istri serta buah hatinya.
  2. Tertawa, bermain dan juga bercandalah dengan istrimu. Karena hal itu adalah Sunnah Rasulullah.
  3. Semahal apapun bantal yang kau miliki, tidak ada yang bisa menggantikan bahumu sebagai tempat ternyaman dan tertenang untuk bersandar istrinya.
  4. Suamiku, bertakwalah selalu kepada Allah. Janganlah engkau memberi makan istri dan anakmu kecuali dengan yang halal. Sungguh, kami bisa bersabar dari makanan yang sedikit, namun kami tidak mampu bersabar dari panasnya api neraka di akhirat kelak.
  5. Dan sebaik-sebaik suami adalah sosok suami yang paling baik kepada istrinya. (HR. Abu Hurairah).
  6. Cinta seorang laki-laki adalah dengan menikahi wanita yang dicintainya. Karena laki-laki yang baik tidak akan bermain-main dengan cinta. Ia akan bertanggung jawab atas istrinya sepenuhnya.
  7. Suamiku memang tidak sempurna, namun di mataku dia sangat sempurna karena aku mencintainya karena Allah.
  8. Hargailah istrimu sebagaimana engkau menghargai Ibumu yang telah melahirkanmu. Karena istrimu juga seorang ibu yang telah melahirkan anak-anakmu.
  9. Suami yang paling sempurna ialah yang mampu menyempurnakan kekurangan istrinya. Keduanya saling menyempurnakan karena mampu menerima segala kekurangan.
  10. Suatu kewajiban bagi setiap suami untuk memiliki ilmu Agama yang baik. Karena ia harus memastikan, bahwa istrinya akan menerima pendidikan Agama terbaik darinya.
  11. Sosok suami yang memahami pernikahan sebagai Ibadah, akan senantiasa sabar dan lembut hatinya dalam membimbing istrinya.

Baca juga : Rukun Jual Beli Dalam Islam dan Syaratnya

Kata-Kata Mutiara Islam Dalam Al-Quran

  1. Wahai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar.” – (Q.S. Al-Baqarah: 153).
  2. Janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah selalu bersama kita. – (Q.S. At-Taubah: 40).
  3. dan Allah akan memberikan balasan kepada orang-orang yang bersyukur. – (Q.S. Ali-Imron: 144).
    Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. – (Q.S. Al-Baqarah: 286).
  4. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar. – (Q.S. Al-Ankabut: 45).
  5. Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar. – (Q.S. Al-Baqarah: 153).
  6. Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. – (Q.S. Al-Insyirah: 5).
  7. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. – (Q.S Huud: 114).
  8. Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan) duniawi. – (Q.S Al-Qashas: 77).
  9. Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung. – (Q.S Ali Imran: 173).
  10. dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik. – (Q.S Al-Baqarah: 195).

Buku Terapi Berpikir Positif Islami: Mukjizat Meraih Kesuksesan D

buku berpikir positif islami

tombol beli buku

Kata-Kata Mutiara Islam Dalam Diam

  1. Cintaku layaknya cinta Fatimah kepada Ali, mencintaimu dalam diam dengan caraku.
  2. Kau adalah ketidakmungkinan yang selalu kuperjuangkan dalam sepertiga malamku.
  3. Tidak ada yang lebih indah dari dua insan yang saling menjaga dalam ketaatan. Tidak pernah bertemu dan berpapasan. Namun saling menunggu dan saling memantaskan.
    Mencintaimu dalam diam tidak membuatku takut kehilanganmu. Karena jodoh tidak akan ke mana-mana.
  4. Tidak ada hal yang paling indah saat dua insan saling merindu dalam diamnya. Tidak pernah saling berkomunikasi, tidak pernah saling berinteraksi. Namun keduanya saling mendoakan di dalam sujudnya masing-masing.
  5. Karena tidak semua cinta harus mengungkapkan, terkadang diam adalah cara terbaik. Maka di sepertiga malamku namamu kupinjam untuk kudoakan berulang kali.
  6. Sebaik-baiknya mengungkapkan rindu ialah dengan saling mendoakan. Mendoakannya dalam diam, mendoakannya dalam sepertiga malam di dalam sujud panjangmu.
  7. Mendoakan adalah cara untuk mencintai seseorang dengan cara paling rahasia.
  8. Diam-diam mencintai seseorang bukanlah hal yang salah, karena jodoh memanglah rahasia Allah. Karenanya, kau tidak akan tersakiti jika yang kau cintai secara diam-diam yang bukan ditakdirkan untukmu.
  9. Cinta dalam diam terkadang lebih baik, daripada saling mencintai di atas cinta yang tidak halal.
  10. Dengan mencintai dalam diam, aku ikhlas apabila engkau bukan ditakdirkan untuk bersamaku. Cinta dalam diam mengajarkanku untuk lebih banyak bersabar dan mendekatkan diri kepada-Nya bukan kepadamu.
  11. Janganlah setiap insan diam-diam mencintai insan lainnya jika tujuannya bukanlah pernikahan.

Kata-Kata Mutiara Islam Tentang Jodoh

  1. Jodoh terbaik bukan hanya dicari, melainkan dibentuk dari diri sendiri.
    Jika kita menginginkan Jodoh yang baik, maka menjadi baiklah terlebih dahulu. Karena laki-laki baik, untuk wanita yang baik. Dan wanita yang baik untuk laki-laki yang baik pula.
  2. Melangkahlah sendiri dulu, sampai Allah mengirimkan seseorang untuk melangkah bersamamu.
  3. Laki-laki berkata, ‘Zaman sekarang mencari wanita shalihah itu sulit!’. Wanita pun berkata, ‘Zaman sekarang mencari laki-laki shalih itu sulit!’. Lantas, ‘Kenapa kalian sibuk mencari, bukannya menjadi?.
  4. Jodoh itu seperti ‘Alif Lam Mim’ yaitu ayat pertama dalam surat Al-Baqarah, artinya hanya Allah yang tahu.
  5. Ketika dua insan menjaga dirinya dengan baik, keduanya kelak akan dipertemukan di waktu yang tepat dengan cara paling berkah.
  6. Akan datang suatu masa di mana engkau akan memperjuangkan ataupun diperjuangkan oleh seseorang. Maka bersabarlah, fokus saja memantaskan dirimu. Yakinlah, suatu saat Allah akan menghadirkan jodohmu di waktu yang tepat.
  7. Jika engkau tidak berjodoh dengan orang yang selalu disebut dalam doamu, artinya Allah ingin engkau bersama dengan orang yang diam-diam selalu menyebut namamu di dalam doanya.
  8. Bersabarlah wahai setiap hati yang tengah menanti. Yakinlah, suatu hari nanti Allah akan hadirkan tempat terbaik yang akan menjadi pelabuhan terakhirmu.
  9. Dalam penantian, isilah waktumu dengan hal-hal yang baik. Sebab Allah Maha Mengetahui, kapan waktu paling tepat untuk ‘seseorang yang tepat’ menyentuh hatimu.
  10. Sejauh apapun jarak di antara dua insan, titik temu keduanya adalah pernikahan jika Allah sudah menghendakinya.
  11. Setiap insan yang ikhlas dengan rencana-Nya, akan senantiasa menerima dengan siapapun nantinya Allah dijodohkan-Nya. Ia akan senantiasa bersyukur dengan kelebihannya dan bersabar dengan kekurangan pasangannya kelak.

Nah, itulah tadi beberapa kata-kata mutiara Islam tentang cinta, yang bisa kami sampaikan dalam kesempatan kali ini. Meski ada bagian-bagian yang sedikit berbeda, tapi makna keseluruhannya tetap sama. Kami harap, semoga kata-kata mutiara Islami di atas bisa bermanfaat dan menjadi motivasi untuk siapa saja yang membacanya.

Buku & Quotes Yang Lainnya

1. Buku 2. Quotes dan Kata Bijak Lainnya

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus



  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ahmad