in

10 Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami

10 Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami – Bagi sebagian orang akan merasa kurang percaya diri ketika memiliki perut buncit atau tidak rata. Penyebab seseorang mempunyai perut buncit sebenarnya bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, misalnya seperti hormon untuk mudah gemuk atau dampak dari kebiasaan sehari-hari yang tidak sehat. Menurut pandangan kesehatan, perut buncit adalah sebuah tanda bahwa seseorang tidak memiliki tubuh yang prima. Bahkan, perut buncit bisa jadi merupakan salah satu pemicu penyakit kronis di kemudian hari.

Penyebab perut buncit bisa jadi dikarenakan oleh beberapa penyakit seperti diabetes, jantung, hingga kanker. Hal itulah yang menjadi alasan seseorang sangat menginginkan tubuh yang ideal, dan menghindari perut buncit yang dianggap tidak ideal. Selain itu, bagi mayoritas masyarakat, perut rata atau sering disebut dengan istilah perut sixpack banyak diidamkan oleh banyak orang, baik itu karena bisa menunjang penampilan hingga karena alasan kesehatan.

Setelah hampir dua tahun banyak melakukan aktivitas di rumah saja, sekarang ini banyak orang yang ingin mengecilkan perut karena merasa mulai mengganggu kesehatan. Nah, berikut ini artikel Gramedia akan memberikan sepuluh cara mengecilkan perut buncit sekaligus bahan alami yang bisa digunakan untuk mewujudkannya.

A. Cara Mengecilkan Perut Buncit

Sudah menjadi hal yang sangat lumrah, bahwa cara tercepat yang dapat dilakukan untuk mengecilkan perut buncit adalah dengan berolahraga. Namun, banyak orang yang sebenarnya ingin berolahraga tetapi tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukannya. Oleh karena itu, artikel ini akan menjelaskan tentang cara mengecilkan perut buncit tanpa melakukan olahraga, tetapi dengan membangun kebiasaan sehat setiap hari.

Nah, berikut ini adalah sepuluh cara mengecilkan perut buncit yang sudah Kami rangkum untuk Kamu agar bisa mendapatkan perut yang rata dan tubuh yang ideal. Beberapa cara yang bisa Kamu lakukan, di antaranya yaitu:

1. Sarapan Sesuai Waktunya

Cara pertama dan yang paling utama untuk dilakukan adalah sarapan tepat pada waktunya. Hampir kebanyakan orang beranggapan apabila ingin memiliki perut yang rata dengan tubuh yang sehat, hal yang perlu dilakukan adalah mengurangi jumlah asupan makanan. Anggapan tersebut bisa jadi efektif untuk mengurangi perut buncit. Namun, hal yang perlu ingat adalah mengurangi jumlah makanan tidak sama dengan mengubah pola makan menjadi tidak beraturan.

Salah satu hal yang wajib ditaati bagi Kamu yang ingin mengecilkan perut adalah dengan tetap sarapan sesuai dengan waktu yang sudah dijadwalkan secara rutin. Sarapan sangat baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain itu, sarapan juga bisa memberikan energi yang cukup untuk seseorang menjalankan aktivitas sepanjang hari.

Sarapan menjadi sangat penting bagi Kamu yang ingin mengecilkan perut karena bisa membantu tubuh dalam melakukan kontrol terhadap asupan selama sehari. Kontrol yang dilakukan yaitu mampu mengurangi porsi makan siang menjadi tidak berlebihan. Namun, agar Kamu merasakan manfaat dari sarapan, ada baiknya Kamu tidak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh.

2. Minum Air Mineral Yang Cukup dan Teratur

Cara kedua yang dapat dilakukan untuk mengecilkan perut adalah dengan minum air yang cukup dan teratur. Minum air menjadi aktivitas yang sangat berpengaruh bagi Kamu yang sering kali mengonsumsi makanan lebih sedikit. Air putih bisa digunakan untuk menetralisir fungsi tubuh sehingga sangat baik bagi Kamu yang menurunkan berat badan, terlebih lagi apabila Kamu mengonsumsi air mineral pada saat hendak makan.

tombol beli buku

Menurut sebuah studi yang dilakukan kepada orang dewasa mengungkapkan bahwa seseorang yang minum setengah liter air sekitar 30 menit menjelang makan akan lebih membantu untuk mengurangi konsumsi secara berlebihan atau bisa mengurangi rasa lapar dan asupan kalori.

Dalam penelitian di atas, para orang dewasa yang meminum air mineral sebelum makan cenderung dapat mengalami menurunkan berat badan sebanyak 44 persen lebih banyak dalam periode 12 minggu, daripada para orang dewasa yang tidak mengonsumsi air mineral untuk mengecilkan perut buncitnya.

3. Mengonsumsi Kandungan Protein Lebih Banyak

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut adalah dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung protein. Pada dasarnya, makanan yang mengandung protein bisa lebih memberikan efek yang kuat untuk meningkatkan rasa kenyang, sehingga tidak mudah lapar dan akan sangat membantu bagi seseorang yang ingin makan lebih sedikit kalori. Hal tersebut dikarenakan protein memiliki kandungan hormon yang bisa mengurangi rasa lapar sehingga menjadikan kenyang.

Hormon yang terdapat di dalam protein tersebut, di antaranya yaitu ghrelin dan GLP-1. Apabila hormon ini banyak tersaji pada makanan, maka dapat dipastikan Kamu mengonsumsi makanan yang kaya akan energi. Namun, hal ini bisa jadi bahan pertimbangan bagi Kamu yang masih sering mengonsumsi makanan dengan kalori yang tinggi dan lemak jenuh.

4. Mengonsumsi Makanan Tinggi Serat

Cara keempat yang bisa Kamu lakukan agar memiliki perut yang rata adalah dengan mengonsumsi makanan yang berserat tinggi. Cara ini bisa dikatakan sangat efektif untuk mengecilkan perut yang buncit. Pasalnya, makanan dengan kandungan serat yang tinggi lebih dapat efektif bekerja untuk memberikan rasa kenyang dan mampu mencegah untuk makan secara berlebihan.

Kandungan serat tinggi yang masuk ke dalam tubuh akan larut dan berubah menjadi gel pada saat bersentuhan dengan air. Selanjutnya, serta yang sudah menjadi gel tersebut akan mengoptimalkan waktu penyerapan nutrisi dan memperlambat perut menjadi kosong.

Pada beberapa studi yang sudah dilakukan mengungkapkan bahwa salah satu cara mengecilkan perut buncit adalah memberikan asupan serat yang cukup untuk tubuh. Dalam studi tersebut berhasil membuktikan jika serat dapat memperlambat penyerapan makanan, sehingga dapat lebih lama untuk mempertahankan rasa kenyang.

Dalam penelitian yang lain juga mengungkapkan bahwa pola mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan karbohidrat kompleks serta pembatasan untuk makanan yang banyak mengandung lemak, terbukti lebih efektif untuk membantu mengurangi berat badan dan mengecilkan perut. Beberapa makanan yang banyak mengandung serat yang tinggi, di antaranya yaitu kacang-kacangan, flaxseed, alpukat, brokoli, ubi jalar, wortel, jambu, pir, hingga buah apel.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

5. Mengurangi Asupan Sodium

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut yaitu mengurangi asupan sodium. Makanan yang mengandung sodium biasanya memiliki rasa asin dan gurih. Walaupun dapat memberikan rasa nikmat yang sangat lezat. Tetapi, kandungan garam yang terdapat di dalam makanan asin dan gurih lebih mampu untuk mengikat dan menahan air yang ada di dalam tubuh.

Hal ini menjadikan seseorang yang cukup sering mengonsumsi makanan yang mengandung sodium tinggi, akan lebih meningkatkan potensi untuk mengalami kenaikan berat badan tubuh. Oleh karena itu, bagi Kamu yang ingin mengecilkan perut, Kamu perlu mempertimbangkan untuk mengurangi asupan makanan yang tinggi sodium.

6. Menghindari Makanan Dan Minuman Yang Tinggi Gula

Selanjutnya, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut buncit adalah dengan menghindari minuman dengan kandungan gula tinggi. Apabila seseorang ingin mulai melakukan program pengecilan perut buncit, maka ia harus menghindari berbagai jenis minuman manis dengan tambahan gula. Hal ini dikarenakan makanan atau minuman yang memiliki kandungan gula yang tinggi lebih mudah meningkat lemak pada bagian perut.

tombol beli buku
Banyak orang juga sudah memahami bahwa lemak yang ada di bagian perut merupakan dampak yang diberikan akibat mengkonsumsi gula. Oleh karena itu, apabila Kamu ingin mengecilkan perut yang buncit, Kamu perlu membuat komitmen untuk menghindari berbagai makanan atau minuman yang mengandung banyak gula.

7. Tidur Cukup dan Teratur

Cara yang perlu dilakukan untuk mengecilkan perut buncit selanjutnya adalh tidur yang cukup dan tentunya teratur. Banyak orang di masa sekarang yang cukup sering mengabaikan waktu tidur yang cukup. Padahal, tidur yang cukup sangat berdampak untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat dan tentunya mengendalikan berat badan.

Berdasarkan hasil sebuah penelitian mengungkapkan bahwa waktu waktu tidur yang cukup dan berkualitas sangat mempengaruhi peningkatan jumlah jaringan lemak pada bagian perut. Dalam penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa kurang tidur atau tidur yang terlalu dapat lebih cepat meningkatkan lemak dan berat badan manusia. Hal ini dikarenakan adanya gangguan pada hormon pengatur nafsu makan, yakni leptin dan ghrelin.

Oleh karena itu, selain melakukan berbagai cara di atas untuk mengecilkan perut buncit, Kamu juga perlu memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas serta dilakukan secara berlanjut dan teratur. Waktu tidur yang cukup bagi orang dewasa biasanya adalah 7 hingga 8 jam per hari. Hal ini dapat dilakukan supaya tubuh tetap sehat dan mengurangi penumpukan lemak pada tubuh, terlebih di bagian perut yang buncit.

8. Menghindari Stres

Cara mengecilkan perut buncit selanjutnya adalah menghindari stres. Stres kerap kali dapat membuat tubuh mengalami masalah gangguan psikologis seperti eating disorder. Gangguan ini dapat mempengaruhi tubuh untuk lebih banyak mengonsumsi makanan dengan porsi besar pada waktu yang spesifik, sehingga mengakibatkan makan yang tidak terkontrol, tetap makan walaupun sudah kenyang bahkan dapat menyebabkan kekenyangan berlebihan.

tombol beli buku

Pada saat stres, hormon kortisol dapat meningkat dengan lebih cepat. Hormon ini bisa memberikan perasaan lapar secara berlebihan sekaligus nafsu makan terhadap makanan yang tidak sehat. Hal ini cenderung mempengaruhi seseorang untuk lebih menyukai asupan tinggi kalori, maka tidak jarang banyak orang mengaitkan stres juga menjadi salah satu penyebab adanya penumpukan lemak di perut. Dalam mengatasi stres, Kamu sangat dianjurkan untuk melakukan kegiatan relaksasi secara rutin seperti yoga atau meditasi.

9. Makan Menggunakan Piring Kecil

Cara mengecilkan perut berikut ini adalah dengan menggunakan piring kecil pada saat makan. Penggunaan piring kecil ketika makan dapat menjadi salah satu cara yang dapat membatasi Kamu untuk makan dengan porsi yang pas. Hal ini secara tidak sadar bisa membuat makanan yang ada di piring kecil terlihat lebih banyak dibandingkan piring besar, sehingga mencegah makan secara berlebihan.

Secara tidak langsung, salah satu cara untuk mengecilkan perut dengan makan menggunakan piring kecil ini dapat Kamu terapkan dengan mudah. Cara ini akan sangat mendukung bagi Kamu yang ingin meratakan perut buncit.

10. Mengunyah Makanan Secara Perlahan

Cara mengecilkan perut buncit yang terakhir adalah mengunyah makanan secara perlahan. Hal yang perlu Kamu ketahui adalah otak manusia sebenarnya memerlukan waktu dalam memproses informasi yang menunjukan bahwa sudah cukup makan. Dengan mengunyah makanan secara perlahan dan menyeluruh akan dapat berdampak pada Kamu untuk makan lebih lambat. Pada akhirnya, makan dengan perlahan bisa mengurangi asupan makanan.

Tidak berhenti di situ, mengunyah makan secara perlahan juga dapat membuat Kamu lebih bisa meningkatkan rasa kenyang dan mengontrol porsi makan menjadi lebih sedikit. Fakta ini signifikan dengan seberapa cepat Kamu selesai makan, maka akan memengaruhi juga berat badan yang Kamu miliki.

Nah, demikian sepuluh cara mengecilkan perut buncit yang bisa Kamu aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari tanpa melakukan berolahraga. Walaupun Kamu sudah membangun kebiasaan yang lebih sehat, tetapi Kamu tetap perlu untuk berolahraga ringan secara konsisten. Hal itu bertujuan supaya tubuh Kamu tetap dapat membakar kalori lebih cepat, sehingga usaha untuk mengecilkan perut buncit menjadi semakin efektif.

B. 5 Bahan Alami Yang Dapat Mengecilkan Perut

Setelah mengetahui dan memahami sepuluh cara untuk mengecilkan perut buncit, pada bagian ini Kamu akan dijelaskan mengenai beberapa bahan alami yang dapat dikonsumsi setiap hari agar mendapatkan ukuran perut dan tubuh yang ideal. Beberapa bahan alami berikut ini sangat mudah untuk Kamu temukan di sekitar rumah, di antaranya yaitu:

1. Lemak Ikan

Lemak ikan merupakan bahan alami yang sangat baik untuk membantu mengurangi lemak yang ada di perut. Selain itu, lemak ikan juga sangat baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Kamu dapat menemukan lemak ikan pada beberapa jenis ikan seperti ikan teri dan ikan salmon.

2. Minyak Kelapa

Selain lemak ikan, minyak kelapa adalah salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mengecilkan perut buncit. Minyak kelapa memiliki kemampuan yang baik untuk mengubah lemak menjadi energi, sehingga dapat mengurangi penumpukan lemak di bagian perut.

Minyak kelapa juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan sangat cocok untuk diet sehat alami. Selain itu, mengonsumsi minyak kelapa juga bisa bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, Hal ini sangat baik untuk kesehatan jantung dan tubuh agar tetap optimal.

3. Teh Hijau

Bahan alami ketika yang baik untuk mengecilkan perut buncit adalah teh hijau. Sudah menjadi hal umum bahawa teh hijau sangat baik untuk membantu mengecilkan perut yang buncit dan menurunkan berat badan. Hal ini dikarenak teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan kafein yang ampuh meningkatkan metabolisme dan menambah energi dalam tubuh.

4. Konsumsi Protein

Bahan alami yang dapat digunakan untuk mengecilkan perut selanjutnya adalah makanan yang mengandung protein. Dengan mengonsumsi berbagai jenis nutrisi dengan protein, Kamu dapat menurunkan insulin yang terdapat di dalam tubuh, sehingga mempermudah proses pembakaran lemak.

Menurut beberapa penelitian, seseorang yang mengonsumsi protein dengan cukup akan cenderung mudah merasa lebih kenyang dibandingkan orang yang mengonsumsi karbohidrat atau lemak. Beberapa makanan yang mengandung protein tinggi yaitu seperti telur, kacang almond, tuna, hingga sumber protein yang lain.

5. Cuka Apel

Bahan terakhir yang bisa Kamu gunakan untuk membantu mengecilkan perut buncit yakni cuka apel. Cuka apel merupakan makanan yang mengandung asam lemak tinggi, zat ini sangat efektif untuk mempercepat proses menurunkan berat badan.

Beberapa orang yang sering mengonsumsi cuka apel, mengaku lebih dapat mengontrol nafsu makannya. Dalam mengonsumsi cuka apel, Kamu hanya hanya perlu 1 sdm yang dicampur dengan segelas air hangat, hal ini bisa Kamu lakukan sehari dua kali saja.

Nah, demikian adalah tips sekaligus beberapa bahan yang akan sangat membantu untuk Kamu yang ingin mengecilkan perut buncit.

Namun, hal yang terpenting agar memiliki ukuran perut dan tubuh yang ideal adalah dengan memperbaiki pola hidup yang lebih sehat, terutama menghindari makanan dan minuman yang manis, mengurangi konsumsi karbohidrat, dan menghindari rokok hingga minuman beralkohol. Dengan membentuk kebiasaan pola hidup yang sehat, secara perlahan dan otomatis, Kamu dapat memiliki tubuh yang ideal dan sehat.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Emka Umam