in

Doa Salam Maria sebagai Doa Dasar Katolik dan Makna Dibaliknya!

Sumber: Pixabay

Doa Salam Maria atau dalam bahasa Latin Ave Maria merupakan doa tradisional Katolik kepada Maria. Doa Salam Maria merupakan doa yang sering diucapkan oleh umat Katolik. Doa ini merupakan bentuk persembahan dan permohonan penyerahan kepada Bunda Maria, yaitu Bunda Kristus. Doa Salam Maria ini juga dijadikan sebagai dasar dari Doa Rosario.

Melalui doa ini kita sudah menyatukan diri dengan Bunda maria dan menerima persembahannya yang penuh semangat kesederhanaan, keterbukaan dan pemberian diri sepenuhnya. Doa Salam Maria menempati kedudukan yang paling utama. Sebab doa ini membuat struktur dasar setiap doa kepada Bunda maria.

Apa itu Doa Salam Maria?

Doa Salam Maria merupakan doa tradisional Katolik kepada Maria, bunda Yesus, untuk memohon penyertaannya. Doa ini umum digunakan dalam Gereja Katolik Roma, juga Gereja Ortodoks Timur, Ortodoks Oriental, dan beberapa kelompok lainnya.

Salam Maria adalah ucapan salam dari Malaikat Gabriel ketika menyampaikan Kabar Gembira. Doa Salam Maria merupakan gabungan beberapa ayat Injil Lukas, di antara Salam Malaikat Gabriel kepada Maria dalam Lukas 1 : 28 dan Pujian Elizabeth kepada Maria dalam Lukas 1 : 42.

Ucapkanlah doa Salam Maria setiap kali kamu membutuhkan dukungan. Pertimbangkan pula memanjatkan doa salam maria tiga kali setiap pagi pada saat kamu bangun tidur untuk mengiringi doa pagi dan sebelum tidur untuk mengiringi doa malam.

Doa Salam Maria Terdiri dari Dua Bagian

Bagian pertama adalah “Salam Maria Penuh rahmat Tuhan sertamu, terpujilah ENgkau diantara wanita dan terpujilah buah tubuhmu Yesus.” Kalimat ini berasal dari kalimat gabungan yang diucapkan oleh Malaikat Gabriel dan Elisabet ketika Maria menerima kabar gembira.

Sementara bagian kedua adalah “Santa Maria Bunda Allah doakanlah kami yang berdosa ini, sekarang dan waktu kami mati” Kalimat ini tidak ada di dalam Kitab Suci karena berasal dari Tradisi Gereja Katolik.

Doa Salam Maria Sebagai Dasar Doa Rosario

Sebagai doa yang sering diucapkan, Doa Salam Maria juga menjadi dasar dari doa Rosario, doa renungan umat Katolik.

Saat melakukan Doa Rosario, umat Katolik akan mengucapkan doa Salam Maria secara berulang-ulang hingga sepuluh kali sambil juga merenungkan salah satu misteri yang dirangkai dalam Rosario.

Pandangan Katolik Tentang Maria

https://www.gramedia.com/products/pandangan-katolik-tentang-maria?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasiMakna Doa Salam Maria

Umat Katolik percaya bahwa Maria adalah Bunda Allah. Allah tidak memiliki kewajiban menjadi ibunda. Allah memilih ibu untuk melahirkanNya ke dunia dalam wujud bayi. Allah mengizinkan Maria untuk mengasuhNya dan membesarkanNya seperti orangtua mengasuh anak. maria diberi kuasa atas diri Allah dan kuasa itu dinyatakan dalam bentuk cinta.

umat Katolik percaya bahwa kedatangan Yesus Kristus sebagai Putra Allah melalui rahim ibunda memiliki makna mendalam. Bunda Maria adalah bunda seluruh umat manusia yang mampu menerima manusia dengan seluruh dosa-dosanya. Bunda Maria adalah teladan bagi umat manusia karena ia memberikan kasih yang tak terbatas dan tak terbalas. Dalam keyakinan umat Katolik, Doa Salam Maria dimaknai sebagai keyakinan bersatu dengan para kudus.

Isi Doa Salam Maria (Dalam Beberapa Bahasa)

doa salam maria
Sumber: Pixabay

Bahasa Indonesia

Salam Maria, penuh rahmat, Tuhan sertaMu,
Terpujilah Engkau diantara wanita,
dan terpujilah buah tubuhMu Yesus.
Santa Maria, Bunda Allah, doakanlah kami yang berdosa ini,
sekarang dan waktu kami mati
Amin.

Bahasa Jawa (Sembah Bekti)
Sembah bekti kawula, Dewi Maria kekasihing Allah,
Pangeran nunggil ing Panjenengan dalem
Sami-sami wanita, sang Dewi pinuji piyambak
Saha pinuji ugi, wohing Salira Dalem Sri Yesus
Dewi Maria ibuning Allah
Kawula tiyang dosa, sami nyuwun pangestu dalem
samangke, tuwin benjing dumugining pejah
Amin.

Bahasa Latin

Ave Maria, gratia plena,
Dominus tecum,
benedicta tu in mulieribus,
et benedictus fructus ventris tui, Iesus.
Sancta Maria, Mater Dei,
ora pro nobis peccatoribus, nunc, et in hora mortis nostrae.
Amen

Bahasa Inggris

Hail Mary, full of Grace,
The Lord is with thee;
Blessed art thou among women,
and blessed is the fruit
of thy womb, Jesus.
Holy Mary, Mother of God,
pray for us sinners,
now and at the hour of our death.
Amen.

Bahasa Portugis

Ave, Maria, cheia de graça,
o Senhor é convosco.
Bendita sois vós entre as mulheres,
e bendito é o fruto do vosso ventre, Jesus.
Santa Maria, Mãe de Deus,
rogai por nós, pecadores, agora e na hora da nossa morte.
Amém.

Bahasa Belanda

Wees gegroet, Maria, vol van genade.
De Heer is met U.
Gij zijt de gezegende onder de vrouwen,
En gezegend is Jezus, de Vrucht van Uw schoot.
Heilige Maria, Moeder van God,
Bid voor ons, zondaars,
Nu en in het uur van onze dood.
Amen.

Bahasa Spanyol

Dios te salve María, llena eres de gracia, el Señor es contigo.
Bendita tú eres entre todas las mujeres, y bendito es el fruto de tu vientre, Jesús.
Santa María, Madre de Dios, ruega por nosotros, los pecadores, ahora y en la hora de nuestra muerte. Amén.

Bahasa Perancis

Je vous salue Marie, pleine de grâce ;
Le Seigneur est avec vous.
Vous êtes bénie entre toutes les femmes
Et Jésus, le fruit de vos entrailles, est béni.
Sainte Marie, Mère de Dieu,
Priez pour nous, pauvres pécheurs,
Maintenant, et à l’heure de notre mort.
Amen.

Novena Maria Bunda Selalu Menolong

https://www.gramedia.com/products/novena-maria-bunda-selalu-menolong?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Penjelasan Lengkap Tentang Doa Salam Maria

doa salam maria
Sumber: Pixabay

Salam

Ketika kamu memulai Salam Maria, sesuaikan pandangan Yesus pada Bunda Nya dan sambut dia dengan kata-kata Malaikat Gabriel pada Kabar Sukacita. Dari lubuk hati kamu, Katakan “Bersukacitalah Maria!”

Maria

Menyebut nama Maria memenuhi kamu dengan cinta dan kepercayaan. Maria berarti kekasih Tuhan, Nyonya, bintang laut, yang membimbing navigator dan mengarahkan mereka pada Kristus.

St. Alphonsus Maria de Liguori mengatakan bahwa itu adalah “nama dengan manis ilahi”
Sedangkan Toma de Kempis menegaskan bahwa setan takut kepada Ratu Surga sedemikian rupa sehingga ketika mereka mendengar namanya, mereka akan lahir dari orang yang memanggil nama Maria, seperti orang yang takut api yang siap membakar mereka.

Penuh Rahmat, Tuhan sertamu

Oleh karena Tuhan bersamanya. Maria benar-benar diresapi dengan penuh rahmat. Maria dipenuhi dengan hadirat Allah dan Allah adalah sumber rahmat. Kuasa yang Mahatinggi mengisi nya dengan keindahan dan dia yang melimpah dengan Rahmat ilahi, memberikannya kepada umat manusia.

Berbahagialah (Terpujilah) Engkau di antara Wanita

Elizabeth adalah orang yang pertama kali berkata kepada Maria “Kamu diberkati di antara semua wanita.” (Luk 1 : 42)

Maria diberkati karena Tuhan memilihnya dengan cinta abadi karena dia adalah Ibu Tuhan karena dia merupakan ibu dan perawan karena dia tidak bernoda, karena tubuh dan jiwa nya dibawa kepada kemuliaan.

Dan Terpujilah Buah Tubuhmu, Yesus

Maria seperti kebun anggur yang memberikan kita buah-buahan terbaik, makanan yang mengenyangkan.

Buah dari rahimnya adalah buah dari kasih Allah, dari kerjasama yang indah dan berbuah antara ROh Kudus dan gadis nazaret yang malang. “Bunda” tanda yang menunjukkan kepada kita bahwa Yesus di dalam rahim Maria dalam bentuk Ekaristi : “roti hidup, turunlah dari surga. Jika anda makan roti ini kamu akan hidup selama-lamanya” (Yoh 6 : 51)

Santa Maria, Bunda Allah

Mulai dari bagian kedua dari Salam Maria dengan memuji kesuciannya dan alasan besar untuk martabatnya. Sebagai seorang ibu, dia memberi makan Yesus, melindunginya, mendidiknya. Betapa layaknya wakil umat manusia yang memberi Tuhan semua cinta yang mampu diberikan oleh kekecilannya !

Doakan Kami yang Berdosa

Sifat keibuan rohani nya meluas ke semua generasi, ke semua saudara Yesus, dan dia berdoa untuk kita. Menjaga kebutuhan kita.

Seperti di pesta pernikahan di Kana, dia berulang kali pergi dengan Yesus dan berkata, “Mereka tidak punya anggur” dan dia mendapatkan banyak barang untuk anak-anaknya.

Dia melindungi dengan kecenderungan khusus anak-anak kecil, yang tak berdaya, yang sakit, mereka yang memiliki luka moral, para pendosa.

Santa Maria, Bunda Allah dan Bunda kita, saya menyatakan diri saya orang berdosa, saya membutuhkanMu untuk membanjiri saya. hati yang penyayang.

Sekarang

Pada saat ini, setiap saat dimana saya berada, ketika semuanya berjalan dengan baik, dan ketika sesuatu berjalan tidak baik, ketika saya dalam kasih karunia dan ketika tidak mendapatkan karunia, ketika saya merasa baik dan ketika saya merasa tidak enak, dalam keadaan sehat ataupun saat dalam keadaan sakit, dalam suka maupun duka, dalam terang atau gelap.

“Sekarang” mencakup seluruh hidup saya karena saat ini mengumpulkan masa lalu, masa kini, dan masa depan : semua yang saya taruh berada di tanganMu. saya menawarkan masa depan saya, saya hidup menurut Injil. Mengatakan sekarang berdoalah untukku berarti mengatakan: Aku selalu membutuhkanmu di sisiku, Maria, selalu; jangan pergi dariku.

Dan pada Waktu Kami Mati

Sama seperti Maria bersama Yesus pada saat kematiannya, kiranya mulai saat ini Bunda Maria bersama saya ketika saya menyelesaikan hidup saya.

Jika saya menghabiskan hari-hari terakhir saya karena sakit, kiranya ibu menjadi ibu yang menjaga anaknnya dan menemari siang dan malam.

Ketika aku mati aku ingin memegang Rosario di tanganku dan merasakan pipimu di dahiku, sementara kamu berbisik di telingaku: Jangan takut, jangan khawatir tentang apapun, percaya diri, mengapa aku tidak di sini bahwa aku adalah milikmu Ibu?

Amin

Ini adalah kata Aram (bahasa Yesus) yang berarti kekuatan, soliditas, kesetiaan, keamanan. Ini digunakan untuk menegaskan dan mengkonfirmasi.

Mengatakan Amin berarti mengatakan ya, memang begitu, bahwa kita setuju dan menegaskan dengan kekuatan dan keamanan apa yang kita yakini.

Mengatakan Amin di akhir Salam Maria adalah mengatakan: “Ya, Bunda, saya tahu bahwa setiap kali saya mengucapkan doa ini Anda mengerjakan hatiku

Manfaat Doa Salam Maria

doa salam maria
Sumber: Pixabay

Membaca doa Salam Maria bisa memberikan manfaat untuk kamu. Berikut ini adalah kumpulan manfaat dari doa Salam Maria.

1. Membawa Pengharapan

Salah satu manfaat doa salam maria adalah membantu kita umat Katolik untuk mewujudkan harapan. Terutama harapan yang didasarkan pada Allah yang didoakan melalui Bunda Santa Perawan Maria. Maka dari itu, Berdoalah dengan jalan mendoakan Salam Maria menjadi salah satu simbol adanya pengharapan dalam kesesakan.

2. Menguatkan Iman

Doa Salam Maria juga memiliki manfaat untuk menguatkan iman kepada Allah. Pada dasarnya beriman pada Yesus berarti juga beriman pada semua aspek kehidupan Allah dalam alkitab. Sama halnya dengan mempercayai Bunda Maria sebagai Bunda Allah.

Dengan mendoakan Doa Salam Maria, akan menjadi sebuah refleksi diri iman kepada Yesus untuk selalu mempercayai janji keselamatan di dalam Alkitab yang telah diberikan oleh Allah. Jika kita merasa iman kita goyah kamu bisa mendoakan doa salam maria untuk mulai membangkitkan iman kepada Putra yang Kudus yaitu Tuhan Yesus dengan perantaraan Bunda Maria.

3. Memberi Pengharapan

Berdoa salam maria juga bermanfaat untuk memberikan pengharapan pada umat yang beriman. Karena terkandung makna di dalamnya mempercayai keselamatan yang telah terjadi melalui penyaliban Yesus kristus yang lahir dari Santa Perawan Maria.

Doa salam maria dimaksudkan untuk mempercayai Bunda Maria sebagai Bunda Allah secara tidak langsung mengakui bahwa Tuhan Yesus lahir ke dunia mengambil rupa manusia untuk menyelamatkan orang percaya dari dosa.

Secara tidak langsung membantu umat Katolik memiliki pengharapan akan janji yang diberikan Allah melalui Tuhan Yesus. Penyertaan Allah yang tidak akan ada putusnya merupakan sebuah harapan dari setiap umat percaya.

4. Memuliakan Bunda Allah

Manfaat selanjutnya adalah untuk memuliakan Bunda Allah, yakni Santa Perawan Maria. Ibu adalah pribadi yang mulia dan tak tergantikan. Demikian juga dengan Bunda Maria yang merupakan ibu Tuhan Yesus ketika lahir ke dunia. Maka kedudukannya sebagai seorang ibu yang dipilih Allah sebagai perawan tak bercela patut dimuliakan.

Di dalam Alkitab tercatat bahwa semasa hidupnya, Bunda Maria melakukan apa yang baik dan berkenan di hadapan Allah. Maka dari itu, Allah menyukai dia dan memilih dia sebagai perantara untuk kelahiran Yesus. Di dalam kehidupan umat Katolik, sudah sepantasnya memberikan penghormatan kepada Bunda Maria atas perbuatannya yang besar. ketaatan yang dilakukan Bunda Maria patut diteladani. Melalui doa salam maria kita akan selalu diingatkan akan ketaatan yang dijalankan oleh Bunda Maria tersebut.

5. Mendekatkan Diri Pada Allah

Bagaimanapun doa merupakan salah satu bentuk komunikasi umat Allh dengan Tuhan, sehinngga jika kamu berdoa salam maria pun juga bisa menjadi sarana dan prasarana umat Katolik untuk mendekatkan diri lebih lagi kepada Tuhan.

Dengan tekun berdoa iman kita akan dikuatkan dan kepercayaan kita juga semakin besar kepada Allah. Sehingga doa salam maria ini juga menjadi unsur penting dalam bagian liturgi doa dalam agama Katolik.

Melalui perantaraan ini, maka umat Katolik akan jauh lebih dekat dengan Tuhan dan berupaya memaknai maksud Tuhan melalui doa tersebut. Dengan demikian, maka tercipta hubungan yang semakin erat antara umat dengan Allah melalui doa yang dipanjatkan berupa doa salam maria.

Penampakan Maria Di Fatima

https://www.gramedia.com/products/penampakan-maria-di-fatima?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/penampakan-maria-di-fatima?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Penutup

Grameds, demikian penjelasan mengenai Doa Salam Maria yang bisa kamu simak mulai dari isinya dengan berbagai bahasa, hingga makna dan juga artinya. Doa ini sangat penting bagi umat Katolik. Jika grameds beragama Katolik, apakah grameds sudah sering berdoa Doa Salam Maria?

Jika grameds ingin membaca mengenai buku doa atau buku lainnya maka grameds bisa membaca dan membeli bukunya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Christin Devina

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi