in , ,

V Alias Taehyung BTS: Si Tampan dengan Sejuta Kemampuan

Sumber: Weverse

Taehyung BTS –Siapa yang tak mengenal BTS? Salah satu boygroup ternama asal Korea Selatan yang beranggotakan tujuh orang, yakni RM, Jin, SUGA, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook. Dari ketujuh member tersebut, salah satu yang sangat populer ialah V, alias Kim Tae-hyung.

Taehyung adalah member BTS termuda kedua setelah Jungkook. Digadang-gadang sebagai pria paling tampan sedunia, siapa sebenarnya Taehyung dan bagaimana perjalanannya dalam berkarir di dunia hiburan?

Grameds, khususnya yang juga ARMY, mari lebih mengenal seorang Kim Tae-hyung atau Taehyung melalui artikel ini!

Profil Taehyung BTS

Seorang Kim Tae-hyung dikenal secara luas dengan nama panggungnya, V. Ia merupakan penyanyi yang juga menulis lagu, seorang produser rekaman, dan aktor di bawah naungan Big Hit Music, agensi asal Korea Selatan. Bersama grup musiknya, BTS, Taehyung menjadi seorang vokalis, sekaligus penari dan visual dari grup tersebut.

Meski berlaku sebagai V dari BTS, Taehyung mempunyai julukan lain seperti TaeTae, TeTe, Blank Tae, dan sebagainya. Taehyung dilaporkan pernah tinggal bersama enam member BTS dalam waktu yang sangat lama sebelum memiliki apartemennya sendiri di Samseong-dong. Para anggota BTS sendiri pernah tinggal di Hannam The Hill, sebuah kompleks kondominium elit di Seoul, Korea Selatan.

Bertahun-tahun yang lalu, saat usia Taehyung masih 15 tahun, ia menemani temannya untuk mengikuti audisi besutan Big Hit Entertainment. Di sinilah, semuanya dimulai. Saat itu, Taehyung hanya ikut untuk mendukung temannya, tetapi ia justru diperhatikan oleh seorang eksekutif yang pada akhirnya mendorongnya untuk ikut serta dalam audisi tersebut.

Nyatanya, kala itu, Taehyung tak memiliki rencana dan persiapan apa pun untuk mengikuti audisi. Ia bahkan harus menelepon kedua orang tuanya untuk meminta dan akhirnya mendapatkan izin. Bagusnya, ia berakhir lulus dan menjadi trainee resmi Big Hit Entertainment.

Bts Off The Record

Bts Off The Record
Bts Off The Record

Lantas, seorang Taehyung akhirnya debut resmi bersama BTS pada 2013. Seiring berjalannya waktu, setelah mengalami berbagai rintangan dan penolakan, grup itu pun menjadi salah satu yang paling populer dan dicintai di generasinya. Bahkan, BTS digadang-gadang memiliki grup penggemar terbesar, ARMY.

Saat ini, sebagai member BTS juga artis solo, Ia telah merilis beberapa lagu yang diproduksinya sendiri, seperti Scenery, Winter Bear, sampai Sweet Night. Lagu-lagu ini memiliki pesan romantisnya sendiri-sendiri di berbagai keadaan. Bahkan, Taehyung juga memulai debut aktornya sebagai pemeran pendukung dalam drama “Hwarang: The Poet Warrior Youth”.

Kehidupan dan Fakta Taehyung BTS

taehyung bts
Sumber: Weverse

Berikut ialah ringkasan kehidupan Kim Tae-hyung hingga saat ini, serta berbagai fakta yang menarik untuk dibahas. Mari simak bersama, Grameds!

Kehidupan Awal dan Pendidikan

Sebelum menjadi seorang V yang dikenal dengan superluas, ia adalah Kim Tae-hyung yang lahir pada 30 Desember 1995 dan dibesarkan di Geochang-gun (Kota Geochang), Daegu, Korea Selatan. Sebagai anak tertua dari tiga bersaudara, Taehyung memiliki dua adik: satu laki-laki dan satu perempuan.

Saat sekolah dasar, Taehyung mulai bermimpi untuk menjadi penyanyi profesional. Ia pun berakhir mengambil mata pelajaran saksofon saat awal sekolah menengahnya. Hal ini ia lakukan sebagai “tangga” untuk mengejar karir. Lantas, usai memenangkan audisi secara “tidak sengaja”, ia akhirnya menjadi trainee resmi.

Pada 2014, Taehyung kemudian lulus dari Korean Arts High School. Lalu, ia memutuskan untuk mendaftar di Global Cyber University dan lulus dari jurusan Broadcasting and Entertainment pada Agustus 2020. Sebagai langkah selanjutnya, Taehyung melanjutkan ke Hanyang Cyber University dan mengejar gelar Master of Business Administration dalam bidang Advertising & Media.

Karier Taehyung BTS

Grameds, bagi kamu yang merupakan ARMY, pasti tak sabar untuk membahas track record seorang V BTS sejak awal karirnya hingga saat ini! Berikut ulasan terkait karier Taehyung BTS dari tahun ke tahun.

2013–Sekarang: Bersama BTS

Seperti yang kita tahu, Taehyung terus bersama BTS hingga hari ini, sejak debutnya pada 13 Juni 2013, meski grup itu tengah melalui masa hiatusnya. Di M Countdown milik Mnet, BTS debut dengan membawakan lagu “No More Dream” dari album single “2 Cool 4 Skool”.

Untuk pertama kali, nama V atau Kim Tae-hyung ini masuk dalam kredit lagu di komposisi musik pada album “The Most Beautiful Moment in Life, Part 1”. Pasalnya, laki-laki ini turut menulis dan memproduksi lagu populer dalam album tersebut, yakni “Hold Me Tight”. Bahkan, Taehyung juga berkontribusi dalam penulisan lirik untuk lagu “Boyz with Fun”.

Lagu tersebut sendiri, seperti kebanyakan lagu lainnya, disusun bersama oleh member BTS SUGA, alias Min Yoon-gi. Sementara itu, untuk lagu “Run” dalam album “The Most Beautiful Moment in Life, Part 2”, melodi dari V bersama dengan lirik dari Jungkook. Selanjunya, Taehyung melakukan hal yang sama untuk single solo dalam album BTS “Wings”, yakni “Wings” yang menempati posisi ke-26 di Gaon Music Chart dan peringkat 10 di Billboard World Digital Singles Chart.

Taehyung juga menyanyikan lagu “STIGMA” dalam single yang sama. Di sisi lain, secara non-resmi, Taehyung pun telah merilis cover lagu dari “Hug Me” bersama salah satu member lainnya, yakni J-Hope, dan sebuah cover lagi dari lagu Adele, “Something Like You

Pada Mei 2018, lagu solo keduanya, “Singularity” dirilis sebagai trailer untuk album BTS, “Love Yourself: Tear”. Sebulan setelah dirilis, The Guardian menambahkan “Singularity” ke playlist “50 lagu teratas untuk bulan Juni 2018”. Tak hanya itu, Billboard juga memasukkannya ke dalam daftar “Top 50 BTS songs“, pada nomor 28. Lagu ini debut pada radio Inggris di radio BBC pada 25 Oktober.

Sebelumnya, pada 24 Oktober, V menjadi salah satu penerima termuda dari medali Hwagwan Order of Cultural Merit kelas lima yang bergengsi, yang diberikan oleh Presiden Korea Selatan untuk anggota BTS lainnya, atas peran mereka dalam penyebaran budaya Korea Selatan.

V, bersama dengan J-Hope, lantas berkolaborasi dengan penyanyi Swedia, Zara Larsson, dalam sebuah lagu berjudul “A Brand New Day” yang digarap untuk album soundtrack game mobile BTS World. Dirilis pada 14 Juni 2019, lagu tersebut bertengger di nomor 1 World Digital Song Sales Chart.
Setelah 8 bulan, Taehyung kembali berkolaborasi dengan Jimin dalam Album “Map of the Soul: 7”, tepatnya pada lagu “Friends”. Ada pula lagu “Inner Child” yang Taehyung nyanyikan sendiri di album tersebut.

2016–sekarang: Adanya Kegiatan Solo

Fokus pada karier solo, berikut lanjutan dari track record seorang Kim Tae-hyung sebagai V, Grameds. Penasaran, bukan?

Pada tahun 2016, Taehyung melakukan debut aktingnya sebagai pemeran pendukung dalam drama sejarah besutan KBS2, “Hwarang: The Poet Warrior Youth”. Ia juga berkolaborasi dengan sesama member BTS, Jin, untuk menyanyikan soundtrack drama tersebut yang berjudul “It’s Definitely You”.
Pada 8 Juni 2017, ia merilis lagu “4 O’CLOCK“, yakni sebuah lagu yang ia produksi bersama dengan leader BTS, RM atau Kim Nam-joon. Lagu ini sendiri dirilis utamanya untuk merayakan ulang tahun keempat BTS.

Taehyung merilis lagu solo penuh pertamanya di luar BTS dengan lagu berjudul “Scenery“, pada 30 Januari 2019 pada halaman akun SoundCloud grup itu. lagu ini ditulis dan digarap sendiri oleh Taehyung, dengan produksi oleh produser Big Hit, Docskim, Pdogg dan Hiss Noise.

Taehyung bahkan memotret sampul untuk single tersebut. Lagu “Scenery” akhirnya memecahkan rekor SoundCloud dan mencapai 100 juta putaran dari 20 juta dalam lebih dari empat belas hari, waktu tersingkat untuk platform tersebut. Bahkan usai dua minggu dirilis, lagu yang banyak dianggap cantik dan romantis ini kembali memecahkan rekor streaming harian.

Tujuh bulan kemudian, Taehyung merilis lagu solo keduanya dan lagu berbahasa Inggris lengkap pertamanya yang berjudul “Winter Bear” melalui SoundCloud, disertai dengan video musik yang ia atur sendiri dan tayang pada Kanal YouTube BTS. Ia ikut memproduksi lagu tersebut bersama RM, Hiss Noise, dan Adora. Ia juga memotret sampul sampul menggunakan salah satu nama sebutnya, Vante.

Pada 2020, Taehyung kembali turut serta dalam sebuah lagu soundtrack untuk drama garapan JTBC, “Itaewon Class”, yakni “Sweet Night”. Lagu tersebut diproduksi, ditulis, dan dinyanyikan langsung oleh sang V dan merupakan lagu full bahasa Inggris, Grameds.

Lagu yang dinilai hangat ini debut pada nomor dua chart Digital Song Sales Billboard AS, yakni merupakan debut tertinggi solois asal Korea dalam sejarah. Sementara itu, Taehyung kembali merilis “Snow Flower” pada 25 Desember 2020.

Komik Next G Demam Bts Rpl

Komik Next G Demam Bts Rpl
Komik Next G Demam Bts Rpl

Dampak dan Pengaruh

Kita pasti kerap mendengar istilah i purple you di kalangan penggemar BTS. Bahkan, beberapa non-penggemar pun tak jarang menggunakan frasa ini untuk mengungkapkan kecintaan mereka terhadap sesuatu.

Frasa i purple you sebenarnya diciptakan oleh V alias Kim Tae-hyung saat fanmeeting BTS November 2016 silam, untuk disampaikan kepada para ARMY dan menunjukkan bahwa Ia akan mencintai dan mempercayai mereka dalam waktu yang lama.

Sejak saat itu, i purple you menjadi “mantra” sekaligus simbol BTS dan penggemar mereka dan digunakan oleh banyak sekali orang. UNICEF bahkan menggunakan frasa tersebut untuk kampanye yang bertajuk Love Myself dan bekerja sama dengan BTS.

Selain frasa ciptaannya, Taehyung sendiri pernah bertengger sebagai peringkat pertama di chart tren pencarian Google untuk nama “V”, menunjukkan bahwa ialah yang paling banyak dicari selama lima tahun terakhir, khususnya di Korea Selatan. Hal ini diteliti oleh Eugene Investment & Securities Co., Ltd. pada 2018.

Ciri Khas Taehyung BTS

Grameds, tahukah kamu bahwa Taehyung menerima sambutan kritis yang kebanyakan positif terkait suara baritonnya? Ia juga mendapat pujian terkait jangkauan nada dan vokal husky.

Pengakuan paling banyak diterima Taehyung pada lagu dan penampilan solonya dalam “STIGMA”. Sementara itu, “Singularity” membawakan falsetto Taehyung dan menunjukkan musikalitas serta jangkauan vokal yang unik. Menurut kritikus musik, Blanca Mendez, nada suara Taehyung dalam lagu tersebut menjadi “penentu nada” yang menonjol dalam album “Love Yourself: Tear”.

Kecintaan Taehyung terhadap musik klasik dan jazz telah mempengaruhi musikalitas dirinya. Eric Benet dan Ruben Studdard ialah beberapa penyanyi yang menjadi inspirasinya.

Lagu-lagu Taehyung BTS

Taehyung sebagai V telah merilis berbagai lagu, termasuk yang tergabung dalam album-album BTS, seperti “STIGMA”, “Singularity”, “Inner Child”. Sementara itu, lagu lainnya termasuk “4 O’Clock” yang dinyanyikan bersama RM, “Friends” bersama Jimin, “It’s Definitely You” bersama Jin, serta lagu solo lainnya sebagai berikut:

  1. Scenery
  2. Winter Bear
  3. Snow Flower
  4. Sweet Night
  5. Christmas Tree

“Seni” dalam Lagu-Lagu Taehyung

taehyung bts
Sumber: Instagram

Apa yang dimaksud “seni” dalam lagu-lagu Taehyung? Ini berarti, seolah Taehyung telah melukis sesuatu yang indah melalui lagu-lagunya. Bahkan, penyanyi 26 tahun ini sendiri berharap, ARMY dapat membayangkan sesuatu sesuai dengan pengalaman dan imajinasi mereka sendiri saat mendengarkan lagu-lagunya. Menarik, bukan?

Misalnya, dalam lagu “Scenery”, Taehyung berharap demikian dan ini berarti ia telah mengungkapkan sesuatu terkait tujuannya dalam berkarya sebagai seniman. Bila Grameds telah mendengar lagunya, akan terdengar suara angin, lonceng angin, langkah di atas salju, hingga rana kamera. Semua itu adalah ide Taehyung untuk membangkitkan tindakan dan tempat tertentu dalam lagu!

Suara-suara tersebut juga selaras dengan lirik dalam lagu dan membangkitkan bayangan tentang seseorang yang tengah berjalan dan mengabadikan momen bersama orang yang berjalan bersamanya.

Tak hanya itu, instrumen bersiul dalam akustik dalam lagu “Sweet Night” juga adalah ide Taehyung untuk membangkitkan rasa rindu yang selaras dengan makna lagunya.

Mengutip laman resmi Weverse Magazine, dalam lagu-lagunya, Taehyung cenderung menghindari struktur menonjol dalam musik pop seperti verse-pre-chorus-chorus. Mengapa? Taehyung menganggap dirinya ingin menyampaikan ketenangan melalui melodi yang mengalir demi menyampaikan bahwa “kenyamanan sama sekali tidak stereotip”.

Lagu-lagu Taehyung menyampaikan seni selayaknya film, lukisan, atau bayangan yang indah melalui musik. Mereka menghadirkan emosi sehari-hari yang biasanya sulit digambarkan melalui macam-macam lirik, suara, dan melodi.

Siapa BTS?

Never Ending Bts : Bts Forever And Ever

Never Ending Bts : Bts Forever And Ever
Never Ending Bts : Bts Forever And Ever

Perlukah pertanyaan ini dijawab? Tentu saja. Meski merupakan grup musik yang sangat populer dalam beberapa tahun, tak banyak yang mengetahui siapa BTS dengan lebih rinci. BTS, yang artinya “Beyond the Scene” juga merupakan akronim dari kata korea “Bangtan Sonyeondan, dan telah merebut hati berjuta penggemar globalnya sejak debut pada Juni 2013.

Anggotanya yang mencakup RM (Kim Nam-joon), Jin (Kim Seok-jin), SUGA (Min Yoon-gi), J-Hope (Jung Hoseok), Jimin (Park Jimin), V (Kim Tae-hyung), dan Jungkook (Jeon Jung-kook) telah membawa nama BTS sebagai bagian dari diri mereka sendiri dan mendapat pengakuan atas musik mereka, khususnya terkait produksi sendiri, penampilan terbaik, hingga cara berinteraksi dengan penggemar.

BTS telah memecahkan berbagai rekor dunia yang bahkan tak terhitung jumlahnya, serta memantapkan diri untuk menjadi ikon Pop abad ke-21.

Sekarang, kita jadi makin mengenal sosok Taehyung yang rupanya memiliki segudang bakat dan prestasi di samping wajahnya yang digadang-gadang begitu tampan, Grameds. Taehyung pun rupanya memiliki hati yang hangat dan penuh kasih sayang. Hal ini ditunjukkannya melalui lagu-lagu dan melodi yang digunakan. Ditambah suaranya yang berat dan lembut, tentunya bukan tak mungkin menciptakan karya-karya luar biasa yang menghangatkan hati penggemarnya.

Di masa ketika karir solo diutamakan pada tahun-tahun ini, mari berharap Taehyung dapat menciptakan lagu dan membawakannya dengan cara yang luar biasa, sesuai dengan karakter dan pembawaannya.

Demikian ulasan mengenai Taehyung BTS. Teruntuk Grameds yang ingin lebih mengenal BTS atau melihat karya-karya fanfiction terkait BTS dan grup musik lainnya, Gramedia.com bisa menjadi pilihan untukmu membeli bukunya! Gramedia selalu menyajikan berbagai buku populer dan berkualitas agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sevilla Nouval Evanda

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi