Music

Pengertian Musik Ansambel, Jenis dan Contohnya

musik ansambel adalah
Written by M. Hardi

Musik ansambel – Grameds, tahukah kamu tentang musik ansambel? Atau, seringkah kamu melihat dan mendengar suatu grup yang memainkan musik sejenis atau tidak sejenis, dan memperdengarkan alunan yang begitu indah sesuai genrenya?

Keberagaman musik ansambel di seluruh dunia sangatlah tak bisa terlukiskan dan luas. Namun, prinsip-prinsipnya berlaku di hampir setiap tempat. Misalnya, musik untuk luar ruangan sering kali bersifat seremonial dan banyak melibatkan penggunaan alat musik tiup dan drum.

Atau, musik dalam ruangan yang biasanya ditujukan untuk pendengar pasif, biasanya menekankan instrumen tenang seperti seruling dan senar yang ditiup dan dipetik.

Pengertian Musik Ansambel

Musik ansambel, yang juga dikenal sebagai grup musik, ialah sekelompok pemain musik instrumental atau vokal dengan nama ansambel yang berbeda-beda. Sekelompok orang ini menampilkan komposisi musik tertentu secara bersama-sama. Terdapat beragam ansambel berdasarkan jenis instrumen, jenis musik, hingga jumlah musisi yang tampil.

Beberapa musik ansambel cuma terdiri atas instrumen, seperti orkestra atau kuartet jazz. Namun, beberapa lainnya juga terdiri dari penyanyi, seperti grup doo pop atau paduan suara. Ada pula ansambel ketika instrumentalis dan penyanyi tampil dalam musik klasik dan musik populer, contohnya band rock.

https://www.gramedia.com/products/aku-suka-musik?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Dalam musik klasik pula, trio atau kuartet memadukan suara alat musik dalam kelompok instrumen yang sama, misalnya ansambel tiup atau ansambel gesek. Namun, beberapa ansambel juga memadukan suara dari berbagai jenis instrumen, misalnya orkestra yang menggunakan instrumen kuningan, bagian string, perkusi dan alat musik tiup kayu. Contoh lainnya ialah band konser yang memakai alat musik tiup, tiup kayu, dan perkusi.
Adapun dalam kombo jazz atau ansambel, instrumen yang umumnya tercakup ialah instrumen angin, beberapa instrumen “comping” akord, bass, dan perkusi atau drum.

Jenis dan Contoh Musik Ansambel

musik ansambel adalah

Sumber: Freepik

Bentuk penyajian musik ansambel menggunakan alat musik sejenis juga merupakan pengertian lain dari musik ansambel. Biasanya, alat musik yang digunakan berupa alat musik melodis atau ritmis, seperti trumpet, gitar, pianika, rekorder, atau alat-alat lain seperti, tamborin, drum, dan lainnya.

Berikut ialah penjelasan terkait jenis ansambel dan contohnya.

Ansambel Sejenis

  • Ansambel gitar, yang mana semua pemain ansambelnya memakai gitar.
  • Ansambel rekorder, artinya semua pemain yang menyajikan ansambel tersebut menggunakan alat musik rekorder.

Dengan demikian, terdapat beberapa macam dari ansambel sejenis. Inilah penjelasannya:

1. Ansambel Perkusi

Ialah ansambel yang pemainnya menggunakan alat-alat musik yang termasuk perkusi. Di Indonesia tersendiri, terdapat cukup banyak ansambel perkusi, seperti rebana, rampak gendang, marching band, drumband, gendang, dan lain sebagainya.

2. Ansambel Gesek

Ansambel gesek merupakan ansambel dengan sekelompok alat musik gesek. Misalnya, biola, violin, contra bass, dan cello. Cello sendiri diambil dari kata violoncello. Alat ini adalah bagian dari alat musik biola.

Cellis ialah sebutan untuk orang yang memainkan cello. Suara alat musik ini megah karena nadanya rendah. Ukurannya sendiri lebih besar dari violin atau biola, tetapi tetap lebih kecil daripada bass.

Alat ini dimainkan dalam posisi berdiri dengan kedua kaki pemain yang tengah duduk ditegakkan pada sepotong metal bernama endpin.

3. Ansambel Tiup

Ansambel ini adalah di mana semua instrumen musiknya terdiri dari alat musik tiup. Misalnya, ansambel tiup yang sepenuhnya menggunakan flute, rekorder, trumpet, trombon, saksofon, oboe, klarinet, sampai french horn.

Berikut fakta menarik tentang ansambel tiup:

  • French horn termasuk dalam alat musik tiup logam. Alat musik ini biasa dimainkan dalam orkestra atau ansambel musik klasik.
  • Seseorang harus punya napas yang panjang dan kuat jika ingin bisa bermain klarinet.
  • Klarinet termasuk alat musik tiup. Namanya diambil dari kata clarino dalam bahasa Italia yang artinya “trumpet”, dengan aliran -et yang artinya “kecil”.

4. Kuartet Gesek

Terdapat kelompok yang terbilang populer dalam ansambel gesek, yakni kuartet gesek. Hal ini merujuk pada suatu kelompok yang terdiri dari dua biola, satu violin, serta satu cello.

Ansambel Campuran

Penyajian musik ansambel menggunakan beberapa atau berbagai macam jenis alat ialah ansambel campuran. Contoh alat musik yang digunakan ialah biola, violin, cello, simbal, dan contra bass. Pada ansambel ini, ada alat yang berperan sebagai harmonis atau melodis, dan juga ritmis.

Adapun alat musik harmonisnya bisa menghasilkan nada dan dimainkan sebagai pengiring dalam paduan nada yang disebut akord. Alat musik harmonis ini juga bisa dimainkan untuk mengiringi permainan alat musik lain dalam orkestra.

Psikologi Musik

https://www.gramedia.com/products/psikologi-musik?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Dari Cakupan

Ansambel juga dapat dibagi berdasarkan cakupan besar-kecilnya menurut jumlah pemain yang berpartisipasi dalam penampilan ansambel tersebut. Grameds, simak penjelasannya, yuk!

Ansambel Kecil

Merupakan sekelompok musisi yang terdiri atas dua sampai delapan. Ansambel kecil ini ialah komposisi khusus yang berkaitan dengan menentukan set alat musik yang bakal digunakan.
Berikut ialah jenis yang termasuk dalam ansambel kecil:

  • Duet. Terdiri atas dua musisi atau komposisi yang tampil bersama atau dimaksudkan untuk dimainkan oleh dua musisi, baik pada instrumen yang berbeda atau serupa. Misalnya, duet piano atau piano untuk empat tangan.
  • Trio. Tiga musisi yang tampil bersamaan dengan potongan musik dimaksudkan untuk dimainkan oleh tiga musisi atau potongan musik dimaksudkan untuk tiga instrumen. Misalnya, trio string terdiri dari cello, biola, dan violin.
  • Kuartet. Empat musisi yang tampil bersama atau komposisi yang dimaksudkan untuk dimainkan oleh empat musisi, atau komposisi untuk empat instrumen. Contohnya, kuartet gesek yang terdiri dari satu cello, satu violin, dan dua biola.
  • Quintet. Merupakan lima musisi yang tampil bersama dengan karya musik yang dimaksudkan untuk dimainkan oleh lima musisi atau karya musik yang mencakup lima instrumen. Misalnya, Piano Quintet Schubert dalam A mayor terdiri dari piano, bass, cello, biola, dan violin.
  • Sextet. Enam musisi tampil bersama, dengan komposisi yang dimaksudkan untuk dimainkan oleh enam musisi atau komposisi untuk enam instrumen. Sebagai contoh, string sextet terdiri dari dua cello, dua biola, dan dua violin.
  • Septet. Ialah yang terdiri dari tujuh musisi, atau sepotong musik dimaksudkan untuk dimainkan oleh tujuh musisi; atau sepotong musik untuk tujuh instrumen. Misalnya, Septet Beethoven di E-Flat Major, Op. 20 terdiri dari bassoon, cello, klarinet, double bass, horn, biola, dan violin.
  • Oktet. Merupakan ansambel yang terdiri dari delapan musisi, dan bisa juga merujuk pada komposisi yang dimaksudkan untuk dimainkan oleh delapan musisi atau komposisi untuk delapan instrumen. Octet for Strings in E flat major, Op. 20 milik Mendelssohn awalnya termasuk dua cello, empat biola, dan dua biola ialah salah satu contohnya.

Ansambel Besar

Disebut sebagai ansambel besar karena terdiri dari kelompok musisi yang lebih besar, bahkan bisa berkisar puluhan hingga ribuan pemain.

Berikut ialah contoh yang termasuk dalam ansambel besar:

Chamber Orchestra — Musik kamar (chamber orchestra) adalah jenis musik klasik, dan jenis ini mengacu pada maksimal 40 orang musisi yang biasanya memainkan komposisi tertentu. Instrumen yang digunakan, umumnya termasuk alat musik tiup (seruling, oboe, klarinet, bassoon, terompet), alat musik gesek (biola, violin, cello, viol bass), drum, dan keyboard. Quintet in B minor adalah contoh bagian chamber yang ditulis oleh Johannes Brahms.

Symphony Orchestra dan Philharmonic Orchestra Simfoni adalah karya besar yang memiliki tiga atau empat gerakan. Musisi yang memainkannya dikenal sebagai orkestra simfoni atau orkestra philharmonic. Adapun orkestra simfoni bisa memiliki sedikitnya 10 anggota.

Orkestra philharmonic memang bisa sangat banyak. Instrumen yang dimainkan kurang lebih termasuk ansambel angin (seruling dan piccolo, oboe, klarinet, English horn, bassoon, terompet, tanduk, trombon, dan tuba), string (biola, violin, cello, bass viol) dan perkusi opsional, harpa, keyboard, serta saksofon.

Concert Band Band konser hadir dalam beberapa bentuk yang berbeda. Ketika dilakukan dengan konduktor di tempat tertentu, disebut band konser. Namun, jika pemusiknya berdiri dipimpin oleh mayor drum, itu disebut marching band.

Instrumen khas yang dipakai, termasuk ansambel angin (seruling, piccolo, oboe, klarinet – alto, bass dan kontrabas, English horn, bassoon, saksofon – alto, tenor, bariton dan bass, cornet, terompet, horn, trombon dan trombon bass, tuba, dan euphonium), perkusi, dan timpani. Bisa juga beserta harpa opsional, keyboard, bass, dan cello.

Jazz Band Band jazz merupakan jenis band yang umumnya terdiri atas bagian ritme (gitar, tuba, drum, piano) dan bagian melodi (semua jenis saksofon, trumpet, dan trombon).

Dari Sumber Bunyi

Belum selesai, musik ansambel juga bisa dibagi berdasarkan sumber bunyinya. Berikut ialah beberapa daftarnya:

  • Kordofon, merupakan jenis alat musik yang bersumber bunyi dari senar, tali, atau dawai. Misalnya, biola, gitar, dan sasando.
  • Elektrofon, ialah jenis alat-alat musik yang asal sumber bunyinya ialah listrik. Misalnya, gitar listrik.
  • Akrofon, adalah jenis alat musik yang bersumber bunyi dari getaran udara atau udara di sekitarnya, seperti trumpet atau pianika.
  • Membranofon, merupakan jenis alat musik yang sumber bunyinya berasal dari membran yang melapisi sisi alat musik seperti kulit hewan atau plastik. Misalnya, gendang dan drum.
  • Idiofon, ialah alat musik yang bersumber bunyi dari alat musik itu sendiri. Sebagai contoh, angklung dan gong.

Jenis Musik Ansambel di Sekolah Amerika

musik ansambel adalah

Sumber: Americahousekyiv

Grameds, setelah makin mengenal musik ansambel, mari kita mengenal salah satu praktik jenis musik ansambel di dunia, contohnya, di Amerika. Berikut jenis-jenisnya!

Concert Band (Instrumen Angin)

Salah satu jenis ansambel musik atau band di sekolah-sekolah Amerika ialah band konser. Seperti penjelasan sebelumnya, band ini terdiri dari perkusi dan beberapa elemen instrumental lainnya. Dalam jenis ini, secara detail, bagian perkusi berdiri di belakang.

Dalam konser tersebut pun, permainan berbagai alat musik dilakukan untuk menunjukkan keterampilan siswa. Mereka mungkin akan punya dua band konser berdasarkan tingkat keterampilan jika sekolah memiliki jumlah siswa yang cukup. Tingkatan tersebut pun ditentukan melalui audisi.

Small Ensemble (Angin/Dawai)

Kategori ini sangat luas dan mencakup berbagai jenis kelompok, mulai dari paduan suara kuningan, seruling, hingga ansambel perkusi dan kuartet gesek. Ada pula musik khusus yang ditulis untuk setiap jenis grup, dan para musisi dapat memilih gaya musik apa yang ingin mereka mainkan. Banyak pula ansambel bermain tanpa konduktor.

Pit Orchestra (Angin/Dawai)

Ansambel ini memainkan musik latar untuk musikal dan dinamai demikian dari penampilan mereka yang posisinya di luar panggung (terkadang, mereka bahkan bermain dari bawah panggung!).

Mereka biasanya berjumlah sangat kecil, dan banyak musisi memainkan beberapa instrumen untuk menutupi semua bagian.

Jazz Band (Semua)

Sementara band jazz dan band konser biasanya hanya bermain untuk konser atau kompetisi, band jazz cenderung berukuran jauh lebih kecil dan terutama memainkan musik jazz atau swing. Instrumen utama dalam band ini adalah terompet, trombon, saksofon, klarinet, gitar, bass, perkusi, vokal, dan piano.

Marching Band (Angin)

Pertunjukan untuk grup ini terlihat sedikit berbeda karena mereka semua berada di luar! Ansambel tersebut terbagi dalam tiga kategori utama:

1. Game Sepak Bola

Selama musim gugur, permainan sepak bola adalah fokus utama dari ansambel, karena mereka harus menghafal musik dan rutinitas untuk pertunjukan mereka. Selama pertandingan, band juga akan memainkan musik populer dan lagu-lagu lain yang terkait dengan tim.

Misalnya, di pertandingan sepak bola Universitas Pennsylvania, band ini selalu memainkan lagu “Sweet Caroline” oleh Neil Diamond. Banyak band sekolah menengah akan melakukan pertunjukan rutin di kompetisi, di mana juri mengkritik pertunjukan mereka dan menghormati band yang menang dengan spanduk atau piala.

2. Parade

Untuk parade, band akan menghafalkan karya yang sesuai dengan tema atau alasan parade dan kemudian berbaris dengan kendaraan hias lainnya. Banyak kota kecil memiliki parade Natal dan Memorial Day, sementara beberapa yang lain punya parade untuk Halloween, St. Patrick’s Day, atau Thanksgiving.

Salah satu parade paling terkenal di Amerika Serikat adalah Parade Hari Thanksgiving Macy.

3. Acara Komunitas

Marching band terkadang diminta untuk tampil di berbagai acara di komunitas, seperti festival seni pertunjukan atau memainkan “Star Spangled Banner” untuk upacara penghormatan para veteran.

Pep Band (Angin)

Acara utama yang dilakukan terkait band-band ini adalah pertandingan basket. Oleh karena permainannya ada di dalam ruangan, bandnya pun lebih kecil. Seperti marching band pula, mereka memainkan lagu-lagu pop untuk tetap semangat selama pertandingan.
Kelompok-kelompok ini terutama ditemukan di sekolah menengah dan perguruan tinggi besar, tetapi tidak berpartisipasi dalam kompetisi.

Orchestra (Dawai)

Orkestra memungkinkan musisi string untuk tampil, biasanya di atas panggung. Sebagian besar sekolah memiliki orkestra lengkap, yang memiliki empat instrumen senar dan bagian kecil alat musik tiup dan perkusi.

Ada juga kompetisi untuk bersaing. Beberapa sekolah mengadakan ‘Pops Concert’ khusus, di mana ansambel memainkan musik populer, biasanya dari film atau berpusat di sekitar tema.

Paduan Suara (Suara)

Seperti orkestra, paduan suara terutama tampil di atas panggung dan beberapa sekolah berpartisipasi dalam kompetisi. Sebagian besar grup memiliki trek latar atau pengiring piano untuk musik latar, sangat sedikit yang memiliki musik live dari orkestra atau paduan suara di belakangnya.

Pada waktu Natal, beberapa sekolah menampilkan lagu (seperti “O Holy Night” ) hanya dengan didampingi cahaya lilin.

Show Choir/A Cappella (Suara)

Grup a cappella hanya tampil dengan suara mereka (tanpa musik latar) dan lebih sering ditemukan di perguruan tinggi daripada sekolah menengah. Banyak dari mereka berpartisipasi dalam kompetisi.

Paduan suara mungkin menyanyikan lagu-lagu acapella, tetapi mereka dikenal dengan koreografi tarian untuk lagu-lagu mereka.

Kotak Musik

https://www.gramedia.com/products/kotak-musik?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Kesimpulan

Menarik sekali, bukan, mengenal musik ansambel lebih dalam? Gramedia menyediakan banyak buku terkait musik dan belajar musik sejak dini. Kamu dapat dengan mudah membelinya melalui situs online kami Gramedia.com agar memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sevilla Nouval Evanda

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien