in

Review Buku Investasi Saham ala Swing Trader Dunia

Buku Investasi Saham ala Swing Trader Dunia merupakan buku pertama yang ditulis oleh Ryan Filbert Wijaya, praktisi dan inspirator investasi di Indonesia, penulis buku investasi, edukator, juga seorang entrepreneur. Buku Investasi Saham ala Swing Trader Dunia pertama kali diterbitkan pada tahun 2012. Sesuai dengan judulnya, buku ini akan membahas mengenai investasi saham ala swing trader dunia.

Dalam segala investasi, perlu sebuah analisis, agar investasi dapat berkembang dan menjadi maksimal. Buku Investasi Saham ala Swing Trader Dunia merupakan buku yang akan menyajikan penjelasan yang mendasar, detail, dan menyeluruh bagi banyak orang yang digambarkan secara sederhana. Buku Investasi Saham ala Swing Trader Dunia ini akan menyajikan penjelasan yang mencakup dasar pengenalan pasar modal di Indonesia, analisis teknikal yang sudah digunakan banyak orang di dunia, cara sederhana untuk membaca analisis teknikal, jurnal harian dari transaksi-transaksi dalam saham, cara membeli saham dengan harga murah dan menjual saham dengan harga mahal.

Lalu, cara membeli saham dengan harga mahal dan menjualnya lebih mahal, melakukan pengumpulan atau akumulasi pada saham-saham berkembang, pandangan negatif yang dapat menyebabkan kita gagal dalam berinvestasi, dan cara mengelola dana investasi. Buku ini sangat cocok dibaca oleh pemula atau para pelaku pasar modal yang selama ini bergantung kepada analisis yang rumit, juga bergantung pada suatu program tertentu.

Sudah banyak pujian yang didapatkan buku Investasi Saham ala Swing Trader Dunia ini. Andrie Wongso, Motivator nomor 1 di Indonesia mengatakan bahwa, segala pengalaman dan upaya mendalami investasi sejak awal hingga sekarang ini, semua tertuang dalam buku Investasi Saham ala Swing Trader Dunia ini. Oleh sebab itu, buku ini memang cocok jika dikatakan khusus dipersembahkan untuk kalangan investor pemula. Isi buku ini juga dapat dijadikan sebagai bahan bertukar pengalaman bagi kalangan investor yang lebih berpengalaman

Selain itu, Praditya Nugraha, Salim Head of Marketing, BMW Group Indonesia, mengatakan bahwa buku Investasi Saham ala Swing Trader Dunia ini merupakan hasil perjalanan Ryan melewati deep rabbit hole yang dijanjikan oleh Morpheus. Buku ini dikemas dalam bahasa yang akan mudah dipahami oleh orang-orang seperti dia, demi memahami makna dibaliknya dan mengambil manfaat pelajaran dari perjalanan melewati deep rabbit hole tanpa harus bersusah payah untuk benar-benar melakukannya. Lalu, Antonius Tanjong, Equity Sales Consultant KE Trade di PT Kim Eng Securities, mengatakan bahwa buku ini sangat luar biasa, cukup menjelaskan apa yang dibutuhkan charting anda dengan kondisi nyata.

Profil Ryan Filbert Wijaya – Penulis Buku Investasi Saham ala Swing Trader Dunia

Ryan Filbert, Edukator dan Praktisi Investasi yang Sukses Terbitkan 21  Buku, Mayoritas Best Seller - TribunJatim Wiki

Ryan Filbert Wijaya adalah pria kelahiran Jakarta, 20 Januari 1986. Ryan Filbert dikenal sebagai praktisi dan inspirator investasi di Indonesia, penulis buku investasi, edukator, juga seorang entrepreneur. Ryan Filbert menjadi satu-satunya praktisi pasar modal di Indonesia yang memperoleh penghargaan sebagai tokoh inspiratif pasar modal, yang dianugerahi langsung oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 13 Januari 2017.

Ryan Filbert juga menjabat sebagai CEO dari perusahaan Fintech Peer to Peer Lending yang bernama PT Bursa Akselerasi Indonesia, anak usaha dari PT Surya Fajar Capital, Tbk. Ia juga merupakan founder dari komunitas belajar investasi Ryan Filbert, Co-founder dari board game Stocklab, dan CEO dari perusahaan RF E-Industries, PT Paman Ryan Indonesia.

Ryan Filbert mulai kenal dengan dunia pasar modal sejak ia berusia 18 tahun. Padahal, Ryan Filbert memiliki jurusan akademi yang berbeda jauh dari dunia keuangan, yakni Sarjana Seni Universitas Trisakti, dari jurusan Desain Komunikasi Visual angkatan tahun 2004. Perkenalan Ryan Filbert dengan dunia keuangan dan pasar modal bermula dengan belajar sendiri atau otodidak.

Ketika Ryan Filbert mulai belajar keuangan dan pasar modal, Ryan menemukan banyak kendala, karena pengetahuan akan ekonomi dan keuangannya yang minim. Ia juga tak direstui oleh kedua orang tuanya untuk menekuni dunia saham dan pasar modal. Tak patah semangat, Ryan Filbert terus belajar dan mengikuti banyak seminar serta kelas keuangan dari dalam, juga luar negeri, dengan hasil dari berjualan online pada saat itu.

Ryan Filbert juga kesulitan menemukan buku-buku edukasi yang membahas tentang investasi pasar modal dan jenis investasi lainnya secara praktis. Hal ini kemudian membuat Ryan Filbert berjanji kepada dirinya sendiri, jika suatu hari Ryan Filbert dapat memahami dunia investasi, ia akan menulis buku yang dapat dipelajari oleh orang awam.

Seperti yang secara umum diketahui, bahwa buku tentang keuangan dan investasi pasti memiliki banyak sekali istilah, yang akhirnya membuat orang awam merasa kesulitan untuk mempelajarinya. Namun, kita juga harus mengakui bahwa yang perlu memahami keuangan dan investasi adalah semua orang. Atas dasar itu, Ryan Filbert memiliki semangat untuk bisa terus belajar.

Dimulai dari tahun 2012, Ryan Filbert mulai menerbitkan sejumlah buku bertema investasi. Hampir seluruh karya tulis Ryan Filbert menjadi buku best seller nasional, karena materinya mudah dipahami oleh masyarakat umum, dan menyajikan hal-hal praktis yang dapat dipraktikkan, jadi bukan hanya suatu teori ekonomi belaka.

Sejumlah buku yang pernah ditulis Ryan Filbert Wijaya, yaitu Investasi Saham ala Swing Trader Dunia (2012), Menjadi Kaya dan Terencana dengan Reksa Dana (2013), Negative Investment : Kiat Menghindari Kejahatan dalam Dunia Investasi (2013), Hidden Profit from the stock market (berganti judul menjadi : The Secret stock market in a Century) (2014), Rich investor from growing investment (2014), Bandarmology (2014), Gold Trading Revolution (2015), Passive Income Strategy (2015). Why Woman as a trader and man as an investor (2016), Investor Blueprint (2016), Bangun kekayaan investasi properti (2016), Trading vs investing (2017), Menjadi Tambah Kaya dan Terencana dengan Reksa Dana (2017), Investasi saham ala Fundamentalis dunia (2017), Yuk Belajar Nabung Saham (2017), Other Stream of Income (2018), dan Workbook Analisa Teknikal (2019).

Sinopsis Buku Investasi Saham ala Swing Trader Dunia

Dalam buku Investasi Saham ala Swing Trader Dunia, pada awalnya anda akan diperkenalkan dengan dasar pasar modal dan saham. Setelah itu, akan dibahas mengenai Candlestick Basic, Jenis-Jenis Charts, apa yang dapat Diinformasikan Candlestick kepada kita, formasi Candlestick balik arah atau reversal pattern. Anda akan dijelaskan mengenai berbagai macam formasi Candlestick balik arah.

Beberapa contohnya, yaitu model hanging dan hammer, belt hold – line/open = low/open = high, Bullish & bearish engulfing, Dark cloud cover & piercing pattern, Harami pattern, Harami cross. Lalu, ada Morning star, Evening star, Doji morning star dan doji evening star, Three black crows, Upside gap two crows, Advance block.

Selain Candlestick balik arah, anda akan dijelaskan mengenai formasi Candle Continuous Pattern atau pattern berlanjut. Di antaranya On neck pattern, In neck pattern, Thrusting pattern, Mat hold pattern, dan Three white soldiers. Setelah itu, anda akan diajarkan mengenai Support and Resistance, yang di dalamnya mencakup Support Resistance Manual, Pivot Point S/R, Fibonacci Retracement, Upward/Downward Slopping S/R Line, Window Dressing as S/R, dan S/R Day Trade.

Pada bab selanjutnya, anda akan dijelaskan mengenai Chart Pattern, yang mencakup 4 Main Pattern (4 pattern utama yang selalu muncul), High Low – High High & Low Low – Low High, dan Chart Pattern yang sering muncul. Contoh Chart Pattern yang sering muncul, yaitu Double Bottom / Double top, Cup and Handle pattern, Head and Shoulder, dan Falling & Raising Wedge. Pada bagian selanjutnya, anda akan dijelaskan mengenai analisis volume dan moving average.

Lalu, anda akan diajarkan juga mengenai Swing Trading, yang di dalamnya mencakup cara memilih saham, indikator yang digunakan, MA 10 dan EMA 30 (Plus MA 200), Support & Resistance Tambahan, Swing Trading Method, Kombinasi Swing Trader dengan 4 Varian MA & Reading, Candlestick Chart Pattern, dan Swing Trading Sat Death Cross & Pull Back Strategy. Anda juga akan mendapatkan pelajaran tentang psikologi trading & money management, diingatkan untuk jangan jatuh cinta pada suatu saham, menjadi orang yang berani, cara bertransaksi, risiko yang mungkin dihadapi, dan posisi beli dan jual saham.

Kelebihan Buku Investasi Saham ala Swing Trader Dunia

Buku Investasi Saham ala Swing Trader Dunia ini dituliskan Ryan Filbert dengan gaya bahasa sehari-hari, tapi tidak mengurangi makna mendalam yang diberikan buku ini. Hal ini membuat buku ini menjadi mudah dimengerti. Penjelasan yang diberikannya mudah dipahami, karena jelas dan memberikan panduan untuk mempraktikkannya.

Buku Investasi Saham ala Swing Trader Dunia ini juga dinilai cukup akurat dalam menjelaskan analisis teknikal terkait pasar modal. Maka itu, bagi para pemula atau orang awam tak perlu ragu untuk belajar dari sebuah buku.

Kekurangan Buku Investasi Saham ala Swing Trader Dunia

Dalam buku ini, terdapat sejumlah istilah baru yang mungkin tidak dimengerti orang awam, sehingga beberapa bagian perlu dibaca secara perlahan, agar bisa memahami pesan yang dimaksud penulis.

Beberapa pembaca menemukan beberapa bagian yang disimplifikasi atau disederhanakan. Padahal, bagian-bagian tersebut dirasa sebagai topik yang cukup sulit. Hal ini memberikan kesan seolah pembaca sudah memahami bagian itu, padahal dalam kenyataannya pembaca belum paham.

Gambar-gambar yang ada dalam buku ini tampak kurang jelas, sejumlah besar gambar dinilai terlalu kecil, padahal gambar itu memuat angka-angka yang perlu dibaca dan diketahui dengan lebih baik. Apalagi gambar itu sangat mendukung untuk dapat memahami penjelasan yang disampaikan.

Pesan Moral Buku Investasi Saham ala Swing Trader Dunia

Setiap hari dalam kehidupan ini adalah kesempatan untuk belajar hal yang baru. Salah satu cara untuk belajar adalah dengan membaca buku. Salah satu contohnya adalah buku ini yang akan memberikan pengajaran bagi kalian yang ingin belajar.

Tidak ada salahnya untuk memiliki impian. Justru, impian adalah salah satu dorongan bagi seseorang untuk selalu berproses. Jika ingin meraih impian, sebaiknya anda fokus kepada proses yang anda jalani, bukan kepada hasil akhir yang anda inginkan. Fokus kepada perkembangan dari memahami dasar, hingga semakin mahir setiap harinya. Supaya anda dapat merasa berkembang dan tidak merasa terbebani.

Bagi anda yang ingin pandai investasi saham seperti swing trader dunia, buku ini sangat cocok untuk anda baca. Anda bisa mendapatkan buku Investasi Saham ala Swing Trader Dunia karya Ryan Filbert ini di www.gramedia.com. Yuk dapatkan segera! Selamat belajar!

Written by Gabriel