Best Seller Buku Surat Juz Amma Anak

Jelajahi Best Seller Buku Surat Juz Amma Anak dari Gramedia yang disusun berdasarkan penjualan terbanyak

Juz Amma For Kids-Hc

Juz Amma For Kids-Hc

Ensiklopedia Juz `Amma Untuk Anak

Ensiklopedia Juz `Amma Untuk Anak

Juz Amma For Kids (Edisi 2020)

Juz Amma For Kids (Edisi 2020)

Terjemahan Juz Amma Bergambar Untuk Anak-Anak

Terjemahan Juz Amma Bergambar Untuk Anak-Anak

Juz Amma For Kids

Juz Amma For Kids

Juz Amma Lengkap Bergambar 3 Bahasa

Juz Amma Lengkap Bergambar 3 Bahasa

Juz Amma For Kids

Juz Amma For Kids

1 Hari Bisa & Senang Menghafal Jus Amma

1 Hari Bisa & Senang Menghafal Jus Amma

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia best seller

Tetang Best Seller Buku Surat Juz Amma Anak

Jelajahi Best Seller Buku Surat Juz Amma Anak dari Gramedia. Buku disusun berdasarkan penjualan terbanyak.

Selengkapnya

    Juz amma adalah kumpulan surat pendek yang ada di dalam juz 30 Al-Qur’an. Umat muslim biasanya menghafal juz amma sebagai bacaan sholat. Oleh karena itu, sejak kecil kita mulai diajarkan untuk belajar membaca juz amma dan kemudian menghafalnya. Supaya tidak kesulitan, cari tahu bagaimana cara mudah menghafal juz amma dengan cepat berikut. 

    Karena terdiri dari surat yang bacaannya relatif pendek, ini membuat juzz amma lebih mudah dihafal dibandingkan juz lain di dalam Al-Qur’an. Urutan juz amma dimulai dari surah An-Naba’ dan diakhiri surah An-Naas. 

    Tanpa kebanyakan basa-basi, mari langsung disimak cara mudah menghafal juz amma dengan cepat dan keutamaannya. Sehingga Anda lebih bersemangat menghafal surah-surah pendek. 

    Beberapa Keutamaan Menghafal Juz Amma

     

    • Sebagai Bentuk Keimanan dan Taqwa Kepada Allah SWT

    Bagi umat Islam menghafal Al-Qur’an itu hukumnya sunnah. Barangsiapa yang mau menghafalkannya sudah pasti akan memperoleh manfaat besar. Tidak pernah rugi siapapun yang berusaha menghafalkannya, meski baru dimulai dari juz amma. 

    Menghafal juz amma adalah salah satu perwujudan dari rasa iman dan taqwa seorang hamba kepada Allah SWT. 

    • Perbuatan Mulia

    Nabi Muhammad SAW menjelaskan bahwa mengajarkan dan mengamalkan Al-Qur’an adalah perbuatan mulia. Hal ini sudah dijelaskan di dalam hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari No.5027. 

    Setiap usaha yang Anda lakukan dalam menghafal surah-surah pendek di juz amma terhitung sebagai perbuatan mulia dan sudah pasti mendatangkan pahala. 

    • Memperoleh Derajat Tinggi di Surga

    Setiap hafidz Al-Qur’an sudah dijamin masuk surga oleh Allah SWT. Karena merekalah yang menjadi penjaga Al-Qur’an sampai hari kiamat agar tidak hilang. Sudah sewajarnya Allah SWT memberikan keutamaan yang besar. 

    Semakin banyak surah yang dihafal, maka derajatnya di surga kelak juga semakin tinggi. Dengan janji Allah SWT ini, apakah Anda tidak ingin belajar menghafal juz sama? 

    • Mendapatkan Syafaat di Hari Kiamat

    Selain diberi jaminan masuk surga oleh Allah SWT dan memperoleh derajat yang tinggi di surga, seorang hafidz Al-Qur’an juga diberikan syafaat ketika hari kiamat. 

    Tentu saja ini sangat penting bagi umat muslim, karena dengan syafaat kita semua bisa selamat di akhirat. Pertolongan yang diberikan Allah SWT merupakan imbalan bagi orang-orang yang sudah memperjuangkan agama Islam, salah satunya dengan menghafal Al-Qur’an. 

    • Membuat Shalat Semakin Nikmat

    Asalkan Anda tahu, ternyata ada perbedaan antara seorang hafidz dan bukan ketika menjalankan sholat. Biasanya hafidz lebih menikmati shalat yang dilakukannya, baik itu sebagai ma’mum atau imam. 

    • Mendorong Perbuatan Positif Lainnya

    Seseorang yang mulai belajar menghafal Al-Qur’an disibukkan dengan membacanya setiap hari dan memperbanyak shalat sunnah, khususnya shalat malam. Tanpa disadari, ini membuat Anda lebih rajin mengerjakan amalan-amalan sunnah yang lain. 

    Kehidupan seorang hafidz cenderung berubah secara drastis dan lebih islami. 

    Tips Menghafal Juz Amma Dengan Cepat

     

    • Memantapkan Niat

    Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah meluruskan niat dan menanamkannya di dalam hati. Gantungkan harapan Anda hanya untuk ridho dan keberkahan dari Allah SWT, bukan sebagai kemampuan yang dipamerkan kepada banyak orang.

    Miliki niat menghafal surah-surah pendek di juz amma agar memperoleh semua kebaikan dan keutamaan dari Allah SWT. Selain itu, miliki keyakinan bahwa Anda bisa melakukannya.

    Dengan metode menghafal yang tepat, siapapun pasti bisa segera menghafal tanpa mengalami kesulitan.  

    • Membuat Jadwal Hafalan

    Setelah memiliki niat dan keyakinan yang kuat di dalam hati, tugas Anda selanjutnya adalah membuat jadwal. Jadwal dibutuhkan supaya Anda bisa konsisten menghafal dan tidak hanya sesempatnya. Prioritaskan waktu-waktu tertentu sebagai kesempatan menambah hafalan. 

    Coba cari tahu kapan Anda bisa menghafal secara efektif dan lebih fokus. Sebagai contoh, sesudah shalat ashar, malam hari sebelum tidur, setelah subuh dan sesudah shalat tahajud. 

    Buatlah jadwal sesuai kesibukan dan konsisi Anda masing-masing, kemudian patuhi jadwal menghafal juz amma tersebut. Supaya lebih mudah menangkap hafalan, sebaiknya Anda memilih waktu yang suasananya tenang dan tidak bising. 

    • Memulai Dari Surah yang Pendek

    Meskipun juz amma dikenal sebagai kumpulan surah-surah pendek, namun nyatanya masih ada beberapa surah yang cukup panjang dan relatif susah dihafal oleh pemula. Maka dari itu, Anda bisa menghafal juzz amma dari surah terakhir. Tidak harus dari surah An-Naba’ yang paling awal. 

    Biasanya anak-anak di TPA/TPQ memulai hafalan dari surah Ad-Duha sampai An-Naas. Baru setelah menghafal semuanya, dilanjut ke surah yang bacaannya panjang. Metode ini tentu efektif, karena jika Anda memulai dari yang susah maka lebih cepat menyerah. 

    Dengan menghafal dari surah pendek dan Anda bisa segera menguasainya, secara otomatis lebih bersemangat untuk menghafal surah lain. 

    • Menjauhi Maksiat

    Tips menghafal juz amma dengan cepat berikutnya adalah menghindari perbuatan-perbuatan maksiat. Ini sangat penting untuk diperhatikan dan Anda harus mengingatnya selalu. Imam Syafi’i pernah menanyakan tentang susahnya menghafal kepada guru beliau. 

    Guru Imam Syafi’i kemudian memberi nasehat kepadanya agar menjauhi maksiat. Sebab, ilmu diibaratkan sebagai cahaya. Cahaya dari Allah SWT tidak diperuntukkan kepada orang-orang bermaksiat. 

    Coba evaluasi diri Anda sekarang, mungkin penyebab susah menghafal surah juz amma adalah masih sering bermaksiat. 

    • Metode Menghafal Dengan Cepat

    Metode yang dimaksud adalah 3T + 1M. Kependekan dari Talqin, Tafahnum, Tikrar dan Muraja’ah. Untuk penerapan metode 3T + 1M, silahkan baca pelan-pelan penjelasan dibawah. 

    Dimulai dari Talqin atau Tasmi’, yang berarti Ustadz membacakan salah satu surah Al-Qur’an kemudian Anda mengikutinya. Jika tidak ada Ustadz Anda bisa meminta bantuan kepada teman atau orang tua sebagai pembaca Al-Qur’an.

    Sementara itu, Tasmi’ adalah Anda membaca Al-Qur’an dan Ustadz mendengarkannya.  

    Tafanhum adalah Anda memahami arti dari ayat yang dibaca. Sebenarnya ini tidak wajib dilakukan, namun jika bisa melakukannya membuat profes menghafal lebih mudah dan lancar. Anak-anak yang belajar menghafal surah pendek sebaiknya tidak menerapkan Tafanhum karena bisa membuat mereka semakin bingung. 

    Tikrar adalah mengulangi bacaan sampai Anda benar-benar hafal. Cara melakukan Tikrar bisa menggunakan metode berikut: 

    • Membaca ayat pertama sebanyak 10-20x sampai hafal
    • Membaca ayat kedua sebanyak 10-20x sampai hafal
    • Membaca ayat pertama dan kedua sebanyak 10-20x sampai hafal
    • Membaca ayat ketiga sebanyak 10-20x sampai hafal
    • Membaca ayat pertama, kedua dan ketiga sebanyak 10-20x sampai hafal
    • Begitupun seterusnya

    Muraja’ah adalah mengulangi kembali bacaan setelah menghafal. Ini dilakukan supaya hafalan Anda semakin melekat kuat dan tidak mudah hilang.

    • Mendengarkan Bacaan Surah

    Tips menghafal juz amma dengan cepat yang terakhir adalah memperbanyak mendengarkan bacaan surah-surah Al-Qur’an. Baik itu dalam bentuk musik mp3 ataupun video di YouTube. Ganti playlist Anda dengan murrotal surah yang sedang dihafal. 

    Selain itu, bisa juga mengunduh aplikasi Al-Qur’an sehingga bisa menghafal surah-surah di juz amma kapanpun dan dimanapun menggunakan smartphone.  

    Baiklah mungkin cukup sekian pembahasan menarik tentang cara mudah menghafal juz amma dengan cepat. Semoga bisa menjadi panduan yang bermanfaat untuk Anda semua.