in

Yuk, Kenali Jenis Laptop yang Sesuai dengan Kebutuhanmu!

https://www.pondokgue.com/

Jenis Laptop – Sejak kehadirannya pada tahun 70-an, laptop bukan lagi menjadi barang mahal yang hanya bisa dimiliki oleh kalangan atas saja. Bahkan kini sudah banyak laptop dengan berbagai rentang harga yang membuat siapa pun dapat mempunyainya.

https://www.91mobiles.com/

Sebagai pribadi yang dinamis, tentunya Grameds juga memerlukan perangkat yang satu ini, mulai untuk urusan mengetik, berseluncur di internet, hingga desain ataupun edit foto. Nah, sebelum Grameds memutuskan untuk membeli laptop yang sesuai, mari pahamai berbagai tipe laptop yang paling banyak dipakai. Dengan begitu, Grameds  bisa memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan kegiatan yang Grameds lakukan tiap harinya.

Jenis-Jenis Laptop

Berikut jenis-jenis laptop berdasarkan pada tipe kegunaannya!

1. Traditional Laptop

pinterest

Traditional laptop adalah tipe laptop paling awal yang dikenal oleh manusia. Bentuk laptop tradisional pada umumnya menyerupai cangkang kerang atau yang juga dikenal dengan sebutan clamshell, dengan sebuah layar yang terletak pada bagian dalam serta keyboard yang terletak di bagian yang berlawanan. Dalam perkembangannya, tipe laptop ini tak lagi mempunyai bentuk yang melengkung secara keseluruhan, tetapi hanya pada setiap sudutnya.

Selain itu, tipe laptop ini juga pada umumnya mempunyai ukuran layar sebesar 10 hingga 17 inci serta dilengkapi dn=engan OS utama seperti macOS, Linux, atau Windows. Laptop ini adalah laptop paling umum yang dapat Grameds temukan di pasaran. Beberapa contoh laptop tradisional yang dapat Grameds temukan, yakni:

1. Apple Macbook Pro

Apple Macbook Pro adalah salah satu tipe laptop paling populer yang dicari oleh banyak editor dan desainer, karena memilikki bentuk bodi yang minimalis serta performa grafis yang mumpuni, yakni RAM 16GB dan disertai dengan prosesor Intel Core i7. Ukuran layarnya yang cukup besar, yakni 15,4 inci juga menjadikan Apple Macbook Pro cukup leluasa untuk menjalankan berbagai kegiatan.

Selain itu, desainnya yang portabel serta mudah untuk dibawa menjadi alasan mengapa laptop ini banyak dijadikan sebagai incaran. Harga yang berada di kisaran 20 sampai 27 jutaan bukanlah sebuah halangan untuk mempunyai tipe laptop merk Apple ini.

2. Dell Inspiron 14 Series

Telah cukup lama bergelut dalam pasar laptop dunia, Dell mempunyai tipe laptop dalam kategori tradisional yang cukup terkenal, yakni Dell Inspiron 14 Series. Laptop ini pada umumnya dilengkapi dengan layar berukuran 14-15 inci serta dilengkapi dengan RAM 2-4 GB. Selain itu, laptop Dell Inspiron 14 Series juga mempunyai keunggulan dari segi harga. Untuk laptop kelas pemula, umumnya hanya dibanderol pada harga sekitar 3-7 jutaan.

2. Subnotebook

https://www.pcmag.com/

Bagi Grameds yang mempunyai mobilitas yang tinggi, tipe laptop subnotebook adalah pilihan yang paling baik. Tipe subnotebook memang secara khusus didesain dengan bentuk ultra portabel, yakni ukuran yang kecil, bobot yang ringan, dan seringkali disertai dengan daya baterai yang panjang. Pada umumnya, subnotebook mempunyai bobot yang lebih ringan dari laptop biasa, yakni berkisar antara 0,8 hingga 2 kilogram saja.

Tak hanya sampai di situ, daya baterai yang bisa digunakan sampai dengan 10 jam adalah keunggulan dari subnotebook apabila dibandingkan dengan tipe laptop pendahulunya. Meskipun demikian, sejak kemunculan netbook dan ultrabook, klasifikasi kategori antara subnotebook dengan kedua tipe laptop tersebut semakin tak begitu terlihat jelas.

Netbook memiliki bentuk yang lebih standard dan terjangkau, sementara beberapa jenis ultrabook memiliki ukuran yang terlalu lebar untuk dikategorikan sebagai subnotebook. Sehingga untuk membedakan antara ketiga tipe laptop tersebut, dibutuhkan penglihatan yang jeli, baik melalui spesifikasi atau juga tampak luarnya. Beberapa contoh subnotebook yang cukup populer di pasaran saat ini, antara lain:

1. Apple Macbook Air

Dilengkapi dengan layar berukuran 13 inci-an serta berat 1,35 kilogram, Macbook Air adalah salah satu contoh tipe laptop subnotebook yang cukup populer dikenal di pasaran laptop dunia. Apple Macbook Air juga dilengkapi dengan prosesor Intel Core i5, RAM 4GB, dan memori penyimpanan sebesar 128GB.

Spesifikasi tersebut berhasil membuat bobot Macbook Air sangat ringan untuk dibawa bepergian, tanpa mengorbankan performa bagi pekerjaan yang cukup berat. Pada saat ini, Apple Macbook Air dibanderol dengan harga pada kisaran 12 hingga 14 juta.

2. Sony Vaio P Series

Tipe laptop subnotebook yang satu ini dirilis oleh Sony pertama kalinya pada tahun 2009. Pada mulanya, laptop ini dipasarkan sebagai “lifestyle PC”, meskipun pada dasarnya mempunyai karakteristik yang serupa dengan netbook. Sony Vaio P Series dilengkapi dengan layar yang memiliki 8 inci dan menjadikan laptop tipe ini tampak sangat kecil dan pas dalam genggaman.

Selain itu, laptop ini dilengkapi juga dengan prosesor Intel Atom, RAM 2GB, serta memori penyimpanan sebesar 128GB. Untuk urusan harga, Sony Vaio P Series dibanderol pada kisaran harga 12 hingga 19 juta rupiah. Sayangnya, tipe laptop ini sudah tak dirilis baru lagi sehingga jika Grameds menginginkannya harus mencari barang bekasnya.

3. Netbook

https://www.nesabamedia.com/

Tak jauh berbeda dengan tipe laptop yang sebelumnya, netbook adalah laptop yang memiliki ciri khas bobot yang ringan, harga yang terjangkau, tetapi daya tahan baterai yang tak terlalu panjang. Laptop jenis ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008, dengan bobot yang kurang dari 1 kilogram serta ukuran layar yang kurang dari 9 inci. Hal tersebut membuatnya sebagai laptop yang paling ringan pada masanya.

Nama “netbook” sendiri, diambil dari kata “net” yang adalah singkatan dari internet dan ”book” yang adalah singkatan dari notebook. Memang pada dasarnya, tipe laptop ini didesain khusus untuk kebutuhan browsing di internet serta mengetik menggunakan aplikasi office. Maka dari itu, daya tahan baterai dari laptop ini juga dibuat tak terlampau awet.

Beberapa contoh netbook  yang saat ini populer di pasaran, antara lain:

1. Lenovo Ideapad S215 Series

Tipe laptop ini mempunyai bobot yang hanya 1,25 kilogram, sehingga memungkinkan untuk dibawa bepergian. Meski demikian, Lenovo Ideapad S215 Series dilengkapi dengan layar berukuran 11,6 inci, prosesor AMD E1, RAM 2GB, serta memori penyimpanan sebesar 500GB.

Hanya saja, dengan tujuan untuk menekan harga, tipe laptop Lenovo ini tak dilengkapi dengan OS, sehingga Grameds perlu menginstall sistem operasi sendiri. Perihal harga, Lenovo Ideapad S215 Series berada pada kisaran 1 hingga 2 juta rupiah.

2. Asus EeeBook E202

Asus dikenal sebagai merk laptop pertama yang memproduksi tipe laptop netbook massal, melalui seri Eee PC. Setelah itu, mereka memproduksi tipe EeeBook untuk menyempurnakan seri yang sebelumnya. Asus EeeBook E202 dapat dikatakan sebagai netbook yang cukup mumpuni, karena dibekali dengan dapur pacu Intel Celeron serta RAM 2GB.

Untuk urusan memori, di dalam Asus EeBook E2202 tertanam HDD 500GB yang membuat Grameds dapat menyimpan file pekerjaan dengan ukuran yang besar. Di dalam laptop jenis ini juga telah terinstal Windows 10, sehingga Grameds tak perlu repot untuk mencari OS baru untuk melengkapinya. Untuk urusan harga, Asus EeeBook E202 dibanderol dengan harga pada kisaran 2-7jt rupiah.

4. Convertible, Hybrid, 2-in1

https://www.pricebook.co.id/

Seluruh laptop pada tipe ini, umumnya telah dilengkapi dengan layar sentuh, yang memungkinkan Grameds untuk memakainya sebagai tablet sekaligus sebagai laptop yang dilengkapi dengan keyboard detachable atau flip.

Meski cenderung mirip, tipe laptop convertible, hybrid, dan 2-in-1 mempunyai perbedaan yang cukup mencolok. Laptop convertible mempunyai keyboard yang bisa diputar 360 derajat. Sementara itu, laptop hybrid dilengkapi dengan fitur detachment atau keyboard yang bisa dilepaskan dari layarnya.

Untuk laptop 2-in-1 pada umumya bisa berupa laptop hybrid atau convertible, karenanya tipe laptop ini umumnya dipasarkan sebagai laptop 2-in-1 convertible dan 2-in-1 hybrid. Pada umumnya, tipe laptop 2-in-1 mempunyai daya tahan baterai yang cukup awet. Ukurannya juga cukup tipis, dengan ketebalan yang hanya 10 milimeter.

Beberapa contoh laptop convertible, hybrid, 2-in-1 yang umumnya ada di pasaran, seperti:

1. Microsoft Surface Book

Dengan tampilan yang elegan serts balutan metal berwarna silver, Microsoft Surface Book adalah tipe laptop hybrid yang bisa memanjakan mata Grameds. Laptop ini dilengkapi dengan layar berukuran 13 inci, prosesor Intel Core i7, RAM 16GB, prosesor NVIDIA GeForce 2GB, serta memori penyimpanan dengan ukuran 1 TB.

Dengan spesifikasi yang sangat tinggi, wajar apabila laptop ini menjadi primadona baru bagi para editor dan desainer yang mempunyai mobilitas tinggi. Untuk harga, Microsoft Surface Book dibanderol dengan harga pada kisaran 36 juta rupiah.

2. HP Spectre x360 13-4125TU

Memasuki pasar laptop convertible, hybrid, 2-in-1, HP juga merilis laptop hybrid HP Spectre X360 13-4125TU. Di dalamnya, ditanamkan prosesor Intel Core i7, RAM 8GB, serta SSD 512GB.

Spesifikasi yang menjanjikan ini menjadikan tipe laptop ini bisa menjadi pilihan bagi Grameds yang tengah mencari laptop mid-end yang cukup tangguh untuk melakukan berbagai kegiatan berat, mulai dari komputasi sederhana, hingga urusan desain, dan edit foto.

5. Desktop Replacement

ngonoo.com

Desktop replacement adalah salah satu tipe laptop yang didesain secara khusus dengan tujuan untuk mengakomodir kemampuan sebuah PC dalam bentuk laptop. Memiliki bentuk yang portabel, tetapi performa yang tangguh, membuat laptop ini layak Grameds jadikan sebagai pilihan.

Khususnya, apabila Grameds memerlukan laptop untuk pekerjaan yang berat, misalnya edit dan render video, animasi, serta pekerjaan berat lain yang memerluka performa lebih. Meskipun demikian, bentuk laptop dengan tipe ini cenderung lebih besar dan lebih berat apabila dibandingkan dengan laptop pada umumnya.

Bodi yang berat ini memungkinkan supaya laptop bisa tetap dingin walau digunakan dalam durasi yang lama. Selain itu, desktop replacement juga umumnya dilengkapi dengan ukuran layar yang lebih dari 14 inci dan memungkinkannya untuk dipakai dengan leluasa dan nyaman.

Beberapa contoh desktop replacement yang saat ini bisa Anda temui di pasaran, antara lain.

1. Asus ROG Zephyrus Duo 15

ASUS ROG Zephyrus DUO 15 GX550LWS-I77SE8T memiliki desain unik dengan dua layar tersemat dalam satu bodi laptop. Keduanya mampu bekerja sekaligus berjalan dengan baik pada program yang berbeda.

Laptop Profesional dengan desain unik ini telah dibekali dengan Nvidia RTX 2070 super yang dijamin memiliiki performa grafis mumpuni. Dibekali dengan RAM 32GB dan diserta dengan SSD 2TB yang menjadikannya semakin gahar apabila digunakan untuk keperlua gaming dan editing sekaligus.

2. HP Zbook Series

Untuk urusan performa, HP Zbook Series adalah salah 1 desktop replacement yang cukup menarik untuk Grameds jadikan sebagai pilihan. Beberapa seri laptop ini bahkan mempunyai RAM 32GB yang menjadikannya tak sekadar laptop biasa, tetapi mobile workstation yang dapat Grameds bawa kemana-mana.

Dalam urusan dapur pacu, tipe laptop ini memakain Intel Core i5 atau i7, sesuai dengan keperluuan Grameds. Sedangkan untuk media penyimpanan dapat disesuaikan mulai dari 128 GB hingga 1TB. Untuk harga, HP Zbook Series dibanderol pada kisaran dari 19 juta hingga 36,5 juta rupiah.

6. Rugged Laptop

yangcanggih.com

Rugged laptop adalah tipe laptop yang didesain khusus untuk keperluan penggunaan pada kondisi yang ekstrim, misalnya banyak getaran, suhu udara ekstrim, dan kondisi yang basah atau berdebu. Laptop ini juga dibuat dengan bentuk yang berbeda, tak berusaha mengadaptasi desain laptop pada umumnya. Maka dari itu, rugged laptop cukup jarang ditemui di pasar konsumen reguler.

Selain itu, rugged laptop pada umumnya juga dilengkapi dengan keyboard yang berlapis karet untuk penggunaan ekstrim, port konektor yang tertutup khusus, pendingin pasif, serta layar yang sangat terang dan memungkinkan Grameds untuk memakainya pada siang hari. Sedangkan bodi rugged laptop pada umumnya terbuat dari logam campuran magnesium yang lebih kuat apabila dibandingkan dengan bodi laptop biasa.

Harddisk dalam laptop ini juga dilengkapi dengan peredam getaran, sehingga memungkinkan penggunaan di atas kendaraan maupun di kondisi yang penuh guncangan. Untuk itu, tipe laptop ini kerap kali digunakan untuk keperluan militer, pekerja konstruksi, pekerja tambang minyak, dan lainnya.

Beberapa contoh rugged laptop yang dapat Grameds temui di pasaran, antara lain:

1. Panasonic Toughbook 54

Sebagai penerus dari seri Toughbook 53, Panasonic Toughbook 54 mempunyai performa yang lebih baik. Di dalamnya, ditanamkan prosesor Intel Core i5 dengan ukuran layar 14 inci yang cukup lega ketika digunakan. Laptop ini juga dilengkapi dengan sertifikat MIL-STD-810G dan IP5, yang membuktikan bahwa tipe laptop ini tahan air dan tahan banting.

Tak hanya itu, laptop tipe ini juga dilengkapi dengan RAM 8GB, OS Windows 8.1 Pro 64 bitm dan SSD 256 GB atau varian HDD 1TB. Seluruh seri Panasonic Toughbook 54 juga dilengkapi dengan keyboard anti kotoran dan tumpahan. Daya tahan baterai yang hingga 18 jam juga memungkinkan Grameds untuk bekerja dalam waktu yang lama serta kondisi yang ekstrim. Untuk urusan harga, laptop ini dibanderol dengan kisaran 18 juta rupiah.

2. Dell Latitude XFR

Untuk urusan ketahanan, Dell Latitude XFR bisa menjadi lawan yang sebanding untuk rugged laptop lainnya. Tipe laptop rugged ini bahkan dipakai oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Laptop ini mampu menahan air dengan tekanan tinggi serta dilengkapi protection armor guna untuk bertahan dari serangan peluru.

Untuk spesifikasinya, Dell Latitude XFR dilengkapi dengan prosesor Intel Core, RAM 512MB, serta memori penyimpanan hingga 320GB. Sayangnya, daya baterai laptop ini hanya mampu bertahan hingga 3 jam saja dan sudah tak diproduksi lagi. Untuk harga, Dell Latitude XFR berkisar pada harga 8 jutaan rupiah untuk laptop bekasnya.

7. Gaming Laptop

hp.com

Bagi Grameds yang mencintai game, tipe laptop ini adalah pilihan terbaik. Tak hanya dilengkapi dengan grafis visual yang memukau, gaming laptop pada umumnya juga dilengkapi dengan spesifikasi yang sangat baik.

Mulai dari kartu grafis yang sudah memenuhi standar gaming dan RAM dengan ukuran besar dan menjadikan pengalaman bermain Grameds menjadi lebih maksimal, serta media penyimpanan yang cukup besar untuk menyimpan berbagai game favorit Grameds. Beberapa contoh laptop gaming yang beredar di pasaran saat ini, antara lain:

1. ASUS ROG G703GX-I7832T

ASUS ROG G703GX-I7832T adalah laptop gaming Asus terbaru yang telah memakai model VGA RTX2080 terkuat pada saat ini. Ditambah dengan spesifikasi yang baik dari segi hardware serta desain bodi yang kokoh, laptop gaming terbaru Asus ini juga merupakan model laptop gaming termahal pada saat ini.

Di dalamnya ditanamkan keunggulan teknologi terbaru untuk membantu para gamer bermain dengan lebih baik dibandingkan dengan menggunakan laptop gaming yang biasanya. Mulai dari sensor hingga AI buatan Asus disemarkan di dalamnya. Untuk urusan RAM, Asus melengkapi ROG G703GX-I7832T dengan SSD 512GB dan memori HDD dengan ukuran hingga 1TB.

2. Dell Alienware M14x R3

Alienware telah cukup lama dikenal oleh para pecinta game sebagai laptop yang memiliki spesifikasi tinggi serta didesain khusus untuk gaming laptop. Di dalamnya, ditanamkan prosesor Intel Core i7 4700QM, RAM 16GB, serta media penyimpanan dengan ukuran hig=ngga 750GB.

Dengan spesifikasi tersebut, Dell Alienware M14x R3 memungkinkan Grameds untuk nge-game tanpa mengalami lag ketika bermain. Tipe laptop ini dibanderol dengan harga pada kisaran 23 juta rupiah dan ditujukan pada kelas premium.

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien