in

15 Aplikasi Membaca Novel Gratis!

15 Aplikasi Membaca Novel Gratis! – Di zaman yang sudah maju seperti sekarang, membaca novel bukan hanya melalui bentuk fisik novelnya saja, melainkan bisa melalui aplikasi novel. Tujuannya agar kalian dapat membaca novel di mana saja dan kapan saja.

Akan tetapi, tak sedikit dari kalian yang mengincar aplikasi novel secara gratis. Loh, memangnya ada? Tentu ada!

Nah, di bawah ini ada beberapa aplikasi membaca novel GRATIS yang bisa kalian unduh, install, dan akses di Android, iOS, maupun Windows. Tidak hanya membaca, kalian juga bisa menulis cerita melalui aplikasi-aplikasi tersebut. Penasaran? Simak penjelasan berikut.

15 Aplikasi Novel Gratis

1. Gramedia Digital

Gramedia Digital

Gramedia Digital adalah penyedia layanan yang dapat kalian akses untuk membaca, membeli, dan berlangganan buku di sini. Adapun di dalamnya memuat beragam bacaan, seperti buku pengetahuan umum, buku pelajaran sekolah atau kuliah, novel, cerpen, majalah, koran, dan semacamnya.

Aplikasi Gramedia Digital layaknya perpustakaan dan toko buku berjalan. Kalian bisa mengaksesnya dengan mudah, di mana saja dan kapan saja. Apabila ingin membaca buku di Gramedia Digital, pastikan kalian harus membelinya terlebih dahulu, ya. Sesuai dengan namanya, buku-buku yang kalian dapatkan di sini tentunya berupa e-book alias buku elektronik.

Dengan begitu, kalian akan mudah membawa buku yang hendak kalian baca itu ke mana pun kalian pergi. Aplikasi Gramedia Digital wajib dimiliki, terlebih bagi kalian yang gemar membaca buku ataupun novel. Tanpa pikir panjang, yuk, unduh atau download aplikasi Gramedia Digital di Play Store maupun di App Store sekarang juga!

Klik disini tautan berikut untuk mendapatkan Akses 7 hari membaca gratis menggunakan Gramedia Digital => Baca Gratis Gramedia

2. Gramedia Writing Project

Gramedia Writing Project
Gramedia Writing Project

Gramedia Writing Project (GWP) adalah salah satu wadah bagi siapa pun yang ingin membagikan hasil karya tulisnya di sini. Wadah pencarian bakat penulis ini memang dibuka untuk umum.

Setiap orang dapat mengunggah hasil tulisannya dan bisa membaca serta menikmati tulisan dari anggota lain sehingga dapat memberikan apresiasi berupa like atau komentar antarsesama anggota.

Hasil karya tulis akan diperlihatkan dalam bentuk per bab. Nah, melalui Gramedia Writing Project, bagi anggotanya memiliki peluang untuk menerbitkan hasil tulisannya menjadi sebuah buku, baik itu cetak maupun digital atau e-book, tentunya melalui beberapa penerbit yang ada di Gramedia. Menarik banget ‘kan? Untuk informasi lengkapnya, kalian bisa kunjungi laman website-nya di Gramedia Writing Project.

3. Wattpad: Read and Write Stories

Wattpad

Siapa yang tak kenal Wattpad? Wattpad sudah menjadi salah satu APK membaca dan menulis novel yang sangat populer. Bahkan, aplikasi ini telah menjadi aplikasi novel terlaris di Indonesia. Bagaimana tidak? Hal itu dibuktikan bahwa telah lebih dari dua juta orang yang mengunduh aplikasi Wattpad ini. Adapun pengguna aplikasi ini berasal dari berbagai kalangan, mulai dari remaja hingga dewasa.

Kemudian, aplikasi populer yang satu ini telah menyajikan berbagai genre novel yang dapat kalian nikmati, mulai dari genre romance, horror, thriller, mystery, action, sampai science fiction pun tersedia di aplikasi ini. Menariknya, di Wattpad kalian bisa membaca berbagai karya dalam bahasa yang kalian inginkan.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Wattpad pun menyuguhkan fitur menulis bagi kalian yang ingin menuangkan berbagai kisah, inspirasi, ide atau semacamnya dan secara langsung dapat dipublikasikan di aplikasi yang satu ini.

Tidak hanya novel, tersedia pula berbagai puisi dan jenis-jenis buku lainnya. Dengan menggunakan aplikasi Wattpad ini, kalian bisa membaca novel melalui internet, yakni secara online. Namun, jangan khawatir, bagi yang ingin membaca novel secara offline di aplikasi Wattpad ini, kalian bisa mengunduh novel yang ingin kalian baca terlebih dahulu.

banner-promo-gramedia

Nah, apabila menggunakan Wattpad, kalian akan dapat berjumpa dengan lebih dari 100 juta pengguna dari berbagai negara di seluruh dunia, bahkan kalian juga bisa join dengan berbagai komunitas yang ada di aplikasi ini. Dengan begitu, kalian dapat berinteraksi antarsesama penggunanya. Seru banget ‘kan?

Lalu, ada pula What’s Hot List, yaitu semacam daftar cerita yang paling sering kalian pilih. Apakah tertarik dengan aplikasinya? Kalian bisa unduh aplikasi Wattpad secara cuma-cuma di App Store bagi pengguna iOS dan Play Store bagi pengguna Android.

4. iPusnas

iPusnas

Aplikasi iPusnas adalah aplikasi meminjam dan membaca buku yang dikembangkan oleh Aksaramaya bekerja sama dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Artinya, buku yang ada di aplikasi tersebut adalah buku koleksi Perpustakaan Nasional RI.

Dengan begitu, kalian dapat membaca dan meminjam buku melalui aplikasi iPusnas, tanpa perlu repot-repot mengunjungi Perpustakaan Nasionalnya.

Memangnya, ada apa saja fitur di dalam aplikasi iPusnas tersebut? Pastinya banyak sekali. Salah satunya, yaitu kalian dapat membaca buku, baik secara online maupun offline di aplikasi iPusnas ini.

Terlebih, buku-buku yang ada di aplikasi iPusnas sangatlah bervariasi, mulai dari cerpen, novel, sampai buku pelajaran sekalipun. Menarik ‘kan? Kalian bisa langsung download atau unduh aplikasi iPusnas di Play Store ataupun App Store.

Blog Gratis dan Praktis, Omzet Fantastis
Blog Gratis dan Praktis, Omzet Fantastis

tombol beli buku

Bagaimana cara meningkatkan penjualan melalui blog? Temukan jawabannya dalam buku yang mengupas hal-hal terkait panduan langkah demi langkah membuat blog menggunakan WordPress.com dan Blogger, cara riset untuk mengetahui tren dan apa yang dibutuhkan orang, teknik agar bisa menulis 1000 artikel di blog dalam setahun, kiat membuat artikel yang viral dan disukai pembaca, kiat-kiat meningkatkan omzet lewat blog gratisan, dan masih banyak lagi.

Buku ini sangat cocok untuk para pelaku bisnis dan untuk kalian yang ingin memulai menjadi seorang blogger.

5. Google Play Books

Google Play Books

Google Play Books adalah aplikasi untuk membaca buku elektronik yang ditawarkan oleh Google. Bagi para pengguna, kalian bisa membeli dan mendownload berbagai buku elektronik dari Google Play Books ini yang menyuguhkan lebih dari 5 juta buku.

Dengan begitu, kalian dapat menemukan buku, termasuk berbagai novel yang sangat bagus dan menarik untuk dibaca di dalam koleksi aplikasi ini. Bahkan, kalian dapat membaca berbagai novel di sini dengan tanpa membayar alias gratis.

Akan tetapi, apabila kalian ingin mengakses novel-novel gratis di Google Play Books, kalian harus terhubung dengan internet. Hal itu sebab aplikasi buku Google Play ini adalah aplikasi membaca novel secara online. Akan tetapi, ada pula beberapa di antaranya novel yang berbayar. Meski begitu, harga yang ditawarkan juga masih terjangkau.

Tak hanya menyediakan beragam novel kekinian, tetapi Google Play Books pun menyediakan berbagai novel klasik maupun Islami. Penasaran? Coba unduh aplikasi Google Play Books di gadget kalian masing-masing.

 

6. NovelToon

NovelToon
NovelToon

Sesuai dengan namanya, di aplikasi ini kalian bisa mendapatkan berbagai judul novel dengan beragam genre, mulai dari fantasi, romantis, komedi, kehidupan sekolah hingga time travel. Selain digunakan sebagai aplikasi membaca novel, kalian juga dapat berbicara dengan novelis, bahkan memberikan saran atau masukan ke mereka terkait cerita yang mereka buat.

Sejauh ini, aplikasi NovelToon sudah diunduh lebih dari 5 juta kali di Play Store. Melalui aplikasi NovelToon, kalian dapat mengunduh novel yang kalian gemari dan membacanya di lain waktu sehingga novel tersebut dapat dibaca secara offline. 

Tak hanya itu, apabila kalian memiliki hobi atau gemar menulis novel, kalian akan berkesempatan untuk menjadi novelis di NovelToon. Nah, dari itu pula kalian akan mendapatkan penghasilan bilamana novel yang kalian buat sukses dan berhasil mendapatkan banyak pembaca. Tunggu apa lagi? Segera download aplikasi NovelToon sekarang dan jadilah novelis di NovelToon.

7. GoodNovel

GoodNovel

GoodNovel adalah aplikasi membaca berbagai novel dengan genre yang beragam pula, seperti, fantasy, romance, mystery, Science Fiction (Sci-Fi), Fan Fiction (Fan-Fic), dan lainnya. Selain membaca novel, di aplikasi GoodNovel kalian dapat mewujudkan impian untuk menjadi seorang penulis novel.

Di Play Store sendiri, Aplikasi GoodNovel telah di-download lebih dari satu juga kali. Kemudian, aplikasi membaca dan menulis novel ini juga mengoleksi berbagai novel dan buku web popular, cerita menyuguhkan kalian pada bab-bab terbaru dengan kualitas terbaik.

Bahkan, aplikasi GoodNovel telah mempunyai ratusan buku yang sudah dibaca lebih dari satu juga kali oleh penggunana sehingga kalian pun dapat membaca novel dari aplikasi ini sepuasnya, tanpa perlu membeli edisi paperback. 

banner-promo-gramedia

Akan tetapi, GoodNovel bukanlah platform novel yang sepenuhnya gratis. Di awal mungkin akan ditawarkan tanpa bayaran, akan tetapi apabila ingin lanjut, kalian harus membayarnya. Hal itu agar GoodNovel ini dapat membayar para penulisnya dan bisa terus berkarya dengan membuat dan menuliskan kisah-kisah menarik lainnya.

Ingin sekadar membaca novel ataukah ingin menjadi novelis? Kalian dapat unduh aplikasi GoodNovel di App Store maupun Play Store.

8. WebNovel

WebNovel
WebNovel

Aplikasi novel gratis selanjutnya, yaitu WebNovel. WebNovel adalah aplikasi penyedia berbagai novel dengan beragam genre terlengkap. Aplikasi Webnovel ini tidak akan membuat kalian bosan sebab setiap harinya selalu update novel terbaru. Dengan begitu, aplikasi ini akan sangat cocok bagi kalian yang gemar atau memiliki hobi baca novel.

Kemudian, aplikasi WebNovel pun memiliki komunitas pembaca yang sangatlah aktif sehingga kalian dapat berkumpul dan berbagi ide atau pendapat di sini. Seperti aplikasi-aplikasi novel sebelumnya, aplikasi WebNovel membuka peluang bagi para pembaca atau siapapun yang berkeinginan menjadi seorang penulis dan meraih banyak follower. 

Aplikasi-Aplikasi Paling Top untuk iPad & iPhone
Aplikasi-Aplikasi Paling Top untuk iPad & iPhone

tombol beli buku

Buku ini akan mengefisienkan proses seleksi terhadap aplikasi-aplikasi yang ada di dunia Apple Store. Kalian tidak perlu lagi menginstal dan menghapus aplikasi satu demi satu hanya untuk menemukan aplikasi yang paling bagus. Cukup baca buku ini dan kalian akan menemukan aplikasi yang terbaik dari aplikasi yang telah disediakan Apple.

9. NovelMe

NovelMe
NovelMe

NovelMe adalah aplikasi untuk membaca novel digital yang cukup familiar dan sudah lebih dari satu juta kali diunduh di aplikasi marketplace Play Store. NovelMe telah menyuguhkan dan menyediakan ratusan, bahkan ribuan novel, mulai dari novel yang populer hingga novel best seller. Contohnya, Married with Mr. Dev, Pengasuh Tuan Muda, Love and Contract, My Introvert Presdir, dan masih banyak lagi.

Kemudian, kalian juga dapat menjadi seorang penulis melalui aplikasi NovelMe dan mendapatkan uang saku dari penjualan bab berbayar kalian. Nah, yang dinanti-nanti oleh para pengguna aplikasi NovelMe ialah aplikasi ini kerap mengadakan acara giveaway dengan nilai yang cukup menakjubkan. Bagaimana? Tertarik? Kalian dapat mengunduh aplikasi NovelMe di gawai masing-masing.

10. Innovel

Innovel
Innovel

Apakah kalian salah satu penyuka novel berbau romantis dengan pergolakan drama percintaan yang membuat baper? Yap, Innovel adalah aplikasi novel gratis yang sangat tepat. Mengapa demikian? Hal itu sebab aplikasi Innovel memang dibuat bagi wanita yang mempunyai preferensi khusus, seperti drama romance, chicklit, dan novel dengan tema manusia werewolf dan vampire layaknya film Twilight dan Teen Wolf series yang sempat populer pada masanya.

Dengan membaca novel di Innovel, kalian tidak akan bosan sebab dari pihak aplikasi Innovel mengklaim bahwa setiap harinya aplikasi ini mampu menambahkan atau meng-update cerita-cerita baru langsung dari penulisnya. Terlebih, novel dalam aplikasi Innovel dapat dibaca, baik online maupun offline sehingga mempermudah bagi para penggunanya.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, apabila kalian hanya menginginkan cerita romansa, novel Innovel menyediakan cerita  romansa, seperti tema mengenai pernikahan, kehamilan, keluarga kerajaan, miliarder dan semacamnya. Membaca cerita-cerita tersebut layaknya kalian menonton drama korea. Seru ‘kan?

Menariknya, aplikasi Innovel menyediakan layanan berupa grup pembaca yang dapat memungkinkan kalian untuk memberikan feedback antarsesama pengguna aplikasi Innovel. Dengan begitu, apabila kalian mengunduh aplikasi novel gratis Innovel ini, kalian akan bersua dengan lebih dari satu juta pengguna lainnya.

Bila kalian tertarik dengan berbagai drama romansa yang ada di aplikasi Innovel, kalian bisa unduh aplikasi ini di Play Store maupun App Store.

 

Memanfaatkan Software Gratis Internet
Memanfaatkan Software Gratis Internet


tombol beli buku

Seringkah kalian melakukan download file di internet? Atau, pernahkah anda ingin mengirimkan file berukuran besar secara online, tetapi menemui jalan buntu? Mengirim file besar secara online memang acapkali mesih terkendala oleh banyak hal. Misalnya saja, kalian tidak bisa mengirim file berukuran sangat besar menggunakan e-mail karena bisa jadi, penyedia jasa e-mail melarang kalian meng-upload data dalam jumlah besar. Kalau sudah begini, kalian butuh mekanisme lain untuk mentransfer file dalam ukuran besar.

Buku Memanfaatkan Software Gratis Internet akan memberikan solusi dan mengatasi segala kendala yang kalian alami.

11. Storial.co

Storial.co
Storial.co

Storial.co adalah aplikasi baca novel gratis dari Indonesia. APK ini menyuguhkan berbagai genre yang dapat kalian baca, bahkan jumlahnya kurang lebih 40. Adapun berbagai genre populer yang bisa dinikmati, di antaranya romance, fantasy, comedy, horror, serta ada pula kumpulan buku-buku puisi.

Melalui aplikasi Storial.co, kalian bisa terhubung dengan penulis novelnya secara langsung. Menariknya dari aplikasi ini ialah kalian dapat membuat kutipan atau quotes dari kalimat yang terdapat di novel yang kalian baca dan sukai. Kutipan atau quotes tersebut dapat langsung kalian share di media sosial. Berbeda dengan aplikasi novel gratis lainnya, Storial.co menyediakan fitur AudioStory, yaitu semacam fitur yang bisa digunakan oleh para penggunanya untuk mendengarkan cerita (audio).

Aplikasi-Aplikasi Praktis Visual Basic
Aplikasi-Aplikasi Praktis Visual Basic

tombol beli buku

Buku ini adalah referensi dan tutorial paling tepat untuk membantu kalian memahami Visual Basic. Isinya tidak hanya sekadar teori, tetapi juga berbentuk tutorial praktis yang membantu kalian menciptakan berbagai macam aplikasi.

Selain itu, juga membahas pemrograman database menggunakan Visual Basic dan cara-cara melakukan “pelacakan” pada script memakai IntelliTrace, publishing aplikasi, revisi, update, dan topik-topik lainnya yang perlu kalian ketahui untuk membuat aplikasi utuh yang baik.

12. Free Books – Spirit

Free Books - Spirit
Free Books – Spirit

Mau dan tertarik membaca berbagai cerita fan fiction secara gratis? Jika demikian, kalian dapat menggunakan aplikasi yang satu ini, yaitu Free Books – Spirit. Aplikasi ini menyediakan layanan membaca berbagai kumpulan cerita seru dan menarik layaknya novel.

Terlebih, Free Books – Spirit menyediakan bacaan yang bisa dibaca secara offline sehingga kalian tidak perlu terkoneksi dengan internet untuk menikmati berbagai koleksi bacaan fan fiction di aplikasi ini. Lalu, apakah kalian tertarik untuk menulis sebuah fanfiction atau cerita? Nah, aplikasi Free Books – Spirit memungkinkan kalian untuk menjadi seorang author pula. Bagaimana? Minat? Aplikasi ini tersedia di App Store maupun Play Store, loh.

13. NovelPlus

NovelPlus
NovelPlus

Aplikasi NovelPlus adalah penyedia novel dari NovelPlus.co yang dapat kalian unduh di Android, iOS, dan Windows secara cuma-cuma. Di NovelPlus, kalian bisa membaca berbagai novel dengan beragam genre, seperti fantasy, hero, fiction, romance, crime, mystery, dan lain-lain.

Sama halnya dengan beberapa aplikasi novel gratis yang telah dibahas, di NovelPlus, kalian dapat menulis serta menerbitkan cerita kalian sendiri. Bahkan, apabila tulisan kalian menarik, akan direkomendasikan oleh editor sehingga bisa mendapatkan lebih banyak pembaca.

Kemudian, NovelPlus menyediakan layanan diskusi dengan pembaca dan pengguna lain aplikasi ini terkait novel yang kalian baca. Malahan kalian juga dapat terhubung langsung dengan si penulis novel yang ada di NovelPlus. Apabila kalian mengunduh aplikasi ini, kalian bisa berjumpa dengan lebih dari 500 ribu pengguna dari berbagai daerah.

14. Cabaca

Cabaca
Cabaca

Cabaca adalah aplikasi novel gratis yang menyuguhkan layanan bacaan ringan bagi para penggunanya. Cara memuat berbagai genre cerita, seperti komedi, fantasi, romansa, horor, bahkan aksi.

Menariknya dari aplikasi Cabaca, yakni kalian bisa mengubah font pada novel yang hendak kalian baca. Dengan begitu, kalian bisa membaca dan menikmati dengan pilihan font yang kalian sukai. Jadi, apabila penglihatan kalian memiliki kesulitan membaca dengan font tertentu, kalian bisa mengubah dan menyesuaikan jenis font tersebut.

Kemudian, di aplikasi Cabaca, kalian bisa membaca novel secara offline. Bila kalian tertarik dengan aplikasi baca novel gratis yang satu ini, kalian bisa unduh dan install aplikasi ini di Play Store maupun App Store.

15. Amazon Kindle

Amazon Kindle
Amazon Kindle

Amazon Kindle adalah aplikasi penyedia layanan membaca buku atau novel yang cukup populer. Di aplikasi ini, para penggunanya ditawarkan berbagai ribuan novel yang dapat dibaca dan dinikmati.

Satu hal yang sangat digemari banyak orang, yaitu aplikasi Amazon Kindle memiliki berbagai novel yang dapat dinikmati secara gratis. Bila kalian penikmat novel klasik, kalian juga dapat membacanya secara gratis di aplikasi Amazon Kindle ini.

Selain itu, tersedia fitur yang mana para pemakai aplikasi ini bisa meminjam novel digital di perpustakaan terdekat. Dengan kata lain, aplikasi Amazon Kindle memiliki koneksi dengan perpustakaan terdekat yang ada di kawasan kalian guna mempermudah akses ke perpustakaan. Gimana? Tentunya menarik ‘kan? Kalian bisa segera download aplikasi ini di ponsel masing-masing.

Itulah informasi terkait beberapa Aplikasi Novel Gratis. Apabila Grameds tertarik dan ingin memperluas pengetahuan terkait bidang apapun atau ingin mencari novel dengan berbagai genre, tentu kalian bisa temukan, beli, dan baca bukunya di Gramedia.com dan Gramedia Digital karena Gramedia senantiasa menjadi #SahabatTanpaBatas bagi kalian yang ingin menimba ilmu.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kalian, ya!

Penulis: Tasya Talitha Nur Aurellia

Sumber: dari berbagai sumber

Buku Ajar Aplikasi Komputer
Buku Ajar Aplikasi Komputer

tombol beli buku

Buku ini mengulas terkait 4 aplikasi yang kerap digunakan oleh masyarakat, yaitu aplikasi pengolah kata (Microsoft Word), aplikasi pengolah angka (Microsoft Excel), aplikasi presentasi (Microsoft PowerPoint) serta aplikasi database (Microsoft Access) & dilengkapi latihan soal yang dapat membantu mahasiswa meningkatan pemahaman dan keterampilan yang nantinya dapat digunakan dalam kehidupan di dunia kerja dan masyarakat.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Tasya Talitha