Tokoh

Penemu Mobil Pertama di Dunia dan Sejarah Mobil

penemu mobil
Written by Umam

Penemu Mobil – Mobil di era sekarang bisa dikatakan sebagai salah satu moda transportasi atau kendaraan yang sangat bermanfaat dan sangat aman serta nyaman untuk menelusuri daratan. Sekarang saja, mobil sudah mengalami perkembangan sangat pesat dengan pilihan yang sangat beragam dan dengan berbagai fasilitas yang sangat melimpah. Dari mobil untuk segala medan atau off-road, sampai mobil santai seperti sedan, coupe, sport utility vehicle (SUV) bahkan ada juga jenis mobil multi purpose vehicle atau (MPV).

Kendaraan darat ini sendiri telah terbukti sangat membantu manusia dalam bergerak. Manusia di era sekarang dapat melakukan perjalanan ke berbagai tempat bersama dengan keluarganya tanpa khawatir terkena panas dari sinar matahari atau air hujan. Sebagai bagian dari transportasi darat, mobil kini menjadi pilihan utama hampir semua orang untuk berpergian.

Nah, dengan segala perkembangan yang sudah terjadi, ternyata banyak orang yang belum mengetahui siapa orang yang menemukan mobil pertama kali. Untuk mengetahui lebih lanjut soal penemu mobil sekaligus sejarah tentang mobil. Artikel ini akan menjelaskan tentang siapa penemu mobil dan perkembangan mobil dari waktu ke waktu, dari mobil uang hingga mobil listrik sekarang.

Beli Buku di Gramedia

A. Penemu Mobil Bertenaga Mesin

Era mobil yang biasa Kita gunakan sekarang ini, pertama kali dimulai oleh pria asal Jerman yang bernama Karl Friedrich Benz atau lebih dikenal dengan Karl Benz. Pada tahun 1886, Karl Benz adalah sosok jenius dibalik terciptanya mobil dengan tenaga bensin tersebut.

Karl Benz sendiri mendapatkan inspirasi tentang sebuah mobil dari pengalamannya yang sering memakai sepeda gayung ketika bepergian. Karena sering lelah akibat mengayuh sepeda gayung, keresahan itulah yang akhirnya menjadi awal lahir mobil yang bergerak menggunakan mesin.

Karl Benz berpikir bagaimana cara agar sepeda gayung bisa berjalan tanpa harus mengayuh. Hal itulah yang menjadi latar belakang era modern pun diciptakan dengan desain yang hampir mirip dengan sepeda dengan roda tiga.

Karl Benz sendiri lahir di Jerman pada 25 November tahun 1844 dan meninggal di usia 84 tahun pada 4 April 1929. Karl Benz sudah tertarik dengan ilmu sains pada usia 9 tahun. Hal itulah yang membuatnya akhirnya berkuliah di bidang mesin. Sebagai mahasiswa ilmu mesin, Karl Benz memulai karir di bidang mesinnya dengan melakukan pengembangan kemampuan melalui banyak penemuannya.

Karl Benz mulai menemukan mobil berawal pada tahun 1878, waktu itu ia berhasil menciptakan mobil pertama yang dinamai dengan namanya juga yakni Benz Patent Motorwagen. Mobil karya Karl Benz pertama ini tidak dilengkapi dengan gigi atau perseneling sehingga kerap kali saat dilakukan uji coba sangat susah untuk dikontrol dan akhirnya sering menabrak tembok pembatas. Hal itu pun membuat publik takut untuk mencoba mobil tersebut.
Di era yang sama, penemu mobil dengan bahan bakar bensin selain Karl Benz yaitu Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach dari Stuttgart, Jerman juga melakukan pengembangan proyek mobil yang hampir sama dengan proyek mobil Karl Benz. Mereka hanya kalah cepat dengan Benz yang lebih dulu menyelesaikan proyeknya dan mendapatkan hak paten atas penemuan mobil bertenaga mesinnya pada tahun 1879.

Setelah era Karl Benz, muncul beberapa sosok jenius mobil yang baru seperti George B Selden. George B Selden merupakan orang yang berhasil menciptakan mobil yang menggunakan mesin dengan dua stroke pada tahun 1895. Tidak butuh waktu lama, beberapa tahun selanjutnya, muncul berbagai jenis mobil yang bersaing merebut minat pasat seperti mobil tenaga uap, mobil tenaga bensin, hingga mobil tenaga listrik.

Persaingan tiga jenis mobil tersebut akhirnya memuncul mobil bertenaga bensin sebagai pemenang. Masyarakat lebih suka menggunakan mobil berbahan bakar bensin dikarenakan kemudahan dan kenyamanan. Hal itulah yang membawa Karl Benz sebagai penemu mobil bertenaga bensin untuk terus mengembangkan mengembangkan mobil ciptaannya. Insinyur mesin yang berasal dari University Karlsruhe tersebut tidak pernah berhenti menciptakan dan mengembangkan mobil.

Bahkan setelah kegagalan uji coba pertama yang dilakukan dihadapan publik tersebut, Karl Benz terus memperbaiki segala kekurangan dari mesin mobil ciptaannya. Hingga suatu waktu sang istri yang bernama Bertha Benz, secara diam-diam mencoba mengendarai Benz Patent Motorwagen yang baru saja diperbaiki. Berkat mobil yang dikendarai oleh Bertha Benz tersebut, Karl Benz akhirnya memulai titik awal kesuksesan mobilnya hingga dapat dikenal hampir semua penduduk dunia saat ini.

Kegagalan pada mobil tidak membuat Karl Benz menyerah, justru kegagalan tersebut memacu Karl Benz untuk menemukan mobil pertama yang sangat laris di pasaran. Karl Benz merupakan salah satu sosok yang ikut mendirikan Benz & Co. Perusahaan Karl Benz tersebut akhirnya bekerja sama dengan perusahaan Daimler dan kemudian mengganti nama menjadi brand yang sering Kita dengar yaitu Mercedes Benz.

B. Sejarah Mobil Bertenaga Uap

Jika penemu mobil bertenaga mesin dengan bahan bakar bensin pertama adalah Karl Benz. Di sisi lain, Nicolas Joseph Cugnot merupakan sosok di balik lahirnya sebuah mobil dengan roda tiga yang memiliki bentuk cukup besar dan menggunakan penggerak dari mesin uap. Seorang ilmuwan asal Perancis tersebut menemukan mobil bertenaga uap kali pertama ini pada tahun 1769.

Mobil roda tiga karya Cugnot awalnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan militer dalam mengangkat meriam. Kebutuhan untuk militer itulah yang secara tidak langsung menginspirasi ilmuwan lain yang bernama William Murdock dan James Watt. Mereka berdua sepakat untuk menciptakan mobil tenaga uap yang lebih baik dan bisa digunakan manusia pada tahun 1784.

Tidak lama berselang, pada tahun 1830, ilmuwan lain yang bernama Richard Trevenick menciptakan mobil bertenaga uap yang dapat melaju dengan kecepatan 20 Km/jam. Dalam penemuannya ini, Richard Trevenick telah mengembangkan mobil bermesin uap dengan tambahan seperti setir, rem, transmisi multi kecepatan, hingga peningkatan kecepatan.
Selanjutnya, hingga akhir abad ke 19 banyak mobil dengan tenaga uap terus diciptakan dan mendapatkan respon baik dari masyarakat.

Kemudian, pada pertengahan abad ke 19, perubahan mobil dengan tenaga uap pun terjadi dengan sangat cepat. Joseph E. Lenoir, seorang insinyur mesin yang berasal dari Perancis merupakan aktor utama diciptakannya kendaraan dengan bahan bakar lainnya. Di tahun 1860, Joseph E. Lenoir berhasil menciptakan bahan bakar campuran yang terdiri dari batu bara dan gas dan udara.

Beli Buku di Gramedia

Nah, dalam beberapa tahun berikutnya itulah hadir Karl Benz yang telah berhasil menemukan mobil dengan tenaga bensin. Dilanjut dengan penemuan mobil Hybrid dari Ferdinand Porsche yang menemukan Lohner-Porsche Mixte Hybrid sebagai mobil hybrid pertama di dunia. Kemudian, perkembangan industri mobil sangat berkembang di hampir seluruh dunia, dan masyarakat lebih menyukai mobil dengan tenaga mesin atau bensin sebagai pilihan utama.

C. Jenis mobil yang diproduksi pertama kali di dunia

Lebih dari 100 abad sejarah mobil sudah terukir, dimulai dari mobil bertenaga mesin dengan bahan bakar bensin pertama kali pada tahun 1886 hingga mobil dengan berbagai jenis saat ini. Bahkan dalam dunia otomotif, jenis mobil memberikan pengaruh yang sangat besar. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa jenis mobil yang pertama kali diproduksi di dunia dengan berbagai merek dan dibuat sebelum tahun 1900, di antaranya yaitu:

1. Mercedes-Benz (1886)

Sesuai dengan nama pendirinya yang sekaligus penemu mobil bertenaga mesin pertama, merek mobil Mercedes Benz diambil dari nama Karl Benz. Mercedes Benz pada awal penciptaannya diberi nama dengan Benz Patent Motorwagen. Namun, Benz Patent Motorwagen mengalami kegagalan pada uji coba di hadapan publik hingga akhirnya dapat disempurnakan menjadi lebih baik sampai sekarang. Saat ini juga Mercedes Benz menjadi salah satu merek mobil paling populer di dunia.

Beli Buku di Gramedia

Karl Benz membangun mobil ciptaannya dimulai pada tahun 1885, hingga kemudian ia secara resmi menerima hak paten tepat pada Januari tahun 1886. Di awal produksinya, Mercedes Benz hanya dilengkapi dengan 3 roda dengan mengusung mesin satu silinder 954 cc yang mampu menghasilkan tenaga 0,75 bhp.

2. Peugeot (1891)

Merek Peugeot pertama kali pada tahun 1842 dikenal sebagai produsen penggilingan garam dan merica. Tetapi, setelah 40 tahun berjalan, Peugeot akhirnya berubah menjadi produksi sepeda.

Setelah 9 tahun fokus memproduksi sepeda, tepat di tahun 1891, Peugeot mulai membangun mobil pertamanya bertenaga mesin dengan dilengkapi roda empat. Mobil Peugeot pertama itu diisi dengan mesin V-twin yang dipasang di belakang untuk menggerakkan roda belakang melalui rantai. Nah, setelah setahun berselang, jumlah produksi mobil Peugeot terus bertambah pesat hingga menyentuh angka produksi 500 mobil pada tahun 1900.

3. Ford (1896)

Pada tahun 1896, Henry Ford melakukan sebuah eksperimen untuk menciptakan mobil pertamanya. Henry Ford akhirnya telah berhasil melahirkan satu unit mobil dengan nama Ford Quadricycle. Selanjutnya, setelah melewati banyak uji coba, akhirnya Henry Ford pada tahun 1903 mendirikan Ford Motor Company.

Henry Ford bukanlah penemu mobil pertama, tetapi Henry Ford adalah sosok yang memiliki peran penting untuk menciptakan industri mobil yang bisa menjangkau bagi banyak orang. Sekarang ini, merek mobil Ford menjadi salah satu mobil terpopuler dan terkeren di dunia. Tetapi, di Indonesia mobil ini hanya mampu dimiliki oleh golongan tertentu saja.

4. Renault (1898)

Pada tahun 1899, tiga serangkai penggemar mesin mobil yakni Louis, Marcel, dan Ferdinand Renault, mendirikan perusahaan mobil yang diberi nama Société Renault Freres. Société Renault Frères sendiri telah membangun prototipe 1CV voiturette pada tahun 1989. Perusahaan tersebut juga telah berhasil melaju dengan kecepatan 32 kilometer per jam.

5. Fiat (1899)

Pada tahun 1899, sebuah perusahaan mobil yang bernama Fiat atau merupakan singkatan dari Fabbrica Italiana di Automobili Torino. Perusahaan mobil asal Italia ini pertama kali membuka pabriknya untuk publik tepat pada tahun 1900. Fiat mengeluarkan mobil pertamanya menggunakan mesin twin-flat yang memiliki kekuatan 679 cc dan mampu menghasilkan tenaga hingga 4 hp. Dalam beberapa tahun berselang, mobil Fiat melakukan upgrade hingga dan berhasil mendapatkan mesin berkekuatan 837 cc.

6. Opel (1899)

Adam Opel mendirikan perusahaan produksi mesin jahit pada tahun 1862. Beberapa tahun berselang, Adam Opel melakukan diversifikasi perusahaan mesin jahitnya menjadi sepeda sejak tahun 1886.

Di tahun 1895, Adam Opel wafat dan bisnis dilanjut oleh keluarganya. Beruntungnya, keluarga dari Adam Opel berhasil menciptakan dan memperkenalkan mobil pertama dari perusahaan Opel tepat pada tahun 1899. Mobil karya Opel tersebut memiliki mesin dengan kekuatan mencapai 1545 cc dan dapat menghasilkan tenaga sebesar 3.5 hp. Mesin dengan satu silinder tunggal ini dapat dipilih pembeli dengan dua edisi, dari edisi dua kursi atau empat kursi.

7. Buick (1899)

Buick merupakan perusahaan yang berdiri tepat pada tahun 1899. Buick awalnya tergolong sebagai perusahaan yang membuat mobil tertua di Amerika yang masih beroperasi hingga sekarang. Perusahaan ini pada awal berdiri bernama Buick Auto-Vim dan Power Company. Namun, setelah tahun 1904, perusahaan ini berganti nama menjadi Buick Motor Company. Buick sendiri mulai melakukan produksi massal mobil saat itu juga. Mobil pertamanya produksi dari Buick adalah Model B dengan dilengkapi mesin twin-flat 2605 cc yang menghasilkan tenaga hingga 16 hp.

D. Lima Mobil Tertua Di Dunia Sepanjang Masa

Mobil tertua di dunia bukanlah mobil bertenaga mesin, mobil tertua di dunia adalah mobil dengan menggunakan tenaga uap. Namun, mobil dengan bahan bakar bensin ini berkembang dengan pesat dari masa ke masa. Mobil mesin terbukti lebih diterima masyarakat dan lebih unggul dibandingkan dengan mobil bertenaga uap.

Nah, berikut ini adalah 5 jenis mobil yang paling dikenang sepanjang masa, di antaranya yaitu:

1. Cugnot Fardier

Mobil dengan nama Cugnot Fardier ini adalah kendaraan ‘self-propelled‘ pertama yang memang digunakan untuk manusia. Nama mereknya sendiri berasal dari nama sang penemu yaitu, Nicolas Joseph Cugnot.

Sebelum kehadiran mobil Cugnot Fardier, pria bernama Ferdinand Verbiest lebih awal menciptakan mobil bertenaga uap pada tahun 1672. Namun, mobil karya Ferdinand Verbiest memiliki dimensi dan rancangan yang kecil sehingga sulit untuk dibangun dan dikembangkan apalagi dikendarai.

Beruntungnya masalah tersebut bisa diatasi oleh Cugnot. Cugnot berhasil membangun kendaraan yang sebelumnya bermasalah menjadi memiliki ukuran penuh sesuai dengan model yang dirancang enam tahun silam dengan menggunakan tiga roda ditambah pelek besi. Namun, mobil karya Cugnot pun memiliki kekurangan, di mana mobilnya harus berhenti setiap 10 hingga 12 menit untuk membangkitkan lagi tekanan uap pada kendaraan.

Mobil Cugnot berhasil mencapai top speed hanya sekitar 1,6 km per jam. Namun, sebagai bagian mobil bersejarah, mobil Cugnot sekarang menjadi salah satu koleksi yang dimiliki oleh museum Musee des Arts et Metiers di Kota Paris, Prancis.

2. Hancock Omnibus

Mobil bertenaga uap selanjutnya merupakan buah karya dari Walter Hancock. Pria asal Inggris ini sebenarnya adalah penemu sukses dalam dunia militer, dan Hancock juga adalah penemu kendaraan yang dapat menampung manusia tersukses di era itu. Hal itu disebabkan Hancock Omnibus telah berhasil menjadi kendaraan bertenaga uap pertama yang sukses diperjualbelikan di dunia.

3. Greenville Steam Carriage

Pada tahun 1875 adalah era dimana mayoritas mobil diproduksi menggunakan tangan. Namun, Robert Neville Greenville tidak demikian, ia malah merancang kendaraan bertenaga uap yang memiliki bentuk mirip dengan lokomotif kereta. Mobil yang disebut sebagai Greenville Steam Carriage ini hanya bisa dinaiki oleh tujuh orang saja, satu di antara ketujuh orang tersebut akan bertugas ‘memberi makan’ mesin uap agar tetap melaju.

4. La Marquise

La Marquise diciptakan oleh tiga warga negara asal Perancis. Tepat pada tahun 1884, ketiga orang tersebut yakni De Dion, Bouton, dan Trépardoux berhasil menciptakan mobil yang diberina nama yang sama dengan ibu dari De Dion yaitu La Marquise.

Pada tahun 1887 merupakan pengenalan pertama kali La Marquise sebagai mobil balap pertama di dunia untuk sebuah pameran. Selanjutnya, satu tahun berselang, La Marquise yang memiliki kecepatan sekitar 18 mph atau hanya dapat melaju 28,9 km/jam mampu mengalahkan Bouton, sebuah mobil kendaraan beroda tiga.

La Marquise menggunakan bahan bakar berupa batu bara, kayu, dan potongan kertas. Untuk menjalankannya diperlukan sekitar 30 hingga 40 menit untuk menyalakan uapnya. Itulah yang membuat La Marquise berhasil mencapai kecepatan tertingginya hingga 38 mph atau sekitar 61 km per jam.

Beli Buku di Gramedia

Sebagai mobil balap pertama di dunia, La Marquise diberikan nomor balap “0” sebagai bentuk penghargaan di ajang balapan London to Brighton Veteran Car Run 1996.

5. Benz Patent Motorwagen

Sejarah sudah mencatat bahwa Benz Patent Motorwagen adalah mobil bertenaga mesin bensin pertama di dunia. Diciptakan tahun 1885 dan mendapatkan hak paten tepat di tahun 1886. Mobil karya Karl Benz ini dirancang dengan menggunakan mesin sentrifugal dan memiliki kapasitas 954 cc.

Mobil mesin bensin pertama ini awalnya juga menggunakan bahan bakar ke mesin melalui penguapan. Namun, Karl Benz telah berhasil menambahkan karburator di model selanjutnya. Hingga di tahun 1887, Karl Benz melakukan inovasi dengan menambahkan sepatu rem kulit.

Jenis-Jenis Mobil

Hingga saat ini mobil yang dijual di pasaran terdapat beberapa jenis. Berikut ini jenis-jenis mobil yang bisa menjadi referensi.

1. Multi-Purpose Vehicle (MPV)

Mobil berjenis Multi-Purpose Vehicle (MPV) adalah jenis mobil yang memiliki desain modern dan moncong pada jenis mobil ini cukup panjang. Biasanya jenis mobil ini berupa minivan serta bisa membawa banyak barang. Meskipun banyak barang yang bisa dibawa, tetapi para penumpang akan terasa nyaman karena bagasi dari jenis mobil ini cukup luas.

2. Hatchback

Mobil berjenis Hatchback adalah Mobil yang memiliki bagasi yang menyatu dengan penumpang, sehingga ukuran bagasinya tidak terlalu besar. Oleh sebab itu, mobil jenis ini biasanya memang dikhususkan untuk membawa penumpang sekaligus mengangkut barang.

3. Sport Utility Vehicle (SUV)

Mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) adalah salah satu jenis mobil penumpang atau muatan barang yang biasanya digunakan berbagai medan, mulai dari on road hingga off road. Pada umumnya, bagasi dari jenis mobil ini cukup luas, sehingga tak perlu khawatir ketika membawa barang sekaligus membawa penumpang.

4. Sedan

Mobil berjenis sedan adalah jenis mobil yang memiliki desain yang menarik dan minimalis, sehingga banyak orang yang menyukai jenis mobil ini. Bodi dari jenis mobil ini cenderung pendek dan memanjang. Dikarenakan ukurannya yang minimalis, maka mobil ini hanya bisa ditumpangi oleh lima orang saja.

beli sekarang5. Convertible

Mobil berjenis convertible adalah jenis mobil yang di mana ukurannya kecil dan pada bagian atapnya bisa dibuka dan ditutup. Biasanya, mobil jenis convertible memiliki dua tipe, yaitu hard top dan soft top.

6. Station Wagon

Mobil berjenis Station Wagon adalah jenis mobil yang sekilas hampir sama dengan mobil sedan. Meskipun terlihat hampir sama, tetapi atap dari jenis mobil ini diperpanjang hingga sampai pada bagian belakang. Maka dari itu, biasanya bagasi pada jenis mobil ini akan menyatu pada bagian kabin penumpang.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien