in

15 Fakta One Piece Ini Wajib Kamu Ketahui

15 Fakta One Piece Ini Wajib Kamu Ketahui – Sudah pernah dengar manga One Piece? Salah satu manga yang sangat digemari oleh usia anak-anak, remaja, hingga usia dewasa. Cerita yang terdapat pada manga One Piece sampai saat ini masih berjalan.

Bukan hanya itu, pembaca manga ini bisa dikatakan sudah berjumlah jutaan. Hal ini dikarenakan, manga One Piece sudah tersebar sampai ke mancanegara. Cerita yang terdapat pada manga One Piece berupa petualangan para bajak laut yang bertujuan untuk mencari harta karun.

Cerita yang menarik dan digemari banyak pembaca membuat Production I.G berminat untuk mengadaptasi menjadi animasi video asli (OVA) pada tahun 1998. Lalu satu tahun kemudian, di tahun 1999 Toei Animation membuat serial anime One Piece, serial anime ini sampai sekarang masih tayang. Banyak sekali fakta-fakta yang menarik dari manga dan anime One Piece. Kamu ingin menjadi penggemar One Piece? Yuk, mari kita simak fakta-fakta unik One Piece.

15 Fakta-Fakta One Piece

1. Mendapatkan dan Mendapatkan  Rekor Guiness World Record

Fakta One Piece Manga One Piece salah satu manga terpanjang yang pernah ada. Manga ini sudah ada atau dirilis pada tahun 1997. Di setiap chapter One Piece, pembaca akan diajak seperti sedang bertualang layaknya bajak laut untuk mencari harta karun.

Beberapa hal yang membuat manga ini bertahan sampai sekarang, seperti karakter-karakter yang unik dan khas, pertarungan khas bajak laut, dan penulis manga One Piece selalu membuat dan mengembangkan cerita dengan detail dan sangat berhubungan dengan chapter sebelumnya dan selanjutnya. Kualitas dari manga One Piece sudah tidak diragukan lagi.

Karena kualitas inilah di tahun 2014, manga One Piece masuk ke dalam The Guiness of World Book of World Record kategori “Seri Terbanyak yang Pernah Diterbitkan oleh Penulis”. Juni 2015, manga One Piece tercatat ke dalam The Guiness of World Book of World Record sebagai manga yang paling banyak dicetak di seluruh dunia.

320.866.000 adalah jumlah manga yang sudah laris terjual di seluruh dunia. Apakah kamu termasuk yang memiliki komik One Piece? Manga One Piece mampu memecahkan rekor “Seri Terbanyak yang Pernah Diterbitkan oleh Penulis” yang tercatat di The Guiness of World Book of World Record terpecah di tahun 2018.

Di tahun 2018, jumlah manga yang dicetak sampai dengan 440 juta kopi. Setelah mendapatkan dan memecahkan rekor The Guinness of World Book of World Record maka manga One Piece bisa dikatakan sebagai serial manga yang paling laku yang tercatat dalam sejarah.

2. Tidak Menyangka Lebih dari Lima Tahun

Siapa sangka bahwa manga yang awalnya hanya direncanakan selama lima tahun, kini sudah sampai 20 tahun lebih. Manga ini bisa sampai 20 tahun tidak lain dan tidak bukan karena kemampuan Eiichiro Oda dalam mengembangkan karakter-karakter dan alur cerita yang menarik.

Pada awalnya, Eiichiro Oda membuat manga One Piece hanya bercerita seputar petualangan Luffy dan Yonkou yang dikemas dengan ringan dan lucu. Namun, semua itu rencana itu berubah ketika Eiichiro Oda memperoleh ide tentang Shichibukai.

Seiring berjalannya waktu, penulis manga One Piece ini mengembangkan ceritanya yang sampai saat ini cerita-cerita itu masih berlanjut. Jadi, apakah kamu pembaca manga One Piece dari awal chapter ini?

3. Eiichiro Oda Suka Menangis Saat Menggambar

Di dalam manga One Piece bukan hanya bercerita tentang pertarungan, tetapi ada bebera cerita yang sedih. Bagi kamu penggemar manga One Piece pasti sudah tahu akan hal ini. Beberapa cerita sedih itu, seperti perpisahan yang terjadi antara Sanji dan Master Zeff, kematian Belle-Mere, ibu angkat Nami, dan perpisahan Bajak Laut Topi Jerami dengan Going Merry.

Jika kamu meneteskan air mata ketika membaca cerita itu, berarti kamu sama dengan Eiichiro Oda. Ketika Vivi menyaksikan warga Arabasta saling bunuh dan ia berteriak “berhenti berperang!”, tetapi tidak ada seorang pun yang mendengarkan teriakan Vivi. Eiichiro Oda ketika membuat adegan itu, ia ikut merasakan kesedihan dan meneteskan air matanya. Bahkan ia sampai harus berhenti untuk  menggambar dan pergi keluar ruangan. tombol beli buku

4. Eiichiro Oda Hanya Tidur 3 Jam Sehari

Semakin besar penghasilan yang didapatkan maka semakin banyak yang harus dikorbankan. Itulah yang dirasakan oleh Eiichiro Oda, pendapatan yang dihasilkan selama satu tahun bisa mencapai 360 miliar per tahun. Untuk mendapatkan penghasilan sebanyak itu, Eiichiro Oda harus mengorbankan jam tidurnya, dalam sehari ia hanya tidur selama 3 jam saja.

banner-promo-gramedia

Bahkan, dalam salah satu wawancaranya, Eiichiro Oda mengatakan bahwa editor yang bekerja untuknya harus siap mati. Apakah kamu tertarik bekerja untuk penulis manga One Piece ini? Berbeda dari penulis manga pada umumnya yang tidak membuat sketsa awal sendiri, Eiichiro Oda masih membuat sketsa awal sendiri. Hal ini mungkin terlihat aneh, tetapi karena hal inilah manga One Piece tercatat ke dalam The Guiness of World Book of World Record dan sampai sekarang, manga ini masih berjalan.

5. Eiichiro Oda Terinspirasi Dari Dragon Ball

Fakta One Piece Setiap komikus atau mangaist mempunyai referensi untuk menggambar dan membuat ceritanya. Umumnya, referensi itu berasal dari cerita dengan latar belakang yang sama dan tokoh idolanya. Sama halnya dengan Eiichiro Oda yang sangat menyukai karya dari Akira Toriyama.

Akira Toriyama adalah pembuat atau pencipta manga Dragon Ball yang sangat sukses dan legendaris. Ingin menjadi seperti Akira Toriyama adalah salah satu alasan Eiichiro Oda ingin jadi seorang komikus. Jadi, bisa dikatakan bahwa tokoh-tokoh Dragon Ball menjadi inspirasi atau referensi Eiichiro Oda untuk membuat tokoh-tokoh. Hal yang paling membuat bangga Eiichiro Oda adalah di beberapa kesempatan ia dapat berkolaborasi dengan idolanya, yaitu Akira Toriyama.

6.Karakter Luffy Menjadi Sampul Majalah

Fakta One Piece Karena kepopulerannya, karakter-karakter manga One Piece memiliki fannya masing-masing di dunia. Dengan kata lain, karakter-karakter tersebut memiliki pengaruh yang sangat tinggi di mata dunia.

Karena hal itulah mereka bisa dikatakan sebagai model yang cocok untuk mempromosikan sesuatu. Pada tahun 2009, One Piece berkolaborasi dengan salah satu brand fashion yang cukup populer, yaitu Armani. Tujuan dari kolaborasi itu untuk mempromosikan film layar lebar yang berjudul One Piece: The Strong World. Saat itu, di salah satu majalah edisi spesial, Luffy dan kawan-kawan didesain dengan memakai pakaian-pakaian kekinian dan keren miliki Armani.

Seseorang yang mendesain atau merancang pakaian Luffy dan kawan-kawan yaitu Shinchi Mita. Bukan hanya itu, di majalah edisi spesial tersebut Luffy terlihat sangat keren dan saking kerennya ia dijadikan sampul majalah tersebut. Kerja sama antara One Piece dengan Armani bisa dibilang sukses karena Armani ingin melakukan kolaborasi kembali. Sama seperti sebelumnya, kolaborasi ini dalam rangka mempromosikan film yang berjudul One Piece Film Z di tahun 2012.

7. Karakter Luffy Menjadi Brand Ambassador Tokyo Summer Olympics 2020

Olimpiade 2020 yang diselenggarakan di Jepang memang sudah berakhir. Namun, ada satu hal unik yang terjadi pada Olimpiade kali ini, yaitu ada beberapa tokoh animasi yang dijadikan sebagai brand ambassador. Tokoh Luffy dalam manga One Piece adalah salah satu brand ambassador Olimpiade Tokyo 2020.

Bukan hanya Luffy, tetapi ada beberapa tokoh lainnya, seperti Sailor Moon, Naruto, Shin-chan, Astro Boy, Goku, dan masih  banyak lagi. Pastinya penulis dan pembaca manga One Piece sangat senang karena tokoh utama manga ini bisa menjadi brand ambassador di ajang olahraga terbesar dunia. Pemilihan tokoh-tokoh manga itu sangat memengaruhi banyaknya yang menyaksikan Olimpiade 2020 walaupun dari rumah.

8. Di Dunia Nyata, Ada Kuburan Karakter One Piece

Fakta One Piece Fakta unik One Piece berikutnya berupa kuburan. Kamu terkejut? Ya, benar kuburan, di dunia nyata ada kuburan dua karakter One Piece, yaitu Whitebeard dan Portgas D Ace. Kuburan itu dibuat oleh Universal Studio Jepang pada tahun 2013. Mereka membangun sebuah kuburan salah satu pertunjukkan tahunan One Piece.

Adapun bentuk kuburan tersebut berupa replika Whitebeard dan Portgas D Ace. Kenapa Universal Studio Jepang ingin membuat replika kuburan dari dua karakter tersebut? Hal ini dikarenakan mereka tersentuh dengan tangisan para penggemar One Piece ketika dua karakter tersebut sudah tidak bernyawa lagi. Hal yang menarik dari kematian kedua karakter tersebut adalah kematiannya tidak hanya ditangisi di dunia nyata, tetapi para penggemar di dunia nyata juga ikut sedih ini.

9. Akan Menjadi Live Action di Netflix

Fakta One Piece Seperti yang sudah diketahui banyak orang bahwa penggemar manga One Piece semakin hari semakin bertambah. Bukan hanya penggemar manga One Piece yang bertambah, tetapi penggemar anime One Piece juga bertambah. Banyaknya penggemar pada manga dan anime One Piece, maka Netflix tertarik untuk melakukan kerja sama.

Kerja sama yang dilakukan kedua belah pihak berupa Live Action. Live Action  One Piece rencananya akan tayang dengan jumlah episode sebanyak 10 episode di Netflix. Untuk kamu penggemar One Piece jangan sampai tidak menonton Live Action ini! Berawal dari manga, kemudian ke anime, sekarang berencana ke Live Action. Dengan hal ini, maka bisa dikatakan bahwa One Piece sudah sangat terkenal dan dapat dinikmati di berbagai macam media.

10. Adanya Perubahan Karakter dan Desain One Piece

Fakta One Piece Sudah menjadi hal umum bahwa seorang komikus atau mangaist pasti mempunyai sketsa karakter yang akan ditampilkan di komik. Hal yang menarik dari manga One Piece karya Eiichiro Oda ini adalah ada beberapa sketsa karakter yang mengalami perubahan. Mungkin kamu tahu karakter Tony Tony Chopper, Nami, dan ahli pedang, Zoro.

Ketiga karakter tersebut mengalami perubahan sketsa. Sketsa karakter Tony Tony Chopper yang dibuat oleh Eiichiro Oda awalnya wujudnya seperti hewan rusa sesungguhnya. Sedangkan Nami, pada sketsa awal memiliki tangan cyborg dan membawa kapak besar sebagai senjatanya.

Yang cukup mengejutkan bahwa karakter Zoro rencana awalnya dimasukkan menjadi salah satu anggota bajak laut Si Badut Buggy. Namun, semua rencana itu tidak jadi dilakukan sehingga karakter Zoro harus diubah total, baik dari segi cerita ataupun segi visual.

11. Sempat Berselisih Dengan Manga Naruto

Fakta One Piece Kamu tahu manga Naruto? Ya, manga yang terkenal dengan tokoh utama seorang ninja yang tidak pernah menyerah sehingga ia menjadi Hokage. Lalu apa hubungannya dengan manga One Piece? Menurut beberapa sumber, manga Naruto dan One Piece sempat terjadi perselisihan.

Perselisihan itu terjadi ketika Masashi Nishimoto membuat serial anime dengan tema ninja dan tokoh utamanya diberi nama Naruto. Padahal Eiichiro Oda sudah berencana membuat karakter yang bernama Naruto.

Hingga akhirnya Eiichiro Oda mengalah dan mengganti nama karakter Naruto menjadi Sanji. Dengan perselisihan yang terjadi, maka bisa dikatakan bahwa kedua mangaist itu adalah rival berat dalam dunia manga. Kedua mangaist itu bisa dikatakan sebagai mangaist sukses karena manga One Piece dan Naruto sangat terkenal dan laku di seluruh dunia.

12. Kesuksesan Film One Piece Stampede

Fakta One Piece Tahun 2019, kamu menonton film One Piece Stampede? Film One Piece ini bisa dikatakan sebagai salah satu film sukses dari Jepang. Selain itu, para penggemar dan belum menjadi penggemarnya sangat antusias untuk menonton film ini.

Hal itu dibuktikan dengan banyaknya jumlah penonton yang menonton tayangan perdana film One Piece Stampede. Dengan penonton yang hadir pada penayangan perdananya, film ini berhasil memecahkan rekor jumlah penonton terbanyak pada awal tayang film sebesar 356.052 di Jepang.

banner-promo-gramedia

Saking banyaknya yang antusias dengan film ini, maka empat hari setelah penayangan sudah berhasil mendapatkan keuntungan dari film ini sebesar 1,6 miliar yen, banyak bukan? Bukan hanya itu, dengan banyaknya penonton juga membuktikan bahwa film ini sangat bagus sehingga mendapatkan respon positif dan rating tinggi di IMDb.

13. One Piece Dijadikan Sebuah Gim

Kesuksesan manga One Piece membuat manga ini dijadikan sebuah waralaba, salah satunya dalam dunia gim. Sebenarnya ada banyak sekali gim yang berkaitan dengan One Piece. Tahun 2020, ada sebuah gim One Piece dengan nama One Piece: Pirate Warriors 4. Gim One Piece: Pirate Warriors 4 merupakan sebuah gim dengan gaya Musou.

Dengan kata lain, permainan gim ini seperti berantem melawan musuh dalam jumlah yang cukup besar. Hal yang menjadi keunikan dari gim ini, yaitu pengguna atau player dapat mengetahui cerita One Piece dari awal dan player bisa menyelesaikan arc wano. Sebagai penggemar One Piece, apakah kamu tertarik untuk memainkan gim One Piece: Pirate Warriors 4?  tombol beli buku

14. Menu Makanan Karakter Sanji Dibawa Ke Majalah

Setiap karakter One Piece mempunyai keunikannya masing-masing, salah satunya karakter yang unik, yaitu Sanji. Karakter Sanji dalam One Piece dikenal sebagai seseorang yang jago memasak. Bahkan setiap masakannya, sangat disukai oleh teman-temannya. Pernahkah kamu penasaran bagaimana rasa masakan yang dimasak oleh Sanji One Piece?

Rasa penasaran kamu bisa terjawab karena sekarang sudah ada buku masak bajak laut Sanji yang diterbitkan oleh VIZ Media. VIZ Media itu sendiri sudah menemukan cara untuk penggemar merasakan masakan yang hadir dari manga One Piece. Dengan buku masak ini, penggemar One Piece bisa merasakan langsung rasanya masakan yang dibuat oleh Sanji.

15. Akhir Cerita One Piece Hanya Diketahui Oleh Tiga Orang

Fakta unik yang terakhir dari manga One Piece adalah akhir cerita manga ini hanya diketahui oleh tiga orang. Siapa saja orang-orang itu? Pertama, tidak lain tidak bukan Eiichiro Oda atau pencipta manga One Piece. Kedua, editor dari manga ini. Orang ketiga atau orang terakhir yang tahu akhir cerita One Piece yaitu Hinati Fujinami.

Hinati Fujinami adalah seseorang yang menderita kanker paru-paru sekaligus penggemar One Piece. Salah satu permintaan terakhir dari Hinati Fujinami yaitu ingin tahu akhir cerita One Piece. Lembaga Make-A-Wish yang mendengar permintaan ini, langsung membantu dan mencari cara untuk memenuhi permintaan itu.

Permintaannya pun terpenuhi, Eiichiro Oda mendatangi rumah sakit Hinati Fujinami dan secara tertutup menceritakan akhir cerita manga One Piece. Buat kamu yang baru mengikuti serial manga One Piece, jangan merasa khawatir karena kamu bisa membeli serial mangan ini dari awal. Jadi segera dapatkan komik One Piece di toko buku gramedia.

tombol beli buku

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien
banner-promo-gramedia

Written by Restu