Psikologi

Pengertian dan Contoh Sikap Rendah Hati

Written by Rifda Arum

Pengertian dan Contoh Sikap Rendah Hati – Grameds apakah memiliki seorang teman yang dikenal akan sifat baiknya? Sifat-sifat seperti suka menolong orang lain, tidak pelit dalam berbagi, rendah hati, atau mudah bergaul dengan siapa saja? Jika Grameds mengenal seseorang dengan ciri-ciri tersebut, dapat dipercaya jika Grameds merasa nyaman bergaul dengan orang tersebut.

Orang-orang seperti itu tentu merupakan orang yang amat disenangi di lingkaran pertemanannya. Hal tersebut karena mereka selalu melakukan tindakan baik ke orang lain, orang-orang tersebut juga akan mendapat timbal balik berupa kebaikan juga dari lingkungan sekitarnya.

https://www.pexels.com/

Pengertian Sikap Rendah Hati

Grameds bisa menjadikan teman ini sebagai contoh dalam bertindak maupun berperilaku. Terdapat banyak sekali sikap-sikap baik terhadap lingkungan orang-orang terdekat yang bisa kita terapkan ketika berinteraksi. Salah satu sikap baik tersebut adalah sikap rendah hati.

Grameds mungkin sudah mengetahui pengertian dan contoh sikap rendah hati. Pengetahuan mengenai topik ini seharusnya sudah dipelajari jauh ketika kita berada di bangku sekolah dasar. Tidak hanya mempelajari, Grameds juga tentunya juga diminta untuk mempraktikkan sikap ini ke kehidupan sehari-hari.

Jika kita merujuk kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian dari kata “rendah hati” amatlah sederhana dan cukup to the point, yaitu “hal atau sifat tidak sombong atau tidak angkuh.”

Sementara itu, jika kita mencari pengertian dari kata “rendah hati” menggunakan kamus bahasa Inggris, dalam kasus ini kamus Oxford, kata “rendah hati” memiliki definisi yang sedikit lebih panjang jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, yakni “memiliki atau menunjukkan perkiraan sederhana atau lebih rendah dibandingkan sosok asli diri tersebut.”

Oleh karena itu, Grameds bisa menyimpulkan bahwa pada dasarnya, sikap rendah hati merupakan sikap di mana seseorang tidak merasa sombong mengenai apa yang dia miliki. Hal tersebut bisa berupa harta benda, kecerdasan, maupun status yang orang tersebut punya.

Seperti yang Grameds sudah ketahui, sikap rendah hati merupakan sikap yang disukai banyak orang. Grameds bisa memastikan ke lingkaran pertemananmu, dan melihat bahwa orang-orang yang memiliki sikap rendah hati akan dikelilingi oleh banyak orang karena sikapnya itu.

Beli Buku di Gramedia

Contoh Sikap Rendah Hati

Sikap rendah hati tidak begitu sulit untuk diterapkan dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Grameds mungkin juga sudah melakukan sikap rendah hati di lingkungan orang-orang terdekat, tanpa menyadari bahwa itu merupakan salah satu contoh sikap rendah hati.

Jika demikian, maka Grameds sebenarnya sudah memiliki sikap rendah hati di dalam diri masing-masing. Sesuai dengan definisi dari kamus Oxford yang sudah dipaparkan, orang-orang dengan sikap rendah hati umumnya menilai diri mereka lebih sederhana dibandingkan dengan yang orang lain pikirkan.

Di bawah ini, akan dijelaskan sejumlah contoh sederhana dari sikap rendah hati. Grameds bisa mempelajari, menerapkan, serta merefleksikan tindakan-tindakan dari sikap rendah hati ke dalam diri masing-masing.

  • Mendahulukan orang lain. Orang dengan sikap rendah hati tidak ragu untuk memprioritaskan orang lain dalam bertindak. Hal ini bukan untuk menunjukan kepedulian mereka, karena orang-orang tersebut benar-benar ingin menolong sesama
  • Mau mendengarkan orang lain. Orang dengan sikap rendah hati tidak akan memotong pembicaraan orang, melainkan akan mendengarkan orang tersebut secara seksama, dan menunjukan ketertarikan mereka akan topik terkait.
  • Mau belajar sesuatu yang baru. Dikarenakan orang-orang dengan sikap rendah hati menyadari segala kekurangan yang mereka miliki, mereka tidak segan untuk mencari ilmu baru, agar mereka bisa menjadi pribadi yang lebih baik dibanding sebelumnya.
  • Mau menerima pertolongan. Umumnya, orang-orang dengan ego tinggi menolak untuk menerima pertolongan, karena mereka ingin menunjukan bahwa mereka bisa. Berbeda dengan orang rendah hati, yang tau kelebihan dan kekurangan mereka, sehingga mau menerima pertolongan.
  • Bisa menerima kritik dengan baik. Orang-orang dengan ego tinggi juga sulit untuk menerima kritik secara terbuka, karena mereka menganggap itu sebagai kelemahan yang seharusnya tidak ditunjukkan di depan orang lain. Orang dengan rendah hati memahami bahwa kritik adalah sesuatu yang bisa membantu diri mereka untuk menjadi lebih baik, sehingga mereka terbuka akan kritik dan masukan.
  • Tidak meremehkan orang dan suatu peristiwa. Seseorang dengan sikap rendah hati, akan mengapresiasi hubungan yang mereka miliki dengan siapapun, dan tidak mau menganggap sepele hubungan serta situasi yang mereka sedang hadapi saat itu.

Tentu, masih banyak lagi contoh-contoh sikap rendah hati di sekitar kita. Grameds bisa mencoba melakukan observasi terhadap lingkungan sekitar, dan mencari tahu apalagi sikap-sikap rendah hati yang bisa Grameds coba terapkan di kehidupan sehari-hari.

Beli Buku di Gramedia

Manfaat Bersikap Rendah Hati

Sifat-sifat baik dalam diri seseorang akan membawa pengaruh baik untuk orang lain, dan juga untuk diri sendiri. Jika tidak ada sesuatu yang bisa didapatkan dari bersikap baik, untuk apa terus menerus mempertahankan sifat tersebut ke orang lain?

Dalam kasus bersikap rendah hati, yang Grameds dapatkan bukanlah sesuatu berupa benda fisik dan bisa dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sesuatu yang dihasilkan dari sikap rendah hati, adalah sesuatu yang bermanfaat untuk diri kita sendiri.

Berikut adalah sejumlah manfaat yang Grameds bisa rasakan di dalam diri masing-masing, jika memutuskan untuk memulai bersikap rendah hati terhadap orang-orang sekitar.

  • Kemampuan untuk mengontrol diri sendiri lebih baik. Dikarenakan orang-orang dengan sikap rendah hati cenderung mengetahui batasan dalam diri sendiri, mereka memiliki kemampuan untuk mengontrol dan membatasi diri mereka ketika sedang melakukan sesuatu.
  • Mengurangi prasangka terhadap orang lain. Berprasangka merupakan sifat yang umum dimiliki oleh seseorang. Namun, jika seseorang memiliki sikap rendah hati, mereka menyadari bahwa segala hal memiliki alasan, sehingga mereka merasa bahwa prasangka itu tidak diperlukan.
  • Mempererat hubungan dengan orang lain. Orang-orang dengan sikap rendah hati kerap memperlakukan orang lain dengan baik. Pada akhirnya, mereka akan mendapatkan timbal balik berupa hubungan erat dengan orang-orang di sekitarnya.
  • Dapat memimpin dengan baik. Sifat rendah hati membuat seseorang menjadi tidak lebih egois, mau mendengar, bisa menerima kritik, dan siap bertanggung jawab. Sifat-sifat tersebut merupakan kualitas yang dimiliki oleh banyak pemimpin hebat.
  • Menjadi lebih tenang dalam hidup. Ketika seseorang memutuskan untuk bersikap rendah hati, mereka memahami kalau tidak ada hal di dunia ini yang mereka bisa kontrol, sehingga mereka dapat menjalankan kehidupan mereka dengan tenang dan damai.

Seperti pembahasan mengenai contoh sikap rendah hati, masih banyak lagi manfaat-manfaat yang Grameds bisa rasakan ketika mencoba menjadi lebih rendah hati. Manfaat-manfaat tersebut bisa saja hanya bisa dirasakan oleh Grameds, dan bukan untuk orang lain.

Beli Buku di Gramedia

Lawan dari Sikap Rendah Hati

Setiap sifat baik juga memiliki sifat berlawanannya dan sifat-sifat ini sudah pasti bukan sifat yang terpuji dan patut ditiru. Grameds akan lebih banyak kerugian jika memutuskan untuk menyimpan sifat-sifat jelek, dibandingkan dengan keuntungannya.

Sikap rendah hati memiliki lawan berupa sikap sombong. Sikap sombong ini juga biasa disebut dengan sebutan angkuh dan arogan. Sikap tersebut adalah bentuk dari penyakit hati, yang dipastikan hanya akan membawa kesulitan bagi Grameds.

Menurut KBBI, kata “sombong” memiliki arti sebagai “menghargai diri secara berlebihan; congkak atau pongah”. Jika Grameds pernah melihat seseorang dengan tingkah dan tutur yang terlalu percaya diri dan cenderung merendahkan orang lain, bisa disimpulkan bahwa orang tersebut memiliki sikap sombong di dalam dirinya.

Ciri-ciri Sikap Sombong

Sikap sombong tidak hanya ditentukan dari bentuk kepercayaan diri berlebih serta sering atau tidaknya seseorang merendahkan orang lain. Masih ada lagi sejumlah tingkah laku yang biasa diperbuat oleh orang-orang dengan sikap sombong.

Di bawah ini, Grameds bisa melihat beberapa contoh perbuatan serta sikap orang-orang sombong. Grameds juga bisa menggunakan contoh-contoh yang akan diberikan, untuk merefleksikan diri sendiri, terkait iya atau tidaknya perilaku ini ada di dalam diri masing-masing.

  • Tidak mau mendengarkan orang lain, Bahkan yang lebih buruk, orang-orang ini kerap menginterupsi seseorang ketika mereka sedang berbicara, dan hanya memperdulikan argumennya sendiri, tanpa mau mengindahkan apa yang orang lain sedang katakan.
  • Selalu menganggap diri sendiri benar. Orang-orang sombong tidak pernah merasa bahwa apa yang mereka lakukan itu salah. Walaupun mereka mengetahui benar atau salahnya suatu tindakan, orang-orang ini tidak pernah mau mengakui hal tersebut di depan orang banyak, dan akan selalu mengatakan kalau mereka benar.
  • Merasa kalau status adalah segala-galanya. Tidak hanya status mereka sendiri, ini juga termasuk dengan status orang lain. Mereka menganggap kalau adanya status bisa membantu mereka untuk menyelesaikan semua masalah yang mereka sedang hadapi.
  • Tidak pernah merasa tidak bisa. Orang-orang dengan sikap sombong selalu merasa bahwa mereka selalu bisa melakukan suatu hal. Lebih dari itu, mereka juga benci mengakui ketidakmampuan mereka akan suatu hal, dan berusaha untuk selalu menutupi hal tersebut.
  • Selalu merasa lebih baik dibanding orang lain. Orang-orang sombong selalu ingin membuktikan bahwa dirinya adalah yang terbaik, dan tidak ada orang lain yang mampu menyaingi kehebatan mereka. Mereka juga tidak mau mengakui kemampuan orang lain, dan akan terus mengatakan bahwa mereka lebih baik.
  • Kesulitan untuk mempercayai orang lain. Ini disebabkan karena alasan sebelumnya, yakni orang-orang tersebut merasa jauh lebih superior dibandingkan orang lain. Mereka tidak percaya ketika ada seseorang memiliki kapabilitas untuk berdiri di samping mereka.

Beli Buku di Gramedia

Cara Agar Terhindar dari Sikap Sombong

Sikap sombong, jika terus menerus disimpan di dalam diri sendiri, perlahan akan membawa banyak kerugian bagi pemiliknya. Kerugian-kerugian tersebut tidak hanya datang dari luar saja, melainkan akan datang dari dalam diri masing-masing.

Seseorang yang sombong sudah pasti akan dijauhi oleh lingkaran pertemanannya, karena mereka merasa muak dengan sikap yang merasa terlalu tinggi serta kerap memandang orang lain sebelah mata. Orang-orang lain juga akan malas berinteraksi dengan orang sombong, karena mereka tahu bahwa cepat atau lambat, mereka akan direndahkan.

Orang-orang dengan sikap sombong pada akhirnya hanya bisa mengandalkan diri mereka. Selain karena mereka tidak mau mempercayai orang lain, tidak ada lagi seorangpun yang mau berurusan dengan orang-orang tersebut, dan tidak mau mendekatkan diri dengan orang-orang sombong.

Grameds tentu tidak mau menyimpan sikap sombong, bukan? Untungnya, terdapat beragam cara bagi Grameds agar terhindar dari sikap sombong, dan bisa saja cara-cara ini mampu membuat Grameds menjadi sosok yang lebih rendah hati. Berikut pemaparannya.

  • Turunkan ego pribadi. Hal ini berlaku untuk berbagai macam situasi, mulai dari mempelajari hal baru, berdiskusi dengan orang lain, hingga mengakui kesalahan sendiri. Ego yang kecil mampu membuat Grameds menjadi seseorang yang lebih rendah hati dan akan membuka lebih banyak kesempatan dalam hal apapun.
  • Belajar menghargai pendapat orang. Ada kalanya pendapat seseorang terdengar masuk akal dan lebih disukai oleh orang lain. Dan hal ini bukanlah sesuatu yang buruk, melainkan salah satu cara bagi Grameds untuk belajar legowo, dan mau menghargai, agar ke depannya bisa melontarkan pendapat tanpa harus khawatir pendapatnya akan ditolak, atau lebih baik, pendapat yang bisa diterima.
  • Mau mencoba mendengar nasihat dan saran orang lain. Grameds perlu menurunkan ego, dan sadar kalau ada kalanya seseorang menyampaikan sesuatu yang berguna untuk Grameds. Ini juga bisa bermanfaat untuk membantu Grameds menjadi pribadi yang lebih baik.
  • Mau mencoba bekerjasama. Kerja sama dapat mengubah pandangan seseorang terhadap orang lain, dan menghindari sifat sombong. Ini dikarenakan, dalam proses kerjasama, kita akan melihat bagaimana seseorang bekerja, sehingga kita bisa mempelajari kualitas baru dari orang tersebut.
  • Melihat “isi” dari seseorang. Maksud dari isi adalah pemikiran serta sifat dari seseorang. Ini adalah salah satu penyebab utama kesombongan di mana kita terlalu cepat melihat penampilan dari seseorang, sebelum melihat sifat serta pemikiran orang tersebut.

Beli Buku di Gramedia

Kesimpulan

Menyimpan sikap rendah hati bagi diri sendiri adalah sesuatu yang tidak akan pernah salah, serta tidak akan pernah membawa kerugian untuk Grameds. Seperti yang sudah baca di atas, terdapat banyak sekali keuntungan-keuntungan jika memilih untuk bersikap rendah hati.

Sebaliknya, jika Grameds memutuskan untuk bersikap sombong di hadapan orang lain, maka hanya akan merasakan kerugian, tanpa menerima timbal balik positif dari orang-orang sekitar. Apabila terus-menerus begitu, kerugian yang dirasakan perlahan akan semakin besar dan memperburuk situasi.

Oleh karena itu, alangkah baiknya bagi kita semua untuk memilih bersikap baik dalam lingkungan keseharian kita. Jika memungkinkan, kita bisa mencoba untuk menerapkan sikap-sikap baik lainnya seperti jujur dalam berbicara, mau menolong sesama, serta sopan dalam bertindak dan bertutur.

Selain buku-buku yang sudah disebutkan di atas, terdapat juga buku-buku lain di situs www.gramedia.com untuk memotivasi Grameds agar bisa menjadi orang yang lebih baik lagi. Ini adalah persembahan dari kami, Gramedia, #SahabatTanpaBatas, untuk seluruh Grameds di berbagai penjuru negeri ini.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: Adrianto Sukarso

Baca Juga!

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien