in

Rekomendasi Cerita Dongeng Sebelum Tidur Terbaru

Popmama.com

Rekomendasi Cerita Dongeng Sebelum Tidur – Ketika anak sering kali susah tidur dan biasanya anak akan minta Ibu atau Ayah membacakan sebuah dongeng. Seringkali sebagai orang tua juga memiliki inisiatif untuk membacakannya meskipun anak tidak memintanya. Terdapat beberapa cara agar si anak cepat terlelap dalam tidurnya dan istirahatnya menjadi lebih berkualitas dengan cukup istirahat, yaitu dengan membacakan dongeng.

Manfaat Membaca Buku Dongeng Sebelum Tidur untuk Anak

Dengan istirahat yang cukup otomatis jiwa dan raga menjadi sehat. Anak yang sehat pasti akan ceria dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari. Membacakan anak dongeng sebelum tidur bisa jadi salah satu solusi untuk membuatnya cepat tidur. Rasa nyaman kita sebagai orang tua dalam menceritakan kisah pengantar tidur bisa berefek pada mata si kecil yang semakin lelah dan dapat segera tidur dengan nyenyak.

Selain itu, suara yang disukai anak kecil adalah suara orang tuanya. Ini bisa jadi obat mujarab agar anak bisa cepat terlelap. Menurut psikolog anak Sally Goddard Blythe, Direktur Institute for Neuro Physiological Psychology dan penulis The Genius of Natural Childhood: Secret Of Thriving Children, bahkan di zaman sekarang dongeng masih memiliki banyak hal untuk diajarkan kepada anak anak tentang kehidupan.

“Dalam dongeng, selalu jelas bahwa kisah itu bukan dari dunia nyata. Namun masalah dan perasaan yang dihadapi seringkali sangat terkait dengan kehidupan yang dijalani sehari-hari.”

Dongeng bisa membuat anak dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Dari cerita dongeng dalam penerapan cerminan kehidupan si anak. Orang tua juga lebih pintar belajar menceritakan dongeng kepada anak. Bahkan terkadang tanpa harus membaca kita sudah hafal jalan ceritanya. Ceritakan anak dongeng sebelum tidur untuk si kecil. Dongeng anak sebelum tidur sangat populer di kalangan anak-anak.

Tidak hanya anak yang suka dongeng. Kadang kita sebagai orang tua yang menceritakan dongeng juga ikut senang dengan membaca dongeng, kita menjadi tau alur ceritanya. Anak tentu menjadi banyak pelajaran dalam kehidupannya sehari-hari. Secara tidak langsung orang tua telah mendidik anak untuk tidak berbuat hal-hal yang negatif.

Berikut ini beberapa rekomendasi buku dongeng sebelum tidur yang populer di dunia dan bisa didapatkan di www.gramedia.com.

Rekomendasi Cerita Dongeng Sebelum Tidur

1. Jack dan Pohon Kacang

Rekomendasi Buku Dongeng Sebelum Tidur

Dongeng anak sebelum tidur yang berasal dari Inggris ini berjudul “Jack dan Pohon Kacang” yang sudah dibuat ke dalam banyak versi, seperti film, animasi, dan buku cerita. Kisahnya tentang anak muda yang bernama Jack yang tinggal bersama ibunya.

Kehidupan mereka memprihatinkan sampai pada suatu hari Jack mendapat biji pohon kacang ajaib. Tak lama saat biji itu tertanam di tanah muncullah pohon kacang yang tinggi hingga ke langit. Karena penasaran Jack memanjatnya hingga ujung sampai akhirnya ia melihat sebuah istana yang dihuni oleh raksasa. Dari istana itulah ia mendapat harta. Berkat pohon ajaib, hidupnya bersama ibunya membaik.

Dari cerita “Jack dan Pohon Kacang” kita dapat menyampaikan beberapa pelajaran kepada anak.

  1. Kita tidak boleh putus asa walaupun kita kekurangan masih ada Tuhan yang masih memberi secercah harapan untuk kehidupan kita selanjutnya yang lebih baik.
  2. Kita harus menghormati orang tua agar kita mendapat jalan kehidupan yang bahagia.
  3. Banyak jalan menuju kebaikan.

2. Odong-Odong Dongeng: Semut dan Belalang

Rekomendasi Buku Dongeng Sebelum Tidur

Dongeng selanjutnya adalah semut dan belalang. pada suatu hari di musim panas yang cerah semut dan belalang berada di sebuah lapangan. Seekor belalang melompat-lompat dalam suasana musik. Seekor semut lewat dengan susah payah membawa sebatang jagung yang ia bawa ke sarangnya. Lalu belalang mengundang semut untuk duduk mengobrol dengannya.

Dari dongeng Semut dan Belalang ini, kita dapat mengambil beberapa pelajaran, yaitu:

  1. Setiap saat kita harus menyiapkan segala sesuatunya.
  2. Kita harus menabung demi masa depan.

3. Cinderella

Rekomendasi Buku Dongeng Sebelum Tidur

Siapa yang belum tahu dongeng satu ini? Kisah dongeng sebelum tidur berikutnya adalah dongeng Cinderella. Dongeng ini termasuk cerita klasik. Cerita Cinderella ini sangat populer terutama di kalangan anak perempuan.

Cinderella dikisahkan hidup bersama ibu tiri dan dua saudara tirinya. Ia diperlakukan sangat buruk oleh keluarganya tersebut. Hingga suatu hari di istana akan diadakan pesta dansa dan Cinderella tidak diijinkan untuk datang, bahkan ditahan di rumah. Tapi berkat ibu peri baik hati, Cinderella berhasil keluar rumah dan mendatangi pesta tersebut.

Di pesta ia bertemu pangeran yang menyukainya. Namun, karena harus segera bergegas kembali sebelum tengah malam, Cinderella berlari pulang dan sepatu kacanya terlepas. Pangeran mencarinya ke mana-mana dengan membawa sepatu kaca. Akhirnya Cinderella bertemu dan menikah dengan pangeran tersebut.

Pelajaran yang bisa diambil dari dongeng Cinderella adalah:

  1. Jangan semena-mena terhadap orang lain.
  2. Kesabaran membuahkan kebaikan.
  3. Nasib seseorang tidak bisa diprediksi oleh manusia.

4. Kumpulan Dongeng Pengantar Tidur: Di Hutan Ajaib

Rekomendasi Buku Dongeng Sebelum Tidur

Dongeng ini memiliki ketebalan 104 halaman. Setiap gambar yang berada pada buku ini sangat nyata dan memiliki warna bagus. Grameds bisa membacakan dongeng satu ini sebagai pengantar tidur untuk anak.

Miku harus mencari kayu bakar di hutan. Tok! Suara kapaknya memotong pohon. Tiba-tiba, terdengar sebuah suara yang berteriak kesakitan. Miku terkejut, dan mencari asal suara itu. Tapi, tidak ada seorangpun yang ia temukan di hutan itu.

Siapakah yang berteriak kesakitan itu? Bisakah kalian juga mendengar suara pohon yang kesakitan ketika ia ditebang. Suara kesakitan dari dahan dan ranting yang dipotong? Ayo, baca buku Kumpulan Dongeng PEngantar Tidur di Hutan Ajaib ini. Kalian jadi tahu kalau semua pohon dan hewan ingin bersahabat dan melindungi kita. Stt, kalian siap mendengar suara pohon?

5. Tiga Babi Kecil

Rekomendasi Buku Dongeng Sebelum Tidur

Mungkin Grameds sudah familiar dengan dongeng sebelum tidur yang ini, yaitu menceritakan tentang tiga babi kecil. Tiga babi kecil membangun rumah dengan keinginan masing-masing. Babi pertama membuat rumah dari jerami, babi kedua dari kayu, dan babi ketiga dari batu bata.

Ketiga babi tersebut menjadi incaran serigala jahat yang berhasil menghancurkan rumah babi pertama dan kedua. Untungnya kedua babi berhasil selamat dari serigala karena sempat sempat berlindung di rumah bata yang dibuat babi ketiga. Rumah tersebut kokoh dan serigala tidak dapat menghancurkannya. Dongeng anak sebelum tidur ini semakin seru dibacakan bila bisa membuat suara pada setiap karakternya.

Dari dongeng tersebut, anak bisa mempelajari bahwa:

  1. Kita butuh membuat perlindungan yang kokoh.
  2. Kita harus solid dalam menghadapi musuh, saling membantu, dan melindungi.

6. Kumpulan Dongeng Kerajaan

Rekomendasi Buku Dongeng Sebelum Tidur

Anak kecil biasanya sangat suka jika berbicara mengenai kerajaan, putri atau raja dan kuda. Apalagi anak perempuan. Mereka akan sangat tertarik dengan karakter cantik, anggun dan tampan. Jika anak Grameds menyukai dunia kerajaan, tidak perlu khawatir. Buku “Kumpulan Dongeng Kerajaan (Edisi Baru)” sangat cocok untuk dibaca oleh anak dan menemani tidurnya.

Buku “Kumpulan Dongeng Kerajaan (Edisi Baru)” merupakan cerita anak yang memiliki dwibahasa dan terdiri dari 10 dongeng yang berlatar belakang istana, naga, pangeran dan putri. Kisah-kisahnya orisinal dan mengandung pesan moral bagi anak. Buku dongeng satu ini memiliki ketebalan 206 lembar dengan aneka cerita, serta gambar yang menarik.

7. Itik Buruk Rupa

Rekomendasi Buku Dongeng Sebelum Tidur

Dongeng sebelum tidur berikutnya adalah itik buruk rupa merupakan karangan penulis kenamaan, Hans Christian Andrean. Ini juga cocok sebagai dongeng untuk anak sebelum tidur.

Seekor ibu bebek terkejut ketika mendapati salah satu anaknya yang menetas beda dari saudara saudaranya yang lain. Itik tersebut berwarna abu abu. Namun ibu bebek tetap menganggapnya sama dan tidak membedakan. Justru perlakuan tidak mengenakkan datang dari hewan lainnya. Itik abu abu sempat tidak percaya diri, namun pada akhirnya ia pun berubah menjadi angsa yang mempesona.

Dari cerita itik yang buruk rupa ini dapat diambil pelajaran yaitu:

  1. Mereka mengerti tentang empati (kasihan)
  2. Penting untuk bersikap baik
  3. Tidak menilai orang dari luarnya
  4. Bagaimana orang dapat berubah dalam kehidupannya
  5. Tidak pilih kasih dalam merawat anak anak

8. Dongeng Pembentuk Akhlak Mulia

Rekomendasi Buku Dongeng Sebelum Tidur

Usia dini memang harus diajarkan tentang kebaikan-kebaikan untuk bekal masa depannya. Seperti halnya membacakan dongeng, tentunya Grameds harus menelaah terlebih dahulu hal-hal positif apa saja yang bisa didapatkan dari membacakan dongeng. Biasanya anak akan melakukan sesuatu hal dari apa yang mereka lihat dan mereka dengar.

Dengan begitu Grameds tentu perlu membacakan dongeng kepada anak yang bisa berpengaruh pada akhlak anak. Seperti halnya buku “Dongeng Pembentuk Akhlak Mulia” yang bisa menjadi salah satu referensi Grameds untuk dongen anak.

Farkhi adalah petani durian. Suatu ketika ia mendengar harga durian sedang melambung tinggi. Ia tergiur keuntungan besar. Ia tak sabar menunggu durian-duriannya sampai matang. Ia segera memanen durian-duriannya yang belum matang dan segera menjualnya. Lalu, apakah Farkhi benar-benar mendapat keuntungan besar? Raja memiliki keinginan yang tiada habisnya.

Jika satu keinginannya telah terpenuhi maka akan diikuti oleh keinginan-keinginan lain yg juga harus dituruti. Lama kelamaan hartanya pun habis untuk memenuhi keinginannya yang tiada habisnya itu. Nah, penasaran kan gimana kelanjutan nasib si raja? Dua kisah tersebut adalah sebagian kisah di dalam buku Dongeng Pembentuk Akhlak Mulia. Yuk, baca buku ini. Di dalamnya masih banyak cerita menarik lainnya, lho.

9. Monyet dan Harimau

Rekomendasi Buku Dongeng Sebelum Tidur

Kisah pada “Monyet dan Harimau” dimulai ketika ada seekor monyet yang menginginkan penghormatan dari penghuni hutan. Sedangkan Harimau membutuhkan asisten yang membantu membersihkan gua nya. Pada awalnya Monyet merasa pekerjaan nya mudah dan setimpal dengan kehormatan yang dimilikinya.

Lama kelamaan, Harimau semakin keras mempekerjakan Monyet. Alhasil Monyet sangat kelelahan dengan pekerjaan yang dilakukan nya. Monyet ingin melepaskan diri dari Harimau, oleh karena itu Monyet membuat cerita bahwa ada sosok harimau lain yang lebih kuat dari Harimau yang diikutinya. Harimau akhirnya menyerah dan melepaskan Monyet karena merasa dia bukan lah yang terkuat di dalam hutan.

Pada halaman selanjutnya kemudian berkisah tentang pengandaian. Seandainya Monyet tidak melakukan ide tersebut, maka terjadi hal yang tidak diinginkan monyet. Seandainya Monyet tidak membantu membersihkan gua Harimau, maka terjadi hal yang tidak diinginkan Harimau.

Buku “Monyet dan Harimau” memberikan manfaat pada anak untuk melatih imajinasinya, membentuk karakter pada anak melalui pesan moral yang didapat, merangsang kreativitas melalui ilustrasi, mendekatkan kedekatan antara orang tua dan anak.

10. Dongeng Sebelum Tidur

Rekomendasi Buku Dongeng Sebelum Tidur

Moms, jika anak susah untuk tidur harus bagaimana? Tenang saja, Moms bisa membacakan dongeng sebelum tidur untuknya. Seperti buku “Seri Dongeng Untuk Si Kecil : Dongeng Sebelum Tidur” sangat cocok untuk menemani anak tidur. Anak akan menambah pengetahuan menjelang istirahatnya.

Buku Seri Dongeng Untuk Si Kecil yang bertema “Dongeng Sebelum Tidur” ini berisi dongeng yang mengenai Margaret yang sedang punya rahasia, Petitgrain yang tidak bisa tidur, juga Leonie yang ketakutan mendengar bunyi di malam hari. Nah, apakah kamu juga sama seperti margaret yang mempunyai rahasia yang satu orang pun tak tahu? atau seperti Petitgrain yang tidak bisa tidur? atau juga seperti Leonie yang ketakutan mendengar bunyi di malam hari?

Yuk, ikuti kisahnya dalam buku ini! Buku bertema “Dongeng Sebelum Tidur” ini menyajikan ilustrasi yang menarik. Cerita yang disuguhkan juga menarik dan sederhana sehingga dapat membuat anak dengan mudah memahami isi ceritanya. Terdapat beberapa seri Dongeng Untuk Si Kecil yang bisa kamu kumpulkan juga, loh!

Grameds, tertarik untuk membacakan beberapa rekomendasi buku dongeng sebelum tidur untuk anak? Jika iya, Grameds bisa mendapatkan buku dongeng yang beragam tentunya yang tersedia lengkap di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas Gramedia selalu memberikan yang terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Written by Ananda