in

Doa Makan Katolik Sebelum dan Sesudah dalam Berbagai Bahasa!

Sumber: Pexels

Doa makan Katolik – Berdoa merupakan salah satu cara yang dilakukan manusia untuk bisa berkomunikasi dengan Tuhan. Setiap hal baik yang terjadi dalam diri kita adalah berasal dari Tuhan dan kita selalu diajarkan untuk mengingat hal ini. Hal baik berupa kemampuan, kesehatan, pencapain dan hasil baik lainnya yang memungkinkan kita bisa beraktivitas terutama makan merupakan anugerah dari Tuhan.

Berdoa sebelum makan berarti kita sudah berterima kasih karena masih diberikan kesempatan untuk makan dan mendoakan orang yang belum bisa mendapat kesempatan untuk makan seperti kita. Kita juga perlu berterimakasih kepada orang yang sudah menyiapkan makanan dan bahan makanan hingga akhirnya bisa kita santap. Selain bersyukur, dengan berdoa kita juga meminta perlindungan dan memohon kesehatan dari apa yang akan kita santap.

Tidak hanya berdoa sebelum makan untuk meminta berkat atas makanan yang akan disantap, kita juga perlu untuk berdoa sesudah makan untuk berterima kasih atas berkat yang bisa kita terima yaitu makanan hari ini.

Nah, grameds, kamu bisa mulai berdoa atau mengajarkan doa sebelum dan sesudah makan kepada adik atau anak kamu. Berikut adalah teks doa makan Katolik yang perlu kamu simak.

Doa Makan Katolik Sebelum Makan

doa makan katolik
freekpik.com

Sebelum memulai berdoa, jangan lupa untuk selalu memulainya dengan Tanda Salib, “Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin”

Doa Sebelum Makan Katolik (1)

“Ya Tuhan Yesus yang maha pengasih, kami disini mengucap syukur atas apa yang telah engkau berikan di hadapan kami saat ini. Makanan yang sungguh nikmat dan masih hangat adalah sesuatu yang kamu butuhkan untuk memulihkan energi yang telah habis. Semoga dengan makanan pemberianMu ini dapat membuat tubuh kamu menjadi kuat kembali, sehingga bisa menjadi penguat pengabdian kami, agar kami dapat meningkatkan pelayanan kepadaMu dan kepada sesama kami.

Kami juga memohon berkat dari mu untuk saudara-saudara kamu yang belum memiliki kesempatan untuk merasakan kenikmatan makanan seperti kamu saat ini, kiranya mereka dapat menikmati apa yang kami nikmati atas berkat dari Mu. Terpujilah nama Yesus, Bunda Maria dan Santo Yosef sekarang dan selama lamanya. Amin.”

Doa Sebelum Makan Katolik (2)

“Tuhan yang maha murah, kami mengucap syukur atas makanan yang sudah kau berikan. Berkatilah makanan kami, berkatilah juga mereka yang sudah menyediakannya dan juga berkatilah orang-orang yang berkumpul untuk menikmatinya.

Ya Tuhan semoga perjamuan makan ini dapat mengingatkan kami akan Yesus Kristus, yang telah menjadikan perjamuan sebagai sarana kehadiranNya. Dialah Tuhan, pengantara kami, kini dan sepanjang segala abad. Amin”

Doa Sebelum Makan Katolik (3)

“Tuhanku Yesus Kristus, aku bersyukur atas segala rahmat yang sudah Engkau berikan. Saat ini di depan ku ada nikmat Mu berupa makanan dan juga minuman. Aku memohon agar Engkau berkati makanan ini agar berguna bagi kesehatan dan jauhkan dari mara bahaya. Doa ini kupanjatkan padaMu Tuhan dengan perantaraan Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat kami. Amin.”

Doa Sebelum Makan Katolik (4)

“Ya Tuhan, kami bersyukur dan berterimakasih atas makanan yang sudah Engkau sediakan di depan kami. Ya Tuhan Yesus dan Roh Kudus kiranya engkau senantiasa memberkati makanan kami ini agar dapat menyehatkan tubuh jiwa kami. Amin”

Doa Sebelum Makan Katolik (5)

“Bapa yang Maha kasih, aku mengucap syukur atas limpahan nikmat yang telah Engkau berikan kepada Ku. Tidak Lupa kasihMu yang senantiasa tercurahkan kepada keluarga, teman dan kerabatku hingga hari ini. Aku bersyukur atas makanan yang yang saat in di hidangkan. Berkatilah makanan yang akan kami santap ini, agar berguna bagi jiwa dan raga kami. Biarlah makanan dan minuman ini menjadi salah satu sumber kekuatan bagi tubuh. Amin.”

Doa Sebelum Makan Katolik (6)

“Tuhanku, terima kasih untuk semua karunia yang telah Engkau berikan kepada kami dan terimakasih untuk makanan yang engkau berikan kepada kami. Kamu akan memakan semua makanan pemberianmu. Semoga engkau memberkati makanan yang ada di depan kami ini sehingga membuat kami sehat serta menjadikan cukup tenaga untuk melancarkan semua aktivitas pada hari ini. Terima Kasih, Tuhan. Amin.”

Doa Sebelum Makan Katolik (7)

Bapa yang mahamurah segala puji ku haturkan kepadaMu. Atas segala kebaikan yang telah Engkau wujudkan di dalam kehidupanku ini. Melalui Yesus PutraMu, Engkau mengundang kami untuk untuk menjadi bagian dalam persekutuan Gereja. Sehingga disanalah kami memperoleh ajaran kasih dan ucapan syukur atas segala karya dan berkatMu. Bapa, melalui tanganMu menjadikan makanan ini ada, terima kasih Bapa, berkatilah makanan ini agar menjadi sumber kekuatan bagi ragaku serta bermanfaat bagi kesehatanku. Amin

Doa Sebelum Makan Katolik Untuk Anak-Anak

“Tuhan Yesus yang maha baik, aku bersyukur karena Engkau menyediakan makanan untukku saat ini. Terimakasih atas rezeki yang kau berikan kepada keluargaku terutama ayah dan ibuku hingga saat ini. Berkatilah kami yang ingin menyantap makanan ini supaya berguna bagi jiwa dan raga kami.

Ya Tuhan berkatilah juga mereka yang belum bisa menerima rezeki berupa makan, kiranya Engkau memberikan kemudahan bagi mereka sehingga mereka tidak kelaparan. Amin.”

101 Doa Anak & Remaja Kristiani

https://www.gramedia.com/products/101-doa-anak-remaja-kristiani?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/101-doa-anak-remaja-kristiani?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Doa Makan Katolik Sesudah Makan

doa makan katolik
Sumber: Pexels

Sebelum memulai berdoa, jangan lupa untuk selalu memulainya dengan Tanda Salib, “Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin”

Doa Sesudah Makan Katolik (1)

“Bapa yang maha pemurah, terimakasih atas rezeki yang baru saja kami nikmati, Semoga tanda kemurahan Mu dapat menjadi peningkat kekuatan bagi kami sehingga kami bisa meningkatkan pengabdian kepadaMu juga kepada sesama kami.

Semoga makanan yang kami santap hari ini juga menumbuhkan kerinduan terhadap Yesus Kristus, sang roti hidup yang turun dari surga. Dan semoga makanan serta minuman yang selesai kami nikmati bisa menjadi kebaikan bagi sesama kami.

Kami memohon juga kepada Mu Ya Tuhan, bagi saudara-saudara kami yang tidak makan karena puasa, sakit, miskin atau tidak punya uang dan karena alasan lainnya, Kiranya engkau senantiasa memberkati mereka supaya dapat makan dengan layak.

Doa yang kurang dari sempurna ini kami mohon dalam nama Tuhan kami Yesus Kristus. Amin.”

Doa Sesudah Makan Katolik (2)

“Ya Tuhan ku yang maha pengasih, kami bersyukur kepadaMu atas makanan dan minuman yang telah kami nikmati. Terimakasih juga kami ucapan bagi mereka yang telah menyediakan makanan yang nikmat ini. Semoga mereka juga dapat merasakan apa yang kamu rasakan saat ini. Dalam namamu kami berdoa dan mengucap syukur. Amin”

Doa Sesudah Makan Katolik (3)

“Ya Tuhan Allah yang Maha Pengasih, aku bersyukur kepada Mu atas makanan yang telah selesai ku nikmat ini. Semoga tanda dari kemurahan mu memberikan ku kekuatan dan kesehatan untuk meningkatkan pelayanan ku. Terima kasih pula untuk mereka yang telah menyediakan makanan ini. Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami. Amin.”

Doa Sesudah Makan Katolik Untuk Anak-Anak

“Allah Bapa di surga, terima kasih, kami sudah boleh menikmati makanan ini. Engkau sungguh mengasihi kami. Rezeki yang kau beri melalui orangtua kamu cukup membuat ku sehat dan bahagia. Kiranya engkau selalu memberikan kepada papa dan mama ku, bantulah mereka dalam bekerja. Semoga berkat pertolongan Mu selalu menyertai ku dan keluarga ku. Amin.”

Selain dengan bahasa Indonesia, kamu juga bisa berdoa dengan bahasa inggris jika kamu ingin. Ga perlu bingung, berikut adalah daftar doa sebelum dan sesudah makan versi Katolik dalam bahasa Inggris.

8 Doa Anak Kristiani Sehari-hari

https://www.gramedia.com/products/8-doa-anak-kristiani-seharihari-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Doa Sebelum Makan Katolik (Bahasa Inggris)

doa makan katolik
Sumber: Pexels

Sebelum berdoa jangan lupa untuk selalu membuat tanda salib “In the name of the Father
and of the Son, and of the Holy Spirit, Amen.”

Doa Sebelum Makan Katolik (1)

“Dear Lord Jesus, we are here to express our gratitude for what You have given us in front of us. Food that is so delicious and still warm is something we really need to recover the strength that has been exhausted.

Hopefully, with this food given by You, we can make our bodies strong again, so that they can strengthen our devotion, so that we can increase our service to You and to Your fellow people.
We ask for Your blessings to our brothers and sisters who have not had the opportunity to experience pleasure like us, hopefully they can both enjoy what we enjoy with Your participation. Blessed be the name of the Lord Jesus, Mary and Joseph, forever. Amen.”

Doa Sebelum Makan Katolik (2)

“God, thank you so much for blessing us with this food we are about to eat. May this food restore our strength and give us new energy to continue our lives. May this food restore our souls and warm our hearts. Amen.”

Doa Sebelum Makan Katolik (3)

“God is great, God is good. Thank you for the opportunity to have our meal. Thank you for the ability to relax and enjoy this moment.”

Doa Sebelum Makan Katolik (4)

“Dear God. We thank you for this food prepared by loving hands. We thank you for this life and all your blessings. We pray that this food will give us strength and good health to carry on and to live as you would have us. Amen.”

Doa Sebelum Makan Katolik (5)

Dear God, as we sit down to have this meal, may we be reminded about you unconditional love toward us. Help us to share that love on this table and when we finish having our meals, may we go out there and share that love with the rest of the world. Amen.

Doa Sebelum Makan Katolik (6)

“Dear God, thankyou for all the blessing you gave for us and thankyou for the food you gave for us. Now, I want to eat them all. Please Bless the food so that it can make me healthy and turn into energy to smooth all my activities today. Thankyou, God Amen.”

Doa Sesudah Makan Katolik (Bahasa Inggris)

doa makan katolik
Sumber: Pexels

Sebelum berdoa jangan lupa untuk selalu membuat tanda salib “In the name of the Father
and of the Son, and of the Holy Spirit, Amen.”

Doa Sesudah Makan Katolik (1)

“Dear God, thank you very much for the sustenance we have just enjoyed. Hopefully the sign of Your mercy can be an increase in strength so that we can increase our devotion to You as well as to Your fellow people.

May the food and drinks we consume today also foster a longing for the Lord Jesus Christ, the bread of life who came down from Your kingdom. Hopefully the food and drinks we have consumed can be good for others.

With all the low days we ask You for brothers and sisters who do not eat because of fasting, suffer from disease, are poor, have no money and for other reasons, ask You to bless them so that they can eat as your people try to spread the word.

Each of these we ask with the help of the Lord Jesus, spiritual sustenance that lasts from life to death. Hallelujah, Amen.”

Doa Sesudah Makan Katolik (2)

“We give Thee thanks, Almighty God, for all thy benefits, Who livest and reignest, world without end. Amen. May the Lord grant us His peace. And life everlasting. Amen.”

Doa Sesudah Makan Katolik (3)

Dear God, thank you for the wonderful food at this mealtime. Thank you for the goodness of the vitamins to our bodies. May this food give us energy and strength. Please be with those around the world who go hungry, and bless those who are trying to help them. Amen.

Doa Sesudah Makan Katolik (4)

“Father in heaven, thank you, we have been able to enjoy this food. You really love us. The sustenance you give through your parents is enough to make me healthy and happy. May you always give to my papa and mama, help them in their work. May your blessings always be with me and my family. Amen.”

Manfaat Doa Sesudah dan Sebelum Makan

Dengan kita berdoa kepada Tuhan sebelum dan sesudah makan, kita secara langsung mengucap syukur kepada Tuhan atas segala rahmat yang sudah Ia sediakan hingga kita bisa menyantap makanan lagi. Selain itu, kita meminta berkat atas makanan yang kita makan, sehingga dapat menyehatkan tubuh dan tidak membuat sakit serta dijauhkan dari hal-hal yang negatif. Jadi, mulai dari saat ini, untuk terbiasa membaca doa sebelum dan sesudah makan.

Belajar Menjadi Orangtua Katolik: Belajar dari Maria dan Yusuf melalui Berbagai Praktik Doa dan Devosi

https://www.gramedia.com/products/belajar-menjadi-orangtua-katolik-belajar-dari-maria-dan-yusuf-melalui-berbagai-praktik-doa-dan-devosi?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Penutup

Nah grameds, demikian pembahasan tentang kumpulan doa makan Katolik, baik itu sebelum atau sesudah makan. Kita diajak untuk senantiasa berdoa agar semakin dekat dengan Tuhan.

Jika grameds ingin membaca mengenai buku doa atau buku lainnya maka grameds bisa membaca dan membeli bukunya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Christin Devina

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi