in

Doa Kelahiran Anak & Doa Ucapan Selamat Kelahiran Anak

Beberapa Rekomendasi Doa Kelahiran Anak  – Mengetahui doa kelahiran anak sangat penting karena dipercaya nama merupakan sebuah doa. Oleh karenanya pemilihannya tidak boleh sembarangan, tentunya poin ini berdasarkan aturan sebuah agama. Selain itu hal ini sebagai wujud terima kasih  kepada sang pencipta-nya.

Table of Contents

e perpus

Rekomendasi Doa Kelahiran Anak

Dalam agama Islam doa atas kelahiran anak cukup beragam misalnya untuk perempuan, laki-laki, atau agar terhindar dari malapetaka. Umumnya pengharapan tersebut disampaikan setelah proses persalinan, bahkan terdapat beberapa anjuran untuk mentahnik (menempelkan kurma yang telah dikunyah hingga halus pada langit-langit mulut bayi).

 

1. Doa untuk Orang  Tua yang Baru Dikaruniai Anak

Kelahiran merupakan saat yang dinantikan oleh orang tua setelah masa penantian rata-rata 9 bulan. Tentu harapan kedepannya adalah kebaikan dari sang buah hati, untuk itu berbagai doa-doa dipanjatkan agar menjadi penerus yang bermanfaat untuk banyak orang. Berikut ulasannya:

  • Membaca adzan pada telinga bayi sebelah kanan.
  • Mengumandangkan iqomah pada telinga bayi sebelah kiri.
  • Membaca do’a berikut ini pada telinga sebelah kanan:

Latin: Allâhummaj’alhu bârran taqiyyan rasyîdan wa-anbit-hu fil islâmi nabâtan hasanan.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah ia (bayi) orang yang baik, bertakwa, dan cerdas. Tumbuhkanlah ia dalam islam dengan pertumbuhan yang baik.”

  • Dilanjutkan membaca surah al-ikhlas dan al-Qadr.
  • Membaca ayat Q.S. Ali Imran (3:36) yang berbunyi:

Latin: Falammaa wadha’athaa qaalat rabbi innii wadha’tuhaa untsa wallahu a’lamu bimaa wadha’at walaisadz-dzakaru kal antsa wa-innii sammaituhaa maryama wa-innii u’iidzuhaa bika wadzurrii-yatahaa minasy-syaithaanirrajiim(i);

Artinya: Maka ketika melahirkannya, dia berkata, “Ya Tuhanku, aku telah melahirkan anak perempuan.”
Padahal Allah lebih tahu apa yang dia lahirkan, dan laki-laki tidak sama dengan perempuan. “Dan aku memberinya nama Maryam, dan aku mohon perlindungan-Mu untuknya dan anak cucunya dari (gangguan) setan yang terkutuk.”

  • Kemudian dilanjutkan membaca doa ini:

Latin: A’ûdzu bikalimatiLlâhi at-tâmmati min kulli syaithânin wa hâmmatin wamin kulli ‘ainin lâmmatin

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah dari segala setan, kesusahan, dan pandangan yang jahat.”

  • Selain itu orang tua juga dapat membaca doa berikut ini:

Latin: Bârakallâhu laka fil mauhûbi laka wasyakarta al-wâhiba wa balagha asyuddahu wa ruziqta birrahu.

Artinya: “Keberkahan bagimu atas apa yang telah dianugerahkan padamu. Kau bersyukur pada Sang Pemberi, telah sampai pada kesenangan dari-Nya, dan (semoga) diberikan rizki atas kebaikan-Nya.”

 

Doa Agar Terhindar dari Syaitan

Syaithon merupakan makhluk yang akan menguji iman manusia sampai hari kiamat nantinya. Apabila mengikutnya maka keburukan bisa mengancam oleh karenanya ada tuntutan untuk berdoa dan berlindung dari fitrahnya. Berikut alasannya:

Ibnu Abbas menceritakan, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membacakan doa perlindungan untuk kedua cucunya.

“Aku memohon perlindungan dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari semua godaan setan dan binatang pengganggu serta dari pandangan mata buruk. (HR> Abu Daud 3371, dan disahihkan al-Albani).

2. Doa Kelahiran anak Perempuan

Memiliki anak merupakan berkah tersendiri bagi para orang tua. Oleh karenanya ada beberapa doa sebagai pengharapan agar menjadi penerus bnangsa yang berakhlakul karimah. Apalagi sebagai seorang wanita harus dapat menjadi seorang muslimah penegak kebenaran. Berikut contohnya:

“U’iidzuki bikalimatillahi tammati min kulli syaithanin wa hammatin wa min kulli ‘ainin lammah”.

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

2. Doa Kelahiran Anak Laki-laki

Anak laki-laki merupakan seorang pemimpin bagi keluarga nantinya oleh karena itu kelahirannya mengandung harapan besar. ada doa yang diajarkan untuk menghindari diganggu syaitan, meski cukup singkat namun khasiatnya sangat besar.

“U’iidzuki bikalimatillahi tammati min kulli syaithanin wa hammatin wa min kulli ‘ainin lammah”.

 

Doa Atas Kelahiran Anak Agar Dijauhi Syaitan

Dalam Islam umat Muslim dianjurkan membaca doa untuk bayi baru lahir agar dijauhkan dari gangguan setan. Ajaran ini sudah ada sejak zaman Rasulullah SAW sebagai contoh untuk umat selanjutnya agar dapat menerapkannya dengan baik. berikut ulasannya:

Doa Bagi Bayi Perempuan dan Bayi Laki-Laki

Dikatakan bahwa seorang bayi lebih peka dengan kehadiran makhluk halus seperti syaitan dan bala tentaranya. Oleh karena itu seringkali mereka akan memberikan respon misalnya saja menangis tanpa henti pada waktu-waktu tertentu salah satunya sore sebelum magrib.

Latin: Allahumma inni uidzuha bika wadzuriyataha minasyaitoni rojim

Artinya: “Ya Allah, aku memohon perlindungan kepada-Mu untuknya dan untuk keturunannya dari setan yang terkutuk.”

Islam mengajarkan untuk selalu memohon pelindungan kepada Allah SWT agar terhindar dari gangguan jin dan syaitan yang terkutuk. Hal ini sudah diajarkan sejak lama oleh Rasulullah SAW agar dapat dicontoh umatnya.

Doa Menyambut Kelahiran Anak Agar Menjadi Salih dan Salihah

 

Ada empat hal yang yang membuat menimbulkan pahala mengalir secara terus menerus, meskipun sudah meninggal dunia salah satunya yaitu anak shalih atau shalihah yang selalu mendoakan orang tuanya. Oleh sebab itu saat lahir di dunia sebaiknya doakan kebaikan, berikut ulasannya:

 

1. Doa Agar Anak Sehat, Cerdas dan Bermanfaat Ilmunya

Memiliki anak yang sehat tentu menjadi harapan dari orang tua dan keluarga dekat. Kelainan sendiri tidak selalu datang saat masih di dalam kandung oleh karenanya setelah lahir ke dunia usahakan untuk mendoakannya. Simak ulasan berikut ini:

(Allahummaj’alhu shohiihan kaamilan, wa ‘aqilan haadziqon, wa ‘aaliman ‘amilan)

“Ya Allah, jadikanlah ia anak yang sehat sempurna, berakal cerdas, dan berilmu lagi beramal”

 

2. Doa Agar Anak Diberikan Perlindungan Allah SWT

Marabahaya bisa datang dari arah mana saja dan kapan saja. Hal ini dapat muncul karena misalnya terkena guna-guna, gangguan setan, serta pengaruh buruk lainnya. Oleh karenanya muncul anjuran untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT seperti berikut ini:

(U’iidzu hu bikalimaatillahit taammati min kulli syaithoniw wahaammatiw wamin kulli ‘ainil laammah)

“Aku memohon perlindungan baginya (sebut nama anak) dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari semua godaan setan dan binatang pengganggu serta dari pandangan mata buruk”. (HR. Abu Daud 3371, dan dishahihkan al-Albani, diriwayatkan pula oleh Bukhari dan Tirmidzi)

3. Doa Agar Anak Mendapatkan Keberkahan

Doa sendiri merupakan salah satu senjata paling ampuh bagi umat Islam, untuk itu sangat dianjurkan untuk melaksanakannya agar bisa mendapatkan hasil sesuai harapan. Tentunya sebelum melakukannya harus menggunakan adab-adab yang berlaku. Berikut agar mendapatkan berkah:

(Allahumma ashlih lana fi aimmatina wa jamaa’atina wa ahlina wadzurriyyatina wa amwaalina wafiimaa razaqtana wa baariklana fiihim fid dunya wal aakhiroh)

“Ya Alloh perbaikilah untuk kami di dalam imam-imam kami, jama’ah kami, keluarga kami, istri-istri kami, anak-anak turun kami, harta-harta kami dan di dalam apa-apa (rizqi) yang engkau berikan kepada kami dan berilah kami kebarokahan dalam urusan mereka di dunia dan akhirat.

 

4. Doa Agar Anak Memiliki Pemahaman Agama yang Benar

(Allahumma ashlih lana fi aimmatina wa jamaa’atina wa ahlina wadzurriyyatina wa amwaalina wafiimaa razaqtana wa baariklana fiihim fid dunya wal aakhiroh)

“Ya Alloh perbaikilah untuk kami di dalam imam-imam kami, jama’ah kami, keluarga kami, istri-istri kami, anak-anak turun kami, harta-harta kami dan di dalam apa-apa (rizqi) yang engkau berikan kepada kami dan berilah kami kebarokahan dalam urusan mereka di dunia dan akhirat.

Ada pepatah yang mengatakan nantinya akan ada suatu masa dimana orang yang memegang erat agamanya diibaratkan seperti memegang bara api. Semakin maju perkembangan teknologi maka akan beresiko melunturkan akidan dan syariah. Oleh karenanya sempatkan membaca doa ini:

 

5. Doa Agar Anak Menjadi Pintar

Kecerdasan dapat membawa seseorang agar mudah dalam memahami persoalan agama maupun umum. Selain itu juga dapat menjadi seorang penegak keadilan, namun tentunya harus diimbangi dengan dasar serta niat lurus. Berikut doa yang direkomendasikan dibacakan pada anak:

Allahummaj ‘alhu shahihan kaamilan wa ‘aqilan hadziqan wa ‘aliman ‘aamilan.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah dia anak yang sehat, sempurna, berakal cerdas, dan berilmu lagi beramal”.

6. Doa Agar Anak Berbakti Kepada Orang Tua

Anak yang berbakti kepada orang tua merupakan aset berharga yang dapat menyelamatkan di akhirat nantinya. terdapat beberapa doa yang dianjurkan untuk dibacakan saat pertama kali buah hati muncul ke bumi. Berikut doanya:

(Allahumma barikliy fii awladiy, wa la tadhurruhum, wa waf fiqhum li tho’atik, war zuqniy birrohum)

“Ya Allah berilah barokah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepadaMu dan karuniakanlah hamba rejeki berupa bakti mereka”.

 

7. Doa Agar Menjadi Soleh dan Solehah

 

Meski pemahaman anak terhadap agama tergantung dari lingkungannya, namun sebaiknya sebagai orang tua dianjurkan untuk mendoakannya. Hal ini karena perkataan bisa menjadi kenyataan jika diiringi dengan usaha. Simak doaberikut:

(Allahummaj ‘al awladana awladan sholihiin haafizhiina lil qur’ani wa sunnati fuqoha fid diin mubarokan hayatuhum fid dun-ya wal akhirah)

“Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang sholih sholihah, orang-orang yang hafal Al-Qur’an dan Sunnah, orang-orang yang faham dalam agama dibarokahi kehidupan mereka didunia dan di akhirat”

 

8. Doa Nabi Ibrahim

Doa sudah diajarkan sejak zaman dahulu karena sebagai bukti bahwa manusia selalu membutuhkan Allah SWT. Tujuan lainnya adalah agar tidak bersikap sombong sehingga bisa lebih terkendali serta patuh akan perintah dan menjauhi perkara batil. Doanya sebagai berikut:

(Robbij’alniy muqimash sholati wa min dzurriyyati robbana wa taqobbal du’a’)

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku” (Qs.Ibrahim : 40)

 

9. Doa Nabi Zakaria

(Robbiy habliy mil ladunka dzurriyyatan thoyyibatan innaka sami’ud du’a’)

“Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa” (Qs.al-Furqon : 38)

Sebagai orang tua tentu harus mengerti beberapa doa yang dianjurkan diberikan kepada buah hati dengan beberapa tujuan. Salah satunya yaitu harapan agar menjadi generasi penerus yang bisa menegakkan ajaran agama Islam sesuai ketentuan.

 

10. Doa untuk Anak Agar Beriman dan Bertaqwa

Dalam menjalankan hidup sangat penting adanya ketakwaan, hal ini akan membuat seseorang takut untuk melakukan perbuatan dosa. Oleh sebab itu ada anjuran untuk mendoakan anak yang baru lahir agar memiliki sifat tersebut. Anda dapat menggunakan firman Allah SWT berikut:

(Robbana hablana min azwajina wa dzurriyyatina qurrota a’yun waj ‘alna lil muttaqiina imama)

“Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa” (Qs.al-Furqon : 74)

 

11. Doa Menyambut Kelahiran Anak Agar Pintar dan Bermanfaat Bagi Seluruh Umat

Memiliki anak yang bisa membawa nama baik keluarga tentu menjadi kebangaan terseniri. Oleh karena itu tentu harus ada usaha yang harus dijalankan, salah satunya yaitu mendoakan kebaikannya saat pertama menginjak dunia maupun dewasa.

Doa tersebut sangat penting diamalkan oleh kedua orang tua, karena ikhtiar tanpa dibarengi dengan permohonan kepada Allah seperti halnya berjalan dengan satu kaki.

 

(Allaahummam-la’ quluuba aulaadinaa nuuron wa hik-matan wa ahlihim liqobuuli ni’matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah)

“Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.”

 

Ucapan Islami untuk Kelahiran Anak

Memberi doa atau ucapan selamat untuk kelahiran buah hati tetangga atau kerabat terdekat tentu sudah menjadi salah satu hal yang dianjurkan dan sudah menjadi tradisi. Selain sebagai cara untuk mempererat hubungan kekeluargaan juga pengekspresian suka cita. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Mendoakan Keberkahan 

“Barakallahulaka fihi waja’alahu barran taqiyyan”
Artinya: “Semoga Allah memberkahimu pada bayi ini dan semoga Allah menjadikannya sebagai anak yang berbakti dan bertakwa.’”

 

2. Doa Agar Anak menjadi Pribadi yang Bertaqwa

(Ja’alahullah mubaarokan alayka wa ala ummatin Muhammadi shalallahu alaihi wa salam)

“Semoga Allah menjadikannya anak yang diberkahi untukmu dan untuk umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.”

3. Ucapan Selamat Atas Kelahiran Putra/ Putri

Semoga kamu senantiasa bersyukur kepada Sang Pemberi (Allah), dan diberkahi dengan anak yang dianugerahkan kepadamu, semoga cepat besar dan dewasa, dan engkau diberi rezeki dengan patuh-baktinya.

 

4. Ucapan untuk Mendoakan Kebaikan

Jazaa kallahu khairan, razaqkallaahu mitshu, ajzalallaahuts waa baka

Semoga Allah membalas kebaikanmu; semoga Allah memberi rizki kepadamu seperti dia (bayi); semoga Allah melipatkan pahalamu.

 

5. Ucapan untuk Mengingatkan Agar Selalu Bersyukur

Semoga kamu senantiasa bersyukur kepada Sang Pemberi (Allah), dan diberkahi dengan anak yang dianugerahkan kepadamu, semoga cepat besar dan dewasa, dan engkau diberi rezeki dengan patuh-baktinya.

 

6. Ucapan Sesuai yang Dicontohkan Sahabat Terdahulu

Selamat atas hadirnya seorang penunggang kuda.” Al-Hasan berkata, “Apa itu selamat atas hadirnya seorang penunggang kuda? Mungkin saja ia akan menjadi penunggang sapi atau keledai? Tapi katakanlah, ‘Syakarta al-Wahibu wa burika laka fil mauhubi wa balagha asyuddahu wa ruziqta birrahu.

 

7. Ucapan agar Berkah 

“Semoga Allah menjadikan berkah karunia yang diberikan kepadamu dan kepada umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.”

 

 

Anjuran Islam Saat Kelahiran Anak

Dlm menyambut kelahiran bayi terdapat adab dan amalan yang harus dilakukan orang tua. Tentunya semua orang mendambakan buah hati yang sehat, cerdas, dan shalih atau shalihah, oleh karenanya sebaiknya melakukan berbagai anjuran asalkan sesuai syariah. Berikut ulasannya:

Rahasia Adzan Menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyah

  • Tujuan adzan dikumandangkan adalah untuk membuat seruan dakwah dapat mendahului bisikan setan.
  • Mengusir setan yang sudah menanti kelahiran bayi, oleh karena itu meskipun bayi keguguran dianjurkan untuk memakamkan dengan layak.
  • Azan yang dikumandangkan berkenaan dengan ajaran tauhid yaitu mengesahkan Allah SWT.

Kalimat yang memuji kebesaran Ilahi diharapkan menjadi hal pertama yang di dengannya saat sampai ke bumi. Hal ini berdasarkan hadis yang dijadikan dalil dalam masalah ini adalah dari Sahabat Abu Rafi’: :

“Saya melihat Rasulullah meng-adzani Hasan bin Ali saat Fatimah melahirkan, dengan adzan salat” (HR Ahmad, Abu Dawud dan al-Tirmidzi, ia menilainya hasan sahih). Hadis tersebut juga dihukumi hasan menurut kitab Irwa’ al-Ghalil.

 

Beberapa Amalan yang Dianjurkan

  • Membacakan ayat kursi (Al-Baqarah 255).
  • Membacakan Q.S. Al-A’raf ayat 54
  • Dibacakan surah Al-Ikhlas
  • Dibacakan Mu’awidzatain (Surah Al-Falaq dan An-Nas).
  • Mendoakannya dengan kalimat di bawah ini:

Laa-ilaaha-illalla-hul adhimul halim. La-ilaaha-illalla-hu rabbul arsyil adhim. La-ilaaha-illalla-hu rabbus samawati warabbul ardli warabul arsyil karim.

  • Dilanjutkan dengan membaca doa Nabi Yunus yaitu Surah Al-Anbiya’ ayat 87
  • Selanjutnya membacakan surah Al-Qadr ayat 1-5.

 

Anjuran untuk Orang Tua atau Keluarga

  • Memberikan harum-haruman di atas kepala bayi seperti zafron atau parfum khusus anak.
  • Mengadakan aqiqah, mencukur rambut, dan memberikan nama yang baik.
  • Tahnik yaitu kegiatan menyuapkan kurma yang sebelumnya dikunyahkan oleh orang shalih.
  • Memberikan ucapan selamat menggunakan kata-kata sesuai anjuran syariat.

 

Ayat Al-Quran Tentang Kelahiran Bayi

Bayi yang lahir ke dunia dalam keadaan suci sehingga pandangan yang mengatakan bahawa hamil di luar nikah keturanannya haram tentu kurang tepat. Oleh karenanya saat melahirkan maka ada beberapa anjuran yang harus dilakukan. Allah SWT berfirman yang isinya:

“Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberimu pendengaran, penglihatan, dan hati nurani, agar kamu bersyukur.”

 

Dalam ayat tersebut sudah seharusnya menjadi renungan agar manusia tidak lalai untuk selalu beribadah serta berbakti kepada orang tua bagai manapun siakap mereka. Hanya saja jika menyuruh untuk melakukan kebaikan maka boleh menolaknya dengan cara halus serta tetap sopan.

 

Aturan Islam Saat Kelahiran Bayi

Islam memiliki kebiasaan tersendiri saat menyambut kelahiran bayi baik laki-laki maupun perempuan. Hal ini sebagai bentuk rasa syukur serta agar terlindungi dari mara bahaya misalnya diganggu syaitan.

Berikut beberapa aturannya:

 

1. Dikumandangkan Adzan

Hal pertama yang harus dilakukan oleh seorang ayah saat anaknya baru keluar dari rahim ibunya adalah mengumandangkan adzan di telinga kanan dan iqomah pada bagian kiri. Tujuannya adalah agar kalimat pertama yang didengarnya adalah lafadz Allah untuk mengukuhkan keimanannya.

Mayoritas ulama sendiri menegaskan bahwa hukum mengumandangkan adzan adalah sunnah. Menurut tradisi yang sudah berlangsung jika ayahnya saat itu tidak bisa hadir maka bisa dilakukan oleh orang lain misalnya saja kakek atau saudara laki-laki.

2. Diberi Nama yang Baik

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa nama adalah doa, untuk itu harus menggunakan sebutan yang baik. Anda dapat mencontoh nama yang dianjurkan dalam ajaran Agama Islam misalnya dari keturunan Rasulullah atau ulama berpengaruh yang mengandung arti bagus.

Orang tua muslim harus memberikan nama sesuai tuntunan. Modern ini seringkali dipadkan dengan istilah lain misalnya dari bahasa daerah, Jepang, atau lainnya. meskipun demikian tetap pastikan untuk mengutamakan makna yang baik dan jangan mengadopsi sebutan buruk meskipun bagus.

 

3. Mengadakan Aqiqah Hari ke 7 Kelahiran

Aqiqah sendiri disebut sebagai penebusan, untuk itu Islam mengajarkan untuk melakukannya saat hari ke tujuh atau kelipatannya. Apabila  tidak mampu maka nantinya anak tersebut bisa melaksanakan kegiatan tersebut secara pribadi sesuai dengan jenis kelamin.

Menurut penuturan beberapa pandangan ulama jumlah kambing yang yang digunakan yaitu untuk perempuan 1 ekor sedangkan laki-laki 2 ekor. Secara umum terdapat anjuran bahwa daging tersebut nantinya harus dimasak terlebih dahulu kemudian dibagikan kepada tetangga dan kerabat terdekat.

 

4. Mencukur Rambut

Umumnya kegiatan ini dilakukan saat melaksanakan kegiatan aqiqahan, caranya yaitu dengan mencukur sedikit rambut kepala sambil dibacakan shalawat. Umumnya budaya ini bukan hanya dilaksanakan di Indonesia saja melainkan beberapa negara Islam lainnya.

Ada pendapat bahwa jumlah dari potongan rambut tersebut sesuai dengan berat perak dan emas yang kemudian disumbangkan ke orang membutuhkan. Namun di Indonesia budaya tersebut tidak berlaku di semua wilayah, kemungkinan besar hanya daerah tertentu saja.

5. Sunat

Islam menganjurkan untuk menyunat anak laki-laki sebelum baligh, bahkan ada kebudayaan daerah timur salah satunya adalah Arab yang melakukan prosesi tersebut pada saat masih bayi. Tentunya tindakan ini dilakukan oleh tenaga ahli yang berpengalaman dalam bidangnya.

Menurut penelitian sunat sendiri bermanfaat untuk membersihkan kotoran di dalam kemaluan, sehingga tidak ada najis yang tertinggal. Hal ini bahkan bukan hanya diyakini oleh orang muslim saja melainkan beberapa agama lainnya, karena khasiat untuk kesehatan tersebut.

 

6. Dikunjungi Keluarga

Kelahiran bayi sering dianggap sebagai keberkahan bagi suatu keluarga, oleh karenanya ada banyak tetangga atau kerabat yang berkunjung untuk bersilaturahmi. Dalam ajaran agama Islam, mendatangi seorang saudara yang baru melahirkan adalah sebuah kewajiban.

Pada umumnya setelah melahirkan tetangga atau keluarga akan mengunjungi, setelah itu beberapa hari kemudian akan dilaksanakan syukuran penamaan. Selain itu dalam ajaran Agama Islam mengajarkan bahwa jika sudah mencapai 7 hari atau kelipatannya maka dilaksanakan aqiqahan.

 

7. Diadopsi

Tidak semua anak yang dilahirkan di dunia ini beruntung, terutama era globalisasi seperti sekarang ini ada banyak perilaku penyelewengan. Salah satunya adalah bersetubuh di luar nikah dengan landasan suka sama suka namun pada akhirnya tidak ingin bertanggung jawab.

Tentu perbuatan tersebut menjadikan anak sebagai korban padahal tidak mengetahui apapun. Selain digugurkan jalan yang sering dipilih adalah melahirkan secara diam-diam kemudian membuangnya di sembarang tempat atau menitipkan ke panti asuhan.

 

8. Mendapatkan ASI

Memberikan anak Asi merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh seorang ibu karena didalamnya terkandung berbagai vitamin untuk menunjang tumbuhkembangnya. Ada beberapa yang mengatakan bahwa kandungannya bisa menambah kecerdasan dan baik untuk kesehatan.

Oleh karenanya jika tidak ada halangan maka dianjurkan untuk menyusuinya sampai batasan yang sudah ditentukan. Lebih dari itu sudah dilarang karena telah berubah menjadi darah sehingga dihukumi haram. Cara untuk melepaskan anak dari ASI dalang bahasa Jawa disebut menyapih.

Demikian penjelasan mengenai doa kelahiran anak yang perlu Anda ketahui sebagai tanda terima kasih dan penghrapan kebaikan akan berlimpah pada buah hatinya. Selain itu agar Allah SWT selalu menunjukkan jalan terbaik serta sesuai aturan syariat.

 

Artikel Terkait Doa Kelahiran Anak

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

  • Custom logo gratis
  • Akses gratis ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien
  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy