Best Seller Buku Sejarah Indonesia

Jelajahi Best Seller Buku Sejarah Indonesia dari Gramedia yang disusun berdasarkan penjualan terbanyak

Atlas Sejarah Indonesia Dan Dunia

Atlas sejarah adalah atlas yang menampilkan informasi spasial wilayah dari suatu sejarah pada periode waktu tertentu. Buku yang ada di hadapan Anda ini adalah sebuah atlas (kumpulan peta) sejarah tentang sejarah-sejarah yang terjadi di Indonesia maupun yang terjadi di dunia. Peristiwa-peristiwa besar yang selalu dikenang oleh manusia tersaji dalam buku ini.

Semua kalangan baik pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat umum dapat memanfaatkan buku ini untuk menambah wawasan global tentang sejarah Indonesia dan dunia sehingga dapat mengetahui kebesaran peristiwa yang selalu dikenang oleh manusia. Dengan begitu pastilah para pembaca sekalian akan menjadi manusia yang menghargai sejarah dan dapat mengambil pelajaran atau hikmah dari sejarah yang sudah berlalu.

Jejak Mataram Islam Di Yogyakarta

JEJAK MATARAM ISLAM DI YOGYAKARTA
Buku ini akan memberikan gambaran tentang asal muasal berdirinya Kasultanan Yogyakarta dan Kadipaten Pakualaman. Diawali dari Kerajaan Islam pertama di jawa yaitu Demak Bintoro, dilanjutkan Kerajaan Pajang dan cerita di balik kemegahan Kerajaan Mataram Islam yang berdiri di Kotagede Yogyakarta hingga disepakatinya Perjanjian Giyanti yang membagi wilayah Kerajaan Mataram Islam menjadi dua bagian, yaitu Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta. Buku ini juga akan menyajikan peninggalan-peninggalan jejak kebesaran penguasa kerajaan Mataram Islam yang masih dapat kita nikmati sampai saat ini di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Daerah tersebut antara lain di Kotagede, Kerto, Pleret, Ambarkerawang Gamping, Krapyak, Keraton Yogyakarta, Pakualaman, Taman Sari, Masjid Kauman, Benteng Vredebrug, Gedung Agung, Malioboro dan masih banyak lagi.

Hikayat Majapahit - Kebangkitan dan Keruntuhan Kerajaan Terbesar di Nusantara

Bersumber dari serat-serat kuno, Nino Oktorino berusaha merekonstruksi lini masa kebangkitan dan keruntuhan Majapahit, sebuah kerajaan yang bukan hanya terbesar di nusantara, tetapi juga disegani di wilayah Asia hingga China. Hikayat Majapahit berusaha memberikan dokumentasi secara objektif dan utuh mengenai kerajaan besar yang dalam historiografi nasional dianggap sebagai cikal bakal dari negara Indonesia modern. Sebuah laporan yang bukan hanya mencatat kisah para penguasa Majapahit tetapi juga kehidupan sehari-hari rakyatnya maupun hubungan kerajaan tersebut dengan dunia internasional pada zamannya. Sebuah catatan sejarah yang tidak hanya menuliskan kesohoran nama Majapahit tetapi juga borok-borok sejarahnya, mulai dari berdirinya hingga keruntuhan kerajaan tersebut.

Walisongo The Wisdom: Syiar 9 Wali Selama 1 Abad

Nusantara telah dinisbatkan sebagai bangsa religius. Penduduk Nusantara mengimani keberadaan Sang Pencipta Tunggal. Mereka dengan mudah mengimani semua yang diturunkan dari sisi-Nya, yaitu para nabi, wali, dan ulama, termasuk kitab suci yang dibawa oleh para utusan Allah.

Demikian pula kehadiran Walisongo yang secara spesifik berhadapan dengan Portugis. Kenapa Walisongo harus melawan Portugis? Ada sejarah panjang apa yang melatari kedatangan Portugis ke Nusantara?

Buku ini membahas kiprah Walisongo dan sejarah Eropa yang melatari kedatangan bangsa Portugis ke Nusantara. Suatu kisah yang dipandu oleh nubuah Rasulullah mengenai kebangkitan Islam dari Timur.

Sma/Ma Buku Interaktif Sejarah Indonesia Kelas 10 Semester 2

Sejarah dan Nasionalisme Indonesia Cita-cita persatuan Indonesia bukanlah omong kosong, melainkan benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa Indonesia sendirl. (Muhammad Yamin) Sejarah mengkaji kehidupan manusia pada masa lalu. Dari kisah masa lalu tersebut pembelajar sejarah dapat mengambil hikmah dan pelajaran untuk diterapkan dalam kehidupannya pada masa kini. Oleh karena itu, sejarah dapat menjadi refleksi bagi kehidupan pada masa kini dan masa depan. Sejarah dapat dijadikan alat bagi suatu bangsa untuk menanamkan semangat kebangsaan bagi generasi penerusnya. Melalui sejarah, generasi penerus bangsa dapat menelisik asal-usul dan perkembangan bangsanya sehingga tertanam kebanggaan akan tanah airnya. Pertanyaannya adalah, buku apa yang cocok untuk tujuan di atas? Buku Interaktif Sejarah Indonesia inilah jawabannya. Tidak seperti buku lainnya yang hanya memuat konten konvensional, buku ini menyajikan konten-konten digital yang dapat Anda akses. Di sinilah letak interaktifnya buku ini. Melalui pembelajaran interaktif ini, Anda akan diajak menyusuri jalan berliku perjalanan bangsa yang Anda cintai Ini. Dari sinilah Anda dapat menanamkan nasionalisme dan menggalang persatuan indonesia.

Hamka – Ulama Serba Bisa Dalam Sejarah Indonesia

Selalu ada kisah menarik soal Hamka, berikut kontroversinya. Sudah banyak kita ketahui lakon sejarah yang pernah dia perankan semasa hidupnya: Hamka bukan ulama biasa, pula bukan pendakwah ala kadarnya.

Hamka seorang penulis yang produktif, dari sastra sampai sejarah. Sebagai aktor politik dalam gelanggang pertarungan kekuasaan, Hamka pengusung Islam yang kukuh dan teguh.

Tentu Hamka pernah pula kesandung. Pada suatu waktu dia nyaris tenggelam bersama kapal Van Der Wijck, roman yang karangannya terbit pada 1939. Tuduhan menjiplak karya Al-Manfaluthi bak peluru meriam yang ditembakkan tepat mengenai lambung kapalnya. Hamka oleng. Serangan dan pembelaan terhadapnya sempat meramaikan jagat kesusastraan.

Buku ini menyajikan beragam cerita perjalanan hidup Hamka yang telah mewarnai kanvas sejarah di Indonesia.

Ekonomi Indonesia : Dalam Lintasan Sejarah

“Dalam dinamika proses pembangunan indonesia sekarang, tugas pengelola negara
adalah secara aktif menumbuhkan iklim kesempatan, membangkitkan daya mampu
serta kecerdasan masyarakat untuk memahami dan membangun zona equilibrium
antara tonggak ekonomi dan tonggak politik.”
-Prof.Dr.Emil Salim, Cendekiawan dan Ekonom

“Sebuah buku ekonomi yang ditulis oleh seorang guru besar yang tidak sekadar berkutat
di teori, tetapi sarat dengan pengalaman nyata dalam pemyelenggaraan berbagai aspek
kehidupan bernegara. Layak dibaca oleh pejabat publik, politisi, mahasiswa, dan umum,”
-Abdillah Toha, Pemerhati Politik Ekonomi

ORIDA: Oeang Republik Indonesia Daerah 1947 - 1949

Bayangkan uang yang dipakai oleh orang Medan berbeda dengan yang digunakan orang Surabaya? Bagaimana jika itu terjadi di banyak daerah? Sejarah mencatat, perbedaan itu pernah terjadi di Indonesia, yakni ketika peredaran Oeang Republik Indonesia mengalami gangguan. Saat itu, pemerintah mengeluarkan uang daerah yang berlaku sementara, yang kemudian disebut sebagai Oeang Republik Indonesia Daerah. ORIDA: Oeang Republik Indonesia Daerah 1947–1949 merupakan buku yang tak hanya menjadi referensi bagi para penggiat numismatika, tetapi juga membingkai warisan sejarah Indonesia. Dengan menampilkan kisah yang melatarbelakangi masing-masing uang daerah, foto, dan penjelasannya, buku ini berhasil memotret bagaimana Republik ini berusaha mempertahankan kedaulatannya di masa-masa awal kemerdekaan. Buku ini jelas akan menjadi pijakan dan panduan penting bagi setiap anak bangsa untuk memahami sejarah Indonesia melalui koleksi mata uang yang beredar pada zamannya.

Mistik Islam Kejawen Raden Ngabehi Ranggawarsita

Wirid Hidayat Jati yang menjadi studi Dr Simuh ini merupakan karya mistik kejawen pujangga besar Jawa Ranggawarsita (1802-1873). Sang pujangga coba meramu ajaran tasawuf Islam dengan ajaran rohaniah Jawa yang bersumber pada hinduisme. Karena itulah ajran-ajaran maupun istilah-istilah yang digunakan dalam Wirid Hidayat jati sebagian besar berasal dari agama islam, namun beberpa akonsep rohaniah berasal dari Ajaran Jawa.

Sufisme Jawa: Transformasi Tasawuf Islam Ke Mistik Jawa

Dr Simuh, sebagai ahli ilmu tasawuf sekaligus ahli kejawen, telah berupaya keras melacak hakikat sufisme Jawa lewat pendekatan historis dan tekstual-kultural. Analisisnya yang sangat kaya informasi dan ilustrasi membuat sufisme Jawa yang sebelumnya remang-remang menjadi benderang. Hal penting yang dilakukan oleh Dr Simuh adalah menggali akar-akar sufisme Islam (tasawuf) dan mistik Hindu-Buddha.

Keduanya telah menyatu secara sinkretis, terutama menyangkut konsep-konsep rohaniah. Mereka yang tertarik menekuni kebudayaan Jawa bisa mengambil manfaat dari buku ini. Buku ini juga dapat dipergunakan sebagai gerbang pengetahuan bagi para pemula dan mahasiswa yang ingin mempelajari ilmu tasawuf, mistik, atau sufisme Jawa.

Perawan Remaja Dalam Cengkeraman Militer

” … kalian para perawan, telah aku susun surat ini untuk kalian, bukan saja agar kalian tahu tentang nasib buruk yang biasa menimpa para gadis seumur kalian, juga agar kalian punya perhatian terhadap sejenis kalian yang mengalami kemalangan itu… Surat kepada kalian ini juga semacam pernyataan protes, sekalipun kejadiannya telah puluhan tahun lewat…”

PRAMOEDYA ANANTA TOER

Beras untuk India: Solidaritas Kemanusiaan dalam Pusaran Revolusi Indonesia dan India 1945-1946

Pada 27 Juli 1946, PM Soetan Sjahrir dan K.L. Punjabi menandatangani perjanjian bahwa Indonesia akan mengirimkan 700.000 ton beras untuk India yang sedang menderita kelaparan. Sebuah kisah tentang solidaritas kedua negara yang berusaha melepaskan diri dari cengkeraman kolonialisme, tetapi jarang dikaji sehingga menjadi pudar dalam ingatan generasi muda.

Buku ini merupakan hasil penelitian bertahun-tahun atas arsip sitaan Dinas Intelijen Belanda (NEFIS) dan dokumen lainnya, merangkai penggalan demi penggalan informasi demi menyajikan sejarah pengiriman beras oleh Indonesia untuk India di masa revolusi secara apa adanya. “Alangkah indahnya jika solidaritas barter antara beras dari Indonesia dan tekstil serta perkakas pertanian dari India diteruskan dengan barter di bidang pendidikan, teknologi, dan investasi.

Jika dua negara besar, dengan kekayaan sumber daya alam serta sumber daya manusia ini bekerja sama dengan semangat kemerdekaan, maka mereka bisa memimpin dunia–tidak dengan menjajah, tapi dengan solidaritas.” Hira Jhamtani (keturunan Sindh India, pengamat kehidupan dan penulis lepas, penulis buku The Landless Winners: Hindu Sindhis in Indonesia)

Islam dalam Arus Sejarah Indonesia

Buku ini menghadirkan narasi dan analisis sejarah bagaimana perkembangan Islam di Nusantara dan peran pentingnya sebagai penyimpul bangsa yang ada. Bagian pertama dari empat bagian yang ada membahas tentang proses awal islamisasi yang berkaitan dengan perdagangan dan pembentukan kerajaan. Bagian selanjutnya memaparkan perkerribangan peradaban Islam di bumi Nusantara yang dilanjutkan dengan bagaimana peradaban Islam Nusantara menghadapi tantangan baru berupa kolonialisme. Dan sebagai penutup adalah paparan tentang awal pergerakan modern Islam di Indonesia.

Ditulis dengan deskripsi sejarah yang perinci, buku ini dapat menjadi referensi penting bagi para mahasiswa dan juga akademisi dalam hal sejarah Islam, khususnya perkembangan dan dinamika Islam Nusantara.

Almanak Sejarah Indonesia

Artikel-artikel di dalam buku ini berasal dari workshop terbatas yang diselenggarakan oleh Consortium for Indonesian Political Research (CIPR/P31) yang difasilitasi oleh Departemen Ilmu Politik Universitas Bakrie Jakarta pada tahun 2017. Buku ini memotret pernak-pernik perubahan sosial politik dari berbagai sudut pandang kasus yang diharapkan bisa digunakan melihat potret demokratisasi dalam kurun 20 tahun terakhir. Seperti apa perjalanan demokrasi Indonesia sejak 1998 adalah tema besar yang diulas dari pelbagai sudut pandang. Kajian mengenai parpol dan pemilu, kebebasan pers, isu-isu seputar populisme, politik perempuan, hubungan sipil-militer, gerakan buruh, kampanye politik dan inovasinya, peradilan pidana dan problematikanya, ketimpangan ekonomi dan lain-lain merupakan isu-isu yang menjadi fokus bahasan, yang kemudian bermuara pada sebuah konklusi: dinamika pasang-surut dalam transisi demokrasi Indonesia memang terjadi.
Di atas semua itu, yang paling menarik dari buku ini adalah menonjolnya kajian-kajian yang mewakili keresahan dan kegelisahan generasi ketiga. Gender, buruh, media serta populisme, terlihat jelas telah melampaui daya tarik generasi kedua. Para penulis dalam buku ini menunjukkan bahwa keterbukaan politik tetap menjadi tujuan, bahkan semua penulis sepakat bahwa Indonesia masih dalam perjalanan menuju sesuatu yang lebih baik—jika tidak ideal. Daya tarik lainnya dari buku ini yang kemudian membedakannya dengan yang lain ialah karena telaah terhadap perkembangan demokrasi di Indonesia dilakukan sepenuhnya oleh peneliti dari Indonesia sendiri. Ini menjadi isu yang bisa jadi sensitif karena cukup lamanya Indonesia bergantung kepada peneliti-peneliti non-Indonesia untuk mendapatkan penjelasan secara akademik mengenai Indonesia. Sudah barang tentu sajian di dalam buku ini bisa menjadi langkah awal menuju objektivitas yang bermutu tinggi dalam melihat Indonesia secara jernih, tanpa bergantung kepada peneliti dan penulis non-Indonesia.

SEJARAH PERADABAN ISLAM

Buku ini memuat perjalanan panjang sejarah peradaban Islam yang dimulai kajian tentang struktur spasial, struktur sosial, serta agama dan kepercayaan masyarakat Arab pra-Islam. Setelah itu, diulas perkembangan Islam periode awal dengan unit kajian, yakni Islam periode Mekkah dan Madinah yang menunjukkan dua kondisi yang kontradiktif dari segi penerimaan Islam sekaligus menjadi faktor penarik dan pendorong terjadinya peristiwa hijrah.

Indonesia Menghadapi Pandemi

Menghadapi tantangan kolosal yg dihadapi peradaban ini, Unika Atma Jaya pada 1 Juni 2020 genap berusia 60 tahun menegaskan posisinya bahwa ingin terlibat konkret untuk menyiapkan peradaban setelah adanya pandemi Covid-19. Semangat kepedulian ini melandasi gagasan penerbitan buku yang berisi perpaduan pemikiran para akademisi di lingkungan Unika Atma Jaya.

Buku ini ditulis dengan melibatkan beragam ahli mulai berdasarkan rumpun ekonomi, sosial, dan kesehatan. Beberapa tulisan dalam buku memiliki tema bagaimana ekonomi mengupas situasi krisis yang bisa menjadi katalisator timbulnya sebuah inovasi. Oleh karena itu, pembahasan soal pemanfaatan teknologi maju misalnya, artificial intelligence & big data pada pengambilan keputusan dapat menjadi relevan. Buku ini tidak hanya berlaku dalam kondisi pandemi Covid-19, tetapi juga menjadi pembelajaran untuk menghadapi situasi lain akan datang.

Sri Mulyani Indrawati selaku Menteri Keuangan Republik Indonesia mengatakan bahwa, “Saya menyambut baik upaya perguruan tinggi menyumbangkan pemikiran mengenai pergulatan Indonesia menghadapi pandemi Covid-19 dari berbagai disiplin ilmu. Terlebih, karena penerbitan buku ini juga dikaitkan dengan upaya nyata pemberian beasiswa bagi para mahasiswa/calon mahasiswa yang terkena dampak Covid-19.”

Lalu Kemendikbud, Nadiem Anwar Makarim juga mengatakan, “Kami menyambut baik upaya Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya yang menerbitkan buku mengenai perjuangan Indonesia dalam menghadapi pandemi dari berbagai sudut pandang keilmuan. Semoga penerbitan buku ini menjadi salah satu penanda upaya lebih lanjut dari dunia pendidikan tinggi dalam menciptakan perubahan mendasar, sekaligus juga menginspirasi semangat gotong royong dalam akademik.”

Menuju Sejarah Sumatra: Antara Indonesia dan Dunia

Sumatra adalah sebuah pulau yang sangat luas dan belum banyak diteliti, berpenduduk 43 juta jiwa dan terdiri atas berbagai suku bangsa. Selain dari karya besar William Marsden pada 1783, sedikit sekali tulisan serius mengenai sejarah Sumatra, dan sedikit lagi upaya untuk menguraikan sejarah itu sebagai sebuah kesatuan yang utuh. Berkat sumberdayanya yang berlimpah berupa tanah dan mineral, dan penduduknya yang giat bekerja, Sumatra telah berkembang menjadi wilayah perbatasan Kepulauan Nusantara yang makmur. Tetapi penduduk pulau itu, yang sebagian besar tinggal di dataran tinggi dan baru mengenal negara pada abad ke dua puluh, baru dipersatukan dari sisi politik di bawah pemerintah Belanda di Batavia dan pemerintah Indonesia di Jakarta. Orang Sumatra memiliki tradisi menentang kekuasaan terpusat, dan orang Aceh, seperti pada masa penjajahan Belanda, dapat dipertahankan sebagai bagian dari negara Indonesia hanya melalui kekerasan. Buku ini adalah hasil penelitian yang berlangsung emapt puluh tahun lamanya mengenai sejarah Sumatra dari abad ke-16 hingga zaman kini. Sambil mencari pola-pola kesatuan di pulau perbatasan yang luas itu, buku ini memusatkan perhatian pada Aceh, yang tidak saja memiliki sejarah kenegaraan yang paling beragam, tetapi juga kehadiran yang paling penuh gejolak dibandingkan dengan wilayah Sumatra lainnya.

H.O.S. Tjokroaminoto: Teladan Perjuangan

Haji Oemar Said Tjokroaminoto merupakan nama besar dalam pergerakan nasional Indonesia. la sudah membuktikan bahwa pengabdian bukan meminta seberapa besar gaji atau imbalan, tetapi berkaitan dengan seberapa besar tenaga, harta, pikiran dan jiwa yang kita korbankan demi keberkahan. Buku ini memaparkan segala hal tentang H.O.S Tjokroaminoto. Kita perlu mengetahui sejarah perjuangannya. Sebab, semangat dan perjuangan Tjokroaminoto layak kita jadikan inspirasi dan mativasi. Sehingga, kita dapat memahami pemikiran, menyerap semangat dan idealismenya, kemudian dipraktikkan sesuai situasi dan konclisi yang kita alams sekarang. Selamat membaca I

Tan Malaka: Perjuangan & Kesederhanaan

Tan Malaka adalah bapak bangsa Indonesia yang paling dilupakan dalam sejarah. la orang pertama yang menuliskan konsep Republik Indonesia, jauh sebelum Indonesia terbentuk. Kehidupan Tan Malaka banyak diliputi misteri. Sebagian hidupnya dilalui dalam pelarian demi cita-cita utamanya, yakni kemerdekaan Indonesia. Kendati Tan Malaka diangkat sebagai pahlawan nasional oleh Presiden Soekarno, selama masa Orde Baru namanya menghilang dari buku-buku sejarah bangsa Indonesia. Buku ini mengulas berbagai kisah perjuangan Tan Malaka demi kemerdekaan Indonesia yang begitu dicintainya. Bahkan, ia rela tidak berkeluarga demi terus berjuang untuk Indonesia, meskipun harus mati di tangan bangsanya sendiri. Bagaimana kisahnya? Baca selengkapnya di buku ini. Selamat membaca!

The Remarkable Story Of Soekarno

Lahir dengan nama Koesno Sosrodihardjo, putra dari Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai menjalani masa kecilnya sebagai anak yang sakit-sakitan. Oleh karena itu, keduanya memutuskan untuk mengubah nama sang anak dari “Koesno Sosrodiharjo” menjadi “Soekarno”. Namun siapa yang mengira bahwa nama Karno yang diberikan oleh keduanya justru menjadi nama tokoh kunci dalam kemerdekaan Indonesia beberapa tahun kemudian. Soekarno tumbuh menjadi pemuda yang kuat dan karismatik, bahkan dalam kancah menuju dan pascakemerdekaan, Soekarno terbukti telah lihai dalam memainkan hal-hal penting dalam peran-peran sentral yang ia emban.
Bagi Belanda, sepak terjang Soekarno dalam memperjuangkan kemerdekaan dirasa cukup meresahkan. Sehingga mereka memutuskan untuk menangkap dan mengasingkan Soekarno beberapa kali. Tapi nyatanya, pengalaman ditangkap dan diasingkan oleh Belanda tidak lantas membuat nyali Soekarno menjadi ciut. Bahkan, hal tersebut membuat semangatnya dalam melawan penjajahan semakin ganas.
Semasa kepemimpinannya, Soekarno dikenal sebagai sosok pemimpin yang berkarisma. Tetapi, karisma yang dimiliki sang legenda ini bukanlah sesuatu yang menempel karena predikatnya sebagai seorang presiden atau pejuang. Ini adalah percampuran antara bakat alami dan perjalanan hidup yang berliku.

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

gramedia best seller

Tetang Best Seller Buku Sejarah Indonesia

Jelajahi Best Seller Buku Sejarah Indonesia dari Gramedia. Buku disusun berdasarkan penjualan terbanyak.

Selengkapnya