Tokoh

Penemu Komputer dan Sejarah Perkembangannya

penemu komputer
Written by Restu

Penemu Komputer dan Sejarah Perkembangannya – Dunia yang semakin berkembang ini membuat teknologi dari masa ke masa juga mengalami perkembangan, salah satu perkembangan teknologi yang hingga saat ini manfaatnya dapat dirasakan oleh orang banyak adalah komputer. Sudah menjadi hal yang umum bagi setiap orang bahwa teknologi komputer memudahkan kita sebagai penggunanya untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Terlebih lagi, saat ini hampir setiap pekerjaan akan berhubungan dengan komputer, baik itu komputer yang ada di rumah atau komputer yang ada di kantor. Mungkins saja kamu yang merasakan manfaat dari teknologi komputer ini.

Teknologi komputer ini bisa dalam perkembangannya sama dengan teknologi-teknologi lainnya. Perkembangan terhadap teknologi komputer membuat benda yang satu ini semakin lama semakin canggih dan semakin lama semakin memudahkan kita dalam menyelesaikan pekerjaan. Oleh sebab itu, tak bisa dibayangkan apabila saat ini komputer tidak ada, kemungkinan besar tugas atau pekerjaan yang kita miliki akan sulit untuk diselesaikan dengan tepat waktu.

Teknologi komputer yang semakin canggih, bisa kita lihat pada penyimpanan yang dimiliki oleh komputer yang semakin lama semakin besar, sehingga mampu menampung banyak sekali tugas atau pekerjaan yang kita miliki. Selain itu, komputer juga bisa terhubung dengan internet yang membuat kita mudah berinteraksi dengan orang lain dan dapat mengerjakan pekerjaan secara online. Dengan kata lain, komputer bisa dijadikan sebagai penunjang kita dalam mengerjakan pekerjaan dan menyelesaikan pekerjaan.

Kecanggihan yang ada pada komputer menandakan bahwa komputer terus mengalami perkembangan dengan mengikuti perkembangan zaman dan perkembangan teknologi. Setiap perkembangan yang terjadi pada teknologi komputer merupakan penyempurnaan dari penemuan komputer sebelumnya.

Komputer itu sendiri pada awalnya ditemukan oleh seorang ilmuwan bernama Charles Babbage yang kemudian terus dikembangkan oleh penemu-penemu selanjutnya. Di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut tentang ilmuwan-ilmuwan yang ikut serta dalam perkembangan komputer. Jadi, simak artikel ini sampai habis, Grameds.

beli sekarangPengertian Komputer

Sebelum membahas tentang siapa saja para ilmuwan yang ikut andil dalam perkembangan yang telah digunakan oleh banyak orang saat ini, maka yang akan dibahas terlebih dahulu adalah pengertian dari komputer itu sendiri.

Kata komputer sebenarnya berasal dari bahasa Latin, yaitu computare yang berarti menghitung. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa secara sederhana komputer adalah sebuah alat yang dapat digunakan untuk menghitung.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komputer adalah alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut instruksi, dan memberikan hasil pengolahaan, serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dan sebagainya), biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan.

Pada dasarnya, komputer merupakan sebuah perangkat elektronik yang terdiri dari berbagai macam komponen serta sudah memiliki pemrograman yang dapat mengolah data serta memberikan informasi kepada para penggunanya. Komputer yang dapat mengolah data dan memberikan informasi kepada penggunanya disebabkan karena setiap perangkat komputer saling bekerja sama atau saling terhubung dengan baik. Istilah komputer sebagai alat elektronik yang dapat digunakan mulai muncul sejak tahun 1800-an.

Apabila suatu komponen dalam komputer ada yang rusak, maka secara keseluruhan akan membuat kinerja dari sistem komputer menjadi kurang maksimal. Namun, jika komponen komputer tidak mengalami kerusakan, maka setiap komponen bisa saling bekerja sama dan terkoneksi dengan baik, sehingga akan menghasilkan sistem kerja komputer yang maksimal. Sistem komputer yang dapat bekerja dengan maksimal dapat menjalankan suatu program sesuai dengan yang diperintahkan. Dari program yang dijalankan sesuai perintah itulah, kita sebagai pengguna akan mendapatkan informasi yang diberikan oleh komputer.

Komponen komputer biasanya terdiri dari perangkat keras atau hardware dan perangkat lunak atau software. Pada umumnya perangkat keras (hardware) terdiri dari processor, hard disk, motherboard, RAM, ROM, dan sebagainya. Sementara itu, perangkat lunak (software) biasanya berupa suatu pemograman, seperti sistem operasi komputer, berbagai macam aplikasi (aplikasi foto, aplikasi video, gim, dan lain-lain). Setiap software akan diinstal di dalam perangkat keras (hardware). Setelah diinstal di hardware, maka perangkat lunak dapat bekerja dengan baik sesuai perintah atau permintaan dari penggunanya.

Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa komputer adalah suatu perangkat elektronik yang bisa melakukan berbagai macam tugas, mulai dari memasukkan data, kemudian mengolah data, hingga mengeluarkan data dalam bentuk informasi.

beli sekarangPenemu Komputer

1. Charles Babbage

Penemu komputer

kompas.com

Berdasarkan beberapa catatan sejarah mengatakan bahwa Charles Babbage adalah seseorang yang pertama kali menemukan komputer, sehingga beliau diberi julukan sebagai “Bapak Komputer”. Charles Babbage sangat cinta terhadap ilmu pengetahuan matematika, sehingga ia melanjutkan pendidikannya di Cambridge University pada tahun 1810. Kemampuan matematika yang dimiliki oleh Charles Babbage bisa dibilang sudah cukup mahir, bahkan kemampuannya mampu melebihi pengajarnya.

Charles Babbage lahir di London, Inggris pada tanggal 26 Desember 1791. Beliau sangat tertarik dengan dunia matematika terutama ilmu fungsi kalkulus. Ternyata, berkat kemampuannya dalam bidang matematika, Charles Babbage menjadi anggota Royal Society pada tahun 1816. Royal Society adalah sebuah organisasi sains dan akademis independen yang ada di Inggris Raya, organisasi sains tersebut hingga saat ini masih aktif.

Setelah memasuki tahun 1820 hingga tahun 1821, Charles Babbage mulai tertarik terhadap mesin hitung. Beliau mulai menciptakan sekaligus mengembangkan sebuah mesin yang bernama Difference Engine. Mesin yang telah dibuatnya itu memiliki kemampuan dalam menyusun tabel matematika. Charles Babbage yang selalu ingin mengembangkan mesin temuannya itu memiliki ide, yaitu mesinnya tidak hanya mampu mengerjakan satu jenis aritmatika saja, tetapi dapat menyelesaikan berbagai jenis aritmatika. Ide yang didapatkan oleh Charles Babbage muncul pada tahun 1832.

Setelah mengembangkan mesin temuannya (Difference Engine), hingga pada akhirnya Charles Babbage mulai berhasil dan mesin ciptaannya tidak hanya mampu mengerjakan satu jenis aritmatika saja, tetapi bisa memanipulasi simbol umum. Bukan hanya itu, mesin buatan Charles Babbage ini menjadi cikal bakal dari komputer modern. Mesin yang berhasil dikembangkan pada tahun 1856 diberi nama Analytical Engine.

Tidak hanya itu, mesin Analytical Engine yang telah diciptakan dan dikembangkan oleh Charles Babbage memiliki karakteristik dari komputer modern. Dalam hal ini, yang dimaksud karakteristik modern, seperti pemakaian punched card, adanya sebuah tempat memori yang berfungsi untuk memasukkan angka, dan beberapa komponen dasar komputer lainnya.

Berkat kemampuannya dalam bidang matematika, Charles Babbage di tahun 1828-1839 memperoleh gelar The Lucasian Chair of Mathematics (sebuah gelar profesor matematika yang paling bergengsi di dunia). Gelar yang diperoleh Charles Babbage itu didapatkan dari Universitas Cambridge.

Pada tanggal 18 Oktober 1871, Charles Babbage meninggal dunia dengan meninggalkan penemuan yang sangat berharga, yaitu mesin komputer. Beliau meninggal dunia pada usia 79 tahun. Berkat penemuan yang berharganya tersebut, kita bisa menggunakan alat elektronik komputer dengan baik dan maksimal.

2. Alan Turing

Penemu komputer

kompas.com

Setelah Charles Babbage, perkembangan mesin komputer terus berlanjut dan dilanjutkan oleh seorang peneliti matematika sekaligus peneliti komputer yang bernama Alan Mathison Turing atau dalam tokoh perkembangan komputer dikenal dengan nama Alan Turing. Beliau lahir pada tanggal 23 Juni 1912 di London, Inggris. Berdasarkan catatan sejarah tentang pengembang mesin komputer, Alan Turing merupakan seorang peneliti komputer modern digital pertama. Alan Turing beranggapan bahwa mesin komputer bisa digunakan untuk berbagai macam tugas dan komputer bisa menjalankan berbagai macam program.

Alan Turing memulai pendidikannya pada usia enam tahun dan masuk ke pendidikan tingkat dasar di St. Michael. Saat menempuh pendidikan itulah, kemampuan dan kejeniusan dari Alan Turing mulai terlihat. Bahkan, pemimpin dari sekolah tersebut sangat kagum sekaligus bangga terhadap kecerdasan yang dimiliki oleh muridnya tersebut. Setelah lulus dari tingkat dasar, beliau mulai masuk ke Sheboene School dan meneruskan pendidikannya dengan kuliah di Cambridge University. Ketika masuk di Cambridge University (1931), Alan Turing memilih jurusan matematika.

Setelah lulus dari Cambridge University, Alan Turing mencetuskan sebuah gagasan tentang Turing Machine atau mesin turing. Mesin yang diciptakan oleh Alan Turing ini merupakan sebuah mesin yang mampu mengoperasikan atau menjalankan sekumpulan perintah sederhana. Lewat mesin ciptaannya, Alan Turing menjelaskan bentuk dari konsep algoritma dan komputasi.

Meskipun diberi nama “Mesin Turing”, tetapi sebenarnya “Mesin Turing” bukanlah sebuah alat melainkan sebuah konsep komputasi yang dapat menjelaskan logika dari sistem komputer yang digunakan hingga saat ini. Oleh sebab itu, “Mesin Turing” bisa dikatakan sebagai salah satu konsep yang memiliki pengaruh dalam perkembangan komputer.

Alan Turing yang memiliki prestasi yang cukup baik di Cambridge University mendapatkan beasiswa untuk meneruskan pendidikannya di Universitas Princeton, Amerika Serikat. Setelah lulus pada tahun 1936, Alan Turing mendapatkan gelar doktornya. Setelah mendapatkan gelar doktornya, Alan Turing mulai kembali ke Inggris dan bekerja di Departemen Komunikasi Britania Raya.

Ketika Perang Dunia II terjadi pada tahun 1939 hingga 1945, beliau diberi perintah untuk mengungkapkan informasi yang ada di dalam mesin enkripsi buatan Nazi Jerman. Alan Turing berhasil mengungkapkan informasi tersebut dengan menciptakan sebuah mesin yang dinamai The Bombe.

Alan Turing menghembuskan napas terakhirnya setelah memakan apel yang didalamnya terkandung racun sianida. Beliau meninggal dunia pada tanggal 7 Juni 1954 di Woslow, Inggris.

beli sekarang3. Konrad Zuse

Penemu Komputer

Nesaabamedia.com

Setelah Alan Turing, tokoh penemu yang turut andil dalam perkembangan komputer selanjutnya adalah Konrad Zuse. Beliau merupakan seseorang yang ikut andil dalam perkembangan komputer dengan latar belakang teknik sipil. Konrad Zuse lahir pada tanggal 22 Juni 1910 dan merupakan seseorang berkebangsaan Jerman. Kemampuan dalam bidang teknik sipil membuat Konrad Zuse pernah terdaftar di Technische Hochschule Berlin-Charlottenburg dan ia mengambil jurusan teknik dan arsitektur.

Pada tahun 1935, Konrad Zuse mulai mengembangkan komputer dan ia melakukan berbagai macam eksperimen hingga pada tahun 1936 berhasil menemukan Z1. Penemuan Z1 itu merupakan floating point biner (cetak biru) kalkulator mekanis yang dilengkapi dengan programmability. Penemuan Z1 tersebut berhasil diselesaikan pada tahun 1938. Akan tetapi, cetak biru Z1 yang telah dibuat oleh Konrad Zuse ternyata harus hancur di bangunan rumah orang tuanya. Kehancuran Z1 disebabkan karena Inggris melakukan serangan udara yang terjadi pada Perang Dunia II atau lebih tepatnya pada tanggal 30 Januari 1944.

Setelah berhasil menciptakan Z1, Konrad Zuse mulai tertarik untuk mengembangkan penemuannya itu dan ia berhasil membuat program Z3. Program Z3 ini merupakan program yang dapat mengendalikan komputer penyempurna Turing dan mulai dioperasikan pada bulan Mei 1941 melalui tape kertas. Konrad Zuse yang berhasil menemukan Z1 dan Z3 mendapatkan Werner von Siemens Ring. Selain itu berkat penemuannya tersebut beliau diyakini sebagai seseorang yang memiliki peran dalam perkembangan komputer.

Ternyata, Konrad Zuse bukan hanya dikenal sebagai penemu dari Z1 dan Z3, tetapi beliau juga dikenal dengan penemuan lainnya, yaitu bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang telah ditemukannya itu, kemudian diberi nama Plankalkul. Bahkan, bahasa pemrograman milik Konrad Zuse merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat ting dan terkompleks yang ada di dunia.

Konrad Zuse meninggal dunia akibat gagal jantung pada tanggal 18 Desember 1955. Beliau meninggal dunia di Jerman. Meskipun Konrad Zuse sudah tidak ada, tetapi penemuannya yang memiliki pengaruh terhadap perkembangan komputer, sehingga beliau menjadi salah satu seorang ilmuwan yang berperan dalam perkembangan komputer.

Grace Hopper

Penemu komputer

tekno.kompas.com

Grace Murray Hpoper atau lebih dikenal dengan nama Grace Hopper merupakan seorang ilmuwan komputer yang berasal dari Amerika Serikat. Beliau lahir di New York City, Amerika Serikat pada tanggal 9 Desember 1906. Ketertarikannya terhadap dunia komputer membuat dirinya percaya bahwa suatu program harus bisa ditulis dengan sebuah bahasa yang tidak jauh berbeda dengan bahasa Inggris daripada kode mesin.

Dari keinginannya untuk menciptakan sebuah bahasa yang bisa menjelaskan suatu program, mika Grace Hopper mulai membuat bahasa pemrograman komputer. Bahasa pemrograman yang telah dibuat oleh Grace Hopper diberi nama COBOL. Bahasa pemrograman COBOL mampu membantu para pengguna komputer dalam memberikan perintah dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, bahasa pemrograman COBOL merupakan salah satu bahasa pemrograman modern pertama yang ada di dunia.

Berkat penemuannya itu, Grace Hopper diberikan jabatan sebagai direktur Navy Bahasa Pemrograman Group di Kantor Angkatan Laut Informasi Perencanaan Sistem. Bukan hanya itu saja, pangkat beliau juga diangkat menjadi kapten di tahun 1973. Kemudian, bahasa pemrograman COBOL menjadi program standarisasi untuk seluruh Angkatan Laut Amerika Serikat pada masa itu.

Grace Hopper menghembuskan napas terakhirnya pada tanggal 1 Januari 1992. Beliau dimakamkan di Arlington National Cemetery dan diberikan penghormatan militer.

beli sekarang

5. Ada Lovelace

Ada Lovelace

delphipage.live

Lovelace adalah programmer wanita pertama di dunia. Lovelace juga seorang matematikawan dan penulis terkenal. Namun banyak yang belum tahu seperti apa rupa wanita hebat ini. Lovelace adalah seorang programmer wanita yang mengubah dunia. Meskipun sedikit yang dikenal dengan namanya, Lovelace berperan penting dalam menciptakan komputer mekanik pertama di dunia.

Lovelace lahir dengan nama lengkap Augusta Ada Byron pada 10 Desember 1815 di London. Dia adalah satu-satunya putri penyair terkenal Sir George Gordon Byron. Lovelace tidak mengenal ayahnya sama sekali karena pernikahan ibu dan ayahnya sangat singkat. Hal itu diperparah dengan kondisi Lovelace yang sering sakit-sakitan.

Setelah perpisahan pahit dalam pernikahan Byron, Nyonya Byron kembali ke rumah orang tuanya dengan putrinya yang berusia lima minggu. Tak lama kemudian, Sir Byron meninggalkan Inggris ke Mediterania dan tidak pernah melihat putrinya lagi.

Ibu Ada Lovelace, Annabella, selalu mengajari putrinya untuk lebih sering menggunakan belahan otak kiri agar tidak mengikuti karir ayahnya. Ketika Lovelace berusia 17 tahun, kemampuannya di bidang ini sudah terlihat. Salah satu gurunya, Augustus De Morgan, mengarahkan bakat yang dimiliki oleh Lovelace pada matematika.

Seiring waktu berjalan, Lovelace juga bertemu dengan Charles Babbage, yang dijuluki “The Father of the Computer”. Ia adalah seorang ahli matematika. Charles Babbage mengajar matematika kepada Lovelace. Lovelace terkesan dan tertarik dengan ide-ide Babbage. Babbage juga menciptakan “Difference Engine” yang dapat melakukan operasi matematika.

Lovelace dikenal sebagai anak yang sangat pintar dan berbakat dalam kegiatan yang disebut menulis kode atau pemrograman. Babbage bahkan memberi Lovelace julukan “The Enchantress of Numbers.”

Kemudian, mereka membentuk kemitraan. Dalam artikelnya, Lovelace menjelaskan cara menghasilkan kode agar mesin dapat memproses huruf dan simbol bersama dengan angka. Dalam setahun, Lovelace bersama Babbage berkontribusi dalam penciptaan pengetahuan yang luas, salah satunya adalah ilmu Menabrea.

Catatan Lovelace dibuat dari huruf A sampai G. Keajaiban mesin analisisnya luar biasa. Ini terbukti dalam gagasan bahwa dasar logaritma yang muncul dalam catatan Lovelace. Lovelace juga menunjukkan bagaimana mesin dapat menghasilkan musik otentik dan bahkan membuat grafik.

Selain itu, ia juga berteori agar mesin bisa mengulangi banyak instruksi. Proses ini disebut loop arus. Dalam karya ini, Lovelace dikenal sebagai programmer pertama di dunia. Bahkan Lovelace mencoba mengembangkan perhitungan matematika untuk memenangkan pertaruhan, tetapi sayangnya usahanya gagal.

beli sekarang

Buku yang sangat cocok untuk Anda yang sedang mempelajari dasar pemrograman komputer. Buku ini mengajarkan logika untuk menyelesaikan berbagai masalah yang ditangani oleh komputer dengan menggunakan Flowgorithm.

Pada tanggal 8 Juli 1835, Lovelace menikah dengan William King, yang tiga tahun kemudian menjadi Earl of Lovelace. Ia diberi gelar “Countess of Lovelace”. Mereka memiliki tiga anak, yaitu Byron, Ralph Gordon, dan Anne Isabella. Kemudian, Lovelace meninggal pada 27 November 1852 pada usia 36 tahun karena kanker rahim dan pendarahan. Ini mencegah Lovelace melanjutkan kemajuannya di dunia komputer.

Namun, jasa Lovelace tidak begitu saja dilupakan. Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamai bahasa pemrograman dengan nama “Ada” sebagai penghormatan untuk Lovelace. Lady Lovelace juga dikenang dalam plot film “Conceiving Ada”. Ada juga “Difference Engine”, novel karya William Gibson dan Bruce Sterling. Novel ini hampir identik dengan strip komik Sydney Padua 2D yang didedikasikan untuk kenangan Lovelace.

Sejarah Singkat Perkembangan Komputer

Setelah membahas tentang para tokoh ilmuwan yang berperan dalam dunia komputer, pembahasan selanjutnya adalah sejara perkembangan komputer. Berdasarkan catatan sejarah, hingga saat ini perkembangan komputer terbagi menjadi lima generasi, yaitu:

1. Generasi Pertama (Komputer Tabung Vakum)

Komputer generasi pertama ini muncul pada tahun 1946 dan komponen utama dari komputer generasi pertama adalah tabung vakum. Oleh karena itu, berat dari komputer ini bisa mencapai 30 ton. Bahasa mesin menjadi bahasa yang digunakan pada komputer generasi pertama. Selain itu,

2. Generasi Kedua (Komputer dengan Transistor)

Komputer generasi kedua mulai ada sekitar tahun 1959-1965. Pada generasi ini, komputer sudah menggunakan transistor. Teknologi transistor menggantikan tabung vakum, sehingga komputer generasi ini tidak terlalu berat. Bahasa yang dipakai pada komputer generasi kedua adalah bahasa pemrograman FORTRAN dan COBOL.

3. Generasi Ketiga (Komputer IC)

Perkembangan komputer berlanjut ke generasi ketiga. Pada generasi ini bentuk dari teknologi transistor ukurannya diperkecil. Selain itu, komputer generasi ketiga ini adalah generasi komputer yang menggunakan monitor dan keyboard untuk pertama kalinya. Terlebih lagi sistem dari komputer generasi ketiga beroperasi lebih cepat.

beli sekarang4. Generasi Keempat (Komputer Mikroprosessor)

Komputer generasi keempat atau komputer dengan menggunakan mikroprosesor. Pada awalnya komputer generasi ini dibuat oleh IBM di tahun 1971, tetapi di tahun 1984, Apple mulai merilis Macintosh. Komputer generasi keempat ini merupakan komputer yang sudah banyak digunakan oleh banyak orang saat ini. Bahkan, komputer ini sudah menggunakan chip sebagai memori dari komputer.

5. Generasi Kelima (Komputer AI)

Komputer generasi kelima adalah komputer yang memiliki kecerdasan buatan. Maka dari itu, komputer generasi kelima dikenal sebagai komputer AI. Teknologi AI ini bisa dibilang sangat canggih karena bisa mengolah bahasa sehari-hari, menyesuaikan keadaan kita, dan dapat memahami suatu lingkungan.

Sumber: Dari berbagai macam sumber

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien