Tokoh

Si Penemu Facebook dan Sejarah Perkembangannya

penemu facebook
Written by Laeli Nur Azizah

penemu facebook – Seperti yang kita ketahui bahwa Facebook kini menjadi salah satu media sosial yang memiliki pengguna paling besar dan paling banyak di dunia Diperkirakan ada sekitar 1,3 miliar orang yang aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Keberhasilan Facebook dalam mendapatkan banyak pengguna tentu tidak lepas dari usaha keras penemunya.

Mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita tentang penemu Facebook yang sudah populer dan terkenal. Mark Zuckerberg adalah mahasiswa Harvard yang menciptakan Facebook dan Ia sekarang menjadi CEO Facebook. Boleh percaya atau tidak, Facebook pertama kali diluncurkan dari kamar asramanya di Harvard University ketika Mark Zuckerberg masih menjadi mahasiswa pada saat itu. Sedangkan untuk pembuatannya, Facebook pertama kali diciptakan pada tanggal 24 Februari tahun 2004.

Sudah 17 tahun lamanya Facebook telah berkembang di antara berbagai jenis media sosial lainnya. Bahkan, jumlah pengguna Facebook sekarang sudah mencapai 2 miliar pengguna aktif. Apakah Grameds termasuk dalam jajaran pengguna aktif Facebook? Jika iya, maka mungkin saja kamu penasaran terkait sosok penemu Facebook dan perkembangan Facebook dari tahun ke tahun. Untuk itu, yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Penemu Facebook: Mark Zuckerberg

Sebenarnya, penemu Facebook berjumlah lima orang, diantaranya Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Akan tetapi seiring berjalannya waktu dan berkembangnya aplikasi ini, nama Mark Zuckerberg justru lebih dikenal oleh pengguna Facebook dan masyarakat umum karena posisinya sebagai CEO. Mark Zuckerberg lahir dengan nama lengkap yaitu Mark Elliot Zuckerberg. Ia lahir di wilayah Westchester Country di New York City, Amerika Serikat.

Mark Zuckerberg adalah anak dari ayah seorang dokter gigi bernama Edward Zuckerberg dan ibunya adalah seorang psikiater yang bernama Karen Kempner. Sebenarnya, Mark Zuckerberg adalah anak kedua dari empat bersaudara. Sejak kecil, anak tersebut sudah sangat menyukai perangkat komputer dan sering mengutak-atik perangkat yang Ia punya dan selalu merasa penasaran untuk mencoba berbagai macam perangkat lunak atau program komputer miliknya. Mark Zuckerberg juga pernah mencoba beberapa kali untuk membuat sebuah program lewat komputernya.

Sang ayah memberikan komputer tersebut sejak Mark Zuckerberg masih berusia 8 tahun. Hingga ketika Mark Zuckerberg mulai sekolah di Sekolah Menengah Atas, tepatnya di Phillips Exeter Academy, Ia bersama seorang temannya berupaya untuk membuat plug in untuk MP3 Player Winamp. Plugin tersebut adalah suatu program komputer yang dapat terintegrasi dengan aplikasi host seperti browser atau juga email untuk keperluan tertentu.

Mark Zuckerberg dan temannya kemudian membuat plugin tersebut agar orang-orang yang gemar mendengarkan musik dapat dihimpun dan mereka bisa membuat playlist lagu kesukaan mereka sendiri. Tidak lagi sama seperti masa sebelumnya, dimana orang-orang harus rekam ulang lagu-lagu yang ingin mereka dengarkan dan mengurutkannya secara manual.

Kemudian, mereka akhirnya mengirimkan program buatan mereka sendiri ke beberapa perusahaan terkait seperti American Online atau AO dan juga ke Microsoft. Lalu pada akhir tahun SMA, mereka akhirnya direkrut oleh kedua perusahaan tersebut untuk menjalankan sebuah proyek. Saat mereka harus melanjutkan ke jenjang universitas untuk kuliah, akhirnya keduanya harus berpisah. Temannya masuk ke Caltech, sedangkan Mark Zuckerberg berhasil masuk ke Harvard. Di Harvard inilah akhirnya Zuckerberg mulai konsentrasi untuk mengembangkan idenya membuat aplikasi Facebook. Lalu, seperti apa proses perkembangannya? Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Beli Buku di Gramedia

Sejarah Perkembangan Facebook

Pada saat kuliah, Zuckerberg mempunyai ide yang cukup cemerlang yaitu membuat semacam sebuah buku untuk semua mahasiswa secara online. Ia merasa bahwa buku tersebut sangat penting karena kampusnya tidak pernah memberikan buku semacam itu untuk para mahasiswa baru. Dimana di dalam bukunya akan ada foto serta data diri semua mahasiswa baru yang mulai melakukan kuliah di Harvard.

Akan tetapi, setiap Zuckerberg ingin mencoba menawarkan ide tersebut kepada pihak kampus. Justru pihak kampus menolaknya secara mentah-mentah tanpa mencari tahu dahulu maksud dari ide tersebut. Mereka mengatakan bahwa buku-buku itu ditakutkan akan mengancam keamanan data serta info pribadi mahasiswa yang mempunyai akun Facebook. Walaupun idenya ditolak oleh kampus berkali-kali, tapi Ia selalu mencari cara agar idenya itu tetap bisa terwujud dan selesai. Zuckerberg juga mengatakan bahwa Ia merupakan seorang yang tidak mudah menyerah dan tidak pernah bisa ditebak oleh siapapun. Jadi intinya, Zuckerberg tetap ingin membuat Facebook untuk para mahasiswa.

Proyek pertama yang Ia buat diberi nama CourseMatch (coursematch.com). Proyek tersebut bisa memungkinkan siapapun yang berkuliah di kampus Harvard dan sekelas dengan Zuckerberg dapat saling berkomunikasi satu sama lain melalui website tersebut. Kemudian Ia melanjutkan proyeknya mengenai Facebook. Ia akhirnya berhasil membuat Facebook (facebook.com). Website tersebut pertama kali dirilis pada bulan Februari tahun 2004. Facebook merupakan penyempurnaan dari proyek yang sebelumnya Ia buat dengan nama Facemash. Sebenarnya target penggunanya sama saja, yaitu mahasiswa Harvard. Supaya mereka bisa saling berkomunikasi secara online.

Beli Buku di Gramedia

Facebook diharapkan bisa mempertemukan seseorang secara cepat dan tanpa adanya batasan jarak seperti pertemuan secara langsung pada umumnya. Aplikasi tersebut akhirnya dapat juga digunakan untuk menemui anggota keluarga, alumni kampus lama dan lainnya di satu website. Setidaknya, ada sekitar 140 fitur tambahan yang ada di dalam aplikasi Facebook setiap harinya. Selain itu, sejumlah 95 persen penggunanya telah menggunakan setidaknya satu jenis fitur yang ditawarkan.

Tujuan dari banyaknya fitur atau aplikasi tersebut yaitu untuk membuat suatu perbedaan dibandingkan dengan website media sosial lain. Sehingga akan ada banyak orang yang berbondong-bondong beralih untuk menggunakan Facebook ciptaan Mark Zuckerberg. Saat ini, Facebook dapat digunakan oleh siapa saja dan dimanapun orang itu berada, termasuk juga kota. Facebook di Indonesia juga sudah hadir dalam Bahasa Indonesia. Apabila kamu belum punya akun Facebook, maka kamu bisa langsung buka situs Facebook dan masuk, kemudian daftarkan diri kamu.

Strategi Mark Zuckerberg dalam Membesarkan Bisnis

Dalam hal bisnis, Mark Zuckerberg adalah salah satu orang yang sangat inspiratif. Sebab, Ia mampu mengembangkan Facebook hingga menjadi salah satu platform media sosial terbesar di dunia. Untuk menjadikannya seperti sekarang, tentu Zuckerberg sudah melewati segala macam rintangan dan kegagalan. Tapi yang perlu kita tiru adaladalah semangat dan kegigihannya dalam membangun sebuah platform yang berguna bagi semua orang. Berikut ini adalah beberapa strategi bisnis ala Mark Zuckerberg yang bisa kamu terapkan.

#Membuat Produk Yang Bermanfaat Untuk Banyak Orang

Apabila sebuah bisnis atau perusahaan ingin sukses, maka mereka harus membuat atau menciptakan sebuah produk, baik itu barang maupun jasa yang dapat bermanfaat untuk banyak orang. Sejak awal berdirinya Facebook, platform tersebut memang sudah dibuat untuk semua orang supaya mereka bisa merasakan manfaatnya. Tak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh atau mendapatkan teman baru, tapi Facebook juga bisa menghubungkan teman lama dan juga orang-orang spesial di masa lalu yang bahkan tidak pernah bertemu lagi. Disini, Mark Zuckerberg juga berkomitmen untuk tetap membuat platform ciptaannya bermanfaat bagi semua orang

#Memulai Dari Yang Kecil dan Mudah Untuk Dilakukan

Kita pasti sering mendengar kata-kata tersebut, entah dari orang tua, guru, ataupun maotivator. Dimana hendaknya kita mengerjakan hal-hal yang paling kecil dan mudah dulu. Hal yang sama juga berlaku dalam dunia bisnis. Mark Zuckerberg sudah mencontohkan hal tersebut, sebelum Ia menciptakan Facebook, Zuckerberg membuat sebuah situs yang diberi nama CourseMatch.

tersebut dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa Harvard untuk memperoleh teman baru berdasarkan kelas yang mereka ambil. Kemudian, Mark Zuckerberg juga membuat aplikasi Facemash yang bisa menampilkan dua orang yang berbeda untuk dapat dibandingkan. Akan tetapi, Zuckerberg memperoleh data para mahasiswa yang dibandingkan secara ilegal. Sehingga Harvard University melarang penggunaan aplikasi tersebut.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Dari kedua aplikasi yang telah diciptaka Zuckerberg sebelumnya, kemudian Ia menarik sebuah kesimpulan bahwa produk seperti itulah yang diminati banyak orang. Kode-kode dari kedua aplikasi tersebut Ia tambahkan beberapa fitur. Setelah itu, lahirlah aplikasi Facebook.

Beli Buku di Gramedia

#Mark Zuckerberg Lebih Mencintai Passion Dibanding Uang

Cobalah untuk meniru sikap Zuckerberg yang satu ini, yaitu lebih mencintai sesuatu yang dilakukan dan bukan karena uang. Zuckerberg selalu memberikan sebuah motivasi untuk setiap karyawannya agar selalu menciptakan sesuatu yang dapat mereka banggakan. Facebook bahkan sudah pernah ditawar oleh berbagai macam perusahaan besar seperti Terry Semel, CEO Yahoo, dan lainnya. Ketika itu, hampir semua pemimpin Facebook menerima tawaran dari CEO Yahoo supaya menjadi bagian dari perusahaannya. Akan tetapi, Zuckerberg justru menolaknya. Ia mengatakan bahwa hal itu bukan perkara uang, namun tentang apa yang Ia cintai dan visi misi di masa depan.

#Terbuka Untuk Perubahan Tapi Tidak Melupakan Tujuan Awal

Zuckerberg mengatakan bahwa yang mereka lakukan di dalam Facebook adalah untuk menghubungkan banyak orang supaya bisa berkomunikasi lebih mudah dan efisien. Pendiri Facebook ini memang mempunyai sifat yang fleksibel. Ia mau mendengarkan semua pendapat pengguna Facebook untuk membuat fitur yang lebih baru yang bermanfaat bagi pengguna lainnya. Meskipun Zuckerberg juga tidak pernah lupa untuk mengambil peluang bisnis dari Facebook. Tapi Ia tetap konsisten pada tujuan awalnya, dimana aplikasi Facebook dibuat untuk menghubungkan semua orang yang ada di seluruh dunia tanpa perlu membayar.

#Tetap Fokus Walau Berhadapan Dengan Rintangan

Ini adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan pada setiap bisnis. Tantangan terkadang akan menghambat langkah kita. Tapi Zuckerberg sendiri telah menemukan banyak sekali rintangan, namun Ia tetap fokus pada tujuannya dan terus menciptakan sesuatu. Oleh karena itu, tetaplah fokus dan terus melakukan progress. Zuckerberg mengatakan untuk tetap fokus dan terus melangkah. Saat kita dihadapkan dengan berbagai rintangan dan menjadi tidak fokus, maka yang terjadi kita pasti akan kehilangan banyak kesempatan, waktu, dan juga tenaga yang sudah kita habiskan. Maka dari itu, fokuslah untuk melakukan hal-hal yang sudah direncanakan sebelumnya meski ada banyak rintangan yang harus dilalui.

#Bergerak Cepat Serta Hilangkan Semua Rasa Takut

Zuckerberg memahami dengan baik bagaimana aplikasi Facebook harus berkembang. Ia selalu bergerak dengan cepat untuk mengambil semua peluang yang ada. Tak hanya itu, Ia juga terus membuang rasa takutnya dan tetap fokus untuk berkarya. Dalam sejarah perjalanan Facebook, terdapat beberapa hal yang menggambarkan betapa Facebook sebenarnya berpotensi untuk gagal.

banner-promo-gramedia-ilana-tan

Misalnya saja, Facebook Beacon yang pada awalnya didesain untuk digunakan menulis daftar belanjaan pengguna Facebook. Tapi pengguna merasa keberatan apabila daftar belanjaannya dilihat oleh pihak ketiga. Dari situlah Zuckerberg mencoba memahami permasalahannya. Kode-kode dari Facebook Beacon kemudian dikembangkan lagi sampai menjadi Facebook Connect seperti yang sekarang sudah kita ketahui.

Nah, itulah tadi beberapa sikap Zuckerberg, seorang penemu Facebook dalam setiap perjalanan bisnisnya. Apabila kamu ingin membuak bisnis, maka sikap yang sudah disebutkan di atas perlu untuk ditiru dan diterapkan supaya perusahaan kamu tetap maju dan sukses.

Beli Buku di Gramedia

Facebook Jejaring Sosial Terbesar di Dunia

Sekarang ini aplikasi Facebook sudah menjadi salah satu jejaring sosial yang paling besar di dunia dengan pengguna aktif mencapai 1,3 miliar setiap bulannya. Facebook sendiri sudah mempunyai banyak anak perusahaan seperti Whatsapp, Instagram, Oculus VR, dan PrivateCore dengan jumlah total karyawan mencapai 11.996 orang di tahun 2015.

Untuk pendapatannya sendiri, pada tahun 2014 Facebook telah memperoleh pendapatan senilai 12,466 miliar dollar dan mempunyai banyak sekali aset yaitu sejumlah 40,184 dollar. Zuckerberg sediri mempunyai kekayaan bersih sebesar 35,7 miliar dllar di tahun 2015. Sekarang ini, Facebook terus mengalami perkembangan dengan menyediakan berbagai macam fitur unik dan menarik pada para pengguanya. Halaman profil Facebook juga dilengkapi dengan foto, halaman kontak, daftar kesukaan, dan informasi data diri lainnya. Tak hanya itu, pengguna juga bisa berbagi gambar dan juga video dengan pengguna lainnya. Serta berkomunikasi dengan para pengguna lain menggunakan fitur chat di Facebook dan juga bisa melakukan video call ke sesama pengguna Facebook.

Trik dan Fitur Rahasia Facebook

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang trik dan fitur rahasia Facebook yang jarang diketahui oleh banyak orang.

1. Menonaktifkan Fitur “Seen”

Terdapat satu fitur unik yang ada di aplikasi Facebook yang sebenarnya dapat digunakan untuk penggunanya. Untuk kamu yang tidak suka dengan fitur last seen dari Facebook, kamu bisa menonaktifkannya loh. Jadi, apa itu fitur last seen? Fitur ini adalah fitur yang ada di Facebook, dimana orang lain bisa melihat atau tahu apakah chat mereka sudah dibaca oleh kamu atau belum. Lalu, bagaimana cara menonaktifkannya? Kamu hanya cukup mengunduh eksensi Google Chrome yang bernama SocialReviewer. Jadi, dengan begitu pengguna lain tidak akan tahu apakah chta mereka sudah dibaca atau belum.

2. Memblokir Semua Kuis dan Aplikasi

Apabila kamu sering mengikuti berbagai macam kuis dan aplikasi yang beredar di Faceook, maka kemungkinan besar, kamu akan merasa bosan dengan notifikasi pemberitahuan dari berbagai kuis tersebut. Namun tidak perlu khawatir lagi, kamu sebenarnya bisa memblokir semuanya loh. Caranya cukup mudah, berikut penulis berikan langkah-langkah yang perlu dilakukan. Pertama pilih menu “setting”, lalu klik bagian menu “privacy”, setelah itu klik menu “blocking”, pilih menu “block app:, dan masukkan nama kuis atau aplikasi yang ingin kamu blokir.

Beli Buku di Gramedia

3. Dapat Privasikan Semua Fitur di Facebook Kecuali “Gender” dan “Cover Photos”

Fitur rahasia yang satu ini sebenarnya cukup penting untuk kamu yang menginginkan provasi. Jadi, semua info dan data diri kamu yang ada di Facebook dapat disembunyikan agar tidak ada orang yang bisa melihatnya. Namun ada dua hal yang tidak bisa disembunyikan, yaitu gender dan foto sampul kamu.

Itulah tadi penjelasan mengenai sejarah penemu Facebook dan perkembangannya hingga saat ini. Bagaimana, apakah kamu adalah salah satu pengguna setia Facebook?

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien