in

Rekomendasi Light Novel Paling Seru dari Gramedia

unsplash.com

Rekomendasi Light Novel – Jika kalian mengklik artikel ini, maka ada dua kemungkinan alasan mengapa kalian ingin membaca tulisan ini. Yang pertama, Grameds merupakan pecinta hal-hal berbau Jepang dan ingin mencari rekomendasi bacaan light novel untuk menemani hari-hari kalian.

Atau yang kedua, Grameds merupakan sosok yang awam dan belum mengetahui betul serba-serbi mengenai light novel, dan ingin mempelajari lebih dalam terkait topik ini, dan tentunya ingin mencari tahu juga apa saja rekomendasi light novel untuk kalian yang masih hijau.

Apa itu Light Novel?

Tetapi, sebelum kita membahas rekomendasi dari light novel itu sendiri, yuk kita pelajari sedikit mengenai apa itu light novel. Karena percaya atau tidak, light novel memiliki beberapa perbedaan yang cukup mencolok dibandingkan dengan novel pada umumnya.

Istilah light novel sendiri bisa Grameds simpulkan sesuai dengan arti dari kata tersebut secara harfiah, yakni “novel ringan”. Tandanya, isi dari light novel umumnya berupa cerita ringan yang mudah dipahami oleh pembacanya, bahkan para pembaca muda dari kalangan anak SMP atau anak SMA.

Light novel merupakan jenis literatur yang dikatakan berasal dari Negeri Sakura alias Jepang. Di sana, light novel tidak hanya ringan dari segi cerita, tetapi juga dari segi pemilihan kata serta penulisan kata yang biasanya menggunakan huruf hiragana maupun huruf kanji ringan, cocok untuk kalangan pembaca muda.

Genre dari light novel sendiri bermacam-macam, mulai dari slice of life, fantasi, hingga komedi. Ketiga genre tersebut merupakan genre paling populer karena mudah dicerna dan “ringan”. Berbeda dengan novel asli di Jepang yang terkenal memiliki tema lebih berat dan lebih serius, sehingga sukar dipahami oleh anak-anak muda.

Meskipun begitu, beberapa light novel juga memiliki genre yang sedikit lebih gelap seperti thriller ataupun horor. Meskipun begitu, gaya penulisan dan juga pemilihan kata dibuat sedemikian rupa agar light novel dapat dengan mudah dipahami oleh berbagai lapisan masyarakat.

Update Rekomendasi Buku Light Novel Terbaru Juni 2022

1. Solo Leveling 1

Solo Leveling 1 - Chugong
Solo Leveling 1 – Chugong

Menjadi hunter adalah satu-satunya cara bagi Seong Jin-woo untuk membayar biaya rumah
sakit ibunya, meski ia harus menyandang predikat hunter Level E. Hunter terlemah. Tubuhnya selalu terluka. Ia juga berkali-kali nyaris kehilangan nyawa.

Seperti saat ini. Saat tubuhnya yang tertembus tombak terbawa ke udara dan meronta.
Menghadapi kematian di depan mata, Jin-woo mendengar suara ia telah berhasil menyelesaikan
quest rahasia.
Apa maksud semua ini?
Keunggulan:
1. Judul ada komiknya dan saat dimuat di Webtoon menjadi judul yang paling banyak dibaca di Indonesia
2. Karakter utamanya adalah seorang pria muda yang lemah dan tidak punya kelebihan
apa-apa. Karakter semacam ini disukai oleh pembaca Indonesia karena terasa lebih
manusiawi
3. Ada komunitas penggemar cerita ini di Indonesia
4. Judul ini sedang dalam proses pengembangan game serta animenya

 

2. Percy Jackson #1: The Lightning Thief

Percy Jackson #1: The Lightning Thief - Rick Riordan
Percy Jackson #1: The Lightning Thief – Rick Riordan

Aku sudah dikeluarkan dari sekolah berkali-kali, sebagian karena aku penyandang disleksia dan GPPH (Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktif), sebagian lagi karena masalah sepertinya suka sekali mengejarku ke mana pun aku pergi.

Yang lebih buruk lagi, aku ternyata demigod.

Kalau menurutmu memiliki orangtua dewata itu menyenangkan, kau salah. Sebagai demigod, kami harus menjalani misi dan menjadi pahlawan, yang berarti kami selalu diburu monster, dibenci oleh kebanyakan dewa, dan seringnya mati muda.

Siapa ayahku? Yang jelas bukan Zeus karena dia menuduhku mencuri petirnya dan agak terlalu berambisi ingin mengenyahkanku dari dunia. Dan, karena nasibku memang luar biasa buruk, aku cuma punya waktu sepuluh hari untuk membuktikan bahwa aku tidak bersalah sebelum para dewa berperang karena amukan Zeus. Dengan ramalan yang berkata, Dan, pada akhirnya, kau akan gagal menyelamatkan apa yang menurutmu paling signifikan.

 

3. Six of Crows

Six of Crows - Leigh Bardugo
Six of Crows – Leigh Bardugo

Di Ketterdam, kota pelabuhan sekaligus pusat perdagangan antarnegara yang riuh, segalanya bisa didapat asalkan kita tahu berapa harga yang tepat. Tak ada yang mengamini pedoman tersebut melebihi Kaz Brekker, seorang bajingan ulung berjuluk Tangan Kotor. Kali ini, Kaz mendapatkan tawaran pekerjaan gelap yang bisa berujung maut.

Namun, upah selangit yang dijanjikan membuat Kaz bersedia menjalankannya—asalkan dia berhasil merekrut kru yang sesinting dirinya… dan Kaz tahu benar siapa saja yang bisa dia andalkan. Matthias, sang tawanan yang haus akan pembalasan dendam. Jesper, sang penembak jitu yang kecanduan taruhan. Wylan, sang juragan kecil yang kabur dari rumah. Inej, sang mata-mata yang lihai mengendap-endap.

Nina, sang penyihir yang menjual keahliannya demi bertahan hidup. Serta Kaz sendiri, sang pencuri yang selalu berhasil lolos dari jebakan apa pun. Enam orang buangan yang berbahaya. Satu tugas rahasia yang mustahil. Namun, jika bekerja sama, mungkin saja mereka berhasil—asalkan semua berjalan sesuai rencana… dan mereka tidak saling bunuh sebelum misi terlaksana.

 

4. The Magic Library

The Magic Library - Jostein Gaarder-klaus Hagerup
The Magic Library – Jostein Gaarder-klaus Hagerup

Dua saudara sepupu, Berit dan Nils, tinggal di kota yang berbeda. Untuk berhubungan, kedua remaja ini membuat sebuah buku-surat yang mereka tulisi dan saling kirimkan di antara mereka. Anehnya, ada seorang wanita misterius, Bibbi Bokken, yang mengincar buku-surat itu. Bersama komplotannya, tampaknya Bibbi menjalankan sebuah rencana rahasia atas diri Berit dan Nils.

Rencana itu berhubungan dengan sebuah perpustakaan ajaib dan konspirasi dunia perbukuan. Berit dan Nils tidak gentar, bahkan bertekad mengungkap misteri ini dan menemukan Perpustakaan Ajaib.

Buku ini juga berisi cerita detektif, cerita misteri, perburuan harta karun, petualangan ala Lima Sekawan, Astrid Lindgren, Ibsen, Klasifikasi Desimal Dewey, Winnie the Pooh, Anne Frank, kisah cinta, korespondensi, teori sastra, teori fiksi, teori menulis, puisi, sejarah buku, drama, film perpustakaan, penerbitan, humor, konspirasi ….

 

5. Kastel Terpencil di Dalam Cermin

Kastel Terpencil di Dalam Cermin - Mizuki Tsujimura
Kastel Terpencil di Dalam Cermin – Mizuki Tsujimura

Keunggulan: Novel yang menempati peringkat 1 dalam Davinci’s Magazine Book of the Year 2017 dari penerbit Jepang Kadokawa serta memenangkan hadiah utama dalam King’s Brunch Book 2017. Di tahun 2018, novel ini menjadi best seller di Jepang dan memenangkan Japan Booksellers’ Award di tahun yang sama. Telah diterjemahkan dalam berbagai bahasa. Saking populernya, penerbit Jepang Shueisha menerbitkan komiknya dan di akhir tahun ini akan dirilis movie animenya.

Sinopsis :

“Aku ingin menolongmu.”

Kokoro merasa terusir dari kelasnya sendiri hingga ia mengurung diri di rumah dan menolak pergi ke sekolah. Pada suatu hari, cermin di dalam kamarnya mengeluarkan cahaya terang. Dan di dalam cermin tersebut ada bangunan misterius yang mirip sebuah kastel. Ada tujuh orang yang juga “diundang” ke sana—mereka yang menolak pergi ke sekolah seperti Kokoro. Untuk apa mereka bertujuh dikumpulkan di kastel? Siapakah sebenarnya sosok gadis bertopeng serigala yang mengundang mereka?

 

Rekomendasi Light Novel di Gramedia

Di Gramedia tersedia berbagai macam light novel yang bisa Grameds pilih untuk menemani hari-hari kalian agar tidak semakin membosankan. Selain itu, kalian juga bisa memilih light novel mana yang sesuai dengan keinginan kalian, baik itu dari segi genre, segi rating, ataupun faktor lainnya.

Dalam rekomendasi light novel kali ini, Grameds akan disuguhkan level-level light novel sesuai dengan kemampuan membaca serta pengetahuan kalian mengenai novel jenis ini. Semakin ke bawah, light novel akan memiliki tema yang semakin berat juga meskipun masih masuk ke dalam kategori light novel.

Jadi, artikel ini menyesuaikan untuk siapapun yang ingin membaca light novel terlepas dari kemampuan membaca ataupun pengetahuan akan light novel. Semoga saja dari artikel ini, Grameds dapat menemukan light novel yang cocok untuk kalian, ya!

1. Detektif Conan: Private Eyes` Requiem

Rekomendasi Light Novel

4 light novel pertama yang akan kami rekomendasikan berasal dari sejumlah anime atau manga yang namanya sudah tidak asing lagi bahkan bagi kalangan awam. Dan nama yang pertama akan dibahas merupakan adaptasi dari kisah detektif legendaris berjudul Detective Conan karya Aoyama Gosho.

Grameds pasti pernah mendengar sekilas mengenai Detective Conan, baik itu dari teman, menonton TV, atau melihat komiknya di toko buku. Kisah ini mengenai detektif SMA bernama Shinichi Kudo yang badannya menyusut menjadi seukuran anak bocah, namun masih menyimpan kecerdasannya sebagai detektif. Dia menggunakan nama samaran Conan Edogawa untuk memecahkan misteri.

Layaknya cerita-cerita pada komik Detective Conan lainnya, di light novel ini pun Conan kembali memecahkan misteri, kali ini di sebuah lokasi bernama Miracle Land. Berbagai keseruan sudah menanti Conan beserta kawan-kawannya di lokasi misterius tersebut.

Light novel ini cocok bagi kalian yang ingin membaca cerita misteri sederhana. Selain itu, light novel ini juga bagus untuk pembaca pemula dan memperkenalkan konsep light novel. Bagi penggemar Detective Conan, membaca light novel ini akan menjadi pengalaman berbeda dari membaca komik pada umumnya.

2. Naruto: Blood Prison

Rekomendasi Light Novel

Siapa yang tidak mengenal Naruto? Orang-orang yang tidak menggemari anime atau manga pun pasti pernah mendengar nama ini. Meskipun manga dan animenya sudah usai beberapa tahun silam, Naruto tetap menjadi salah satu cerita yang paling populer di antara penggemar budaya Jepang.

Kisah karya Masashi Kishimoto ini mengenai seorang bocah yang dibenci oleh penduduk desa Konoha karena menyimpan Siluman Rubah Ekor 9, Naruto perlahan membuktikan bahwa dirinya adalah sosok ninja hebat dan layak menjadi Hokage, pemimpin sekaligus ninja terkuat dari desa Konoha.

Pada light novel kali ini, petualangan Naruto berlanjut di mana dia dituduh menjadi dalang percobaan pembunuhan dari sosok penting, membuatnya dikurung di penjara yang sulit untuk ditembus. Apakah Naruto berhasil membuktikan kalau dirinya bersalah? Atau justru malapetaka lain malah menimpanya?

Serupa seperti rekomendasi sebelumnya, light novel ini diperuntukkan bagi Grameds yang belum pernah membaca light novel dan ingin mencoba novel jenis ini. Selain jalan ceritanya mudah dipahami, Naruto sendiri merupakan karakter yang seharusnya cukup familiar oleh mayoritas dari kalian, sehingga mengikuti cerita light novel ini seharusnya akan semakin mudah.

3. One Piece: Chopper’s Kingdom on The Island of Strange Animals

Rekomendasi Light Novel

One Piece merupakan manga legendaris karya Eiichiro Oda yang sudah tayang selama lebih dari 20 tahun. Layaknya beberapa rekomendasi judul sebelumnya, orang-orang yang tidak begitu menggemari anime atau manga dari Jepang juga pasti pernah mendengar judul ini setidaknya beberapa kali.

Kisah One Piece berkutat pada karakter Monkey D. Luffy, remaja berusia 17 tahun yang ingin menjadi raja bajak laut. Dirinya mengumpulkan gerombolan kru yang ingin membantunya menggapai mimpinya. Dan di saat bersamaan, mereka juga memiliki mimpi mereka sendiri, dan bersedia mengikuti Luffy demi meraih mimpinya.

Light novel kali ini akan berfokus kepada salah satu kru Luffy bernama Tony Tony Chopper, yang terpisah dari Luffy dan kawan-kawannya di sebuah pulau bernama Pulau Mahkota. Lebih buruk, terdapat konflik internal yang membuat pulau tersebut bergejolak. Bagaimana nasib Chopper dan Luffy di pulau ini?

Dari premisnya ini, Grameds sudah dapat memperkirakan bahwa light novel ini akan memiliki cerita yang ringan dan amat mudah untuk dipahami. Kalian tidak perlu terlalu serius mengikuti kisah petualangan para bajak laut ini, membuat light novel ini cocok untuk pemula.

4. Sword Art Online Aincrad

Rekomendasi Light Novel

Masuk ke dalam rekomendasi keempat, Grameds akan disuguhkan dengan Sword Art Online, serial yang memang merupakan light novel asli dari Jepang. Perlu kalian ketahui bahwa cerita yang disajikan di dalam light novel ini adalah jenis cerita yang amat umum ditemukan dalam light novel di Jepang.

Sword Art Online merupakan light novel karangan Reki Kawahara, mengisahkan tentang Kirigaya Kazuto alias Kirito yang mencoba jenis permainan virtual RPG bernama Sword Art Online. Namun, karena satu dan lain hal, dirinya justru terjebak di dalam game tersebut dan harus mencari cara agar bisa kembali ke dunianya.

Kisah fantasi ini umumnya disebut sebagai isekai, di mana karakter utama dalam cerita ini berpindah atau dipindahkan ke dunia lain yang bukan merupakan dunia mereka berasal. Cerita ini banyak ditemukan sebagai bagian dari genre fantasi light novel Jepang.

Oleh karena itu, light novel ini cocok bagi Grameds yang memang ingin mencoba membaca light novel asli. Premis dasar Sword Art Online cukup simpel, dan penulisan serta pemilihan kata di dalam light novel ini juga mudah dipahami. Tidak heran light novel ini begitu populer di Jepang dan bahkan negara-negara lain.

5. Weathering With You

Rekomendasi Light Novel

Light novel kali ini merupakan adaptasi dari film dengan judul sama yang tayang pada tahun 2019. Film yang sempat digandrungi penggemar anime ini disutradarai oleh sutradara anime terkenal bernama Makoto Shinkai. Dirinya juga sosok yang bekerja sebagai penulis light novel ini.

Weathering With You merupakan cerita dengan genre fantasi dengan sedikit bumbu romansa, menceritakan kisah laki-laki remaja bernama Hodaka Morishima bertemu dengan gadis remaja bernama Amano Mina, yang diketahui memiliki kekuatan untuk mengubah cuaca dengan kemauan dia. Namun, ternyata kekuatan tersebut memiliki konsekuensi di balik pemakaiannya.

Grameds yang sudah pernah menonton Weathering With You atau hanya sekedar melihat poster film tersebut pasti sudah mengetahui betul keindahan latar belakang dari film ini. Dan keindahan tersebut berhasil diterjemahkan dengan amat baik dalam light novel ini, membuat kalian yang belum pernah menonton dapat membayangkan keindahan latar belakangnya.

Film Weathering With You memang ditujukan untuk anak-anak kecil hingga remaja. Dan tentunya ini juga berlaku terhadap adaptasi light novel-nya. Siapapun yang berada di rentang usia tersebut dan juga orang dewasa juga bisa ikut menikmati light novel ini.

6. I Want To Eat Your Pancreas

Rekomendasi Light Novel

Jika rekomendasi sebelumnya merupakan film yang diadaptasi ke dalam light novel, kali ini justru sebaliknya. I Want To Eat Your Pancreas merupakan light novel yang berhasil mendapat adaptasi film, baik itu dalam bentuk live action pada tahun 2017 dan juga bentuk anime setahun setelahnya.

Judul dari light novel ini memang cukup membingungkan. Karya pengarang Sumino Yoru ini diterjemahkan secara harfiah, maka artinya akan menjadi “aku ingin memakan pankreasmu”. Meskipun demikian, ternyata judul ini tidak seaneh yang Grameds bayangkan setelah kalian mengetahui sinopsisnya.

Cerita di dalamnya berkutat kepada 2 pemuda pemudi SMA masing-masing bernama Haruki Shiga dan Sakura Yamauchi. Sakura memiliki penyakit pankreas kronis yang sulit disembuhkan, dan Haruki mengetahui hal ini. Sakura berharap Haruki dapat menemani hari-harinya hingga ajalnya tiba.

I Want To Eat Your Pancreas memiliki genre romansa antar anak remaja yang amat cocok untuk anak-anak muda. Grameds yang sudah dewasa namun menyukai cerita jenis ini juga sudah pasti dapat menikmati light novel ini dan mengenang kisah cinta kalian saat masih muda.

7. I Saw The Same Dream Again

Rekomendasi Light Novel

Untuk 2 rekomendasi terakhir, Grameds akan disuguhkan sejumlah light novel yang belum banyak mendapat adaptasi ke media lain. Tidak hanya itu, beberapa ceritanya juga menjurus ke arah dewasa, sehingga segmentasi pembacanya jauh lebih beragam dibandingkan light novel sebelumnya.

Meskipun begitu, seperti yang sudah dijelaskan beberapa cerita ini masih bisa dianggap sebagai jenis light novel karena 2 faktor, yaitu gaya penyampaian cerita yang mudah dipahami serta pemilihan diksi dalam cerita, dan memang beberapa jenis light novel ditujukan untuk pembaca yang lebih dewasa.

Masuk ke dalam sinopsis I Saw The Same Dream Again, light novel yang ditulis oleh pengarang yang sama dengan light novel sebelumnya ini mengenai keseharian anak SD bernama Nanoka Koyanagi. Dia kerap bermain bersama 3 orang yang usianya lebih dewasa darinya, mulai dari wanita dewasa bernama “Abazure-san”, nenek-nenek yang dia sebut “Obaa-san”, dan gadis remaja bernama Minami.

Memiliki genre slice of life, light novel ini jika dibaca oleh remaja bisa jadi hanya dianggap hanya sekadar cerita anak SD biasa. Namun, jika pembacanya merupakan orang-orang dewasa, makna dari light novel ini bisa berubah menjadi sesuatu yang pembaca remaja tidak bisa bayangan.

8. Be With You

Rekomendasi Light Novel

Be With You adalah light novel terakhir yang akan direkomendasikan untuk Grameds. Light novel ini merupakan karangan Takuji Ichikawa yang terbit kali pertama pada tahun 2003. Light novel ini menjadi bacaan klasik bagi banyak orang jika ingin mencoba membaca cerita yang sedikit lebih berat dibandingkan light novel biasanya.

Cerita dari novel ini merupakan gabungan dari drama, slice of life dengan sedikit bumbu fantasi, yang menceritakan seputar kehidupan duda bernama Takumi. Dirinya harus hidup bersama anak laki-lakinya bernama Yuji setelah ditinggal mati sang istri, Mio. Namun, hal tidak terduga terjadi kepada Takumi, ketika dirinya melihat Mio kembali dari kematian.

Be With You memiliki premis yang cukup sederhana dan dari luar, nampak bisa dibaca oleh berbagai macam kalangan. Meskipun begitu, pembaca yang sudah lebih dewasa dapat memiliki pemahaman lebih dalam terhadap kisah dari Takumi dan keluarganya ini.

Grameds yang tertarik dengan rekomendasi light novel sebelumnya, bisa jadi memiliki kemungkinan cukup besar untuk tertarik dengan light novel ini. Terlebih untuk kalian yang sudah memasuki usia dewasa atau memang sudah kenyang pengalaman dalam membaca light novel.

Itulah 8 rekomendasi light novel yang kami rekomendasikan untuk Grameds, baik kalian yang memiliki pengalaman membaca light novel maupun belum banyak membaca novel jenis ini atau bahkan jarang membaca karya fiksi. Kalian bisa memilih judul yang sesuai dengan selera kalian baik itu dari segi kemudahan membaca, segi genre, atau faktor lainnya.

Tentunya masih banyak lagi light novel yang bisa kalian temukan di pasaran. Semakin kalian banyak membaca novel jenis ini, maka kalian bisa mendapat semakin banyak referensi light novel yang sesuai dengan kemauan kalian. Karena seperti kata pepatah, membaca akan membuka cakrawala dunia kita.

Cakrawala yang dimaksud tidak hanya pengetahuan Grameds mengenai light novel saja, melainkan juga terhadap pengetahuan budaya dan bahasa, karena membaca novel jenis ini bisa memberi kalian wawasan mengenai budaya orang Jepang, mulai dari humor, gaya bahasa, dan istilah-istilah baru.

Semua rekomendasi light novel persembahan Gramedia, #SahabatTanpaBatas, sudah pasti bisa kalian temukan di www.gramedia.com. Dan tentu saja Grameds bisa menambah pengetahuan dan wawasan #LebihDenganMembaca. Selamat membaca light novel, Grameds!

Penulis: M. Adrianto S.

Written by Ananda