in

Profil Seeun StayC, Mantan Aktris Cilik yang Menjadi Idol Berbakat!

https://stayc.fandom.com/wiki/Seeun

Seeun StayC – Seeun adalah member dari girl group STAYC. Ia dikenal mempunyai kemampuan olah vokal yang sangat indah dan pastinya memanjakan para penggemar. Selain itu, kisah perjuangannya supaya berhasil debut juga tidak kalah inspiratif.

Grameds peasaran dan ingin tahu lebih dalam mengenai salah satu vokalis cantik dalam Kpop ini? Mari, simak ulasan lengkap mengenai biodata, profil lengkap, dan fakta unik dari Seeun STAYC berikut ini!

Biodata Seeun STAYC

Seeun stayc
https://stayc.fandom.com/wiki/Seeun
  • Nama lengkap: Yoon Se Eun
  • Nama panggung: Seeun
  • Tempat kelahiran: Pyeongtaek, Gyeonggi, Korea Selatan
  • Tanggal lahir: 14 Juni 2003
  • Golongan darah: A
  • Nama panggilan: Sseni
  • Agensi: High Up Entertainment
  • Posisi di grup: vocalist

Perjalanan Karier Seeun STAYC

Seeun pada mulanya debut di bawah naungan agensi Kiara Entertainment sebagai aktris cilik. Tidak lama kemudian, ia memutuskan untuk menjadi siswi pelatihan di agensi Plan A Entertainment yang lantas melakukan re-branding dan berganti nama menjadi Play M Entertainment.

Setelah kegagalan debutnya melalui Play M Entertainment, Seeun kemudian memilih untuk bergabung ke High Up Entertainment. Pada 12 November 2020, Ia berhasil masuk ke line-up debut bersama dengan STAYC.

Grup dengan anggota enam orang, termasuk Seeun, ini merilis single debut bertajuk Star to a Young Culture. Judul dari single ini merupakan kepanjangan dari nama STAYC. Lagu yang berjudul “So Bad” dari album ini berhasil meraih prestasi dengan debut pada urutan ke-90 dalam Billboard KPop 100 chart.

Pada tahun 2021, STAYC melakukan comeback dengan merilis single album kedua yang bertajuk Staydom. Lagu “ASAP” dalam album ini juga masuk ke dalam Billboard KPop 100 dengan debut di peringkat 70.

Daftar Karya Seeun STAYC

Seeun stayc
https://stayc.fandom.com/wiki/Seeun

Selama lebih dari dua tahun debutnya sebagai member STAYC, Seeun bersama dengan grup idol ini sudah merilis banyak single album. Berikut daftarnya.

Single Album

  • Star to a Young Culture (2020)
  • Staydom (2021)
  • Stereotype (2021)
  • YOUNG-LUV.COM (2022)
  • WE NEED LOVE (2022)
  • POPPY (Japanese Ver.) (2022)
  • Poppy (Korean Ver.) (2023)
  • Teddy Bear (2023)
  • Teddy Bear (Japanese Ver.) (2023)

Sebelum melakukan debutnya dalam girl group STAYC, Seeun diketahui sudah membintangi beberapa drama Korea. Beberapa diantaranya ialah:

Drama

  • Circle (tvN/2017)
  • Lookout atau The Guardian (MBC/2017)

Prestasi dan Penghargaan Seeun STAYC

Seeun bersama dengan kelima member STAYC lainnya sudah berhasil mendapatkan beberapa penghargaan selama lebih dari dua tahun karier mereka. Berikut beberapa di antaranya:

The Architecture of Love | Di balik Pena

  • AAA New Wave (Singer) di Asia Artist Awards 2021
  • Female Rookie Idol di Brand Customer Loyalty Awards 2021
  • Next Leader di The Fact Music Awards 2021
  • 1theK Original Contents di Melon Music Awards 2021
  • Discovery of the Year – Hot Trend di Gaon Chart Music Award 2022
  • Digital Song Bonsang di Golden Disc Award 2022
  • Rookie of The Year di Golden Disc Award 2022
  • Best Performance di Seoul Music Award 2022

Fakta Unik Seeun STAYC

seeun stayc
https://stayc.fandom.com/wiki/Seeun

Jika Grameds baru menjadi fans dari STAYC, pasti penasaran kira-kira seperti apa sih karakter Seeun? Yuk, simak informasi lengkapnya berikut ini!

1. Mantan Aktris Cilik

Tidak hanya Sieun yang terlebih dulu debut sebagai aktris cilik, Seeun juga sama-sama pernah menjadi aktris cilik. Seeun memulai karirnya sejak masih muda, di mana ia mulai membintangi beberapa drama. Karir Seeun juga tak kalah cemerlang apabila dibandingkan dengan Sieun. Meski begitu, tetap saja mimpinya untuk menjadi idol ternyata lebih besar.

2. Member Terbaik dalam Aegyo

Salah satu hal yang umum dihindari oleh banyak idol Kpop adalah melakukan aegyo. Hal tersebut dikarenakan, kebanyakan dari mereka mengaku tak memiliki sisi imut atau tidak merasa percaya diri untuk menunjukkan sisi imut mereka. Hal berbeda justru ditunjukkan oleh Seeun, ia sangat yakin dan percaya diri untuk melakukan aegyo.

Lucunya, Seeun selalu tampak senang keyika ia diminta untuk aegyo. Seeun dengan mudah dan santai menunjukkan berbagai macam gaya aegyo kapan pun dan di manapun.

Para member STAYC bahkan selalu bersemangat dan juga tampak senang ketika Seeun melakukan aegyo. Salah satu gaya aegyo yang banyak menarik perhatian fans ialah Seeun saat melakukan Yam Yam Song.

3. Fans Sering Salah Membedakan Sieun dan Seeun

Permasalahan yang satu ini biasanya dirasakan oleh fans K-Pop ketika mereka baru saja mengenal atau tertarik dengan grup baru.

Permasalahannya ialah rasa bingung ketika menghafalkan nama atau membedakan wajah dari tiap-tiap anggota grup tersebut. Hal tersebut juga terjadi pada para fans STAYC, banyak fans yang merasa kesulitan untuk membedakan antara Seeun dengan Sieun.

Pasalnya, Seeun dan Sieun memiliki banyak kesamaan, yaitu:

  1. Pernah menjadi aktris cilik sebelum jadi idol
  2. Nama mereka yang hampir mirip satu sama lain
  3. Wajah cantik mereka sejak usianya yang masih sangat muda.

4. Masuk dalam Maknae Line

Sebenarnya jika diperhatikan, STAYC merupakan salah satu grup rookie yang tampak unik. Hal tersebut dikarenakan maknae line grup ini justru tampak memiliki tinggi badan yang lebih sedangkan eonni line malah memiliki tubuh yang mungil dan menggemaskan. Seeun menjadi salah satu dari tiga member yang termasuk dalam maknae line di STAYC.

Seeun sendiri memiliki persawakn tubuh yang tinggi yang membuatnya sama sekali tidak tampak seperti maknae-line di grupnya. Walau demikian, karakter Seeun sesungguhnya seperti anak yang sangat lembut dan sulit baginya untuk berkata tidak pada orang lain.

5. Ending Fairy yang Bikin Banyak Orang Terpukau

Siapa yang menyangka jika Seeun pernah menggemparkan dunia K-Pop karena ending fairy-nya. Saat itu STAYC tengah mempromosikan lagu SO BAD dankamera menyorot Seeun pada bagian penutup.

Netizen banyak yang mengatakan bahwa mereka merasa kagum pada kecantikan Seeun karena ia tetap terlihat cantik walau sedang melakukan pose yang agak aneh.

6. Role Modelnya Adalah Taeyeon

Beberapa member STAYC pernah diberikan pertanyaan tentang siapa orang yang menjadi role model bagi mereka.

Bagi Seeun, idol yang menjadi idola sekaligus panutannya tak lain dan tak bukan ialah Taeyeon dari SNSD. Bagi Seeun, Taeyeon telah menjadi inspirasi baginya untuk dapat mengikuti jejak karir seniornya tersebut untuk meramaikan industri musik Korea Selatan.

Taeyeon memang telah lama hadir di industri musik Korea Selatan. Memulai debutnya sebagai leader dari grup legendaris dan mendunia, yakni SNSD, kini ia juga dikenal sebagai salah satu penyanyi solo populer dan meraih kesuksean. Taeyeon sudah sangat sering memperoleh penghargaan baik dalam grup maupun solo.

7. Sangat Jago Memasak

Hidup di asrama bersama dengan lima member lainnya, sudah pasti para member STAYC mempunyai masing-masing peranannya. Selain berusaha untuk menjaga kebersihan sesuai dengan keinginan serta kebiasaannya masing-masing. Tentu saja, ada member yang bertugas sebagai tukang masak.

Di STAYC, Seeun merupakan member yang bisa diandalkan untuk memasak dan menyajikan makanan bagi para membernya. Dalam acara STAYCATION, para member banyak membantu untuk memasak. Akan tetapi, Seeun menjadi member paling ahli dan sibuk memasak, Seeun mengambil alih membuat beberapa masakan yang semuanya terlihat sangat lezat.

8. Hampir Debut dengan Grup Lain

Pada poin sebelumnya, sudah dibahas bahwa Seeun pernah menjalani masa pelatihan di agensi lain, yaitu Play M Entertainment. Di agensi tersebut Seeun sebenarnya juga hampir melakukan debutnya. Seeun pernah menjalani masa pelatihan bersama dengan Sumin dan member girl grup Weekly.

Kendati demikian, pada akhirnya Seeun dan Sumin harus merelakan kegagalan mereka untuk debut lebih awal dan akhirnya mereka memilih untuk bergabung dengan High Up Entertainment dan melakukan masa pelatihan selama dua tahun dan berhasil debut.

9. Hobi Mengoleksi Stiker

Menjadi idol memang merupakan pekerjaan yang melelahkan, apalagi jika sudah memasuki masa promosi lagu baru. Pastinya pada beberapa waktu tertentu, jadwal mereka menjadi sangat sibuk dan membuat idol menjadi lebih mudah merasa lelah bahkan sampai stres. Hal unik yang dilakukan oleh Seeun untuk menghilangkan rasa lelah dan stres ialah dengan melakukan hobinya, yakni mengoleksi stiker.

Hobinya ini tentu membuat banyak orang berpikir bahwa ini merupakan hobi yang umumnya dilakukan oleh anak-anak.

Hal tersebut dikarenakan banyak anak-anak di Korea Selatan yang memiliki hobi sebagai kolektor stiker unruk ditempel di berbagai benda miliknya seperti buku maupun di tempat seperti tembok.

10. Memiliki Kemampuan Bermain Seruling

Selain dikenal sebagai aktris cilik yang memiliki bakat akting yang tidak bisa dianggap remeh. Serta kemampuan menyanyi dan menari Seeun yang cukup mumpuni, ternyata ia memiliki bakat lain. Tidak banyak yang tahu bahwa Seeun memiliki kemampuan yang cukup baik dalam memainkan seruling.

Kemampuan Seeun ini memang jarang diperlihatkan, pasalnya memang jarang ada kesempatan untuknya menunjukkan bakat ini. Tapi para bakat ini sepertinya sudah dimiliki Seeun sejak lama, kita tunggu saja kesempatan untuk Seeun menunjukkan bakatnya ini.

Gimana Grameds sudah mengerti biodata dan fakta unik dari Seeun si maknae cantik, kan? Meski telah meniti karir sebagai aktris sejak usia belia, Seeun tetap bersemangat untuk menjadi seorang idol dan ia mau menerima jika ia harus memulai semuanya dari awal lagi.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Sedang mencari buku tentang Korea Selatan? Kamu bisa melihat beberapa rekomendasi buku di bawah ini atau mendapatkannya di gramedia.com

Rekomendasi Buku Terkait

1. Kpop Party

seeun stayc

K-Pop telah ada sekitar empat generasi. Generasi pertama dimulai oleh H.OT, G.O.D, S.E.S, Sechs Kies, Turbo, dan lainnya sebagainya. Rata-rata, mereka melakukan debut pada tahun 1990 hingga awal tahun 2000an. Kemudian, generasi pembaharuan K-Pop muncul pada tahun 2000-an dan ditandai dengan munculnya idol band-idol band populer seperti TVXQ, Super Big Bang, Super Junior, Girl’s Generation, 2NE1, dan lain sebagainya.

Generasi kedua ini berhasil mendunia seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang kian modern. Selera masyarakat dunia juga makin terpenuhi dengan berbagai lagu yang dirilis oleh grup-grup idola generasi kedua ini. Intinya, generasi kedua merupakan generasi pembaharu sekaligus generasi pembeda dari generasi sebelumnya serta pembuka jalan bagi generasi berikutnya.

Tak puas dengan kesuksesan generasi kedua, setelah tahun 2010 banyak terbentuk grup generasi ketiga dari K-Pop dan hingga saat ini masih banyak band dari berbagai agensi yang terbentuk dan hilang satu per satu dari hasil seleksi alam. Produk generasi tiga yang banyak dikenal masyarakat luas ialah EXO, BTS, Red Velvet, TWICE, Blackpink, dan lain sebagainya.

Buku ini tak akan membahas seluruh grup K-Pop yang pernah ada, tetapi sekadar mengambil sampel supaya Grameds yang masih awam dengan dunia K-Pop bisa sedikit banyak lebih mengerti.

Live Tertarik untuk mendapatkan rekomendasi produk ini?
  • Tertarik
    73% 520 / 703
  • Belum
    18% 129 / 703
  • Masukkan keranjang
    7% 54 / 703

2. All About Kfood in Kpop, Kdrama, dan Kvariety

seeun stayc

Segala sesuatu perihal Korea Selatan memang berhasil menarik perhatian dari masyarakat mancanegara. Baik dari segi musik, drama, fashion, skin care, make up, hingga makanan Korea yang berhasil membuat banyak orang di seluruh dunia tertarik dan selalu ingin tahu lebih banyak mengenai budaya Korea Selatan.

Banyak makanan yang tentunya cukup populer dan memang disukai oleh banyak orang di Korea Selatan. Seperti ayam goreng khas Korea yang kelezatannya telah mendunia hingga sundubu jjigae atau sup tahu hangat yang nikmat.

Nah, pasti Grameds sudah tidak asing lagi kan dengan makanan khas Korea Selatan? Kuliner Korea Selatan menjadi viral dan sangat popular di seluruh dunia, terutama ketika para K-Pop idol turut memperkenalkan makanan favorit mereka. Kira-kira, apa saja makanan khas Korea Selatan yang disukai oleh para idol K-Pop? Let’s check this out!

Live Tertarik untuk mendapatkan rekomendasi produk ini?
  • Tertarik
    73% 520 / 703
  • Belum
    18% 129 / 703
  • Masukkan keranjang
    7% 54 / 703

3. Panduan Bijak Mengenal Budaya Populer Korea: Korean Wave

Deskripsi Buku

Korean Wave atau budaya Korea telah berhasil mencuri perhatian dari banyak orang bahkan hingga taraf Internasional. Sebagai suatu fenomena yang tidak terelakkan dalam kurun waktu satu dekade terakhir, merupakan hal yang bijak bagi kita untuk bisa mengenal lebih jauh mengenai apa sebenarnya yang dimaksud dengan Korean wave. Tak perlu heran jika artis Korea, bahasa Korea, dan produk Korea sekarang ini banyak dijadikan sebagai favorit dan inspirasi.

Kendati demikian, sayangnya masih sulit sekali untuk menemukan panduan yang dapat menolong untuk memberikan gambaran lebih jelas mengenai Korean wave. Buku ini akan memberikan kilasan informasi penting tentang serba-serbi Korea mulai dari awal mula munculnya Korean wave, K-pop, K-style, K-food, hingga operasi plastik yang populer dilakukan di Korea Selatan. Buku ini ditujukan bagi para remaja dan pemerhati remaja yang tentunya ingin mempelajaru berbagai hal positif serta untuk menyikapi hal-hal negatif yang ditimbulkan dari Korean wave.

Sumber rujukan:

  • https://stayc.fandom.com/wiki/Seeun
  • https://kpop.fandom.com/wiki/Seeun_(STAYC)
  • https://kprofiles.com/seeun-stayc-profile-facts/

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.