in

Rekomendasi Cerita Anak Islami Untuk Menjadi Teladan Yang Baik

Cerita anak muslim islami merupakan salah satu cerita yang sering dipilih orang tua sebagai pengantar tidur si buah hati. Cerita islami dijadikan sarana untuk mengenalkan nilai-nilai Islam pada si kecil sejak sedini mungkin.

Tak hanya sekadar pengantar tidur, membacakan cerita anak muslim islami ternyata memiliki segudang manfaat, lho. Sebelum membahas manfaatnya lebih lanjut, ketahui dulu serba-serbi cerita anak islami berikut ini, yuk!

e perpus

Pengertian Cerita Anak Muslim Islami

Sesuai dengan namanya, cerita anak islami mengedepankan nilai-nilai religius di dalamnya. Berbeda dari dongeng, fabel, maupun mite, cerita anak islami cenderung mengandung fakta dan kebenaran. Banyak sekali cerita anak dengan sentuhan Islam dan penuh pesan moral, salah satunya adalah kisah para Nabi.

Melalui cerita anak islami, si kecil dapat meneladani sifat-sifat terpuji sesuai yang diperintahkan oleh Allah. Cerita islami ini juga dianggap lebih efektif untuk mengajarkan nilai-nilai Islam pada anak.

Rekomendasi Buku Cerita Anak Bergambar

Ayo ke Dokter Ding Dong: Apa Itu Kuman?

Ayo ke Dokter Ding Dong: Apa Itu Kuman?

Ayo ke Dokter Ding Dong: Aku Demam

Ayo ke Dokter Ding Dong: Aku Demam

Ayo ke Dokter Ding Dong: Aku Tumbuh

Ayo ke Dokter Ding Dong: Aku Tumbuh

Ayo ke Dokter Ding Dong Aku Pilek

Ayo ke Dokter Ding Dong: Aku Pilek

Manfaat Membacakan Cerita Anak Islami

Membaca buku cerita bersama anak adalah aktivitas yang menyenangkan serta meningkatkan bonding antara anak dan orang tua. Kegiatan ini dapat meningkatkan kosakata anak menjadi lebih luas dan membuat mereka berpikir kreatif.

Terlebih lagi cerita anak islami mengandung kebenaran dari peristiwa-peristiwa di masa lampau. Melalui peristiwa nyata yang terkandung dalam cerita, orang tua dan anak dapat mengidentifikasi fakta. Selain itu masih ada banyak manfaat dari membaca cerita anak islami.

1. Menjelaskan fakta-fakta di masa lampau

Salah satu manfaat penting dari membacakan cerita islami, seperti kisah para Nabi, adalah menjelaskan fakta-fakta di masa lampau.

Anak akan mengenal kisah perjalanan hidup para Nabi, mukjizat, orang-orang yang menentang ajaran para Nabi, hingga perjuangan para Nabi dalam menegakkan agama Islam.

2. Mengajak anak untuk aktif berpikir

Membacakan kisah-kisah nyata yang terkandung dalam Alquran akan memberikan kesempatan bagi si kecil untuk berpikir. Kemampuannya mengenali mana yang benar dan mana yang salah pun akan meningkat.

Hal ini memiliki dampak yang cukup signifikan bagi si kecil. Sebab orang tua dapat menanamkan pada anak untuk menentukan pilihan yang benar dalam menjalani hidup.

Membacakan cerita anak islami juga bermanfaat bagi kemampuan kognitif si kecil. Anak bisa berpikir kritis, daya imajinasinya berkembang, dan belajar memecahkan masalah.

3. Menjadi peringatan

Cerita anak muslim islami, seperti halnya kisah para Nabi, bisa menjadi peringatan bagi si kecil bahwa terdapat bukti-bukti nyata diutusnya para Nabi oleh Allah untuk mengajak manusia menyembah kepada-Nya.

Selain itu, cerita anak islami menjadi peringatan bagi orang tua sekaligus anak terkait perintah, larangan, dan ganjaran bagi orang-orang yang ingkar.

4. Memahami ajaran Islam

Secara otomatis anak akan belajar memahami ajaran agama melalui cerita islami. Mereka lebih bisa membedakan perbuatan apa yang dilarang dan diperintahkan oleh Allah. Selain itu, cerita anak muslim islami dapat menambah ketaatan si kecil kepada Allah.

5. Sebagai teladan 

Kisah-kisah yang terdapat di dalam Alquran sudah sepantasnya dijadikan teladan agar keburukan-keburukannya tidak terulang di masa sekarang. Cara paling efektif untuk membuat anak meneladaninya adalah dengan cerita anak islami.

Melalui kisah para Nabi dan para pengikutnya, si kecil bisa memperbaiki perilaku dan tindakannya sehari-hari. Hal ini dapat memberikan dampak positif bagi anak. Untuk meneladani hal-hal baik dalam cerita anak islami tentunya si kecil butuh pendampingan dari orang tua juga.

6. Menambah ilmu dan pengetahuan 

Kisah yang disajikan dalam cerita anak islami cenderung berupa kebenaran. Hal ini akan menambah pengetahuan dan ilmu si kecil, sekaligus menghilangkan keraguan pada peristiwa yang telah terjadi pada zaman dahulu.

7. Memahami kebenaran

Anak akan belajar memahami kebenaran lewat cerita islami. Kisah-kisah para Nabi akan membantu mereka untuk menafsirkan fakta dan memahaminya. Tak hanya itu, dengan cerita anak islami yang dibacakan oleh orang tua, si kecil bisa mendapatkan ketenangan dan kenyamanan.

8. Memberikan pelajaran hidup

Kisah para Nabi adalah pelajaran hidup terbaik bagi anak-anak. Rintangan yang harus dihadapi oleh para Nabi dalam menyebarkan ajaran Allah memberikan pelajaran bagi anak bahwa hidup tidak selalu mudah.

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Bahwa orang-orang tidak selalu mendukung perbuatan baik. Dan pentingnya keimanan dalam diri agar terhindar dari azab yang Allah janjikan untuk orang-orang yang tidak beriman.

9. Pesan yang diingat sampai dewasa

Cerita anak islami yang dibacakan sejak dini ternyata akan melekat sampai ia dewasa. Ini menjadi pembelajaran yang efektif untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan dalam diri si kecil. Dengan mengajarkan nilai-nilai agama sejak dini, si kecil bisa tumbuh sesuai dengan ajaran Islam.

BIP - Dongeng Pertamaku : Lobak Raksaka

BIP - Dongeng Pertamaku : Lobak Raksaka

Dongeng Animasi 3D Peniup Seruling dari Hamelin

Dongeng Animasi 3D: Peniup Seruling dari Hamelin

Dongeng Tujuh Menit - 7 Kisah Pengantar Tidur

Dongeng Tujuh Menit - 7 Kisah Pengantar Tidur

Kumpulan Dongeng PAUD: Mengenal Keistimewaan Binatang

Kumpulan Dongeng PAUD Mengenal Keistimewaan Binatang

Contoh Cerita Anak Islami dan Nilai-Nilai yang Bisa Dipetik

Inilah lima contoh cerita anak muslim islami beserta nilai-nilai yang bisa dipetik dan diajarkan untuk si kecil.

1. Kisah Nabi Musa AS

Kisah Nabi Musa yang lahir di Mesir pada masa kepemimpinan Firaun, seorang raja yang terkenal zalim dan kejam, bisa dijadikan dongeng menjelang tidur bagi si kecil.

Dikisahkan bahwasanya Nabi Musa memiliki misi untuk mendakwahi Raja Firaun. Namun, upayanya justru membuat beliau difitnah sebagai tukang sihir, sehingga Firaun memerintahkannya untuk melawan tukang sihir istana.

Nabi Musa yang menunjukkan mukjizatnya dalam pertandingan tersebut berhasil membuat sebagian rakyat Firaun dan tukang sihir istana menyatakan beriman kepada Allah SWT. Kejadian inilah yang akhirnya membuat Firaun murka dan merasa dikhianati rakyatnya.

gramedia digital

Kekejaman Firaun semakin menjadi-jadi. Ia memerintahkan pengawalnya untuk membunuh Nabi Musa beserta pengikutnya dan menyiksa orang-orang Bani Israil.

Sesuai dengan yang Allah perintahkan, Nabi Musa membawa para pengikutnya menuju Kan’an. Rencana ini terdengar oleh Firaun yang kemudian memerintahkan bala tentaranya untuk menangkap Nabi Musa dan orang-orang Bani Israil.

Sampai di Laut Merah, Nabi Musa berdoa kepada Allah agar diselamatkan. Beliaupun diperintahkan oleh Allah untuk memukulkan tongkatnya ke laut.

Berkat mukjizat Allah, Laut Merah terbelah menjadi dua, sehingga Nabi Musa dan para pengikut dapat menyeberanginya. Setelah seluruh pengikut Nabi Musa menyeberangi Laut Merah, atas izin Allah, Laut Merah kembali tertutup dan membinasakan Firaun beserta pasukannya.

Melalui kisah Nabi Musa AS, si kecil bisa belajar untuk bersikap berani dan membela kebenaran. Seperti halnya Nabi Musa yang menghadapi Firaun beserta bala tentaranya.

Selain itu, si kecil dapat belajar bahwa Allah lah satu-satunya yang bisa memberikan pertolongan.

2. Kisah Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW lahir dari pasangan Adullah dan Aminah. Ayahnya, Abdullah, telah meninggal dunia sejak Nabi Muhammad berada dalam kandungan.

Pada 12 Rabiul Awal Tahun Gajah, Nabi Muhammad SAW dilahirkan dan dititipkan pada Halimatussa’diah untuk disusui, sesuai dengan adat setempat. Di usia 6 tahun Nabi Muhammad SAW menjadi yatim piatu setelah ibunya meninggal dunia dalam perjalanan usai mengunjungi makam suaminya.

Nabi Muhammad tinggal bersama kakeknya, Abdul Muthalib, selama dua tahun. Pada usia 8 tahun, Nabi Muhammad ikut pamannya, Abu Thalib, setelah sang kakek meninggal dunia.

Sejak kecil Nabi Muhammad sudah membantu pamannya menggembalakan ternak. Menginjak usia dewasa, Nabi Muhammad ikut berdagang sang paman.

Barang dagangannya diperoleh dari seorang janda kaya, Siti Khadijah. Atas kekagumannya terhadap kejujuran Nabi Muhammad, Siti Khadijah akhirnya melamar beliau untuk dijadikan suami. Nabi Muhammad menikah pada usia 25 tahun, sementara Khadijah berusia 40 tahun.

Setelah menerima wahyu, Nabi Muhammad mulai berdakwah menyebarkan agama Islam. Pada masa inilah Nabi Muhammad dihadapkan pada cobaan yang datang silih berganti.

Melalui kisah Nabi Muhammad, si kecil bisa belajar tentang kesabaran dan kerasnya hidup yang dijalani Nabi Muhammad sejak kecil. Meski mengalami cobaan berat, Nabi Muhammad tetap tegar hingga beliau diangkat menjadi Nabi dan Rasul untuk menyerukan agama Islam.

3. Kisah Nabi Ibrahim 

Kisah Nabi Ibrahim menjadi contoh paling tepat bagi si kecil mengenal nilai-nilai aqidah. Sebagai landasan dari agama Islam, nilai-nilai aqidah juga memegang peranan penting dalam mendidik anak-anak.

gramedia digital 4

Demi menegakkan tauhid yang merupakan konsep aqidah Islam, Nabi Ibrahim berani menentang perintah Raja Namrud untuk menyembah berhala. Meski harus dilempar dalam bara api, Nabi Ibrahim tetap teguh pada pendiriannya untuk menyembah Allah SWT.

Keteguhannya dalam memegang tauhid dibalas pertolongan dari Allah dengan menyelamatkan beliau dari nyala api tersebut.

Sejak kecil Nabi Ibrahim telah bertanya-tanya mengenai perilaku menyembah berhala. Beranjak dewasa, Nabi Ibrahim berniat mencari Tuhan yang sesungguhnya sampai beliau meyakini bahwa Allah lah sang pencipta alam raya.

Ketika Nabi Ibrahim diuji keimanannya lewat perintah Allah untuk menyembelih anaknya, Nabi Ismail, beliau tetap berserah diri hingga Allah mengganti Nabi Ismail dengan seekor kambing.

Nah melalui kisah Nabi Ibrahim inilah, orang tua dapat menanamkan nilai-nilai aqidah kepada si kecil. Bahkan dalam QS An Nahl : 120, Nabi Ibrahim disebut sebagai seorang imam yang patut untuk diteladani.

4. Kisah Nabi Yusuf 

Nabi Yusuf merupakan putra dari Nabi Yaqub. Beliau merupakan anak ke 11 dari 12 bersaudara. Dibanding saudara yang lainnya, Nabi Yusuf memiliki paras tampan dan perilaku baik, begitupun saudaranya Benjamin.

Kakak-kakak Nabi Yusuf begitu iri karena merasa Nabi Ya’qub lebih mencintai Nabi Yusuf. Pada akhirnya, mereka berusaha menyingkirkan Nabi Yusuf dengan membuangnya ke dalam sumur.

Setelah membuang Nabi Yusuf ke dalam sumur, kakak-kakaknya mengaku pada sang ayah bahwa Nabi Yusuf dimakan serigala. Mereka bahkan menunjukkan baju Nabi Yusuf yang berlumuran darah.

Nabi Yusuf akhirnya diselamatkan oleh kafilah yang akan menuju Mesir. Setelah diselamatkan, Nabi Yusuf dibawa ke Mesir untuk dijual sebagai budak.

Singkat cerita, Nabi Yusuf dibeli oleh Al’Aziz dan dibesarkannya hingga dewasa. Setelah menghadapi berbagai macam masalah selama hidupnya, Nabi Yusuf berhasil menjadi salah satu tokoh penting setelah berhasil menafsirkan mimpi raja, sampai akhirnya Allah mengangkat beliau sebagai seorang Nabi.

Ketika Nabi Yusuf kembali bertemu dengan kakak-kakaknya yang membuangnya ke dalam sumur, Nabi Yusuf tetap tak berniat membalasnya.

Dari kisah Nabi Yusuf di atas, ada banyak pesan yang bisa diteladani oleh anak-anak. Salah satunya adalah menghindari sifat iri dan dengki.

Para orang tua bisa mengajarkan pada anak-anaknya untuk saling menyayangi, tidak menyimpan dendam, dan saling memaafkan dengan sesama saudara. Dengan begitu bisa tercapai kehidupan yang rukun.

5. Kisah Nabi Sulaiman

Nabi Sulaiman merupakan seorang nabi dengan segala kelebihan yang Allah berikan. Mulai dari harta kekayaan dengan kerajaan yang sangat besar, kemampuan berkomunikasi dengan bangsa burung, angin, dan bangsa jin.

Mendapatkan begitu banyak nikmat tak lantas membuat Nabi Sulaiman lalai pada Allah. Beliau bahkan membuat pernyataan sikap keimanannya setelah mendapatkan singgasana kerajaan.

Nabi Sulaiman menyadari bahwasanya singgasana yang didapatnya merupakan karunia Tuhan sekaligus ujian bagi dirinya.

Dari cerita anak muslim islami ini, orang tua bisa mengajarkan banyak hal berharga pada anak-anak. Salah satunya adalah nikmat dalam hidup merupakan pemberian dari Allah SWT.

Para orang tua dapat menanamkan pembelajaran pada anak-anak bahwasanya, nikmat yang diterima juga bersifat sebagai ujian bagi manusia. Apakah akan bersyukur dan semakin beriman kepada Allah atau justru kufur terhadap-Nya.

Waktu Terbaik Membacakan Cerita Islami untuk Anak

Ada banyak manfaat dari membacakan cerita untuk anak. Lantas, kapan waktu yang paling tepat? Dilansir dari Kumparan, mendongeng atau membacakan cerita untuk anak bisa dilakukan kapan saja. Termasuk untuk cerita anak muslim islami.

Orang tua bisa membacakan cerita ketika pagi, siang, sore, ataupun malam hari menjelang tidur. Meski begitu, waktu paling umum yang digunakan untuk mendongeng adalah menjelang tidur.

Waktu menjelang tidur dipilih agar si kecil lebih rileks. Dalam kondisi rileks si kecil akan lebih mudah tertidur.

Cara Membacakan Cerita untuk Anak-Anak Agar Lebih Asyik

Cerita anak muslim islami memang memiliki manfaat bagi tumbuh kembang anak. Tapi ternyata ada teknik penyampaian cerita untuk anak-anak supaya lebih asyik dan menarik.

1. Memilih cerita dengan baik 

Memilih cerita anak islami sebagai dongeng pengantar tidur harus diperhatikan dengan seksama. Agar lebih menarik bagi si kecil, sebaiknya pilihlah buku cerita anak dengan gambar berwarna dan memiliki pesan moral.

Cerita anak dengan nilai-nilai islami akan memberikan efek positif pula pada si kecil. Sehingga yang dicontoh adalah nilai-nilai kebaikan.

2. Kontak mata dan fisik

Kontak mata dan fisik sangat diperlukan dalam menyampaikan cerita anak. Hal ini bisa membuat anak berkonsentrasi pada pesan yang disampaikan.

Dengan kontak mata anak akan lebih mudah memahami cerita. Sementara kontak fisik antara orang tua dan anak selama bercerita bisa menambah kedekatan antara keduanya.

3. Pahami karakter melalui olah suara dan ekspresi

Para orang tua perlu memahami karakter tokoh dalam cerita sewaktu membacakan cerita anak muslim islami. Ekspresi dan olah suara yang sesuai dengan karakter dapat menimbulkan ketertarikan pada anak.

4. Interaktif 

Cara efektif untuk menyampaikan cerita anak sebelum tidur adalah mengajak mereka terlibat. Anak akan menjadi lebih aktif dan masuk ke dalam cerita yang disampaikan.

Tak ada salahnya mencoba metode sambung cerita dengan anak sewaktu menyampaikan cerita islami. Hal ini bisa membantu mereka mengasah kreativitasnya.

Poin terpenting dalam membacakan cerita anak muslim islami adalah pemahaman. Jadi sebisa mungkin bangunlah suasana yang menarik agar si kecil lebih mudah memahaminya.

Ketika pesan moral dalam cerita dapat dipahami dengan baik oleh si kecil, maka semakin mudah pula untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak juga akan lebih mengerti mana yang baik dan mana yang buruk.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

  • Custom logo gratis
  • Akses gratis ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien
  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy

What do you think?