in

Review Buku Sabar Paling Dalam

Buku Sabar Paling Dalam merupakan buku yang ditulis oleh Fajar Sulaiman, penulis muda asal Indonesia. Buku Sabar Paling Dalam merupakan buku kedua yang ditulis Fajar Sulaiman, yang berhasil diterbitkan pada bulan September 2021.

Fajar Sulaiman dikenal sebagai seorang penulis buku dan konten kreator yang tulisan-tulisannya bersifat motivasional, menyentuh hati, dan mengungkap berbagai masalah yang sering dihadapi masyarakat. Layaknya buku pertama yang ditulis Fajar Sulaiman, yaitu buku Ikhlas Paling Serius, buku Sabar Paling Dalam ini juga mampu menarik hati banyak orang. Buku Sabar Paling Dalam, berhasil meraih kesuksesan dengan menjadi buku yang berhasil duduk di deretan best seller.

Kita kerap kali mendapatkan kesulitan yang tak kunjung berhenti. Kesulitan yang membuat kita merasa down, lelah, sedih, kecewa. Kesulitan yang membuat kita merasa bahwa dunia seolah sedang menentang kita. Kesulitan yang membuat kamu merasa sendirian, dan ingin menyerah saja.

Buku Sabar Paling Dalam memuat tentang mungkin saat ini merupakan titik paling rendah dalam hidupmu. Hingga perasaan lelah, sedih, dan kecewa menjadi teman akrabmu, yang sering hadir akhir-akhir ini. Kamu mungkin merasa bahwa melangkah pada keputusasaan lebih dekat dibandingkan harus melangkan untuk melanjutkan perjuangan yang begitu jauh. Hidup saat ini, seperti sedang memecut dan melucuti dirimu, karena menuntut kamu melakukan lebih dari apa yang mampu kamu berikan.

Namun, tak apa-apa. Percaya saja bahwa suatu saat kamu akan menertawakan hal yang kamu sudah lalui hari ini. Kamu pasti mampu melaluinya, lalu kamu akan berterima kasih kepada dunia atas kesulitan yang kamu dapatkan di hari kemarin. Sebab, kesulitan itu telah membentuk kamu menjadi sosok yang lebih kuat.

Kesulitan itu menuntunmu untuk membuka pintu menuju kebahagiaan sejati. Tangisanmu hari ini menjadi sebuah doa yang mengabulkan harapan. Sebab, sabar merupakan seni menjalani hidup yang tak mudah. Kedalaman sabarmu menjadi kekuatan paling hebat untuk menghadapi semua rintangan yang membentang. Dan, kamu pasti bisa untuk memiliki sabar paling dalam.

 

Profil Fajar Sulaiman – Penulis Buku Sabar Paling Dalam

Sumber foto: Instagram @heyfajar

Fajar Sulaiman merupakan pria kelahiran Banten, tanggal 18 mei 1992. Saat ini ia berusia 30 tahun. Fajar Sulaiman dikenal sebagai penulis dan konten kreator. Selain itu, Fajar Sulaiman juga merupakan founder dari @Kutipanhadistku dan @Kutipanpena, serta merupakan Co-Founder @pulih.id.

Fajar Sulaiman dikenal memiliki sifat introvert, maka itu ia suka menghabiskan waktunya untuk di balik layar saha, dengan membuat konten. Ia kerap membuka kesempatan untuk menjadi tempat cerita bagi masyarakat luas, melalui akun media sosialnya. Hal ini juga yang membuat Fajar Sulaiman terbiasa mendengarkan cerita, sehingga akhirnya terbiasa untuk menulis cerita.

Fajar Sulaiman juga dikenal sebagai seorang penulis buku yang bersifat motivasional dan relevan dengan masalah yang sedang dihadapi masyarakat umum. Ia menyatakan bahwa karyanya memang terinspirasi dari segala perasaan yang pernah ia alami, perasaan yang muncul ketika ia mengalami masalah. Lalu, ia mencurahkan segala kegelisahan dan mungkin sebuah solusi atas hal itu menjadi sebuah buku yang dapat dibaca oleh banyak orang.

Salah satu karya tulisnya yang berhasil menarik perhatian banyak orang, bahkan berhasil menjadi buku best seller adalah buku yang berjudul “Ikhlas Paling Serius”. Buku ini hanya memiliki total 172 halaman saja, tapi mampu mengajarkan banyak orang untuk mendalami makna dari rasa ikhlas, mengajarkan mereka untuk memaafkan dan mengikhlaskan seseorang.

Dilengkapi dengan banyak kalimat motivasional, buku Ikhlas Paling Serius dapat menyentuh hati para pembacanya dengan makna yang sungguh dalam. Selain Ikhlas Paling Serius, Fajar Sulaiman juga berhasil melahirkan karya yang berjudul “Sabar Paling Dalam”. Lagi-lagi, buku dengan total 204 halaman ini mampu mengajarkan para pembaca arti dari sebuah kesabaran, yang dapat melahirkan kebahagiaan.

Selain dalam bentuk buku, Fajar Sulaiman juga kerap membagikan tulisan atau kata-kata motivasional di akun Instagramnya yang bernama @heyfajar. Fajar Sulaiman dikenal aktif di media sosial dan kerap melakukan interaksi dengan audiensnya di sana. Maka itu, tak heran pengikut akun Instagram Fajar Sulaiman bisa mencapai 59,5 ribu orang.

Selain itu, Fajar Sulaiman juga membuat sebuah podcast di platform musik Spotify yang berjudul “Dari Kata Untuk Kita”. Melalui podcast itu, ia membuat sebuah wadah untuk membagikan cerita tentang keseharian, semua tentang aku, kamu, dan kita. Podcast tersebut dibuat dengan gaya naratif yang menenangkan, sehingga cocok juga untuk didengarkan di penghujung hari ketika ingin mengakhiri hari yang telah kamu jalani.

Sinopsis Buku Sabar Paling Dalam

Mungkin saat ini adalah titik terendahmu dalam hidup. Sampai perasaan lelah, sedih, dan kecewa menjadi teman baikmu akhir-akhir ini. Rasanya, melangkah menuju keputusasaan lebih dekat dibandingkan harus melanjutkan perjuangan.

Hidup seolah menuntutmu untuk melakukan lebih dari apa yang mampu kamu berikan. Seseorang pernah berkata kepadaku, bukan kah segala yang terjadi dalam hidup ini selalu menyimpan hal-hal baik dibaliknya? Kegagalan dan rintangan menjadi sebuah tahap yang penting dalam kehidupan.

Suka atau tidak suka, mau atau tidak mau, mereka lah yang akan memaksa dirimu untuk terus tumbuh dan berkembang. Pernah mengira malam yang begitu gelap akan menjadi bagian yang begitu hangat? Pernah menduga, hujan badai yang sangat riuh menjadi hal yang mendatangkan pelangi yang indah?

Sesekali, kamu tidak perlu melakukan apa-apa. Cukup pejamkan mata saja, dan mulai sadari bahwa hidup akan baik-baik saja. Percaya saja, percaya bahwa suatu saat nanti, kamu akan menertawakan kesulitan yang kamu lalui hari ini.

Lalu, kamu akan berterima kasih kepada dunia, karena kesulitan yang pernah kamu lalui kemarin mampu membukakan pintu bagi kamu untuk menemukan suatu hal yang dinamakan kuat. Kemudian, pintu itu membawa kamu menyusuri sebuah ruangan yang bernama kebahagiaan.

Seseorang yang telah diberikan ujian yang tingginya bagaikan sebuah gunung, tidak akan pernah lagi tersandung oleh batu kerikil yang kecil. Mungkin saat ini kamu sedang merasa lelah, sedih, dan kecewa, karena hal yang kamu usahakan tak memberikan hasil yang sesuai harapan. Lelah ya? Rasanya melangkah kepada keinginan untuk menyerah adalah jalan pintas.

Suatu saat nanti, kau akan mengucapkan terima kasih kepada mereka yang pernah memandangmu rendah. Mereka yang pernah mengatakan kata-kata yang membuatmu jatuh, patah hati, bahkan ingin menyerah. Namun, kita selalu punya pilihan dalam hidup yang kita jalani.

Pilihan itu, yaitu ingin terus menerus meratapi nasib yang dianggap sial, atau menyelamatkan harga diri anda sendiri dengan bangkit dan memiliki semangat untuk menciptakan perubahan pada hidup anda. Pada awalnya, anda mungkin akan marah, merasa kesal, benci, dan memiliki nafsu untuk membuktikan sekuat tenaga, untuk menunjukkan kebolehan dirimu demi membungkam ucapan mereka.

Namun, seiring waktu yang terus bergulir, rasa marah itu akan segera memudar dan digantikan oleh rasa tenang dalam hati yang menandakan bahwa anda sabar. Anda akan sadar bahwa dirimu tak perlu membuktikan apa pun, kepada siapa pun.

Anda hanya perlu membuktikan pada dirimu sendiri saja. Membuktikan bahwa ternyata anda mampu melewati segalanya dengan damai. Anda mampu berdiri tegak dan membusungkan dada kepada dunia yang pernah menganggap anda bukan siapa-siapa.

Terkadang, bukan ujian yang berat, tetapi kita sendiri yang memandang ujian itu sebagai hal yang berat dan tidak ingin memanjangkan kesabaran. Katakan pada dirimu sendiri bahwa aku akan tetap bersyukur dalam keadaan apa pun. Aku akan tersenyum meskipun hati ini terluka, aku akan tetap tertawa meskipun masalah bukan sebuah lelucon.

Sebab, aku percaya bahwa aku mampu melewati segala hal, karena Tuhan itu baik, Tuhan tidak kejam. Tuhan tak akan memberikan cobaan yang melebihi batas kemampuanku.

Kelebihan Buku Sabar Paling Dalam

Buku Sabar Paling Dalam dituliskan Fajar Sulaiman dengan sangat indah. Pemilihan katanya mampu membuai pembaca, tanpa mengurangi makna dari pesan yang ingin disampaikan, yang dinilai sangat dalam. Oleh karena itu, pembaca menemukan bahwa dengan membaca buku ini, mereka dapat merenungkan dan mengintrospeksi diri sendiri, menjadi sadar, dan merasa termotivasi.

Buku Sabar Paling Dalam ini dinilai sebagai buku yang sangat singkat dengan total 204 halaman saja, tetapi mampu menjadi teman yang dapat menenangkan di kala merasa hidup sedang tidak baik-baik saja. Buku Sabar Paling Dalam mampu membuat para pembacanya merasa ingin ditemani buku ini lagi ketika mereka merasa sedih, lelah, kecewa, dan sebagainya.

Fajar Sulaiman menyertakan foto-foto yang eksklusif diambil oleh dia sendiri, untuk menjadi gambar ilustrasi yang mendukung tulisan yang ada di buku ini. Foto-foto tersebut ada yang penuh warna dan juga ada yang berwarna hitam putih saja. Foto-foto ini semakin mendukung untuk menghadirkan suasana yang sesuai dengan bagian yang dituliskan.

Sampul Buku Sabar Paling Dalam sangat sederhana, tapi mampu menggambarkan isi dari buku ini. Dengan desain foto berwarna hitam dan putih yang gambarnya kabur dan fokus kepada buliran air hujan, dan tulisan judul di bagian tengah.

Kekurangan Buku Sabar Paling Dalam

Narasi yang tertulis dalam buku Sabar Paling Dalam ini dinilai cukup singkat. Gaya penulisan buku ini cenderung mengarah kepada buku kumpulan kutipan. Hal ini mungkin tidak sesuai dengan ekspektasi para pembaca. Namun, narasi-narasi singkat yang tertulis dalam buku ini sarat akan makna dan mampu memotivasi para pembaca.

Pesan Moral Buku Sabar Paling Dalam

Hidup yang kita jalani sekarang ini selalu diwarnai oleh kesusahan, kesulitan, masalah, dan sebagainya. Hal-hal tersebut bagaikan rintangan yang tak henti muncul, yang terkadang membuat kita sangat lelah, merasa sedih, kecewa, putus asa, dan sebagainya. Namun, rintangan-rintangan yang muncul dalam kehidupan tak selamanya bersifat negatif. Sebab, segala hal dapat kamu maknai secara berbeda.

Rintangan dapat kamu maknai sebagai sebuah tantangan. Hal yang kamu maknai sebagai sesuatu yang sulit, sebenarnya bisa jadi tidak sulit. Namun, hanya pikiran kamu saja yang membuatnya menjadi sulit. Maka itu, semua berbalik lagi kepada pola pikirmu. Hendaknya kamu mampu untuk memaknai segala sesuatu sebagai hal yang positif.

Dalam menghadapi masalah dalam kehidupan, hendaknya kita belajar untuk sabar. Dengan perasaan yang optimis bahwa diri kita pasti mampu untuk menghadapinya, kita selalu memanjangkan kesabaran. Sabar menjadi kunci untuk memasuki ruang kebahagiaan.

Bagi kalian yang sedang merasa hidup sedang tidak baik-baik saja, kalian yang mungkin sedang sering merasa sedih, lelah, atau kecewa, buku ini sangat cocok untuk anda baca. Sebab, dalam buku ini kalian akan menemukan berbagai narasi yang dapat menyadarkan dan memotivasi kalian untuk kembali berjuang. Yuk segera dapatkan buku Sabar Paling Dalam karya Fajar Sulaiman ini hanya di Gramedia.com.

Written by Gabriel