in

10 Rekomendasi Buku Self Improvement Terbaru

Halo, Grameds! Apakah kalian sedang tengah mencari rekomendasi buku motivasi?

Tidak sedikit alasan orang-orang gemar akan membaca berbagai buku motivasi, salah satunya tentu memberikan pengetahuan dan ilmu baru. Apabila dilihat dari segi psikis, jiwa ini pun akan menjadi semakin ‘menyala’, terlebih bagi kalian yang dirundung rasa sepi, sedih, ataupun galau dalam menentukan dan menemukan tujuan hidup ini.

Setiap manusia pastinya mempunyai berbagai pergolakannya sendiri, baik itu dengan manusia lainnya maupun dengan batinnya sendiri. Ringan atau beratnya sebuah masalah tergantung dari cara manusia itu menghadapi dan menyelesaikannya. Kita jangan pernah meremehkan setiap masalah yang dialami oleh manusia lainnya, baik itu besar maupun kecil.

Oleh sebab itu, pada setiap buku motivasi tentu ada fokus pembahasannya masing-masing. Semua ragam buku motivasi pun mempunyai penikmatnya sendiri. Artikel ini hendak membahas mengenai beberapa rekomendasi buku motivasi terbaik dan menginspirasi.

Update Rekomendasi Buku Self Improvement Terbaru Februari 2022

1. Esok Lebih Baik

Esok Lebih Baik: Dr. Abdullah Al-Maghluts
Esok Lebih Baik: Dr. Abdullah Al-Maghluts

Semua orang ingin mendapatkan apa yang diinginkan. Namun, dalam prosesnya acap kali terbentur dengan berbagai masalah dan tantangan yang datang tak terduga. Acap kali juga keduanya terlampau sulit dan berat untuk diatasi, sehingga membuatnya kecewa, sedih, cemas, takut, hingga tahap depresi dan putus asa.

Buku ini ditulis oleh seorang jurnalis cum motivator Timur Tengah yang sangat piawai membangun kepercayaan diri dan memperkukuh keyakinan kita untuk mengatasi masalah dan tantangan apa pun yang menghambat kemajuan dan kesuksesan. Materinya sangat praktis dan tepat serta mudah dilakukan siapa saja. Karena, didasarkan pada pengalaman pribadi, dan hasil-hasil penelitian ilmiah para ahli psikologi mutakhir.

Buku ini memberi tahu kita cara tepat untuk mengatasi luka batin karena kehilangan, kebiasaan menyalahkan orang, kerabat yang berpikiran negatif, perfeksionis, membuat keputusan, mood dan emosi, menemukan minat, fobia sosial, memasarkan diri, rasa benci, kepercayaan diri, menghapus ingatan buruk, menjaga keberhasilan, mencintai orang, pesimisme, menjadi sosok karismatik, membangun komunikasi, dan lain-lain.

 

2. Bukan Maksudku Tak Menghargai Diri

Bukan Maksudku Tak Menghargai Diri: Jun Meekyung
Bukan Maksudku Tak Menghargai Diri: Jun Meekyung

Umur sudah segini, kok masih belum punya apa-apa?
Banyak yang mengira bahwa self esteem atau harga diri ditentukan dari kepemilikan
kita atas tas bermerek, mobil mahal, rumah yang besar, lulusan universitas ternama,
tempat kerja dengan gaji tinggi, atau paras yang menawan. Akhirnya, kita mati-matian
berusaha mencapainya supaya mendapat pengakuan dari orang lain. Padahal, terobsesi
pada hal-hal di atas adalah contoh self-esteem palsu yang ujungnya malah menyakiti
diri kita sendiri.

Bukan Maksudku Tak Menghargai Diri adalah jawaban yang diberikan oleh seorang
psikiater, Jun Meekyung, kepada orang-orang dengan masalah self-esteem rendah dan
terjebak dalam self-esteem palsu. Buku ini mengupas tuntas konsep self-esteem dan
tips untuk meningkatkannya berdasarkan ilmu psikologi mutakhir dan pengalaman
penulis selama menjadi psikiater.

 

3. Semua Orang Butuh Curhat

Semua Orang Butuh Curhat: Lori Gottlieb
Semua Orang Butuh Curhat: Lori Gottlieb

Ketika krisis pribadi menyebabkan dunianya runtuh, Lori Gottlieb—terapis berpengalaman dengan praktik yang berkembang pesat di Los Angeles—tiba-tiba kehilangan arah. Lalu datanglah Wendell, terapis veteran dengan gaya yang tidak biasa, yang membantu Gottlieb dengan sesi terapi yang terbukti transformatif.

Ketika menjelajahi ruang dalam kehidupan pasiennya—seorang produser Hollywood yang egois, seorang pengantin baru yang didiagnosis menderita penyakit ganas, seorang warga senior yang mengancam akan mengakhiri hidup di hari ulang tahunnya jika hidupnya tidak menjadi lebih baik, dan seorang wanita berusia dua puluhan tahun yang tidak bisa berhenti bergaul dengan orang yang salah—Gottlieb menemukan bahwa pertanyaan yang menjadi ajang pergulatan mereka adalah pertanyaan yangsekarangdia ajukan kepada Wendell.

Dengan gaya bercerita yang ringan, Gottlieb mengundang kita ke dunianya, baik sebagai terapis mau pun pasien, memeriksa kebenaran dan ilusi yang kita ceritakan pada diri sendiri dan orang lain ketika kita berjalan di atas benang yang tipis antara cinta dan hasrat, makna dan kematian, rasa bersalah dan penebusan, teror dan keberanian, serta harapan dan perubahan.

 

4. The Lessons of Life

The Lessons of Life: Chairawan Nusjirwan
The Lessons of Life: Chairawan Nusjirwan

Pengalaman hidup dan perjalanan karier membuta Chairawan Nusjirwan merenungkan arti kehidupan tentang pentingnya memelihara dan menggapai impian, harapan, dan cita-cita. Semuannya ditulis berdasrkan perjuangannnya yang tegar menjalani kehidupan sebagai tentara yang mengemban banyak operasi militer, yang tentunya memiliki tanggung jawab yang besar dan siap menghadapi apa pun risiko jabatan.

Di dalam buku ini diuraikan empat faktur penentu yang dapat memengaruhi keberhasilan seseorang dalam kehidupan, yaitu Acceptable, Capable, Hard work/ Never Give up, dan Destinyn. Pemahaman dan penerapan faktor-faktor ini di dalam kehidupan dakan membuat seseorang rela bekerja keras tanpa putus asa untuk meningkatkan kapasitas dirinya, tapi tetap menerima semua kehendak Tuhan dengan hati ikhlas.

5. Empowered ME (Mother Empowers): Ibu Berdaya Dimulai dari Diri Sendiri

Empowered ME (Mother Empowers): Ibu Berdaya Dimulai dari Diri Sendiri: Puty Puar
Empowered ME (Mother Empowers): Ibu Berdaya Dimulai dari Diri Sendiri: Puty Puar

Perempuan berdaya bisa diartikan sebagai perempuan yang memiliki kekuatan/kemampuan memilih atau mengambil keputusan untuk hidupnya sendiri. Setelah menjadi ibu, tidak sedikit perempuan yang merasa kewalahan dengan adanya tambahan peran dalam hidupnya. Berbagai ekspektasi yang terbentuk di masyarakat dan hadir setiap saat melalui media sosial kerap membuat ibu semakin sulit memahami dirinya sendiri.

Padahal pemahaman akan diri sendiri, peran, dan tujuan adalah dasar dari kepercayaan diri dalam pengambilan keputusan. Ketika seorang ibu berdaya; merasa kuat, dan percaya diri akan pilihan hidupnya, ini akan menciptakan dampak positif bukan hanya bagi dirinya, tapi juga keluarga dan masyarakat; termasuk para perempuan di sekelilingnya.

Buku berilustrasi ini diharapkan bisa menjadi teman bagi para perempuan termasuk ibu-ibu untuk lebih memahami dan memercayai diri serta menghargai proses bertumbuh dalam hidup. Terdapat pula beberapa templat yang dapat mengarahkan penyusunan prioritas, pengukuran kemajuan, dan refleksi diri.

 

 

10 Rekomendasi Buku Self Improvement Terbaru November 2021

1. Young on Top – Billy Boen

Young on Top
Young on Top

tombol beli buku

Young on Top merupakan novel dari Billy Boen yang terbit pada tahun 2009. Melalui bukunya, Billy Boen yang merupakan seorang pengusaha asal Indonesia ini memberikan berbagai nilai yang diajarkan oleh orang tuanya, kemudian pengalaman selama perkuliahannya, berteman, dan berkarier–yang mana hal demikian membuat dirinya sukses di usia 26 tahun sebagai seorang pemimpin tertinggi pada Oakley di Indonesia.

Buku Young on Top memberikan wawasan dan berbagai kiat dalam meraih kesuksesan, terlebih di usia muda. Membaca buku ini, pembaca akan diajak untuk melihat dan memahami tujuan dan passion-nya guna memudahkan individu dalam menuju kesuksesan.

Buku ini terbagi menjadi 7 bab dan di setiap awal babnya terdapat berbagai kutipan dari para tokoh, pebisnis ulung, CEO, dan para orang sukses yang inspiratif. Buku dengan tebal 218 halaman ini akan membuat kaum-kaum muda menjadi termotivasi dalam bermimpi, bahkan berani untuk keluar dari zona nyamannya. Hal itu dilakukannya agar individu tersebut mampu meraih zona nyaman pada level yang lebih tinggi dan mempunyai mutu dalam bekerja.

Dengan menggunakan bahasa yang terkesan simpel dan ringan, Billy Boen seakan berkomunikasi secara langsung dan menyampaikan berbagai kalimat yang mampu menuangkan segala energi positif bagi para pembacanya. Selain itu, penulis pun memberikan tanda pada kalimat yang sekiranya penting yang perlu menjadi perhatian para pembacanya.

Adapun berbagai kiat sukses yang disampaikan, seperti berpikir terbuka, kreatif, tepat waktu, berpikir positif, percaya diri, memiliki dan memberi jangan tengah pada suatu masalah, dan sebagainya–yang mana hal demikian akan semakin mudah dipahami menggunakan ilustrasi serta contoh pengetahuan dan pengalaman yang dirasakan oleh sang penulis.

Dalam buku ini, Billy Boen menarik pembacanya agar dapat memanfaatkan teknologi guna mencapai kesuksesan dengan memaksimalkan pemakaian web dan media sosial lainnya. Kemudian, ada banyak ungkapan atau quotes dari para tokoh termasyhur yang ada di dunia, seperti Robert Kiyosaki, Robin Sharma, dan sebagainya.

Sebagai akhirnya, penulis mengajak pembacanya untuk memulai langkah awal dan berproses dalam menggapai kesuksesan mulai detik ini. Buku ini bernilai tinggi dan sangat bermanfaat untuk pembentukan karakter bagi pribadi individu. Bagi masyarakat Indonesia, terlebih kaum muda yang ingin meraih impian dan tujuannya di usia muda, buku ini sangat direkomendasikan sebagai referensi bacaan. Selamat membaca dan berproses!

2. Rahasia Magnet Rezeki – Nasrullah

Rahasia Magnet Rezeki
Rahasia Magnet Rezeki

tombol beli buku

Dalam buku Rahasia Magnet Rezeki, pembaca akan mempunyai cara pandang bahwa semua ini merupakan bentuk energi. Manusia adalah energi, buku ini adalah energi, kata demi kata yang dimuat di dalam buku ini adalah energi, dan lain sebagainya.

Buku ini terbagi menjadi beberapa bab atau bagian. Bab pertama memaparkan terkait hidup dimuliakan dan dimanjakan. Bab kedua mengenai pemikiran yang positif bahwa setiap pemikir positif merupakan bentuk doa, kuasa kekuatan positive thinking dan janganlah untuk berpikir su’udzon.

Kemudian, pada bab ketiga membahas mengenai perasaan positif. Setiap kejadian atau peristiwa meskipun buruk, ada baiknya tetaplah bersikap husnudzon atau berprasangka baik sebab di setiap kejadian itu tentulah ada rencana baik dari Allah Ta’ala yang barangkali setiap insan belum paham betul akan makna di baliknya. Di bab keempat, pembahasan terkait motivasi positif dengan kesimpulan yang besar di dalamnya.

Buku ini memang dibuat guna memudahkan kalian dalam meraih keajaiban magnet rezeki. Berbagai prinsip yang dimuat di dalamnya teruji bersamaan dengan berbagai cerita keajaiban dari kisah nyata. Dengan demikian,  akan ada perasaan mendalam ketika membaca buku ini.

3. Untuk Bertahan: Tentang Kita yang Belajar Menerima – Elda Rina

Untuk Bertahan: Tentang Kita yang Belajar Menerima
Untuk Bertahan: Tentang Kita yang Belajar Menerima

tombol beli buku

Buku ini merupakan karya dari Elda Rina yang terbit pertama kali pada April tahun 2020 lalu. Buku setebal 256 halaman ini menggunakan bahasa sederhana yang dapat memotivasi, terkhusus bagi berbagai insan yang tengah atau sedang patah dan terluka sebab cinta yang diharapkan pada manusia.

Buku ini mengajak manusia untuk terus bertahan, belajar menerima, mengikhlaskan, dan kembali menyandarkan hati pada sebaik-baiknya Sang Pemilik Hati. Barangkali, tidak sedikitnya manusia yang tengah berupaya dalam mengikhlaskan dan menerima diri dengan apa adanya hingga akhirnya kehidupannya baik-baik saja.

Buku ini sangat tepat bila dibaca oleh setiap insan yang senantiasa menginginkan kebaikan di dalam kehidupannya walaupun harus bersusah payah terlebih dahulu. Selamat membaca serta temukanlah arti menerima dan mengikhlaskan dalam hidup ini.

4. Journal of Gratitude – Sarah Amijo

Journal of Gratitude
Journal of Gratitude

tombol beli buku

Journal of Gratitude merupakah salah satu buku yang menduduki best seller karya Sarah Amijo, seorang ilustrator dan penulis. Buku terbitan tahun 2017 ini merupakan buku gambaran atau ilustrasi dari sang penulis tersebut. Sarah Amijo mempunyai sebuah brand untuk ilustrasi bernama “Big Bear and Bird”. Uniknya, di bagian sampul bukanlah nama sang penulis yang diperlihatkan, melainkan nama Big Bear and Bird.

Buku ini memang terbilang tipis, hanya 192 halaman, tetapi sarat akan manfaat, seperti yang tertera dalam daftar isi bahwa terdapat 5 tema pokok dimuat di dalamnya. Konten-konten tersebut, di antaranya Oneself, Nature, People, Miscellaneous, dan Love. 

Sekilas, berbagai tema tersebut ialah tema yang paling dasar dan berhubungan dengan kehidupan manusia. Hal-hal yang kadang kala manusia sering lupa untuk disyukuri dalam kehidupan sehari-harinya. Selain tampilan bukunya yang eye catching dan estetik, tentu ada banyak kutipan sederhana yang dapat mengetuk jiwa, hati, dan pikiran.

Ilustrasi atau penggambaran dalam buku ini sangatlah menggemaskan, playful, cheerful, dan tentunya menghangatkan hati. Pewarnaan yang sangat halus pada setiap karakter hewan, membuat ilustrasi tersebut semakin menarik dan sedap dipandang.

Cobalah setiap kali membaca buku ini, sesuaikan pula dengan kondisi yang baru kalian rasakan sehingga sensasi ketika membacanya pun tidaklah terkesan monoton. Selamat membaca!

5. Spirit of Life: 25 Inspirasi dan Motivasi Penggugah Jiwa – Muhammad Syah Fibrika Ramadhan

Spirit of Life, 25 Inspirasi dan Motivasi Penggugah Jiwa
Spirit of Life, 25 Inspirasi dan Motivasi Penggugah Jiwa

tombol beli buku

Spirit of Life: 25 Inspirasi dan Motivasi Penggugah Jiwa merupakan sebuah karya tulis nonfiksi dari penulis Muhammad Syah Fibrika Ramadhan Ia merupakan founder dari cintabukudotcom–sebuah social project yang memiliki tujuan meningkatkan dan mengembangkan minat baca masyarakat Indonesia dengan memberikan kemudahan akses buku gratis.

Buku ini dengan sub-judul 25 Inspirasi dan Motivasi Penggugah Jiwa–melalui sub judulnya pun kita sebagai pembaca sudah diperlihatkan bahwa di dalamnya akan memuat 25 tulisan yang inspiratif dan memotivasi, tentunya dapat membangkitkan jiwa. Dengan demikian, kita dipastikan sudah siap untuk menerima pembahasan terkait 25 inspirasi dan motivasi yang ada dalam buku ini.

Buku ini ditulis menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan sederhana sehingga pembaca tidak perlu khawatir untuk merenungkan makna dari setiap katanya. Buku dengan tebal 172 halaman ini memang terbilang tipis, tetapi akan ada banyak manfaat yang diperoleh, seperti mengajak kita untuk lebih memikirkan kehidupan kita di dunia sampai saat ini, apakah yang selama ini kita lakukan sudah ‘lebih’ benar atau justru sebaliknya.

Barangkali di antara kita ada yang merasa bahwa perjalanan hidupnya sudah cukup baik, tetapi setelah membaca buku ini, insyaAllah langkah-langkah menjalani kehidupan di kemudian hari semakin lebih baik.

Kisah dan tulisan inspirasi dari buku Spirit of Life: 25 Inspirasi dan Motivasi Penggugah Jiwa tentu akan sangat dibutuhkan oleh semua kalangan, terlebih bagi usia-usia remaja yang penuh akan kelabilan hidup.

6. The Power of Habit – Charles Duhigg

The Power of Habit
The Power of Habit

tombol beli buku

The Power of Habit merupakan semacam buku self-control yang mampu mengubah pola pikir pembacanya dalam mengambil sikap akan suatu keadaan tertentu. Dalam hal ini, Duhigg selaku penulis memaparkan secara terstruktur mengenai kebiasaan individu berdasarkan pada sebuah peristiwa yang terpaut dalam individu itu sendiri.

Seperti yang orang kebanyakan ketahui, bahwa semasa pandemi, tidak sedikit adanya perubahan pada sikap atau kebiasaan manusia. Dengan membaca buku ini, diharapkan setiap insan dapat termotivasi dan kembali bersemangat dalam memulai sesuatu, setidaknya dimulai dari langkah kecil guna menciptakan kebiasaan baru yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Buku setebal 392 halaman ini terdiri atas tiga bab atau bagian. Bagian pertama membahas mengenai kebiasaan individu, kemudian bagian keduanya membahas mengenai kebiasaan organisasi, dan bagian ketiga membahas terkait kebiasaan suatu komunitas. Dari tiap-tiap bab tersebut akan ada 2 hingga 4 sub bagian yang memberikan pemahaman secara mendalam terkait bagaimana kebiasaan pada individu, perusahaan, dan komunitas terbentuk, serta bagaimana mengubah kebiasaan lama menjadi sebuah kebiasaan baru yang jauh lebih baik.

Duhigg melalui bukunya ini, membuat suatu pola dengan nama ‘Lingkaran Kebiasaan’ yang memaparkan suatu kebiasaan terbentuk menjadi sesuatu yang bekerja dengan sendirinya alias otomatis dilakukan oleh individu. Adapun ketiga tahapan tersebut, yaitu tahapan tanda, rutinitas, dan ganjaran.

Keutamaan buku ini membantu membuahkan pola pikir yang lebih terstruktur bagi para pembacanya. Hal itu karena Duhigg menerangkan terkait cara menciptakan pola lingkaran kebiasaan yang sederhana, tetapi sangat mudah untuk diterapkan pada kehidupan keseharian.

Pada akhir halaman, Duhigg kembali menggarisbawahi mengenai perbedaan antara kebiasaan baik dan buruk–yang mana kebiasaan individu tergantung pada taraf kestabilannya akan perubahan dan self-control. Dengan pembahasan yang tidak terlalu berat, buku ini cukup mudah dipahami oleh pembacanya.

Tertarik untuk membacanya? Miliki dan baca bukunya sekarang juga!

7. Change Your Habits – Isnaeni DK

Change Your Habits
Change Your Habits

tombol beli buku

Buku Change Your Habits karya Isnaeni Dk ini seakan berupaya mencari celah agar setiap individu dapat mencoba untuk terbiasa dengan sikap atau kebiasaan baik di dalam kehidupannya.

Buku ini tampaknya berbeda dengan berbagai buku motivasi lainnya sebab Change Your Habits akan mengajak pembacanya untuk menyelami makna dari sebuah kesuksesan yang tidak melulu baik di hadapan dan penglihatan manusia, melainkan Allah Ta’ala.

Buku setebal 228 halaman ini diawali dengan pembahasan dasar terkait berharganya sebuah waktu. Isnaeni selaku penulis berupaya menunjukkan kepada para pembaca agar dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin, mulai dari pengembangan diri dalam kecerdasan linguistik atau bahasa, logika matematika, visual dan spasial, dan lainnya.

Pada bab pertama dijabarkan terkait kecerdasan yang dimiliki oleh manusia. Lazimnya yang digunakan standar masyarakat ialah kecerdasan logika matematika, padahal masih terdapat berbagai kategorisasi tingkat kecerdasan, seperti kecerdasan linguistik, kecerdasan visual, kecerdasan musik, kecerdasan intrapersonal dan interpersonal, kecerdasan naturalis, dan kecerdasan kinestetik–sebagian sudah disinggung di atas.

Dengan kata lain, setiap individu tentunya mempunyai kelebihan dan kelemahan atau kekurangan masing-masing berdasarkan kategorisasi kecerdasan tersebut. Segala kekurangan yang dimiliki oleh sebagian orang merupakan sesuatu yang lumrah, hal tersebut hanya bagaimana cara seseorang mengendalikan kelebihan dan kekurangan seseorang guna menggapai impian, tujuan dan kesuksesannya.

Kemudian, pada bab keempat pun membahas mengenai kebalikan dari sebuah kesuksesan, yaitu kegagalan. Dalam buku ini dianjurkan bahwa setiap orang bersikap dan menganggap bahwa kegagalan sebagai bagian dari perjalanan hidup dalam meraih suatu kesuksesan. Penulis mencoba memancing para pembacanya untuk melakukan evaluasi dari kegagalan tersebut.

Buku ini akan sangat memotivasi bagi siapapun yang sedang berusaha menggapai impiannya atau yang sedang mencoba bangkit dari keterpurukan.

8. Kamu gak Sendiri – Syahid Muhammad

Kamu gak Sendiri
Kamu gak Sendiri

tombol beli buku

Kamu gak Sendiri adalah buku nonfiksi pertama dari Syahid Muhammad. Buku dengan tebal 340 halaman ini memberikan gambaran bahwa kita tidaklah sendiri sebab kerap kali individu mempertanyakan diri, lalu panik hingga membenci dirinya sendiri. Pertanyaan yang kerap kali dipertanyakan pada diri ini, seperti seberapa pantaskah diri ini? Seberapa baik atau buruknya diri ini? Apa ada yang salah dalam diri ini? Dan berbagai pertanyaan lainnya.

Sebagian besar, novel karya Syahid ini, mengulas mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan perasaan resah, cemas, gelisah, serangan panik, kondisi mental seseorang, dan semacamnya. Dalam hal ini, penulis hendak mengemukakan terkait berbagai hal yang menjadi bentuk keresahannya dan kepelikan dalam melawan ‘rasa sakit’ tersebut.

Lewat buku ini penulis memberikan pemahaman para pembacanya bahwa hal yang menjadi sebuah kegelisahan dan ketakutannya itu dapat diolah menjadi hal yang lebih baik melalui media yang sesuai. Intinya, tema yang diangkat berhubungan dengan proses terbentuknya diri dan peduli akan diri sendiri.

9. Survival Kit for 20 Something – Disfira Ika Amelia & Pradhya Wardhani

Survival Kit for Twenty (20) Something
Survival Kit for Twenty (20) Something

tombol beli buku

Survival Kit for 20 Something berisikan mengenai kumpulan motivasi bagi orang-orang yang sedang mengalami krisis identitas. Lazimnya, hal demikian terjadi pada saat individu tersebut menginjak usia 20-an.

Dua puluhan, yaitu fase di mana seseorang mulai labil dan kacau-kacaunya dengan segala persoalan yang menghampirinya, serta menghadapi berbagai keadaan tak terduga yang membuat diri ini terpaksa untuk siap dan menerima berbagai hal tersebut.

Usia dengan segala hal yang sedang tak menentu, mulai dari lulus kuliah, bingung dalam mencari pekerjaan, jabatan yang stagnan, kelabilan dalam membeli rumah atau kendaraan, bingung dalam mengatur gaji bulanan beserta kebutuhannya, bahkan persoalan jodoh yang ternyata tidak semudah di film-film. Berbagai ilustrasi permasalahan yang lazimnya dijumpai di usia 20-an, akan diulik tuntas dalam buku setebal 248 halaman ini.

Sesuai dengan judulnya, buku ini tentu bisa dijadikan sebagai survival kit bagi yang sedang mengalami dan menghadapi twenty life crisis. Pembahasan dan penyampaian yang ada di buku ini menggunakan gaya bahasa yang menarik tanpa terkesan menggurui.

Di dalam buku terbitan tahun 2017 ini dijelaskan pula terkait quarter-life crisis yang dideskripsikan sebagai perasaan cemas, kehilangan arah, frustasi, intinya kegalauan luar biasa yang dirasakan oleh individu di usia 20-an.

Buku ini akan sangat tepat dimiliki oleh kalangan muda yang sedang mengalami dan merasakan life crisis di usianya yang menginjak 20-an.

10. What I Wish I Had Known – Marcella Purnama

What I Wish I Had Known
What I Wish I Had Known

tombol beli buku

What I Wish I Had Known merupakan buku karya Marcella Purnama yang terbit pada tahun 2017 lalu. Sebenarnya, buku ini menceritakan kehidupan penulis yang disebut sebagai I atau saya. Buku ini sangatlah beruntun mengisahkan pengalaman si penulis dari segi waktu peristiwa, mulai dari kebimbangannya dalam memilih jurusan di perkuliahan hingga kembali melanjutkan pendidikan S2 di Australia.

Buku setebal 216 halaman ini terbagi menjadi tiga bagian. Pada bagian pertama, mengenai pengalaman dari penulis ketika kuliah dan mengambil double major, Communication dan Psychology. Pada part ini, mengisahkan pula terkait proses adaptasi ketika berkuliah, mengisahkan awal ketika dirinya tidak memiliki teman dan sukar untuk berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.

Masih pada bagian yang pertama, mengisahkan pengalaman kehidupan sosial antarsesama mahasiswa di sana dan pengalaman magang si penulis pada sebuah media online. Kemudian, bagian kedua, yaitu saat penulis mendapat sebuah panggilan untuk internship atau magang di sebuah perusahaan dan sulitnya menghadapi bos yang memberikan pekerjaan yang tidak sesuai dengan kerjanya, pengalaman mengenai hal yang dijumpai di lapangan ketika dirinya menciptakan tulisan.

Selain itu, ada pula sebuah kekuatan yang dihadapinya saat kerja, opsi yang mewajibkan dirinya untuk resign dan menetapkan pekerjaan impian. Terakhir, bagian ketiga saat penulis melanjutkan program masternya di Australia dengan mengambil jurusan Publishing sebab itulah yang menjadi passion-nya.

Buku ini tidak hanya menceritakan perkara bentuk perjuangan dari sang penulis, tetapi dilengkapi dengan berbagai bagian dan kalimat yang tentunya akan memotivasi para pembacanya. Kadarnya pun terbilang seimbang, khususnya mengenai hal positif dan hal negatif.

Dalam hal ini, penulis berupaya tidak mengandalkan hubungan orang tuanya dalam menjajaki kerja dan menyandarkan kecakapannya sendiri atau bagian di mana penulis mengisahkan berbagai suka dan duka yang dilewati dengan keluarganya.

Itulah Rekomendasi Buku Motivasi. Apabila Grameds tertarik dan ingin memperluas pengetahuan terkait bidang apapun atau ingin mencari buku sebagai referensi bacaan, tentu kalian bisa temukan, beli, dan baca bukunya di Gramedia.com dan Gramedia Digital karena Gramedia senantiasa menjadi #SahabatTanpaBatas bagi kalian yang ingin menimba ilmu.

Penulis: Tasya Talitha Nur Aurellia

Sumber: dari berbagai sumber

Written by Tasya Talitha