in

Profil Wonyoung IVE, Sang It Girl di 4th Generation Idol!

ive.fandom.com

Wonyoung IVE – Jang Wonyoung merupakan seorang penyanyi, penulis lagu, serta MC Korea Selatan yang berkarya di bawah naungan agensi Starship Entertainment. Wonyoung memperoleh perhatian dunia sejak debutnya bersama IZ*ONE di tahun 2018 silam.

Ia kemudian debut kembali bersama dengan IVE pada tahun 2021. Sejak berkarier dalam industri hiburan, gadis cantik ini terus menjadi topik hangat di kalangan warganet sebagai salah satu rookie idol generasi keempat paling populer.

Gadis yang lahir di Seoul, Korea Selatan, pada 31 Agustus 2004 ini memang masih muda, tetapi ia sebenarnya memiliki banyak bakat. Saat telah bergabung dengan IVE, Wonyoung ditunjuk sebagai  center, vokalis, visual, dan lead dancer.

Ia juga berada di peringkat ke-88 The 100 Most Beautiful Faces of 2018 TC Candler Per tahun 2022, Idol Net Worth memperkirakan Wonyoung sudah meraup total kekayaan sebesar 6 juta Dollar AS sejak 2018 hingga 2022. Jumlah tersebut setara dengan 7,9 miliar Won Korea Selatan atau Rp93,8 miliar.

Profil Wonyoung IVE

wonyoung ive
ive.fandom.com

Ayah Jang Wonyoung berprofesi sebagai seorang guru musik di Korea. Sementara itu, ibunya memiliki darah campuran antara Korea dengan Taiwan. Wonyoung memiliki seorang kakak perempuan yang berusia tiga tahun lebih tua darinya.  Tidak banyak yang tahu bahwa gadis dengan zodiak Virgo ini juga memiliki nama Inggris, yaitu Vicky Jang dan nama Cina, Zhang Yuanying.

Semenjak menjadi idol, gadis yang memiliki tinggi badan mencapai 171cm dengan ini sering mendapatkan pujian karena kakinya yang panjang dan indah serta rasio tubuhnya yang ideal.

Sebagai maknae di IZ*ONE, ia adalah member yang paling muda, sedangkan di IVE ia adalah member tertua keempat. Meski begitu, Wonyoung ialah member dengan badan yang paling tinggi baik di IZ*ONE maupun di IVE.

Selain mahir berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, gadis dengan golongan darah O ini juga jago dalam berkespresi di atas panggung. Penyuka es krim choco-mint, beef, tart, dan makanan pedas ini pun dijuluki sebagai Giant Baby, Giant Maknae, Princess, dan Born to be Center dari fans.

Sebelum debutnya dalam girl group, Wonyoung pernah didapuk menjadi model dalam video musik Love It Live It bersama dengan Park Sun dan YDPP. Video musik tersebut disponsori oleh Pepsi Korea (Pepsi x YDPP).

Pendidikan Wonyoung IVE

Wonyoung sudah mengikuti berbagai kursus sedari kecil. Selain mengambil kursus matematika dan bahasa Inggris, lulusan School of Performing Arts (SOPA) Seoul ini juga mengikuti kursus berenang.

Di ranah musik, Wonyoung diketahui bisa memainkan beberapa alat instrumen yang memperkuat musikalitasnya. Seperti piano, biola, dan flute. Kini, ia dikenal luas sebagai idol dan pembawa acara yang dicintai oleh publik.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Mewakili Starship Entertainment di Produce48

wonyoung ive
produce-101.fandom.com

Wonyoung menjadi trainee selama kurang lebih satu tahun dua bulan sebelum akhirnya debut. Ia merupakan salah satu trainee termuda di program acara survival Mnet, Produce48. Starship Entertainment menawarkan peluang audisi kepada Wonyoung setelah ia menghadiri pesta kelulusan kakaknya. Setelah itu, Jang Wonyoung bersedia dan mulai berlatih sebagai trainee di perusahaan agensi tersebut.

Hingga tibalah waktu bagi Wonyoung untuk berpartisipasi dalam Produce48, sebuah acara survival populer di Korea Selatan yang pemenang dari acara tersebut akan dihadiahi proyek girl group baru. Wonyoung bersama dengan Ahn Yujin menjadi perwakilan dari agensi Starship Entertainment di acara survival tersebut pada Juni-Agustus 2018 dengan hasil akhir, Wonyoung berada di peringkat pertama serta menjadikannya sebagai center dalam girl group IZ*ONE.

Kesuksesan Debutnya Bersama IZ*ONE

wonyoung ive
iz-one.fandom.com

Sebelum debutnya bersama IVE, Wonyoung sudah populer sebagai personel dari IZ*ONE pada Oktober 2018 dan kini bubar karena masa kontraknya selama 2,5 tahun (2018-2021) telah berakhir. Di IZ*ONE, Jang Wonyoung diposisikan menjadi center dan sub-vocal. Bersama IZ*ONE, Wonyoung dkk telah merilis:

  1. Mini-album Korea: COLOR*IZ (2018), HEART*IZ (2019), Oneiric Diary (2020), dan One-reeler / Act IV (2021).
  2. Mini-album Jepang: Suki to Iwasetai (2019), Buenos Aires (2019), dan Vampire (2019).
  3. Full-album Korea: BLOOM*IZ (2020).
  4. Full-album Jepang: Twelve (2020).
  5. Single kolaborasi: Rise (2019), D-D-DANCE (2021), ZERO;ATTITUDE (2021), dan Rewind : Blossom (2021).

IZ*ONE Meledak di Pasaran

wonyoung ive
iz-one.fandom.com

Proyek girl grup dari acara Produce 48, IZ*ONE yang debut pada 2018, sejak awal direncanakan hanya akan berlangsung selama 2 tahun 5 bulan. IZ*ONE resmi bubar pada 29 April 2021.

Grup ini beranggotakan 12 member yang berasal dari Korea dan Jepang, yaitu

  1. Jang Won Young: Lead dancer, sub vocalist, sub rapper, center, maknae
  2. Miyawaki Sakura: Sub-vocalist, sub rapper, visual
  3. Jo Yuri: Main vocalist
  4. Choi Yena: Main rapper, lead vocalist, lead dancer
  5. Ahn Yujin: Lead dancer
  6. Yabuki Nako: Sub vocalist
  7. Kwon Eunbi: Leader, main dancer, lead vocalist.
  8. Kang Hyewon: Lead rapper, sub vocalist, visual
  9. Honda Hitomi: Lead dancer, sub vocalist, sub rapper
  10. Kim Chaewon: Lead vocalist, lead dancer
  11. Kim Min Ju: Lead rapper, sub vocalist, visual
  12. Lee Chae Yeon: Main dancer, lead vocalist, lead rapper

Sebelum resmi dibubarkan, WIZ*ONE (sebutan untuk penggemar IZ*ONE) telah melakukan upaya untuk mencegah pembubaran dengan memulai inisiatif yang dinamai “Parallel Universe” pada 21 April 2021. Aksi inisiatif tersebut berhasil mengumpulkan hingga 1 miliar won atau setara dengan Rp 12,7 miliar. Akan tetapi, dukungan WIZ*ONE tersebut ditolak oleh agensi dan IZ*ONE pun akhirnya tetap dibubarkan sesuai rencana awal.

Selama masa promosinya, IZ*ONE memiliki banyak sekali prestasi. Melalui mini-album pertamanya yang bertajuk COLOR*IZ, mereka meraih beberapa penghargaan, yakni Best New Artist dalam Mnet Asian Music Awards ke-20, New Artist Award pada Seoul Music Awards ke-28, dan Rookie of The Year di Golden Disc Awards ke-33.

Mini-album kedunya HEART*IZ juga memperoleh sambutan baik. IZ*ONE berhasil dinominasikan Bonsang pada Golden Disc Award ke-34 dan Seoul Music Awards ke-29. Lagu utama dalam mini-album tersebut “Violeta” dinominasikan Song of The Year pada Mnet Asian Music Awards ke-21.

IZ*ONE memperoleh nominasi penghargaan Daesang pertama melalui album BLOOM*IZ. Album ini juga dinominasikan sebagai Album of The Year Melon Music Awards ke-12 dan juga Gaon Chart Music Awards ke-10. Lagu utama dalam album ini, “Fiesta” juga turut dinominasikan dalam Best Dance dan Female Song Of The Year.

Lalu, IZ*ONE menerima Bonsang Artist of The Year di Melon Music Awards serta diberikan tambahan nominasi Bonsang pada Seoul Music Awards ke-30. Album berikutnya Oneiric Diary juga dinominasikan sebagai Album of The Year Gaon Awards serta menerima penghargaan, yaitu Artist of The Year ketiga dalam acara Fact Music Awards.

Setelah kontraknya habis, IZ*ONE sempat menjadi pemenang dalam nominasi Artist of The Year Album Division Quarter Pertama di ajang Gaon Chart Music Awards. Album “One Reeler / Act IV” dengan lagu utanabta “Panorama” berhasil membuat IZ*ONE memenangkan penghargaan tersebut. Album terakhir IZ*ONE tersebut sangat populer dan terjual lebih dari 400.000 eksemplar.

IZ*ONE menjadi girl group kedua setelah SNSD yang mendapatkan penghargaan tersebut. Hal itu membuat grup yang debut di bawah naungan Off The Record Entertainment itu langsung menjadi perbincangan dan menduduki trending topic Twitter Korea.

Wonyoung Debut Kedua Bersama IVE

wonyoung ive
ive.fandom.com

Pada bulan September 2021, Wonyoung terpilih sebagai MC (master of ceremony) di KBS membawakan acara Music Bank (dengan Sunghoon ENHYPEN). Mereka dipilih sebagai presenter baru untuk menggantikan MC sebelumnya, yakni Soobin TxT dan Arin OH MY GIRL.

Kemudian, Wonyoung bersama dengan rekannya sejak Produce48 dan IZ*ONE, Ahn Yujin dipilih sebagai menjadi member untuk IVE. Girl group yang beranggotakan enam orang gadis cantik tersebut resmi diumumkan pada November 2021 oleh Starship Entertainment. IVE berhasil melakukan debutnya pada 1 Desember 2021 dengan single mereka yang bertajuk Eleven.

Jang Wonyoung menjadi member IVE bersama dengan Ahn Yujin, Kim Gaeul, Naoi Rei, Liz (Kim Ji Won), dan Leeseo (Lee Hyun Seo). Debut IVE dimulai dengan penampilan perdana mereka di acara Music Bank KBS2 dengan membawakan Eleven.

Raih Kesuksesan Masif Kelas Dunia

Selang dua minggu, lagu tersebut sukses meraih berbagai peringkat di World Digital Song Sales, Billboard Charts, Billboard Global 200, dan Billboard Global Excl US Charts. Selain itu, lagu “Eleven” juga berhasil memasuki Billboard’s Hot Trending Songs chart, Billboard Artist 100, Top User Generated Songs chart di Billboard Jepang, dan Japan Hot 100 chart.

IVE kemudian mendapat penghargaan dari MBC’s Show Champion. Sementara itu, lagu Eleven menang berkali-kali di berbagai acara musik, termasuk triple crown dari SBS Inkigayo, Music Core MBC, dan Music Bank KBS2.

Eleven juga tercatat memiliki penjualan album terbanyak pada minggu pertama perilisannya untuk album debut girl group. Video musiknya telah melampaui 180 juta views pada 3 Maret 2023.

Mencetak Prestasi dan Menjadi yang Terpopuler

wonyoung ive
ive.fandom.com

Pada Januari 2022, IVE terpilih sebagai artis K-Pop yang paling ditunggu-tunggu oleh 31 experts dari berbagai agensi musik terpopuler dalam perusahaan hiburan. Pada awal April, IVE kembali merilis single kedua mereka yang bertajuk Love Dive. Lagu tersebut menjadi viral dan musik videonya mencapai hingga 196 juta penayangan di YouTube pada 3 Maret 2023.

Single ini juga diakses hingga lebih dari 28 juta streaming di berbagai platform musik dan terjual hingga lebih dari 2.800 unit di luar Amerika Serikat dalam kurun waktu satu minggu. Single ini juga sukses menduduki berbagai tangga lagu bergengsi dunia dan juga digunakan sebagai backsound video sebanyak lebih dari 234 ribu kali di platform TikTok.

Dewi Fortuna terus berpihak pada IVE, single ketiga mereka yang bertajuk After Like sejak Agustus 2022 menjadi populer dan disukai oleh masyarakat luas. Perilisan single After Like dilanjutkan dengan debutnya IVE di Jepang dengan meluncurkan lagu “Eleven” versi bahasa Jepang pada Oktober 2022.

Pada 15 November 2022, lembaga pemasaran Shibuya109 Lab (Shibuya109 Entertainment), Jepang, mengadakan survei mengenai Next Generation K-Pop Idols. Survei tersebut menggunakan responden wanita berusia 15-24 tahun. IVE berhasil menjadi juara pertama serta mencuri hati nasyarakat karena lagu, fashion, serta pose mereka dalam berbagai foto mereka yang dinilai layak untuk dijadikan sebagai panutan.

16 November 2022, IVE turut berpartisipasi dalam Spotify Holiday Single tahunan yang terdiri dari berbagai lagu proyek dari banyak artis pilihan dalam rangka untuk menyambut Natal dan tahun baru 2023.  Hal tersebut membuat IVE menjadi artis Korea pertama yang turut andil dalam proyek tersebut. Adapun versi remix dari After Like versi Holiday terpilih dan dirilis secara eksklusif di seluruh dunia oleh Spotify.

Jadi Bintang Iklan Beragam Brand Kenamaan

Pesona serta kecantikan Jang Wonyoung IVE memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Berkat kharisma dan visualnya yang menawan, ia pernah didapuk untuk menjadi bintang iklan dari berbagai brand, yaitu Miu Miu, Kirsh, dan Chaumet pada tahun 2021.  Pada tahun yang sama, Wonyoung yang memiliki kecantikan memesona tersebut juga didapuk untuk membintangi iklan dari brand lain, yakni Innisfree, Laura Mercier, dan Pepsi Zero: Attitude.

Semakin Bersinar di Industri Hiburan Korea

Pada tahun 2021, nama Jang Wonyoung dinominasikan oleh KBS dalam kategori Rookie Award in Show/Variety di KBS Entertainment Awards. Pada tahun tersebut, Wonyoung pun meraih penghargaan Best Couple Award dari ajang yang sama dengan Park Sung-hoon ENHYPEN.

Pada Juli 2022, dirilis video musik Blue & Black yang berkaitan dengan Pepsi. Lagu tersebut merupakan kolaborasi dari Wonyoung dan Leeseo dari IVE, Hyojung dan Arin dari Oh My Girls, serta Jungmo dan Serim dari Cravity. Karya kolaborasi tersebut sukses mendapatkan sambutan hangat. Bahkan para penikmat musik mengatakan bahwa lagu itu merupakan kombinasi yang menyegarkan di dunia K-Pop.

Pada usia yang masih 18 tahun, Jang Wonyoung sudah meraup kekayaan hingga 6 juta Dollar AS. Jumlah tersebut setara dengan Rp93,8 miliar atau 7,9 miliar Won Korea Selatan. Memulai kiprahnya sejak usia 14 tahun, kini Wonyoung IVE sukses dikenal oleh masyrakat internasiona dan masih terus menjalani kariernya sebagai idol dari Korea Selatan.

Demikian pembahasan tentang Wonyoung IVE, semoga semua pembahasan di atas dapat menjadi inspirasi kamu dalam meraih kesuksesan.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Jika kamu ingin mencari buku yang isinya berupa cara belajar bahasa Korea, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

1. Bahasa Korea Bareng BTS

Bahasa Korea adalah bahasa resmi Korea Selatan maupun Korea Utara. Bahasa ini juga digunakan secara luas di Yanbian, Tiongkok Timur Laut. Secara keseluruhan, ada sekitar 78 juta penutur bahasa Korea di seluruh dunia termasuk beberapa kelompok besar di Amerika Serikat, Kanada, Rusia. dan Jepang. Klasifikasi resmi bahasa Korea masih belum disetujui secara universal, tetapi dianggap oleh banyak orang sebagai bahasa isolat. Beberapa ahli bahasa memasukkannya ke dalam kelompok bahasa Altaik. Bahasa Korea juga banyak mirip dengan bahasa Jepang yang status kekerabatannya juga kurang jelas.

Saat ini, bahasa Korea menjadi salah satu bahasa yang saat ini banyak diminati oleh berbagai negara, termasuk Indonesia. Nah, bagi KLovers yang ingin belajar bahasa Korea secara otodidak, Buku “Les Bahasa Korea Bareng Bts” akan membantu Anda dalam belajar bahasa Korea secara otodidak dengan cara yang unik dan asyik bersama BTS.

2. Kpop Party

K-Pop sudah ada sekitar tiga generasi. Generasi pertama digawangi oleh H.OT, G.O.D, Sechs Kies, Turbo, S.E.S dan sebagainya. Mereka rata-rata debut pada tahun 1990 hingga awal tahun 2000. Generasi pembaharuan K-Pop sendiri muncul pada tahun 2000-an dengan munculnya idol band-idol band terkemuka seperti TVXQ, Big Bang, dan Super Junior. Generasi kedua ini mewabah seiring dengan perkembangan zaman yang makin modern. Selera masyarakat dunia pun makin terpuaskan dengan lagu-lagu hasil grup-grup idola generasi kedua ini. Intinya, generasi kedua adalah generasi pembaharu, generasi pembeda dari generasi sebelumnya.

Tidak puas dengan generasi kedua, setelah tahun 2010 terbentuklah generasi ketiga dari K-Pop dan sampai detik ini masih banyak saja band-band yang terbentuk dan hilang satu demi satu mengikuti seleksi alam. Buku ini tidak akan membahas semua grup K-Pop yang pernah ada, namun hanya mengambil sampel supaya Anda yang awam dengan K-Pop bisa mengerti sedikit banyak.

3. All About Kfood in Kpop, Kdrama, Kvariety

Segala sesuatu tentang Korea memang telah menarik perhatian banyak orang. Mulai dari musik, fashion, makeup, skincare, drama, sampai makanan Korea yang berhasil membuat seluruh fans di dunia selalu ingin tahu lebih banyak tentang Korea.

Makanan-makanan ini tentunya cukup populer di Korea Selatan, dan memang digemari banyak orang. Seperti sundubu jjigae atau sup tahu yang enak, sampai ayam goreng Korea yang kelezatannya sudah mendunia.

Nah, pasti udah gak asing lagi kan sama makanan Korea? Kuliner Korea menjadi sangat popular di seluruh dunia, apalagi saat para K-Pop idol ikut memperkenalkan makanan favorit khas Negeri Gingseng tersebut. Kira-kira apa saja ya makanan Korea favorit K-Pop idol? Let’s check this out!

Rujukan:

  • https://iz-one.fandom.com/wiki/Wonyoung
  • https://ive.fandom.com/wiki/Wonyoung

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.