Best Seller Buku Agama Islam

Jelajahi Best Seller Buku Agama Islam dari Gramedia yang disusun berdasarkan penjualan terbanyak

Paradigma Islam Rahmatan Lil 'Alamin - Prof. Abdurrahman Mas'ud, M.A., Ph.D.

Islam merupakan agama rahmatan lil ‘alamin. Islam mencakup berbagai dimensi dalam kehidupan. Jika dilihat dalam konteks pendidikan maka artinya proses pencerdasan secara utuh untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Dalam dimensi politik, Rasulullah saw. mengajarkan dan memberikan kemerdekaan kepada umat yang tertindas. Dalam hal ini, mereka semua harus melek politik agar dapat ikut dalam proses pengambilan keputusan dalam masyarakat dan negara. Sedangkan dalam dimensi kultural, Rasulullah saw. mengajarkan umatnya agar bebas dari tradisi taqlid buta. Artinya mengikuti adat dari nenek moyang tanpa memperhatikan akal kritis.

Rasulullah saw. pernah bersabda bahwa, “Tidaklah beragama bagi orang yang tidak menggunakan akal pikirannya.” Artinya seseorang harus memiliki akal dalam melakukan tindakan di dalam hidupnya, termasuk jika ingin memiliki agama.

Buku ini dapat juga dikatakan sebagai rekaman intelektual atas kejadian yang sebenarnya pernah terjadi. Abdurrahman merespons dari bilik-bilik kampus, seminar, serta secara rutin buah dari pikirannya itu dituangkan dalam surat kabar maupun majalah, hingga pada karya ilmiah.

Ia tidak tidak hanya membahas permasalahan secara kritis saja, namun juga menekankan pada ajaran-ajaran dari Rasulullah saw. Walaupun buku ini terlihat memiliki sifat tematis dan memiliki masalah yang beragam di dalamnya, namun memiliki cara pengemasan tulisan yang menarik dalam menyajikan sebuah gagasan yang fokus, aktual, dan kritis.

Kitab Ta'lim Muta'allim - Imam Zarnuji

Kitab Ta’lim Muta’allim ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar bagi murid atau anak-anak yang sulit dalam belajar agama. Orang tua dan guru dapat mengajarkan materi melalui kitab ini. Orang tua, guru, dan murid dapat membaca dan juga menerapkan apa saja materi yang ada di dalam kitab ini untuk memahami sebuah metode Islami dalam menuntut ilmu.

Kitab ini adalah sebuah kitab referensial klasik yang telah terbit sejak 850 tahun yang lalu dan telah digunakan oleh umat Islam dalam berbagai belahan bumi. Kawasan Asia Tengah, Asia Tenggarah. bahkan di Indonesia. Kitab ini menjadi bacaan yang wajib ada dalam pesantren yang ada di Indonesia.

Penulis dari buku ini adalah seorang ulama yang terkenal, ia berasal dari Afghanistan yang memiliki nama lengkap Imam Burhanuddin Az-Zanurji. Buku ini memiliki 13 bab di dalamnya yang berisi mengenai metode belajar dan tahapan belajar yang baik dan benar secara akhlak, fikih, dan tarbiyah. Dasar dari kitab ini merupakan rujukan dari Al-Quran, hadis, dan juga nasehat para ulama. Kitab ini merupakan karya tunggal dari Imam Zanurji

Kitab ini dalam terbitan Turos dilengkapi dengan peta buku dalam tiap babnya yang berguna memudahkan pembaca, serta dilengkapi dengan teks asli bahasa Arab dan juga syair-syair motivasi dari Imam Syafi’i yang sangat menyentuh hati.

Sejarah Peradaban Islam - Prof. Dr. Syamruddin Nasution, M.Ag.

Agama Islam adalah agama yang disampaikan oleh Allah Swt., lewat Rasulullah saw., kepada manusia. Islam saat ini telah berusia lima belas abad dan tersebar di berbagai kawasan. Kawasan-kawasan tersebut meliputi, kawasan pengaruh kebudayaan Arab (Timur Tengah, Afrika Utara, dan Spanyol Islam), kawasan pengaruh kebudayaan Persia (Islam dan Negara-negara Islam di Asia Tenggara), kawasan pengaruh kebudayaan Turki, kawasan pengaruh kebudayaan India Islam, kawasan Asia Tenggara dan kawasan Afrika Selatan dan Afrika Tengah.

Agar pembahasan dalam buku ini menjadi lebih fokus maka materi dalam buku dibatasi dalam kawasan Arab yang meliputi, Timur Tengah, Afrika Utara dan Spanyol Islam dengan menggunakan pendekatan berdasarkan periodenya, yaitu pada periode klasik dan periode pertengahan. Oleh karena itu, materi di dalam buku ini membahas tentang peradaban sejarah bangsa Arab pada masa pra-Islam yang pada saat itu masih rendah kedudukannya.

Kemudian dilanjutkan mengenai Rasulullah saw., yang berhasil mengangkat bangsa Arab hingga memiliki kedudukan yang tinggi dan berakhlak mulia dengan waktu yang relatif singkat. Lalu sebuah usaha dari Khulafaur Rasyidin yang berhasil memperluas wilayah Islam ke bagian utara, timur, dan barat. Setelah itu yang teristimewa adalah keberhasilan dari Umar bin Khattab yang menghancurkan kerajaan adikuasa Persia yang ada di Timur, lalu digantikan dengan negara Islam yang menjadi salah satu negara adikuasa pada masa itu bersama dengan kerajaan Romawi di Barat.

Pembangunan Karakter Islam Perspektif Tasawuf - Dr. Muhammad Iqbal Irham, M.Ag.

Tasawuf merupakan batin dalam sebuah ajaran Islam. Sedangkan sisi lahirnya merupakan syariat Islam yang mengandung hukum-hukum keagamaan yang formal tentang apa yang wajib dilakukan dalam agama Islam dan apa yang dilarang untuk dilakukan.

Tasawuf selain mengajarkan tentang sisi batin dan syariat dalam sebuah agama juga mengajarkan bagaimana makna beragama dengan baik dan benar. Dalam hal ini, tasawuf menegaskan bahwa seseorang yang hidup tanpa memiliki Tuhan artinya hidup mereka akan kosong dan hampa. Manusia yang telah meninggalkan sisi batinnya dan juga tidak memiliki hubungan yang harmonis dengan Tuhannya, maka ia adalah manusia yang hidup tanpa aturan dan norma kebaikan beragama.

Tasawuf dalam al-akhlaq al-mahmudah artinya menegakkan dan melaksanakan bentuk moral yang baik mulai dari ucapan, perbuatan, dan juga aktivitas sehari-hari. Moral yang seperti ini tentunya harus diajarkan, dididik, dan dipahami agar dalam keseharian manusia memiliki tindakan yang baik dan benar sesuai aturan.

Moral mulai dipelajari dari masing-masing individu, keluarga, masyarakat, hingga seluruh komponen bangsa. Bahkan, para ulama telah mengingatkan kita tentang moral melalui syair Arab yang berbunyi, “Sesungguhnya bangsa-bangsa itu akan tegak selama akhlaknya baik. Jika akhlaknya runtuh, maka hancur pulalah bangsa-bangsa itu.”

Oleh karena itu, belajar tasawuf adalah hal yang penting karena dapat membentuk karakter Islami yang diperlukan bagi individu, masyarakat, dan juga suatu bangsa. Karakter Islami ini tentunya berguna untuk kebaikan dan keselamatan di dunia dan akhirat.

Modernisasi Manajemen Pendidikan Islam - Dr. Fathor Rachman, M.Pd.

Berbicara mengenai pendidikan Islam kontemporer, tentu akan terdengar nama Prof. Dr. KH. M. Tholhah Hasan. Ia adalah yang memimpin, mendirikan, mengelola, serta mengembangkan lembaga pendidikan Islam dengan jumlah yang banyak. Lembaga pendidikan Islam tersebut seperti, Yayasan Pendidikan Islam Al-Ma’arif, Yayasan Sabilillah, Yayasan Hizbullah, Yayasan Kesejahteraan Islam, Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Islam Swasta, Yayasan Sa’adatu ad-Darain, Pondok Pesantren Kampus Ainul Yakin, Aswaja Centre, Yayasan Pesantren Teknologi Ummatan Washatan, dan Universitas Islam Malang (UNISMA).

Prof. Dr. KH. M. Tholhah Hasan yang telah menghabiskan semasa hidupnya untuk mengembangkan lembaga pendidikan Islam di Indonesia ini sering disebut sebagai Wali Songonya NU dan Imam Ghazalinya Indonesia. Ia pantas disebut seperti itu karena memang banyak sekali perjuangan dan pengorbanannya dalam mendirikan lembaga pendidikan Islam di Indonesia. Tidak mudah tentunya untuk melakukan hal tersebut tanpa adanya kecintaan dalam Islam di Indonesia.\

Buku ini shahih atau telah disahkan karena sudah dikoreksi dan juga diuji oleh Prof. Dr. KH. M. Tholhah Hasan selaku objek penelitian untuk tulisan dalam buku ini. Buku ini membahas mengenai pola dari strategi manajemen pendidikan Islam di Indonesia berdasarkan pengalaman dan intelektual Prof. Dr. KH. M. Tholhah Hasan.

Buku ini adalah yang pertama kalinya memaparkan secara komprehensif dan signifikan dari pemikiran nyata tentang manajemen pendidikan Islam oleh Prof. Dr. KH. M. Tholhah Hasan yang unik dan berbeda dari konsep pemikiran tokoh Islam lainnya.

Komunikasi Keluarga Perspektif Islam - Dr. H. Enjang A.S., M.Ag., M.Si., dan Encep Dulwahab, S.Sos., M. I. Kom

Keluarga merupakan sebuah bibit dari kehidupan. Jika keluarga rapuh maka kehidupan kita juga dapat rapuh, namun jika keluarga memiliki fondasi yang kokoh maka kamu akan selalu kuat dalam menjalani sebuah kehidupan. Tetapi tidaklah mudah dalam membangun sebuah fondasi dalam keluarga agar selalu kokoh berdiri. Banyak keluarga yang rapuh dan retak karena kurang mampu mengatasi permasalahan di dalam kehidupan.
Di dalam sebuah keluarga pasti selalu ada persoalan. Suami dan istri sering bertengkar hanya karena masalah yang sepele. Orang tua yang tidak mau mendengarkan pendapat dari anaknya, mereka hanya selalu fokus dengan ego mereka masing-masing dan selalu ingin dihargai. Dengan banyaknya persoalan di rumah tangga maka akan menghambat komunikasi yang baik. Oleh karena itu di sinilah pentingnya komunikasi keluarga dalam perspektif Islam diperlukan.
Buku ini membahas mengenai pentingnya memahami komunikasi dalam keluarga. Bentuk-bentuk komunikasi dari keluarga bermacam-macam seperti, budaya komunikasi dalam keluarga, landasan komunikasi keluarga, dan etika komunikasi keluarga dari perspektif Islam yang seharusnya dijadikan sebagai rujukan dalam berkomunikasi dengan keluarga.
Buku ini memiliki tujuan untuk memberikan solusi kepada keluarga yang memiliki masalah dalam hal komunikasi dan akan menjadikan komunikasi dalam keluarga menjadi lebih harmonis. Buku ini tidak hanya bermanfaat bagi keluarga yang sedang memiliki masalah di dalamnya, namun juga bermanfaat untuk mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Dinamika Dialogis Keilmuan, Kebudayaan, dan Kemanusiaan dalam Islam - Prof. Dr. H. Faisal Ismail, M.A.

Kebudayaan dan peradaban Islam di era globalisasi ini dihadapkan pada sejumlah masalah yang kompleks dan pelik, terutama terkait dengan isu-isu aktual seputar modernisasi, westernisasi, sekularisasi, moralitas sekuler, dan budaya teenage tyranny. Di satu sisi, umat Islam memandang budaya Barat sebagai bentuk kebudayaan unggul yang perlu diteladani sebagai medium untuk mengatasi kejumudan dan keterbelakangan umat Islam di bidang sains dan teknologi. Namun, di sisi lain, budaya Barat yang sedang mengalami krisis spiritual dapat menjadi mesin penghancur bagi nilai-nilai adiluhung Islam itu sendiri.

Bahkan sebaliknya, sejumlah ilmuwan Barat justru memandang Islam sebagai oase yang diharapkan mampu mengatasi kekeringan spiritual yang sedang mereka alami. Oleh karena itu pada momen seperti inilah dibutuhkan suatu dialog peradaban antara Barat dan Islam, alih-alih clash civilization. Paradigma konflik dalam kesejarahan dua peradaban ini sudah semestinya dikubur, mengingat masalah yang dihadapi oleh yang satu hampir tidak dapat diatasi tanpa “uluran tangan” yang lainnya. Namun, mengapa harus Islam, dan bukan agama lain, yang dianggap mampu menjadi pemecah masalah terhadap masalah yang melilit peradaban Barat?

Buku ini menyediakan alasannya. Buku karya Prof. Dr. H. Faisal Ismail, M.A. ini merindukan suatu momen romantik antara Islam dan Barat untuk sebuah dunia dan kehidupan yang menawan bagi generasi umat manusia masa depan.

Panduan Lengkap Fikih Wanita - Adiba Farahita

Islam merupakan sebuah agama yang mengatur semua seluk beluk dalam kehidupan umatnya agar memiliki kehidupan yang sebaik-baiknya. Islam juga memiliki pedoman hidup bagi para umatnya yang ada pada Al-Quran dan juga hadis.

Di dunia ini terdapat pria dan wanita yang memiliki perbedaan dari segi fisik, sifat, dan kodratnya. Dalam Islam, seorang wanita dipandang mempunyai keistimewaan yang tidak terdapat pada pria. Bahkan, keistimewaan ini mempunyai ilmu sendiri dalam membahasnya. Yakni ilmu fikih untuk wanita. Fikih wanita merupakan sebuah cabang ilmu Islam mempelajari tentang wanita di mana cabang ilmu ini menjelaskan mengenai hukum dan aturan dalam Islam yang berkaitan dengan wanita.

Terdapat banyak alasan yang melatarbelakangi adanya kebutuhan khusus mengenai ilmu fikih wanita. Allah Swt. menciptakan wanita berbeda dengan pria baik secara fisik maupun psikis. Hal tersebut yang menjadikan Allah Swt. menurunkan hukum-hukum yang berbeda antara pria dan wanita.

Ilmu fikih untuk wanita mempunyai peranan yang penting sehingga bagi setiap muslimat dapat mempelajarinya dengan baik dan benar. Buku ini akan menjelaskan mengenai alasan pentingnya belajar ilmu fikih untuk wanita.

Grameds, demikianlah 8 rekomendasi buku tentang Islam yang telah diberikan oleh Gramedia. Tentunya buku-buku tersebut sangat bermanfaat untuk mengetahui Islam dan mengamalkan ajaran Islam sesuai dengan syariat-syariatnya.

Bagi kalian yang ingin mempelajari buku tentang Islam atau pun buku lainnya, kalian bisa membelinya di Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas menyediakan berbagai buku yang berkualitas dan mungkin bermanfaat untuk kamu. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang juga!

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

gramedia best seller

Tetang Best Seller Buku Agama Islam

Jelajahi Best Seller Buku Agama Islam dari Gramedia. Buku disusun berdasarkan penjualan terbanyak.

Selengkapnya

    Untuk mendekatkan diri kita kepada Allah Swt. tentu harus dengan mempelajari semua seluk beluk dalam agama Islam. Sebagai umat beragama Islam tentu kita harus tahu ajaran-ajaran di dalam Islam dan juga hal-hal terkait Islam seperti sejarah, pendidikan, kebudayaan, karakter dan lain-lain. Semua itu dapat kita pelajari dengan membaca buku tentang Islam yang ada di Gramedia.

    Dengan membaca buku tentang Islam, tentunya kalian juga akan lebih paham mengenai Islam lebih dalam lagi, bukan hanya ajaran-ajarannya saja yang kalian jalani selama ini. Kalian akan mendapatkan hal-hal yang mungkin belum pernah kalian tahu sebelumnya tentang Islam.

    Islam mengajarkan banyak hal di dalam agamanya maka dari itu akan lebih menarik lagi jika kalian juga membaca buku-buku tentang Islam untuk menambah wawasan kalian mengenai sejarah dalam agama kalian sendiri, yaitu Islam.

    Oleh karena itu, Gramedia akan memberikan rekomendasi buku tentang Islam yang bisa kalian beli dan baca dari Gramedia. Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja buku rekomendasinya, mari simak ulasan berikut!