Agama Islam

Beragam Hikmah Sholat dan Akibat Jika Meninggalkan Ibadah Sholat

Hikmah Sholat
Written by Ananda

Hikmah Sholat – Setiap agama memiliki caranya sendiri-sendiri untuk beribadah. Hal ini juga berlaku dalam agama Islam yang menggunakan Sholat sebagai salah satu bentuk ibadah kepada Tuhan. Dalam ajaran agama Islam bukan hanya ada sholat wajib saja.

Namun ada juga sholat sunnah yang bisa dilakukan oleh para pemeluk agama Islam. Dalam kitab suci Alquran maupun hadist juga telah menjelaskan bagaimana hikmah sholat jika dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan khusuk.

Banyak banget keutamaan dari menjalankan ibadah sholat wajib maupun Sunnah. Sholat bukan hanya bentuk ibadah semata saja. Namun dibalik ibadah sholat juga bisa memberikan ketenangan hati, ketenangan jiwa dan lain sebagainya.

Artikel ini akan memberikan penjelasan seputar hal-hal yang berhubungan dengan ibadah sholat. Salah satunya adalah tentang manfaat atau hikmah sholat jika dijalankan secara sungguh-sungguh. Maka dari itu bagi Anda yang ingin lebih tahu tentang semua keistimewaan menjalankan sholat. Tak ada salahnya membaca ulasan yang ada di dalam artikel ini.

Hikmah Sholat

Hikmah Sholat

iStockPhoto

Sebelumnya telah dijelaskan jika dalam ajaran agama Islam sholat adalah sebuah bentuk ibadah kepada Allah SWT yang wajib dilakukan oleh umat muslim. Namun sholat bukan hanya sekedar ibadah saja. Ada banyak hikmah dibalik menjalankan ibadah sholat.

Meski begitu tak banyak orang yang tahu hikmah dari sholat itu apa saja. Nah agar Anda juga semakin paham dan semakin khusuk dalam menjalankan ibadah sholat wajib maupun ibadah sholat Sunnah. Maka penjelasan di bawah ini bisa membantu Anda lebih mudah memahami apa saja hikmah sholat yang ada di dalam ibada ini.

1. Mencegah Seseorang Melakukan Perbuatan Buruk

Ibadah sholat yang dijalankan dengan begitu khusyuk akan membuat seseorang menjadi lebih baik dari sebelumnya. Tentunya mereka yang menjalankan sholat dengan khusyuk juga akan bisa tercegah untuk menjalankan perbuatan buruk.

Hal tersebut juga sudah disebutkan pada firman Allah SWT dalam surat Al-Ankabut ayat 45: “Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar.”

Mereka yang menjalankan ibadah sholat dengan begitu khusyuk akan sadar jika Allah SWT selalu mengawasi dirinya setiap waktu dimanapun ia berada. Karena kesadaran akan hal tersebut bisa memicu seseorang untuk bisa menjauhi setiap laranganNya seperti menghindari perbuatan buruk dalam hidupnya.

Apabila seseorang sudah melakukan sholat namun masih tetap menjalankan perbuatan buruk dalam hidupnya. Itu artinya ibadah sholat yang ia jalankan bisa jadi tidak khusuk dan tidak bisa merasakan kehadiran Allah SWT dalam hidupnya.

2. Langkah Mendidik Menjadi Pribadi yang Lebih Disiplin

Dalam agama Islam semua hal ada aturannya seperti ibadah sholat juga memiliki aturan-aturan yang wajib dipatuhi oleh umat muslim. Seperti halnya waktu ibadah sholat yang sudah memiliki ketentuannya masing-masing.

Karena ibadah sholat memiliki waktu-waktu tertentu. Maka ketika datang waktu panggilan sholat, umat muslim akan secara langsung menjalankan ibadah sholat. Karena terbiasa dengan ketentuan waktu-waktu menjalankan ibadah sholat tersebut.

Secara tidak langsung sholat juga menjadi sarana untuk mendidik seorang umat muslim agar lebih disiplin sekaligus menghargai waktu.

Hikmah Sholat

3. Melatih Menjadi Seorang Pribadi yang Tangguh

Siapa sangka dibalik ibadah sholat yang dijalankan oleh umat muslim bisa menjadi sarana berlatih menjadi pribadi yang lebih tangguh ketika menghadapi masalah dalam hidupnya. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Ma’arij ayat 19-23:

“Sesungguhnya manusia diciptakan untuk bersifat keluh kesah lagi kikir. Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah, kecuali orang-orang yang mengerjakan solat, yang mereka itu konsisten mengerjakan sholatnya.”

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan jika seseorang yang selalu berkeluh kesah dalam hidupnya biasanya ia tidak memiliki sandaran hidup. Ia akan sibuk berkeluh kesah daripada menjalankan ibadah sholat dalam hidupnya.

Sedangkan mereka yang selalu menjalankan ibadah sholat dengan begitu khusyuk. Maka orang tersebut memiliki sandaran hidup yaitu Allah SWT. Artinya ketika ada masalah dalam hidupnya, orang tersebut akan memohon ampun, selalu berpikir positif sekaligus meminta pertolongan terbaik dari Allah SWT.

Hikmah Sholat

unsplash.com

4. Mampu Meningkatkan Derajat

Mereka yang menjalankan sholat dengan begitu khusyuk akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT. Selain itu Allah SWT juga akan menghapuskan kesalahan dalam hidupnya.

Rasulullah SAW bersabda, “Hendaknya engkau memperbanyak sujud kepada Allah. Karena engkau tidak sujud kepada Allah satu kali, melainkan Allah akan mengangkatmu satu derajat dan menghapuskan satu kesalahan dari dirimu.” (HR. Muslim dari Tsauban)

5. Membersihkan Kesalahan dan Dosa dalam Diri

Ketika seseorang menjalankan sholat dengan begitu khusuk. Maka Allah akan menghapuskan dosa yang berada diantara satu sholat dengan sholat berikutnya. Selain itu orang yang menjalankan ibadah sholat juga akan diampuni kesalahannya dan dosa yang telah diperbuat, baik itu sengaja maupun tak sengaja oleh Allah SWT.

Mereka yang menjalankan sholat dengan begitu khusyuk akan senantiasa dan berusaha agar selalu bersih, baik itu dari lahir maupun batin. Kebersihan lahir bisa dilakukan beberapa kegiatan bermanfaat seperti menjaga kebersihan rumah, kebersihan badan hingga kebersihan pakaian yang dikenakan.

Lalu untuk kebersihan batin bisa dilakukan dengan menjauhi perbuatan yang dilarangnya. Dalam pikirannya tidak akan terlintas sedikitpun untuk berbuat jahat maupun menodai kesucian yang telah ia jaga.

6. Meraih pertolongan dari Allah SWT

Ibadah sholat adalah salah satu cara untuk bisa berbicara dengan dekat dengan Allah SWT. Dengan begitu hambanya bisa meminta pertolongan dengan memanjatkan doa dan sholat secara khusuk.

Para sahabat Rasulullah tidak akan pernah berputus asa apalagi hingga mengeluh ketika menghadapi cobaan yang begitu berat. Mereka akan selalu senantiasa berdoa kepada Allah untuk meminta pertolonganNya. Sebab mereka tahu hanya Allah SWT yang Maha Kuasa dan Maha Penolong.

7. Hatinya Akan Lebih Terang

Mereka yang menjalankan ibadah sholat dengan khusuk akan mendapatkan kondisi hati yang lebih terang. Segala kegelapan dalam hatinya akan sirna karena pertolongan Allah SWT.

8. Bagian Wajah Akan Terlihat Lebih Cerah

Salah satu tata cara dan aturan ketika akan menjalankan ibadah sholat adalah melakukan proses berwudhu. Secara fisik proses berwudhu akan membersihkan kotoran yang melekat pada area wajah manusia. Selain itu mereka yang menjalankan ibadah sholat dengan begitu khusyuk wajahnya akan terlihat lebih cerah.

9. Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Setiap orang yang melakukan ibadah sholat akan memiliki badan yang lebih sehat. Sebab setiap gerakan yang ada di dalam ibadah sholat selalu bisa membuat area-area tertentu pada tubuh menjadi lebih sehat.

Selain itu ketika seseorang menjalankan ibadah sholat dengan begitu khusyuk, seluruh anggota badan dari kepala hingga kaki akan terus bergerak. Hal ini sama halnya dengan seseorang yang sedang menjalankan rutinitas olahraga.

Hikmah Sholat

10. Membuat Ketenangan Ketika Berada di Dalam Alam Kubur

Ibadah sholat adalah salah satu amal ibadah yang bisa membantu kita ketika berada di alam akhirat nantinya. Sebuah hadits menyebutkan jika amalan pertama yang ditanyakan ketika berada di alam akhirat nanti adalah ibadah sholat. Maka dari itu mereka yang menjalankan sholat dengan begitu khusyuk akan merasa bisa lebih tenang ketika berada di alam kubur karena diterangi oleh amal ibadah sholat mereka.

11. Mempermudah Turunnya Rahmat Allah SWT

Mereka yang menjalankan ibadah sholat dengan begitu khusyuk akan dipermudah pintu oleh Allah SWT.

Kerugian Jika Seseorang Meninggalkan Ibadah Sholat

Jika sebelumnya telah dibahas hikmah apa saja yang akan didapatkan ketika seseorang menjalankan sholat dengan begitu khusyuk. Maka penjelasan kali ini akan berfokus terhadap kerugian yang akan didapatkan oleh seseorang ketika meninggalkan ibadah sholat dalam hidupnya.

Sebab banyak orang yang tahu hikmah dari ibadah sholat namun masih saja meninggalkan kewajibannya tersebut sebagai umat muslim. Maka dari itu agar Anda juga semakin khusuk dalam menjalankan ibada sholat. Berikut adalah penjelasan tentang kerugian yang akan didapatkan oleh seorang muslim yang meninggalkan ibadah sholat.

1. Amalan Pertama yang Dihisab di Hari Kiamat Kelak

Dalam ibadah adalah jenis amalan pertama yang dihisab ketika hari kiamat. Hal tersebut juga sudah dijelaskan pada hadis seperti yang ada di bawah ini.

Rasulullah SAW. Bersabda, “Sesungguhnya amal yang seorang hamba yang pertama kali dihisab di hari Kiamat adalah sholatnya. Jika sholatnya bagus, maka ia menang dan sukses. Dan jika sholatnya rusak, maka ia menyesal dan rugi. Maka jika ada yang kurang dari sholat fardhunya, Tuhan Azza Wa jalla berfirman, ‘Lihatlah kalian, apakah hambaku mempunyai (amal) sholat sunnah, maka itulah yang dapat menyempurnakan kekurangan fardhunya, kemudian semua amalnya (juga) seperti itu.” (HR. At-Tirmidzi)

3. Doa Sulit Terkabul

Ketika seorang muslim meninggalkan ibadah sholat. Maka doa yang mereka panjatkan akan sulit dikabulkan oleh Allah SWT. Seperti yang kita ketahui bersama jika setiap manusia memiliki keinginan.

Dari keinginan tersebut seseorang akan memanjatkan doa kepada Allah SWT. Namun Allah SWT akan mengabulkan doa hambanya juga tergantung dari bagaimana amal ibadahnya umat mulsim tersebut kepada Allah SWT. Seperti halnya adalah bagaimana dirinya menjalankan ibadah sholat. Apakah ia taat atau malah ia lalai akan kawajibannya sebagai seorang muslim.

Hal tersebut juga sudah dijelaskan pada Q.S Al-Baqarah ayat 186: “Dan apabila hamba-Ku bertanya tentang Ku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan doa apabila ia berdoa kepada-Ku maka sesungguhnya mereka hendaklah mematuhi segala perintahku, dan hendaklah mereka beriman agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

3. Dimasukkan Ke dalam Neraka Jahanam

Sholat adalah kewajiban bagi umat muslim sebagai bentuk ketaatan dan salah satu cara agar bisa lebih dekat dengan Allah SWT. Namun bagaimana jika seorang muslim meninggalkan ibadah sholat yang notabene adalah kewajibannya. Maka mereka yang meninggal ibadah sholat akan dimasukkan ke dalam neraka jahanam.

Hal tersebut juga sudah dijelaskan pada ayat yang ada di dalam Alquran: “Apa yang menyebabkan kamu masuk ke dalam (neraka) Saqar?” Mereka menjawab, “Dahulu kami tidak termasuk orang-orang yang melaksanakan shalat.” (QS. Al-Mudatsir ayat 42-43)

Maka dari itu sebagai umat muslim yang taat akan perintahNya haruslah tetap bisa menjalankan apa saja yang diwajibkan seperti halnya menjalankan ibadah sholat.

Hikmah Sholat

4. Masuk Ke Golongan Orang Kafir

Meski sudah tahu jika ibadah sholat adalah kewajiban seorang umat muslim. Namun masih ada juga beberapa orang yang secara sengaja meninggalkan ibadah sholat padahal memiliki banyak sekali kesempatan dalam hidupnya.

Tentunya mereka yang meninggalkan ibadah sholat juga akan mendapatkan kerugian dalam dirinya. Selain itu mereka yang melalaikan kewajiban sholat juga termasuk ke dalam golongan orang kafir.

Hal tersebut juga sudah dijelaskan pada sebuah hadis: “Perjanjian antara kita dengan mereka (orang-orang kafir) adalah shalat. Barangsiapa yang meninggalkannya, berarti ia telah kafir.” (HR. Tirmidzi)

5. Tidak Mendapatkan Pertolongan di Akhirat

Pada hari akhir kelak semua amal akan diperhitungkan termasuk amal ibadah sholat. Sebelumnya juga sudah dijelaskan jika amal ibadah sholat akan dihisab paling pertama ketika hari kiamat datang.

Akan tetapi bagi mereka yang tidak menjalankan ibadah sholat sebagai mana mestinya. Maka mereka akan mendapatkan kerugian dalam dirinya seperti tidak mendapatkan pertolongan ketika di alam akhirat.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam pernah bersabda: “Barangsiapa yang tidak memelihara shalat, maka ia tidak akan bercahaya, tidak mempunyai hujjah (alasan) dan tidak akan diselamatkan. Di hari Kiamat kelak, ia akan dikumpulkan bersama Qarun, Fir’aun, Haman dan Ubay bin Khalaf.” (HR. Ahmad)

6. Masuk ke Dosa Besar

Meninggalkan kewajiban sholat sama halnya seorang muslim melakukan perbuatan dosa besar dalam hidupnya. Hal ini karena sholat adalah suatu ibadah wajib, yang mana ketika ditinggalkan juga akan bisa mengakibatkan dosa besar.

Hal tersebut juga sudah dijelaskan oleh Imam Adz-Dzahabi: “Orang yang mengakhirkan sholat dari waktunya tergolong pelaku dosa besar. Sedangkan yang meninggalkannya (satu kali saja) sama dengan orang yang berbuat zina dan tindak kriminal pencurian. Meninggalkan seluruh shalat (yang lima waktu) secara total, termasuk dosa besar. Apabila hal tersebut dilakukan berulang kali, maka pelakunya dianggap telah melakukan dosa-dosa besar, kecuali jika orang tersebut bertaubat. Kemudian jika terus-menerus melakukannya, maka ia termasuk orang-orang yang merugi, celaka dan berdosa.”

7. Mendapatkan Siksa Kubur yang Begitu Pedih

Mereka yang meninggalkan ibadah sholat akan mendapatkan siksa kubur yang lebih pedih. Dikutip dari dalamislam.com, ada sebuah penjelasan tentang akibat meninggalkan ibadah sholat.

Allah SWT akan membuat kuburan mereka yang meninggalkan ibadah sholat menjadi lebih sempit dengan kondisi gelap segelap-gelapnya. Bahkan siksa kubur yang diberikan hingga datangnya hari kiamat juga tidak akan bisa berhenti.

8. Sakaratul Maut Akan Lebih Pedih

Tak hanya mendapatkan dosa besar saja. Namun bagi mereka yang meninggalkan ibadah sholat juga akan mendapatkan siksaan sakaratul maut yang lebih pedih. Siksaan sakaratul maut yang lebih pedih tersebut adalah seperti kondisi meninggal dalam keadaan yang begitu hina, meninggal dalam keadaan lapar dan juga begitu haus.

Maka dari itu seorang muslim tidak boleh meninggalkan ibadah sholat semasa hidupnya. Tentunya sholaty yang dijalankan juga harus penuh dengan rasa khusuk agar bisa mendapatkan ridha dari Allah SWT.

Dari penjelasan di atas Grameds sebagai umat muslim tentunya juga sudah tahu hikmah apa saja yang akan didapatkan ketika menjalankan ibadah sholat. Anda juga tahu jika meninggalkan ibadah sholat juga akan mendapatkan balasan yang terbilang cukup besar.

Beberapa di antaranya adalah akan mendapatkan siksa neraka, sakaratul maut lebih pedih bahkan hingga kondisi sakaratul maut yang begitu pedih. Maka dari itu hendaknya kita sebagai umat muslim juga harus bisa terus menjalankan perintahNya termasuk ibadah sholat dan menjauhi laranganNya.

Demikian ulasan mengenai hikmah sholat yang tentunya sangat bermakna dan menjadi pengingat umat muslim untuk menjalankan ibadah sholat dengan benar. Grameds bisa menambah pengetahuan tentang sholat dengan membaca buku-buku yang tersedia di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien