Music

Mengenal Apa Itu Fanboy dan Keuntungan Menjadi Fanboy

Fanboy adalah
Written by Ananda

Fanboy adalah – Jadi Fanboy? Kenapa enggak? Selama ini menjadi fanboy khususnya fanboy K-Pop bagi orang Indonesia kerap kali dipandang negatif oleh sebagian kaum laki-laki yang memiliki maskulinitas tinggi. Tidak sedikit laki-laki di Indonesia yang menganggap bahwa menjadi fanboy adalah sifat yang kekanak-kanakan dan bahkan parahnya dicap sebagai banci atau gay. Bahkan hanya menyukai girl group atau idol wanita bukan boy grupnya.

Beberapa tahun terakhir, prestasi yang diraih oleh para boy group atau girl grup sudah membuat eksistensinya sejajar dengan western music bahkan melampauinya. Contoh boy group atau girl group yang memiliki prestasi ini seperti BTS, Blackpink, Twice, bahkan Secret Number yang salah satu membernya adalah orang Indonesia.

Menyukai sesuatu yang kita sukai adalah hak asasi bagi setiap orang tanpa memandang mereka itu siapa dan dari latar belakang yang seperti apa. Sebelum membahas tentang keuntungan fanboy, ada baiknya kalau kita mengetahui pengertian dari fanboy itu sendiri. Jadi, simak ulasan tentang fanboy ini sampai habis, Grameds.

Fanboy adalah

Berdasarkan arti dari kata-katanya sendiri “Fan” berarti penggemar dan “Boy” berarti laki-laki. Jadi, fanboy merupakan penggemar laki-laki yang bisa dikatakan sangat menyukai suatu produk atau jenis musik tertentu. Istilah ini ternyata tidak hanya digunakan dalam dunia K-Pop meski eksistensinya terkenal dengan dunia K-Pop. Istilah ini juga sering digunakan dalam dunia games, Anime, komik, atau gadget.

Tak ada statistik yang pasti dalam untuk menyebutkan berapa jumlah fanboy yang ada di muka bumi ini. Namun, fenomena fanboy seharusnya sudah bukan hal yang aneh lagi baik untuk perempuan bahkan laki-laki.

Ciri-Ciri Fanboy

Ada beberapa ciri-ciri fanboy yang bisa kamu ketahui, jika salah satu temanmu termasuk dalam ciri-ciri ini mungkin ia fanboy dari produk atau musik yang ia sukai.

  1. Sangat mengidolakan apa yang mereka suka
  2. Bergabung dalam suatu komunitas atau forum yang berguna untuk membahas idolanya.
  3. Jika kamu menanyakan tentang idolanya, biasanya mereka akan menjawab dengan mudah karena merasa sudah mengenal idolanya meski belum pernah bertemu langsung.
  4. Sangat marah atau mudah marah jika ada orang lain yang membicarakan kekurangan atau menjelek-jelekan idolanya.

Jadi, apakah saat ini sudah ada teman kamu yang menjadi fanboy?

Fanboy adalah

Keuntungan Menjadi FanboyK-Popers? So What?

11. Bisa Mendapatkan Jodoh

Secara kuantitas memang fangirl keberadaanya jauh lebih banyak dibandingkan fan boy. dalam ekosistem Korean Wave. Keberadaan yang jarang membuat fanboy menjadi istimewa dimata fangirl. Sebagai fangirl mungkin bisa jadi lebih nyaman dalam berdiskusi atau bercerita tentang idolanya atau masalah sehari-harinya.

Hal ini karena banyak wanita yang beranggapan bahwa fanboy yang berada di tengah korean wave cenderung lebih memahami perasaan wanita, sehingga bisa saja para fangirl ini akan lebih nyaman. Interaksi yang intens tidak menutup kemungkinan menimbulkan rasa saling suka satu sama lain ‘kan?

Setelah mengetahui beberapa keuntungannya apakah kamu berkeinginan untuk menjadi fanboy? Sebelum menjadi fanboy, ada baiknya kalau kamu mengenali tipe-tipe fanboy terlebih dahulu.

Tipe-Tipe Fanboy

All about Kfood in Kpop, Kdrama, & Kvariety

Idol K-Pop yang Ternyata Juga Fanboy

Beberapa KPop idol ini juga ternyata sudah menjadi fanboy sejak usia belia loh. Mereka menjadi fans dan berkeinginan kuat menjadi seperti idola mereka. Setelah impiannya terwujud kini akhirnya mereka bisa dekat dan akrab dengan idolanya masing-masing. Berikut ini daftar Idol K-Pop yang ternyata fanboy.

1. Hoshi Seventeen

Hoshi mengejar impiannya menjadi idol karena sangat mengidolakan boy group yang bernama SHINee. Ia sangat menyukai lagu-lagu dari grup tersebut dan sering memutarnya sebagai lagu pengantar tidur. Hoshi termasuk dalam kategori lucky fans atau fans yang beruntung bahkan ia bisa menjadi teman dekat Key SHINee. Key sendiri juga mengajak Hoshi untuk bermain ke rumahnya.

2. Sunggyu INFINITE

Kagum pada rock band Nell membuat Sunggyu INFINITE bekerja paruh waktu di sebuah kafe yang berdekatan dengan lokasi agensi band tersebut, yakni Woolim Entertainment. Secara kebetulan ternyata ia direkomendasikan oleh manajer Nell untuk mengikuti audisi di Woolim. Setelah mengalami kegagalan di audisi SM Entertainment, leader dari INFINITE itu akhirnya mendapat peruntungan di Woolim.

Merupakan fans yang beruntung, Sunggyu ternyata tidak hanya satu agensi dengan band favorit nya. Ia juga bekerja sama dengan vokalis Nell, Kim Jong Wan dalam proses produksi album solonya yang bertajuk 10 Stories.

3. Key SHINee

Tidak hanya Sunggyu yang bisa debut di agensi yang sama dengan sang idola. Key SHINee juga memiliki nasib yang sama. Key sangat mengidolakan solois BoA. dalam program Keyword #BoA, ia mengatakan bahwa ia menyukai BoA apa adanya. Ia tidak kecewa jika BoA merilis karya yang tidak lebih bagus dari sebelumnya. Ia juga tidak akan memberikan komentar negatif jika BoA dirumorkan berkencan, menikah atau sebagainya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa menjadi fanboy adalah hak setiap orang. Meski begitu, alangkah baiknya ketika kamu ingin menjadi fanboy menanyakan tentang fanboy lebih dalam kepada orang-orang yang sudah menjadi fanboy terlebih dahulu.

Nah, itu dia penjelasan lengkap seputar fanboy. Dari semua penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa tidak semua fanboy buruk ya Grameds, dari sini kita bisa tahu banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan dan tidak sedikit juga ternyata yang bisa sukses karena mengidolakan idolanya. Grameds juga bisa membaca buku-buku terkait KPop atau buku yang lainnya dengan mengunjungi gramedia.com agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Christin Devina

BACA JUGA:

  1. 12 Boyband K-Pop dengan Fans Terbanyak
  2. Mengenal 4 Member AESPA dan Perjalanan Karir Mereka
  3. Yuk, Mengenal Member STAYC dan Perjalanan Karirnya 
  4. Berkenalan dengan 5 Member ITZY dan Perjalanan Karirnya
  5. Profil 7 Member Enhypen Lengkap Beserta Fakta Menarik di Dalamnya
  6. Yuk, Berkenalan dengan 4 Member Blackpink dan Perjalanan Karirnya


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien