Lifestyle

Ketahui 15 Ciri-ciri Orang Rendah Hati, Kamu Salah Satunya?

ciri-ciri orang rendah hati
Written by Wida Kurniasih

Bagaimana ciri-ciri orang rendah hati? Rendah hati adalah salah satu sikap yang dapat dimiliki seseorang. Akan tetapi, ternyata tidak semua orang dapat memiliki sikap rendah hati.

Orang yang memiliki sikap rendah hati adalah mereka yang dapat merasakan sebuah kedamaian di dalam diri mereka. Seseorang yang bersikap rendah hati akan membuat mereka mengetahui seberapa besar kemampuan atau kapasitas yang mereka miliki. Orang yang rendah hati juga tidak akan mencampuri urusan orang lain.

Apalagi ciri-ciri orang rendah hati? Artikel ini akan membahas mengenai ciri-ciri orang rendah hati.

Seri Kimi Dan Kino: Belajar Untuk Rendah Hati

 Seri Kimi Dan Kino: Belajar Untuk Rendah Hati

Beli Buku di Gramedia

Seri Kimi dan Kino adalah lanjutan dari seri Kimi dan Mimi. Seri ini akan mengajak anak berperilaku baik sejak dini. Disampaikan lewat pengalaman sehari-hari Kimi dan adiknya, Kino serta kucing mereka, Mimi. Dari kisah mereka, anak akan diajarkan menghormati, menyayangi sesama juga binatang, bersikap adil, belajar berkompromi, memaafkan, berempati, bersyukur, berbagi, jujur, rendah hati, dan gigih.

Ciri-ciri Orang Rendah Hati

1. Menghormati pandangan orang lain

Orang yang memiliki sikap rendah hati dapat menghormati pandangan orang lain. Mereka akan menghormati sudut pandang orang lain, meskipun berbeda dengan dirinya. Menurut mereka, setiap orang memiliki hak yang sama untuk dipertimbangkan ide-idenya.

Seberapapun buruk atau baiknya. Mereka yang rendah hati akan bersedia mendengar dan menerima sudut pandang dari orang lain. Hal itu dilakukan tanpa adanya sebuah interupsi.

Selain itu, ciri-ciri orang rendah hati juga tidak akan meremehkan orang lain. Mereka akan selalu menghargai seseorang. Meskipun tidak menyetujui perlakuan atau sebuah pemikiran dari orang lain, mereka tidak akan langsung memotongnya dan menyalahkan orang lain.

2. Pendengar yang baik

Ciri-ciri orang rendah hati salah satunya adalah dapat menjadi pendengar yang baik. Ketika seseorang sedang menceritakan sesuatu, maka ia akan mendengarkan dengan baik. Selain itu, ciri-ciri orang yang rendah hati juga mereka akan lebih banyak mendengarkan daripada berbicara.

Orang yang rendah hati tidak akan melebih-lebihkan apa yang dibicarakan. Mereka membicarakan sesuatu secara apa adanya. Dalam arti lain, orang yang rendah hati cenderung akan berkata jujur.

Seseorang yang memiliki kerendahan hati tidak akan bertingkah untuk dapat diterima oleh seseorang. Mereka tidak mencari sebuah validasi. Orang yang rendah hati tentu tidak akan meminta pengakuan dari seseorang.

Seseorang yang rendah hati akan memiliki empati yang tinggi. Ketika seseorang membutuhkan sebuah bantuan, maka ia akan berusaha untuk dapat membantu. Bukan semata-mata karena ingin menjadi dominan, tetapi karena dengan tulus ingin membantu.

3. Tidak merasa iri dengan kesenangan orang lain

Bagi mereka yang rendah hati, keberhasilan atau kesenangan orang lain adalah hal yang baik. Mereka akan merasa senang ketika orang lain berhasil melakukan sesuatu. Ciri-ciri orang rendah hati dalam hal ini adalah tidak merasa iri dengan kesenangan atau keberhasilan yang diterima oleh orang lain.

Orang yang rendah hati justru akan ikut merayakannya. Mereka akan turut merasa senang dengan kesenangan atau keberhasilan yang didapatkan seseorang. Orang yang rendah hati juga akan tulus mengucapkan selamat atas pencapaian yang diterima tersebut.

Alih-alih merasa iri, mereka yang rendah hati akan menggunakan hal itu sebagai acuan. Maksudnya adalah mereka akan menggunakan keberhasilan orang lain untuk memotivasi diri mereka. Ketika melihat orang lain berhasil, mereka akan menggunakannya untuk semangat supaya dapat mencapai keberhasilan yang serupa.

4. Menerima kritik, pendapat dan saran orang lain

Ciri-ciri orang rendah hati juga dapat menerima masukan dari orang lain. Baik itu masukan berupa kritik, pendapat atau saran dari orang lain. Selain itu, mereka akan memahami bahwa terdapat dua sisi dari semua argumen atau pendapat.

Kedua sisi tersebut adalah sisi kritik serta saran dan berupa pujian. Orang yang rendah hati akan dengan senang hati menerima kedua sisi dari suatu argumen. Bagi mereka, kritik dan saran adalah sebuah hal yang dapat membangun.

Bukan untuk menjatuhkan semangat, hal itu justru akan membuat mereka lebih bersemangat lagi. Dalam hal ini, orang yang rendah hati akan berusaha untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya. Cara menjadi lebih baik nya adalah menerima masukan dari orang lain.

Hal sebaliknya juga ketika menerima sebuah pujian. Pujian memang dilontarkan karena sebuah hal baik. Akan tetapi, mereka yang rendah hati tidak akan langsung merasa puas dengan pujian yang diterimanya.

5. Memperlakukan semua orang setara

Ciri-ciri orang rendah hati juga akan memperlakukan setiap orang secara setara. Mereka akan melihat bahwa semua orang memiliki hak dan kewajiban yang sama. Orang yang rendah hati akan memperlakukan semua orang dengan sikap yang baik dan setara.

Mereka tidak akan melihat orang lain dalam sudut pandang lebih baik atau lebih buruk. Mereka tidak akan membeda-bedakan seseorang. Setiap orang memiliki martabat yang sama, itulah ciri-ciri orang rendah hati.

Orang yang rendah hati juga tidak akan melihat dirinya sebagai orang yang sangat istimewa. Mereka tidak akan melihat dirinya layaknya orang yang harus mendapat perlakukan yang khusus. Orang yang memiliki sikap rendah hati akan menempatkan dirinya sejajar dengan orang lain. Bahkan, mereka juga cepat menghargai sumbangsih dari orang lain.

Ciri-ciri Orang Rendah Hati

6. Mau mengakui kesalahan

Setiap orang tentu dapat melakukan berbagai kesalahan. Kesalahan yang dilakukan juga beragam. Dapat terjadi karena unsur ketidaksengajaan atau karena sengaja.

Sebuah kesalahan yang dilakukan tentu akan mengakibatkan suatu hal. Akan tetapi, bukan kesalahannya yang akan kita bahas disini. Melainkan bagaimana sikap yang dilakukan setelah melakukan kesalahan.

Ada beberapa orang yang justru lari ketika melakukan kesalahan. Sebagian lain akan mengakui kesalahannya. Kemudian akan meminta maaf serta memperbaiki kesalahan tersebut.

Orang-orang yang mau mengakui kesalahan adalah mereka yang rendah hati. Hal itu karena sudah menjadi ciri-ciri orang rendah hati. Orang yang rendah hati mau mengakui kesalahan serta akan berusaha untuk memperbaikinya.

Mengakui kesalahan memang bukan hal yang mudah dilakukan. Namun, untuk mereka yang rendah hati tentu bukan hal yang sulit. Orang yang memiliki sifat rendah hati akan selalu mengakui kesalahan yang diperbuatnya serta akan memperbaikinya.

Ketika mereka melakukan sebuah kekeliruan, mereka tidak mencari pembenaran. Hal yang akan dilakukan adalah meminta maaf. Sebaliknya, jika mereka benar maka mereka tidak akan bersikap arogan atau tinggi hati. Jadi, ciri-ciri orang rendah hati adalah mau mengakui kesalahan yang diperbuat.

BACA JUGA: Ini Suka Duka LDR dengan Pasangan, Kalian Gitu Juga?

7. Dapat diajak untuk bekerja sama

Terkadang, orang yang merasa dirinya hebat justru membuat mereka menjadi angkuh atau sombong. Kemudian, orang-orang yang angkuh atau sombong cenderung sulit untuk diajak kerja sama atau kompromi. Hal sebaliknya pada orang yang rendah hati.

Ciri-ciri orang rendah hati adalah dapat diajak untuk bekerja sama. Mereka akan menyempatkan waktu untuk bertemu dan bekerja sama. Selain itu, kerja sama yang dilakukan tentu memiliki keuntungan di antara kedua pihak.

Hal ini berlaku di dalam semua aspek. Baik di dalam aspek pekerjaan atau aspek hubungan. Mereka dengan senang hati akan ikut untuk bekerja sama dan kompromi.

8. Memiliki banyak teman

Orang yang rendah hati tentu akan disukai oleh orang lain. Itulah alasan mereka akan memiliki banyak teman. Orang yang rendah hati cenderung akan berpikir secara fleksibel.

Selain itu, mereka adalah orang yang mudah bergaul dengan siapa saja. Meskipun orang lain tersebut mempunyai pola pikir yang berbeda dengannya. Perbedaan pola pikir tersebut justru menjadi pewarna bagi hubungan tersebut.

Ini adalah salah satu ciri-ciri orang rendah hati. Mereka memiliki banyak teman. Orang yang memiliki sikap rendah hati dapat bergaul dengan baik. Selain itu, mereka akan jarang mengalami perselisihan atau sebuah konflik dengan orang lain.

Ayo Bersikap Baik: Dodo yang Rendah Hati

 Ayo Bersikap Baik: Dodo yang Rendah Hati

Beli Buku di Gramedia

9. Dapat mengendalikan ego

Secara definisi, ego memiliki arti “saya” atau “diri”. Ego dapat dikatakan sebagai sebuah persepsi seseorang. Persepsi tersebut berkaitan mengenai harga diri yang selanjutnya akan mempengaruhi keyakinan pada dirinya.

Tentu saja, setiap orang memiliki ego. Akan tetapi, yang harus digaris bawahi adalah setiap ego tidak selalu negatif. Terkadang, ego seseorang dapat mengarahkan orang tersebut kepada hal-hal yang bersifat positif.

Namun, ada kalanya ketika seseorang tidak bisa mengendalikan egonya tersebut dengan baik. Hal itu terjadi pada realitanya, dan menimbulkan sikap egois. Maka dari itu, egois adalah sikap di dalam diri seseorang yang lebih menonjolkan atau mengutamakan diri mereka sendiri. Dalam arti lain, mereka merasa bahwa keinginannya adalah hal yang paling penting di atas kepentingan lainnya.

Orang yang memiliki sikap rendah hati umumnya dapat mengendalikan ego mereka. Kecil kemungkinannya untuk terlibat di dalam sebuah perselisihan. Terlebih hal-hal yang akan melibatkan sebuah ego.

Hal tersebut karena mereka akan memahami bahwa setiap manusia akan mempunyai perspektif yang berbeda. Hal inilah yang menjadikan ciri-ciri orang rendah hati dapat mengendalikan ego mereka. Mereka akan menganggap bahwa perspektif yang dimiliki orang lain tersebut memiliki nilai yang berharga, sama seperti perspektif yang ia miliki.

10. Sering mendahulukan kepentingan orang lain

Sering mendahulukan kepentingan orang lain bukan berarti selalu mengalah dan tidak memiliki sebuah power. Namun, orang yang memiliki sifat rendah hati akan memahami bagaimana harga dirinya. Oleh karena itu, mereka akan jarang menonjolkan atau menampilkan diri di hadapan yang lain.

Terlebih jika tujuannya hanya untuk menunjukkan seberapa hebat dan pintarnya mereka. Hal-hal seperti itu tidak akan mereka lakukan. Mereka cenderung lebih sering menunjukan dari segi aksi, ketimbang omongan.

Selain itu, mereka juga akan menyadari bahwa banyak hal yang mungkin lebih utama dari apa yang mereka inginkan. Mereka akan menentukan skala prioritas. Meskipun kepentingan orang lain lebih utama, tetap akan didahulukan.

Hal tersebut adalah salah satu bentuk kepedulian mereka kepada orang lain. Orang yang rendah hati akan mempersilahkan orang lain memenuhi kebutuhannya terlebih dahulu. Setelah itu, mereka akan menjalankan kebutuhan mereka.

11. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

Orang yang rendah hati akan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Mereka adalah pembelajar abasi, atau haus akan pengetahuan. Orang yang memiliki kerendahan hati umumnya ingin selalu ingin tahu lebih. Hal itu sudah menjadi ciri-ciri orang rendah hati.

Akan tetapi, ingin tahu disini bukan berarti pada hal-hal yang buruk. Contohnya seperti ingin tahu terhadap ilmu pengetahuan. Bukannya selalu tidak merasa puas, tetapi mereka akan berpikir bahwa memiliki ilmu lebih banyak adalah hal yang baik.

Mereka akan lebih banyak memanfaatkan waktu untuk mempelajari sesuatu. Baik sevara akademis, atau belajar mengenai pengalaman dari sebuah sumber. Hal ini juga yang membuat orang rendah hati diidentifikasikan sebagai orang yang terbilang serius.

12. Selalu mengucapkan terima kasih

Mengucapkan kata terima kasih memang terlihat sepele. Akan tetapi, tujuan seseorang dalam mengucapkan terima kasih adalah untuk menghargai. Mereka akan menghargai apa yang mereka terima dari seseorang melalui ucapan terima kasih.

Begitu pula dengan orang yang rendah hati. Ciri-ciri orang rendah hati adalah sering mengucapkan terima kasih. Meskipun pada hal-hal yang kecil sekalipun.

Hal itu termasuk sikap yang rendah hati. Mereka akan selalu mengucapkan terima kasih terhadap setiap pertolongan atau sesuatu yang diberikan oleh orang lain. Contoh sederhananya seperti kepada kurir yang mengantarkan paket, atau kepada tukang parkir yang membantu menyebrang jalan.

13. Tidak malu untuk meminta bantuan

Ciri-ciri orang rendah hati selanjutnya adalah tidak mudah merasa gengsi. Contohnya seperti meminta bantuan untuk hal yang remeh atau sederhana. Mereka yang memiliki sikap rendah hati tidak akan sungkan untuk melakukan hal itu.

Jika memang membutuhkan bantuan, mereka akan meminta bantuan. Contoh lain ketika menemukan sebuah kesulitan dalam melakukan sesuatu. Mereka tidak akan segan untuk meminta sebuah pertolongan kepada orang lain.

14. Memiliki rasa empati

Orang yang rendah hati erat kaitannya dengan berempati. Ini adalah ciri-ciri orang rendah hati yang lain. Mereka akan mencoba untuk memahami posisi orang lain.

Selain itu, orang yang bersikap rendah hati tentu tidak akan menghakimi situasi tertentu orang lain. Ketika orang lain memiliki keadaan yang sulit, mereka tidak akan menghakiminya. Itu adalah ciri-ciri orang rendah hati.

Mereka juga tidak hanya berempati pada orang-orang terdekat saja. Namun, kepada semua orang yang sedang mengalami keadaan yang buruk. Mereka akan mencoba untuk membantu orang tersebut semampunya.

Orang yang memiliki sikap rendah hati akan berusaha untuk bermanfaat bagi orang lain. Hal itu dilakukan tanpa memikirkan sebuah keuntungan. Mereka tidak akan menuntut sebuah imbalan dari orang yang mereka tolong.

15. Tidak menyalahkan orang lain

Ketika terjadi sebuah masalah, orang yang memiliki sifat rendah hati tidak akan mudah menyalahkan orang lain. Mereka akan melihat dari masalah yang terjadi terlebih dahulu. Setelah itu, maka mereka akan melihat bagaimana masalah dapat timbul atau dapat terjadi.

Inilah salah satu ciri-ciri orang rendah hati. Mereka akan melihat dari semua sudut pandang. Mereka tidak akan dengan mudah menyalahkan orang lain.

Itulah 15 ciri-ciri orang rendah hati. Menjadi orang yang memiliki kerendahan hati memang baik. Akan tetapi, jangan sampai sesuatu yang baik itu justru menjadikan kamu sebagai orang yang sombong.

Temukan informasi lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu memberikan rekomendasi artikel menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Try Sutrisno-Cak Su yang Rendah Hati

 Try Sutrisno-Cak Su yang Rendah Hati

Beli Buku di Gramedia

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien