Tokoh

Penemu Permainan Sepak Bola: Ini Sejarah Perkembangannya

Penemu Permainan Sepak Bola
Written by Ananda

Penemu Permainan Sepak Bola – Sepak bola adalah salah satu dari olahraga paling populer di dunia. Di setiap kejuaraan olahraga pasti Grameds akan menemukan olahraga ini dengan banyak peminat dan pendukung dari anak-anak, tua dan muda. Sepak bola biasanya dapat ditemukan di berbagai daerah perkotaan, pedesaan bahkan pelosok. Sangat mudah ditemukan bahkan untuk pemain bola pemula, terutama anak-anak muda.

Penemu Permainan Sepak Bola

Pixabay.com

Soccer, nama lain permainan sepak bola bukanlah permainan baru bagi masyarakat di seluruh dunia, khususnya Indonesia. Permainan sepak bola bisa dimainkan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Nah, cabang olahraga sepak bola itu sendiri memiliki sejarah yang panjang. Ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana sejarah menjadikan sepak bola sebagai olahraga paling populer di dunia? Berikut ini penjelasan sejarah perkembangan dan penemu permainan sepak bola pertama kali dilakukan di dunia:

Sejarah Sepak Bola Dunia

Sejarah sepak bola adalah cabang olahraga yang populer di Cina dari abad ke-2 hingga ke-3. Selama dinasti Han, orang menggiring bola kulit dengan jaring kecil yang disebut tutu. Saat berevolusi menjadi sepak bola sendiri dimainkan di Jepang dengan nama permainan Cuju. Tidak hanya itu, pada abad ke-16, sepak bola merambah ke Italia dan mulai mendapatkan popularitas. Setelah itu, pertandingan sepak bola sendiri bisa disaksikan di banyak negara, mulai dari Inggris, Meksiko, Roma, Amerika Tengah hingga Roma kuno.

Olahraga sepak bola yang tercatat pada tahun 1365 terus berkembang hingga akhirnya tiba di Inggris. Ketika olahraga ini dimulai di Inggris, Edward III melarangnya. Bermain sepak bola saat pertandingan menyebabkan kekerasan dan tindakan brutal. Kemudian pada tahun 1360 Edward III mengizinkan kebangkitan permainan sepak bola. Tapi pertandingan sepak bola itu sendiri tidak berubah, alias kekerasan dan kekejaman di lapangan masih sama.

Hingga tahun 1572, Ratu Elizabeth melarangnya kembali permainan sepak bola tanpa kompromi, disertai dengan sanksi berat bagi mereka yang terus bermain sepak bola, yakni pemenjaraan bagi orang tersebut. Pada akhir tahun 1680, larangan itu dicabut lagi oleh Charles II. Berikut ini adalah sejarah asal mula sepak bola modern menurut tahun dan negaranya.

  1. Asosiasi Sepak Bola Inggris didirikan pada tahun 1863
  2. Pada tahun 1885, pertandingan sepak bola dimainkan di luar Inggris, yakni pertandingan Kanada vs Amerika
  3. Pertemuan pertama diadakan pada tahun 1886 untuk membahas pembentukan grup, Asosiasi Sepak Bola Dunia
  4. Ada seorang wasit yang menjadi pemilik penuh permainan sepak bola pada tahun 1888
  5. Pada tahun 1904, Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) yang terdiri dari Swedia, Swiss, Spanyol, Belanda dan Belgia didirikan di Prancis

Penemu Permainan Sepak Bola

Sejarah Penemu Permainan Sepak Bola

Pakah Grameds mengetahui siapa penemu perminan sepak bola dan bagaimana ia menemukannya? Sebenarnya sejarah permainan sepak bola pertama dibagi menjadi dua bagian. Yang pertama adalah zaman kuno yang berasal dari sekitar 4.500 SM dan zaman modern. Berikut ini sejarah penemuan permainan sepak bola dari awal permainan ini ada:

1. Sepak Bola Di Zaman Kuno

Beberapa artefak peninggalan menunjukkan bahwa sepak bola telah dimainkan sejak zaman Maya kuno, Mesir kuno, Tiongkok kuno, dan Romawi.

2. Sepak Bola Zaman Mesir Kuno

Sekitar 2500 SM orang Mesir Kuno menggunakan bola yang terbuat dari linen. Bola itu ditemukan di sebuah makam kuno, peninggalan orang Mesir kuno. Mereka juga membuat bola menggunakan bahan yang terbuat dari usus atau kulit hewan, dengan tujuan agar bola lebih elastis. Para arkeolog mengklaim bahwa orang Mesir kuno memainkan permainan seperti sepak bola ketika mereka merayakan festival kelahiran sebagai tanda penghargaan atas panen yang baik.

3. Sepak Bola Di Zaman Maya Kuno

Permainan sepak bola di zaman Maya ada sekitar 3000 atau 1400 SM. Popol Vuh adalah seseorang yang bisa menjelaskan bagaimana bangsa Maya bermain sepak bola. Sepak bola bangsa Maya adalah olahraga kematian. Pemain yang menang dianggap sebagai pahlawan dan yang kalah mengalami kemalangan kematian. Sebagai bangsa Maya percaya pada saat itu, mereka dibunuh dan dikorbankan untuk melahirkan dan berkah untuk didedikasikan kepada para dewa.

Dalam pertandingan sepak bola ini, suku Maya menggunakan bola karet berdiameter sekitar 20 inci. Olahraga berlangsung di arena yang dindingnya terbuat dari batu di kiri dan kanannya, dengan ukuran lapangan mulai dari 34 meter hingga 139 meter.

Sebuah batu berbentuk cincin tergantung di dinding dari pemain tersebut dan pemain hanya diperbolehkan menggunakan pinggul dan pahanya untuk memasukkan bola ke dalam lubang di ring batu. Mereka tidak bisa menyentuhnya. Permainan biasanya berakhir ketika pemain dapat memasukkan bola ke dalam ring batu.

4. Bola Sepak Di Zaman Cina Kuno

2000 tahun kemudian, permainan seperti sepak bola muncul di Cina. Tepatnya, sekitar 476 SM hingga 221 SM Orang Cina kuno menyebut permainan sepak bola ini dengan istilah Cuju. Cuju didefinisikan sebagai “menendang bola dengan kaki” dan bolanya terbuat dari kulit yang diisi dengan boneka binatang. Kemudian bermain di lapangan persegi panjang.

Untuk mencetak gol, mereka harus menembakkannya ke dalam lubang yang tergantung di antara dua tiang. Permainan Cuju sendiri merupakan permainan yang paling banyak dimainkan oleh para prajurit dan pimpinan militer agar tetap bugar dan sehat. Aturan sepak bola Cuju memungkinkan pemain menyentuh bola di bagian tubuh manapun kecuali lengan dan tangan. Wasit juga berpartisipasi dalam aturan ini untuk memastikan bahwa pemain mematuhi aturan permainan.

Dalam permainan Cuju ini, jumlah pemainnya sangat fleksibel, dari 2 sampai 10 orang. Namun, dalam permainan resmi yang disponsori Kerajaan, jumlah pemain berkisar antara 12 hingga 16. Namun, pada pertengahan abad ke-17, popularitas permainan Cuju sendiri mulai menurun.

5. Sepak Bola Bangsa Romawi

Orang Romawi mungkin juga memainkan permainan seperti sepak bola. Faktanya, sepak bola Romawi kuno tidak memiliki aturan, strategi, atau taktik. Permainan ini dimainkan hingga 54 pemain, terdiri dari 27 pemain dari setiap tim. Tujuan dari permainan itu sendiri adalah memasukkan bola ke gawang lawan. Permainan ini sangat populer saat mengikuti Olimpiade Roma. Itu sangat populer dan datang untuk dimasukkan dalam bagian awal Olimpiade. Tentu saja, banyak pemain cedera dan kembali ke rumah selama pertandingan ini.

6. Sepak Bola Abad Pertengahan

Pada Abad Pertengahan, Inggris dikenal sebagai negara yang lebih mengembangkan tradisi sepakbola abad pertengahan sekitar abad ke-14. Saat itu, sepak bola Inggris dimainkan dengan jumlah pemain yang tidak terbatas dan tidak diatur sampai sekarang. Pemain tersebut dapat terus bermain selama tindakannya terhadap lawannya tidak mengarah pada kekerasan. Dan permainan sepak bola ini terkadang menggunakan jalan untuk mengubah kota menjadi lapangan sepak bola yang sangat besar.

Siapapun dapat berpartisipasi dalam permainan ini, sehingga kerusuhan dapat terjadi karena kurangnya aturan yang jelas. Permainan terus berkembang dan menjadi populer pada akhir abad ke-14 dan menjadi budaya masyarakat Inggris. Akibatnya, banyak yang percaya bahwa sepak bola berasal dari Inggris, dan banyak yang percaya bahwa Inggris adalah rumah bagi sepak bola.

Penemu Permainan Sepak Bola

Awal Permainan Sepak Bola

Akar sejarah panjang sepak bola berasal dari abad ke-2 dan ke-3 SM. Awalnya, sepak bola dimainkan dengan menggiring bola ke gawang kecil. Seiring waktu, olahraga ini dibawa ke Eropa, atau lebih tepatnya ke Inggris.

1. Dari Cina ke Inggris

Dari Cina hingga Inggris, sepak bola berkembang pesat dengan diperkenalkannya berbagai aturan main. Sepak bola Barat dimulai di bidang sekolah dan perguruan tinggi dan dimainkan di antara mereka. Sedikit demi sedikit, secara resmi dimulai sebagai liga independen. Olahraga sepak bola itu sendiri telah berkembang dan diadakan untuk kompetisi profesional.

2. Pendirian Klub Sepak Bola

Sheffield FC adalah klub sepak bola yang terdaftar sebagai klub tertua di dunia. Didirikan pada tahun 1857. Hingga saat ini, dominasi sepakbola sendiri merupakan olahraga yang paling diminati.

Perkembangan Sepak Bola Modern

Sepak bola modern mulai berkembang pertama kali di Inggris dan sangat diapresiasi oleh masyarakat. Di beberapa kompetisi, permainan ini menyebabkan banyak kekerasan dan cedera selama pertandingan. Ini karena aturan terpadu untuk sepak bola belum ditetapkan, ada perkembangan pesat pada tahun 1815 dan sepak bola tersebar luas di perguruan tinggi dan sekolah.

Sepak bola modern dilahirkan kembali di Freemason’ Tavern pada tahun 1863 ketika 11 sekolah dan klub berkumpul untuk mengembangkan aturan standar untuk permainan sepak bola. Dalam pertemuan tersebut, rugby dan sepak bola (soccer) sangat jelas dibedakan. Pada tahun 1869, kepemilikan bola dilarang.

Selama abad ke-19, olahraga ini diperkenalkan dan dipromosikan oleh pelaut, pedagang, dan tentara Inggris di seluruh dunia. Sepak bola mulai berkembang ke Inggris setelah abad ke-14 dan sangat populer di Inggris. Pada tahun 1860, untuk permainan sepak bola yang berantakan seperti permainan sebelumnya. Aturan permainan dibuat lagi untuk menghindari kebingungan. Sayangnya, pada saat itu, aturan antara satu tim dengan tim lain memiliki aturannya sendiri.

Pada tahun 1863, beberapa klub dengan total 12 tim berkumpul di London untuk menyepakati aturan pertandingan sepak bola. Setelah itu, karena adanya asosiasi tersebut, maka lahirlah sebuah asosiasi sepak bola yang bernama Football Association (FA) di Inggris Raya, dan diadakanlah turnamen sepak bola pertama yang disebut dengan FA Cup.

Berdasarkan 12 tim tersebut, regulasi sepakbola telah menyebar ke negara-negara Eropa lainnya seperti Belanda, Prancis, Spanyol, dan Swedia. Penemu sepak bola masih kontroversial, namun banyak sumber menyebutkan bahwa Inggris dikenal sebagai penemu permainan sepak bola pada tahun 1863. Saat pukul berlalu, menjadi jelas bahwa banyak negara di seluruh dunia sedang menikmati sepak bola, sehingga sebuah federasi dari beberapa negara yang disebut FIFA (Federasi Sepak Bola Internasional) di Paris, Prancis pada tanggal 21 Mei 1904.

Penemu Permainan Sepak Bola

Bicara tentang sejarah permainan sepak bola tidak lepas dari Piala Dunia, yakni kejuaraan paling bergengsi di dunia olahraga. Sejarah Sepak Bola Dunia sendiri sudah terkenal sejak tahun 1930, saat Piala Dunia pertama kali diadakan di Uruguay, lebih tepatnya 13-30 Juli 1930. Sejauh ini, Piala Dunia telah diselenggarakan sebanyak 20 kali. Piala Dunia diadakan secara teratur setiap empat tahun dan biasanya satu atau lebih negara dipilih untuk menjadi tuan rumah turnamen besar ini. Pada tahun 2014, Brasil adalah negara tuan rumah terakhir Piala Dunia, di mana Jerman muncul sebagai juara. Piala Dunia berikutnya akan diadakan di Rusia pada 2018 dan di Qatar pada 2022.

Negara Brasil mengoleksi trofi terbanyak dengan lima trofi sejak Piala Dunia pertama, disusul Italia dengan empat trofi. Indonesia sendiri bisa dikatakan rem performa saat ini, namun ternyata sejarah persepakbolaan Indonesia juga tertulis di buku sejarah Piala Dunia.

Berdirinya Federasi Sepak Bola

Sepak bola terus berkembang pesat dan telah menjadi olahraga paling populer di dunia. Asosiasi Sepak Bola Internasional didirikan pada tahun 1904. Setelah berdirinya FIFA, sepak bola mulai berkembang di berbagai negara, membangun sistem dan struktur yang mapan untuk mendukung kompetisi.

Hingga saat ini, berbagai liga dan kejuaraan telah diselenggarakan dan dimainkan di seluruh dunia, mulai dari tingkat nasional, kontinental, dan dunia. Turnamen paling populer dengan pasar siaran tertinggi adalah Liga Premier Inggris, Piala Champions UEFA untuk klub-klub Eropa, dan Piala Dunia, turnamen klub nasional kelas dunia.

Sejarah Sepak Bola Indonesia

Sejarah sepak bola Indonesia dimulai pada tahun 1914, ketika sebagian besar nusantara dijajah oleh pemerintah Belanda. Persaingan antar kota di Jawa didominasi oleh dua tim yang masih eksis saat itu: kota Batavia dan kota Surabaya. Ada pasang surut dalam sejarah sepak bola Indonesia. Pada abad ke-20, Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) diakuisisi oleh Ir. Soeratin Sosrosoegondo di Yogyakarta pada 19 April 1930.

Tujuan utamanya adalah ingin menjadi forum terbaik bagi kegiatan olahraga sepak bola di Indonesia. Tanggal berdirinya organisasi PSSI adalah 19 April 1930, dan bertempat di kota Yogyakarta. Belakangan, dengan masuknya Sepak Bola Nusantara ke Piala Dunia 1938, perkembangan sepak bola Indonesia semakin meningkat.

Dalam hal ini, PSSI mengalami perluasan kompetisi sepak bola nasional. Salah satu kompetisi tersebut adalah Liga Super Indonesia dan berbagai kompetisi sepakbola lainnya. Selain itu, PSSI telah membuat turnamen dan kategori sepak bola khusus wanita untuk pemain pria usia tertentu. Untuk kategori putra usia tertentu terdiri dari U15, U17, U19, U21, dan terakhir U23.

Tidak hanya itu. Perkembangan sepak bola di Nusantara terus berlanjut dengan hadirnya klub-klub baru yang masih bermain hingga saat ini, antara lain:

  • Club PSM MAKASSAR (1915)
  • Club PPSM Sakti Magellan (1919)
  • Club Persis Solo (1923)
  • Club Persebaya Surabaya (1927)
  • Club Persija Jakarta (1928)
  • Club PSIS Semarang (1932)

PSSI pindah ke Asosiasi Sepak Bola Dunia FIFA pada tahun 1952 dan ke Konfederasi Sepak Bola Asia AFC dua tahun kemudian, dan mulai bekerja segera. Mengenai turnamen , Indonesia sebelumnya mengadakan dua jenis turnamen: serikat pekerja dan sepakbola hebat (GALATAMA). Namun untuk memperlancar penyelenggaraan dan memperketat kompetisi, PSSI memutuskan untuk menggabungkan dua jenis kompetisi di liga Indonesia seperti yang kita kenal sekarang ini.

Penemu Permainan Sepak Bola

h Sejak awal berdirinya, Tim Nasional Indonesia telah memenangkan beberapa kompetisi, di antaranya Kompetisi Maritim dan Piala Kemerdekaan. Indonesia juga patut bangga menjadi yang pertama berpartisipasi di Piala Dunia untuk Negara- Negara di Asia.

Nah, itulah penjelasan tentang sejarah perkembangan penemu permainan sepak bola. Apakah sepak bola jadi cabang olahraga favorit Grameds? Jika Grameds ingin belajar lebih luas tentang sejarah penemu permainan sepak bola atau cabang olahraga yang lain, maka bisa kunjungi koleksi buku Gramedia di www.gramedia.com, selamat belajar. #SahabatTanpabatas.