in

21 Cara Menjadi Pintar yang Perlu Kamu Tahu dan Terapkan!

Sumber: Pixabay

Cara Menjadi Pintar – Seiring dengan bertambahnya kesibukan, maka kita mungkin akan merasa kesulitan menemukan waktu untuk duduk serta benar-benar mempelajari hal baru atau menambah wawasan. Jangankan untuk membaca studi terbaru, saat kamu menyelesaikan buku fiksi yang terbilang ringan saja bisa saja tertunda cukup lama. Hal ini dapat terjadi karena adanya tanggung jawab untuk sebuah tugas dan juga lebih cenderung bermain smartphone.

Padahal dengan membaca buku bisa membuat seseorang bertambah pintar. Bukan hanya membaca buku saja, tetapi masih ada banyak kegiatan atau cara untuk menjadi pintar. Namun, terkadang sebagian orang belum mengetahui cara yang tepat agar menjadi lebih pintar. Bagi kamu yang belum mengetahui cara menjadi pintar, jangan cemas.

Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang cara menjadi pintar yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-har. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, Grameds.

Cara Menjadi Pintar untuk Umum

Berikut ini adalah cara menjadi pintar yang bisa kamu lakukan di rumah atau di lembaga pendidikan.

1. Banyak Membaca

Dengan banyak membaca pastinya bisa menambah wawasan kamu menjadi semakin luas. Terdapat banyak opini mengenai kebiasaan membaca yang sebaiknya kamu lakukan, mulai dari membaca koran setiap hari (baik koran cetak maupun online) hingga membaca buku fiksi atau nonfiksi. Selain itu, kegiatan membaca juga tidak harus diselesaikan dalam sekali duduk (kecuali artikel pendek), yang penting dilakukan adalah sempat selalu waktu untuk membaca.

2. Memanfaatkan Waktu Online dengan Bijak

Melewati waktu dengan berselancar di dunia maya tak harus dihabiskan dengan membuka media sosial ataupun dengan cara menonton video-video lucu, Ternyata, melalui internet bisa menjadi sumber ilmu yang tak ada habisnya. Adapun wawasan yang bisa kamu dapatkan dengan cara online, seperti ikut kursus online, membuat blog, belajar suatu hal baru lewat video tutorial, dan sebagainya.

3. Tulis Hal yang Baru Kamu Pelajari

cara menjadi pintar
Sumber: Pixabay

Menyempatkan waktu beberapa menit setiap hari untuk kemudian menulis tentang hal yang baru kamu pelajari dapat membuat ilmu tersebut lebih mudah serta lama menempel di otakmu jika dibandingkan hanya dengan membacanya saja. Terlebih lagi, jika kamu menulisnya dengan tangan di atas kertas, maka bisa meningkatkan kemampuan otak.

Hal ini karena syaraf motorik kemudian akan ikut bekerja serta kamu menjadi lebih fokus pada apa yang kamu tulis dibanding menulisnya dengan keyboard komputer atau touchscreen. Menulis dengan tangan dalam waktu kurang lebih 7 menit per hari sebagai latihan agar otak tetap terasah.

4. Jelaskan Apa yang Kamu Sudah Pelajari kepada Orang Lain

Albert Einstein pernah berkata: “Jika kamu tak bisa menjelaskan satu hal dengan sederhana, maka kamu belum benar-benar memahaminya.” Selain menulis, satu di antara agar kamu lebih cepat dalam memahami suatu hal yaitu mencoba untuk menjelaskan apa yang sudah dipelajari kepada orang lain. Jika kamu sudah dapat menjelaskan apa yang dipelajari dengan sederhana, itu berarti kamu sudah memahami apa yang sudah kamu pelajari. Bahkan, kamu bisa membaginya tanpa harus bertatap muka atau bisa lewat media sosial.

5. Membuat “Done List”

Jika biasanya kamu menulis daftar ataupun bucket list hal-hal yang ingin kamu raih, maka tidak ada salahnya mencoba untuk membuat daftar hal-hal yang justru telah berhasil kamu raih. Ide membuat “done list” ini kemudian dianjurkan oleh beberapa motivator terkenal, dengan tujuan untuk membangun rasa percaya diri serta rasa bahagia dengan cara menengok kembali pencapaian apa yang telah berhasil dicapai, karena kedua hal ini merupakan bagian penting dari kecerdasan.

6. Main Games yang Mengasah Otak

Jangan hanya bermain mobile games yang sedang nge-tren saja, tidak ada salahnya untuk mencoba bermain games yang tak hanya rekreasi tapi juga melatih otak. Catur, sudoku, puzzle, scrabble ialah beberapa contohnya. Terlebih lagi, saat ini sudah banyak permainan mengasah otak yang dapat kamu unduh ke smartphone.

7. Berteman dengan Orang Pintar

cara menjadi pintar
Sumber: Pixabay

Alih-alih membuatmu minder, kamu harus bersyukur apabila sudah dikelilingi oleh orang-orang pintar. Hal ini karena dengan berteman orang-orang pintar, maka seseorang menjadi terbiasa oleh kegiatan orang-orang pintar tersebut. Bahkan, menurut sebuah penelitian, 5 orang terdekat di hidupmu memiliki pengaruh besar pada sikap, kebiasaan, serta kecerdasan kamu. Selain itu, memiliki teman pintar, kamu juga akan lebih termotivasi untuk lebih yakin berbicara dengan mereka, sehingga wawasannya pun semakin bertambah.

8. Mencoba Hal Baru

Steve Jobs waktu muda pernah mempelajari kaligrafi. Setelah drop out dari sekolahnya sang pendiri Apple ini kemudian memiliki banyak waktu luang dan mengambil keputusan untuk mengikuti kursus kaligrafi. Meskipun terdengar sebagai hal yang aneh, tetapi kemampuan dalam membuat desain dari kursus ini ternyata memiliki pengaruh besar terhadap pembuatan komputer Macintosh pertama.

Inti dari cerita ini adalah kamu tak akan mengetahui ilmu apa yang dapat berguna nantinya. Jadi, tidak ada salahnya untuk selalu mencoba akan hal-hal baru terutama hal-hal yang kamu sukai atau hal-hal yang yang random.

9. Berolahraga

Bergerak secara aktif akan membantu meningkatkan kemampuan otakmu untuk mengingat, berimajinasi, hingga kemudian menyelesaikan tugas secara lebih terorganisir. Belum diketahui secara pasti hubungan aktivitas otak dengan cara berolahraga. Namun tidak ada salahnya untuk rutin berolahraga karena bisa melancarkan darah ke otak.

10. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Konsumsi makanan bergizi seimbang, seperti karbohidrat, protein nabati serta hewani, lemak sehat, sayur. Jangan lupa makan buah-buahan serta minum air putih 2 L per hari. Konsumsi makanan sehat dengan seimbang bisa meningkatkan antioksidan dalam tubuh, sehingga sel tubuh ini dapat bekerja dengan optimal termasuk sel otak. Hindari mengkonsumsi makanan cepat saji, maupun yang mengandung terlalu banyak garam dan gula.

11. Bermain Musik

Cara menjadi orang pintar lainnya ialah dengan memainkan alat musik, contohnya seperti piano, gitar, biola, dan sebagainya. Bermain alat musik juga akan membantu meningkatkan memori otak dan kemampuannya untuk menyusun perencanaan dengan cara yang menyenangkan.

12. Cukup Tidur

Cara menjadi orang pintar tidak mewajibkanmu untuk belajar semalaman, tapi malah mematuhi waktu tidur agar kemudian tubuhmu dapat beristirahat dalam waktu 7-8 jam sehari. Tidur malam yang cukup juga akan membantu meningkatkan kemampuan otak serta memperbaiki mood. Intelegensi merupakan hal kompleks bagi manusia.

Cara Menjadi Pintar Khusus Anak Sekolah

Berikut ini beberapa cara menjadi pintar yang bisa dilakukan untuk anak sekolah.

1. Mempersiapkan Seluruh Materi Sebelum ke Sekolah

Sebagai siswa yang tugas utamanya belajar, persiapkan juga materi pelajaran yang akan dibahas pada hari tersebut sehari sebelumnya. Kamu juga dapat mempersiapkannya jauh-jauh hari. Ketika materi tersebut diajarkan oleh guru, maka kamu sudah memiliki gambaran serta dapat bertanya terkait hal-hal yang kurang kamu pahami.

2. Membeli Buku untuk Dijadikan sebagai Tempat Khusus Mencatat

cara menjadi pintar
Sumber: Pixabay

Jika kamu tipe orang yang suka mencampur catatan mata pelajaran dalam satu buku, maka sebaiknya jangan dilakukan. Dengan kata lain, kamu dianjurkan untuk memisahkan catatan antara mata pelajaran yang satu dengan mata pelajaran lainnya. Dengan begitu, kamu menjadi lebih mudah memahami mata pelajaran yang sedang dijelaskan.

Bahkan, kamu juga menjadi lebih mudah dalam mengulang kembali mata pelajaran yang sudah diajarkan. Jadi, mulai saat ini, tidak ada salahnya untuk membawa buku lebih dari satu. Selain itu, kamu juga bisa memberikan ruang kecil pada buku untuk diisi catatan penting. Dengan begitu, materi yang sudah dijelaskan oleh guru menjadi lebih mudah untuk diingat.

3. Memaksimalkan Alat Tulis

Jika saat ini alat tulismu hanya terdiri dari pulpen serta penghapus saja, saatnya kamu untuk membeli alat tulis tambahan seperti diantaranya highlighter serta sticky note dan memo tempel. Ketika terdapat bagian yang perlu diingat lebih dari bagian lainnya, kemudian kamu dapat memberikan tanda pada bagian tersebut. Saat ini, ada banyak sekali alat tulis lucu serta keren yang dapat dimanfaatkan untuk memotivasi belajar.

4. Membuat Ilustrasi pada Buku

Menempel bagian dalam buku dengan menggunakan stiker atau menghiasnya dengan ilustrasi buatanmu sendiri tentunya bisa meningkatkan semangat belajar. Dengan cara ini, kamu juga bisa melakukannya untuk mata pelajaran yang sulit untuk kamu kuasai. Misalnya, dalam menghafalkan cerita sejarah, kamu dapat menggambarkan tokoh pahlawan beserta berbagai kondisi yang dialaminya. Sementara itu, pada mata pelajaran matematika, kamu dapat menggambar yang dipadukan juga dengan rumus yang akan membantumu belajar.

5. Membaca Referensi Buku Tambahan

cara menjadi pintar
Sumber: Pixabay

Ingatlah bahwa ilmu yang kamu dapatkan di sekolah terbatas, sehingga perlu juga ditunjang oleh referensi bacaan buku lainnya. Lebih baik lagi, tanyakanlah pada guru mengenai buku yang dapat dibaca selain buku wajib dari sekolah. Kamu pun akan mendapatkan sudut pandang baru juga tambahan pengetahuan yang melengkapi materi dari sekolah.

6. Mencatat Ringkasan Pelajaran yang Sudah Dipelajari

cara menjadi pintar
Sumber: Pixabay

Catatlah apa yang telah kamu pelajari di sekolah pada hari itu, seperti ucapan lisan dari guru yang kamu anggap penting. Selain bertujuan mengulang kembali hal-hal yang telah kamu pelajari, mencatat ringkasan materi pelajaran kemudian secara tak langsung akan membuatmu belajar.

7. Selalu Memperhatikan Pelajaran

cara menjadi pintar
Sumber: Pixabay

Dibandingkan dengan bermain handphone di kelas ataupun membuat coretan di buku, sebaiknya kamu tetap fokus dalam memperhatikan apa yang diajarkan oleh guru. Lebih baik lagi, kamu tunda lebih dulu keinginan mengobrol bersama teman serta berbagai aktivitas lain yang akan membuatmu hilang fokus. Cara ini juga wajib diterapkan untukmu yang memiliki sedikit waktu untuk belajar di rumah.

8. Sering ‘Menggunakan’ Otak

Organ sentral yang satu ini butuh untuk terus dilatih agar terus tajam serta berfungsi dengan baik. Lakukan hal-hal yang terlihat secara sederhana, namun ampuh untuk memaksimalkan kerja otak, seperti dengan memainkan game asah otak, membaca buku atau jenis apapun, mendengarkan radio, mengikuti diskusi berbobot, hingga kemudian belajar bahasa asing.

9. Tidak Menunda Tugas dan PR

Kerjakan tugas dan PR yang diberikan guru tanpa harus menunggu batas waktu pengumpulannya. Hal ini bisa menjadi salah satu motivasimu agar tetap semangat ketika mendapatkan tugas. Prioritaskan pekerjaan tambahan tersebut dan kesampingkan kesibukan yang lain. Setelah kamu menyelesaikan tugas dan PR dari sekolah, kamu akan mempunyai lebih banyak waktu luang untuk mengerjakan hal-hal lain.

Penutup

Dari semua pembahasan di atas bisa dikatakan akan berhasil apabila kamu melakukan secara rutin. Bukan hanya dilakukan secara rutin saja, tetapi juga harus disesuaikan dengan karakteristik diri. Selain itu, kamu juga tidak boleh menyerah karena tidak ada yang mudah untuk mengubah diri menjadi pintar.

Demikian pembahasan tentang cara menjadi pintar, semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk Grameds. Jika ingin mencari buku tentang otak, maka bisa menemukannya di Gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan
Sumber: Dari berbagai sumber

Rekomendasi Buku-Buku Terkait Cara Menjadi Pintar

Keajaiban Otak Kanan

https://www.gramedia.com/products/keajaiban-otak-kanan-sc?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/keajaiban-otak-kanan-sc?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Tahukah kamu bahwa otak memegang peranan yang sangat penting bagi kesehatan kita? Meskipun ilmu kedokteran telah ada sejak dahulu kala, ternyata penjelasan tentang otak sangat terlambat. Karena itu pernyataan “tidak akan berumur panjang apabila tidak menggunakan otak dengan baik” pasti sangat memancing rasa ingin tahu kita. Kepandaian menggunakan otak ternyata sangat berkaitan erat dengan kesehatan dan usia yang panjang. Hal-hal penting yang perlu kamu ketahui dalam buku ini:

  • Otak kanan memiliki hubungan yang erat dengan bakat seseorang.
  • Kamu bisa menggambarkan sesuatu di dalam kepala sebagai bentuk suatu latihan kegiatan apa pun.
  • Otak kanan bisa diaktifkan dengan 4 hal sederhana: berpikir positif, berolahraga, meditasi, dan makan makanan bergizi.
  • Emosi yang negatif menyebabkan sel kanker meningkat 5 kali lipat.
  • Olahraga yang terlalu ekstrim justru mempercepat kematian.
  • Terlalu banyak tidur malah berdampak buruk bagi tubuh.
  • Cara meditasi paling sederhana adalah memikirkan hal-hal yang menyenangkan.
  • Kebanyakan obat hanya meredakan gejala penyakit, bukan menyembuhkan penyakit.
  • Tiga manfaat utama berjalan kaki: membakar lemak, menguatkan otot, dan meditasi.

Otak Pemenang

https://www.gramedia.com/products/otak-pemenang?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/otak-pemenang?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Berkebalikan dengan anggapan umum, Jeff Brown dan Mark Fenske membuktikan bahwa kesuksesan hampir tak berkaitan dengan kecerdasan, keadaan, sumberdaya keuangan, atau bahkan keberuntungan. Setiap orang sejatinya mampu meraih sukses dan untuk itu, kamu hanya perlu mengembangkan otak pemenang di kepalamu dengan kebiasaan sederhana sehari-hari. Melalui buku ini, ahli saraf lulusan Universitas Harvard ini membentangkan jalan bagi pengembangan potensi otak kita dengan kaidah:

  • Keseimbangan: membuat emosi bekerja sesuai dengan keinginan kamu.
  • Kegigihan: menciptakan “otak tahan banting” (failure resistant brain).
  • Radar peluang: menemukan kemungkinan hebat yang tertutup oleh masalah.
  • Laser sasaran: mengikat atau mengunci sesuatu yang penting.
  • Akselerator usaha: memperkuat dorongan untuk sukses. Otak Pemenang mengungkap rahasia yang ada dalam kepala orang-orang sukses, para pemenang.

Penulis mengisahkan puluhan orang mengagumkan yang memiliki “win factors”. Banyak dari mereka adalah pribadi-pribadi terkenal, termasuk agen FBI, pilot pesawat tempur, bahkan pembersih kaca gedung pencakar langit. Semua menceritakan bagaimana mereka memikirkan jalan untuk mencapai keberhasilan.

Mengasah Otak Setajam Silet (2018)

https://www.gramedia.com/products/mengasah-otak-setajam-silet-2018?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/mengasah-otak-setajam-silet-2018?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Faktanya! Memori otak manusia memiliki kapasitas 30-70 triliun giga, melebihi memori super komputer apa pun di dunia. Tapi kenapa kita masih saja sering lupa? Bingung ketika harus menghitung angka-angka dalam soal matematika atau mentok ketika berusaha mencari ide-ide baru dalam hal kreativitas.

Sama halnya dengan latihan fisik untuk kebugaran tubuh, latihan otak juga penting untuk meningkatkan kemampuan kognitif, seperti kemampuan memori, kemampuan memecahkan masalah, meningkatkan kemampuan verbal, meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan, juga meningkatkan kreativitas dan produktivitas dalam segala hal yang kamu lakukan.

Buku ini adalah teman berlatih kamu untuk melakukannya. Berisi 6 paket latihan penalaran tingkat tinggi dan dilengkapi dengan berbagai metode yang efektif dalam memaksimalkan memori otakmu. Kemampuan otak kamu bisa jauh lebih dahsyat daripada komputer!

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi