in

Rekomendasi Novel Sedih Terbaru

unsplash.com

Rekomendasi Novel Sedih – Salah satu cara mengusir kebosanan selama berada di rumah atau mengisi akhir pekan di antaranya adalah membaca novel. Ada banyak pembaca yang menyukai novel dengan berbagai cerita seru, romantis, menegangkan, mengharukan, bahkan dengan alur cerita yang menyedihkan.

Novel dengan cerita sedih sendiri ternyata kerap dipilih pembaca dalam mengisi waktu luangnya. Meski kisah di dalamnya dapat membuat pembaca menangis, nyatanya novel dengan alur sedih ini dipilih karena mampu membuat pembaca turut hanyut menyelami kisah di dalamnya.

Bagi Grameds yang menyukai novel dengan alur yang sedih, berikut ini beberapa rekomendasi novel sedih yang bisa kamu pilih untuk mengisi waktu senggangmu.

Rekomendasi Novel Sedih Terbaru

1. Autumn in Paris Karya Ilana Tan

Rekomendasi Novel Sedih

Autumn in Paris merupakan novel yang ditulis oleh Ilana Tan. Merupakan novel kedua dari seri tetralogi empat musimnya. Novel ini telah diterbitkan pada tahun 2007, bulan Juli oleh PT Gramedia Pustaka Utama. Pada seri tetralogi empat musim ini, terdapat buku yang digarap menjadi film, dan total telah dua di antaranya digarap dari keseluruhan buku Ilana Tan.

Novel ini menceritakan seorang gadis bernama Tara Dupont yang menyukai musim gugur dan Paris. Ia mengira telah memiliki banyak hal dalam hidup, hingga akhirnya bertemu dengan Tatsuya Fujisawa yang membangkitkan rasa penasaran sebab terlalu sulit ditebak.

Mereka kemudian menghabiskan banyak waktu bersama, dengan mengunjungi banyak tempat, serta saling bercerita mengenai banyak hal tentang dirinya masing-masing. Kebersamaan Tatsuya dan Tara ternyata telah menumbuhkan cinta di antara keduanya.

Meski kemudian segala perasaan, harapan, dan keyakinan, gugur dihancurkan masa lalu yang menghubungkan mereka. Kenyataan bahwa ayah Tara adakah ayah kandung dari Tatsuya membuat keduanya tak akan bisa bersama yang mendorong mereka kepada keputus asaan, dan pada akhirnya membuat keduanya berpisah. Perpisahan ini juga menjadi momen yang memilukan tatkala Tatsuya di kasur rawatnya, setelah Tara mengucapkan perasaannya kepada Tatsuya.

2. The Fault in Our Stars Karya John Green

Rekomendasi Novel Sedih

The Fault in Our Stars menjadi salah satu novel romantis terbaik sekaligus cerita dengan alur yang menyedihkan dan mengharukan tentang sebuah perjuangan Augustus dan Hazel Grace seorang mantan pemain basket dan diamputasi dalam melawan penyakit kanker.

Keduanya dipertemukan di kelompok pendukung. The Fault in Our Stars sebagai novel keenam yang dikarang oleh penulis Amerika Serikat John Green. Novel The Fault in Our Stars masuk menjadi salah satu novel terbaik yang berhasil meraih posisi pertama di daftar The New York Times Best Seller pada tahun Januari 2012 lalu.

3. Represi Karya Fakhrisina Amalia

Rekomendasi Novel Sedih

Represi menjadi salah satu rekomendasi novel depresi dengan banyak pesan tentang kesehatan mental di dalamnya. Ditulis oleh Fakhrisina Amalia novel ini kemudian mengangkat tema psikologi yang diterbitkan pada tahun 2018 lalu. Bercerita tentang seorang remaja bernama Anna yang dihadapkan dengan berbagai masalah hidup yang rumit hingga akhirnya berpikiran untuk mengakhiri hidupnya. Pada saat sulit ini Anna kemudian dipertemukan oleh seorang psikolog bernama Nabilah. Dari Nabila Lah ia mendapat banyak sekali pelajaran tentang bagaimana menghadapi tekanan mental yang sulit, dan tetap bertahan menghadapi badai kehidupan.

4. Ayahku (Bukan) Pembohong Karya Tere Liye

Rekomendasi Novel Sedih

Novel Ayahku Bukan Pembohong dikenal karena novelisnya mampu merangkai kata-kata magis kemudian mengaduk emosi. Novel ini ditulis oleh Tere Liye dan bercerita tentang seorang anak bernama Dam yang dibesarkan dengan kisah-kisah dongeng ayahnya.

Meski lambat laun Dam merasa bahwa ayahnya hanya pembual belaka yang pintar mengarang cerita. Hingga Dam percaya bahwa semua perkataan ayahnya benar setelah mencari kata kunci terkait nama ibunya di internet.

Meski hingga pada satu waktu Dam menemukan kebenaran tentang kisah ayahnya, dan semua terlambat karena ayahnya ditemukan meninggal di pusara ibunya. Siapkan sekotak tisu saat membacanya.

5. Ayah Karya Andrea Hirata

Rekomendasi Novel Sedih

Andrea Hirata merupakan seorang penulis fenomenal yang melahirkan karya-karya menakjubkan. Salah satu di antara novel-novel itu adalah novel berjudul Ayah ini.

Bercerita tentang Sabari yang memiliki kisah mengenaskan bersama Marlena yang melahirkan anak yang bernama Zorro. Meski bukan anak kandungnya Sabari sungguh mencintainya. Namun, Sabari harus mengalami kehilangan yang teramat sangat karena Marlena membawa Zorro pergi.

Novel ini diangkat dari kisah sahabat Andrea Hirata dengan alur yang menyedihkan bahkan mengenaskan hingga pembaca kemudian tak mampu menahan air matanya saat membacanya.

6. Cantik itu Luka Karya Eka Kurniawan

Rekomendasi Novel Sedih

Novel ini merupakan karya pertama dari penulis terkenal Indonesia, Eka Kurniawan. Meski sudah diterbitkan pada 20 tahun yang lalu, hingga saat ini novel Cantik itu Luka masih banyak dibicarakan. Novel ini memiliki jalan ceritanya yang begitu memilukan dan sarat makna.

Bercerita tentang seorang perempuan cantik yang terpaksa harus memuaskan para tentara Jepang. Cerita ini terjadi karena terdesak oleh berbagai kondisi dirinya dan merupakan seorang tahanan keturunan Indo-Belanda. Keadaan ini juga membuatnya melahirkan tiga putri yang sangat cantik, namun ia tak tahu siapa ayahnya.

Kesal karena anak-anaknya sering digoda lelaki, saat mengandung anak keempat ia kemudian berdoa agar anaknya memiliki paras yang jelek. Sebab ia memahami kecantikan mereka suatu saat akan berakibat buruk bagi diri mereka sendiri.

Dengan latar belakang cerita yang akan membuatmu masuk dalam zaman penjajahan Belanda, Jepang, di masa kemerdekaan, hingga masa G30S. Terdapat juga peristiwa sejarah yang diceritakan dari sudut pandang masyarakat kecil dengan tragedi keluarga dibalut roman, kisah hantu, petualangan, kekejaman politik, dan mitologi.

7. Funiculi-Funicula Karya Toshikazu Kawaguchi

Rekomendasi Novel Sedih

Buku karya Toshikazu Kawaguchi ini sangat ringan untuk dibaca karena cerita dibagi menjadi empat bagian cerita pendek, dengan masing-masing cerita pengunjung yang ingin melakukan time travel di sebuah kafe tua yang berada di sebuah gang kecil Tokyo. Kafe ini bukan sembarang kafe, karena terdapat satu tempat yang dapat membuat seseorang menjelajah waktu hanya dengan meminum segelas kopi saja.

Hal ini kemudian berhasil menarik beberapa orang yang ingin menemui seseorang atau memperbaiki penyesalan dan kesalahan yang ia buat di masa lalu. Meski pergi ke masa lalu tidak semudah itu, karena terdapat aturan-aturan yang harus dipatuhi, yaitu keharusan untuk menghabiskan kopinya sebelum dingin, atau tidak dapat kembali selamanya.

Novel ini berasal dari sebuah pementasan drama Jepang dengan pesan mendalam tentang arti hidup setelah kehilangan. Ceritanya memberikan pesan masa lalu tidak dapat diubah, namun dapat memiliki masa depan yang cerah, jika dijalani dengan baik.

8. Di Tanah Lada karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie

Rekomendasi Novel Sedih

Novel di Tanah Lada ditulis oleh Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie dan memenangkan sayembara menulis novel Dewan Kesenian Jakarta pada tahun 2014. Bercerita tentang seorang anak bernama Salva atau yang biasa dipanggil juga sebagai Apa, novel ini mengungkapkan bagaimana Kekerasan dalam rumah tangga menjadi luka terdalam yang awet dalam benak tokoh anak-anaknya.

Ava juga dipanggil oleh papanya dengan sebutan Saliva atau ludah karena menganggap Ava sebagai seorang anak yang tidak berguna. Pada suatu hari, Ava sekeluarga kemudian pindah ke sebuah Rusun Nero setelah Kakek Kia yang baik hati meninggal. Sebelum kepergiannya ia memberikan Ava sebuah kamus, sehingga membuatnya pintar berbahasa Indonesia.

Kepindahannya ke Rusun Nero membuat Ava kemudian bertemu dengan laki-laki bernama P dengan nasib yang tak jauh berbeda. Bagi mereka, rumah yang seharusnya menjadi ruang ternyaman malah menjadi tempat yang menyeramkan. Mereka berdua kemudian berpetualang hingga akhir yang mengejutkan.

9. Tokyo dan Perayaan Kesedihan Karya Ruth Priscilia Angelina

Rekomendasi Novel Sedih

Ditulis oleh Ruth Priscilia Angelina, novel ini bercerita tentang Joshua Sakaguchi Widjaja yang pindah ke Tokyo untuk sejenak menjadi orang pemalas dalam hidup, tanpa melakukan kegiatan yang telah ia rencanakan. Untuk pertama kalinya ia hanya duduk-duduk sambil minum kopi dan menemui banyak orang yang menyenangkan.

Ia juga dipertemukan dengan Shira Hidajat Nagano, yang melarikan diri ke Tokyo dalam menemukan jawaban atas pertanyaan yang selalu membayangi benaknya. Joshua kemudian menemui Shira yang sedang bersedih dan meninggalkan banyak surat.

Shira juga berharap dapat terjebak di lautan bersama dengan penyesalan hingga akhirnya selama-lamanya ia tenggelam. Meski semuanya kemudian sirna saat Joshua datang untuk mencegahnya dan menjawab segala pertanyaan yang sebelumnya tidak pernah Shira kira akan menemukan jawabannya.

10. Pulang Karya Leila S. Chudori

Rekomendasi Novel Sedih

Paris, Mei 1968 Ketika gerakan mahasiswa berkecamuk di Paris, Dimas Suryo, seorang eksil politik Indonesia bertemu Vivienne Deveraux, mahasiswa yang ikut demonstrasi melawan pemerintahan Prancis. Pada saat yang sama, Dimas menerima kabar dari Jakarta bahwa Hananto Prawiro, sahabatnya ditangkap tentara dan dinyatakan tewas.

Di tengah kesibukan mengelola Restoran Tanah Air di Paris, Dimas bersama tiga kawannya; Nugroho, Tjai, dan Risjaf terus-menerus dikejar rasa bersalah karena kawan-kawannya di Indonesia dikejar, ditembak, atau menghilang begitu saja dalam perburuan peristiwa 30 September. Apalagi dia tak bisa melupakan Surti Anandari, isteri Hananto yang bersama ketiga anaknya berbulan-bulan diinterogasi tentara.

Jakarta, Mei 1998, Lintang Utara, puteri Dimas dari perkawinan dengan Vivienne Deveraux, akhirnya berhasil memperoleh visa masuk Indonesia untuk merekam pengalaman keluarga korban tragedi 30 September sebagai tugas akhir kuliahnya. Apa yang terkuak oleh Lintang bukan sekadar masa lalu ayahnya dengan Surti Anandari, tetapi juga bagaimana sejarah paling berdarah di negerinya mempunyai kaitan dengan ayah dan kawan-kawan ayahnya.

Bersama Sedara Alam, putera Hananto, Lintang menjadi saksi mata apa yang kemudian menjadi kerusuhan terbesar dalam sejarah Indonesia, kerusuhan Mei 1998 dan jatuhnya Presiden Indonesia yang sudah berkuasa selama 32 tahun.

Pulang adalah sebuah drama keluarga, persahabatan, cinta, dan pengkhianatan berlatar belakang tiga peristiwa bersejarah: Indonesia 30 September 1965, Prancis Mei 1968, dan Indonesia Mei 1998.

11. Pachinko

Saat itu kolonisasi Jepang atas Korea. Kim Sunja hamil di luar nikah. Ia putri pemilik pemondokan di desa nelayan kecil dekat Busan. Gadis itu diselamatkan takdir ketika rohaniwan muda, Baek Isak, bersedia menikahi dan memboyongnya ke Jepang.

Di negeri asing tempat para imigran Korea menggantungkan harapan inilah Sunja memulai kehidupan baru. Tanpa teman, kerabat, dan bahasa yang dimengertinya, ditambah lagi masalah diskriminasi, Sunja harus menghadapi kehidupan keras. Jepang ternyata bukanlah surga. Jepang bukan juga tempat yang damai dan penuh kesempatan seperti yang digembar-gemborkan.

Dituturkan dalam rentang waktu delapan puluh tahun dan empat generasi, Pachinko merupakan kisah yang luar biasa mengenai cinta, pencarian identitas sebagai manusia, kematian, dan cara bertahan hidup.

12. Pangeran Cilik (Le Petit Prince) Karya Antoine Exupery

Pangeran Cilik termasuk buku yang paling banyak diterjemahkan di dunia. Konon pernah disadur ke dalam 230 bahasa asing. Buku ini memang luar biasa. Tampaknya seolah cerita anak-anak, tapi sebenarnya dinikmati dan direnungkan juga oleh orang dewasa.

Lewat cerita seorang anak yang mengamati dunia dengan mata naif dan lugu, Saint-Exupéry menyentuh beberapa nilai dan pengalaman manusia yang paling dasar, seperti kekuasaan, tanggung jawab, dan cinta. Dongeng yang mengharukan sekaligus amat mendalam ini termasuk karya-karya agung sastra dunia yang tidak terlupakan.

13. Jalan Panjang Menuju Pulang

Keputusan apa yang akan kau buat saat dirimu menjadi anak tertua dari keluarga yang serba kekurangan dan lima adik yang masih mengenyam pendidikan? Tindakan apa yang bisa dilakukan, saat kau melihat ayahmu berjuang mempertahankan sekarung beras terakhir hasil panennya, dari tangan preman yang tanpa ampun mengangkut semua hasil kerja keras yang ia punya?

Di usianya yang masih belia, Fatin sadar bahwa selepas SMA ia tak boleh lagi menggantungkan hidup pada kerja keras orangtuanya. Perasaan itulah yang membawanya pergi ke Jakarta untuk bekerja sekaligus menuntut ilmu demi masa depan yang lebih baik. Tapi yang menunggu di luar kampung halamannya tak hanya soal karir dan ilmu, melainkan juga cinta, luka, dan penderitaan.

Sayang, berbagai usahanya menyelamatkan diri malah membawanya masuk ke ancaman yang jauh lebih berat. Berbagai tantangan dalam hidup, membawa Fatin jauh dari orangtua dan saudaranya. Beratnya beban yang ia bawa membuatnya tak sanggup segera kembali. Tak hanya jarak yang membentang, melainkan juga ancaman yang tiada habis membuat jalannya untuk pulang terasa begitu panjang.

Itulah beberapa rekomendasi novel sedih yang bisa Grameds baca. Siapkan hati dan tisu, karena novel-novel tersebut tak hanya membuat terharu biru dari segi percintaan, tapi juga soal keluarga, persahabatan, bahkan negara. Grameds bisa mendapatkan semua novel itu di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Written by Ananda